Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Teknik Mesin
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTERTgl
Penyusunan
Kimia Terapan xx21401020414 T=0P=0ECTS=0 1 23
September
2024
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
Diah Wulandari, S.T., M.T. Ferly Isnomo Abdi, S.T.,
S.Pd., M.T.
Arya Mahendra Sakti, S.T.,
M.T.
Model
Pembelajaran
Project Based Learning
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Matrik CPL - CPMK

CPMK
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
12 3 4 5 6 7 8 9 10111213141516
Deskripsi
Singkat MK
Pengantar ilmu kimia teknik; Konsep dasar Kimia Bahan, Struktur atom, molekul dan ion; sistem periodik unsur, ikatan kimia,
stoikiometri, elektrokimia, hidrokarbon dan bahan bakar, polimer.
Pustaka Utama :
1.Petrucci,Ralph H., dkk. 2011.General Chemistry:Priciples and Modern Application. 10th ed. Pearson Prentice Hall: USA.
2.Laird, Brian B. 2009.University of Chemistry.New York: McGraw-Hill.
3.Whitten KW, et. al.General Chemistry London, Saunders College.
4.Ir. Dwi Heru Sutjahjo, MT. Buku Ajar Kimia Teknik.
5.Drs. Hiskia Achmad. Wujud Zat dan Kesetimbangan Kimia.
Pendukung :
Dosen
Pengampu
Prof. Dr. Ir. Aisyah Endah Palupi, M.Pd.
Dr. Mohammad Effendy, S.T., M.T.
Diah Wulandari, S.T., M.T.
Sudirman Rizki Ariyanto, M.Pd., M.T.
Lailatus Sa'diyah Yuniar Arifianti, S.T., M.T.
Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & Bentuk Luring
(offline)
Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)

1
Minggu ke 1
Mampu membedakan
Jenis-Jenis materi
dan membedakan
perubahan fisika dan
perubahan kimia
dengan baik dan
benar
1.Menjelaskan
keterkaitan ilmu
kimi dalam
kehidupan sehari
hari
2.menjelaskan
langkah - langkah
metode ilmiah
3.
mengklasifikasikan
materi
4.menjelaskan
pengertian energi
dan macam -
macam energi
5.menjelaskan
perubahan fisika
dan kimia
6.menjelaskan
perbedaan atom,
molekul, unsur,
senyawa, ion dan
campuran dan
sontohnya
Kriteria:
Sesuai Rubrik
Penilaian
Ceramah,
diskusi,
tanya
jawab,
latihan,
dan
penugasan
2 X 50
0%
2
Minggu ke 2
Memahami struktur
atom
1.Menjelaskan
penemuan partikel
penyusun atom
(elektron, neutron,
dan proton)
2.Menjelaskan
perkembangan
model atom
(Model atom
Thomson,
Rutheford, Bohr
dan Mekanika
Kuantum)
3.Menjelaskan dan
Menuliskan
konfigurasi
elektron
Kriteria:
Sesuai Rubrik
Penilaian
Ceramah,
diskusi,
tanya
jawab,
latihan,
dan
penugasan
2 X 50
0%
3
Minggu ke 3
Memahami sistem
periodik unsur
1.Menjelaskan
perkembangan
pengelompokan
unsur 13 unsur
2.Menganalisis
golongan, periode
dan konfigurasi
elektron pada
tabel periodik
3.Menjelaskan
beberapa variasi
keperiodikan
tentang sifat 13
sifat unsur
Kriteria:
Sesuai Rubrik
Penilaian
Ceramah,
diskusi,
tanya
jawab,
latihan,
dan
penugasan
2 X 50
0%

4
Minggu ke 4
Mendeskripsikan
terjadinya ikatan
kimia (ikatan ion dan
kovalen)
1.Menjelaskan
konfigurasi
elektron yang
stabil
2.Menjelaskan
proses
terbentuknya
ikatan ion dan
contoh
senyawanya
3.Membandingkan
proses
terbentuknya
ikatan kovalen
serta contoh
senyawanya. .
4.Menjelaskan
kepolaran ikatan
dan hubungannya
dengan
keelektronegatifan
5.Menjelaskan
kepolaran molekul.
6.Memperediksi
jenis-jenis ikatan
yang terjadi pada
berbagai senyawa
7.Membandingkan
sifat fisis senyawa
ion dengan
senyawa kovalen
Kriteria:
Sesuai Rubrik
Penilaian
Ceramah,
diskusi,
tanya
jawab,
latihan,
dan
penugasan
2 X 50
0%
5
Minggu ke 5
Mendeskripsikan
terjadinya ikatan
kimia (ikatan logam,
hidrogen dan
beberapa jenis gaya-
gaya kimia)
1.Menjelaskan
proses
pembentukan
ikatan logam
2.Menjelaskan
perbedaan sifat
fisis logam dengan
nonlogam
3.Menjelaskan
ikatan hidrogen
dan sifat-sifatnya
4.Menguraikan
beberapa jenis
gaya-gaya kimia
5.Memberikan
rumus molekul
beserta namanya
Kriteria:
Sesuai Rubrik
Penilaian
Ceramah,
diskusi,
tanya
jawab,
latihan,
dan
penugasan
2 X 50
0%
6
Minggu ke 6
Memahami konsep
dasar stoikiometri
1.Menjelaskan
hukum dasar ilmu
kimia
2.Menjelaskan berat
molekul dan berat
rumus
3.Menjelaskan
konsep mol
4.Menjelaskan
hubungan
komposisi persen
massa dari rumus
kimia dan
sebaliknya
Kriteria:
Sesuai Rubrik
Penilaian
Ceramah,
diskusi,
tanya
jawab,
latihan,
dan
penugasan
2 X 50
0%

7
Minggu ke 7
Memahami konsep
dasar stoikiometri
1.Menganalisis
unsur dengan
eksperimen
penentuan karbon,
hidrogen dan
oksigen
2.Menuliskan dan
Menyetarakan
reaksi 13 reaksi
kimia
3.Menghitung
stoikiometri
dengan
menggunakan
rumus kimia
sebagai faktor
konversi
4.Menjelaskan dan
menentukan
pereaksi
pembatas
5.Menjelaskan dan
menentukan
persen hasil suatu
reaksi
Kriteria:
Sesuai Rubrik
Penilaian
Ceramah,
diskusi,
tanya
jawab,
latihan,
dan
penugasan
2 X 50
0%
8
Minggu ke 8
USS USS Kriteria:
Sesuai Rubrik
Penilaian
USS
2 X 50
0%
9
Minggu ke 9
Memahami konsep
dasar Elektrokimia
1.Menjelaskan
konsep dasar
elektrokimia
2.Menentukan
bilangan oksidasi
unsur suatu
molekul
3.Menyetarakan
persamaan reaksi
redoks
4.Menjelaskan
reaksi redoks
pada sel galvani
Kriteria:
Sesuai Rubrik
Penilaian
Presentasi,
Ceramah,
diskusi,
tanya
jawab,
latihan,
dan
penugasan
2 X 50
0%
10
Minggu ke 10
Memahami Konsep
Potensial Sel
1.Menjelaskan
pengertian
potensial
selMenjelaskan
pengertian
potensial elektroda
standart
2.Menjelaskan cara
penentuan
potensial elektroda
standart
3.Menjelaskan deret
volta
4.Menghitung nilai
potensial sel
Kriteria:
Sesuai Rubrik
Penilaian
Ceramah,
diskusi,
tanya
jawab,
latihan,
dan
penugasan
2 X 50
0%
11
Minggu ke 11
Memahami Konsep
Sel Elektrolisis
1.Menjelaskan
pengertian sel
elektrolisis
2.Menjelaskan
hubungan anatara
potensial elektroda
sel dengan energi
bebas gibbs dan
tetapan
kesetimbangan
3.Menjelaskan
proses korosi
4.Menjelaskan
aplikasi
elektrokimia pada
kehidupan sehari
13 hari,
diantaranya
pelapisan logam,
dan pemurnian
logam
Kriteria:
Sesuai Rubrik
Penilaian
Presentasi,
diskusi,
tanya
jawab,
latihan,
dan
penugasan
2 X 50
0%

12
Minggu ke 12
Memahami
pengelompokan
senyawa hidrokarbon
dan menjelaskan
proses minyak bumi
1.Mendeskripsikan
kekhasan atom
karbon dalam
membentuk
senyawa
hidrokarbon
2.Menggolongkan
senyawa
hidrokarbon
3.Mendeskripsikan
proses
pembentukan
minyak bumi
4.Menjelaskan
teknik pemisahan
minyak bumi
menjadi fraksi 13
fraksinya serta
kegunaannya
Kriteria:
Sesuai Rubrik
Penilaian
Presentasi,
diskusi,
tanya
jawab,
latihan,
dan
penugasan
2 X 50
0%
13
Minggu ke 13
Memahami klasifikasi
dan karakteristik
bahan bakar
1.Menjelaskan
penggolongan
bahan bakar
2.Menjelaskan sifat
dan karakteristik
bahan bakar
3.Menjelaskan
beberapa hal
evaluasi kinerja
bahan bakar
Kriteria:
Sesuai Rubrik
Penilaian
Presentasi,
diskusi,
tanya
jawab,
latihan,
dan
penugasan
2 X 50
0%
14
Minggu ke 14
Memahami konsep
dasar polimer
1.Menjelaskan
pengertian polimer
2.Menjelaskan
klasifikasi polimer
berdasarkan jenis
monomer, asal,
sifat dan
kegunaan
3.Membedakan
polimerisasi adisi
dan polimerisasi
kondensasi
Kriteria:
Sesuai Rubrik
Penilaian
Ceramah,
diskusi,
tanya
jawab,
latihan,
dan
penugasan
2 X 50
0%
15
Minggu ke 15
Menjelaskan manfaat
serta dampak
penggunaan polimer
1.Menjelaskan
manfaat polimer
dalam kehidupan
2.Menjelaskan
dampak
penggunaan
polimer
Kriteria:
Sesuai Rubrik
Penilaian
Ceramah,
diskusi,
tanya
jawab,
latihan,
dan
penugasan
2 X 50
0%
16
Minggu ke 16
Memahami seluruh
materi mata kuliah
UAS Kriteria:
Sesuai Rubrik
Penilaian
UAS
2 X 50
0%
Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning
NoEvaluasiPersentase
0%
Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang
merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang
diperoleh melalui proses pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang
digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum,
ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah,
dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur
atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik
terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur
yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam
penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar
penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel,
Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.

9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning,
Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-
pokok bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan
tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
File PDF ini digenerate pada tanggal 23 September 2024 Jam 08:36 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa