KEMENTERIAN PERTAHANAN RI
BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN




KEPUTUSAN KEPALA BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
NOMOR : KEP/ 725 /VIII/2020




TENTANG



BAHAN PEMBELAJARAN
DINAMIKA KELOMPOK










DITETAPKAN DI JAKARTA
PADA TANGGAL 31 AGUSTUS 2020

KEMENTERIAN PERTAHANAN RI
BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN



KEPUTUSAN KEPALA BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
NOMOR: KEP/ 725 /VIII/2020


TENTANG


BAHAN PEMBELAJARAN DINAMIKA KELOMPOK



KEPALA BADAN PENDIDIKAN DA N PELATIHAN,


Menimbang : bahwa dalam rangka terselenggaranya pelaksanaan pendidikan dan
pelatihan perlu menetapkan Keputusan Kepala Badan Pendidikan
dan Pelatihan Kemhan;

Mengingat : 1. Peraturan Menteri Pertahanan Nomor 14 Tahun 2019 tentang
Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pertahanan (Berita
Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 314);


2. Keputusan Kabadiklat Kemhan Nomor: KEP/ 853/XII/2019
tanggal 19 Desember 2019 tentang Program Kerja dan
Anggaran Badiklat Kemhan TA. 2020;

Memperhatikan : Peraturan Kabadiklat Kemhan Nomor 01 Tahun 2016 tentang
Petunjuk Pelaksanaan Penyusunan Bahan Pembelajaran
Diklat/Kursus di Lingkungan Badan Pendidikan dan Pelatihan
Kementerian Pertahanan.


MEMUTUSKAN:


Menetapkan : KEPUTUSAN KEPALA BADAN PENDID IKAN DAN PELATIHAN
KEMENTERIAN PERTAHANAN TEN TANG BAHAN PEMBELAJARAN
DINAMIKA KELOMPOK .

KESATU : Mengesahkan Bahan Pembelajaran sebagaimana terlampir dalam
lampiran Keputusan ini.

KEDUA : Bahan Pembelajaran Dinamika Kelompok digunakan dalam Kursus
Dasar Manajemen Pertahanan BMN (Susdasjemen Han).

KETIGA : Keputusan ini mulai berlaku terhitung sejak tanggal ditetapkan



KEEMPAT ...

ii


DAFTAR ISI



Keputusan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan Nomor:
KEP/ 725 /VIII/2020 tanggal 31 Agustus 2020 tentang Bahan Pembelajaran Dinamika
Kelompok.

Halaman

KATA PENGANTAR …………………………………………………………………… …..... i
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………… ……. ii

BAB I PENDAHULUAN ……………………………………………………………... ....... 1

A. Latar Belakang …………………………………………………... ...... 1
B. Deskripsi Singkat ………………………………………………... ...... 3
C. Manfaat Bagi Peserta …………………………………………… …... 3
D. Tujuan Pembelajaran …………………………………………… …... 4
E. Materi Pokok dan Sub Materi ………………………………… …….. 5
F. Petunjuk Belajar ………………………………………………… …… 6

BAB II PENGERTIAN DAN PROSES DINAMIKA KELOMPOK ………………… …… 7

A. Pengertian Dinamika Kelompok ……………………………… …..... 7
B. Mengenal Diri Sendiri …………………………………………… …… 9
C. Mengenali Orang Lain …………………………………………... ...... 13
D. Rangkuman ……………………………………………………… …… 15
E. Evaluasi ………………………………………………………… …….. 16

BAB III KELOMPOK DAN MEMBANGUN KERJASAMA ………………………… …... 17

A. Pengertian Kelompok …………………………………………… …... 17
B. Teori Pembentukan Kelompok ………………………………… …… 21
C. Tahap Pertumbuhan Kelompok ………………………………... ...... 23
D. Alasan Perlunya Kelompok …………………………………… …..... 27
E. Proses Pengenalan dan Membangun Kerjasama …………… …… 29
F. Rangkuman ……………………………………………………… …… 29
G. Evaluasi …………………………………………………………... ...... 30

BAB IV FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DINAMIKA KELOMPOK … … 32

A. Beberapa Masalah dalam Dinamika Kelompok …………………… 32
B. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dinamika Kelompok ………… 33
C. Konflik dalam Kelompok dan Respon Terhadap Konflik …………. 35
D. Rangkuman …………………………………………………………… 38
E. Evaluasi ……………………………………………………………….. 39

iii


BAB V NILAI-NILAI, NORMA DAN KOMITMEN BELAJAR ………………………….. 40

A. Nilai-Nilai dan Norma (Values and Norms) ………………………… 40
B. Komitmen Belajar (Learning Commitment) ……………………….. 41
C. Rangkuman …………………………………………………………… 43
D. Evaluasi ……………………………………………………………….. 43

BAB VI PENUTUP ………………………………………………………………………….. 44

A. Simpulan ……………………………………………………………… 44
B. Tindak Lanjut …………………………………………………………. 44

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………………. 45

TIM PERUMUS PENYUSUNAN HANJAR …………………………………………………… 46

1




BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang.

Pegawai Negeri adalah pekerja pada instansi pemerintah yang terdiri dari
berbagai unsur dan jenis sesuai dengan tugas dan fungsinya di dalam bekerja
akan membutuhkan kerjasama dengan pihak-pihak terkait, atau mereka butuh
jaringan/jejaring kerja, yang pada umumnya disebut tim kerja. Mereka butuh
bekerja dengan nyaman, butuh informasi, kerjasama, pelanggan, prestasi,
penghasilan, pengakuan, alat, tempat dan sebagainya. Sebagian cara untuk
mencapai hal-hal tersebut adalah dengan membangun kerjasama tim, sebab
dengan melakukan kerjasama akan dapat memberikan berbagai kemudahan
dalam bekerja.

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia memiliki dua potensi, yaitu potensi
subjektif dan potensi objektif. Melalui potensi subjektif, manusia dapat berlaku
sebagai subjek yang mengatur dan mempengaruhi lingkungan dan dengan
potensi objektif, manusia dapat dipengaruhi oleh lingkungan disekitarnya.
Secara antropologis, dapat diyakini bahwa, sebagai makhluk hidup manusia
akan selalu mengalami perubahan, pertumbuhan dan perkembangan. Proses
ini akan berjalan secara alamiah.

Pelatihan hanya merupakan upaya percepatan dan pemberian arah yang lebih
tajam dari proses alamiah tersebut, yaitu mempercepat terjadinya perubahan,
pertumbuhan dan perkembangan dalam pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Untuk itu proses peningkatan kemampuan berkelompok secara dinamis,


disamping …
Lampiran Keputusan Kabadiklat Kemhan
Nomor : KEP/ 725 /VIII/2020
Tanggal : 31 Agustus 2020

2


disamping dapat menggali dan memperkuat potensi yang ada di dalam diri
manusia, harus juga mampu memberikan pengalaman belajar secara langsung,
yang sekaligus dapat mempengaruhi otak, sebagai sumber intelegensia, jiwa,
sebagai sumber perasaan dan raga, sebagai sumber karya (keterampilan).

Penerapan Dinamika Kelompok dapat dipakai sebagai pengantar dalam
pelaksanaan suatu pelatihan. Fasilitator dalam suatu pelatihan seringkali
menggunakan prinsip atau berbagai permainan dinamika kelompok dalam
berbagai pelatihan. Dinamika kelompok di sini tidak dipandang hanya sebagai
acara perkenalan dalam arti yang sempit, hura-hura dan membuang waktu saja,
tetapi digunakan untuk menunjang keberhasilan dari suatu pelatihan itu sendiri.

Dalam proses pendidikan dan pelatihan, anda disatu pihak perlu melakukannya
dan dipihak lain perlu diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi dirinya.
Proses pengisian ini akan menjadi lebih mudah dalam situasi yang memberikan
kebebasan bagi individu untuk mengembangkan potensi dirinya.

Dinamika kelompok sebagai suatu metoda dan proses, merupakan salah satu
alat manajemen untuk menghasilkan kerjasama kelompok yang optimal, agar
pengelolaan organisasi menjadi lebih efektif, efisien dan produktif. Sebagai
metoda, dinamika kelompok, membuat setiap anggota kelompok semakin
menyadari siapa dirinya dan siapa orang lain yang hadir bersamanya dalam
kelompok dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing -masing.
Kesadaran semacam ini perlu diciptakan karena kelompok atau organisasi akan
menjadi efektif apabila memiliki satu tujuan, satu cara tertentu untuk mencapai
tujuan yang diciptakan dan disepakati bersama dengan melibatkan semua
individu anggota kelompok tersebut sesuai dengan kemampuannya masing-
masing.

Sebagai suatu proses, dinamika kelompok berupaya menciptakan situasi
sedemikian rupa, sehingga membuat seluruh anggota kelompok merasa terlibat

secara …

3


secara aktif dalam setiap tahap perkembangan atau pertumbuhan kelompok,
agar setiap orang merasakan dirinya sebagai bagian dari kelompok dan bukan
orang asing. Dengan demikian diharapkan bahwa setiap individu dalam
organisasi merasa turut bertanggungjawab secara penuh terhadap pencapaian
tujuan organisasi yang lebih luas. Oleh karena itu, pemahaman tentang
dinamika kelompok sangat diperlukan, agar kita dapat membina kekuatan
kolektif (collective power) di dalam organisasi dengan cara-cara yang sehat.
Sikapilah persaingan dengan hati yang bening dan gunakan akal sehat.

B. Deskripsi Singkat.

Mata Diklat Dinamika Kelompok ini menguraikan tentang cara mengenal diri
sendiri dan mengenal orang lain, mengenal modalitas belajar dan gaya belajar,
membangun kerjasama tim, membangun komitmen diri dan komitmen kelas,
dengan mata diklat ini diharapkan peserta dapat mengenali potensi dirinya untuk
membangun nilai-nilai dan norma belajar secara mandiri maupun belajar
bersama dalam tim kerja, untuk itu peserta juga harus mengenal orang lain.
Setelah mengikuti proses pembelajaran mata diklat ini peserta dapat
menjelaskan dan menerapkan berbagai cara untuk mengikuti pembelajaran
dengan baik sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap
perilakunya.

Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah singkat, diskusi
kelompok, bermain peran, kerja individu, praktik dan simulasi.

C. Manfaat Bagi Peserta.

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta pelatihan/kursus diharapkan
mampu memahami tentang pentingnya membangun nilai-nilai, norma dan
komitmen dalam proses pembelajaran. Selanjutnya peserta pelatihan/kursus
dapat mengerti bahwa bekerjasama dalam tim adalah merupakan ilmu

pengetahuan …

4


pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang pegawai, yang pada
akhirnya akan merupakan modal dasar untuk melaksanakan pekerjaan di
instansinya. Oleh karena itu peserta harus dapat memahami peran penting
yang diembannya pada instansi masing-masing. Dalam lingkup pelatihan/kursus
peserta harus mampu membantu dalam proses pembelajaran dengan cara
menentukan pengetahuan, keterampilan dan sikap apa yang akan didapat dalam
Diklat tersebut. Proses pembelajaran yang dilakukan hendaknya dapat efektif
dan dapat dilakukan evaluasi apakah pelajaran dapat diterima oleh peserta
pelatihan.

D. Tujuan Pembelajaran.

1. Kompetensi Dasar.

Setelah mengikuti pembelajaran ini peserta diharapkan mampu
menjelaskan konsep Dinamika Kelompok serta memiliki wawasan luas,
keterampilan dalam menganalisis metoda dan proses dalam
mengembangkan sistem kerjasama dalam kelompok-kelompok belajar,
sehingga dapat memahami pengertian serta manfaat dari dinamika
kelompok pada suatu pelatihan/kursus dan mampu mengaktualisasikan
perilaku mengenal diri sendiri, orang lain dan lingkungan melalui refleksi
pengalaman.

2. Indikator Hasil Belajar.

Setelah mempelajari mata Diklat ini peserta diharapkan dapat:

a. Mengenali diri sendiri melalui gaya belajar, gaya kepemimpinan,
semangat untuk maju dan menjadi pribadi yang berkembang serta
mampu memberdayakan potensi orang lain.


b. Menganalisis …

5


b. Menganalisis tahap-tahap pertumbuhan kelompok dan dapat
membangun kerjasama dalam kelompok.
c. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika
kelompok.
d. Mengidentifikasi norma dan nilai kelompok serta menerapkannya
dalam proses pembelajaran selama pelatihan/kursus.

E. Materi Pokok dan Sub Materi.

1. Pendahuluan:

a. Latar Belakang.
b. Deskripsi Singkat.
c. Manfaat bagi Peserta.
d. Tujuan Pembelajaran.
e. Materi Pokok dan Sub Materi Pokok.
f. Petunjuk Belajar.

2. Pengertian dan Proses Dinamika Kelompok:

a. Pengertian Dinamika Kelompok.
b. Mengenal Diri Sendiri.
c. Mengenal Orang Lain.
d. Rangkuman.
e. Evaluasi.

3. Kelompok dan Membangun Kerjasama:

a. Pengertian Kelompok.
b. Teori Pembentukan Kelompok.
c. Tahap Pertumbuhan Kelompok.
d. Alasan Perlunya Kelompok.

e. Proses …

6


e. Proses Pengenalan dan Membangun Kerjasama.
f. Rangkuman.
g. Evaluasi.

4. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dinamika Kelompok:

a. Beberapa Masalah dalam Dinamika Kelompok.
b. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dinamika Kelompok.
c. Konflik dalam Tim dan Respon Terhadap Konflik.
d. Rangkuman.
e. Evaluasi.

5. Nilai-nilai, Norma dan Komitmen Belajar:

a. Nilai-nilai dan Norma.
b. Komitmen Belajar.
c. Rangkuman.
d. Evaluasi.

F. Petunjuk Belajar.

Agar dapat memahami seluruh isi bahan ajar ini dengan baik, peserta
pelatihan/kursus diharapkan dapat membacanya secara bertahap. Hal tersebut
untuk mengurangi kesenjangan terhadap substansi dalam bahan ajar ini.
Peserta disarankan melakukan curah pendapat dengan sesama peserta
pelatihan/kursus karena metode pembelajaran tersebut dapat mempercepat
pemahaman tentang isi bahan ajar.




BAB II …

7


BAB II
PENGERTIAN DAN PROSES DINAMIKA KELOMPOK


Setelah mempelajari Bab ini, peserta diharapkan mampu mengenali diri sendiri
melalui gaya belajar, gaya kepemimpinan, semangat untuk maju dan menjadi
pribadi yang berkembang serta mampu memberdayakan potensi orang lain.


A. Pengertian Dinamika Kelompok.

Dinamika kelompok atau group dynamic, muncul di Jerman pada menjelang
tahun 1940-an, diilhami oleh teori kekuatan medan yang terjadi di dalam sebuah
kelompok, akibat dari proses interaksi antar anggota kelompok. Teori ini
dikembangkan oleh ahli-ahli psikologi Jerman penganut aliran gestalt psycology.
Salah seorang tokohnya adalah Kurt Lewin yang terkenal dengan Force-Field
Theory. Mereka melihat sebuah kelompok sebagai satu kesatuan yang utuh,
bukan sebagai kumpulan individu-individu yang terlepas satu sama lain.
Kesatuan ini muncul sebagai resultan dari adanya gaya tarik menarik yang kuat
diantara unsur-unsur yang terlibat di dalamnya. Unsur-unsurnya adalah manusia
yang ada dalam organisasi, yang masing-masing bertindak sebagai ego, dengan
gaya-gaya tertentu, sehingga terjadilah saling tarik menarik, yang akhirnya
menghasilkan resultan gaya yang kemudian menjadi kekuatan kelompok.
Kemampuan utama untuk mendukung penerapan teori Lewin tersebut
tergantung pada seberapa baik organisasi menguatkan perilaku kelompok yang
telah dipelajari dan disiapkan.

Dinamika merupakan suatu pola atau proses pertumbuhan, perubahan atau
perkembangan dari suatu bidang tertentu, atau suatu sistem ikatan yang saling
berhubungan dan saling mempengaruhi antara unsur yang satu dengan yang
lain, karena adanya pertalian yang langsung diantara unsur-unsur tersebut.
Pengertian dinamika ini lebih menekankan pada gerakan yang timbul dari dalam
dirinya sendiri, artinya sumber geraknya berasal dari dalam kelompok itu sendiri,
bukan dari luar kelompok, diilhami oleh teori kekuatan medan yang terjadi di
dalam sebuah kelompok, akibat dari proses interaksi antar anggota kelompok.
Kelompok …

8


Kelompok adalah suatu kumpulan yang terdiri dari dua orang atau lebih, apabila
memenuhi kualifikasi yaitu keanggotaan yang jelas, adanya kesadaran
kelompok, suatu perasaan mengenai adanya kesamaan tujuan atau sasaran
atau gagasan, saling ketergantungan dalam upaya pemenuhan kebutuhan-
kebutuhan, terjadinya interaksi dan kemampuan untuk bertindak dengan suatu
cara tertentu yang telah disepakati.

Dinamika Kelompok secara harfiyah merupakan sebuah kata majemuk, terdiri
dari dinamika dan kelompok, yang menggambarkan adanya gerakan bersama
dari sekumpulan orang atau kelompok dalam melakukan aktivitas organisasi.

Dinamika Kelompok adalah suatu metoda dan proses yang bertujuan
meningkatkan nilai-nilai kerjasama kelompok. Artinya metoda dan proses
dinamika kelompok ini berusaha menumbuhkan dan membangun kelomp ok,
yang semula terdiri dari kumpulan individu-individu yang belum saling mengenal
satu sama lain, menjadi satu kesatuan kelompok dengan satu tujuan, satu norma
dan satu cara pencapaian berusaha yang disepakati bersama.

Berdasarkan pada Force-Field Theory, pada tahap implementasi Lewin ada tiga
tahap pembaharuan perilaku kelompok, yaitu: 1) tahap unfreezing; 2) moving,
dan 3) refreezing. Pada tahap pertama, merupakan tahap menyiapkan perilaku
yang dititikberatkan pada upaya meminimalkan kekuatan perlawanan dari setiap
anggota kelompok. Pada tahap kedua, merupakan tahap pergerakan, dengan
mengubah orang, individu maupun kelompok, tugas-tugas, struktur organisasi,
dan teknologi. Pada tahap terahir, merupakan tahap penstabilan perilaku dengan
upaya penguatan dampak dari perubahan, evaluasi hasil perubahan dan
modifikasi-modifikasi yang bersifat konstruktif. Oleh karena itu, upaya yang dapat
dilaksanakan ialah adanya regulasi proses feed-back melalui optimalisasi Team
Building. Tim building adalah suatu metoda yang dirancang untuk membantu
kelompok-kelompok untuk dapat berperilaku secara lebih efektif dengan
mengevaluasi dan meningkatkan struktur, proses, kepemimpinan, komunikasi,
resolusi konflik dan kepuasan para anggota kelompok secara umum.

B. Mengenal …

9


B. Mengenal Diri Sendiri.

Mengenali diri sendiri, mencakup pemahaman tentang potensi yang dimiliki dan
mengetahui cara-cara pemanfaatannya serta cara-cara pengembangannya
yang sesuai. Pengetahuan, pemahaman dan keterampilan demikian, sangat
relevan untuk mewujudkan keberhasilan, baik secara individu maupun dalam
hubungannya dengan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Terdapat empat potensi manusiawi yang perlu dipelihara dan dimanfaatkan
sebagaimana mestinya, yaitu: potensi fisik badaniah, potensi mental intelektual,
potensi mental spiritual dan potensi sosial emosional. Untuk memanfaatkan,
memelihara dan meningkatkan kinerjanya, perlu mengenalinya secara lebih
mendalam potensi diri.

Meningkatkan dan mengembangkan potensi diri, satu-satunya jalan yang
tercepat adalah melalui proses pembelajaran (learning). Untuk pembelajaran
yang efektif, maka pemahaman tentang gaya belajar seseorang menjadi penting
untuk kemudian gaya belajar yang paling sesuai untuk dilaksanakan sehingga
benar-benar mencapai efektivitas yang maksimal.

Melalui proses pembelajaran, maka gaya-gaya kepemimpinan, ciri-ciri pribadi
yang berkembang serta semangat untuk maju ditingkatkan terus. Setelah
mengikuti pembelajaran ini, peserta mampu mengidentifikasi kekurangan diri
sendiri untuk perbaikan diri.

Adapun kajian tentang cara-cara mengenali diri difokuskan pada empat aspek
yaitu: gaya belajar, saya kepemimpinan, semangat untuk maju dan pribadi yang
berkembang.

1. Gaya Belajar.

Pembelajaran dipahami sebagai proses terjadinya perubahan perilaku.
Karena pentingnya, maka pembelajaran ini dianggap suatu proses
fundamental yang mendasari perubahan perilaku. Pembelajaran
didefinisikan sebagai proses di mana terjadi perubahan perilaku yang relatif

abadi …

10



abadi dalam perilaku sebagai suatu hasil dari praktek (Gibson Cs., 1985).
Relatif abadi dimaksud adalah bahwa perubahan tersebut sedikit lebih
permanen. Sebagai hasil praktik dimaksudkan mencakup pelatihan formal
maupun pengalaman yang tak terkendali. Terdapat tiga tipe pembelajaran
yang saling terkait, yaitu pembelajaran atas dasar konsep perangsang, tipe
pembelajaran atas dasar konsep stimulus dan tipe pembelajaran atas
dasar konsep penguat (reinforcer).

Dalam mengantisipasi tipe-tipe pembelajaran tersebut, setiap individu
menghadapinya dengan memanfaatkan gaya belajarnya masing-masing.
Secara garis besar, gaya belajar tersebut dapat dibagi kedalam empat
kategori, yaitu:

a. Belajar dari pengalaman nyata (concrete experience).
b. Belajar dari observasi reflektif (reflective observation).
c. Belajar melalui percobaan (active experimentation).
d. Belajar dengan konsepsualisasi abstrak (abstract conceptualization).

Setiap individu memiliki gaya belajar kombinasi dari keempatnya.
Walaupun demikian, dapat diidentifikasi mana-mana yang paling dominan.
Dengan diketahuinya gaya belajar yang paling dominan, artinya paling
sesuai dan tercepat memperoleh pemahaman, kemudian disusun strategi
belajar bagi individu yang bersangkutan. Dengan strategi tersebut maka
pembelajaran dapat lebih efektif dan efisien.

2. Gaya Kepemimpinan.

Mengenal gaya kepemimpinan seseorang diperlukan untuk penyesuaian
dengan tipe kepemimpinan yang diperlukan di masa depan. Di era
globalisasi kini dan masa depan, dituntut kepemimpinan modern yang lebih

demokratis …

11


demokratis, lebih terbuka, lebih rasional, lebih luwes dan lebih
terdesentralisasi yang memungkinkan terwujudnya manajemen modern
yang efektif dan efisien. Gaya kepemimpinan seseorang berbeda dengan
lainnya selaras dengan paradigmanya masing -masing. Seseorang
mungkin lebih demokratis sedangkan lainnya lebih autokratis atau mungkin
gaya misionaris.

Apapun gaya kepemimpinan seseorang kini, di masa depan dituntut gaya
kepemimpinan yang berprinsip (Stephen Covey, 1969) yang melayani
(Senge,1990).

Stephen Covey (2009) mengemukakan delapan ciri pemimpin yang
berprinsip.

Kedelapan ciri pemimpin tersebut, mencakup:

a. Terus menerus belajar dari pengalamannya.
b. Berorientasi pada pelayanan.
c. Memancarkan energi positif.
d. Mempercayai orang lain.
e. Hidup seimbang.
f. Melihat hidup sebagai petualangan.
g. Sinergistik.
h. Berlatih terus untuk memperbaharui diri.

Senge (1990) mengemukakan tiga peran pemimpin organisasi pembelajar
dimasa depan, yaitu:

a. Sebagai perencana/perancang.
b. Sebagai guru/pelatih.
c. Sebagai pelayan.

3. Semangat …

12


3. Semangat untuk Maju.

Seseorang yang kehilangan semangat berarti kehilangan segala-galanya.
Karenanya, mengenali semangat pribadi diperlukan untuk dapat
meninggalkannya secara terus menerus (berkelanjutan). Semangat
pribadi erat kaitannya dengan karakter yang tercermin pada kepribadian
dan perilakunya. Dasar utamanya, setiap orang ingin bermakna dalam
hidupnya. Artinya, bermakna bagi dirinya, bagi keluarga, masyarakat dan
bangsanya. Faktor-faktor internal yang erat kaitannya dengan semangat
seseorang (Drs. Waidi, MBS, 2000), antara lain mencakup:

a. Pola pikir.
b. Keyakinan.
c. Budaya.
d. Kepentingan.
e. Keterlibatan.
f. Kinerja.
g. Gaya Hidup.
h. Tujuan yang ingin dicapainya.

Semangat kerja dari seseorang dapat ditingkatkan dengan mempengaruhi
faktor-faktor penentunya, hingga kemampuan berpikir konsepsionalnya
meningkat.

Dengan kemampuan berpikir konsepsional tersebut, maka akan
membangun pribadi yang memiliki:

a. Kesadaran terhadap energi yang dimiliki.
b. Semangat dalam melaksanakan tugas.
c. Kemauan dalam kerjasama.
d. Komitmen terhadap sistem dan prosedur.
e. Mampu bekerja jujur.
f. Memiliki wawasan ke masa depan.

4. Pribadi …

13


4. Pribadi yang Berkembang.

Apabila potensi fisik dan mental intelektual seseorang mencapai puncak
pada umur tertentu (misalnya IQ pada umur 19 tahun), maka potensi
mental spiritual dan sosial emosional senantiasa berkembang atau dapat
dikembangkan, karenanya, semakin berumur (sebelum pikun), seseorang
biasa semakin meningkat pribadinya (semakin arif dan lain-lain). Tipe
kepribadian seseorang berbeda dengan orang lain adalah merupakan hal
yang wajar. Berkaitan dengan stress, DR. Peter Tyrer, membagi
kepribadian menjadi tujuh tipe kepribadian. Tipe A ambisius; Tipe B
Tenang; Tipe C Cemas; Tipe D Tidak ambil peduli; Tipe E Pencuriga; Tipe
F Dependen, dan Tipe G Formal. Bagi seorang pemimpin, terdapat enam
ciri kepribadian yang berkembang, yaitu:

a. Sikap Mental Positif.
b. Bertanggungjawab.
c. Obyektif.
d. Kendali Diri.
e. Ketegasan.
f. Tenggang Rasa.

C. Mengenali Orang Lain.

Setiap individu melakukan berbagai peran dalam hidup dan kehidupan ini, baik
sebagai individu, sebagai bagian dari keluarga, maupun sebagai bagian dari
masyarakat. Dalam berbagai peran tersebut setiap individu ingin sukses atau
memberikan makna yang berarti. Untuk dapat berperan secara efektif, maka
seseorang perlu mengenal orang lain di samping dirinya sendiri. Tidak dapat
dipungkiri, bahwa manusia sebagai makhluk sosial tak sanggup hidup sendirian.
Tak ada satupun manusia di dunia ini yang dapat hidup tanpa tergantung
ataupun memerlukan bantuan orang lain. Karena itulah, sejak dulu, manusia

selalu …

14


selalu hidup berkelompok, bersuku-suku hingga berbangsa-bangsa. Dilain
pihak, manusia sebagai makhluk individu yang mempunyai perbedaan antara
satu dengan yang lain, sehingga tidak mudah untuk mewujudkan kehidupan
yang harmonis. Konsekuensinya, setiap individu harus berusaha menyesuaikan
diri dengan keinginan kelompok, agar dapat diterima kelompok dan merasa
aman dan nyaman didalamnya. Usaha tersebut adalah mengenali orang lain
agar dapat menikmati kehidupan dalam kelompok, tidak terasing dan tidak
ditolak oleh kelompoknya.

Mengenali orang lain merupakan keharusan bagi seseorang untuk bisa “masuk“,
diterima dan berkomunikasi dengan mereka. Individu yang populer adalah yang
disenangi, yang mudah masuk dan diterima oleh orang dari berbagai strata dan
kelompok-kelompok lainnya. Predikat yang dimilikinya sebagai: orang yang
menyenangkan, orang yang luwes, pandai menyesuaikan diri dalam pergaulan.

Untuk menjadi orang yang diterima orang lain, orang yang populer, diperlukan
usaha-usaha tertentu, usaha mencuri hati orang lain tersebut. Usaha-usaha
demikian akan semakin lebih mudah bila didukung oleh lebih dahulu kenal
dengan siapa berinteraksi. Sesuai dengan pepatah “Tak kenal maka tak
sayang“, maka mengenal orang lain bukan saja agar disayang dan dibutuhkan
oleh orang lain tersebut, tetapi merupakan kebutuhan sosial dan afiliasi serta
memenuhi kebutuhan untuk dihargai (sesuai dengan teori Hierarchi Kebutuhan
Sosial).

Untuk memperoleh respon positif, mengenal orang lain saja dianggap belum
cukup, tetapi masih diperlukan berbagai usaha penyesuaian diri, yang
mencakup:

a. Pemahaman tentang orang lain: kelebihan dan kekurangannya, perangai,
kecerdasan, emosi, sikap mental dan pola pikirnya.
b. Berkomunikasi dengan cara empati (mendudukkan diri pada posisi orang
lain).
c. Menata dan menyesuaikan diri atas dasar saling menguntungkan.

Langkah …

15


Langkah-langkah penyesuaian diri dimuka, hanya berhasil apabila
dibarengi kemampuan-kemampuan mengendalikan diri, toleransi, sabar,
pengertian, saling menghargai dan menghormati serta kesediaan
berkorban.

D. Rangkuman.

Dinamika Kelompok secara harfiyah merupakan sebuah kata majemuk, terdiri
dari dinamika dan kelompok, yang menggambarkan adanya gerakan bersama
dari sekumpulan orang atau kelompok dalam melakukan aktivitas organisasi.
Dinamika Kelompok adalah suatu metoda dan proses yang ber tujuan
meningkatkan nilai-nilai kerjasama kelompok. Artinya metoda dan proses
dinamika kelompok ini berusaha menumbuhkan dan membangun kelompok,
yang semula terdiri dari kumpulan individu-individu yang belum saling mengenal
satu sama lain, menjadi satu kesatuan kelompok dengan satu tujuan, satu norma
dan satu cara pencapaian berusaha yang disepakati bersama.

Ada tiga tahap pembaharuan perilaku kelompok, yaitu:

1. Tahap unfreezing.
2. Moving.
3. Refreezing.

Satu-satunya cara untuk tumbuh dan berkembangnya perilaku yang positif,
adalah melalui pembelajaran (learning). Pembelajaran merupakan proses di
mana terjadi perubahan perilaku dengan relatif permanen. Setiap pribadi
memiliki gaya belajar (learning style) yang berbeda satu dengan yang lain.
Strategi pembelajaran yang disusun atas dasar gaya belajar seorang yang paling
dominan, akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari proses tersebut.
Peran dan fungsi kepemimpinan sangat strategis dalam pembangunan, baik
masa kini maupun di masa mendatang. Karenanya, pengembangan gaya
kepemimpinan sesuai dengan tuntutan jaman, mutlak diperlukan.

Gaya …

16


Gaya kepemimpinan yang lebih demokratis, berdasarkan prinsip dan
berorientasi pada pelayanan akan sesuai dengan tuntutan modernisasi di era
globalisasi. Mengenali semangat pribadi, lebih-lebih bagi seorang pemimpin,
diperlukan untuk dapat melakukan usaha-usaha meningkatkannya. Memelihara
dan meningkatkan terus menerus semangat kerja mutlak diperlukan, karena
kehilangan semangat berakibat sangat fatal. Mengenai ciri-ciri pribadi yang
berkembang diperlukan untuk peningkatan lebih lanjut hingga seseorang
memiliki kematangan yang tinggi, bukan saja mampu mandiri, tetapi mampu
mewujudkan sinergi dalam berinteraksi dengan orang lain pada tingkat saling
ketergantungan.

Mengenali orang lain, merupakan hal yang strategis untuk dengan cepat diterima
anggota kelompok yang dikehendaki seseorang. Untuk meningkatkan diri, tidak
cukup hanya mengenal orang lain, tetapi memerlukan usaha-usaha lainnya,
yang mencakup: pemahaman tentang sikap dan perilakunya, berkomunikasi
dengan empati dan menyesuaikan diri dengan mengendalikan diri, toleransi,
sabar, pengertian, saling menghargai dan menghormati serta kesediaan
berkorban.

E. Evaluasi.

1. Dinamika kelompok merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam sebuah
organisasi. Untuk memahami kansep dinamika kelompok, coba saudara
jelaskan sejarah dan pengertian dinamika kelompok !
2. Dinamika kelompok secara harfiyah merupakan sebuah kata majemuk,
terdiri dari kata dinamika dan kelompok. Coba saudara jelaskan kedua kata
tersebut !
3. Pada kenyataannya, dinamika kelompok senantiasa dipengaruhi oleh
beragam faktor, antara lain oleh tujuan dinamika kelompok. Coba saudara
jelaskan fungsi dari tujuan dinamika kelompok !

Untuk memaksimalkan hasil yang diharapkan dari uraian di atas, maka peserta
pelatihan dapat melakukan simulasi dipandu oleh widyaiswara.

BAB III …

17


BAB III
KELOMPOK DAN MEMBANGUN KERJASAMA

Setelah mempelajari Bab ini, peserta diharapkan mampu menganalisis
tahap-tahap pertumbuhan kelompok dan dapat membangun kerjasama
dalam kelompok

A. Pengertian Kelompok.

Kelompok adalah merupakan bagian dari kehidupan manusia. Tiap hari
manusia akan terlibat dalam aktivitas kelompok. Kelompok juga merupakan
bagian dari kehidupan organisasi. Dalam organisasi akan banyak dijumpai
kelompok- kelompok ini. Hampir pada umumnya manusia yang menjadi anggota
dari suatu organisasi besar atau kecil adalah sangat kuat kecenderungannya
untuk mencari keakraban dalam kelompok-kelompok tertentu. Adanya kelompok
organisasi berawal dari adanya kesamaan tugas pekerjaan yang dilakukan,
kedekatan tempat kerja, seringnya berjumpa dan barangkali adanya kesamaan
kesenangan bersama maka timbullah kedekatan satu sama lain. Mulailah
mereka berkelompok dalam organisasi tertentu.

Perilaku manusia (di dalam organisasi) dapat dikaji berdasarkan tiga tingkatan,
yaitu individu, kelompok dan organisasi, yang masing-masing memiliki perspektif
yang unik. Memahami dinamika kelompok sangat penting untuk memahami
perilaku organisasi. Sebab, kelompok adalah bagian sentral dari kehidupan
sehari-hari manusia dan pada waktu-waktu tertentu tiap orang akan menjadi
bagian (anggota) dari kelompok-kelompok yang berbeda, seperti kelompok
kerja, olah raga, organisasi sosial, ikatan alumni, kegemaran dan sebagainya,
Perlunya pemahaman akan dinamika kelompok setidaknya didasari oleh tiga
alasan. Pertama, kelompok dapat memberikan pengaruh yang besar pada
individu. Sikap, nilai dan perilaku kita sebagai pribadi banyak sekali dipengaruhi
oleh interaksi kita dengan anggota kelompok yang lain terhadap organisasi

kelompok …

18


kelompok lain. Kedua, kelompok dapat memberikan pengaruh yang kuat
terhadap kelompok lain dan terhadap organisasi. Banyak tugas-tugas pekerjaan
dalam organisasi dilaksanakan oleh kelompok dan keberhasilan organisasi
banyak sekali ditentukan oleh efektifnya kelompok di dalamnya. Ketiga,
mempelajari dinamika kelompok dapat membantu menjelaskan perilaku.

Pada umumnya tidak ada definisi yang jelas dari suatu kelompok yang dapat
diterima secara umum, maka untuk itu perlu disajikan beberapa definisi yang
luas mengenai kelompok yang mempunyai banyak kesamaan dalam definisi itu.
Beberapa definisi kelompok disampaikan oleh beberapa ahli. Kelompok (group)
dapat didefinisikan sebagai kumpulan dua orang atau lebih yang berinteraksi
satu sama lain sedemikian rupa, sehingga perilaku dan atau kinerja
(performance) dari seseorang dipengaruhi oleh perilaku kinerja anggota yang
lain (menurut Shaw dalam Nimran, 2004). Sedangkan menurut Robbin (2001)
kelompok didefinisikan sebagai dua individu atau lebih yang berinteraksi dan
saling bergantung.

Kelompok menurut Malkolm dan Knowles (1975) adalah suatu kumpulan yang
terdiri dari dua orang atau lebih, dapat dikatakan sebagai sebuah kelompok
apabila memenuhi kualifikasi sebagai berikut:

1. Keanggotaan yang jelas, teridentifikasi melalui nama atau identitas lainnya.
2. Adanya kesadaran kelompok, dimana semua anggotanya merasa bahwa
mereka merupakan sebuah kelompok dan ada orang lain di luar mereka,
serta memiliki kesatuan persepsi tentang kelompok.
3. Suatu perasaan mengenai adanya kesamaan tujuan atau sasaran atau
gagasan.
4. Saling ketergantungan dalam upaya pemenuhan kebutuhan-kebutuhan,
artinya setiap anggota saling memerlukan pertolongan anggota lainya
untuk mencapai tujuan-tujuan yang membuat mereka bisa menyatu dalam
kelompok.

5. Terjadinya …

19


5. Terjadinya interaksi, dimana setiap anggota saling mengkomunikasikan,
mempengaruhi dan bereaksi terhadap anggota lain.
6. Kemampuan untuk bertindak dengan suatu cara tertentu yang telah
disepakati, artinya kelompok sudah merupakan satu kesatuan organisasi
yang tunggal dalam pencapaian tujuan kelompok.

Definisi kelompok dipandang dari persepsi, definisi ini didasarkan pada persepsi
dari para anggota kelompok. Dikemukakan bahwa para anggota harus
mengetahui hubungan mereka dengan yang lain supaya mereka dapat
dinamakan kelompok. Dengan demikian, definisi ini adalah sebagai berikut:

Kelompok didefinisikan sejumlah orang yang melakukan interaksi dengan yang
lain dalam suatu pertemuan tatap muka atau serangkaian pertemuan semacam
itu. Definisi ini menunjukkan, bahwa para anggota kelompok harus mengetahui
akan keberadaan tiap-tiap anggotanya dan mengetahui akan keberadaan tiap-
tiap anggotanya dan mengetahui kesan dari tiap anggotanya.

Definisi kelompok dipandang dari segi Organisasi, kelompok adalah suatu
sistem yang terorganisasi yang terdiri dari dua orang atau lebih yang saling
berhubungan sedemikian rupa sehingga sistem tersebut melakukan fungsi
tertentu, mempunyai serangkaian peran hubungan antara para anggotanya dan
mempunyai serangkaian norma yang mengatur fungsi kelompok dari tiap-tiap
anggotanya. Definisi ini menekankan beberapa ciri penting dari kelompok
seperti peran dan norma.

Definisi kelompok dipandang dari segi motivasi, secara singkat penafsiran dari
segi motivasi mendefinisikan kelompok sebagai suatu kumpulan individu yang
eksistensinya adalah sebagai kumpulan yang sangat bermanfaat bagi para
individu tersebut. Dalam pengertian ini, kelompok yang tidak mampu membantu
para anggotanya memenuhi kebutuhannya akan menghadapi masa-masa sulit
untuk tetap merupakan kelompok yang hidup terus. Seorang anggota kelompok
yang tidak terpenuhi kebutuhannya akan mencari kelompok yang lain yang
sekiranya dapat membantu kebutuhan pokoknya.

Definisi …

20



Definisi kelompok dari segi interaksi menekankan pada interaksi interpersonal
adalah sebagai berikut: Kelompok adalah sejumlah orang yang saling
berkomunikasi antara yang satu dengan yang lain, serta seringkali dilakukan
sepanjang jangka waktu tertentu dan jumlahnya cukup sedikit, sehingga tiap
orang mampu berkomunikasi dengan semua orang dengan tatap muka.

Dipandang dari sudut hubungannya dengan organisasi, maka kelompok dapat
dibedakan ke dalam dua kategori:

1. Kelompok formal.

Kelompok formal, yaitu kelompok yang terbentuk dan berlangsung
berdasarkan ketentuan formal ( resmi ) seperti struktur organisasi dan
penugasan-penugasan organisasi.

Dalam kelompok formal dibagi menjadi 2 yaitu:

a. Kelompok komando, yaitu kelompok yang terdiri dari atasan dan
bawahan yang tergambar dalam bagan organisasi tersusun atas
manajer dan bawahan langsung.
b. Kelompok tugas, yaitu mereka yang bekerja bersama-sama untuk
menyelesaikan suatu tugas pekerjaan.

2. Kelompok informal.

Kelompok informal, sebaliknya yaitu suatu kelompok yang tidak terstruktur
secara formal dan tidak ditentukan oleh organisasi, muncul sebagai
tanggapan terhadap kebutuhan akan kontak sosial.


Kelompok …

21



Kelompok Informal dibagi juga menjadi 2:

a. Kelompok kepentingan/minat, adalah mereka yang bekerja bersama-
sama untuk mencari suatu sasaran khusus yang menjadi kepedulian
dari tiap orang ini atau terbentuk karena adanya minat tertentu.
b. Kelompok persahabatan, adalah mereka yang digabungkan bersama
karena berbagi satu karakteristik/lebih, dalam arti kelompok yang
terbentuk karena adanya kesamaan dalam beberapa ciri, seperti
umur, hobi, sekolah dan sebagainya.

B. Teori Pembentukan Kelompok.

Banyak teori yang mencoba mengembangkan suatu anggapan mengenai awal
mula terbentuk dan tumbuhnya suatu kelompok. Teori yang sangat dasar
tentang terbentuknya kelompok ini ialah mencoba menjelaskan tentang adanya
afiliasi di antara orang-orang tertentu. Teori-teori tentang pembentukan
kelompok tersebut, adalah sebagai berikut:

1. Propinquity/Teori Kedekatan.

Teori ini menjelaskan bahwa seseorang berhubungan dengan orang lain
disebabkan karena adanya kedekatan ruang dan daerahnya. Dalam suatu
kantor pegawai-pegawai yang bekerja dalam ruangan yang sama atau
yang berdekatan akan mudah bergabung dan membuat hubungan yang
menimbulkan adanya kelompok, dibandingkan dengan pegawai yang
secara fisik terpisah satu sama lain.





2. Teori …

22


2. Teori yang berasal dari George Homans.

Teori ini berdasarkan pada aktivitas, interaksi dan sentimen (perasaan
atau emosi):

a. Semakin banyak aktivitas seseorang dilakukan dengan orang lain,
semakin beraneka interaksinya, semakin kuat tumbuhya sentimen
mereka.
b. Semakin banyak interaksi antara orang-orang maka semakin banyak
kemungkinan aktivitas dan sentimen yang ditularkan pada orang lain.
c. Semakin banyak aktivitas dan sentimen yang ditularkan pada orang
lain dan semakin banyak sentimen seseorang dipahami orang lain
maka semakin banyak kemungkinan ditularkan aktivitas dan interaksi.

3. Teori Keseimbangan oleh Theodore Newcomb.

Teori ini menyatakan bahwa seseorang tertarik kepada yang lain adalah
didasarkan atas kesamaan sikap di dalam menanggapi suatu tujuan yang
relevan satu sama lain

4. Teori Pertukaran.

Teori ini berdasarkan interaksi dan susunan hadiah-biaya-hasil. Hadiah-
hadiah yang berasal dari interaksi-interaksi akan mendorong timbulnya
kebutuhan sedangkan biaya akan menimbulkan kekhawatiran, frustasi,
kesusahan atau kelelahan.

5. Teori yang didasarkan alasan praktis.

Dalam memahami pembentukan kelompok berdasarkan alasan -alasan
praktis ini diantaranya kelompok-kelompok itu cenderung memberikan
kepuasan terhadap kebutuhan-kebutuhan sosial yang mendasar dari
orang-orang yang mengelompok tersebut.

Berdasarkan …

23


Berdasarkan pengamatan beberapa teori pembentukan kelompok seperti yang
diuraikan di atas, dapat diidentifikasikan karakteristik dari suatu kelompok
tersebut. Menurut Reitz (1977), karakteristik yang menonjol dari suatu
kelompok itu, antara lain:

1. Adanya dua orang atau lebih.
2. Berinteraksi satu sama lain.
3. Saling membagi beberapa tujuan yang sama.
4. Melihat dirinya sebagai suatu kelompok.

C. Tahap Pertumbuhan Kelompok.

Manusia baik sebagai individu maupun sebagai mahluk sosial selalu berupaya
untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk memenuhi kebutuhannya itu,
manusia melakukan berbagai upaya. Upaya tersebut selalu berpedoman
kepada pengetahuan kebudayaan yang dimiliki dan digunakannya untuk
mempersepsi suatu obyek yang dihadapinya dan setelah disertai dengan
harapan-harapan tertentu terhadap obyek, kemudian ia bertindak sesuatu atau
berperilaku tertentu terhadap obyek tersebut, baik berupa benda-benda maupun
manusia lain. Hampir tidak ada upaya seorang individu yang tidak bersentuhan
atau tidak memerlukan campur orang lain. Oleh karena itu manusia selalu
memerlukan kehidupan berkelompok.

Pertumbuhan kelompok melalui beberapa fase, yaitu Manusia baik sebagai
individu maupun sebagai mahluk sosial selalu berupaya untuk memenuhi
kebutuhan hidupnya. Untuk memenuhi kebutuhannya itu, manusia melakukan
berbagai upaya. Upaya tersebut selalu berpedoman kepada pengetahuan
kebudayaan yang dimiliki dan digunakannya untuk mempersepsi suatu obyek
yang dihadapinya dan setelah disertai dengan harapan-harapan tertentu
terhadap obyek, kemudian ia bertindak sesuatu atau berperilaku tertentu


terhadap …

24


terhadap obyek tersebut, baik berupa benda-benda maupun manusia lain.
Hampir tidak ada upaya seorang individu yang tidak bersentuhan atau tidak
memerlukan campur orang lain. Oleh karena itu manusia selalu memerlukan
kehidupan berkelompok.

Pertumbuhan kelompok melalui beberapa fase, yaitu forming (fase
kekelompokan), fase storming (fase peralihan), fase norming (fase pembentukan
norma) dan fase performing (fase berprestasi).

1. Tahap Pembentukan Rasa Kekelompokan (Forming).

Pada tahap ini setiap individu dalam kelompok melakukan berbagai
penjajagan terhadap anggota lainnya mengenai hubungan antar pribadi
yang dikehendaki kelompok, sekaligus mencoba berperilaku tertentu untuk
mendapatkan reaksi dari anggota lainnya. Bersamaan dengan tampilnya
perilaku individu yang berbeda-beda tersebut, secara perlahan-lahan,
anggota kelompok mulai menciptakan pola hubungan antar sesama
mereka Pada tahap pertama inilah secara berangsur-angsur mulai
diletakkan pola dasar perilaku kelompok, baik yang berkaitan dengan
tugas-tugas kelompok, atau yang berkaitan dengan hubungan antar pribadi
anggotanya, bahkan mungkin dengan kelompok-kelompok pesaing dalam
berusaha.

Dalam kaitannya dengan tugas kelompok, tujuan kelompok belum jelas dan
satu sama lain masih mencari-cari. Semua anggota mulai meraba-raba dan
menjajagi situasi kelompok. Hubungan satu sama lainnya diliputi oleh
perasaan malu-malu, ragu-ragu, dengan sopan santun yang bersifat basa
basi. Suasananya hubungan satu dengan lainnya masih terlihat kaku,
namun pada umumnya setiap individu senang memperlihatkan aku-nya,
dengan menceritakan berbagai keunggulan dirinya secara lengkap dan
berkepanjangan. Produk akhir dari fase forming ini diharapkan
terbentuknya rasa kekelompokan diantara anggotanya.

2. Tahap …

25


2. Tahap Pancaroba/Peralihan (Storming).

Upaya memperjelas tujuan kelompok mulai tampak, partisipasi anggota
meningkat. Sadar atau tidak sadar, pada tahap ini anggota kelompok mulai
mendeteksi kekuatan dan kelemahan masing-masing anggota kelompok
melalui proses interaksi yang intensif, ditandai dengan mulai terjadinya
konflik satu sama lain, karena setiap anggota mulai semakin menonjolkan
aku-nya masing-masing. Salah satu ciri penting dari fase ini adalah dengan
berbagai cara apapun anggotanya akan saling mempengaruhi di antara
satu sama lain.

3. Tahap Pembentukan Norma (Norming).

Dalam fase ketiga ini, meskipun konflik masih terjadi terus, namun anggota
kelompok mulai melihat karakteristik kepribadian masing-masing secara
lebih mendalam, sehingga lebih memahami mengapa terjadi perbedaan
dan konflik, bagaimana berkomunikasi dengan orang-orang tertentu,
bagaimana cara membantu orang lain dan bagaimana cara
memperlakukan orang lain dalam kelompok. Dengan adanya pemahaman
demikian, ikatan (cohesi) dan rasa percaya (trust) serta kepuasan
hubungan dan konsensus diantara anggota kelompok dalam pengambilan
keputusan meningkat, anggota mulai merasakan perlunya kesatuan
pendapat mengenai perilaku yang boleh dan yang tidak boleh ditampilkan
dalam pergaulan kelompok atau norma kelompok, agar kelompok bisa
bekerja secara efektif dan efesien dalam memecahkan masalah yang
dihadapi bersama.

Kondisi akhir dari tahap pembentukan norma ini adalah terciptanya
suasana penuh keharmonisan dalam kelompok, sehingga hubungan antar
pribadi yang semula penuh dengan keragu-raguan dan konflik satu sama
lain akibat ketertutupan diri, telah berubah menjadi sarana untuk

pemecahan …

26


pemecahan masalah dan penyelesaian pekerjaan kelompok. Selain itu
sudah jelas pula peran apa yang harus dimainkan oleh setiap anggota
dalam penyelesaian pekerjaan kelompok sesuai dengan kemampuan yang
bisa ia berikan kepada kelompok.

4. Tahap Berprestasi (Performing).

Kelompok sudah dibekali dengan suasana hubungan kerja yang harmonis
antara anggota yang satu dengan yang lainnya, norma kelompok telah
disepakati, tujuan dan tugas kelompok serta peran masing-masing anggota
telah jelas, ada keterbukaan dalam komunikasi dan keluwesan dalam
berinteraksi satu sama lain, perbedaan pendapat ditolerir, inovasi
berkembang.

Menurut Reitz dalam Suprapti (2007) ada beberapa model tahap perkembangan
kelompok:

1. Model Lima Tahap.

Adapun tahap-tahap tersebut adalah:

a. Pembentukan, mempunyai ciri banyak sekali ketidakpastian
mengenai maksud, struktur dan kepemimpinan kelompok.
b. Keributan, adalah tahap konflik dalam kelompok.
c. Penormaan, adalah tahap dimana berkembang hubungan yang karib
dan kelompok, memperagakan kekohesifan (kesalingtertarikan).
d. Pelaksanaan, kelompok telah sepenuhnya fungsional dan diterima
baik.
e. Reses, merupakan kelompok untuk mempersiapkan pembubaran.
Ciri tahap ini adanya kepedulian untuk menyelesaikan kegiatan-
kegiatan daripada melaksanakan tugas

2. Model …

27


2. Model Kesetimbangan Tersela:

a. Pertemuan pertama menentukan arah kelompok.
b. Fase pertama kegiatan kelompok adalah fase inersi yaitu kelompok
cenderung berdiam diri atau menjadi terkunci ke dalam suatu arah
tindakan yang tetap.
c. Terjadi suatu peralihan (transisi) pada akhir fase pertama, yang terjadi
tepat ketika kelompok telah menghabiskan separuh dari waktu yang
disediakan.
d. Transisi itu mengawali perubahan-perubahan utama.
e. Fase kedua inersia mengikuti transisi yaitu fase suatu keseimbangan
baru atau kurun waktu inersia baru. Dalam fase ini kelompok
menjalankan rencana-rencana yang diciptakan selama periode
transisi.
f. Pertemuan terakhir kelompok dicirikan oleh kegiatan yang
percepatannya mencolok.

D. Alasan Perlunya Kelompok.

Ada beberapa alasan mengapa orang mengikuti atau menjadi bagian dari
kelompok tertentu. Diantara alasan tertentu tersebut sebagai berikut:

1. Rasa aman.

Dengan itu kelompok dapat mengurangi rasa ketidakamanan (rasa tidak
aman).

2. Status dan harga diri.

Ada rasa peningkatan status dan harga diri karena mengikuti atau
bergabung dengan suatu kelompok. Contohnya: menjadi anggota klub
eksklusif.

3. Interaksi …

28


3. Interaksi dan afiliasi.

Menikmati interaksi teratur dengan orang lain dan mendapatkan kepuasan
dari interaksi tersebut. Contohnya istri orang kaya yang masih tetap mau
jadi pegawai negeri di sebuah instansi.

4. Kekuatan.

Dengan berkelompok perjalanan/perjuangan menjadi lebih kuat
dibandingkan dengan berjuang sendirian.

5. Pencapaian tujuan.

Dengan berkelompok tujuan lebih mudah dicapai daripada seorang diri.

6. Keuntungan bersama.

Dengan berkelompok maka orang-orang yang terlibat akan mendapatkan
keuntungan bersama. Contohnya koperasi, persekutuan dagang.

7. Kedekatan fisik.

Orang berkelompok, karena kedekatan jarak fisik. Contohnya RT, RW dan
lain-lain. Di dalam suatu kelompok tertentu, sangat mungkin terjadi
seseorang bisa mendapat lebih dari satu manfaat yang dapat diperolehnya.
Hal demikian sah-sah saja. Dan ini banyak kita saksikan dalam kehidupan
sehari-hari. Memahami alasan-alasan berkelompok, perlu bagi manajer.
Sebab dengan pemahaman itu, maka perilaku kelompok dapat dijelaskan,
diprediksi dan sekaligus dapat dikendalikan untuk tujuan-tujuan yang
produktif bagi organisasi.


E. Proses …

29


E. Proses Pengenalan dan Membangun Kerjasama.

Proses pengenalan dan membangun kerjasama dilakukan melalui:

1. Pengenalan Sesama Peserta (Ice Breaking), yaitu dilakukan dengan cara
memperkenalkan diri masing-masing, bidang tugasnya dan pengalaman
yang pernah dimiliki, sehingga di antara mereka saling berkomunikasi dan
saling berdiskusi, sehingga bisa saling mengenal lebih dekat.

2. Pemahaman Gaya Belajar (Learning Style Assessment), yaitu berusaha
mengetahui gaya belajar diri sendiri dan juga gaya belajar orang lain dan
memahami Pemahaman Gaya Belajar ( Learning Style Assessment)
Ketidakmampuan Belajar (Learning Disabilities), yaitu bahwa dalam proses
pembelajaran terdapat masalah yang dihadapi oleh pembelajar dalam
memahami suatu permasalahan yaitu ketidakmampuan belajar (learning
disabilities).

3. Pembentukan Nilai-nilai dan Norma (Values and Norms) serta Komitmen
Belajar (Learning Commitment).

F. Rangkuman.

Kelompok menurut Malkolm dan Knowles (1975) adalah suatu kumpulan yang
terdiri dari dua orang atau lebih, dapat dikatakan sebagai sebuah kelompok
apabila memenuhi kualifikasi :

1. Keanggotaan yang jelas.
2. Adanya kesadaran kelompok.
3. Adanya kesamaan tujuan.
4. Saling ketergantungan dalam pemenuhan kebutuhan.
5. Terjadinya interaksi dengan saling berkomunikasi.
6. Kemampuan untuk bertindak dengan suatu cara tertentu yang telah
disepakati bersama.

Kelompok …

30


Kelompok dapat dibedakan menjadi dua dari sudut hubungannnya dengan
organisasi yaitu kelompok formal dan kelompok informal. Adapun teori
Pembentukan Kelompok yaitu:

1. Teori kedekatan.
2. Teori ini berdasarkan pada aktivitas, interaksi dan sentimen (perasaan atau
emosi).
3. Teori keseimbangan.
4. Teori pertukaran.
5. Teori yang didasarkan alasan praktis.

Pertumbuhan kelompok melalui beberapa fase, yaitu forming (fase
kekelompokan), fase storming (fase peralihan), fase norming (fase pembentukan
norma), dan fase performing (fase berprestasi).

Ada beberapa alasan mengapa orang mengikuti atau menjadi bagian dari
kelompok tertentu yaitu rasa aman, status harga diri, Interaksi dan afiliasi,
kekuatan, keuntungan bersama serta kedekatan fisik.

Proses Pengenalan dan Membangun Kerjasama dapat dilakukan dengan
langkah-langkah:

1. Simulasi dan latihan pencairan kelas.
2. Simulasi dan latihan pengenalan diri.
3. Simulasi dan latihan pengenalan orang lain.

G. Evaluasi.

Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!

1. Pertumbuhan kelompok terjadi melalui beberapa fase, salah satunya
adalah fase norming (fase pembentukan norma). Coba saudara jelaskan
pertumbuhan melalui fase tersebut !

2. Apa …

31


2. Apa kriteria sekumpulan orang dinyatakan sebagai kelompok ?

Untuk memaksimalkan hasil yang diharapkan dari uraian di atas, maka
peserta pelatihan dapat melakukan simulasi dipandu oleh widyaiswara.




























BAB IV …

32


BAB IV
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DINAMIKA KELOMPOK

Setelah mengikuti pembelajaran pada bab ini peserta diharapkan
dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika kelompok

A. Beberapa Masalah dalam Dinamika Kelompok.

Kelompok terdiri dari sejumlah orang dan (biasanya) dengan latar belakangnya
yang berbeda-beda, maka sangat mungkin di dalam kelompok itu ditemukan
banyak masalah-masalah. Hal ini perlu sekali mendapatkan perhatian. Diantara
masalah-masalah tersebut yang terpenting adalah sebagai berikut:

1. Kepemimpinan.

Masalah kepemimpinan sangat strategis sifatnya, karena dapat
menentukan efektif tidaknya proses kelompok. Tidak jarang, suatu
kelompok menjadi buyar karena kesalahan memilih pemimpin.

2. Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.

Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, merupakan inti dari
tugas atau misi kelompok. Pengambilan keputusan kelompok di dalam
praktik lebih banyak sulitnya daripada mudahnya. Pengambilan keputusan
kelompok secara umum telah diakui lebih baik kualitasnya daripada
keputusan yang individual.

3. Komunikasi.

Kelompok merupakan kumpulan dari para individu yang berinteraksi satu
sama lain, maka masalah komunikasi memegang peranan yang sentral.
Melalui komunikasi saling pengertian diciptakan yang pada akhirnya akan
memperkuat kohesi dan tercapainya tujuan-tujuan kelompok.


4. Konflik …

33


4. Konflik.

Perbedaan kepentingan dan harapan-harapan yang ada di dalam
kelompok boleh jadi tidak dapat dihindari. Hal ini akan dapat menjadi
potensi konflik, sehingga sasaran yang telah ditetapkan gagal dicapai,
bahkan bisa membuyarkan kelompok itu sendiri.

B. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dinamika Kelompok.

Pada kenyataannya, dinamika kelompok senantiasa dipengaruhi oleh beragam
faktor, antara lain:

1. Tujuan kelompok.

Tujuan dinamika kelompok yang diinginkan untuk setiap kelompok dalam
organisasi berfungsi sebagai lumbung dari ide yang ingin dilaksanakan,
sebagai ikatan jiwa antara anggota kelompok, menjadi sasaran dan juga
menjadi sumber dari konsep perencanaan kerja, menjadi motivasi dalam
mengadakan persaingan/aktivitas, m enjadi perangsang un tuk
mendapatkan kepuasan kerja, menjadi arah yang tetap dalam menjalankan
tugas kelompok.

2. Interaksi.

Ada empat macam jenis pola interaksi yang terjadi di kelompok/
masyarakat, yaitu 1) Acting, 2) Co-Acting, 3) Interacting dan 4) Counter
Acting. Untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

a. Acting dimisalkan suatu masyarakat desa bekerja sama memperbaiki
jalan desa dengan mengerahkan 100 orang untuk memperbaiki jalur
sepanjang 1 km. Untuk pemerataan berarti 1 orang bisa mendapat

bagian …

34


bagian 10 meter, yang mempersatukan anggota kelompok adalah
adanya pembagian tugas dan tujuan pekerjaan itu sendiri. Dalam hal
ini tidak ada gambaran bahwa antara individu itu tidak ada usaha
untuk saling sama-sama bekerja sesuai dengan tugasnya. Dinamika
tersebut pada tujuan yang ingin dicapai yaitu peningkatan kualitas
pelayanan produk terhadap pengguna.

b. Interacting, maksudnya adalah adanya kerjasama antara beberapa
kelompok pada satu pola kerja yang sama, misalnya untuk
memperbaiki jembatan yang menghubungkan dua desa lurus disusun
rencana kerja sedemikian rupa, sehingga sikap kelompok dari desa,
perlakuan yang wajar/adil, semangat kebersamaan akan pekerjaan
seperti ini mulai diuji. Kerjasama seperti itu diperlukan rasa
persatuan, solidaritas dan rasa senasib sepenanggungan diantara
anggota kelompok. Dalam bentuk interacting diperlukan seorang
pemimpin yang dapat mempersatukan seluruh anggota kelompok
dalam mencapai tujuannya.

c. Co-acting mengandung pengertian bahwa antara individu dalam
kelompok itu terdapat kerjasama yang erat dalam mencapai/
mewujudkan suatu tujuan, misalnya untuk memenangkan lomba,
semua pemain kesebelasan permainan harus kompak/solid, tidak
bisa sendiri-sendiri atau misalnya dua orang pemuda yang mau
memikul bersama suatu balok kayu yang besar, diperlukan kerjasama
dengan baik diantara mereka ketika sedang mengangkut kayu
tersebut. Dinamika yang terjadi adalah proses interaksi anggota
dalam mempelajari tujuan berdasarkan komando pemimpin
kelompok.

d) Counter acting dimaksudkan dengan adanya persaingan dari
anggota-anggota kelompok, untuk mengatasnamakan kelompoknya.

Dalam …

35


Dalam proses interaksi ini juga tersimpan tujuan dari anggota
kelompok untuk mencapai prestasi dengan mendidik anggota terpilih
mewakili kelompoknya. Pada counter acting ini bisa dipraktikkan
dalam kegiatan pembangunan masyarakat, misalnya petugas
pembangunan (agent of change) bisa membangkitkan motivasi dalam
semangat kerja kelompok untuk mengejar ketinggalan, melalui
pendekatan “Persaingan” diantara kelompok yang relatif maju dengan
yang tertinggal, karena secara psikologis mereka tidak mau dikatakan
mengejar ketinggalan dari kelompok lain, sehingga dalam waktu
relatif singkat kelompoknya sudah maju.

C. Konflik dalam Kelompok dan Respon terhadap Konflik.

Dalam suatu kelompok yang berinteraksi satu sama lain dalam mencapai
tujuannya selalu mengalami perbedaan pendapat. Perbedaan pendapat yang
berlarut-larut akan menyebabkan konflik. Anggota tim perlu memahami bahwa
konflik atau ketidaksepakatan adalah sesuatu yang tidak bisa dihindarkan dan
tidak memiliki sifat baik atau buruk (konflik bersifat netral). Konflik akan
menghancurkan kemajuan kelompok jika dibiarkan tidak terkelola, tetapi juga
dapat mengarah pada pengambilan keputusan yang mantap jika dikelola secara
efektif. Hasil dari suatu konflik sangat tergantung pada bagaimana tim
mengelolanya. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan konflik ? Isyarat
apakah yang merupakan gejala konflik dalam suatu kelompok ? Bagaimana
konflik merebak dan bagaimanakah respon terhadap konflik ?

Kecenderungan dari kita adalah konflik berkonotasi negatif. Kata konflik
menimbulkan kesan tidak menyenangkan. Reaksi kita pada umumnya adalah
negatif. Pada umumnya merupakan bahaya dan menyakiti perasaan orang lain.
Kita cenderung menghubungkan konflik dengan kekerasan, krisis, perkelahian,
perang, kalah, menang, kehilangan kendali dan lain sebagainya. Apa


sebenarnya …

36


sebenarnya konflik tersebut ? Konflik selalu melibatkan dua orang atau lebih
(perseorangan atau kelompok) yang terjadi apabila salah satu pihak merasa
kepentingannya dihalang-halangi atau akan dihalang-halangi (Lembaga
Administrasi Negara, 2000:23).

Selanjutnya Hanmer dan Hogan (Suprapti, 2006:32) mengatakan bahwa yang
dimaksud dengan konflik adalah segala macam bentuk pertikaian yang terjadi
dalam organisasi, baik antara individu dengan individu, individu dengan
kelompok maupun kelompok yang bersifat antagonis.

Dari pengertian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa “konflik terkait dengan
persepsi pihak yang bersangkutan yang merasa kepentingannya dihalang-
halangi atau akan dihalang-halangi, terlepas dari ada atau tidak ada halangan
tersebut”. Apabila konflik ini dibiarkan maka akan menghancurkan kemajuan
tim, sebaliknya juga dapat mengarah pada pengambilan keputusan yang mantap
bila dikelola dengan baik.

Hasil dari suatu konflik tergantung pada bagaimana mengelolanya. Untuk itu
perlu mengenali konflik secara dini. Isyarat adanya konflik (Chan;1999) antara
lain:

1. Anggota kelompok memberikan komentar dan saran dengan penuh emosi.
2. Anggota kelompok menyerang gagasan orang lain sebelum gagasan
tersebut diselesaikan.
3. Anggota kelompok saling menuduh bahwa mereka tidak memahami
masalah yang sebenarnya.
4. Anggota kelompok selalu beroperasi dan menolak untuk berkompromi dan
anggota tim saling menyerang secara langsung pada pribadinya.

Menurut Bolton dalam Suprapti (2006) sumber-sumber konflik adalah:

1. Menghalangi pencapaian sasaran perorangan.
2. Kehilangan status.

3. Kehilangan …

37


3. Kehilangan otonomi atau kekuasaan.
4. Kehilangan sumber-sumber.
5. Merasa diperlakukan tidak adil.
6. Mengancam nilai dan norma.
7. Perbedaan persepsi dan lain sebagainya.

Menurut Robert B. Maddux (2001:22), penyebab konflik sebagai berikut:

1. Perbedaan kebutuhan, tujuan dan nilai-nilai.
2. Perbedaan cara pandang terhadap motif, ajaran, tindakan dan situasi.
3. Perbedaan harapan terhadap hasil suka >< tidak suka.

Adanya konflik akan berdampak terjadinya perubahan-perubahan dalam suatu
kelompok, organisasi atau tim kerja. Perubahan tersebut meliputi perubahan di
dalam kelompok itu sendiri maupun perubahan antar kelompok. Adapun
perubahan di dalam kelompok, yakni:

1. Meningkatnya kepaduan kelompok untuk menghadapi konflik eksternal
dengan mengesampingkan perbedaan individu.
2. Munculnya kepemimpinan yang otokratis, yakni dalam menghadapi kondisi
yang kurang kondusif perlu adanya pemimpin yang kuat/otokratis.
3. Munculnya perhatian atas kegiatan, toleransi membuang-buang waktu
menurun, kepuasan secara individu sementara terkesampingkan, semua
perhatian tertuju pada konflik yang dihadapi.
4. Penekanan pada kesetiaan, dalam situasi konflik: interaksi dengan anggota
diperkuat dan interaksi anggota dengan kelompok lain merupakan
pelanggaran.

Sedangkan perubahan di antara kelompok antara lain sebagai berikut:

1. Persepsi yang terganggu, merasa dirinya/kelompoknya lebih penting dari
yang lain.

2. Stereotip …

38


2. Stereotip negatif lebih menonjol, hal-hal negatif yang sudah terpendam
dapat timbul kembali.
3. Menurunnya komunikasi. Akibat terjadinya konflik biasanya komunikasi
antar kelompok menurun dratis atau justru malah hilang sama sekali,
pengambilan keputusan sulit dilakukan (terganggu), para pelanggan atau
fihak-fihak yang dilayani terganggu.

Konflik terkait dengan persepsi pihak yang bersangkutan yang merasa
kepentingannya dihalang-dihalang-halangi atau akan dihalang-halangi, terlepas
dari ada atau tidak ada halangan tersebut. Apabila konflik ini dibiarkan maka
akan menghancurkan kemajuan tim, sebaliknya juga dapat mengarah pada
pengambilan keputusan yang mantap bila dikelola dengan baik. Ada lima gaya
merespon konflik yaitu menghindar, mengakomodasi, menang/kalah, kompromi,
dan penyelesaian masalah.

Teknik pemecahan konflik terdiri dari enam langkah sebagai berikut:

1. Mengakui adanya konflik.
2. Identifikasi masalah.
3. Dengarkan semua sudut pandang dan kumpulkan fakta, akibat dan opini.
4. Lakukan pengkajian penyelesaian masalah.
5. Dapatkan kesepakatan untuk menemukan solusi.
6. Jadwalkan sesi tindak lanjut untuk mengkaji.

D. Rangkuman.

Ada beberapa masalah yang biasa dihadapi dalam Dinamika Kelompok yaitu
kepemimpinan, pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, komunikasi
yang tidak efektif dan konflik karena perbedaan kepentingan dan harapan
anggota kelompok.


Dinamika …

39


Dinamika kelompok dipengaruhi juga oleh tujuan kelompok dan pola interaksi.
Ada kalanya pada suatu kelompok terjadi konflik dan berdampak terjadinya
perubahan-perubahan dalam suatu kelompok, organisasi atau tim kerja. Hasil
dari suatu konflik tergantung pada bagaimana mengelolanya.

E. Evaluasi.

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan konflik dan respon apa saja yang
mungkin timbul terhadap konflik.
2. Jelaskan teknik penyelesaian konflik.






















BAB V …

40


BAB V
NILAI-NILAI, NORMA DAN KOMITMEN BELAJAR




A. Nilai-Nilai dan Norma (Values and Norms).

Norma dan nilai kelompok berarti tata interaksi yang disepakati bersama yang
mengatur sikap dan perilaku anggota dalam kelompok, misalnya apa yang boleh
dan apa yang tidak boleh dilakukan anggota dan konsekuensinya yang akan
diberlakukan sama bagi anggota kelompok yang melanggarnya. Setiap
kelompok mengerti akan norma, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis
sebagai pedoman bagi setiap anggota, bahkan menjadi jiwa/perekat dalam
mencapai tujuan kelompoknya.

1. Perasaan In-Group.

Rasa In-Group ini juga biasanya semakin kuat apabila ada tantangan/
saingan dari pihak luar, maka kelompok itu akan meningkatkan perasaan
In-Group tersebut, misalnya adu lomba antar kelompok, semua anggota
kelompok akan menjalin persatuan dan mencurahkan pikiran, tenaga dan
swadayanya untuk memenangkan perlombaan tersebut. Dinamika yang
timbul oleh rasa In-Group ini adalah adanya solidaritas yang tinggi dan rasa
senasib dan sepenanggungan.

2. Pimpinan dan Suasana Kepemimpinan.

Setiap kelompok mempunyai pemimpin, fungsi dari pemimpin ini tidak
lepas dari bentuk, sifat dan ciri-ciri yang dipimpinnya. Persamaannya
terletak pada operasionalnya yaitu bentuk pemimpin yang mempunyai
kewajiban untuk memajukan kelompoknya untuk membawa d an
mengerahkan anggota mencapai tujuan, mengaktifkan anggotanya dan
memperhatikan kesejahteraan anggotanya.
Setelah mengikuti pembelajaran pada Bab ini peserta dapat
menyusun nilai-nilai, norma dan komitmen belajar
Guna …

41



Guna menemukan nilai yang mempunyai kesesuaian dengan pribadi seseorang
(peserta pelatihan/Kursus) dalam belajar bersama, diberikan tugas
perseorangan dan tugas kelompok yaitu:

1. Memilih sejumlah nilai pada lembar himpunan nilai yang diberikan yang
sangat terpaut dengan kesesuaian pribadi peserta dalam belajar bersama.
2. Pilihan nilai pribadi didiskusikan dalam kelompok dan selanjutnya disarikan
untuk dipilih sejumlah nilai tertentu untuk dijadikan “Norma Belajar
Bersama”.

B. Komitmen Belajar (Learning Commitment):

Komitmen Belajar (Learning Commitment) dalam program pelatihan merupakan
suatu proses membangun komitmen peserta untuk mengikuti proses belajar
secara individual, kelompok maupun bersama secara menyeluruh dalam upaya
mengembangkan wawasan, intelektual maupun emosional. Dalam upaya
pengembangan diri, diperlukan komitmen untuk terus menerus belajar dalam
kondisi apapun, mengingat proses belajar tidak mengenal batas waktu (Lifelong
learning). Prahalad menyatakan “If you don’t learn, you don’t change, you will
die”. Komitmen mengembangkan kualitas diri dengan komitmen belajar dapat
dilakukan melalui:

1. Mengalami langsung (direct experience), artinya pembelajaran tidak harus
dialami dalam secara nyata, namun dapat dilakukan melalui simulasi yang
serupa dengan realita, sehingga simulasi itu dapat diterapkan pada
permanen sistem.
2. Melakukan Observasi (eflective observation), artinya pembelajaran dapat
dilakukan dengan cara melakukan perbandingan belajar observasi yang
serupa, sehingga dapat merefleksikan, memproyeksikan hasil studi
perbandingan dengan organisasi permanen.

3. Melakukan …

42


3. Melakukan Konseptualisasi Abstrak (abstract conceptualization), artinya
pembelajaran dilakukan dengan cara melakukan internalisasi,
konseptualisasi, pemenuhan, pemaknaan dan abstaksi pribadi terhadap
pengalaman belajar yang pernah dilalui.
4. Melakukan percobaan secara aktif (active experiment), yaitu pembelajaran
dilakukan dengan cara mempraktikkan sendiri secara aktif dalam rangka
menemukan makna belajar secara pribadi.

Membangun Komitmen Belajar dilakukan melalui:

1. Pengenalan Sesama Peserta (Ice Breaking), yaitu dilakukan dengan cara
memperkenalkan diri masing-masing, bidang tugasnya dan pengalaman
yang pernah dimiliki, sehingga di antara mereka saling berkomunikasi dan
saling berdiskusi, sehingga bisa saling mengenal lebih dekat.
2. Pemahaman Gaya Belajar (Learning Style Assessment) yaitu berusaha
mengetahui gaya belajar diri sendiri dan juga gaya belajar orang lain dan
memahami Pemahaman Gaya Belajar ( Learning Style Assessment).
Ketidakmampuan Belajar (Learning Disabilities) yaitu bahwa dalam proses
pembelajaran terdapat masalah yang dihadapi oleh pembelajar dalam
memahami suatu permasalahan yaitu ketidakmampuan belajar (learning
disabilities).
3. Pembentukan Nilai-nilai dan Norma (Values and Norms) serta Komitmen
Belajar (Learning Commitment).

Komitmen menerapkan nilai belajar bersama yaitu norma belajar bersama yang
telah dibangun merupakan perwujudan komitmen belajar. Tindakan lebih lanjut
dalam upaya membangun komitmen belajar, maka peserta ditugaskan untuk
membuat “Jurnal Harian” atas proses pembelajaran yang telah diberikan setiap
hari, yaitu peserta diminta memberikan catatan, ungkapan dan kesimpulan
dengan membuat rangkuman atas pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:

1. Kejadian apa saja yang dialami dan diamati selama proses pembelajaran.

2. Apa …

43


2. Apa saja yang dirasakan atau bagaimana perasaan peserta selama
mengikuti pembelajaran.
3. Pengalaman baru yang mempunyai kesan mendalam.
4. Kesan manfaat belajar apa yang dapat diperoleh yang berpengaruh bagi
karier anda ke depan.
5. Manfaat apa yang mungkin dapat diterapkan dalam pertumbuhan atau
perkembangan organisasi peserta.

C. Rangkuman.

Komitmen Belajar (Learning Commitment) merupakan suatu proses
membangun komitmen peserta pelatihan/kursus untuk mengikuti proses belajar
secara individual, kelompok maupun bersama secara menyeluruh dalam upaya
mengembangkan wawasan, intelektual maupun emosional.

Proses Membangun Komitmen Belajar dapat dilakukan melalui langkah -
langkah:

1. Pengenalan sesama peserta (ice breaking).
2. Pemahaman gaya belajar (learning style assessment) dan pemahaman
gaya belajar (learning style assessment).
3. Pembentukan nilai-nilai dan norma (Values and Norms) serta Komitmen
Belajar (Learning Commitment).

D. Evaluasi.

Petunjuk: Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan norma kelas dan langkah
pembentukannya.
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan komitmen belajar dan apa saja
kegiatan yang merupakan tindak lanjutnya.

BAB VI …

DAFTAR PUSTAKA



Chang, Richard Y. 1999. Membangun Tim yang Dinamis. Jakarta: PT. Gramedia.

--------------, 1999. Sukses melalui Kerja Sama TIM. Jakarta: PT. Gramedia.

Irianto,Y.B. 2007.Modul 4. Dinamika Kelompok Universitas Pendidikan
Indonesia.Bandung.

Lembaga Administrasi Negara, 2017. Dinamika Kelompok. Modul Latsar CPNS
Golongan III. Jakarta.

Maddux, Robert B. 2001. Team Building, Terampil Membangun Tim Handal, Edisi
ke-dua, penterjemah Kristiyabudi P. Hananto, Surabaya : PT. Erlangga.

Munir, B. 2001. Dinamika Kelompok, Penerapannya dalam Laboratorium Ilmu
Perilaku. Jakarta: Universitas Sriwijaya.

Santosa, S. 1993. Dinamika Kelompok, Jakarta: Bumi Aksara.
Sri Murtini, Dra, MPA,Hj. Sri Ratna, Ir, MM; (2001), Dinamika Kelompok (Bahan Ajar
Diklat Prajabatan Golongan III), LAN RI, Jakarta

TIM PERUMUS PENYUSUNAN HANJAR
DINAMIKA KELOMPOK


PENGARAH
Kabadiklat Kemhan, Laksda TNI Benny Rijanto Rudy S., M.B.A.

PENANGGUNG JAWAB
Ses Badiklat Kemhan, Laksma TNI Hendrawan Bayu Prewito

NARASUMBER
Kapusdiklat Jemenhan Badiklat Kemhan, Laksma TNI Ir. Erwan Heruwicaksono, M.I.T., M.Han.
Kabag Komdiklat Set Badiklat Kemhan, Kolonel Inf Y. Rosarindarta, S.I.P.
Analis Pertahanan Negara Madya Set Badiklat Kemhan, Pembina Tk. I IV/b Winer Sihole, S.E., M.M.
Widyaiswara Madya Pusdiklat Jemenhan Badiklat Kemhan, Pembina IV/a Dra. Suharin Zulaikha, M.M.

KETUA
Kabag Sisjamtu Diklat Set Badiklat Kemhan, Kolonel Inf Heri Abriyadi, S.E.,M.Han.

WAKIL KETUA
Kabid Opsdiklat Pusdiklat Jemenhan Badiklat Kemhan, Kolonel Arm Nofri Rifai, S.I.P.

SEKRETARIS
Widyaiswara Madya Pusdiklat Jemenhan Badiklat Kemhan, Letkol Sus Abdur Rahim, S.Ag., M.M.

ANGGOTA
Kasubbag Sarpras Bag Komdiklat Set Badiklat Kemhan, Pembina IV/a Munirawati, S.E., M.M.
Kasubbid Min Opsdiklat Bid Opsdiklat Pusdiklat Jemenhan Badiklat Kemhan, Penata III/c
Gunawan, S.Pd.
Penyusun Naskah Subbag Sergadik Bag Komdiklat Set Badiklat Kemhan, Penata III/c Liring
Laesoni, S.E.
Pengelola Data Subbag Sarpras Bag Komdiklat Set Badiklat Kemhan, Penda III/a Rini Dwi Hastuti