iAl-Qur’an Hadis Kurikulum 2013
KEMENTERIAN AGAMAEMNTERIA AMEMKEMM AN N
REPUBLIK INDONESIAREPUB INDNESIABLLEP OO
20142014
Al-Qur’an
HadisPendekatan Saintifik Kurikulum 2013
Madrasah Tsanawiyah
Buku Siswa Kelas VII MTsii
Hak Cipta © 2014 pada Kementerian Agama Republik Indonesia
Dilindungi Undang-Undang
MILIK NEGARA
TIDAK DIPERDAGANGKAN
Disklaimer: Buku ini dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum
2013. Buku ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kement-
erian Agama, dan dipergunakan dalam penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan
“Dokumen Hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai
dengan dinamika perubahan zaman. Masukan yang membangun, dari berbagai kalan-
gan dapat meningkatkan kualitas buku ini
Katalog Dalam Terbitan (KDT
INDONESIA, KEMENTERIAN AGAMA
Al-Qur’an Hadis/Kementerian Agama,- Jakarta : Kementerian Agama 2014.
vi, 68 hlm.
Untuk MTs Kelas VII
ISBN 978-979-8446-57-3 (no.jil.lengkap)
ISBN 978-979-8446-58-0 (jil.1)
1. Al-Qur’an Hadis 1. Judul
II. Kementerian Agama Republik Indonesia
Konstributor Naskah : 0 R K D P P D G $ E X O + D ¿ G ] ' L K O L ] = X Q D ¶ L 0 X Q L I D W X Q Q X I X V
Penelaah : Khoirul Imam
Penyelia Penerbitan : Direktorat Pendidikan Madrasah
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama Republik Indonesia
Cetakan Ke-1, 2014
Disusun dengan huruf Times New Roman 12pt dan A_Nefel_Adeti_Qelew 18p,
iiiAl-Qur’an Hadis Kurikulum 2013
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim
Puji syukur al-hamdulillah kehadlirat Allah Swt., yang menciptakan, mengatur dan
menguasai seluruh makhluk di dunia dan akhirat. Semoga kita senantiasa mendapatkan
limpahan rahmat dan ridha-Nya. Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada
Rasulullah Muhammad Saw., beserta keluarganya yang telah membimbing manusia untuk
meniti jalan lurus menuju kejayaan dan kemuliaan.
Fungsi pendidikan agama Islam untuk membentuk manusia Indonesia yang beriman
dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dan mampu menjaga
kedamaian dan kerukunan hubungan inter dan antar umat beragama, dan ditujukan untuk
berkembangnya kemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan
nilai-nilai agama yang menyerasikan penguasaannya dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan
seni.
Untuk merespons beragam kebutuhan masyarakat modern, seluruh elemen dan komponen
bangsa harus menyiapkan generasi masa depan yang tangguh melalui beragam ikhtiyar
N R P S U H K H Q V L I + D O L Q L G L O D N X N D Q D J D U V H O X U X K S R W H Q V L J H Q H U D V L G D S D W W X P E X K N H P E D Q J P H Q M D G L
hamba Allah yang dengan karakteristik beragama secara baik, memiliki cita rasa religiusitas,
mampu memancarkan kedamaian dalam totalitas kehidupannya. Aktivitas beragama bukan
hanya yang berkaitan dengan aktivitas yang tampak dan dapat dilihat dengan mata, tetapi juga
aktivitas yang tidak tampak yang terjadi dalam diri seseorang dalam beragam dimensinya.
6 H E D J D L D M D U D Q \ D Q J V H P S X U Q D G D Q I X Q J V L R Q D O D J D P D , V O D P K D U X V G L D M D U N D Q G D Q G L D P D O N D Q
dalam kehidupan nyata, sehingga akan menjamin terciptanya kehidupan yang damai dan
tenteram. Oleh karenanya, untuk mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di Madrasah,
ajaran Islam yang begitu sempurna dan luas perlu dikemas menjadi beberapa mata pelajaran
yang secara linear akan dipelajari menurut jenjangnya.
Pengemasan ajaran Islam dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan Madrasah
dikelompokkan sebagai berikut; diajarkan mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah
Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Ilmu-ilmu Sosial, Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya, serta Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
meliputi; a) Al-Qur’an-Hadis b) Akidah Akhlak c) Fikih d) Sejarah Kebudayaan Islam. Pada
jenjang Madrasah Aliyah Peminatan Ilmu-ilmu Keagamaan dikembangkan kajian khusus
P D W D S H O D M D U D Q \ D L W X D 7 D I V L U , O P X 7 D I V L U E + D G L V , O P X + D G L V F ) L N L K 8 V K X O ) L N L K G , O P X
Kalam dan e) Akhlak. Untuk mendukung pendalaman kajian ilmu-ilmu keagamaan pada
peminatan keagamaan, peserta didik dibekali dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
(SKI) dan Bahasa Arab.
Buku Siswa Kelas VII MTsiv
Sebagai panduan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di Madrasah, Kementerian Agama
RI telah menyiapkan model Silabus Pembelajaran PAI di Madrasah dan menerbitkan
BukuPegangan Siswa dan Buku Pedoman Guru. Kehadiran buku bagi siswa ataupun guru
menjadi kebutuhan pokok dalam menerapkan Kurikulum 2013 di Madrasah.
Sebagaimana kaidah Ushul Fikih, m—l— yatimmu al-w— Mibu ill— bih¯ Iahuwa w— Mibun, (suatu
kewajiban tidak menjadi sempurna tanpa adanya hal lain yang menjadi pendukungnya, maka
hal lain tersebut menjadi wajib). Atau menurut kaidah Ushul Fikih lainnya, yaitu al-amru bi
asy-syai ¶i amrun bi was—ilih¯ (perintah untuk melakukan sesuatu berarti juga perintah untuk
menyediakan sarananya).
Perintah menuntut ilmu berarti juga mengandung perintah untuk menyedikan sarana
pendukungnya, salah satu diantaranya Buku Ajar. Karena itu, Buku Pedoman Guru dan Buku
3 H J D Q J D Q 6 L V Z D L Q L G L V X V X Q G H Q J D Q 3 H Q G H N D W D Q 6 D L Q W L ¿ N \ D Q J W H U D Q J N X P G D O D P S U R V H V
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan.
Keberadaan Buku Ajar dalam penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah menjadi sangat
penting dan menentukan, karena dengan Buku Ajar, siswa ataupun guru dapat menggali
nilai-nilai secara mandiri, mencari dan menemukan inspirasi, aspirasi, motivasi, atau bahkan
G H Q J D Q E X N X D N D Q G D S D W P H Q X P E X K N D Q V H P D Q J D W E H U L Q R Y D V L G D Q E H U N U H D V L \ D Q J E H U P D Q I D D W
bagi masa depan.
Buku yang ada di hadapan pembaca ini merupakan cetakan pertama, tentu masih terdapat
kekurangan dan kelemahan. Oleh karena itu sangat terbuka untuk terus-menerus dilakukan
perbaikan dan penyempurnaan. Kami berharap kepada berbagai pihak untuk memberikan
V D U D Q P D V X N D Q G D Q N U L W L N N R Q V W U X N W L I X Q W X N S H U E D L N D Q G D Q S H Q \ H P S X U Q D D Q G L P D V D P D V D
yang akan datang.
Atas perhatian, kepedulian, kontribusi, bantuan dan budi baik dari semua pihak yang
terlibat dalam penyusunan dan penerbitan buku-buku ini, kami mengucapkan terima kasih.
-az—kumullah Khairan Kas¯ran.
Jakarta, 02 April 2014
Direktur Jenderal Pendidikan Islam
Nur Syam
vAl-Qur’an Hadis Kurikulum 2013
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ....................................................................................iii
DAFTAR ISI .................................................................................................... v
BAB 1: Al-Qur’an dan Hadis Sebagai Pedoman Hidupku ......................... 1
a. Cermati Kasus ........................................................................................ 2
b. Ungkapkan Rasa Ingin Tahumu ............................................................. 3
c. Bukalah Wawasanmu ............................................................................ 3
d. Kembangkan Pikiranmu ......................................................................... 7
e. Temukan Peristiwa ................................................................................ 8
I $ N K L U Q \ D D N X W D K X ................................................................................ 10
g. Mutiara Hikmah ................................................................................... 11
BAB 2: Kusandarkan Aktivitasku Hanya Kepada Allah .......................... 12
a. Amatilah Gambar Berikut .................................................................... 12
b. Ungkapkan Rasa Keingintahuanmu .................................................... 13
c. Bukalah Wawasanmu .......................................................................... 14
d. Kembangkan Pikiranmu ...................................................................... 20
e. Berlatihlah ........................................................................................... 21
I $ N K L U Q \ D $ N X 7 D K X .............................................................................. 23
g. Mutiara Hikmah .................................................................................. 24
BAB 3: Kuteguhkan Imanku dengan Ibadah ............................................ 25
a. Bacalah Kasus Berikut ........................................................................ 26
b. Ungkapkan Rasa Ingin Tahumu ........................................................... 26
c. Bukalah Wawasanmu ........................................................................... 27
d. Kembangkan Pikiranmu ...................................................................... 30
e. Berlatihlah ........................................................................................... 31
I $ K L U Q \ D D N X W D K X .................................................................................. 34
g. Mutiara hikmah .................................................................................... 35
h. Rangkuman ......................................................................................... 36
Buku Siswa Kelas VII MTsvi
BAB 4: Sikap Toleranku Mewujdkan Kedamaian .................................... 37
a. Amati Gambar ...................................................................................... 36
b. Ungkapkan Rasa Ingin Tahumum ........................................................ 38
c. Berdiskusilah ........................................................................................ 46
d. Berkisahlah ......................................................................................... 46
e. Berlatihlah ........................................................................................... 47
I $ N K L U Q \ D $ N X 7 D K X .............................................................................. 48
g. Mutiara Hikmah .................................................................................. 49
BAB 5: Istiqomah Kunci Keberhasilanku ................................................. 50
a. Bacalah Wacana Berikut ...................................................................... 51
b. Ungkapkan Rasa Keingintahuanmu ..................................................... 51
c. Bukalalah Wawasanmu ........................................................................ 54
d, Kembangkan Pikiranmu ...................................................................... 56
e. Berlatihlah ........................................................................................... 57
I 3 H W L N O D K + L N P D K .................................................................................. 59
g. Mutiara Hikmah .................................................................................. 60
BAB 6: Kunikmati Keindahan Al-qur’an dengan Tajwid ........................ 61
a. Cermati Ayat Berikut ........................................................................... 62
b. Bukalah Wawasanmu .......................................................................... 64
c. Kembangkan Pikiranmu ...................................................................... 65
d. Berlatihlah ........................................................................................... 66
e. Akhirnya Aku Tahu .............................................................................. 67
I 0 X W L D U D + L N P D K ................................................................................... 67
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
G D O D P E H U L Q W H U D N V L V H F D U D H I H N W L I G H Q J D Q O L Q J N X Q J D Q V R V L D O G D Q
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
0 H P D K D P L S H Q J H W D K X D Q I D N W X D O N R Q V H S W X D O G D Q S U R V H G X U D O
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
V H Q L E X G D \ D W H U N D L W I H Q R P H Q D G D Q N H M D G L D Q W D P S D N P D W D
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
P H Q J X U D L P H U D Q J N D L P H P R G L ¿ N D V L G D Q P H P E X D W G D Q U D Q D K
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
1.1 Meyakini al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup
2.1 Memiliki perilaku mencintai al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan
3.1 Memahami kedudukan al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup umat
manusia
KOMPETENSI DASAR:
BAB
1
AL QUR’AN DAN HADIS SEBAGAI
PEDOMAN HIDUPKU
Buku Siswa Kelas VII MTs2
ILUSTRASI 1 :
“Keluarga Pak Darmawan terdiri dari isteri dan kedua anaknya yang masih duduk
dibangku Sekolah Dasar dan menengah. Keduanya tidak pernah membantah ayah
dan ibunya, apalagi membentaknya. Begitu pula Pak Darmawan dan isterinya sangat
mencintai kedua puteranya, membimbingnya dan selalu mengingatkan jika mereka
bersalah dengan penuh bijaksana dan tetap berpedoman dengan tetap berpedoman
dengan al-Qur’an dan Hadis. Keluarga mereka menjalankan kehidupannya dengan
damai dan penuh kebahagiaan. Meski beberapa kesulitan mereka alami, namun dengan
ketaqwaan penuh mereka dapat melaluinya dengan lancar.”
ILUSTRASI 2 :
“Sudah beberapa hari ini Arman tidak pulang ke rumah. Arman merasakan bahwa
ayah ibunya tidak menyayanginya karena mereka terlalu sibuk dalam urusan
pekerjaannya. Hingga akhirnya Ayah dan ibunya mendapatkan berita penangkapan
Arman oleh kepolisian karena ia terlibat pengedaran narkoba. Karena merasa benar,
ayahnya menyalahkan ibunya yang dirasa tidak memperhatikan anak begitu pula
sebaliknya. Sehingga kasus Arman menjadikan hubungan ayah dan ibunya memburuk
dan akhirnya mereka bercerai.”
UNGKAPKAN RASA
KEINGINTAHUANMU
Setelah membaca dengan seksama kedua kisah tersebut, tentu ada banyak hal yang kalian pikir-
kan. Maka cobalah untuk menulis apa yang kalian renungkan dari kedua kisah tersebut pada
kolom berikut ini:
CERMATI KASUS
3Al-Qur’an Hadis Kurikulum 2013
BUKALAH WAWASANMU
No. Kata tanya Kalimat Tanya
1
2
3
Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat manusia
. H E H U D G D D Q P D Q X V L D V H E D J D L N K D O L I D K G L P X N D E X P L L Q L W H Q W X W L G D N O H S D V G D U L N H Z D M L E D Q
kewajiban yang harus dilaksanakan. Tentu dalam menjalankan kewajibannya, kendala dan
masalah pasti akan didapati. Kemampuan manusia yang terbatas, pasti akan menjadi inti
permasalahan apakah mereka akan mampu melewati kehidupannya dengan baik atau tidak.
Maka dalam hal ini, setiap manusia akan membutuhkan pegangan hidup yang akan menuntunnya
pada jalan yang lurus. Al-Qur’an dan hadis akan menjadikan perjalanan hidup manusia terarah,
tentunya dengan mengikuti ajaran yang terkandung di dalamnya.
1. Pengertian Al-Qur’an dan Hadis
Al-Qur’an menurut bahasa berasal dari kata ó ë Ë ÷ } ô S
ô
Ì ó } ÷ b ó x
ó
Ì ó } ó S yang berarti membaca
bacaan. al-Qur’an berarti bacaan yang sempurna.
Kesempurnaan al-Qur’an sebagai bacaan dibandingkan dengan bacaan yang ada dibuktikan
dengan:
1. Dibaca oleh ratusan juta manusia, meskipun mereka tidak tahu artinya dan tidak dapat
menulis aksaranya
2. Diatur tata cara membacanya, panjang pendeknya, tebal tipis ucapannya, sampai pada
etika membacanya
3. Dipelajari susunan kata dan kosa katanya, dan juga makna kandungannya
4. Dan lain-lain.
Buku Siswa Kelas VII MTs4
Sedangkan al-Qur’an menurut Istilah adalah: Wahyu Allah yang diturunkan kepada
Nabi Muhamad saw. secara berangsur-angsur melalui malaikat Jibril dan membacanya
adalah ibadah. Rasulullah banyak menerima wahyu dari Allah baik seca ra langsung maupun
perantara Malaikat Jibril dan dibukukan, tetapi tidak disebut Al-Qur’an dan membaca tidak
dinilai ibadah.
Dari kutipan di atas, kita dapat mengetahui bahwa Al-Qur’an adalah kitab suci
\ D Q J L V L Q \ D P H Q J D Q G X Q J ¿ U P D Q $ O O D K W X U X Q Q \ D V H F D U D E H U W D K D S P H O D O X L P D O D L N D W - L E U L O
pembawanya Nabi Muhammad Saw., susunannya dimulai dari surat al-Fatihah dan diakhiri
G H Q J D Q V X U D W $ Q 1 D V P H P E D F D Q \ D E H U Q L O D L L E D G D K I X Q J V L Q \ D D Q W D U D O D L Q P H Q M D G L hu M Mah
atau bukti yang kuat atas kerasulan Muhammad Saw., keberadaannya hingga kini masih
tetap terpelihara dengan baik, dan pemasyarakatannya dilakukan secara berantai dari satu
generasi ke generasi lain dengan tulisan maupun lisan.
Hadis biasa juga dimaknai dengan Sunnah, Selain Al-Quran, pedoman utama bagi umat
Islam adalah Sunah Nabi. mengikuti Sunah Nabi merupakan bukti kecintaan kepada Allah,
V H E D J D L P D Q D ¿ U P D Q $ O O D K G D O D P 4 6 $ O L , P U D Q >