Pendidikan Pancasila
ataukah
Pendidikan Kewarganegaraan
WINARNONARMOATMOJO
FKIP UNS
DisajikandalamDiskusiTerumpunoleh
P2G dan AGPPKnI, 6 Maret2022
1994
PPKN
2006
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
2013
PPKN
2022
PENDIDIKAN
PANCASILA

Konteks
Mata Pelajaran PPKn(kurikulum2013) akanbergantinamamenjadiMapelPendidikan Pancasila (kur
Merdeka) , berlakusebagaipilihanbagisekolahyang akanmenggunakanKurikulumMerdeka mulai
Juli2022
Dilatarioleh keluarnyaPeraturanPemerintah(PP) Nomor57 Tahun2021 yang diperbaruilagidengan
PP Nomor4 Tahun2022 tentangStandarNasional Pendidikan tertanggal12 Januari2022. PP ini
menyebuteksplisitadanyaMapelPendidikan Pancasila di jenjangpendidikandasardan menengah
Keluarpula PermendikbudristekNo 7 Tahun2022 tentangstandarisitertanggal10 Feb 2022. Dalam
PermentersebuttersuratisimuatandariPendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraandari
jenjangSD sampaiSMA. MuatanpendidikanPancasila dan pendidikankewarganegaraandimuat
dalammapeldengannamaPendidikan Pancasila
Simpulan: species daripendidikankewarganegaraandi Indonesia (sbggenus) mengalamiperubahan,
terulangkembalisebagaimanasejarahperkembanganpknitusendiridi Indonesia
Apayang salah?

Teks pertama
Komunitasbidangpendidikankewarganegaraandi Indonesia pada umumnyasudahpahambahwabidang
kajianiniadalahpaling rentanterhadapperubahandan perkembanganyang terjadi.
SejakdarinamaCivic, Pendidikan KewargaanNegara , Pendidikan Kewarganegaraan, PMP, PPKn,
Kewarganegaraan, Kewarganegaraandan Sejarah, PKn, PPKnsampainamaPendidikan Pancasila.
Sebenarnyatidaksekedarnomenklaturtetapijuga perubahanmuatanpendidikandidalamnya. Mengapabisa
Bidanginibolehdikatakansebagaidisiplinilmuyang unik, sebabperkembangannyalebihbanyakdilatarioleh
aspekaksiologibukanontology/epistemology sepertidisiplinilmupada umumnya. Ialebihmerupakanamanat
darikomunitaspolitikyang senantiasaberubahdan berkembangdalamrangkamenentukankarakterwarga
negara yang baikmenurutnya. Misipknmengiikutimisidarikomunitaspolitikyang ada.
Di sisilain, bidangkajianinilebihmerupakandisiplinilmu(baru) yang masihberkembanguntukmenunjukkan
kematangannyasebagaidisiplinilmuyang bersifatmultisiplinerdan atautransdisiplinerkhususnyasebagai
pendidikandisiplinilmusocial. Sampaisaatinisistempengetahuan(body of knowledge) pknbelummampu
terpetakandenganbaik. Sesungguhnyaapayang menjadimuatanpknitu?

Teks kedua
Pendidikan kewarganegaraansekolahakanhadirdengannamaMapelPendidikan Pancasila .
Dapatkitakatakan, inilahirdarijalurpemikiranpolitik, (dariPP No 4 tahun2022). Bagaimanadenganjalur
pemikiranlain yakniakademik? Jalur pemikiranpolitiklebihbersifatdecisif_untukdllaksanakan. Jalur
akademiksebenarnyalebihilmiahdan dapatdipertanggungjwabkan, namunbersifatdebatable_tidak
berkesudahan.
Antara pemikiranjalurpolitikdan akademik, sesungguhnyabisadidekatkangunasailing mendukung.
Pemikiranjalurpolitikakankuatpertanggungjawabannyaapabiladidukungoleh pemikiranakademik.
Sebaliknyapemikiranakademiktidakakanberkesudahanjikatidakdiwujudkanmenjadipemikiranpolitik.
Pemikiranpolitikyang tidakdidukungjalurakademikbisamenimbulkanbias konsep, kesalahankonsepdan
bahkantidakbisadijelaskansecarailmiah.
LahirnyaistilahPendidikan Pancasila sebagaispecies daripendidikankewarganegaraandi Indonesia sebagai
bentukpemikiranpolitikperludidukungoleh pemikiranakademikagar kuatpertanggungjawabanilmiahnya.
Bisakah?

Teks ketiga
Dalamdokumenstandarisi(PermenNo 7 tahun2020) tersiratbahwaisimapelPendidikan Pancasila terdiri
atasdua: isimuatanPendidikan Pancasila dan isimuatanPendidikan KewarganegaraanIsi muatankedua
kajiantersebuttiapjenjangberbeda.
Bagiyang berparadigmapragmatisbisaditerima, sebabmeskipunnamanyaPendidikan Pancasila iatetap
berisikanmuatanpendidikankewarganegaraandan pendidikanPancasila yang sekarangdijadikanpesan
pentingoleh komonitaspolitiksaatini. Pendidikan Kewarganegaraansebagaipendidikandalamrangkame-
warganegara-kanorang Indonesia , sedangpendidikanPancasila dalamrangkapenanamannilainilai
Pancasila bagiwargaIndonesia
Pendidikan kewarganegaraansebagaiseparated subject tidakhilangdarikurikulumIndonesia, meskipun
dengannamalain.
Namunbisajuga tetapdipertanyakanbisakahyang namanyaPendidikan Pancasila itumemuatpendidikan
kewarganegaraandan pendidikannilaiPancasila? ApakahPendidikan Pancasila itusebuahdisiplinilmuyang
memanglayakmemuatkajiantentangkewarganegaraan? Atauapakahkewarganegaraanmerupakan
bagian/salah satumuatandariPendidikan Pancasila ? Apadasarpemikiranakademiknya?

Teks keempat
Sependekpengetahuanpenulis, Pancasila bisadan telahdicobamenjadidisiplinilmu, ketikadimunculkan
menjadiFilsafatPancasila (upayaakademikdariProf Notonagorodan para ahlilain). FilsafatPancasila berisi
kajianmendalam_secarafilosofis, isimuatanmasing masingsilaPancasila maupunhakekatdariPancasila
dalamkontekkehidupanberbangsadan bernegaradi Indonesia
NamunsampaisaatinibelumterdengarataudikatakanPendidikan Pancasila sebagaipendidikandisipilin
ilmu_ sebagaimanaumumnyapendidikandisiplinilmuyang diberikanuntukkepentinganpendidikan.
Untukmenjadidisiplinilmuataupendidikandisiplinilmuperludikembangkanagar memenuhiunsurdalam
pendidikandisiplinilmu, sepertimemilikiobyekkajian/ontology, metodepengembangan/epistemology,
tujuan/manfaat/ aksiologi, etikailmiah, dan kominitasilmiah.
Pendidikan Pancasila tidakbisasematamatamencakup, mengklaimataumengambilalihkajianataumuatan
yang sudahadadi disiplinilmuataupendidikandisiplinilmuyang lain. Contohnyamencakupkajiantentang
kewarganegaraan
Iaharusmampumenemukandan menentukanbahankajianyang terbedakandengandisiplinilmulainnya.

Simpulan
Jadinya, munculnyaPendidikan Pancasila itupolitikatauakademik?
Iamunculdarijalurpemikiranpolitik, sesuatuyang sudahbenardalamkonteksnegara hukumIndonesia.
Namuniamemerlukanpenjelasandarijalurpemikiranakademikagar kuatpertanggungjawabanilmiahnya
Dilihatdariisimuatannya, Pendidikan Pancasila memuatkajiantentangkewarganegaraandan subtansi
kajianPancasila. Padahalselamaini, denganmengikutijalurpemikiranakademikyang berkembang, kajian
dan muatankewarganegaraanmerupakanisidaripendidikankewarganegaraanitusendiri.
Pendidikan kewarganegaraandi banyaknegara memuatkajiantentangpengetahuan, karakterdan
keterampilankewarganegaraangunamenyiapkanwarganegara menjadicerdas, bertanggungjawabdan
terampildalamkehidupanbernegarasejalandengankomunitaspolitiknya
Jadinyasulituntukmencarikanpertangunggjwabanakademikilmiahnya, bagaimanabisa(pendidikandisipilin
ilmu) Pendidikan Pancasila meliputikajianperihalkewarganegaraan. Sebaliknyamengikutipendekatan
historisdan komparatifyang ada, kajianmengenaiideologi/nilai.karakterbangsaitumerupakanbagiandariisi
pendidikankewarganegaraan

Rekomendasi
Apabilatetapakandijalankan, makaperludikonstruksibhw: MapelPendidikan Pancasila merupakanbentuk
daripendidikankewarganegaraandi Indonesia pada jenjangpendidikandasardan menengahyang
1. mengembanmisisebagaipendidikannilaiPancasila, pendidikankesadaranhukum, pendidikankebangsaan
dan pendidikanmultikturalbagipesertadidikagar menjadiwarganegara Indonesia yang cerdas, berkarakter
dan partisipatif
2. berisikankajian(ruanglingkup) utamamengenaiPancasila, sebagaidasarnegara, ideologinasionaldan
pandanganhidupbangsa; UUD 1945 sebagaikonstitusinegara, NKRI sebagaibentuknegara dan Bhinneka
Tunggal Ikasebagaisemboyannegara (empatkonsensusdasarkebangsaan)
PerlunyaPancasila sebagainilaidasarpengembanganseluruhobyekkajian(ruanglingkuputama) pendidikan
kewarganegaraan. JadikanPancasila sebagaisubyektivusgenetivus
PerlunyapenataanlanjutmengenairuanglingkupmateriPendidikan Pancasila agar dalamhalisipengetahuan
tersusunsecaraakademikilmiah, tidakterjadioverlapping, bias konsep& ketidakjelasankonsep
Dalamhalproses baikpengetahuan, sikapdan keterampilankewarganegaraanperludilakukanpenataandan
urutanyang psikologispedagogis

Maturnuhun