INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM SURABAYA
FAKULTASTEKNIK ELEKTRO
PROGRAM STUDI S1 TEKNIK KOMPUTER

KodeDokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTER TglPenyusunan
Pemrograman Berorientasi Objek TEA30E3 Pengolahan Sinyal Lanjut T=3 P=0 6 27 Maret 2018


OTORISASI
Pengembang RPS Koordinator RMK Ketua PRODI




Walid Maulana Hadiansyah, S.T., M.T




Walid Maulana Hadiansyah, S.T., M.T




Hamzah. U. Mustakim S.T., M.T.
Capaian
Pembelajaran (CP)
CPL-PRODI
[P-03] Menguasai pengetahuan tentang perancangan, fabrikasi, dan aplikasi berbagai piranti, rangkaian, dan sistem
elektronika serta mikroelektronika termasuk penggunaan paket-paket perangkat lunak untuk merancang tata
letak rangkaian terintegrasi
[KU-01] Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau
implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang
sesuai dengan bidang keahliannya
[KK-01] Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan
masalah rekayasa kompleks pada sistem telekomunikasi

CPMK
[CPMK-1]
[CPMK-2]
[CPMK-3]
[CPMK-4]
Mampu menjelaskan Konsep Dasar Pemrograman Dasar [P-03,KU-01,KK-01]
Mampu menjelaskan Konsep Dasar Pemrograman Menggunakan Bahasa C++ [P-03,KU-01,KK-01]
Mampu menjelaskan Konsep Pemrograman Berorientasi Objek [P-03,KU-01,KK-01]
Mampu merancang Aplikasi Perangkat Lunak Berbasis Pemrograman Berorientasi Objek [P-03,KU-01,KK-01]


DiskripsiSingkat
MK
Pemrograman Berorientasi Objek Membahas Materi Pendahuluan dan Pengenalan C++ & OOP meliputi : Komentar, Identifier dan Tipe
Data, Operator, Percabangan, Pengulangan, Pointer dan Referensi, Array, Fungsi, Input dan Output, Konsep OOP, Kelas dan Objek,
Pewarisan Sifat Objek, Fungsi Virtual dan Polimorfisme
Bahan Kajian /

2

Materi
Pembelajaran
Pustaka Utama :
1. BjarneStroustrup, The C++ Programming Language (Fifth Edition), Addison – Wesley, 2017
2. Robert Lafore, Object Oriented Programming in C++ (Fourth Edition), Sams Publishing 2002.
Pendukung :
1. Brian Overland, C++Without Fear (Second Edition), Prentice Hall, 2011 – ebook
2. SharamHekmat, C++ Essentials, Pragsoft Corporation – ebook
3. Richard L Halterman, Fundamentals of C++ Programming, School of Computing Southerm Adventist University, 2013 - ebook
Dosen Pengampu Walid Maulana Hadiansyah, S.T., M.T
Mata kuliah syarat Algoritma dan Pemrograman
Mg Ke-



Sub-CPMK
(Kemampuan akhir tiap
tahapan belajar)



Indikator Penilaian



Kriteria&Bentuk
Penilaian


Bentuk, Metode
Pembelajaran, dan
Penugasan Mahasiswa
[Media & Sumber belajar]
[ Estimasi Waktu]
Materi Pembelajaran
[Pustaka]


BobotPen
ilaian(%)

(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
(1) [C2, P2, A2]Mahasiswa
mampu menjelaskan
definisi dan Tingkatan
Bahasa Pemrograman,
Pemrograman
OOP,keuntungan dan
Metodologi OOP
Bahasa C dan C++
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Definisi dan
Tingkatan Bahasa
Pemrograman
• Mahasiswa
dapatmenjelaskan
Pemrograman, keuntungan
dan metodologi OOP
• Mahasiswa dapat
MenjelaskanKonsep Dasar
Pemrograman C dan C++
Latihan Soal Presentasi (ppt atau tulisan)
Tatap Muka, Diskusi
[TM: 1x(3x50’)]
Penugasan (Resume)
[BT+BM:(1+1)x(3x60”)]
1. Pendahuluan
2. Definisi Bahasa
Pemrograman
3. Tingkatan Bahasa
Pemrograman
4. Pengenalan
Pemrograman OOP
5. Keuntungan OOP
6. Metodologi OOP
7. Bahasa C dan C++
5%
(2) [C2, P2, A2]Mahasiswa
mampu menjelaskan dan
membedakankomentarpro
gram, identifier,
Kknstanta, variabel
• Mahasiswa dapat
menjelaskan dan
membedakan jenis-
Komentar Program
• Mahasiswa
dapatmenjelaskan Identifier
• Mahasiswa
dapatmenjelaskan Variabel
Latihan Soal Presentasi (ppt atau tulisan)
Tatap Muka, Diskusi
[TM: 1x(3x50’)]
Penugasan (Resume)
[BT+BM:(1+1)x(3x60”)]
1. Komentar Program
2. Identifier
3. Konstanta
4. Variabel dan Jenis –
Jenis Variabel

3

dan Jenis-jenisnya
• Mahasiswa
dapatmenjelaskan Konstanta
(3) [C2, P2, A2]Mahasiswa
mampu menjelaskan dan
MembedakanTipe Data
danJenis-Jenisnya, Jenis –
JenisTipe Data Dasar,
Jenis – JenisTipe Data
Bentukan
• Mahasiswa dapatKonsep
Tipe Data
• Mahasiswa
dapatmenjelaskan dan
Membedakan Tipe Data
Dasar dan Tipe Data
Bentukan
• Mahasiswa dapat
menjelaskan tetang Null
Termiated String

Latihan Soal Presentasi (ppt atau tulisan)
Tatap Muka, Diskusi
[TM: 1x(3x50’)]
Penugasan (Resume)
[BT+BM:(1+1)x(3x60”)]
1. Tipe Data
2. Jenis-Jenis Tipe Data
3. Jenis-Jenis Tipe Data
Dasar
4. Jenis-Jenis Tipe Data
Bentukan

5%
(4) [C2, P2, A2]Mahasiswa
mampu menjelaskan
Operator, Jenis-Jenis
Operator, Operator Unary,
Operator Binary
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Operator
• Mahasiswa
dapatmenjelaskan dan
MembedakanJenis- jenis
operator

Latihan Soal Presentasi (ppt atau tulisan)
Tatap Muka, Diskusi
[TM: 1x(3x50’)]
Penugasan (Resume)
[BT+BM:(1+1)x(3x60”)]
1. Operator
2. Jenis-Jenis Operator
3. Operator Unary
4. Operator Binary

(5) [C2, P2, A2]Mahasiswa
mampu menjelaskan dan
MembedakanPercabangan
, Jenis-JenisPercabangan,
PercabanganMenggunaka
nStruktur IF,
PercabanganMenggunaka
n Statement Switch
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Konsep
Percabangan
• Mahasiswa
dapatmenjelaskan dan
Membedakan Jenis – Jenis
Percabangan menggunakan
struktur IF dan Statement
switch


Latihan Soal Presentasi (ppt atau tulisan)
Tatap Muka, Diskusi
[TM: 1x(3x50’)]
Penugasan (Resume)
[BT+BM:(1+1)x(3x60”)]
1. Konsep Percabangan
2. Jenis-Jenis
Percabangan
3. Percabangan
Menggunakan Struktur
IF
a. Struktur IF 1
Kondisi
b. Struktur IF 2
Kondisi
c. Struktur IF 3
Kondisi
4. Percabangan
Menggunakan
Statement Switch
10%
(6) [C2, P2, A2] Mahasiswa
mampu menjelaskan
Pengulangan, Jenis-jenis
pengulangan, struktur for,
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Konsep dan
Jenis Pengulangan
• Mahasiswa
Latihan Soal Presentasi (ppt atau tulisan)
Tatap Muka, Diskusi
[TM: 1x(3x50’)]
Penugasan (Resume)
1. Konsep Pengulangan
2. Jenis- Jenis
Pengulangan
3. Struktur For, While
5%

4

while dan do while,
statemen peloncatan
dapatmenjelaskanSatement
Peloncatan

[BT+BM:(1+1)x(3x60”)] dan Do While
4. Statement Peloncatan
(7) [C2, P2, A2] Mahasiswa
mampu menjelaskan
Variabel Pointer,
Inisialisasi Pointer,
Keyword New dan delete
serta Referensi
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Konsep Pointer
• Mahasiswa
dapatmenjelaskan
Inisialisasi dan Konstanta
Pointer
• Mahasiswa
dapatmenjelaskan Referensi

1. Variabel Pointer
2. Inisialisasi Pointer
3. Pointer tanpa Tipe
4. Konstanta pada Pointer
a. Sebelum Tipe Data
b. Sesudah Tipe Data
5. Operasi Aritmatika
Pointer
6. Referensi
a. Alamat Referensi
b. Referensi Konstan
10%
8 Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengah Semester
(9) [C2, P2, A2] Mahasiswa
mampu menjelaskan
Fungsi dan
pendefinisiannya, Fungsi
dengan/ tanpa Nilai Balik,
Fungsi dengan Nilai
Kembalian, Parameter dan
jenis-jenisnya
Pointer ke Fungsi, Fungsi
Inline dan Rekursi
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Konsep Fungsi
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Fungsi dalam
program dan pendefinisian
program
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Fungsi
dengan/tanpa nilai balik
• Mahasiswa dapat
menjelaskan parameter dan
jenis-jenisnya
• Mahasiswa dapat
menjelaskan pointer ke
fungsi, fngsi inline dan
rekursif

Latihan Soal Presentasi (ppt atau tulisan)
Tatap Muka, Diskusi
[TM: 1x(3x50’)]
Penugasan (Resume)
[BT+BM:(1+1)x(3x60”)]
1. Fungsi
2. Fungsi dalam Program
3. Mendifinisikan Fungsi
4. Fungsi dengan/tanpa
Nilai Balik
5. Parameter dan Jenis-
Jenisnya
6. Pointer ke Fungsi
7. Fungsi Inline
8. Rekursi

(10) [C2, P2, A2] Mahasiswa
mampu menjelaskan
Hirarki Kelas Proses I/O,
Stream, Fungsi Cin, Cout,
Format dan File I/O,
Fungsi Read dan Write
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Hirarki Kelas
I/O
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Stream
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Cin dan Cout
Latihan Soal Presentasi (ppt atau tulisan)
Tatap Muka, Diskusi
[TM: 1x(3x50’)]
Penugasan (Resume)
[BT+BM:(1+1)x(3x60”)]
1. Hirarki Kelas Proses
I/O
2. Stream
3. Cin dan Cout
4. Format I/O
5. File I/O
10%

5

• Mahasiswa dapat
menjelaskan Format dan
File I/O
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Fungsi Put
&Get dan Write & Read

6. Fungsi Put, Get,
Write, Read
(11) [C2, P2, A2] Mahasiswa
mampu menjelaskan
Konsep Dasar OOP,
Perbandingan Prosedur
dan OOP, Karakteristik
OOP, Kelas, Konstruktor,
Destruktor, Tingkat Akses
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Konsep Dasar
OOP
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Konsep
Prosedural Perbedaanya
dengan OOP
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Karakteristik
OOP
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Konsep Kelas,
Konstruktor, Destruktor
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Tingkat Akses
Latihan Soal Presentasi (ppt atau tulisan)
Tatap Muka, Diskusi
[TM: 1x(3x50’)]
Penugasan (Resume)
[BT+BM:(1+1)x(3x60”)]
1. Konsep Dasar OOP
2. Perbandingan
Prosedural dan OOP
3. Karakteristik OOP
4. Abstraksi
5. Enkapsulasi
6. Inheritance
7. Kelas, Konstruktor,
Destruktor
8. Tingkat Akses
15%
(12) [C2, P2, A2] Mahasiswa
mampu menjelaskan
Konsep Objek, Friend
Fungsi dan Kelas, Pointer
This, Struktur dan Kelas,
Data dan Fungsi Statis
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Konsep Objek
• Mahasiswa dapat
menjelaskan friend Fungsi
dan Kelas
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Pointer This
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Struktur dan
Kel
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Data Fungsi
Statis

Latihan Soal Presentasi (ppt atau tulisan)
Tatap Muka, Diskusi
[TM: 1x(3x50’)]
Penugasan (Resume)
[BT+BM:(1+1)x(3x60”)]
1. Konsep Objek
2. Friend Fungsi dan
Kelas
3. Pointer This
4. Struktur dan Kelas
5. Data Statis
6. Fungsi Statis
15%
(13) [C2, P2, A2] Mahasiswa
mampu menjelaskan Kelas
Dasar dan Kelas Turunan,
Hak Akses Pewarisan,
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Konsep Dasar
dan Kelas Turunan
Latihan Soal 1. Pendahuluan
2. Konsep Dasar dan
Kelas Turunan
3. Hak Akses Pewarisan
5%

6

Mutiple Inheritance,
Penurunan Kelas
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Hak Akses
Pewarisan
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Multiple
Inheritance
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Penurunan
Kelas

4. Multiple Inheritance
5. Penurunan Kelas


(14) [C2, P2, A2] Mahasiswa
mampu
menjelaskanFungsi
Virtual, Overide, Virtual
Destructor, Polymorfisme
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Konsep Fungsi
Virtual
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Overide
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Virtual
Destructor
• Mahasiswa dapat
menjelaskan Polymorfieme

Latihan Soal Presentasi (ppt atau tulisan)
Tatap Muka, Diskusi
[TM: 1x(3x50’)]
Penugasan (Resume)
[BT+BM:(1+1)x(3x60”)]
1. Pendahuluan
2. Konsep Fungsi Virtual
3. Overide
4. Virtual Destructor
5. Polymorfisme
20%
16 Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester
Catatan :
1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari
sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk
pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampilan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap
bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan
kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-
indikator yang telah ditetapkan. Kreteriapenilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa
kuantitatif ataupun kualitatif.
6. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupunhasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi
kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.

7

Catatan tambahan:
(1). Bobot SKS (P = Praktek; T= Teori).
(2). TM: Tatap Muka; BT: Beban Tugas; BM: Belajar Mandiri.
(3). 1 sks = (50’ TM + 50’ PT + 60’ BM)/Minggu
(4). Simbol-simbol elemen KKNI pada CPL-Prodi: S = Sikap; KU = Ketrampilan Umum; KK = Ketrampilan Khusus; P = Pengetahuan


Disusun oleh: Disahkan oleh:
Dosen Pengembang dan Pengampu Kaprodi Teknik Telekomunikasi





Walid Maulana Hadiansyah, S.T., M.T Hamzah Ulinuha Mustakim, S.T., M.T
NIP. 19890002 NIP. 19900004