Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTER Tgl
Penyusunan
Pengembangan Media Foto 8620304082 Mata Kuliah Wajib Program
Studi
T=4P=0ECTS=6.36 3 5 Mei 2023
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
Hirnanda Dimas Pradana, M.Pd. Dr. Andi Mariono, M.Pd Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd.
Model
Pembelajaran
Project Based Learning
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL-6 Mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran desain komunikasi visual, , animasi, broadcasting , dan informatika
CPL-8 Mampu menerapkan metode ilmiah dan berpikir reflektif untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan bidang teknologi
pendidikan
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK - 1 Mampu menunjukkan sikap inovatif dalam menguasai keterampilan dasar dalam fotografi bidang teknologi pendidikan secara
profesional dan bertanggung jawab
CPMK - 2 Mampu memanfaatkan teknologi dan informasi dalam menyelesaikan permasalahan di bidang teknologi pendidikan melalui penerapan
konsep eksposur dalam fotografi
CPMK - 3 Mampu merancang sumber belajar secara mandiri dengan penggunaan prinsip-prinsip cahaya dan sudut pandang dalam fotografi.
CPMK - 4 Mampu menerapkan keilmuan teknologi pendidikan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas sebagai Pengembang Teknologi
Pembelajaran dengan penerapan kemampuan fotografi
Matrik CPL - CPMK

CPMK CPL-6 CPL-8
CPMK-1 ✔
CPMK-2
CPMK-3 ✔
CPMK-4
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
CPMK-1 ✔ ✔ ✔
CPMK-2 ✔ ✔ ✔ ✔ ✔
CPMK-3 ✔ ✔ ✔
CPMK-4 ✔ ✔ ✔ ✔ ✔
Deskripsi
Singkat MK
Mata kuliah Pengembangan Media Foto adalah mata kuliah yang dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan praktis dalam seni fotografi.
Mata kuliah ini menggabungkan aspek sejarah fotografi, jenis kamera, pengenalan kamera DSLR, teknik fotografi dasar seperti Triangle exposure, focal
length, dan depth of field, serta prinsip-prinsip komposisi dan estetika fotografi. Selain itu, mahasiswa akan diuji dalam hal penggunaan kamera DSLR
melalui simulasi dan penilaian kompetensi mahasiswa
Pustaka Utama :
1.Bruce Warren, 2003, Photography The Concise Guide, Canada: Thomson Delmar learning
2.Philip Andrews, 2005, Digital Photography Manual, London: Canton Books Limited
3.Apple Computer, 2005, Aperture Digital Photography Fundamentals, Apple Computer, Inc.
4.Giwanda, Griand, 2004, Panduan Praktis Menciptakan Foto Menarik, Jakarta: Puspa Swara.
5.Karen J. Laubenstein, 2007, Digital Wildlife Photography Handbook: U.S. Fish and Wildlife Service.
6.Tim Vitale, 2010. Digital Image File Formats and their Storage -- TIFF, JPEG & JPEG2000, Emeryville, CA.
7.Stephen Dantzig, 2010. Portrait Lighting for Digital Photographers, Buffalo, N.Y.: Amherst Media, Inc.
8.Sandy Puc&rsquo, 2008. Children&rsquos Portrait Photography, Buffalo, N.Y.: Amherst Media, Inc.
9.Don Marr, 2004. Beginner&rsquos Guide to Photographic Lighting, Buffalo, N.Y.: Amherst Media, Inc.
10.Bill Hurter, 2005. Group Portrait Photographer&rsquos Handbook, Buffalo, N.Y.: Amherst Media, Inc.
11.Abdi, Y. 2012. Photography from My Eyes. Jakarta: PT. Elex Media Komutindo Kelompok Gramedia.
12.Anas, I. 2012. Panduan Fotografi Digital . Depok: Kanaya Press.
13.Excell, L. 2013. Komposisi Dari Foto Biasa Jadi Luar Biasa . Jakarta: PT Elex Media Komputindo
14.Lesmana, N. 2011. Memotrer dengan DSLR . Jakarta: Media Kita.
15.Mariono, Andi, dkk. 2020. Handout Pengembangan Media Foto . Surabaya: Teknologi Pendidikan FIP Unesa
16.Wijayanto, G. 2012. Fotografi Digital Itu Gampang . Jakarta: PT. Buku Seru.

Pendukung :
1.Dody Doerjanto, 2005, Fotografi 1, Surabaya: Unesa Univercity Press.
2.Giwanda, Griand, 2004, Panduan Praktis Fotografi Digital, Jakarta: Puspa Swara.
3.Tjin, E dan Mulyadi, E. 2014. Kamus Fotografi . Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas-Gramedia
4.Sugiarto, A. 2014. Color Vision . Jakarta: PT Kompass Media Nusantara.
Dosen
Pengampu
Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.
Dr. Alim Sumarno, M.Pd.
Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd.
Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd.
Dr. Andi Kristanto, S.Pd., M.Pd.
Hirnanda Dimas Pradana, M.Pd.
Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & Bentuk Luring (offline) Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1
Minggu ke 1
Mahasiswa dapat
menganalisis media
foto dalam konteks
Teknologi Pendidikan
berdasarkan kriteria
media foto untuk
memfasilitasi
pembelajaran beserta
sejarah
perkembangan
fotografi mutakhir
1.Dapat
menjelaskan
definisi media foto
2.Dapat
menjelaskan
kaidah media foto
dalam
memfasilitasi
pembelajaran
3.Dapat
menjelaskan
kronologi
perkembangan
fotografi secara
runtut dan benar
dari awal
ditemukan sampai
sekarang
Kriteria:
1.Kejelasan dan
ketepatan dalam
menjelaskan
perkembangan
sejarah fotografi
2.Aktivitas dan
kontribusi dalam
forum daring dan
diskusi kelompok
luring
3.Kualitas dan
kejelasan
presentasi
kelompok
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mahasiswa
berkumpul dalam
kelompok kecil
secara luring untuk
mendiskusikan
dan menganalisis
informasi tentang
sejarah fotografi
yang mereka
pelajari secara
daring. Mereka
akan saling
bertukar pendapat
dan berkolaborasi
dalam memahami
topik tersebut.
Setiap kelompok
diminta untuk
membuat
presentasi singkat
tentang satu
periode atau tokoh
penting dalam
sejarah fotografi.
Mereka akan
menyampaikan
presentasi ini
dalam kelas
secara luring.
2 X 50
Mahasiswa diberikan
akses ke materi
pembelajaran tentang
sejarah fotografi
melalui platform e-
learning. Materi ini
akan mencakup
perkembangan utama
dalam sejarah fotografi,
tokoh-tokoh kunci, dan
peristiwa penting.
Mahasiswa
berpartisipasi dalam
forum daring yang
didedikasikan untuk
pertemuan ini. Mereka
akan diminta untuk
menjawab pertanyaan
terkait materi, berbagi
pandangan mereka
tentang perkembangan
sejarah fotografi, dan
berdiskusi dengan
rekan-rekan mereka.
2 X 50
Materi: Dasar-dasar
fotografi
Pustaka: Mariono,
Andi, dkk. 2020.
Handout
Pengembangan
Media Foto .
Surabaya: Teknologi
Pendidikan FIP
Unesa
Materi: Fotografi
digital
Pustaka: Anas, I.
2012. Panduan
Fotografi Digital .
Depok: Kanaya
Press.
3%
2
Minggu ke 2
Mampu
menganalaisis dan
mengidentifikasi
fungsi pada bagian
kamera digital
1.Mahasiswa
mampu
mengklasifikasikan
berbagai jenis
kamera dan
memahami
fungsinya.
2.Mahasiswa
berpartisipasi aktif
dalam forum
daring dan diskusi
kelas luring.
3.Kualitas
presentasi
kelompok tentang
jenis kamera yang
dipilih.
Kriteria:
1.1. Elemen Desain
Visual;
2.2. Prinsip Desain
Visual
3.3. Faktor Komposisi
rule of third,
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mahasiswa
dikelompokkan
dan diminta untuk
membuat
presentasi tentang
satu jenis kamera
tertentu yang
mereka pilih.
Presentasi ini akan
disampaikan
dalam kelas
secara luring, dan
setiap kelompok
akan
mempresentasikan
jenis kamera yang
berbeda.
Setelah setiap
presentasi, akan
ada sesi diskusi di
kelas. Mahasiswa
dapat mengajukan
pertanyaan,
memberikan
komentar, dan
berdiskusi lebih
lanjut tentang jenis
kamera yang
dipresentasikan
2 X 50
Mahasiswa diberikan
akses ke materi
pembelajaran tentang
berbagai jenis kamera
dan fungsinya dalam
fotografi melalui
platform e-learning.
Materi ini akan
mencakup jenis-jenis
kamera, fitur-fitur
kunci, dan
perbandingan antara
kamera-kamera
tersebut.
Mahasiswa
berpartisipasi dalam
forum daring yang
didedikasikan untuk
pertemuan ini. Mereka
akan diminta untuk
berbagi pengetahuan
mereka tentang jenis
kamera yang mereka
pelajari, berdiskusi
tentang fitur-fitur yang
relevan, dan bertanya
kepada sesama
mahasiswa untuk
memperluas
pemahaman mereka.
2 X 50
Materi: Photografi
digital
Pustaka: Philip
Andrews, 2005,
Digital Photography
Manual, London:
Canton Books
Limited
Materi: Dasar-dasar
fotografi
Pustaka: Mariono,
Andi, dkk. 2020.
Handout
Pengembangan
Media Foto .
Surabaya: Teknologi
Pendidikan FIP
Unesa
3%

3
Minggu ke 3
Mahasiswa mampu
megoperasikann
kamera DLSR dan
menjelaskan struktur
dan kegunaan tools
kamera DLSR
beserta fungsi
perlengkapan
pendukungnya
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
memahami dan
menjelaskan
fungsi dasar
kamera DSLR
secara teoritis.
2.Partisipasi aktif
dalam forum
daring dan diskusi
kelompok luring.
3.Kualitas tugas
teori yang
mencerminkan
pemahaman
mereka terhadap
materi.
Kriteria:
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
menjelaskan fungsi
dasar kamera DSLR
secara teoritis
2.Aktivitas dan
kontribusi dalam
forum daring dan
diskusi kelompok
luring
3.Kualitas tugas teori
yang mencerminkan
pemahaman
mereka terhadap
materi
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mahasiswa
berkumpul dalam
sesi diskusi
kelompok di kelas
untuk
mendiskusikan
materi teori yang
telah mereka
pelajari secara
daring. Diskusi
akan dipandu oleh
dosen dan
bertujuan untuk
menjawab
pertanyaan,
menjelaskan
konsep, dan
mengklarifikasi
pemahaman.
Mahasiswa
diberikan tugas
teori yang
melibatkan analisis
konsep dan
penggunaan teori
dalam
pemahaman
kamera DSLR.
Tugas ini akan
diumpamakan
dalam bentuk
penulisan esai
atau jawaban
singkat.
2 X 50
Mahasiswa diberikan
akses ke materi
pembelajaran teori
tentang pengenalan
kamera DSLR melalui
platform e-learning.
Materi ini akan
mencakup komponen
dasar kamera DSLR,
pengaturan, dan fungsi
utama secara teoritis.
Mahasiswa
berpartisipasi dalam
forum daring yang
didedikasikan untuk
pertemuan ini. Mereka
akan diminta untuk
menjawab pertanyaan
teori terkait materi,
berbagi pengetahuan
mereka, dan berdiskusi
dengan sesama
mahasiswa untuk
memperdalam
pemahaman.
2 X 50
Materi: foto yang
menarik
Pustaka: Giwanda,
Griand, 2004,
Panduan Praktis
Menciptakan Foto
Menarik, Jakarta:
Puspa Swara.
Materi: pencahayaan
pada fotografi
Pustaka: Don Marr,
2004.
Beginner&rsquos
Guide to
Photographic
Lighting, Buffalo,
N.Y.: Amherst Media,
Inc.
3%
4
Minggu ke 4
Mahasiswa mampu
menganalisis dan
menerapkan konsep
triangle exposure
(shutter speed,
aperture, ISO) dalam
pengambilan foto.
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
memahami konsep
triangle exposure
(shutter speed,
aperture, ISO).
2.Partisipasi aktif
dalam forum
daring dan praktek
fotografi.
3.Kualitas karya
fotografi yang
mencerminkan
pemahaman dan
penerapan konsep
triangle exposure.
Kriteria:
1.Pemahaman dan
kemampuan dalam
menerapkan konsep
triangle exposure
2.Aktivitas dan
kontribusi dalam
forum daring dan
praktek fotografi
3.Kualitas karya
fotografi yang
mencerminkan
pemahaman dan
penerapan konsep
triangle exposure
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project /
Penilaian Produk
Mahasiswa
berpartisipasi
dalam sesi prakti
fotografi di luar
kelas. Mereka
akan membawa
kamera mereka
sendiri dan
mencoba
mengatur shutter
speed, aperture,
dan ISO untuk
menghasilkan foto
dengan efek yang
diinginkan. Ini
akan dipandu oleh
dosen atau
instruktur.
Mahasiswa diminta
untuk mengambil
serangkaian foto
dengan
menerapkan
konsep triangle
exposure. Mereka
akan menyerahkan
beberapa foto
terbaik mereka
yang
mencerminkan
pemahaman dan
penerapan konsep
ini.
2 X 50
Mahasiswa diberikan
akses ke materi
pembelajaran online
tentang konsep triangle
exposure, termasuk
shutter speed,
aperture, dan ISO.
Materi ini akan
mencakup teori, contoh
penggunaan, dan
perbedaan pengaturan
tersebut.
Mahasiswa
berpartisipasi dalam
forum daring yang
didedikasikan untuk
pertemuan ini. Mereka
akan diminta untuk
membahas
pengalaman pribadi
mereka dengan
pengaturan triangle
exposure, berbagi tips,
dan berdiskusi dengan
sesama mahasiswa.
2 X 50
Materi: pencahayaan
pada fotografi
Pustaka: Stephen
Dantzig, 2010.
Portrait Lighting for
Digital
Photographers,
Buffalo, N.Y.:
Amherst Media, Inc.
3%
5
Minggu ke 5
Mahasiswa
menguasai triangle
exposure yang terdiri
atas setting
diafragma shutter
speed dan ISO
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
menjelaskan
pengaruh focal
length dalam
fotografi
2.Partisipasi aktif
dalam forum
daring dan praktek
fotografi.
3.Kualitas karya
fotografi yang
mencerminkan
penguasaan
materi tentang
pengaruh focal
length.
Kriteria:
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
menjelaskan
pengaruh focal
length dalam
fotografi
2.Aktivitas dan
kontribusi dalam
forum daring dan
praktek fotografi
3.Kualitas karya
fotografi yang
mencerminkan
pemahaman
tentang pengaruh
focal length
Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa
memiliki
kesempatan untuk
berpartisipasi
dalam sesi
fotografi di luar
kelas. Mereka
akan membawa
kamera mereka
dan mencoba
mengambil foto
dengan berbagai
focal length untuk
mengamati
perbedaannya. Ini
akan dipandu oleh
dosen atau
instruktur.
Mahasiswa diminta
untuk mengambil
serangkaian foto
dengan fokus pada
pengaruh focal
length. Mereka
akan menyerahkan
beberapa foto
terbaik mereka
yang menunjukkan
pemahaman
mereka tentang
focal length dalam
fotografi.
2 X 50
Mahasiswa diberikan
akses ke materi
pembelajaran online
tentang focal length
dalam fotografi melalui
platform e-learning.
Materi ini akan
mencakup definisi focal
length, jenis-jenis
lensa, dan pengaruh
focal length terhadap
komposisi dan sudut
pandang foto.
Mahasiswa mampu
berpartisipasi dalam
forum daring yang
didedikasikan untuk
pertemuan ini. Mereka
akan diminta untuk
berdiskusi tentang
pengalaman mereka
dengan berbagai focal
length, serta berbagi
pandangan dan contoh
foto yang
menggambarkan
pengaruh focal length.
2 X 50
Materi: pengaturan
cahaya yang
seimbang/normal
meliputi fokus,
triangle exposure
(aperture, shutter
speed, dan ISO)
Pustaka: Giwanda,
Griand, 2004,
Panduan Praktis
Fotografi Digital,
Jakarta: Puspa
Swara.
Materi: pengaturan
cahaya yang
seimbang/normal
meliputi fokus,
triangle exposure
(aperture, shutter
speed, dan ISO)
Pustaka: Wijayanto,
G. 2012. Fotografi
Digital Itu Gampang .
Jakarta: PT. Buku
Seru.
3%

6
Minggu ke 6
Mahasiswa mampu
menganalisis
pentingnya depth of
field dalam
penciptaan efek
visual dalam foto.
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
memahami
pentingnya depth
of field dalam
fotografi.
2.Partisipasi aktif
dalam forum
daring dan praktek
fotografi.
3.Kualitas karya
fotografi yang
mencerminkan
pemahaman
tentang
penggunaan depth
of field untuk
menciptakan efek
visual.
Kriteria:
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
memahami
pentingnya depth of
field dalam fotografi
2.Aktivitas dan
kontribusi dalam
forum daring dan
praktek fotografi
3.Kualitas karya
fotografi yang
mencerminkan
pemahaman
tentang
penggunaan depth
of field untuk
menciptakan efek
visual
Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa
melakukan sesi
fotografi di luar
kelas. Mereka
akan membawa
kamera mereka
dan mencoba
mengatur depth of
field dengan fokus
pada efek visual
yang ingin mereka
ciptakan. Ini akan
dipandu oleh
dosen atau
instruktur.
Mahasiswa diminta
untuk mengambil
serangkaian foto
yang menampilkan
penggunaan efek
depth of field
dalam penciptaan
efek visual.
Mereka akan
menyerahkan
beberapa foto
terbaik mereka
yang
mencerminkan
pemahaman
mereka tentang
depth of field.
2 X 50
Mahasiswa diberikan
akses ke materi
pembelajaran online
tentang depth of field
dalam fotografi melalui
platform e-learning.
Materi ini akan
mencakup konsep
depth of field, faktor-
faktor yang
memengaruhi, dan
bagaimana
memanfaatkannya
untuk menciptakan
efek visual dalam foto.
Mahasiswa
berpartisipasi dalam
forum daring yang
didedikasikan untuk
pertemuan ini. Mereka
akan diminta untuk
berdiskusi tentang
pengalaman mereka
dengan depth of field,
berbagi contoh foto
yang berhasil
menggunakan efek
depth of field, dan
memberikan masukan
kepada sesama
mahasiswa.
2 X 50
Materi: Komposisi
ruang tajam atau
(DoF)
Pustaka: Dody
Doerjanto, 2005,
Fotografi 1,
Surabaya: Unesa
Univercity Press.
Materi: Komposisi
ruang tajam atau
(DoF)
Pustaka: Karen J.
Laubenstein, 2007,
Digital Wildlife
Photography
Handbook: U.S. Fish
and Wildlife Service.
3%
7
Minggu ke 7
Mahasiswa mampu
menerapkan prinsip-
prinsip komposisi
dalam menciptakan
foto yang menarik
secara visual.
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
menerapkan
prinsip-prinsip
komposisi dalam
fotografi.
2.Partisipasi aktif
dalam forum
daring dan praktek
fotografi.
3.Kualitas karya
fotografi yang
mencerminkan
penerapan prinsip-
prinsip komposisi
dalam penciptaan
komposisi yang
menarik.
Kriteria:
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
menerapkan
prinsip-prinsip
komposisi dalam
fotografi
2.Aktivitas dan
kontribusi dalam
forum daring dan
praktek fotografi
3.Kualitas karya
fotografi yang
mencerminkan
penerapan prinsip-
prinsip komposisi
4.Rincian data
Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa
melakukan sesi
fotografi di luar
kelas dengan
fokus pada
penerapan prinsip-
prinsip komposisi.
Mereka akan
mencoba
mengambil foto
yang
menggunakan
prinsip-prinsip
tersebut untuk
menciptakan
komposisi yang
menarik secara
visual. Ini akan
dipandu oleh
dosen atau
instruktur.
Mahasiswa diminta
untuk mengambil
serangkaian foto
yang menerapkan
prinsip-prinsip
komposisi dalam
fotografi. Mereka
akan menyerahkan
beberapa foto
terbaik mereka
yang
mencerminkan
pemahaman
mereka tentang
komposisi dan
estetika fotografi.
2 X 50
Mahasiswa diberikan
akses ke materi
pembelajaran online
tentang prinsip-prinsip
komposisi dalam
fotografi melalui
platform e-learning.
Materi ini akan
mencakup prinsip-
prinsip seperti aturan
ketiga, leading lines,
framing, dan lainnya.
Mahasiswa mampu
berpartisipasi dalam
forum daring yang
didedikasikan untuk
pertemuan ini. Mereka
akan diminta untuk
berdiskusi tentang
prinsip-prinsip
komposisi, berbagi
contoh foto yang
berhasil menerapkan
prinsip-prinsip ini, dan
memberikan umpan
balik kepada sesama
mahasiswa.
2 X 50
Materi: penggunaan
lensa dan besaran
sudutnya
Pustaka: Bruce
Warren, 2003,
Photography The
Concise Guide,
Canada: Thomson
Delmar learning
Materi: penggunaan
lensa dan besaran
sudutnya
Pustaka: Philip
Andrews, 2005,
Digital Photography
Manual, London:
Canton Books
Limited
Materi: penggunaan
lensa dan besaran
sudutnya
Pustaka: Apple
Computer, 2005,
Aperture Digital
Photography
Fundamentals, Apple
Computer, Inc.
3%
8
Minggu ke 8
UTS 1.Kemampuan
mahasiswa dalam
menguji
pemahaman
mereka tentang
materi dari
pertemuan-
pertemuan 1
hingga 7.
2.Kualitas
penyelesaian
tugas proyek
Kriteria:
Kualitas penyelesaian
tugas proyek
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project /
Penilaian Produk
Mahasiswa akan
diberikan tugas
proyek terkait
fotografi yang
mencakup materi
dari pertemuan-
pertemuan 1
hingga 7. Mereka
akan diminta untuk
mengumpulkan
proyek tersebut
sesuai dengan
petunjuk yang
diberikan.
4 X 50
Materi: penggunaan
lensa dan besaran
sudutnya
Pustaka: Giwanda,
Griand, 2004,
Panduan Praktis
Menciptakan Foto
Menarik, Jakarta:
Puspa Swara.
Materi: penggunaan
lensa dan besaran
sudutnya
Pustaka: Karen J.
Laubenstein, 2007,
Digital Wildlife
Photography
Handbook: U.S. Fish
and Wildlife Service.
15%

9
Minggu ke 9
Mampu menerapkan
dengan metode
komposisi, sudut
pandang dan estetika
fotografi
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
mengidentifikasi
prinsip-prinsip
arah datang
cahaya dalam
fotografi.
2.Partisipasi aktif
dalam forum
daring dan praktek
fotografi.
3.Kualitas karya
fotografi yang
mencerminkan
penggunaan
prinsip-prinsip
arah datang
cahaya.
Kriteria:
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
mengidentifikasi
prinsip-prinsip arah
datang cahaya
dalam fotografi
2.Aktivitas dan
kontribusi dalam
forum daring dan
praktek fotografi
3.Kualitas karya
fotografi yang
mencerminkan
penggunaan
prinsip-prinsip arah
datang cahaya
4.white balance
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project /
Penilaian Produk
Mahasiswa
melakukan sesi
fotografi di luar
kelas. Mereka
akan mencoba
mengambil foto
dengan berfokus
pada
pengidentifikasian
dan penggunaan
arah datang
cahaya yang tepat
untuk menciptakan
efek yang
diinginkan. Ini
akan dipandu oleh
dosen atau
instruktur.
Mahasiswa diminta
untuk mengambil
serangkaian foto
yang menampilkan
penggunaan
prinsip-prinsip
arah datang
cahaya dalam
fotografi. Mereka
akan menyerahkan
beberapa foto
terbaik mereka
yang
mencerminkan
pemahaman
mereka tentang
prinsip-prinsip ini.
2 X 50
Mahasiswa diberikan
akses ke materi
pembelajaran online
tentang prinsip-prinsip
arah datang cahaya
dalam fotografi melalui
platform e-learning.
Materi ini akan
mencakup konsep
dasar arah datang
cahaya, pengaruhnya
terhadap foto, dan
teknik mengidentifikasi
arah datang cahaya.
Mahasiswa
berpartisipasi dalam
forum daring yang
didedikasikan untuk
pertemuan ini. Mereka
akan diminta untuk
berdiskusi tentang
pengalaman mereka
dalam mengidentifikasi
arah datang cahaya
dalam foto, berbagi
contoh foto yang
berhasil, dan
memberikan umpan
balik kepada sesama
mahasiswa.
2 X 50
Materi: Dapat
mempraktikkan
komposisi fotografi
dan estetika fotografi,
meliputi: Komposisi,
Framing, Multiple
Exposure, dan
Golden/Blu hours
Pustaka: Tim Vitale,
2010. Digital Image
File Formats and their
Storage -- TIFF,
JPEG & JPEG2000,
Emeryville, CA.
Materi: Dapat
mempraktikkan
komposisi fotografi
dan estetika fotografi,
meliputi: Komposisi,
Framing, Multiple
Exposure, dan
Golden/Blu hours
Pustaka: Sandy
Puc&rsquo, 2008.
Children&rsquos
Portrait Photography,
Buffalo, N.Y.:
Amherst Media, Inc.
Materi: Dapat
mempraktikkan
komposisi fotografi
dan estetika fotografi,
meliputi: Komposisi,
Framing, Multiple
Exposure, dan
Golden/Blu hours
Pustaka: Sandy
Puc&rsquo, 2008.
Children&rsquos
Portrait Photography,
Buffalo, N.Y.:
Amherst Media, Inc.
3%
10
Minggu ke 10
Mahasiswa mampu
mengidentifikasi
sudut pandang
kamera yang sesuai
untuk situasi tertentu.
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
mengidentifikasi
sudut pandang
kamera yang
sesuai untuk
situasi tertentu.
2.Partisipasi aktif
dalam forum
daring dan praktek
fotografi.
3.Kualitas karya
fotografi yang
mencerminkan
pemilihan sudut
pandang kamera
yang tepat.
Kriteria:
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
memilih sudut
pandang kamera
yang sesuai
2.Aktivitas dan
kontribusi dalam
forum daring dan
praktek fotografi
3.Kualitas karya
fotografi yang
mencerminkan
pemilihan sudut
pandang kamera
yang tepat
4.white balance
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project /
Penilaian Produk
Mahasiswa
diberikan akses ke
materi
pembelajaran
online tentang
sudut pandang
kamera dalam
fotografi melalui
platform e-
learning. Materi ini
akan mencakup
berbagai jenis
sudut pandang
kamera,
pengaruhnya
terhadap foto, dan
teknik pemilihan
sudut pandang
yang sesuai.
Mahasiswa
berpartisipasi
dalam forum
daring yang
didedikasikan
untuk pertemuan
ini. Mereka akan
diminta untuk
berdiskusi tentang
pengalaman
mereka dalam
memilih sudut
pandang kamera
dalam fotografi,
berbagi contoh
foto yang berhasil,
dan memberikan
umpan balik
kepada sesama
mahasiswa.
2 X 50
Mahasiswa melakukan
sesi fotografi di luar
kelas. Mereka akan
mencoba mengambil
foto dengan berfokus
pada pemilihan sudut
pandang kamera yang
sesuai untuk situasi
tertentu. Ini akan
dipandu oleh dosen
atau instruktur.
Mahasiswa diminta
untuk mengambil
serangkaian foto yang
menampilkan
penggunaan sudut
pandang kamera yang
sesuai dengan
konteks. Mereka akan
menyerahkan
beberapa foto terbaik
mereka yang
mencerminkan
pemahaman mereka
tentang sudut pandang
kamera.
2 X 50
Materi: Praktik sudut
pandang kamera
yang meliputi : Eye
level, Low angle, High
angle, dll
Pustaka: Bill Hurter,
2005. Group Portrait
Photographer&rsquos
Handbook, Buffalo,
N.Y.: Amherst Media,
Inc.
Materi: Praktik sudut
pandang kamera
yang meliputi : Eye
level, Low angle, High
angle, dll
Pustaka: Anas, I.
2012. Panduan
Fotografi Digital .
Depok: Kanaya
Press.
Materi: Praktik sudut
pandang kamera
yang meliputi : Eye
level, Low angle, High
angle, dll
Pustaka: Mariono,
Andi, dkk. 2020.
Handout
Pengembangan
Media Foto .
Surabaya: Teknologi
Pendidikan FIP
Unesa
3%

11
Minggu ke 11
Mahasiswa mampu
mengklasifikasikan
jenis-jenis foto
berdasarkan obyek
yang diambil.
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
mengklasifikasikan
jenis-jenis foto
berdasarkan
obyek yang
diambil.
2.Partisipasi aktif
dalam forum
daring dan praktek
fotografi.
3.Kualitas karya
fotografi yang
mencerminkan
jenis-jenis foto
yang telah
dipelajari.
Kriteria:
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
mengklasifikasikan
jenis-jenis foto
berdasarkan
obyeknya
2.Aktivitas dan
kontribusi dalam
forum daring dan
praktek fotografi
3.Kualitas karya
fotografi yang
mencerminkan
jenis-jenis foto
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Hasil Project /
Penilaian Produk
Mahasiswa
melakukan sesi
fotografi di luar
kelas. Mereka
akan mencoba
mengambil foto
yang sesuai
dengan jenis-jenis
foto yang telah
dipelajari. Ini akan
dipandu oleh
dosen atau
instruktur.
Mahasiswa diminta
untuk mengambil
serangkaian foto
yang
mencerminkan
berbagai jenis foto
berdasarkan
obyeknya. Mereka
akan menyerahkan
beberapa foto
terbaik mereka
yang
mencerminkan
pemahaman
mereka tentang
jenis-jenis foto.
2 X 50
Mahasiswa diberikan
akses ke materi
pembelajaran online
tentang jenis-jenis foto
berdasarkan obyek
yang diambil melalui
platform e-learning.
Materi ini akan
mencakup berbagai
jenis foto, seperti
potret, landscape,
makro, arsitektur, dll.
Mahasiswa
berpartisipasi dalam
forum daring yang
didedikasikan untuk
pertemuan ini. Mereka
akan diminta untuk
berdiskusi tentang
jenis-jenis foto yang
mereka pelajari,
berbagi contoh foto
yang sesuai, dan
memberikan umpan
balik kepada sesama
mahasiswa.
2 X 50
Materi: Arah datang
cahaya dalam
fotografi yang
meliputi: Flat light,
Side light, dan Back
light
Pustaka: Tim Vitale,
2010. Digital Image
File Formats and their
Storage -- TIFF,
JPEG & JPEG2000,
Emeryville, CA.
Materi: Arah datang
cahaya dalam
fotografi yang
meliputi: Flat light,
Side light, dan Back
light
Pustaka: Abdi, Y.
2012. Photography
from My Eyes.
Jakarta: PT. Elex
Media Komutindo
Kelompok Gramedia.
Materi: Arah datang
cahaya dalam
fotografi yang
meliputi: Flat light,
Side light, dan Back
light
Pustaka: Anas, I.
2012. Panduan
Fotografi Digital .
Depok: Kanaya
Press.
3%
12
Minggu ke 12
Mahasiswa mampu
melakukan simulasi
penggunaan kamera
DSLR untuk
menghasilkan foto
yang diinginkan.
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
melakukan
simulasi
penggunaan
kamera DSLR
untuk
menghasilkan foto
yang diinginkan.
2.Partisipasi aktif
dalam forum
daring dan
simulasi
penggunaan
kamera DSLR.
3.Kualitas karya
fotografi yang
mencerminkan
penggunaan
kamera DSLR
dengan baik.
Kriteria:
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
melakukan simulasi
penggunaan
kamera DSLR
2.Aktivitas dan
kontribusi dalam
forum daring dan
simulasi
penggunaan
kamera DSLR
3.Kualitas karya
fotografi yang
mencerminkan
penggunaan
kamera DSLR
dengan baik
4.white balance
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa
melaksanakan
sesi simulasi
penggunaan
kamera DSLR di
aplikasi yang telah
disediakan.
Mereka akan
diberikan kamera
DSLR dan akan
diarahkan oleh
dosen untuk
mengambil foto
dengan
pengaturan
tertentu.
Mahasiswa diminta
untuk
menghasilkan
serangkaian foto
yang
mencerminkan
pemahaman
mereka tentang
penggunaan
kamera DSLR.
Mereka akan
menyerahkan
beberapa foto
terbaik mereka
yang diambil
selama sesi
simulasi.
3 X 50
Mahasiswa diberikan
akses ke materi
pembelajaran online
tentang penggunaan
kamera DSLR melalui
platform e-learning.
Materi ini akan
mencakup fungsi-
fungsi dasar kamera
DSLR, pengaturan
eksposur, fokus, dan
penggunaan lensa.
Mahasiswa
berpartisipasi dalam
forum daring yang
didedikasikan untuk
pertemuan ini. Mereka
akan diminta untuk
berdiskusi tentang
pengalaman mereka
dalam melakukan
simulasi penggunaan
kamera DSLR, berbagi
tips, dan memberikan
umpan balik kepada
sesama mahasiswa.
2 X 50
Materi: software
photoshop dengan
mengaplikasikan
masing-masing toll
pada photoshop
Pustaka: Anas, I.
2012. Panduan
Fotografi Digital .
Depok: Kanaya
Press.
Materi: software
photoshop dengan
mengaplikasikan
masing-masing toll
pada photoshop
Pustaka: Mariono,
Andi, dkk. 2020.
Handout
Pengembangan
Media Foto .
Surabaya: Teknologi
Pendidikan FIP
Unesa
Materi: software
photoshop dengan
mengaplikasikan
masing-masing toll
pada photoshop
Pustaka: Wijayanto,
G. 2012. Fotografi
Digital Itu Gampang .
Jakarta: PT. Buku
Seru.
10%

13
Minggu ke 13
Mahasiswa mampu
menggunakan
kamera DSLR.
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
menggunakan
kamera DSLR
untuk mengatasi
situasi tertentu.
2.Partisipasi aktif
dalam forum
daring dan ujian
praktik.
3.Kualitas portofolio
karya fotografi
yang
mencerminkan
kompetensi
penggunaan
kamera DSLR.
Kriteria:
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
menggunakan
kamera DSLR
2.Aktivitas dan
kontribusi dalam
forum daring dan
ujian praktik
3.Kualitas portofolio
karya fotografi
Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa
mengikuti ujian
praktik di mana
mereka akan
diberikan situasi
tertentu yang
memerlukan
penggunaan
kamera DSLR.
Mereka akan
dinilai berdasarkan
kemampuan
mereka dalam
mengatasi situasi
tersebut dan
menghasilkan foto
yang sesuai.
Mahasiswa diminta
untuk menyusun
portofolio karya
fotografi yang
mencerminkan
berbagai aspek
kompetensi
penggunaan
kamera DSLR.
Portofolio ini akan
berisi foto-foto
yang mereka
hasilkan selama
mata kuliah.
2 X 50
Mahasiswa diberikan
akses ke materi
pembelajaran online
tentang penggunaan
kamera DSLR melalui
platform e-learning.
Materi ini akan
mencakup evaluasi
kompetensi dalam
penggunaan kamera
DSLR, termasuk
pengaturan eksposur,
fokus, dan penggunaan
lensa.
Mahasiswa
berpartisipasi dalam
forum daring yang
didedikasikan untuk
pertemuan ini. Mereka
akan diminta untuk
berdiskusi tentang
pengalaman mereka
dalam penggunaan
kamera DSLR, berbagi
tantangan yang
mereka hadapi, dan
memberikan umpan
balik kepada sesama
mahasiswa.
2 X 50
Materi:
Menghasilkan foto
yang telah diedit dan
mengetahui cara
penggunaan web
pixoto
Pustaka: Giwanda,
Griand, 2004,
Panduan Praktis
Fotografi Digital,
Jakarta: Puspa
Swara.
Materi:
Menghasilkan foto
yang telah diedit dan
mengetahui cara
penggunaan web
pixoto
Pustaka: Mariono,
Andi, dkk. 2020.
Handout
Pengembangan
Media Foto .
Surabaya: Teknologi
Pendidikan FIP
Unesa
10%
14
Minggu ke 14
Mahasiswa mampu
mengambil foto di
lapangan dengan
prinsip forografi
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
menerapkan
teknik fotografi di
lapangan.
2.Partisipasi aktif
dalam forum
daring dan sesi
lapangan.
3.Kualitas karya
fotografi lapangan
yang
mencerminkan
penerapan teknik
yang telah
dipelajari.
Kriteria:
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
menerapkan teknik
fotografi di
lapangan
2.Aktivitas dan
kontribusi dalam
forum daring dan
sesi lapangan
3.Kualitas karya
fotografi lapangan
4.Kreativitas
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project /
Penilaian Produk
Mahasiswa pergi
ke lokasi lapangan
yang telah
ditentukan oleh
dosen. Mereka
akan mengambil
foto di lokasi
tersebut dengan
menerapkan
semua yang telah
mereka pelajari
sebelumnya,
termasuk
penggunaan
kamera DSLR,
pengaturan
eksposur,
komposisi, dan
estetika fotografi.
Mahasiswa
menyerahkan
sejumlah foto
terbaik yang
mereka ambil
selama sesi
lapangan. Foto-
foto ini akan dinilai
berdasarkan
kualitas teknis dan
kreativitas.
2 X 50
Mahasiswa diberikan
akses ke materi
pembelajaran online
tentang teknik fotografi
lapangan melalui
platform e-learning.
Materi ini akan
mencakup teknik
pengambilan foto di
berbagai kondisi
lapangan.
Mahasiswa
berpartisipasi dalam
forum daring yang
didedikasikan untuk
pertemuan ini. Mereka
akan diminta untuk
berdiskusi tentang
teknik dan tantangan
yang mereka hadapi
saat mengambil foto di
lapangan.
