MERANCANG PEMBELAJARAN YANG
BERPUSAT PADA ANAK
Muhammad Akkas

Perencanaan pembelajaran tidak
memerlukan tujuan
BENAR SALAH

Perencanaan pembelajaran tidak
memerlukan tujuan
SALAH

Pembelajaran yang terlaksana dapat
berbeda dari perencanaan awal.
BENAR SALAH

Pembelajaran yang terlaksana dapat
berbeda dari perencanaan awal.
BENAR

"MerancangPembelajaranyang Berpusat Pada Anak"
"MerencanakanPerjalananyang Hemat"

YogyakartaJakarta
Anak mampu menjaga
keselamatan diri

Pembelajaran yang berpusat pada anak memfokuskan
perencanaan dan pengelolaan pembelajaran pada kebutuhan
dan minat anak.
Apakah ini
minat anak?
Apakah ini
dibutuhkan anak?

APA YANG PERLU DILAKUKAN GURU SAAT
MERANCANG PEMBELAJARAN YANG
BERPUSAT PADA ANAK ?

•Mengamati kebutuhan anak
Kemampuan mengamati kebutuhan anak dapat dilatih dengan
menguatkan proses asesmen otentik saat pembelajaran dan
pemahaman terhadap tujuan pembelajaran.
Sumber : Ellysa Aditya SSumber : Ellysa Aditya S

2. Mengamatiminatanak
Pembelajaran yang
bersumber dari minat
anak akan menciptakan
proses belajar yang
bermakna.

3. Rencanakan strategi pengelolaan pembelajaran dan lingkungannya
Perlu dipahami apa yang sudah disusun merupakan
sebuahRencana
Pendidik dapat merencanakan pengelolaan
pembelajaran dengan berbagai metode -
metode kreatif. Manfaatkan lingkungan
belajar dan kontes lokal dalam pengelolaan
pembelajaran.
Dalam Ruangan Luar Ruangan
Sumber : PAUD Silmi Sumber : PAUD Silmi
Sumber : Sanggar Anak AlamSumber : TK Taman
Agustusan Tabanan

4. Rencanakan Bentuk Asesmen
Bentuk asesmen perlu direncanakan sebelum pembelajaran untuk
menentukan bentuk asesmen yang paling cocok dengan kegiatan
pembelajaran sehingga memaksimalkan kualitas data yang dikumpulkan.
Sumber : PAUD Silmi Sumber : PAUD Silmi

APA YANG PERLU ADA DI RANCANGAN
PEMBELAJARAN ?

Tujuan
Pembelajaran
Rencana
Pengelolaan
Pembelajaran dan
Lingkungannya
Bentuk Asesmen

APAKAH PROSES PEMBELAJARAN YANG
TERJADI DI RUANG -RUANG KELAS KITA
SUDAH BERPUSAT PADA ANAK ?

Pembelajaran yang memerdekakan anak adalah pembelajaran yang
berpusat pada anak, artinya setiap proses pembelajaran didasarkan
pada kebutuhan dan minat anak dengan melihat hasil observasi
yang menunjukkan capaian anak, hal yang dia senangi, serta
keterlibatan aktif anak pada kegiatan belajar.
Sumber : PAUD Silmi

TERIMAKASIH :)