Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTERTgl
Penyusunan
T/p Atletik II 8520202239 T=2P=0ECTS=3.18 0 21
September
2024
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
....................................... ....................................... Dr. Or. Muhammad, S.Pd.,
M.Pd.
Model
Pembelajaran
Case Study
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Matrik CPL - CPMK

CPMK
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
12345678 910111213141516
Deskripsi
Singkat MK
Mata kuliah ini akan membahas tentang kepelatihan cabang olahraga atletik yang terdiri dari nomor lari, lempar dan lompat untuk
dapat dipahami dan di praktekkan dalam penguasaan sebagai pelatih atletik
Pustaka Utama :
1.1. Pasi dari 1CManual Didactico De Atletisco 1D. 1993, Pedoman Latihan Dasar Atletik
2.2. IAAF. 1995, Introduction to Coaching Theory, London SW1X OLN. England
3.3. IAAF. 2001, Choashes Education & Certification System (CECS)
4.4. IAAF, 1995, Actual for Indonesia IAAF Level I Coaches, Germany
Pendukung :
Dosen
Pengampu
EDY MINTARTO
Fifit Yeti Wulandari, S.Pd., M.Pd.
Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria &
Bentuk
Luring
(offline)
Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1
Minggu ke 1
Kemampuan
memahami aturan
perkuliahan, dan
pengenalan Atletik .
Tata tertib
perkulihan
Pengenalan
terhadap atletik
Sejarah Atletik
Pengertian nomor-
nomor atletik
Kriteria:
Diberi nilai
dengan penuh
jika praktek
benar dan tegas
Ceramah,
demonstrasi,
tanya jawab,
diskusi dan
penugasan
2 X 50
0%

2
Minggu ke 2
Kemampuan
memahami aturan
perkuliahan, dan
pengenalan Atletik .
Tata tertib
perkulihan
Pengenalan
terhadap atletik
Sejarah Atletik
Pengertian nomor-
nomor atletik
Kriteria:
Diberi nilai
dengan penuh
jika praktek
benar dan tegas
Ceramah,
demonstrasi,
tanya jawab,
diskusi dan
penugasan
2 X 50
0%
3
Minggu ke 3
Kemampuan
memahami
pengertian, tentang
gearakan dasar lari
dengan gerakan
Inervasi/conditioning
Menjelaskan
gerakan dasar lari
dengan gerak
inervasi/conditioning
Kriteria:
Diberi nilai
dengan penuh
jika praktek
benar dan tegas
Ceramah,
demonstrasi,
tanya jawab,
diskusi dan
penugasan
2 X 50
0%
4
Minggu ke 4
Kemampuan
memahami
pengertian, tentang
gearak teknik dasar
Lari
Menjelaskan teknik
lari
Kriteria:
Diberi nilai
dengan penuh
jika praktek
benar dan tegas
Ceramah,
demonstrasi,
tanya jawab,
diskusi dan
penugasan
2 X 50
0%
5
Minggu ke 5
Kemampuan
memahami, mengerti
tentang gerak teknik
lari sprint
Menjelaskan teknik
lari sprint
Kriteria:
Diberi nilai
dengan penuh
jika praktek
benar dan tegas
Ceramah,
demonstrasi,
tanya jawab,
diskusi dan
penugasan
2 X 50
0%
6
Minggu ke 6
Kemampuan
memahami, mengerti
tentang start pada lari
dan estafet
Menjelaskan teknik
start dan estafet
Kriteria:
Diberi nilai
dengan penuh
jika praktek
benar dan tegas
Ceramah,
demonstrasi,
tanya jawab,
diskusi dn
penugasan
2 X 50
0%
7
Minggu ke 7
Kemampuan
memahami, mengerti
tentang teknik jalan
cepat
Menjelaskan teknik
jalan cepat
Kriteria:
Diberi nilai
dengan penuh
jika praktek
benar dan tegas
Ceramah,
demonstrasi,
tanya jawab,
diskusi dan
penugasan
2 X 50
0%
8
Minggu ke 8
UTS
2 X 50
0%
9
Minggu ke 9
Kemampuan
memahami, mengerti
tentang teknik lompat
jauh
Menjelaskan teknik
lompat jauh
Kriteria:
Diberi nilai
dengan penuh
jika jawaban
benar dan tegas
Ceramah,
demonstrasi,
tanya jawab,
diskusi dan
penugasan
2 X 50
0%
10
Minggu ke 10
Kemampuan
memahami, mengerti
tentang teknik lompat
jangkit
Menjelaskan teknik
lompat jangkit
Kriteria:
Diberi nilai
dengan penuh
jika jawaban
benar dan tegas
Ceramah,
demonstrasi,
tanya jawab,
diskusi dan
penugasan
2 X 50
0%
11
Minggu ke 11
Kemampuan
memahami, mengerti
tentang teknik lompat
tinggi
Menjelaskan teknik
lompat tinggi
Kriteria:
Diberi nilai
dengan penuh
jika jawaban
benar dan tegas
Ceramah,
demonstrasi,
tanya jawab,
diskusi dan
penugasan
2 X 50
0%
12
Minggu ke 12
Kemampuan
memahami, mengerti
tentang teknik lempar
lembing
Menjelaskan teknik
lempar lembing
Kriteria:
Diberi nilai
dengan penuh
jika jawaban
benar dan tegas
Ceramah,
demonstrasi,
tanya jawab,
diskusi dan
penugasan
2 X 50
0%
13
Minggu ke 13
Kemampuan
memahami, mengerti
tentang teknik tolak
peluru
Menjelaskan teknik
tolak peluru
Kriteria:
Diberi nilai
dengan penuh
jika jawaban
benar dan tegas
Ceramah,
demonstrasi,
tanya jawab,
diskusi dan
penugasan
2 X 50
0%
14
Minggu ke 14
Kemampuan
memahami, mengerti
tentang teknik lempar
cakram
Menjelaskan teknik
lempar cakram
Kriteria:
Diberi nilai
dengan penuh
jika jawaban
benar dan tegas
Ceramah,
demonstrasi,
tanya jawab,
diskusi dan
penugasan
2 X 50
0%
15
Minggu ke 15
Kemampuan
memahami, mengerti
tentang teknik lempar
cakram
Menjelaskan teknik
lempar cakram
Kriteria:
Diberi nilai
dengan penuh
jika jawaban
benar dan tegas
Ceramah,
demonstrasi,
tanya jawab,
diskusi dan
penugasan
2 X 50
0%
16
Minggu ke 16
UAS
2 X 50
0%

Rekap Persentase Evaluasi : Case Study
NoEvaluasiPersentase
0%
Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang
merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang
diperoleh melalui proses pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang
digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum,
ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah,
dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur
atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik
terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur
yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam
penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar
penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel,
Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning,
Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan
sub-pokok bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan
tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
File PDF ini digenerate pada tanggal 21 September 2024 Jam 14:23 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa