1 Pendekatan, Strategi, Metode, Model Pembelajaran
1 MODUL DIGITAL STRATEGI PEMBELAJARAN AKUNTANSI
PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, MODEL
PEMBELAJARAN

Saat guru melaksanakan pembelajaran, guru menggunakan strategi, metode dan model
yang sesuai dengan materi pembelajaran dan karakteristik peserta didik. Guru perlu
mengetahui perbedaan antara pendekatan, strategi, metode, dan model agar pembelajaran
agar penerapan strategi pembelajarannya tepat.

A. PENDEKATAN
Pendekatan merupakan sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran
Terdapat berbagai macam pendekatan dalam pembelajaran meliputi:
1) Student-centered
2) Teacher-centered
3) Individual
4) Kelompok
5) Variasi individu dan kelompok
6) Edukatif
7) Pengalaman
8) Emosional
9) Rasional
10) Fungsional
11) Keagamaan
12) Kebermaknaan

B. STRATEGI
Strategi merujuk pada sebuah perencanaan untuk capai tujuan.
Beberapa strategi pembelajaran meliputi:
1) Inquiry learning, merupakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik
2) Expository learning/direct instruction, merupakan pembelajaran yang
berpusat pada guru
3) Groups learning,merupakan pembelajaran yang berbentuk kelompok, diskusi,
kerja kelompok
4) Individual learning, merupakan belajar mandiri, sesuai dengan karakter

2 Pendekatan, Strategi, Metode, Model Pembelajaran
2 MODUL DIGITAL STRATEGI PEMBELAJARAN AKUNTANSI
masing-masing peserta didik
Terdapat beberapa pertimbangan pemilihan strategi meliputi:
1) Tujuan pembelajaran
a) Apakah tujuan pembelajaran untuk menilai aspek kognitif, psikomotor,
dan afektif?
b) Apakah tujuan pembelajaran kompleks atau sederhana?
2) Bahan/materi pembelajaran:
a) Apakah materi pembelajaran berupa fakta, konsep, prinsip, atau prosedur?
b) Apakah materi pembelajaran ada prerequisite?
3) Kondisi peserta didik
a) Bagaimanakah minat, kematangan, dan gaya belajar peserta didik?

Prinsip penggunaan strategi meliputi:
1) Berorientasi tujuan
2) Mendorong aktivitas peserta didik
3) Mengembangkan setiap individu peserta didik (individualitas)
4) Mengembangkan seluruh aspek kepribadian peserta didik (kognitif, afektif, dan
psikomotor) secara terintegrasi
5) PP No 19 th 2005: interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi
untuk berpartisipasi aktif, memberi ruang bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian
sesuai bakat, minat, perkembangan fisik dan psikologis anak

C. METODE
Metode merupakan cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan strategi.
Beberapa metode pembelajaran adalah
1) Ceramah
2) Diskusi
3) Tanya jawab
4) Demonstrasi
5) Latihan
6) dsb

D. MODEL
Model merupakan sintak pembelajaran meliputi pendekatan, strategi, metode.

3 Pendekatan, Strategi, Metode, Model Pembelajaran
3 MODUL DIGITAL STRATEGI PEMBELAJARAN AKUNTANSI
Di dalam model pembelajaran sudah terdapat sintak (langkah-langkah
pembelajaran yang di dalamnya juga terdapat pendekatan, strategi, dan metode
yang digunakan.
Terdapat berbagai macam model pembelajaran seperti: model pembelajaran
kooperatif, model blended learning, model problem-based learning, dan lain-lain.