Cogito Smart Journal/VOL. 2/NO. 1/JUNI 2016 n82


Apresiasi Program Budaya Berbasis Budaya Tombulu
untuk Pendukung Pembelajaran Mulok
di Tingkat Sekolah Dasar

Reynoldus Andrias Sahulata

Universitas Klabat, Jl. Arnold Mononutu, Airmadidi, Minahasa Utara, Manado 95371
Tehnik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
e-mail: [email protected]

Abstrak
Kemampuan berbahasa daerah khususnya bahasa daerah Tombulu yaitu salah satu etnik
Minahasa di Sulawesi Utara dikalangan anak pada tingkat Sekolah Dasar usia enam tahun
sampai dua belas tahun, perlu mendapatkan perhatian yang serius, hal ini disebabkan
penggunaan bahasa daerah Tombulu dalam keseharian anak yang sudah hampir tidak pernah
digunakan dan jika hal ini dibiarkan maka bahasa daerah Tombulu berpotensi punah, karna tidak
ada yang dapat menggunakannya. Oleh sebab itu di Sekolah Dasar khususnya di kota Tomohon,
kota dimana enik budaya Tombulu berlaku, maka pada Mulok yang diberikan kepada para
peserta didik adalah bahasa daerah Tombulu dan Budaya daerah Tombulu dalam bentuk tarian
dan lagu-lagu daerah. Agar penyampaian materi Bahasa dan Budaya Tombulu lebih menarik
yang pada gilirannya meningkatkan kecintaan dan penghargaan terhadap Budaya Tombulu,
maka disajikan dalam bentuk audio visual sebagai pendukung dari buku pelajaran dalam
bentukan cetakan. Dengan melakukan observasi pada pengguna anak Sekolah Dasar di
Tomohon, wawancara dengan guru yang mengajar Mulok, maka dibuatlah Progaram untuk
meningkatkan Apresiasi Budaya Tombul yang disesuaikan dengan keperluan di Sekolah Dasar
yang berpijak pada penggunaan Rekayasa Perangkat Lunak yang menerapkan metode Spiral,
Sehingga minat terhadap Bahasa dan Budaya Tombulu dapat diberikan kepada peserta didik,
lebih efektif.

Kata kunci— Budaya Bahasa Tombulu, Mulok SD, Multi Media


Abstract
Proficiency in particular areas of regional languages Tombulu which one ethnic
Minahasa in North Sulawesi among children at the elementary school level aged six to twelve
years old, need serious attention, this is due to the use of regional languages Tombulu in everyday
life of children who have hardly ever used and if this is allowed then the local language Tombulu
potentially extinct, because no one can use it. Therefore, in an elementary school, especially in
Tomohon city, a city where culture Enik Tombulu apply, then the Mulok given to the students is
the local language and culture Tombulu area in the form of dances and folk songs. In order for
the delivery of content Language and Culture Tombulu more attractive, which in turn increase
the love and appreciation of the culture Tombulu, then presented in the form of audio-visual as a
supporter of textbooks in the formation of mold. By making observations at the elementary school
children in Tomohon, interviews with teachers who teach Mulok, then made program of to
increase Cultural Appreciation Tombul tailored to the needs at the elementary school which is
based on the use of software engineering applying methods Spiral, so interest in the language
and culture Tombulu can be given to learners, more effectively.

Keywords— The local language and culture Tombulu, the Mulok elementary school, Multi
Media

Cogito Smart Journal/VOL. 2/NO. 1/JUNI 2016 n83


1. PENDAHULUAN

Kemampuan dan tingkat pemahaman dalam penggunaan bahasa daerah merupakan
pembentukan jati diri dari bangsa Indonesia yang dikemas dalam bingkai Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI), dimana bahasa daerah Tombulu adalah satu diantara 300 kelompok
etnik atau suku bangsa di Indonesia atau lebih tepatnya ada 1.340 suku bangsa berdasarkan hasil
sensus BPS tahun 2010 yang telah dirilis, dimana bahasa ini digunakan oleh salah satu suku dari
9 suku yang ada di Minahasa dan suku Tombulu dan ini berkontribusi sebesar 20% dalam tatanan
kehidupan etnik Minahasa [1]. Oleh karna itu maka tidaklah berlebihan jika bahasa dan budaya
etnik Tombulu diberikan disekolah-sekolah dasar sebagai bahan ajaran muatan lokal (Mulok)
untuk diperkenalkan dan diajarkan kepada para peserta didik untuk meningkatkan apresiasi anak
bangsa dalam hal menumbuh kembangkan kearifan budah lokal sebagai identitas suatu bangsa.
Berdasarkan hasil survei yang dikeluarkan oleh Southeast Asian Minister of Education
Organization Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education
Personnel (SEAMEO QITEP) [2] yang disampaikan dalam seminar di Jakarta pada tanggal 24
dan 25 September 2014 didapati bahwa, eksistensi penggunaan bahasa daerah Tombulu terlihat
dan dirasakan sudah berkurang terutama dikalangan anak usia sekolah dasar, karena mereka lebih
mengetahui bahasa Indonesia yang berlogat Manado, dibanding dengan bahasa ibu (Mother
Tongue) mereka yaitu bahasa Tombulu.
Berdasarkan akan hal tersebut serta dengan didasari Peraturan Menteri Pendidikan dan
Budaya Republik Indonesia Tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013 No. 79 Tahun 2014
khusunya pada pasal 4 ayat 1 butir a. Seni Budaya, d. Bahasa dan/ atau, e. Tehnologi, maka untuk
mempertahankan jati diri bangsa melalui pelestarian budaya dan bahasa daerah dan untuk
melaksanakan PermenDikBud No. 79 Tahun 2014 khusunya pada pasal 4 ayat 1 butir a,d dan e
[3], serta untuk menjawab hasil survei yang dilakukan oleh SEAMEO QITEP maka dibuatlah
penelitian ini untuk kebutuhan peserta didik ditingkat sekolah dasar dalam mengapresiasikan
serta menunjang penyampaian mulok dengan menggunakan Personal Komputer sebagai media
untuk mempelajari budaya dan bahasa daerah Tombulu.
Penggunaan Personal Komputer didasari oleh lingkup pengajaran yang disampaikan di
dalam kelas pada saat penyampaikan pelajaran budaya dan bahasa daerah, sehingga diposisikan
sebagai salah satu media didalam pembelajaran atau sebagai pelengkap dari media pembelajaran
yang sudah ada yaitu dengan menggunakan buku ajar yang sudah ada.

2. METODE PENELITIAN

Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pendekatan RPL
atau Rekayasa Perangkat Lunak. Pada metode ini digunakan untuk melakukan pegembangan
suatu perangkat lunak dengan cara agar peneliti dapat membangun, memelihara aplikasi yang
dibangun, memiliki manajemen dalam suatu organisasi untuk membuat aplikasi, profesional dan
berkualitas [4].
Dalam menggunakan metode RPL peneliti dapat melakukan perubahan dalam aplikasi
dengan maksud untuk mengembangkan aplikasi yang sudah dibangun, memelihara aplikasi dan
membangun kembali aplikasi dengan prinsip rekayasa sehingga dapat menghasilkan aplikasi yang
efisien dan efektif.
Penelitian ini menggunakan metode rekayasa perangkat lunak sebagai prosedur dalam
memecahkan suatu masalah yang dihadapi, dengan metode ini penulis akan membangun sebuah
aplikasi untuk mengapresiasikan dalam bentuk Program Budaya Berbasis Budaya Tombulu untuk
Pendukung Pembelajaran Mulok di Tingkat Sekolah Dasar di Kotamadya Tomohon.

Cogito Smart Journal/VOL. 2/NO. 1/JUNI 2016 n84


2.1 Instrumentasi

Pada bagian ini menjelaskan bagaimana teknik yang dilakukan peneliti dalam
mengumpulkan data yang memungkinkan penelitian dapat dilakukan[5].

2.1.1 Teknik Observasi

Dalam metode ini, peneliti melakukan observasi ke tempat penelitian yang memiliki data
yang akurat dan spesifik untuk mendukung penelitian ini. Tempat yang di observasi adalah SD
GMIM Kumelembuai, dan SD INPRES Tomohon.
Peneliti langsung mengamati bagaimana penggunaan bahasa daerah Tombulu dalam
keseharian digunakan serta bagaimana pengajar mengajarkan dan menyampaikan materi ajar
budaya dan bahasa Tombulu di Sekolah
Tujuan dari observasi ini adalah agar peneliti bisa mengetahui secara pasti bagaimana
interaski sosial dalam menggunakan bahasa Tombulu serta permasalahannya sehingga bahasa ini
perlu diajarkan ke peserta didik, agar tidak punah di tanah tempat ia dilahirkan.

2.1.2 Teknik Wawancara

Wawancara merupakan teknik yang dilakukan untuk mendapatkan informasi dari nara
sumber yang berkompeten dalam hal ini adalah para pengajar di SD GMIM Kumelembuai, dan
SD INPRES di Tomohon, dimana dari hasil wawancara ini akan mengarahkan peneliti
membangun aplikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan dalam rangka turut secara aktif
menjaga dan menghidupkan penggunaan budaya dan bahasa Tombulu.

2.1.3 Studi Literatur

Dalam studi literatur yaitu dengan membaca literatur yang berhubungan dengan kajian
budaya dan pengembangan budaya dan bahasa Tombulu, serta peraturan pemerintah yang
mendukung terselenggaranya penggunaan bahasa dan budaya Tombulu, baik dalam bentuk
formal maupun secara informal dalam keseharian yang dikemas dalam bentuk-bentuk tertulis
ataupun lisan.

2.2 Jenis Dan Sumber Data

Dalam penelitian ini ada dua jenis data yang digunakan yaitu :
1. Data Primer, yaitu data yang diperoleh dengan melakukan pengamatan langsung
pada objek yang diteliti dan wawancara langsung. Dalam hal ini peneliti langsung
mengamati apa yang sedang terjadi pada keseharian di tempat bahasa Tombulu
dilahirkan yaitu di kota Tomohon, serta bagaimana instansi yang terkait melakukan
pembinaan, dalam hal ini Sekolah Dasar di Tomohon.
2. Data Sekunder, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk catatan-catatan, jurnal,
laporan-laporan, buku-buku, majalah-majalah, atau koran-koran yang melaporkan
dan mencatat akan semua yang terjadi terhadap perkembangan dan eksistensi
budaya dan bahasa Tombulu.

2.3 Prosedur Pengumpulan Data

Dalam mencapai tujuan penelitian, dibutuhkan beberapa prosedur sebagai berikut :
1. Mendatangi objek dari penelitian secara langsung di SD GMIM Kumelembuai,
dan SD INPRES di kota Tomohon.

Cogito Smart Journal/VOL. 2/NO. 1/JUNI 2016 n85


2. Melakukan wawancara untuk mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan
dalam penelitian ini kepada guru yang mengajarkan bahasa dan budaya Tombulu.
3. Mengamati bagaimana interaksi sosial keseharian yang terjadi dalam hal
penggunaan bahasa dan budaya Tombulu.
4. Peneliti meminta masukan dan arahan agar pembuatan aplikasi bisa sampai ke
sasar yaitu para peserta didik di tingkat Sekolah Dasar di kota Tomohon.

2.4 Lingkungan Pengembangan software dan hardware

Dalam pengembangan aplikasi berbasis desk top ini, peneliti menggunakan software
dan hardware sebagai berikut:

Software:
1. Microsoft Windows 8
2. Microsoft Office Word 2013
3. Macromedia Flash MX
4. Cool Edit Pro
5. Keyman
6. Font Java
7. MagicDraw UML 16.1 SP1

Hardware:
1. Laptop Acer V5-471
2. Processor Intel i5 1.80GHz
3. RAM 4 GB
Harddisk 500 GB

2.5 Analisis Sistem

Dalam pembuatan aplikasi ini, peneliti menggunakan Unfied Modelling Language
(UML) diagram yang terdiri dari Use Case Diagram, Class Diagram, Sequence Diagram dan
Activity Diagram [6] [7], dengan masing-masing diagram dapat diuraikan sebagai berikut :

2.5.1 Use Case Diagram

Peneliti menggunakan use case diagram untuk memberikan gambaran bagaimana
terjadinya proses interaksi antara user dan sistem. Use case diagram merupakan sekumpulan
scenario yang dihubungkan satu sama lain dengan satu tujuan yang sama dari user. Fitur-fitur
yang terdapat pada use case diagram terdiri dari use case dan actor, dimana actor bertugas untuk
merepresentasikan orang atau device yang terlibat dalam sistem sedangkan use case untuk
merepresentasikan operasi-operasi atau proses-proses yang dilakukan oleh actor.

Cogito Smart Journal/VOL. 2/NO. 1/JUNI 2016 n86



Gambar 1 Use Case Diagram Aplikasi Budaya dan Bahasa Tombulu

2.5.2 Class Diagram

Pada Class Diagram yang terdiri dari beberapa class untuk melihat fungsi dan logika
untuk melakukan controller terhadap model dan view pada aplikasi yang dibuat.


Gambar 2 Class Diagram Aplikasi Budaya dan Bahasa Tombulu

2.5.3 Sequence Diagram

sequence Diagram merupakan urut-urutan yang terjadi pada aplikasi yang berjalan dalam
rancangan yang dibuat disesuaikan dengan yang telah dirancang pada use care aplikasi.

Cogito Smart Journal/VOL. 2/NO. 1/JUNI 2016 n87




Gambar 3 Sequence Diagram Aplikasi Budaya dan Bahasa Tombulu

2.5.3 Activity Diagram



Activity diagram, merupakan gambaran alur kerja dari aplikasi yang dibuat. Peneliti
menggunakan activity diagram untuk menggambarkan proses yang terjadi sampai selesai aplikasi
berjalan.

Gambar 4 Activity Diagram Aplikasi Budaya dan Bahasa Tombul

3. HASIL DAN PEMBAHASAN

Pada pembuatan aplikasi dilakukan serangkaian persiapan dan kegiatan yang dapat
diuraikan sebagai berikut :
1. Penetuan kriteria materi pengajaran yang akan dibuat pada aplikasi (Educational
Criteria) yang terdiri atas : materi pembelajaran, Kurikulum yang digunakan dalam
hal ini adalah kuruikulum Mulok tahun 2013, Isi materi, model interaksi yang
digunakan serta penanganan Masalah.
2. Tampilan Program (Cosmetics) dengan menitik beratkan pada : pewarnaan,
pemakaian kata dan bahasa, pemakaian tombol interaktif, disain grafis yang
digunakan, animasi atau vedio yang digunakan, efek suara yang dihasilkan, tombol
icon atau menu yang digunakan, disain interface yang digunakan.

Cogito Smart Journal/VOL. 2/NO. 1/JUNI 2016 n88


3. Kualitas Teknis (Tecnical Quality) dimana pada bagian ini melibatkan :
pengoperasian program, respons pengguna, tingkat keamanan program dan
fasilitas program.
4. Prosedur kerja, akan disajikan dalam bentuk bagan arus sebagai berikut :


Penentuan Materi Penentuan Pemakai Penentuan Indikator
Penentuan Skenario Pembelajaran
Penentuan Diagram Alir
Penentuan Script/Naskah

Gambar 5 Prosedur Kerja
5. Pembuatan materi aplikasi Budaya dan Bahasa Tombulu [8] yang dapat diutarakan
sebagai berikut : untuk Menu Bahasa, Jika inputan yang dipilih “Bahasa” maka
akan ditampilkan uraian yang pertama yaitu Huruf Vokal dalam bahasa Tombulu,
dan diikuti Abjad, Angka 1-10, Pengenalan organ tubuh manusia, percakapan
singkat, contoh kata benda dan kata sifat serta evaluasi materi. Setelah proses
selesai akan dilanjutkan ke menu Budaya. Apabila menginginkan finish maka user
akan keluar dari program.
Untuk Menu Budaya terdiri atas : Jika inputan yang dipilih “Budaya” maka akan
ditampilkan uraian yang pertama yaitu perkenalan Tarian Daerah, Alat Musik,
Lagu Daerah dan Cerita Daerah. Setelah proses selesai Setelah proses selesai,
apabila menginginkan finish maka user akan keluar dari program seutuhnya, dan
jika tidak menginginkan finish maka user dapat kembali ke menu utama.
6. Membuat Script / Format Naskah yang dapat diutarakan sebagai berikut : Format
naskah berisi desain tampilan pada layar monitor. Desain tampilan sekurang –
kurangnya memuat informasi tentang judul materi, nama frame / file, nomor frame
/ file, halaman, kotak tampilan jika dilihat dilayar komputer, teks narasi, keterangan
tampilan, dan keterangan tentang gambar, animasi atau video.

3.1 Perancangan Interface

Pada perancangan Interface aplikasi Budaya dan Bahasa Tombulu dapat dijelaskan
sebagai berikut :

Disain interface halaman muka aplikasi
x
JUDUL PEMBELAJARAN
BAHASA
BUDAYA
x
Tombol Menu Materi
Keluar Program
Menghidupakan/
Mematikan suara

Gambar 6 Form Naskah Menu Utama

Disain interface belajar huruf
SUARA : Musik Daerah

Cogito Smart Journal/VOL. 2/NO. 1/JUNI 2016 n89


JUDUL PEMBELAJARAN
X
ISI MATERI
Ket. Isi Materi Huruf Vokal dalam
Bahasa Tombulu dan Abjad A-Z, dan
Contoh Kata
Melanjutkan Materi
Kembali ke Materi Sebelumnya
Suara dapat
dimatikan/dihidupkan

Gambar 7 Form Huruf Vokal dan Abjad

Disain interface belajar angka
JUDUL PEMBELAJARAN
X
ISI MATERI
Ket. Angka 1-10 dalm Bahasa
Tombulu
Melanjutkan Materi
Kembali ke Materi Sebelumnya
Suara dapat
dimatikan/dihidupkan

Gambar 8 Form Angka 1-10

Disain interface belajar Organ Tubuh Manusia
JUDUL PEMBELAJARAN
X
ISI MATERI
Ket. Pengenalan Organ Tubuh
Manusia dengan Animasi dalam
Bahasa Tombulu.
Melanjutkan Materi
Kembali ke Materi Sebelumnya
Suara dapat
dimatikan/dihidupkan

Gambar 9 Form Organ Tubuh Manusia

Disain interface belajar Dialog Singkat
JUDUL PEMBELAJARAN
X
ISI MATERI
Ket.Dialog Seorang Guru
memperkenalkan diri kepada Murid -
Muridnya
Melanjutkan Materi
Kembali ke Materi Sebelumnya
Suara dapat
dimatikan/dihidupkan

Gambar 10 Form Dialog singkat
Disain interface belajar kata benda dan kata sifat dalam Bahasa Tombulu

Cogito Smart Journal/VOL. 2/NO. 1/JUNI 2016 n90


JUDUL PEMBELAJARAN
X
ISI MATERI
Ket.contoh Kata Benda dan Sifat serta
Arti kata tersebut
Melanjutkan Materi
Kembali ke Materi Sebelumnya
Suara dapat
dimatikan/dihidupkan

Gambar 11 Kata Benda dan Kata Sifat

Disain interface belajar Budaya Tombulu
JUDUL PEMBELAJARAN
X
Ket.Menu Budaya yang menampilkan
4 pilihan Materi
Suara dapat
dimatikan/dihidupkan
TARIAN
ALAT MUSIK
LAGU DAERAH
CERITA DAERAH
Kembali ke Materi Sebelumnya

Gambar 12 Form Menu Budaya Tombulu



3.2 Tampilan Program Pembelajaran Bahasa Tombulu
Tampilan dari program pembelajaran Bahasa Daerah Tombulu adalah sebagai berikut :

Gambar 13. Menu memulai aplikasi Gambar 14 Menu utama aplikasi

Pada saat program pertama kali dijalankan, tampilannya berupa intro yang digambarkan pada
gambar 13. Setelah itu pengguna dihadapkan pada pilihan berlanjut dengan menekan tombol
masuk atau mulai menuju menu utama atau keluar dari program tersebut.

Gambar 14 Menunjukkan Menu Utama yang menampilkan dua menu utama yaitu materi Bahasa
Tombulu dan Budaya Minahasa.

Gambar 15 menjelaskan lima huruf vocal dalam Bahasa Tombulu dan contoh kata huruf tersebut,
serta cara melafalkannya.

Cogito Smart Journal/VOL. 2/NO. 1/JUNI 2016 n91



Gambar 15 menu huruf vocal Tombulu Gambar 16 menu Belajar angka Bahasa Tombulu

Gambar 16 menampilan 10 angka dalam Bahasa Tombulu dan disertai dengan animasi dan suara.

Pada bagian akhir dari aplikasi Pembelajaran Bahasa Tombulu, pengguna diberikan menu untuk
menjalankan evaluasi terhadap semua materi pembelajaran yang telah dilakukan, dengan cara
menjawab serangkaian pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, yang terhilat pada gambar 17.

Gambar 17 menu Evaluasi Gambar 18 menu Budaya Masyarakat Tombulu

Sedangkan pada materi pembelajaran Budaya Tombulu pengguna aplikasi diberikan materi
Budaya Tombulu berupa Tarian yang menjadi tarian utama masyarakat Tombulu, alat musuk khas
masyarakat Tombulu, cerita rakyat yang menjadi legenda pada masyarakat Tombulu dan lagu-
lagu yang amat populer pada masyarakat Tombulu, semua itu di sajikan secara interaktif dan
dilengkapi keterangan dalam bahasa Tombulu dan visualisasinya. Aktifitas tersebut terlihat pada
gambar 18.

Cogito Smart Journal/VOL. 2/NO. 1/JUNI 2016 n92


4. KESIMPULAN

Dari hasil apresiasi program budaya berbasis budaya Tombulu yang diakses dengan
aplikasi dapat disimpulkan, sebagai berikut :

1. Aplikasi yang dibuat, berdasarkan Mulok yang mengaju pada kurikulum Sekolah Dasar
2013.
2. Materi yang disajikan dalam bentuk animasi yang dilengkapi dengan suara penutur asli
suku enik Tombulu.
3. Penyajiannya terbagi atas pembelajaran Bahasa Tombulu dan Budaya Tombulu.
4. Materi yang diberikan pada pembelajaran Bahasa Tombulu terdiri atas pengenalan
serta melafalkan huruf vokal dan konsonan, angka, pengenalan organ tubuh manusia,
percakapan keseharian, contoh kata kerja, kata sifat dan kata benda, kamus kata
sebanyak 200 kata, serta evaluasi terhadap materi yang telah diberikan.
5. Materi dalam budaya Tombulu terdiri atas : tarian, alat musik, cerita rakyat dan lagu
daerah masyarakat Tombulu.
6. Perlu adanya pengembangan terhadap materi dan pemeriksaan terhadap materi yang
mungkin belum ada pada aplikasi ini, seperti tata bahasa yang digunakan dan pengisi
suara penyaji materi lebih dari satu orang, sehingga lebih teras interaktif pada saat
penyampai materi.

5. SARAN

Dalam penelitian ini ada hal yang perlu mendapatkan perhatian untuk perbaikkan dari
pengembangan apresiasi dari aplikasi ini adalah :

1. Penyajian taks yang digunakan lebih terarah yaitu dengan menyandingankan kata atau
materi pembelajaran dalam bahasa Tombulu dan bahasa Indonesia dalam satu tampilan.
2. Melibatkan lebih dari satu penutur asli Tombulu agar lebih interaktif dalam
penyampaian.
3. Menyediakan aplikasi yang berbasis aplikasi berjalan, agar dapat dipelajari dimana
saja.

UCAPAN TERIMA KASIH

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Universitas Klabat yang telah memberi
dukungan financial terhadap penelitian ini.
Juga kepada Ibu Eva Tulong yang membantu mulai dari awal pembuatan aplikasi ini
sampai dapat terselesaikannya penelitian ini, terutama dalam penyusunan dan dalam penuturan
menyajian materi.


DAFTAR PUSTAKA

[1] Badan Pusat Statistik, Edisi tahun 2010, Kata log BPS Publikasi Daerah,.
[2] Southeast Asian Minister of Education Organization Regional Centre for Quality Improvement
of Teachers and Education Personnel (SEAMEO QITEP) , diakses tgl. 25 September 2014,
qitepinmath.org/link/20100321YcGEs/Links.
[3]www.slideshare.net/wincibal/permen-nomor-79-tahun-2014-mulok-kurikulum-2013, diakses tgl. 25
September 2014.
[4] Roger.S. Presman. 2010, Rekayasa Perangkat Lunak, Edisi 7, Penerbit Andi, Yogyakarta.
[5] Hermanto, Hery, 2010, Menyiapkan Karya Tulis Ilmiah, Trans Info Media, Jakarta

Cogito Smart Journal/VOL. 2/NO. 1/JUNI 2016 n93


[6] The Pennsylvania State Universwity, 2008, Web [Online]. Available Http://www.personal
.psu.edu./glh 10/ist110/topic/topic07_05.html ].
[7] Dharwiyanti, Sri & Wahono, Romi S. Pengantar Unified Modeling Language (UML).
[8] Montori, Soleman, 2000, Budaya Daerah Sulawesi Utara, Manado