65 | JURN AL AT - T AUJIH BIMBING AN D AN KONSELING ISLAM Vol. 6 No. 2 Juli -
Des emb er 2023 (http://jur nal.ar - ranir y.ac.id/index.p hp/Taujih)


Integra si Nilai Agama dala m Penge mbangan Bimbingan dan Konseling di
SM PN 1 Bandar Dua.


1
Nuz lia h ,
2
Chaero en N ie sa
1
U IN Ar - Ranir y Ba nda Ac e h,
2
Universit a s Isla m Keba ng saa n Indo nesia
1
nuz lia hja ma ludd in@g ma il.co m ,
2
nie sa fko mu nik i@g ma il. co m

ABSTRAK
,
Int egrasi nila i aga ma, mo ra l, so sia l da n d isip lin t erhadap pe nd id ika n karakt er sudah
harus d iper siapka n mu la i dar i t ahap perenca naa n. Int egra si nila i aga ma merupaka n
so lu si ya ng dapat me mba ngk it ka n ke mba li lea d ing sect o r dala m pe ng e mba nga n
karakt er siswa.Pene lit ia n in i bert uju a n unt uk me lihat int egrasi nila i aga ma, mo ra l,
so sia l d a n d isip lin pada pesert a did ik. Pene lit ia n ini me nggu naka n pene li t ia n kua lit at if
deskr ipt if. Subjek da la m pe ne lit ia n in i ada la h Guru BK, kepe la seko la h da n guru mat a
pe la jara n. Teknik pe ngu mpu la n dat a o bservasi, w awancara dan do ku me nt asi. Hasi l
pene lit ia n ini ada la h (1) int egrasi nila i aga ma , mo ral, so sia l da n d isip lin d i SMPN 1
Ba ndar Dua ada dilakuka n de nga n me mber ika n la yana n BK. La ya na n BK ini d iber ika n
me la lu i pro gram BK. (2) Mengko nt ruksik a n nila i aga ma, mo ra l, so sia l da n d isip lin d i
SMPN 1 Band ar Dua deng a n cara me mber ika n la yana n in fo r ma si, la ya na n pe ngu asa a n
ko nt en dan la ya na n ko nse ling ind iv ividu a l. La ya nan ini d iber ika n berdasarka n mat er i
ya ng suda h d ipersiapka n o le h guru BK me la lu i Progra m BK.

K ata K unci : Integrasi Nilai agama,mo ral, sosia l dan disiplin

66 | JURN AL AT - T AUJIH BIMBING AN D AN KONSELING ISLAM Vol. 6 No. 2 Juli -
Des emb er 2023 (http://jur nal.ar - ranir y.ac.id/index.p hp/Taujih)


PENDAHULUAN
Aga ma pada dasar nya merupaka n bag ia n yang me lekat pada kehidupa n set iap
ma nu sia. Aga ma me nja d i su mber nila i ya ng berpe ngaru h t erhadap perke mba nga n set iap
ind iv idu sesua i pot ensi ma sing - ma sing. Kare na it u, jika pend id ika n d imaksudka n se baga i
fasilit as so sia l u nt uk me nge mba ngka n pot ensi ma nusia, maka ag a ma se jat inya me njad i
bag ia n y a ng juga me lekat secara fu ngsio na l, ba ik pada aspek la nd asa n ya ng me njad i
fo ndasi pe nye le ngg araa n akt ivit a s pe nd id ika n, subst a nsi pe mbe la jara n ya ng me njad i
sarana int erna lisa si nila i - nila i, maupu n pe nd ekat an - pendek at an ya ng se ba ik nya
d it erapkan ya ng aka n m e njad i ja la n unt uk me mper lic in usa ha pencapa ia n t ujua nnya .
Da la m ko nt eks sepert i it u, agama merupaka n su mber nila i ya ng dapat dike mba ngk a n
unt uk me mba ngu n karakt er anak d id ik. Da la m era glo na lisa si ya ng sa ngat cepat
berke mba ng da n info r masi ya ng cepat me ny e bar ini, se harusnya para o rangt ua lebih
me mper hat ika n dan harus lebih p int ar da la m me milih pe nd id ika n ya ng ba ik unt uk sang
anak . Sa la h sat u pend id ika n yang pa ling pe nt ing d it ana mk a n pada anak ada la h
pend id ika n aga ma isla m kare na sa ng at berperan pent ing d a la m pe mbe nt ukan karakt er
dan kepr ibad ia n yang ba ik bag i a nak. Pend id ika n aga ma isla m ad a ba ik nya d it a na mka n
dan d ia jarka n pada a nak se jak usia d in i. Kare na me ng ingat ba nyak nya kasu s ya ng t erjad i
pada anak karena ke mo ro sot an mo ra l dan ak hlak ya ng t idak ba i k. Da la m ha l in i p era n
o rang t ua sangat pent ing unt uk me nga jarka n dan me na na mk a n mo ral da n akhlak ya ng
ba ik da la m pe mbe nt ukan karakt er dan kepr ibad ia n ya ng ba ik bag i seseo rang a nak. U nt uk
me njad i ma nusia mulia per lu adanya ba nt uan dar i le mbaga - le mba ga pend id ika n sep ert i
seko la h, madra sa h, masjid TPA, dan lain se bag in ya. Aka n t et api le mbag a pend id ika n
isla m ya ng pa ling awa l dan pa ling d ini ad a la h o rang t ua dan ke luarga yang merupaka n
madrasa h pert ama da la m k e hidup a n anak. Seorang anak me nja la nka n ha mp er se luru h
kehidupa nnya d ilingku nga n ke lu arga.
Int egrasi merupaka n ko nsep ke ilmu a n ya ng bu kan d id asar i mo de l melting-pot
integration, sehingga me njad i su lit penyat uan ant a ra sat u denga n la inn ya ya ng me milik i
ket erkait an kuat dala m sat u kesat uan ya ng ut uh. P erso la n in i ada la h ma sa la h ser ius da n
khas d ima na mo dernisme da n seku ler isme t e la h me nimbu lka n pe ngko kot akan
(comparmentalization) ant ara nila i aga ma d a n pe nd id ika n. D iko to mi in i t e la h
me nu njukka n perbeda a n dan pert ent angan ko nsep ant ara nila i ag a ma denga n nila i
pend id ika n mur ni.S ikap dan per ilaku ke beraga ma n pesert a did ik ser ing d ika it ka n deng a n

67 | JURN AL AT - T AUJIH BIMBINd AN D AN KONSELING ISLAM Vol. 6 No. 2 Juli -
Des emb er 2023 (http://jur nal.ar - ranir y.ac.id/index.p hp/Taujih)


kegaga la n pro ses pend id ika n karena d ia ngg ap kurang me mber ika n pena na ma n nila i
mo ra l k eaga maa n d i da la mn ya, pada ak hir nya kr isis mu lt i d ime nsi.
6
Pend id ika n, ba ik
se cara la ng su ng at au t idak d ia ngg ap t ela h me nu mbu hka n buda ya t idak laz i m
(krimina lisasi), se misa l ko rupsi, t ero risme, pro st it usi, narkot ika da n se baga in ya.
7
Hasil
st udi Lit ba ng Aga ma da n a ik lat Keaga ma a n t ela h me mbukt ika n ba hwa d ime n s i
keaga maa n se la ma ini p adat mat eri na mu n kurang me mba ngu n kesad aran.
8

Berdasarka n o bser vasi awa l pada t angga l 29 sept ember 2019 pesert a did ik d i seko la h
SMPN 1 Bandar Dua suda h d iint ergrasika n nila i - nila i aga ma da la m la ya na n bimb inga n
dan ko nse ling, na mu n nila i - nila i aga ma per l u dit ingkat kan lag i da la m me nt aat i
perat uran - perat uran ya ng ada di seko la h, dan ha l t ersebut d ima nife st ika n da la m se bua h
t indaka n kare na ma sih ba nyak pesert a did ik ya ng tidak me nt aat i perat uran ya ng ber lak u
se hingga karakt er/ perilaku pesert a did ik be lu m n a mpak pada dir i pe sert a did ik.
Pe la nggara n ya ng ser ing t erjad i ada la h sepert i berke la hi bersa ma t e ma n, t idak pedu l i
ket ika guru me nje la ska n, me nert awakan guru, t ida k so pan t erhadap guru, dala m ha l in i
upa ya guru bimb inga n dan ko nse ling da la m me ng uba h sika p at au perilaku ya ng da mp ak
pada anaka ya it u de nga n cara me ng int egrasik a n nila i aga ma me la lu i la ya na n BK kepad a
pesert a did ik d i SMPN 1 Bandar Dua, Sert a me mb ina pesert a did ik agar ma mpu me njag a
sik ap ya ng ba ik ant ar sesa ma.
Secara Ideal apa bila t ela h ada pe mber ia n la ya nan BK pada anak denga n to pik
int egrasi nila i aga ma, mo ra l, mak a se luruh pesert a did ik harus de nga n sadar berpr ilak u
ba ik. Sehingg a da la m pro ses be la jar dan bergau l d isk eo la h akan ber ja la n denga n t ert ib,
e fekt if da n e fisie n. Para guru akan me rasa nya ma n ket ika me nga jar d i da la m ke la s
maupu n ket ika berada d ilu ar kelas. Pesert a did ik juga aka n merasaka n ha l ya ng sa ma
se hingga mereka aka n dapat be la jar de nga n t ena ng dan me nc apa i hasil ya ng me muask a n.
Na mu n, nila i aga ma pesert a did ik di SMPN 1Band a r Dua t ernyat a ma sil d a la m t araf per lu
pe mbe na ha na secara ser ius o le h p ihak seko la h. Upa ya pe ningkat an t at a krama pe sert a
d id ik it u per lu d ilakuka n kare na se la ma in i ma sih sa ja ada pe la nggara n –pe la nggara n
ya ng d ilakuka n o le h pesert a did ik. Sebag a i co nto h , mereka t id ak me mpu nya i ada p
d idepa n guru, me mbu llying t e ma n, me nert awakan guru, ya ng secara nyat a ha l it u t id ak
suka i o le h aga ma ba hka n t erma suk pe la nggar an da la m aga ma ya ng t idak bo le h
d ilakuka n.

68 | JURN AL AT - T AUJIH BIMBINd AN D AN KONSELING ISLAM Vol. 6 No. 2 Juli -
Des emb er 2023 (http://jur nal.ar - ranir y.ac.id/index.p hp/Taujih)


Tuju a n Pe ne lit ia n Se cara u mu m pe ne lit ia n in i penu lis ing i n me nget ahu i da n
me ne muka n ko nsep t erhadap int egrasi nila i aga ma, mo ra l, so sia l da n d isip lin da la m
penge mba ng a nkarakt er pesert a did ik. Se me nt ara unt uk t ujua n pe ne lit ia n se cara khusu s
d ia nggap t ela h me njad i sat u kesat uan dengan t ujua n ya ng d iharapka n, Jad i, da la m ka jia n
in i t u jua n secara khusu s yang d iharapka n ada la h se baga i ber ikut ya it u;r nt uk me ngka j i
baga ima na guru Bk meng int egra sika n nila i aga ma, mo ra l, so sia l d a n d isip lin da la m
penge mba ng a n karakt er pesert a did ik me la lu i bimbing a n da nko nse ling, Unt uk
mer eko nst ruksika n karakt er pesert a didik yang se benar nya sec ara la hir dan bat in me la lu i
int egrasi nila i aga ma, mo ra l, so sia l da n d isip lin.
I ma m Bawa ni t e la h me nco ba mereduksi p erso a la n int egrasi nila i in i na mu n ha nya
pada bat as t ert ent u sa ja, sehingga ya ng mu ncu l a da la h me nye imba ngka n pengo ko ha n
imt aq denga n pe nguasaa n ipt ek di le mbaga pe nd id ika n. Be liau me nco ba me mperkuat
at mo sfir ke isla ma n d i inst it usi pe nd id ika n denga n meningk at kan kua lit a s
penye le ngg araa n pend id ika n Isla m pad a u mu mn ya. Menurut nya, ha l in i t e la h
d igar isbaw a hi da n t ergo lo ng me ndesak.
1
Beberapa t ahun set ela h pa nda nga n I ma m
Bawa ni mu ncu l, t ahun 2008 ke mba li pe mer in t ah Indo nesia me la lu i a epart eme n
Pend id ika n da n Ke buda yaa n me mpro mo sika n ge rakan pe nd id ika n berkarakt er secara
le bih int e nsif. Gaga s a n ini d ia nggap se baga i se ma ngat dar i UUD 1945 Pasa l 31 a yat (5)
bahwa “Pemerintah memajukan ilmu pe ng et ahua n dan t ekno lo g i de nga n me nju nju ng
t ingg i nila i - nila i aga ma da n persat uan ba ngsa unt uk kema jua n perada ba n sert a
kesejahteraan umat manusia”. Sebagian me nila i se baga i issue (pe nd id ik a n karakt er)
mu ncu l dar i re nda hnya k eperca yaa n ma syara kat ( low trust society), t imbu ln ya
kece nderung a n per ilaku pe ng ha ncura n d ir i (self destruction) yang t id ak se laras de nga n
c it a - c it a pemba ngu na n ant ara jiwa da n raga.
2
Dika t akan Dawso n danSc hibec i “School
science curriculum has to prepare students for their future roles as citizens among
technologies which will have a significant impact on their lives”.
P


1
Imam Bawani, Pendidikan Islam di Indonesia; Beberapa Problema dan Alternatif Jalan Keluarnya,
disampaikan dalam Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Islam Negeri
Sunan Kalijaga pada Rapat Senat Terbuka, 10 Februari 2001, hlm. 17-18
2
Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam; dari Paradigma Pengembangan, Menejemen
Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran, (Jakar ta: Raja Gran fin do Per sada,
2009), hlm. 256.
P
Dawson , V. & Schibeci, R, Western Australian High School Students' Attitudes Towards Biotechnology
Processes, [Journal] of Biological Education, Vol 38, No. 1, 2003, hlm. 7-12.

69 | JURN AL AT - T AUJIH BIMBINd AN D AN KONSELING ISLAM Vol. 6 No. 2 Juli -
Des emb er 2023 (http://jur nal.ar - ranir y.ac.id/index.p hp/Taujih)


h onsep Integrasi Nilai Agama

Herac lit us seo rang filo so f Yu na ni mengatakan bahwa “karakter adalah takdir”.
32
Argu me nt asi in i set idak nya dap at me njad i pe nje la san t erhadap ket erka it an a nt ara pik ira n -
kat a - perbuat an - kebiasaa n - da n karakt er. Pandanga n Herac lit us ini dapat dise but t ujua n
akhir dar i int egrasi pe nd id ika n denga n ber baga i nila i berpot ensi be sar me la hirk a n sika p
int egr it as da n lo ya lit as bag i pe sert a did ik dan beg it u besar me milik i pe ngaru h t erhadap
ma sa depan. At au dapat juga e ngut ip panda ng a n Zuba id i, ya it u t erwujud nya karakt er
ba ng sa ya ng t angguh, ko mpet it if, ber ak hlak mu lia, patrio t ic, berke mba ng d ina mis,
bero rie nt asi ipt ek dan ber mo ra l berdasarka n pancasila, sert a bert akwa kepada Tuha n
Yang Ma haa Esa.
P

Int egrasi nila i aga ma, mo ra l, so sia l da n d isip lin t erhadap pe nd id ika n karakt er dala m
suda h harus d ipersiapka n m u la i dar i t ahap perenc ana a n. Int egrasi ini merupaka n so lusi
ya ng dap at me mba ngk it ka n k e mba li leading sector da la m pe nge mba ng a n karakt er siswa.
se ba b karakt er t idak ha nya d ike mba ngka n me la lu i muat an mat er i na mu n dapat
d ike mba ngka n se cara t idak la ng su ng me la lu i t aha pan

j ETODEPEN ELIT k
Pene lit ia n ini merupaka n pene lit ia n kua lit at if. Karena it u, met o de yang d igu nak a n
pada pene lit ia n ini ada la h deskr ipt if a na lisis. Pe ne lit ia n kua lit at if se baga i met o de ilmia h
ser ing d igu nak a n o le h pene lit i da la m bida ng ilmu so sia l t er masuk juga I lmu Pend id ika n.
Pene lit ia n kua lit at if ber mak sud dan bergu na u nt uk me ncar i mak na, subt ansi, hakekat , int i,
gagasa n, da n ko nsep ya ng t erdapat di ba lik fe no me na ya ng na mp ak, me lihat aspek bat in,
sert a me ne muk a n t eori da n ko nsep at au ide - ide. Lebih dar i it u, pene lit ia n kua lit at if juga
akan me mperka ya hasil pe ne lit ia n kua nt it at if. Pe ne lit ia n kua lit at if d ilak sa naka n u nt uk
me mba ngu n pe nget ahua n me la lu i p e ma ha ma n dan pe ne mua n.
4
Pro ses pene lit ia n ini
d ilakuka n de nga n c ara me ngu mpu lka n dat a beru l a ng - u la ng ke lo kasi pe ne lit ia n me la lu i
keg iat an me mbuat cat at an dat a dan info r masi ya ng d ide ngar da n d ilihat , se la njut nya dat a
t ersebut dia na lisis.

4
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja RosdaKarya, 2000), h.

70 | JURN AL AT - T AUJIH BIMBING AN D AN KONSELING ISLAM Vol. 6 No. 2 Juli -
Des emb er 2023 (http://jur nal.ar - ranir y.ac.id/index.p hp/Taujih)


Pene lit ia n ini d ilakuk a n d i Ka bupat en P id ie Ja ya, keca mat an Ba ndar dua di SMPN
Ba ndar Dua d idaera h perkot aan . Subjek pe ne lit ia n ada la h kese luru ha n o bjek pe ne lit ia n.
Me nurut Suharsimi Ar iku nt o subjek pe ne lit ia n dapat berupa be nda, ha l at au o rang.
Berdasarka n t eo ri di at as dapat diket a hu i ba hwa subjek pene lit ia n ada la h o rang at au
be nda ya ng d iikut sert akan da la m p e ne lt iia n ini denga n me nd apat kan dat a - dat a ya ng
d iper luka n pene lit i. Subjek da la m pe ne lit ia n ini pe nu lis ma sing - ma sing p imp ina n
seko la h, Guru kela s dan wa. Kur iku lu m . da n Guru BK. Info r ma n ut a ma at au subjek ya ng
me njad i su mber dat a primer pene lit ia n ini ad a la h Guru BK. Sedangkan para kepa la
seko la h da n Wa. Kur iku lu m da n guru ke las me njad i su mber dat a sekund er. Inst rume n
ut ama da la m pe ne lt iia n kua lit at if ada la h pe ne lit i se nd ir i, na mu n se la njut nya set e la h fo kus
pene lt iia n me njad i je la s, maka ke mu ngk ina n aka n d ike mba ngk n inst rume n pe ne lt ia n
sederha na, yang d iharapk a n dapat me le ngkap i da t a dan me mba nd ingka n d e nga n dat a
ya ng t e la h d it e muka n me la lu i o bser vasi da n wawa ncara da n Do kume nt asi.
Ana lisis dat a ia la h pro ses me nyu su n at au me ngo lah dat a agar dapat dit a fsi rka n
le bih ba ik. Mo leo ng berpend apat , ana lisis da t a dapat juga d imaksudka n u nt uk
me ne muka n u nsur - unsur at au bag ia n - bag ia n ya ng ber isika n kat egori ya ng le bih k ec il dar i
dat a pene lit ia n.
50
Dat a ya ng baru d idapat t erdir i at as cat at an lapa nga n ya ng d ipero le h
me la lu i o bser vasi, wawa ncara, ya ng t erka it denga n int egrasi nila i - nila i ag a ma, d ia na lisis
denga n cara me nyusu n, me ng hu bu ngk a n dan me mba nd ingka n dat a. Sela njut nya, dat a -
dat a ya ng d iku mpu lka n da n disusu n it u dia na lis is denga n me nggu naka n a na lis is dat a
kua lit at if ya ng t erdir i dar i: (a) reduksi se me nt ara ma sih bersifat umu m. Set ela h pene lit i
me nko mbinasik a n dan me mba nd ingka n, maka fo kus pene lit ia n se mak in je lasd a n le bih
berst rukt ur unt uk me ndap at kan dat a ya ng le bih spe sifik .

HASIL PENELITIAN

a. M erumuskan konsep integra si nilai agama, mora l, sosia l dan disiplin dala m
pengembangan ka rakte r pese rta didik mela lui bimbingan dan konseling.

Berdasarka n o bser vasi ya ng d ilakuka n o le h pe ne lit i t ent a ng int egrasi nila i aga ma
da la m pe nge mba nga n bimbing a n dan ko nse ling d i SMPN 1 banda dua t erdapat
be berapa k iner ja guru bimb inga n da n ko nse ling dala m me ng int egrasika n nila i aga ma.

71 | JURN AL AT - T AUJIH BIMBING AN D AN KONSELING ISLAM Vol. 6 No. 2 Juli -
Des emb er 2023 (http://jur nal.ar - ranir y.ac.id/index.p hp/Taujih)


Ber ikut ini hasil pe ne lit ia n t ent ang int egrasi nila i a ga ma, mo ra l,so sia l d i SMPN 1
Ba ndar Dua.
1. K egiatan M enyusun Prog ra m
Berdasarka n dat a hasil pe n e lit ia n ya ng t e la h d iba ha s di ba b se be lu mn ya d iket ahu i
ba hwa keg iat an pe nyu su na n pro gram d i SMPN 1 Bandar Dua berdasarka n kesep akat a n
ant ara seko la h da n st a f la inn ya. Penyu su na n pro gra m bimb inga n da n ko nse ling dapat
d iker jaka n o le h t enaga ahli bimb inga n at au guru bimb inga n ko nse ling de nga n
me libat kan t enaga bimb inga n ya ng la in. Penyusuna n pro gram bimbing a n haru s
meru juk kepada kebut uha n seko la h da n madrasah se cara u mu m, art inya pro gra m
bimb inga n ko nse ling d iseko la h da n madra sa h d isusun t idak bo le h bert ent an ga n de nga n
pro gram seko la h dan madrasa h ya ng bersa ngkut an. Se la in it u, penyusu na n pro gra m
bimb inga n ko nse ling d i seko la h dan madra sa h ha rus sesua i da n bero rie nt asi de nga n
kebut uha n seko la h da n madrasa h secara u mu m. H a l in i me ng ingat pro gram pe la ya na n
bimb i nga n ko nse ling d i seko la h da n madra sa h mer upakan sa la h sat u pro gram seko la h
dan madrasa h it u send ir i. Sepert i ya ng t ela h d ise but kan diat as, pela ya na n bimb inga n
dan ko nse ling merupaka n bag ia n int egra l d a n t ak terp isa hk a n dar i pro gra m pe nd id ik a n
d i seko la h d a n madrasa h. O le h se ba b it u, pro gram pe la ya na n bimb inga n ko nse ling d i
seko la h da n madrasa h harus me nduku ng pro gram pend id ika n d i seko la h da n madrasa h
ya ng bersa ngkut an. Pro gram ut a ma seko la h da n madrasa h ada la h me nye le ngg araka n
pend id ika n dan pe mbe la jara n.
90
Berdasarkan ha sil dar i pene lit ia n dan t eo ri d i at as mak a
dapat pene lit i simpu lka n ba hwa d i ka la nga n sisw a SMPN 1 Bandar Dua cenderung
ba nyak siswa ya ng me la nggar da la m berpr ilaku dan t at a krama,
makadar iit ugurubimb inga n ko nse ling me mbuat pro gram bimb ing a n ko nse ling ya ng d i
da la mn ya me mpu nya i bid a ng bimb inga n pr ibad i so sia l, bid a ng bimb inga n be la jar,
bida ng bimb inga n kar ier.
Berdasarka n be nt uk kegiat an pe lak sa naa n la ya na n d i SMPN 1 Band ar Dua ba hw a
guru bimbing a n ko nse ling me lak sa naka n keg iat a n pe lak sa na a n la ya na n bimb ing a n
ko nse ling ya it u pe laksa na a n la ya na n k la sik a l, pe la ksa naa n la ya na n ke lo mpo k, maupu n
pe lak sa naa n la ya na n ind ividua l. Pe laksa naa n pro gra m la ya na n ya ng t e la h d ire nca naka n
it u le bih la njut dilaksa naka n me la lu i pertama, persiap a n pe laksa naa n ya it u deng a n
persiap a n perangkat lu nak da n pera ngkat keras bimb inga n da n ko nse ling, persiap a n
perso nil bimb ing a n dan ko nse ling, persiapa n ket era mp ila n me nggua naka n met o de,

72 | JURN AL AT - T AUJIH BIMBING AN D AN KONSELING ISLAM Vol. 6 No. 2 Juli -
Des emb er 2023 (http://jur nal.ar - ranir y.ac.id/index.p hp/Taujih)


t eknik khu sus, med ia da n a lat , persiapa n ad min ist rasi bimb inga n ko nse ling, kedua,
p e lak sa naa n keg iat a n bimb inga n d a n ko nse lin g ya it u, pe nerapa n met o de, t eknik
khusu s, med ia da n a lat ,penya mpa ia n ba ha n dan pe ma nfaat an su mber ba ha m,
pengakt ifa n narasu mber, efis ie nsi wakru, dan admin it rasi pe lak sa naa n.
91
Berdasarka n
dat a hasil d i lapa nga n da n de nga n dukunga n t eo ri pene lit i me nyimpu lka n ba hw a
keg iat an pe la ksa na a n la ya na n in i harus ad a t ahap dar i
persiap a npe laksa naa nse be lu mme mber ika nla ya na ndant ahapp e laksa naakeg iat an
bimb inga n ko nse ling ya it u sepert i persiapa n pe nerapa n met o de penyiapa n ba ha n
danl a inn ya.
2. K egiatan Evaluasi Pela ksanaan Layanan
Eva luasi p e laksa naa n la ya na n d i SMPN 1 Bandar Dua ini ba hwa da la m
me lak sa naka n eva lu asi guru bimb inga n ko nse ling me liba t kan at au kerja sa ma
denga nguru guru ya ng la insep ert iguru mat ape la jara n,guru wali ke la s,dan kep a la seko la h.
Eva luasi ad a la h serangka ia n akt ivit a s ya ng d imak sudka n unt uk me net ukan se berapa
jau h t ujua n - t uju a n ya ng t ela h d icap a i. Sedangka n eva lua si pro gram bimb inga n ada la h
me ncakup usa ha me nila i e fis ie ns i d a n e fekt ifit a s pe la ya na n dan bimb inga n it u sen d ir i
de mi pe ningkat an mut u bimb inga n. Secara u mu m pe ngert ia n eva luasi pe laksa naa n
pro gram bimb inga n da n ko nse ling merupaka n suat u usaha pene lit ia n, denga n cara
me ngu mpu lka n dat a sec ara sist e mat is, me nar ik k esimpu la n dar i dat a ya ng d ipero le h
secara o bjekt if , me ngadaka n p e na fsir a n da n mere nc anak a n la ngka h - langk a h perba ika n,
penge mba ng a n da n pe ngara ha n se hingg a pe laksa naan bimb inga n da n ko nse ling d apat
ber ja la n secara o bjekt if. Eva luasi pro gram bimb in gan ko nse ling ada la h sega la upa ya,
t indaka n at au pro ses unt u k me ne nt ukan dera jat kua lit as k e ma ju a n keg iat an ya ng
berka it a n de nga n pe laksa na a n Pro gram BK d iseko la h denga n me ngacu pada
kr it eria/pat o kan - pato kan sesua i de nga n pro gram bimb inga n.
92

Berdasarka n hasil d i lapa nga n berda sarka n duk unga n t eo ri pe ne lit i me ng a mb il
kesimpu la n ba hwa ya ng d imak sud denga n e va lua si pe laksa naa n pro gram bimb inga n
dan ko nse ling merupaka n suat u pro ses ya ng d ilakuka n secara berka la da n t erus
me nerus da la m rangk a me nget ahu i, me ngu ji, me ne laa h sa mpa i se jau h ma na
pe lak sa naa n pro gram bimb inga n dan ko nse ling ya ng d ilak sa naka n t ersebut
me mber ika n ko nt ribu si ya ng maksima l bag i k lie n at au bag i pro gram bimb inga n da n
ko nse ling sert a merupaka n usa ha me nila i e fis ie nsi d a n efekt ivit a s dari pe la ya na n

73 | JURN AL AT - T AUJIH BIMBING AN D AN KONSELING ISLAM Vol. 6 No. 2 Juli -
Des emb er 2023 (http://jur nal.ar - ranir y.ac.id/index.p hp/Taujih)


bimb inga n da n ko nse ling de mi pe ningkat an mut u pro gram bimb inga n da n ko nse ling
Set ela h me lakuk a n pene lit ia n d i SMPN Bandar Dua denga n judu l int egrasi nila i ag a ma
ber ikut dat a ya ng berupa hasil waw a ncara me la lu i be berapa pert anyaa n ya ng p e ne lit i
a juka n kepada su bjek pene lit ia n. Unt uk meru musk an ko nsep nila i a ga ma, mo ra l, so sia l
dan d isip lin da la m pe nge mba ng a n karakt er pesert a did ik me la lu i bimb inga n da n
ko nse ling ya it u denga n pro gra m Bimb inga n dan ko nse ling. Pro gram Bimb inga n da n
Ko nse ling d ira nca ng o le h guru BK ya it u deng n ca ra me lihat need ase ssme nt (ana lis is
kebut uha n) pesert a d id ik. Need asse sme nt it u didapat kan dar i hasil inst ru me n ya ng
suda h d ira nca ng o le h guru BK. Berdasarka n hasil inst rume n t ersebut guru BK dapat
meru muska n ko nsep at au mat eri pad a pe mbe la jaran BK. Set iap Mat er i d iber ika n
me la lu i pe la y a na n, guru BK me ng int egrasika n nila i aga ma, mo ra l, so sia l d a n d isip lin
pada pesert a did ik, agar pesert a did ik t erbia sa da la m me nju nju ng t ingg i nila i ag a ma.
b. M ere konst ruksikan K ara kte r Pese rta didik yan g Sebenarnya seca ra lahi r dan
Batin mela lui Integra si ni lai Agama, M oral, Sosial dan disip lin.
1. Layanan Info rma si
La ya na n Info r ma si d i S MPN 1 Bandar Dua merupa kan sa la h sat u la ya na n ya ng
d iber ika o le h guru BK d iseko la h t ersebut . La ya na n info r masi d iber ika n kepada siswa
agar siswa d i SMPN 1 Bandar Dua me ndapat kan info r ma si t ent ang apa ya ng
d ibut uhka n o le h siswa. Siswa me ndapat kan la ya na n info r masi de ng a n mat er i t ent ang
int egrasi nila i aga ma, mo ra l, so sia l d a n d isip lin. Da la m ha l in i u nt uk me nyu su n mat eri
ya ng me nu nja ng per masa la ha n siswa k husu nya d ibida ng aga ma, st ekho lder d iseko la h
t ersebut me lakuka n ne ed asessme nt , sehingga guru me ndapat kan info r masi t ent ang
per masa la ha n siswa d iseko la h t ersebut , sehingga guru BK d i SMPN 1 Bandar dua
dapat me mbuat sebua h pro gram u nt uk me nye le sa ik an per masa la ha n ya ng d ia la mi o le h
s iswa d iseko la h t ersebut . Dala m pe la ksa na a n la ya nan in fo r ma si guru BK me mber ika n
sesua i de ng a n mat er i at au pro gram ya ng suda h d ibuat dan sudah d iso sia lisasi de nga n
guru mat a pe la jara n, kepa la seko la h da n st ekho lder ya ng la in. D e nga n ada nya la ya na n
bimb inga n da n ko nse ling k hu susnya la ya na n in fo r ma si Guru BK de nga n muda h
me mber ika n mat er i t ent ang nila i - nila i aga ma, mo ra l, so sia l da n d isip lin kepad a siswa.
Berdasarka n ha sil p e ne lit ia n dila pa nga n d i SMPN 1 Bandar Dua t erdapat
ba nyak peru ba ha n de nga n ada nya la ya na n info r ma si ya ng d iber ika n o le h guru BK
da la m ko nt e n int egrasi nila i aga ma, mo ra l, so sia l dan d isip lin. S iswa d i SMPN 1

74 | JURN AL AT - T AUJIH BIMBING AN D AN KONSELING ISLAM Vol. 6 No. 2 Juli -
Des emb er 2023 (http://jur nal.ar - ranir y.ac.id/index.p hp/Taujih)


Ba ndar Dua me ndap at kan la ya na n ya ng bagus k hususnya dar i guru BK. S iswa ya ng
me nga la mi kesu lit a n da la m beret ika t erhadap o rang la in , sisw a la ng su ng keruang BK
unt uk me nju mpa i Guru BK agar me ndapat kan pe la ya na n da n pe mb inaa n da la m ha l
per ilaku, t at a krama da n la innya.

2. Layanan K onseling Individual
Se la in la ya na n Ko nse ling Ind iv idua l d i SMPN 1 Ba ndar Dua juga d iber ika n la ya na n
ko nse ling Ind iv idua l. Ko nse ling ind iv idua l ini merupakan sa la h sat u la ya na n BK ya ng
d iber ika n da la m be nt uk t at ap muka da n perso na l. Ko nse ling ind iv idua l ya ng d iber ika n
o le h guru BK d iseko la h SMPN 1 Ba ndar dua berupa ha l ya ng d iper luka n o le h siswa
d iseko la h t ersebut . Ko nse ling ind iv idua l in i d iber ik an ket ika la ya na n info r masi ya ng suda h
d iber ika n t idak dapat meru ba h per ilaku siswa secar a kese luru ha n. Ko nse ling ind iv idua l in i
d iber ika n kepada siswa ya ng per ma sa la ha nnya it u harus d ise le sa ika n se cara t at ap muka
la ng su ng denga n k lie n.
a. La ya na n Pe nguasa a n Ko nt en
La ya na n Pe nguasaa n ko nt en juga d ilakuka n o le h gu ru BK SMPN 1 Ba ndar Dua da la m
pe mbinaa n at au ko nt raksi nila i aga ma, mo ral da n disip lin k epada siswa sisw a SMPN 1
Ba ndar Dua. Pe laksa na n La ya na n Pe nguasa a n ko nten d ila kuka n secara k lasika l, da la m ha l
in i d ilakuka n d i da la m ke las de nga n mat er i ya ng sudah d ip ersiapka n me ng e na i nila i - nila i
aga ma, mo ra l, dan d isip lin da n juga ba nyak mat er i la inn ya. D i SMPN 1 Bandar Dua guru
BK ser ing ma suk ke las u nt uk me mber ika n la ya na n kep ada siswa, la ya na n ya ng d iber ika n
t idak ha nya kepada sisw a ya ng ber masa la h sa ja, akan t et api la ya na n juga d iber ika n kepada
siswa ya ng la in.
Mereko nt ruksik a n karakt er pesert a did ik ya ng sebe narnya sec ara la hir dan bat in
me la lu i int egrasi nila i aga ma, mo ra l, so sia l d a n d isip lin buka nla h ha l ya ng muda h. Guru
BK SMPN Ba nd ar Dua berusa ha me mba ngu n ka rakt er pesert a did ik de nga n nila i - nila i
aga ma ya it u d e nga n cara me mber ika n la ya na n ya ng d ida la mn ya d iint egrasika n nila i - nila i
aga ma. Da la m ha l in i p esert a d id ik SMP N Ba nd ar Dua me ndapat kan per hat ia n pe nu h
da la m ha l me nana mka n nila i - nila i ag a ma. Guru BK SMPN Bandar Dua sela lu me ma nt au
pesert a did ik t erut ama da la m ha l mo ra l, d isip lin da n so sia l. Guru BK jug a me mepre sip aka n
ber baga i maca m mat er i me nge na i mo ra l, d isip lin dan so sia l, da n ha l it u d iint egrasika n
da la m pe la ya na n BK ba ik secara k lasika l maupu n no n k lasika l.

75 | JURN AL AT - T AUJIH BIMBING AN D AN KONSELING ISLAM Vol. 6 No. 2 Juli -
Des emb er 2023 (http://jur nal.ar - ranir y.ac.id/index.p hp/Taujih)



K ESIM PULAN
Berdasarka n pene lit ia n t ent ang int egrasi nila i aga ma da la m pe nge mba ng a n bimb inga n
dan ko nse ling d i SMPN 1 Bandar Dua, pada bag ian ini dapat dit ar ik kesimpu la n se baga i
ber ikut :
1. Meru mu ska n nila i aga ma, mo ra l, so sia l da n d isip lin d i SMPN 1 Bandar Dua it u
denga n cara me lakuka n need a se ssme nt kepada siswa, hasiln ya ke mud ia n
d iint egrasika n da la m la ya na n BK deng a n mat er i yg sudah d ipersiapka n.
2. Ko nt ruksika n/ me nu mbu hka n karakt er pesert a did ik secara la hir dan bat in me la lu i
nila i ag a ma, mo ra l, d isip lin ad a la h denga n cara guru BK me mber ik a n pe ma ha ma n
isla mi kepada pesert a did ik.

76 | JURN AL AT - T AUJIH BIMBING AN D AN KONSELING ISLAM Vol. 6 No. 2 Juli - D es emb er
2023 (http://jur nal.ar - r anir y.ac.id/index.p hp/T aujih)


hip, Vo l

DAFTAR PUSTAK A


Agu s Wibo wo , Pendidikan Karakter; Strategi Membangun Bangsa
Berperadaban,Yo gyakart a: Libert y, 2012
Azra, Az yu mard i, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Rekonstruksi dan Demokrasi, Cet .
ke - 1, Jakart a : Ko mpa s, 2002
Cliffo rd Geert z, Pengetahuan Lokal. Esai-esai Lanjutan Antropologi Interpretatif.
Yogyakar ta: Rumah P ener bitan Mer api, 2003
Elmo baro k, Membumikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfa bet a, 2013
Enda h Asmarawat i, et ., all. Elektronika Pembelajaran Matematika, [jurna l] FKIP UNS,
Vo l.4, No.1, ha l 58 - 69 Maret 2016, ISSN: 2339 - 1685.
Da wso n, V. & Schibec i, R, Western Australian High School Students' Attitudes Towards
Biotechnology Processes, [Journal] of Biological Education, Vo l 38, No . 1, 2003, hlm.
7 - 12.
Depart eme n Pend id ika n Nasio na l, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Kee mpat , Jaka rt a:
Gra med ia Pust aka Ut ama, 2008
Depart eme n Pe nd id ika n Nasio na l, Undang-undang tentang SistemPendidikan,
Jakart a: Depdik na s, 2003
Frae nke l, J, How to Teach Values; An Analytic Approach, Eng lewo o d Cliffs. NJ: Pre nt ice -
Ha ll, 1989
Geert z, Cliffo rd. 2003. Pengetahuan Lokal. Esai-esai Lanjutan Antropologi Interpretatif.
Yo gyakart a: Ru ma h Penerbit a n Merap i.
Gunaw a n, Pendidikan Karakter; Konsep dan Implementasi, Bandu ng: Alfa bet a, 2012
Ha ma nik Oe mar, 2003, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Ban du ng :
S inar Gra fik a O ffset , 2003
Hend ler, B, Teachers as Curriculum Leader; A Consideration of the Appropriateness of that
Role Assignment to Classroom-Based Practitioners, InternationalJournal of Teacher
Leaders
24
3.
H ie bert , J. & Carpent er, T.P, Learning and Teaching with Understanding, da la m

77 | JURN AL AT - T AUJIH BIMBING AN D AN KONSELING ISLAM Vol. 6 No. 2 Juli - D es emb er
2023 (http://jur nal.ar - r anir y.ac.id/index.p hp/T aujih)


D.A. Gro uws (Ed). Handbook of research on mathematics teaching and learning: A
pro ject o f t he Nat io na l Co unc il o f Teac hers o f Mathe mat ic s, New York, NY, Eng la nd :
Mac milla n Pu blishing Co , Inc, 1992
Hur lo ck, E.B, Perkembangan Anak Jilid 2, Ed. 6 (Alih Ba hasa: Me it asar i T ja ndrasa), Jakart a:
Erla ngga, 1978
Sanja ya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan
KTSP , Jakart a: Kenca na Pre nada Med ia Gro up, 2008
Kur niawa n S ya msu l, Pendidikan Karakter; Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu
di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat, Yo gyak art a:
Ar - Ruzz Med ia, 2013
Lasmaw a n Wa ya n, Telaah Kurikulum Pendidikan Dasar, S ingara ja: Sur ya Gra fika, 2013
Laws, K., Global Awareness, Global Competence, Global Citizenship? Changing our
Mental Models to Address a Different Future, Taipei Civil Service Development
Institute. Address t o senio r c ivil serva nt s, Octo ber, 2009, jugad a la m Huda a l -
Kha iz aran, Traditions of Moral Education in Iraq, in [ Jo urna l] o f Mo ra l Educat io n 36,
2007, (3): 321 - 332.
Lik co na. T, Karakters Matters, Jakart a: Bumi Aksara, 2012
Ma ma n Rachma n, Reposisi, Reevaluasi, dan Redefinisi Pendidikan Nilai Bagi Generasi
Muda Bangsa, Jurna l Pe nd id ika n dan Ke buda ya a n , Tahun ke - 7, 2000, No. 1, Vo l 4
Maward i Lu bis, Evaluasi Pendidikan Nilai, Yo gya kart a: Pust aka Pela jar, 2008 Mo ha mma d
Masnu n, Pendidikan Agama Islam dalam Sorotan. Vo l. 13 No . 2 Des emb er 2007,
Cir eb on: Jur nal Pendidikan Is la m L ektur
Mud jia Ra hard jo , Quo Vadis Pendidikan Islam, Pembacaan Realitas Pendidikan Islam
Sosial dan Keagamaan, Mala ng: UIN Ma la ng Press, 2006
Muha imin, Nuansa Baru Pendidikan Islam Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan,
Jakart a: Raja Gra findo Persada, 2006
------------- , Rekonstruksi Pendidikan Islam; dari Paradigma Pengembangan, Menejemen
Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran, Jakart a: Raja Gra nfindo
Persada, 2009
------------- , Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan

78 | JURN AL AT - T AUJIH BIMBING AN D AN KONSELING ISLAM Vol. 6 No. 2 Juli - D es emb er
2023 (http://jur nal.ar - r anir y.ac.id/index.p hp/T aujih)


Perguruan Tinggi, Jakart a: Raja Gra findo Persada, 2009
Nursid Su ma at mad ja, Konsep Dasar IPS.Modul 1-2, Jakart a: Universit a s Terbuka, 2007
Ot eng Sut isna, Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional,
Ba ndu ng: Angka sa, 1983
Rusma n, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakart a:
Ra jawa li Pers, 2010
Rusmining sih, Integrasi Pendidikan Nilai dalam Membangun Karakter Siswa di Sekolah
Dasar dalam Pembelajaran IPS SD, Jur na l, d isa mp a ika n da la m Se minar Nasio na l 2014 ,
ISSN: 978 - 602 - 7561 - 89 - 2, Jakart a: UII , 2014
Sa ma ni, Har iya nt o. Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Jakart a: Re ma ja Ro sda Kar ya ,
2011
So emar no So edarso no, Karakter Mengantarkan Bangsa dari Gelab Menuju Terang,Jakart a:
Ko mpa s Gra med ia, 2009
Suk id i, Spiritualisasi Pendidikan Menuju Pendidikan Budi Pekerti, Jakart a: Ko mpas, 2002
S jarkaw i, Pembentukan Kepribadian Anak; Peran Moral, Intelektual, Emosional dan Sosial
sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri, Jakart a: Bu mi Aksara,2008
Tulus Tu’u, Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakart a: Grasindo , 2004
Wa hyud in, Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika, dan Siswa dalam Mata
Pelajaran Matematika. Disert asi pada FPS IKIP Bandu ng: T idak d it erbit ka n, 1999
Wina Sa nja ya, Strategi Pembelajaran, Jakart a: Kenca na, 2 006
Wira nt ho , Sapto Aji. Pendidikan Nilai dalam Menghadapi Tantangan Perubahan ada peserta
Didik SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vo l 13 No 3, 2001
Yusu f, K. Mine, I dan Safure, B, Elementary School Curriculum reform in Turkey, [jo urna l]
International Education Vo l 8
Zu ba id i, Desain Pendidikan Karakter; Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga
Pendidikan,(Jakart a: Kenca na Med ia Gro up, 2011