2 X 50
Materi:
Menghasilkan foto
yang telah diedit dan
mengetahui cara
penggunaan web
pixoto
Pustaka: Wijayanto,
G. 2012. Fotografi
Digital Itu Gampang .
Jakarta: PT. Buku
Seru.
Materi:
Menghasilkan foto
yang telah diedit dan
mengetahui cara
penggunaan web
pixoto
Pustaka: Dody
Doerjanto, 2005,
Fotografi 1,
Surabaya: Unesa
Univercity Press.
Materi:
Menghasilkan foto
yang telah diedit dan
mengetahui cara
penggunaan web
pixoto
Pustaka: Giwanda,
Griand, 2004,
Panduan Praktis
Fotografi Digital,
Jakarta: Puspa
Swara.
8%

15
Minggu ke 15
Mahasiswa mampu
membuat dan
mengunggah hasil
karya fotografi dalam
sebuah galeri online.
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
membuat dan
mengelola galeri
online.
2.Partisipasi aktif
dalam forum
daring dan
pembuatan galeri
online.
3.Kualitas galeri
online yang
mencerminkan
pemahaman
mereka tentang
konsep
pengelolaan galeri
dan promosi
karya.
Kriteria:
1.Kemampuan
mahasiswa dalam
membuat dan
mengelola galeri
online
2.Aktivitas dan
kontribusi dalam
forum daring dan
pembuatan galeri
online
3.Kualitas galeri
online dan deskripsi
yang disertakan
untuk setiap foto
4.Penataan
5.Rincian data
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project /
Penilaian Produk
Mahasiswa diminta
untuk secara
praktis membuat
galeri online yang
berisi hasil karya
fotografi mereka.
Mereka harus
mengunggah foto-
foto dengan
deskripsi yang
sesuai dan
mengatur galeri
secara rapi.
2 X 50
Mahasiswa diberikan
akses ke materi
pembelajaran online
tentang pembuatan
dan pengelolaan galeri
online melalui platform
e-learning. Materi ini
akan mencakup
langkah-langkah untuk
membuat galeri online,
mengunggah foto
karya, dan
mempromosikannya.
Mahasiswa
berpartisipasi dalam
forum daring yang
didedikasikan untuk
pertemuan ini. Mereka
akan berdiskusi
tentang pengalaman
mereka dalam
membuat dan
mengelola galeri
online, berbagi tips
untuk mempromosikan
karya fotografi, dan
memberikan umpan
balik kepada sesama
mahasiswa.
2 X 50
Materi:
Menghasilkan foto
yang telah diedit dan
mengetahui cara
penggunaan web
pixoto
Pustaka: Tjin, E dan
Mulyadi, E. 2014.
Kamus Fotografi .
Jakarta: PT Elex
Media Komputindo
Kompas-Gramedia
Materi:
Menghasilkan foto
yang telah diedit dan
mengetahui cara
penggunaan web
pixoto
Pustaka: Giwanda,
Griand, 2004,
Panduan Praktis
Fotografi Digital,
Jakarta: Puspa
Swara.
Materi:
Menghasilkan foto
yang telah diedit dan
mengetahui cara
penggunaan web
pixoto
Pustaka: Wijayanto,
G. 2012. Fotografi
Digital Itu Gampang .
Jakarta: PT. Buku
Seru.
Materi:
Menghasilkan foto
yang telah diedit dan
mengetahui cara
penggunaan web
pixoto
Pustaka: Mariono,
Andi, dkk. 2020.
Handout
Pengembangan
Media Foto .
Surabaya: Teknologi
Pendidikan FIP
Unesa
5%
16
Minggu ke 16
UAS Kualitas karya
fotografi yang
mencerminkan
penerapan praktis
konsep yang telah
diajarkan.
Kriteria:
Kualitas karya fotografi
yang mencerminkan
penerapan konsep
fotografi
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project /
Penilaian Produk
Mahasiswa diminta
untuk mengambil
dan mengunggah
beberapa karya
fotografi sesuai
dengan topik yang
telah dipelajari.
Karya fotografi ini
akan dinilai
berdasarkan
teknik, komposisi,
dan estetika
fotografi.
4 X 50
Materi:
Menghasilkan foto
yang telah diedit dan
mengetahui cara
penggunaan web
pixoto
Pustaka: Mariono,
Andi, dkk. 2020.
Handout
Pengembangan
Media Foto .
Surabaya: Teknologi
Pendidikan FIP
Unesa
Materi:
Menghasilkan foto
yang telah diedit dan
mengetahui cara
penggunaan web
pixoto
Pustaka: Dody
Doerjanto, 2005,
Fotografi 1,
Surabaya: Unesa
Univercity Press.
Materi:
Menghasilkan foto
yang telah diedit dan
mengetahui cara
penggunaan web
pixoto
Pustaka: Dody
Doerjanto, 2005,
Fotografi 1,
Surabaya: Unesa
Univercity Press.
22%
Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning
NoEvaluasi Persentase
1.Aktifitas Partisipasif 15.5%
2.Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60.5%
3.Praktik / Unjuk Kerja 24%
100%

Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi
dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk
pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik
terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan
merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah
tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi
kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan
indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria
dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan,
Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning,
Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan
pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
RPS ini telah divalidasi pada tanggal 16 Maret 2024
Koordinator Program Studi S1
Teknologi Pendidikan
Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd.
NIDN 0017087903
UPM Program Studi S1 Teknologi
Pendidikan
Citra Fitri Kholidya, S.Pd., M.Pd.
NIDN 0016058802
File PDF ini digenerate pada tanggal 21 September 2024 Jam 13:25 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa