RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
PROGRAM STUDI SOSIOLOGI AGAMA
FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB, DAN DAKWAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO


MATA KULIAH

KODE MK

RUMPUN

BOBOT (SKS)

SEMESTER
TANGGAL
PENGESAHAN

PMDI

MKF210215



2

2






OTORISASI
Dosen Pengembang RPS Koordinator RMK Ketua Program Studi


Dr. Baso Hasyim, M.Sos.I.


Dr. Baso Hasyim, M.Sos.I.


Dr.Hj. Nuryani., M.A
CAPAIAN
PEMBELAJARAN
CPL :
1. Sikap dan Nilai
a. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relegius dalam kehidupan
perseorangan, masyarakat dan bangsa; (N.1)
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; (N.2)
c. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan
rasional orang lain; (N.5)
d. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlianya secara mandiri; (N.9)
e. Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin,
agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi; (N.15)
2. Pengetahuan

a. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan
tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik
dan dunia kerja (dunia non akademik);
b. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif,
inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat
individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik; (P.4)
3. Keterampilan Khusus
Mampu melaksanakan dakwah Islam yang persuasif, humanis dan moderat berdasarkan keilmuan dan etika
dakwah; (KK.1)
4. Keterampilan Umum
a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau
implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang
sesuai dengan bidang Sosiologi Agama. (KU.1)
b. Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan
mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; (KU.4)

Deskripsi Singkat
Mata Kuliah


Mata Kuliah ini disusun untuk mengarahkan mahasiswa agar mampu memahami dan menjelaskan latar belakang
munculnya pembaharuan pemikiran baru oleh beberpa tokoh pembaharu Islam di zaman modern di di Mesir, Turki,
India/Pakistan dan Indonesia. Membedakan corak pemikiran tokoh-tokoh pembaharu tersebut di wilayah /negara
masing-masing, Memiliki sikap kesadaran dan optimisme melalui belajar dari pemikiran Tokoh Pembaharu Pemikiran
Islam sehingga peka terhadap persoalan/tantangan umat di masa sekarang dan akan datang.
Referensi -
Pustaka 1. Amir Ali, The Spirit Of Islam
2. A. Mukti Ali, Alam Pemikiran Islam Modern di India Pakistan
3. Benda H. Y., Bulan Sabit dan Matahri Terbit: Islam di Indonesia Masa Pendudukan Jepang
4. Deliar Noer, Gerakan Modern dalam Islam 1900-1942
5. Harun Nasution, Pembaharuan dalam Islam
6. H.A. R Gibb, Aliran Modern dalam Islam

7. Iqbal, The Recontruction of Relegius Thought in Islam
8. Nurcholish Madjid, Islam Kemodernan dan Keindonesiaan.
9. Fazlur Rahman, Gerakan Pembaharuan dalam Islam di tengah Tantangan Dewasa ini dalam Perkembangan
Modeumarren dalam Islam, By.Harun Nasution dan Azyumardi Azra (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1985)
10. Harun Nasution, Pembaharuan Dalam Islam, Sejarah Pemikiran dan Gerakan, (Cet.VIII, Jakarta Bulan
Bintang,1991).
11. Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka; 1991.
12. Yusran Asmuni, Pengantar Studi Pemikiran dan Gerakan Pembaharuan dalam Islam Cet. II. Jakarta: Raja Grafindo,
Persada, 1998.
13. Harun Nasution, Islam Rasional,Gagasan dan pemikiran Cet. IV. Bandung;Mizan 1996.
14. Madjid, Nurcholoish. Khazanah Intelektual Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1999.
Media
Pembelajaran
Perangkat Lunak: Perangkat Keras:
Slide Powerpoint, Internet, E-Learning
(Classroom), Paper(Makalah)
Laptop(PC), HP
Tim Teaching Dr. Baso Hasyim, M.Sos.I.
Mata Kuliah
Syarat
Mata Kuliah Wajib

Minggu
Ke-
Sub CP-MK
(Kemampuan
Akhir yang
Diharapkan)



Materi Pembelajaran
Bentuk,Metode
pembelajaran
(Media, Sumber
Belajar (Estimasi
Waktu)

Penilaian & Evaluasi
Indikator Penilaian Kriteria & Bentuk
Penilaian
Bobot
Penilaian
(%)
1 2 3 4 5 6 7
I Mahasiswa mampu
memahami hasil
kontrak belajar dan
orientasi
perkuliahan
1. Introduction
2. Orientasi
perkuliahan/Kontra
k Belajar
Proses Mahasiswa mampu
menjelaskan hasil
kontrak belajar dan
orientasi perkuliahan

Kesepakatan

II Mehasiswa mampu
memahami konsep
pemikiran dan
pembaharuan
dalam Islam
Definisi Pemikiran/
pembaharuan dalam
Islam,tujuan, sebab
timbul, faktor intern dan
ekstern dan istilah yang
sinonim
Presentasi
Diskusi Kelompok
90 Menit
Mehasiswa mampu
menjelaskan
Konsep Pemikiran
dan pembaharuan
dalam Islam
-Kriteria: analisis dan
deskriptif,
- Bentuk penilaian:
tugas mandiri (review
buku).

III Mahasiswa mampu
memahami konsep
pembaharuan di
Mesir: Muhammad
bi Abd Wahhab
Pemikiran
Pembaharuan
Muhammad bin
Abd.Wahhab.
Presentasi
Diskusi Kelompok
Mahasiswa mampu
menjelaskan tentang
ide-ide dan pemikiran
Muhammad bi Abd
Wahhab.
-Kriteria: analisis dan
deskriptif,
- Bentuk penilaian:
tugas mandiri (review
buku).

IV Mahasiswa mampu
memahami Proses
Pendudukan
Napoleon, M. Ali
Ide-Ide dan Pemikiran
Pembaharuan
Napoleon Bonaparte,
M. Ali Pasya,
Presentasi
Diskusi Kelompok
Mahasiswa mampu
menjelaskan:
Proses Pendudukan
Napoleon, M. Ali
-Kriteria: analisis dan
deskriptif,

Pasya, al-Tahtawi,
Jamaluddin
al-Afghani.
al-Tahtawi, Jamaluddin
al-Afghani.
Pasya, al-Tahtawi,
Jamaluddin
al-Afghani.
- Bentuk penilaian:
tugas mandiri (review
buku).

V Mahasiswa mampu
memahami
Pemikiran
Muhammad Abduh,
Rasyid Rida dan
Qasim Amin.
Ide-Ide dan Pemikiran
Muhammad Abduh,
Rasyid Rida dan Qasim
Amin.
Presentasi
Diskusi Kelompok
Mahasiswa mampu
menjelaskan
Pemikiran
Muhammad Abduh,
Rasyid Rida dan
Qasim Amin.
-Kriteria: analisis dan
deskriptif,
- Bentuk penilaian:
tugas mandiri (review
buku).

VI Mahasiswa mampu
memahami
Pembaharuan di
Turki; Sultan
Mahmud II,
Tanzimat,Usmani
Muda, Turki Muda
Pemikiran
Pembaharuan di Turki;
Sultan Mahmud II,
Tanzimat,Usmani
Muda, Turki Muda
Presentasi
Diskusi Kelompok
Mahasiswa mampu
menjelaskan
Pembaharuan di
Turki; Sultan Mahmud
II, Tanzimat,Usmani
Muda, Turki Muda
-Kriteria: analisis dan
deskriptif,
- Bentuk penilaian:
tugas mandiri (review
buku).

VII Mahasiswa mampu
memahami Aliran
Pembaharuan
(Barat, Islam dan
Nasionalis)
Pemikiran Aliran
Pembaharuan (Barat,
Islam dan Nasionalis)
Presentasi
Diskusi Kelompok
Mahasiswa mampu
menjelaskan Aliran
Pembaharuan (Barat,
Islam dan Nasionalis)
-Kriteria: analisis dan
deskriptif,
- Bentuk penilaian:
tugas mandiri (review
buku).

VIII (UTS) Respon terhadap
Penguasaan Materi
Pelajaran
Tulis/Lisan Mampu menjawab
sosl-soal yang
diberikan secara
tepat dan jelas.
20
IX Mahasiswa mampu
memahami
Mustafa Kemal
attaturk dan
Sekularisme serta
Gerakan
Revitalisme Pasca
Mustafa Kemal
Gerakan Revitalisme
Mustafa Kemal
Presentasi
Diskusi Kelompok
Mahasiswa mampu
menjelaskan Mustafa
Kemal attaturk dan
Sekularisme serta
Gerakan Revitalisme
Pasca Mustafa Kemal
-Kriteria: analisis dan
deskriptif,
- Bentuk penilaian:
tugas mandiri (review
buku).

X Mahasiswa mampu
memahami
Pembaharuan di
India / Pakistan;
Gerakan Mujahidin
dan Sekolah
Deoband
Pembaharuan di India
/ Pakistan Gerakan
Mujahidin dan Sekolah
Deoband
Presentasi
Diskusi Kelompok
Mahasiswa mampu
menjelaskan
Pembaharuan di
India / Pakistan;
Gerakan Mujahidin
dan Sekolah
Deoband
-Kriteria: analisis dan
deskriptif,
- Bentuk penilaian:
tugas mandiri (review
buku).

XI Mahasiswa mampu
memahami
Pemikiran Sayyid
Ahmad Khan dan
Gerakan Aligarh
Pemikiran Sayyid
Ahmad Khan dan
Gerakan Aligarh
Presentasi
Diskusi Kelompok
Mahasiswa mampu
menjelaskan
Pemikiran Sayyid
Ahmad Khan dan
Gerakan Aligarh
-Kriteria: analisis dan
deskriptif,
- Bentuk penilaian:
tugas mandiri (review
buku).

XII Mahasiswa mampu
memahami
Pemikiran Sayyid
Amir Ali, Iqbal dan
Jinnah.
Pemikiran Sayyid Amir
Ali, Iqbal dan Jinnah.
Presentasi
Diskusi Kelompok
-Kriteria: analisis dan
deskriptif,
- Bentuk penilaian:
tugas mandiri (review
buku).

XIII Mahasiswa mampu
memahami
Pemikiran Abul
Kalam Azad dan
Abu A’la Maududi
Pemikiran Abul Kalam
Azad dan Abu A’la
Maududi
Presentasi
Diskusi Kelompok
Mahasiswa mampu
menjelaskan
Pemikiran Sayyid
Amir Ali, Iqbal dan
Jinnah.
-Kriteria: analisis dan
deskriptif,
- Bentuk penilaian:
tugas mandiri (review
buku).

XIV Mahasiswa mampu
memahami
Pembaharuan di
Indonesia;
1. Kaum Paderi,dan
Kaum Muda
2. Al-Irsyad dan
Jamiatul Khair
Pembaharuan di
Indonesia;
1. Kaum Paderi,dan
Kaum Muda
2. Al-Irsyad dan
Jamiatul Khair
Presentasi
Diskusi Kelompok
Mahasiswa mampu
menjelaskan
1.Muhammadiyah
dan Persatuan Islam
2.NU dan Masyumi
-Kriteria: analisis dan
deskriptif,
- Bentuk penilaian:
tugas mandiri (review
buku).

XV Mahasiswa mampu
memahami
1.Muhammadiyah
dan Persatuan
Islam
2.NU dan Masyumi
1.Muhammadiyah dan
Persatuan Islam
2.NU dan Masyumi
Presentasi
Diskusi Kelompok
Mahasiswa mampu
menjelaskan
1.Muhammadiyah
dan Persatuan Islam
2.NU dan Masyumi
-Kriteria: analisis dan
deskriptif,
- Bentuk penilaian:
tugas mandiri (review
buku).

XVI (UAS) Menjawab Soal Ujian
Tertulis atau Lisan
Mampu menjawab
sosl-soal yang
diberikan secara
tepat dan jelas.
30

KETENTUAN LAINNYA

❖ Makalah + 10 halaman diketik dengan 1.5 spasi, font Time New Roman ukuran 12, margin kiri dan atas 4 – kanan dan bawah
3, menggunakan Footnote/catatan kaki lengkap dengan Daftar Pustaka dan Abstrak sesuai dengan Pedoman Karya Tulis
Ilmiah
(KTI).
❖ Makalah dibuat secara kelompok;
❖ Masing-masing mahasiswa membawa resume materi pada setiap pertemuan;
❖ Seminar kelas bisa menggunakan Power Point. Konfirmasi kesiapan makalah minimal 3 hari sebelumnya dan makalah dikirim
via WA atau e-mail : [email protected]

Penilaian
Dalam sistem penilaian disesuaikan dengan komponen sebagai berikut :
a. UAS 30%
b. UTS 20%
c. Tugas 20%
d. Presensi 15%
e. Partisipasi 15%


Mengetahui Palopo,
Ketua Prodi Sosiologi Agama Dosen Pengampuh

Dr.Hj. Nuryani., M.A Dr.Baso Hasyim., M.Sos.I