Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Kimia
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTERTgl
Penyusunan
Kimia Sekolah 8420402171 T=2P=0ECTS=3.18 4 23
September
2024
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
....................................... ....................................... Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd.
Model
Pembelajaran
Project Based Learning
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Matrik CPL - CPMK

CPMK
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
12345678 9 10111213141516
Deskripsi
Singkat MK
Kajian tentang materi kimia pada tingkat satuan pendidikan SMP, SMA, dan SMK sesuai dengan kurikulum yang berlaku mencakup
kedalaman dan keluasan materi melalui pembelajaran aktif, diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas serta kegiatan laboratorium
yang sesuai.
Pustaka Utama :
1.James E Brady, Neil D Jespersen, Alison Hyslop.2014. Chemistry .USA: John Wiley & Sons Limited.
2.James E Brady.1990.General Chemistry: Principles and Structure.USA: John Wiley & Sons Limited.
3.Laurel Dingrando, Kathleen V. Gregg, Nicolas Hainen, Cheryl Wistrom.1990.Chemistry: Matter & Change, Student Edition
(GLENCOE CHEMISTRY) 2nd Edition.USA: John Wiley & Sons Limited.
Pendukung :
Dosen
Pengampu
Prof. Dr. Hj. Sri Poedjiastoeti, M.Si.
Dr. Muchlis, S.Pd., M.Pd.
Dian Novita, S.T., M.Pd.
Rusmini, S.Pd., M.Si.
Dr. Rosalina Eka Permatasari, M.Pd.
Antina Delhita, M.Pd.
Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & BentukLuring
(offline)
Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1
Minggu ke 1
Mengaji materi
Pendahuluan Kimia
dan Analisa Data
Kimia
Menganalisis data
penelitian/eksperimen
tentang Pendahuluan
Kimia dan Analisa
Data Kimia
Kriteria:
Partisipasi Tugas
UTS UAS
Presentasi
dan
diskusi
2 X 50
0%

2
Minggu ke 2
Mengaji materi Zat,
Mol, dan Stoikiometri
Menganalisis data
penelitian/eksperimen
tentang Zat, Mol, dan
Stoikiometri
Kriteria:
Partisipasi Tugas
UTS UAS
Presentasi
dan
diskusi
2 X 50
0%
3
Minggu ke 3
Mengaji materi Zat,
Mol, dan Stoikiometri
Menganalisis data
penelitian/eksperimen
tentang Zat, Mol, dan
Stoikiometri
Kriteria:
Partisipasi Tugas
UTS UAS
Presentasi
dan
diskusi
2 X 50
0%
4
Minggu ke 4
Mengaji materi
Struktur Atom dan
Elektron
Menganalisis data
penelitian/eksperimen
tentang Struktur Atom
dan Elektron
Kriteria:
Partisipasi Tugas
UTS UAS
Presentasi
dan
diskusi
2 X 50
0%
5
Minggu ke 5
Mengaji materi Tabel
Periodik dan
Keperiodikan Unsur
Menganalisis data
penelitian/eksperimen
tentang Tabel
Periodik dan
Keperiodikan Unsur
Kriteria:
Partisipasi Tugas
UTS UAS
Presentasi
dan
diskusi
2 X 50
0%
6
Minggu ke 6
Mengaji materi Ikatan
Ion dan Ikatan Logam
Menganalisis data
penelitian/eksperimen
tentang Ikatan Ion
dan Ikatan Logam
Kriteria:
Partisipasi Tugas
UTS UAS
Presentasi
dan
diskusi
2 X 50
0%
7
Minggu ke 7
Mengaji materi Ikatan
Kovalen dan Reaksi-
reaksi Kimia
Menganalisis data
penelitian/eksperimen
tentang Ikatan
Kovalen dan Reaksi-
reaksi Kimia
Kriteria:
Partisipasi Tugas
UTS UAS
Presentasi
dan
diskusi
2 X 50
0%
8
Minggu ke 8
Pertemuan 1-7 Pertemuan 1-7 Kriteria:
UTS
Ujian Tulis
2 X 50
0%
9
Minggu ke 9
Mengaji materi Sifat-
sifat Zat dan Hukum
Gas
Menganalisis data
penelitian/eksperimen
tentang Sifat-sifat Zat
dan Hukum Gas
Kriteria:
Partisipasi Tugas
UTS UAS
Presentasi
dan
diskusi
2 X 50
0%
10
Minggu ke 10
Mengaji materi Energi
dan Reaksi Kimia
Menganalisis data
penelitian/eksperimen
tentang Energi dan
Reaksi Kimia
Kriteria:
Partisipasi Tugas
UTS UAS
Presentasi
dan
diskusi
2 X 50
0%
11
Minggu ke 11
Mengaji materi
Reaksi Kimia dan
Kesetimbangan
Menganalisis data
penelitian/eksperimen
tentang Reaksi Kimia
dan Kesetimbangan
Kriteria:
Partisipasi Tugas
UTS UAS
Presentasi
dan
diskusi
2 X 50
0%
12
Minggu ke 12
Mengaji materi
Reaksi Redoks dan
Elektrokimia
Menganalisis data
penelitian/eksperimen
tentang Reaksi
Redoks dan
Elektrokimia
Kriteria:
Partisipasi Tugas
UTS UAS
Presentasi
dan
diskusi
2 X 50
0%
13
Minggu ke 13
Mengaji materi
Campuran dan
Larutan
Menganalisis data
penelitian/eksperimen
tentang Campuran
dan Larutan
Kriteria:
Partisipasi Tugas
UTS UAS
Presentasi
dan
diskusi
2 X 50
0%
14
Minggu ke 14
Mengaji materi
Campuran dan
Larutan
Menganalisis data
penelitian/eksperimen
tentang Campuran
dan Larutan
Kriteria:
Partisipasi Tugas
UTS UAS
Presentasi
dan
diskusi
2 X 50
0%
15
Minggu ke 15
Mengaji materi
Hidrokarbon,
Hidrokarbon
Tersubstitusi dan
Reaksi-reaksinya
Menganalisis data
penelitian/eksperimen
tentang Hidrokarbon,
Hidrokarbon
Tersubstitusi dan
Reaksi-reaksinya
Kriteria:
Partisipasi Tugas
UTS UAS
Presentasi
dan
diskusi
2 X 50
0%
16
Minggu ke 16
Pertemuan 9-15 Pertemuan 9-15 Kriteria:
UAS
UAS
2 X 50
0%
Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning
NoEvaluasiPersentase
0%
Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang
merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang
diperoleh melalui proses pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang
digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum,
ketrampilan khusus dan pengetahuan.

3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah,
dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur
atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik
terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur
yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam
penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar
penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel,
Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning,
Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan
sub-pokok bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan
tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
File PDF ini digenerate pada tanggal 23 September 2024 Jam 08:26 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa