RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)






MATA KULIAH : KIMIA PERMUKAAN
SEMESTER : GANJIL
BOBOT : 2 SKS
DOSEN/TIM DOSEN
PENGAMPU
: Dr. Yusmaniar, M.Si

PROGRAM STUDI KIMIA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

1



RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)

Universitas : Universitas Negeri Jakarta
Fakultas : MIPA
Program Studi : Kimia
Mata Kuliah : Kimia Permukaan
Bobot sks : 2 sks
Kode Mata Kuliah :
Kode Seksi :
Bentuk/Sifat : (1) Teori (2) Praktikum
Pra-Syarat (jika ada) :
Semester : Genap
Periode Kuliah :
Jumlah Pertemuan : 16/24/32 pertemuan*) x 100 menit
Jadwal Kuliah :
Ruang Kuliah :
*) coret yang tidak perlu
A. DESKRIPSI MATAKULIAH
Mata kuliah mempelajari tentang aspek termodinamika permukaan, isoterm
adsorpsi, antarmuka cair-gas, antarmuka cair-cair, antarmuka padat-cair, aspek
kelistrikan kimia permukaan. Serta Koloid, keadaan koloid, stabilitas koloid.
Pembelajaran dalam kuliah ini diberikan melalui metode berorientasi pada student
center learning, dengan penilaian pencapaian pembelajaran melalui metode test dan
non test .

2

B. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) YANG DIBEBANKAN
DALAM MATAKULIAH
Ranah Capaian Pembelajaran Lulusan
Pengetahuan
Memahami konsep dan aplikasi dalam bidang biosains dan kimia
material untuk memecahkan permasalahan di bidang kimia dan
terapannya



C. BAHAN KAJIAN/POKOK BAHASAN
BAHAN KAJIAN/ POKOK
BAHASAN
SUB- BAHAN KAJIAN
/SUB-POKOK BAHASAN
1. Fenomena Permukaan a. Termodinamika permukaan
b. Tegangan antar muka cair
2. Adsorpsi a. persamaan adsorpsi Gibbs
b. Klasifikasi isotherm Adsorpsi
c. Isoterm Langmuir
d. Isoterm Freindleir
3. Jenis dan Kestabilan Koloid a.sistem disperse
b.Pengaruh besaran butir
c. Sifat dan jenis koloid
d. Pembikinan dan pemurnian sol
4. Surfaktan a.klasifikasi surfaktan
b.Menentukan bilangan HBL
c. Aplikasi Surfaktan
5. Emulsi dan Buih a. pengertian emulsi
b. pembentukan emulsi
c. klasifikasi emulsi
6.Sifat Litrik permukaan a. Sifat Listrik permukaan
b.Konsep Lapis ganda listrik
c. elektroforesa, elektroosmosa, potensial aliran




D. KEGIATAN PEMBELAJARAN (METODE)
1. Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan dengan pendekatan student centre. Para mahasiswa
didorong dan difasilitasi untuk aktif mencari dan memperoleh kemampuan yang diharapkan,
baik pengetahuan, keterampilan maupun sikap
2. Metode yang digunakan dalam perkuliahan ini adalah:
a. Ceramah (presentasi dosen)
b. Diskusi kelas berbasis kelompok
c. Penugasan
d. Praktikum

3


E. MEDIA PEMBELAJARAN
Tuliskan media pembelajaran yang digunakan dalam matakuliah ini.

Perangkat Keras Perangkat Lunak
1. komputer, TV 1. LMS, Zoom, Google Classroom,
Google Meet, Microsoft Teams
Mampu menggunakan piranti lunak untuk mengolah dan menganalisis data eksperimen kimia serta
untuk mengetahui struktur, sifat, dan perilaku molekul sederhana


F. TUGAS (TAGIHAN)
Ada dua tugas utama yang harus dikerjakan oleh mahasiswa selama perkuliahan satu
semester, yaitu:
1. Mengerjakan tugas pada pertemuan ke-4 dan ke-6 yang diberikan oleh dosen berupa
memgumpulkan beberapa jenis koloid dan mengklasifikasikan, serta mendiskusikan dengan
temannya
2. Mengerjakan tugas kelompok yang diberikan oleh dosen berupa mencari jurnal yang
berhubungan tegangan permukaan dan mendiskuikannya


1. Komponen dan bobot penilaian dalam persentase:
1. Tugas 1 ……………………………………. 10%
2. Tugas 2 ……………………………………. 10%
3. UTS ……………………………………. 30%
4. UAS ……………………………………. 50%
-

2. Strategi penilaian:
 Tes Tulis (UTS dan UAS)
 Penilaian kinerja (presentasi, peran serta dalam diskusi dan partisipasi dalam
perkuliahan

Strategi
Penilaian
Aspek yang Dinilai
Sikap
Keterampilan
Umum
Keterampilan
Khusus
Pengetahuan
Tes prestasi
(Achievement
test)
○ ◑ ● ●
Penilaian ◑ ● ● ●

4

Kinerja
Portofolio ◑ ● ◑ ◑
Observasi ● ◑ ◑ ◑
Survei ● ◑ ○ ○
Data
Longitudinal
◑ ● ● ○
Data
Administratif
◑ ● ● ○
Review
Eksternal
○ ● ○ ○
Esdal, Lars. Defining & Measuring Student-Centered Outcomes. Education Evolving, 2018, pp. 19.
Keterangan:
○ Tidak digunakan dalam penilaian
◑ Kadang digunakan dalam dalam kasus penilaian tertentu
● Sering digunakan untuk menilai keterampilan yang dimaksud

- Sikap (mencakup Keterampilan Abad ke-21 yang sesuai dengan komponen dari
Permendikbud: Communication, Collaboration, Critical thinking, Creative
thinking, Computational logic, Compassion dan civic responsability)
- Keterampilan Umum (Mencakup Keterampilan Abad ke-21 dan Literasi digital)
- Strategi penilaian disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan mahasiswa dalam
matakuliah.

3. Instrumen: Lembar/soal tes UTS dan UAS, lembar penugasan, dan lembar rubrik
4. Rubrik merupakan panduan atau pedoman penilaian yang menggambarkan
kriteria yang diinginkan dalam menilai atau memberi tingkatan dari hasil kinerja
belajar mahasiswa. Rubrik terdiri dari dimensi atau aspek yang dinilai dan
kriteria kemampuan hasil belajar mahasiswa ataupun indikator capaian belajar
mahasiswa.

Tujuan penilaian menggunakan rubrik:
 Memperjelas dimensi atau aspek dan tingkatan penilaian dari capaian
pembelajaran mahasiswa;
 dapat menjadi pendorong atau motivator bagi mahasiswa untuk mencapai
capaian pembelajarannya.

Rubrik dapat bersifat menyeluruh atau berlaku umum dan dapat juga bersifat
khusus atau hanya berlaku untuk suatu topik tertentu atau suatu capaian
pembelajaran tertentu.

Portofolio merupakan instrument/dokumen penilaian hasil belajar yang
didasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan
pencapaian CPL mahasiswa dalam satu periode tertentu. Informasi tersebut dapat
berupa karya mahasiswa dari proses pembelajaran yang dianggap terbaik atau

5

karya mahasiswa yang menunjukan perkembangan kemampuannya untuk
mencapai capaian pembelajaran.

5. Kriteria penilaian/kelulusan
Mahasiswa dikategorikan lulus mata kuliah Telaah Kurikulum Kimia apabila memiliki
nilai akhir minimal mencapai C. Adapun rentang penilaian sebagai berikut:
Tingkat Penguasaan (%)

Huruf Angka Keterangan
86 – 100 A 4 Lulus
81 – 85 A- 3.7 Lulus
76 – 80 B+ 3.3 Lulus
71 – 75 B 3.0 Lulus
66 – 70 B- 2.7 Lulus
61 – 65 C+ 2.3 Lulus
56 – 60 C 2.0 Lulus
51 – 55 C- 1.7 Belum Lulus
46 – 50 D 1 Belum Lulus
0 – 45 E 0 Belum Lulus


G. KEBIJAKAN PERKULIAHAN

a. Kehadiran : Mahasiswa yang tidak hadir, baik dengan pemberitahuan
atau tidak, lebih dari 20% dari total pertemuan dianggap
tidak lulus dan mendapat nilai
b
.
Keterlambatan :
 Keterlambatan masuk kelas selama menit diizinkan
mengikuti perkuliahan, bila kelas dimulai pukul 8.
 Keterlambatan masuk kelas lebih dari 1-15 menit tidak
diizinkan mengikuti perkuliahan, bila kelas dimulai
pukul 9 dan seterusnya.
 Keterlambatan penyerahan tugas selama 1-7 hari dari
tenggat waktu yang ditetapkan akan mendapat
pengurangan nilai sebanyak 20 poin dari total 1-100
poin.
 Keterlambatan penyerahan tugas selama lebih dari 7
hari dari tenggat waktu yang ditetapkan akan
mendapatkan nilai 0.
c. Tidak : Mahasiswa yang tidak mengikuti ujian atau tidak

6

mengikuti
ujian/tidak
menyerahkan
tugas
menyerahkan tugas tanpa pemberitahuan akan diberikan
nilai D pada ujian/tugas tersebut.
d
.
Kecurangan
akademik
: Mahasiswa wajib mematuhi standar aturan dan kebijakan
tentang kejujuran akademik dan menghindari tindakan
plagiarisme dan kecurangan dalam ujian. Tindakan
plagiarisme dan kecurangan dalam ujian akan diberikan
nilai E pada ujian tersebut.
e. Etika di dalam
kelas luring
:
 Mahasiswa tidak diperkenankan mengenakan pakaian
yang memperlihatkan aurat (ketat/transparan).
 Mahasiswa tidak menggunakan alat komunikasi untuk
keperluan yang tidak terkait dengan pembelajaran.
 Mahasiswa tidak membuat kegaduhan yang
mengganggu ketertiban pembelajaran.

f. Etika di dalam
kelas daring
:
 Mahasiswa tidak diperkenankan mengenakan pakaian
yang memperlihatkan aurat (ketat/transparan).
 Mahasiswa wajib menampilkan identitas diri dalam
bentuk tulisan, citra, atau video.





H. SUMBER (REFERENSI)
Referens:
1. Arthur W. Adamson, 1982, Physical Chemistry of Surfaces, 4th ed., John Wiley
& sons, New York
2. James W. Goodwin, 2009, Colloids and Interfaces with Surfactant and Polymers
3. Hirtzel, S. & Rajagopalan, R., 1985, Colloidal Phenomena, Noyes Pub., New
Jersey

7





UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM STUDI KIMIA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATAKULIAH (MK) KODE MATAKULIAH BOBOT (SKS) SEMESTER TANGGAL PENYUSUNAN
Kimia Polimer

2 SKS GANJIL
DOSEN PENGAMPU
MATAKULIAH


Dr. Yusmaniar, M.Si
KOORDINATOR
PROGRAM STUDI


Dr.Fera Kurniadewi, M.Si
OTORISASI/PENGAWASAN/
GPJM FAKULTAS


(nama lengkap)
WAKIL DEKAN I



(nama lengkap)
TANGGAL REVISI
Capaian Pembelajaran
CPL-Program Studi yang Dibebankan pada Matakuliah (tuliskan CPL yang relevan dengan matakuliah saja)
CPL-1 1. Memahami konsep dan aplikasi dalam bidang biosains dan kimia material untuk memecahkan permasalahan
di bidang kimia dan terapannya
Capaian Pembelajaran Matakuliah (CPMK)
CPMK-1 Menganalisis fenomena permukaan
CPMK-2 Menganalisis adsorpsi
CPMK-3 Menganalisis koloid dan kestabilan koloid
CPMK-4 Menganilis berbagai surfaktan
CPMK-5 Menganalisis jenis emulsi dan buih
CPMK-6 Menganalisis sifat listrik permukaan
Sub-Capaian Pembelajaran Matakuliah (Sub-CPMK) (uraian dari CPMK berbasis pertemuan/tatap muka)
Sub-CPMK-
1.1
Menjelaskan konsep termodinamika permukaan
Sub-CPMK-
1.2
Menjelaskan sifat sifat antar muka, cair -cair, cair-gas, padat-cair
Sub-CPMK- Menhitung tegangan antar muka.

8

1.3
Sub-CPMK-
2.1
Membedakan adsorpsi dan absorpsi
Sub-CPMK-
2.2
Membedakan isotherm adsorpsi
Sub-CPMK-
3.1
Membedakan jenis -jenis koloid
Sub-CPMK-
3.2
Menjelaskan kestabilan koloid
Sub-CPMK-
4.1
Membedakan jenis-jenis surfaktan
Sub-CPMK-
4.2
Menentukan HLB surfaktan
Sub-CPMK-
4.3
Mengaplikasikan jenis surfaktan dalam kehidupan sehari-hari
Sub-CPMK-
5.1
Memahami arti emulsi dan buih
Sub-CPMK-
5.2
Menganalisis sifat emulsi dan buih
Sub-CPMK-
6.1
Memahami sifat listrik permukaan
Sub-CPMK-
6.2
Memahami konsep lapisan kembar listrik
Sub-CPMK-
6.3
Memahami konsep elektroforesa, elektroosmosa, potensial aliran
Korelasi CPMK dan Sub-CPMK (beri tanda  atau arsiran)

Sub
-
CPMK
-
1
.1

Sub
-
CPMK
-
1
.2

Sub
-
CPMK
-
1.3

Sub
-
CPMK
-
2.1

Sub
-
CPMK
-
2.2

Sub
-
CPMK
-
3.1

Sub
-
CPMK
-
3.
2

Sub
-
CPMK
-
4.1

Sub
-
CPMK
-
4.2

Sub
-
CPMK
-
4.3

Sub
-
CPMK
-
5.1

Sub
-
CPMK
-
5.2

Sub
-
CPMK
-
6.1

Sub
-
CPMK
-
6.2

Sub
-
CPMK
-
6.3


CPMK-1 V V V
CPMK-2 V V
CPMK-3 V V
CPMK-4 V V V
CPMK-5 V V

9

CPMK-6 V V V

10


RINCIAN RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN
Peka
n ke-
Sub CPMK Indikator Materi Materi
Perkuliahan/
Pokok Bahasan
Bentuk/Meto
de
Pembelajara
n
Moda
Pembelajaran
Alokasi
waktu
Penilaian Referensi
Daring Lurin
g
Strategi Kriteria
dan
Bubrik
1-2 Menganalisis
termodinamik
a permukaan













1. Menjelaskan
hukum
termodinamika
pada permukaan
2. Menjelaskan
energi Gibbs pada
permukaan

 Termodinamika
permukaan
 Energi Gibbs
 Diskusi
informasi
 Diskusi
kelompok

TM: 2x100’
BT: 2x120’
BM: 2x120’
1,2,3
3-4
Menganalisis
fenomena
permukaan

1. Menganalisis
Tegangan
Permukaan

 Tegangan
permukaan
 Termodinamika
Permukaan

 Diskusi
informasi
 Diskusi
kelompok


TM: 2x100’
BT: 2x100’
BM: 2x100’

11

5-6








Menganalisis
fenomena
antarmuka
antara cair-
gas, cair-cair,
dan padat-
cair.

1. Menentukan
tegangan antar
muka cair-gas
2. Menentukan
tegangan antar
muka cair-cair,
3. Menentukan
tegangan antar
muka padat cair.
 Tegangan
antar muka
cair –gas
 Tegangan
antar muka
cair-cair
 Tegangan
antar muka
padat cair
•Diskusi
informasi
• Diskusi
kelompok
•Penugasan
TM: 2x100’
BT: 2x100’
BM: 2x100’



7 Menganalisis
konsep
adsorpsi

Menetukan Isoterm
Adsorpsi
Isoterm Adsorpsi  Diskusi
informasi
 Diskusi
kelompok
 Penugasan
TM: 1x100’
BT: 1x100’
BM: 1x100’

8 UTS
9-10
Menganalisis
sifat dan
kestabilan
koloid

1. Membedakan jenis
koloid,larutan dan
suspensi
2. Menganalisis system
disperse
3. Menganalisis
kestabilan koloid

1. koloid, larutan
dan suspense
2. Sifat Koloid
3. Disperse
4. Kestabilan
koloid

 Diskusi
informasi
 Diskusi
kelompok
 Penugasan


TM: 2x100”
BT: 21x100’
BM: 2x100’


1,2,3
11 Menganalisis
jenis dan sifat
surfaktan
1. Menentukan Jenis
jenis surfaktan
2. Menentukan Nilai
HLB
1. Jenis-jenis
Surfaktan
2. Penentuan
nilai HLB
 Diskusi
informasi
 Diskusi
kelompok
TM: 2x100”
BT: 21x100’
BM: 2x100’

12

3. Aplikasi surfaktan  Penugasan
12-13
Menganalisis
jenis emulsi dan
buih
 Menentukan jenis
jenis emulsi
 Mengaanalisi teori
Emulsi
 Mengkaji
pembuatan dan
pemecahan emulsi
 Menganalisis Buih
serta aplikasinya

 Zat pengemulsi
 Teori Emulsi
 Pembuatan dan
 pemecahan
emulsi buih
 Pencegahan dan
 pemecahan buih
 Diskusi
informasi
 Diskusi
kelompok


TM: 2x100’
BT: 2x100’
BM: 2x100’



14 Menganalisis
Sifat Litrik
permukaan
1. Menganalisis Sifat
Listrik permukaan
2. Mengkaji Konsep
Lapis ganda listrik
3. Membedakan
elektroforesa,
elektroosmosa,
potensial aliran

1. Sifat Listrik
permukaan
2. Konsep Lapis
ganda listrik
3. elektroforesa,ele
ktroosmosa,
potensial aliran

 Diskusi
informasi
 Diskusi
kelompok

TM: 1x100’
BT: 1x100’
BM: 1x100’





15-16 Menelaah artikel
terkait aplikasi
topik koloid
dan surfaktan
dan membuat
makalah serta
mempresentasik
annya
Projek
based
learning

TM: 2x100’
BT: 2x100’
BM: 2x100’




TM : Tatap Muka

13

BT : Belajar Terstruktur
BM : Belajar Mandiri





LAMPIRAN RPS

1. Perkuliahan berbasis hasil penelitian dan/atau P2M

Setelah memasukkan satu bagian dalam RPS tentang relevansi mata kuliah dengan hasil penelitian dan/atau P2M (bila ada), kemudian jelaskan:

1) Beberapa bahasan MK ini diambil dari penelitian/P2M pada tahun … dengan judul … (sebagaimana tercantum dalam tabel C-Materi)
yang tertuang pada pokok bahasan pada pekan …, yaitu : … .
2) Bentuk pembelajaran yang digunakan dalam MK ini diadopsi dari hasil penelitian/P2M pada tahun … dengan judul … (sebagaimana
tercantum dalam tabel J-Rincian Rencana Kegiatan), yaitu model pembelajaran … .
3) Instrumen penilaian/evaluasi yang digunakan dalam MK ini diadopsi dari penelitian/P2M pada tahun … dengan judul … (sebagaimana
tercantum dalam bagian G-Penilaian), yaitu: … .
4) dll, jika ada.

2. Tabel Revisi/Catatan Perubahan RPS
Tanggal Penyusunan Tanggal Revisi Tim Perevisi Isi Revisi





3. Peta konsep
4. Materi Ajar (buku, salindia, dll)
5. Skenario Implementasi Metode Pembelajaran
6. Rincian Tugas
7. Kisi-kisi dan Instrumen Penilaian

28



Catatan :
1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang
merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh
melalui proses pembelajaran.
2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang
digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum,
ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah,
dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau
diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap
materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang
mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam
penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar
penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel,
Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning,
Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-
pokok bahasan.
11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan
tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri