Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTERTgl
Penyusunan
Sejarah Afrika 8720102108 Mata Kuliah Wajib
Program Studi
T=2P=0ECTS=3.18 5 1 Februari
2024
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
Dr. Septina Alrianingrum, S.S., M.Pd. Esa
Putra Bayu Gusti Gusti Gineung Patridina,
S.S., M.A. Drs. Agus Trilaksana, M.Hum.
Drs. Agus Trilaksana, M.Hum. Dr. Wisnu, M.Hum.
Model
Pembelajaran
Case Study
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam
melaksanakan tugasnya
CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa
kewirausahaan
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di
bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-7 Menguasai Pengetahuan Peristiwa Sejarah, Fakta, dan Konsep
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Matrik CPL - CPMK

CPMK CPL-1 CPL-2 CPL-3 CPL-4 CPL-7
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
12345 6 7 8 9 10111213141516
Deskripsi
Singkat MK
Matakuliah ini mengakaji perkembangan manusia di Indonesia mulai jaman praaksara hingga Hindu-Budha. Hal yang dikaji meliputi
aspek lingkungan dan kebudayaan kelompok manusia dari masa purba hingga menjadi kerajaan-kerajaan hindu-budha. Selain itu,
ada penjelasan konsep mingrasi manusia purba melalui jalur laut dan jalur darat, Teori Indianisasi di Nusantara dan Struktur Candi
Hindu atau/dan Budha. Pembelajaran dilaksanakan dengan ceramah bervariasi, diskusi, problem based learning dan portofolio.
Penilaian dengan menggunakan tes tertulis dan portofolio.
Pustaka Utama :
1.Christopher, A. J. (2002). Atlas of Changing South Africa. Routledge.
2.Phillipson, D. W. (2000). Archaeology at Aksum, Ethiopia, 1993–7: Volume 2 (p. 288). Society of Antiquaries of London.
3.Phillipson, D. W. (2005). African Archaeology Third edition.
4.Mitchell, P., & Lane, P. (Eds.). (2013). The Oxford handbook of African archaeology. OUP Oxford.
5.Darsiti Soeratman, 2012. Sejarah Afrika. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
6.Lothrof Stoddard. 1966. The Rising Tide of Color. New York: New York City Press.
7.N. Daldjoeni. 1991. Ras-ras Umat Manusia. Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Bakti.
8.Kirdi Dipoyudo. 1983. Afrika dalam Pergolakan , Jilid 1 dan 2. 1983. Jakarta: CSIS.
9.Freund, Bill (1998). The Making of Contemporary Africa, Lynne Rienner, Boulder (including a substantial
10.Hendra Kurniawan, 2019. enua Hitam: Sejarah Afrika Dari Abad Kuno Sampai Kontemporer
Pendukung :
Dosen
Pengampu
Drs. Agus Trilaksana, M.Hum.
Septina Alrianingrum, S.S., M.Pd.
Esa Putra Bayu Gusti Gineung Patridina, S.S., M.A.

Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & Bentuk Luring
(offline)
Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1
Minggu ke 1
Kemampuan
menjelaskan Kondisi
Alam dan Evolusi
Hominid di Benua
Afrika
1.Silabus
Perkuliahan
2.Mampu
menjelasan
Kondisi Alam
3.Mampu
Menjelaskan
Evolusi Hominid
di Benua Afrika
Kriteria:
1.Aktif A
2.Cukup Aktif B
3.Kurang Aktif
C
4.Pasif D
Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Knowledge-
Based
Learning &
Inquiry-
Based
Learning
2 X 50
Knowledge-Based
Learning & Inquiry-
Based Learning
2 X 50
2%
2
Minggu ke 2
Kemampuan
menjelaskan
Pembagian zaman
berdasarkan
teknologi dan
kehidupan sosial-
ekonomi &
Mengidentifikasi
pengkelasan
peradaban
1.Mampu
menjelaskan
Sejarah Ancient
Egypt
2.Mampu
menjelaskan
Sejarah
Ptolemaic Egypt
Kriteria:
1.Sangat A
2.Cukup B
3.Kurang C
4.Pasif D
Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Knowledge-
Based
Learning &
Evidence-
Based
Learning
2 X 50
Knowledge-Based
Learning & Evidence-
Based Learning
2 X 50
3%
3
Minggu ke 3
Kemampuan
menjelaskan Kerma
Culture dan Kushite
Kingdom
1.Mampu
menjelaskan
Kerma Culture
2.Mampu
menjelaskan
Sejarah Kushite
Kingdom
Kriteria:
1.Aktif A
2.Cukup Aktif B
3.Kurang Aktif
C
4.Pasif D
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Knowledge-
Based
Learning &
Inquiry-
Based
Learning
2 X 50
Knowledge-Based
Learning & Inquiry-
Based Learning
2 X 50
4%
4
Minggu ke 4
Kemampuan
menjelaskan
kehidupan Berber
Tribe dan Republic of
Carthage
1.Mampu
menjelaskan
kehidupan
Berber Tribe
2.Mampu
menjelaskan
Sejarah Republic
of Carthage
Kriteria:
1.Aktif A
2.Cukup Aktif B
3.Kurang Aktif
C
4.Pasif D
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Knowledge-
Based
Learning &
Inquiry-
Based
Learning
2 X 50
Knowledge-Based
Learning & Inquiry-
Based Learning
2 X 50
4%
5
Minggu ke 5
Kemampuan
menjelaskan Empire
of Aksum dan
Ethiophian Empire
1.Mampu
menjelaskan
Empire of Aksum
2.Mampu
menjelaskan
Ethiophian
Empire
Kriteria:
1.Aktif A
2.Cukup Aktif B
3.Kurang Aktif
C
4.Pasif D
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Knowledge-
Based
Learning &
Inquiry-
Based
Learning
4 X 50
Knowledge-Based
Learning & Inquiry-
Based Learning
4%
6
Minggu ke 6
Kemampuan
menjelaskan
pengaruh Migration of
Bantu People dan
perkembangan
Kingdom of
Zimbabwe dan
Kingdom of Kongo
1.Mampu
menjelaskan
pengaruh
Migration of
Bantu People
2.Mampu
menjelaskan
sejarah Kingdom
of Zimbabwe
3.Mampu
menjelaskan
sejarah Kingdom
of Kongo
Kriteria:
1.Aktif A
2.Cukup Aktif B
3.Kurang Aktif
C
4.Pasif D
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Knowledge-
Based
Learning &
Inquiry-
Based
Learning
4 X 50
Knowledge-Based
Learning & Inquiry-
Based Learning
4%
7
Minggu ke 7
Kemampuan
mejelaskan sejarah
Ghana Empire, Mali
Empire dan Songhai
Empire
1.Mampu
menjelaskan
perkembangan
Ghana Empire
2.Mampu
menjelaskan
perkembangan
Mali Empire
3.Mampu
menjelaskan
perkembangan
Songhai Empire
Kriteria:
1.Aktif A
2.Cukup Aktif B
3.Kurang Aktif
C
4.Pasif D
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Knowledge-
Based
Learning &
Inquiry-
Based
Learning
4 X 50
Knowledge-Based
Learning & Inquiry-
Based Learning
4%
8
Minggu ke 8
UTS UTS
Bentuk Penilaian :
Tes
Sumantif
4 X 50
Sumantif 20%

9
Minggu ke 9
Mampu menganalis
perbedaan agana
Hindu dan buddya
periode klasik di Jawa
Tengah
1.Mampu
menjelaskan
perkembangan
Kerajaan Galuh
2.Mampu
menjelaskan
perkembangan
Kerajaan Sunda
Kriteria:
1.Aktif A
2.Cukup Aktif B
3.Kurang Aktif
C
4.Pasif D
Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Knowledge-
Based
Learning &
Inquiri-
Based
Learning
4 X 50
Knowledge-Based
Learning & Inquiri-
Based Learning
2%
10
Minggu ke 10
Menjelaskan
perkembangan
Kerajaan Mataram
Kuno (Dinasty
Syailendra) dan
Memahami konsep
dyani buddha di
Borobudur
1.Kerajaan
Mataram Kuno
(Dinasty
Syailendra)
2.Mampu
mengindentifikasi
situs kerajaan
mataram
(Dinasty
Syailendra)
3.Memahami
konsep dhyani
buddha di
Borobudur
Kriteria:
1.Aktif A
2.Cukup Aktif B
3.Kurang Aktif
C
4.Pasif D
Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Knowledge-
Based
Learning &
Inquiri-
Based
Learning
4 X 50
Knowledge-Based
Learning & Inquiri-
Based Learning
3%
11
Minggu ke 11
Menjelasan
perkembangan
Kerajaan Mataram
Kuno (Dinasty
Sanjaya dan Isana)
1.Mampu
menjelaskan
perkembangan
Kerajaan
Mataram Kuno
(Dinasty Sanjaya
dan Isyana)
2.Mampu
mengindentifikasi
hasil situs
kerajaan
mataram
(Dinasty Sanjaya
dan Isyana)
Kriteria:
1.Aktif A
2.Cukup Aktif B
3.Kurang Aktif
C
4.Pasif D
Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Knowledge-
Based
Learning &
Inquiri-
Based
Learning
4 X 50
4%
12
Minggu ke 12
Menjelaskan
perkembangan
Kerajaan Kahuripan,
Jenggala dan Kediri
1.Mampu
menjelaskan
perkembangan
Kerajaan
Kanjuruhan
Kahuripan
2.Mampu
menjelaskan
perpecahan
Kerajaan
Kahuripan
menjadi
Jenggala dan
Kediri
Kriteria:
1.Aktif A
2.Cukup Aktif B
3.Kurang Aktif
C
4.Pasif D
Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Knowledge-
Based
Learning &
Inquiri-
Based
Learning
4 X 50
Knowledge-Based
Learning & Inquiri-
Based Learning
4%
13
Minggu ke 13
Menjelaskan
perkembangan
Kerajaan Bali
Mampu menjelaskan
perkembangan
Kerjaan di Bali
Kriteria:
1.Aktif A
2.Cukup Aktif B
3.Kurang Aktif
C
4.Pasif D
Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Knowledge-
Based
Learning &
Inquiri-
Based
Learning
4 X 50
Knowledge-Based
Learning & Inquiri-
Based Learning
4%
14
Minggu ke 14
Menjelaskan
perkembangan
kerajaan Singasari
Mampu menjelaskan
perkembangan
Kerajaan Singhasari
Kriteria:
1.Aktif A
2.Cukup Aktif B
3.Kurang Aktif
C
4.Pasif D
Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Knowledge-
Based
Learning &
Inquiri-
Based
Learning
4 X 50
Knowledge-Based
Learning & Inquiri-
Based Learning
4%
15
Minggu ke 15
Menjelaskan
perkembangan
Kerajaan Majapahit
Mampu menjelaskan
perkembangan
Kerajaan Majapahit
Kriteria:
1.Aktif A
2.Cukup Aktif B
3.Kurang Aktif
C
4.Pasif D
Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Knowledge-
Based
Learning &
Inquiri-
Based
Learning
4 X 50
Knowledge-Based
Learning & Inquiri-
Based Learning
4%
16
Minggu ke 16
UAS UAS
Bentuk Penilaian :
Tes
Sumantif
4 X 50
Sumantif 30%

Rekap Persentase Evaluasi : Case Study
NoEvaluasi Persentase
1.Aktifitas Partisipasif 20%
2.Penilaian Portofolio 30%
3.Tes 50%
100%
Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang
merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang
diperoleh melalui proses pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang
digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum,
ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah,
dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur
atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik
terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur
yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam
penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar
penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel,
Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning,
Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan
sub-pokok bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan
tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
File PDF ini digenerate pada tanggal 22 September 2024 Jam 03:17 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa