UNIVERSITAS HASANUDDIN

UNIT PELAKSANA TEKNIS - MATA KULIAH UMUM


Kode

18Y01111002
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTER Tgl Penyusunan
BAHASA INGGRIS 18Y01111002 Mata Kuliah Umum T=2 P=- 1 dan 2 19 MEI 2019
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Ketua PRODI
Karmila Mokoginta, S.S., M.Hum.,
M.Arts.

Dra. Fransisca Kapoyos, M.Hum. Rahmatullah Jafar, S.IP., M.Si.
Capaian Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK (CPL MKU)
Mampu untuk menggunakan bahasa Inggris secara efektif, khususnya yang mendukung kegiatan akademik.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK Mampu menerapkan berbagai strategi membaca (reading strategies) dalam membaca teks berbahasa Inggris.
CPL Þ Sub-CPMK
Sub-
CPMK -1
Mampu menemukan informasi detail dalam teks dengan menggunakan strategi “scanning”
Sub-
CPMK -2
Mampu memprediksi isi bacaan secara umum dengan menggunakan strategi “previeweing” dan “predicting”

Sub-
CPMK -3
Mampu menyimpulkan isi teks secara umum dengan menggunakan strategi “skimming”
Sub-
CPMK -4
Mampu mengidntifikasi topik paragraf dalam teks
Sub-
CPMK -5
Mampu menyimpulkan ide pokok paragraf
Sub-
CPMK -6
Mampu menceritakan isi teks secara cepat dengan memanfaatkan pengetahuan tentang pola paragraf dan “transition signal”
Sub-
CPMK -7
Mampu membuat kesimpulan (inferences) berdasarkan isi teks

2

Deskripsi Singkat MK Mata kuliah ini memberikan kesempatan kepada peserta mata kuliah untuk berlatih menemukan informasi dari teks bahasa Inggris dengan
menerapkan berbagai strategi membaca.
Bahan Kajian / Materi
Pembelajaran
1. Scanning
2. Previewing and Predicting
3. Skimming
4. Topics
5. Main Ideas
6. Patterns of Organisation
7. Inferences
Pustaka Utama :
“More Reading Power” oleh Beatrice S. Mikulecky & Linda Jeffries

Pendukung :


Dosen Pengampu Sesuai Pengelompokan Kelas dalam Jadwal
Mata Kuliah Syarat -
Pekan Ke-
Sub-CPMK
(Kemampuan akhir tiap
tahapan belajar)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi Pembelajaran
[Pustaka]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & Bentuk Luring(offline) Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1 Mampu menemukan
informasi detail dalam
dengan menggunakan
strategi “scanning”


Ketepatan dalam
menjawab
pertanyaan tentang
informasi spesifik
tentang isi teks


Kriteria:
Tes Scanning I = 2
Tes Scanning II = 2
Tugas I = 0,5
Tugas II = 0,5


Bentuk:
Tes Membaca


Bentuk: Kuliah

Metode:
Diskusi Kelompok
Latihan Scanning I
Latihan Scanning II
Tes Scanning I
Tes Scanning II

Estimasi Waktu:
[(TM: 1x (2x50’’)]
Bentuk:

Tugas I - Menerapkan
scanning dalam
membaca teks dengan
level dasar

Tugas II - Menerapkan
scanning dalam
membaca teks dengan
level menengah
“More Reading
Power”
5

3

Bentuk: Kuliah



Estimasi Waktu:
[BT+BM:(1+1)x(2x60’’)]


2
Mampu memperkirakan
isi bacaan secara umum
dengan menggunakan
strategi “previeweing”
dan “predicting”


Ketepatan dalam
memperkirakan isi
bacaan, dan
kejelasan dalam
menjelaskan alasan
yang mendasari
perkiraan tersebut

Ketepatan dalam
menyimpulkan isi
teks secara umum,
dan kejelasan dalam
menjelaskan alasan
yang mendasari
kesimpulan tersebut
Kriteria:
Tes “previeweing”
dan “predicting” I =
2

Tes “previeweing”
dan “predicting”II =
2

Tugas = 1


Bentuk:
Tes Membaca


Bentuk: Kuliah

Metode:
Diskusi Kelompok
Latihan “previeweing”
dan “predicting” I
Latihan “previeweing”
dan “predicting” II
Tes “previeweing” dan
“predicting” I
Tes “previeweing” dan
“predicting”II



Estimasi Waktu:
[(TM: 1x (2x50’’)]




Bentuk: Tugas
Menerapkan Previewing
dan Predicting dalam
membaca teks

Estimasi Waktu:
[BT+BM:(1+1)x(2x60’’)]



“More Reading
Power”
5
3-4 Mampu menyimpulkan isi
teks secara umum
dengan menggunakan
strategi “skimming”
Ketepatan dalam
menyimpulkan isi
teks secara umum,
dan kejelasan dalam
menjelaskan alasan
yang mendasari
kesimpulan tersebut
Kriteria:
Tes Skimming I = 1
Tes Skimming II = 1
Tes Skimming III = 2
Tugas I = 0,5
Tugas II = 0,5

Bentuk:
Tes Membaca
Bentuk: Kuliah

Metode:
Diskusi Kelompok
Latihan Skimming I
Latihan Skimming II
Latihan Skimming III
Tes Skimming I
Tes Skimming II
Bentuk:

Tugas I - Menerapkan
skimming dalam
membaca teks dengan
level dasar

Tugas I - Menerapkan
skimming dalam
“More Reading
Power”
5

4

Tes Skimming III

Estimasi Waktu:
[(TM: 2x (2x50’’)]

membaca teks dengan
level menengah

Estimasi Waktu:
[BT+BM:(2+2)x(2x60’’)]

5 Mampu mengidntifikasi
topik paragraf dalam teks
Ketepatan dalam
menyimpulkan topik
paragraf
Kriteria:
Tes Menentukan
Topik I = 2
Tes Menentukan
Topik II = 2
Tugas I = 0,5
Tugas II = 0,5

Bentuk:
Tes Membaca
Bentuk: Kuliah

Metode:
Diskusi Kelompok
Latihan Menentukan
Topik I
Latihan Menentukan
Topik II

Tes Menentukan Topik
I
Tes Menentukan Topik
II
Tes Menentukan Topik
III

Estimasi Waktu:
[(TM: 1x (2x50’’)]

Bentuk:

Tugas I – Menentukan
topik paragraf dengan
level dasar

Tugas II - Menentukan
topik paragraf dengan
level menengah

Estimasi Waktu:
[BT+BM:(1+1)x(2x60’’)]

“More Reading
Power”
5
6-7 Mampu menyimpulkan
ide pokok paragraf
Ketepatan dalam
menyimpulkan ide
pokok paragraf
Kriteria:
Tes Menentukan
Ide Pokok Paragraf I
= 3
Tes Menentukan
Ide Pokok Paragraf
II = 3
Tes Menentukan
Ide Pokok Paragraf
III = 2
Bentuk: Kuliah

Metode:
Diskusi Kelompok
Latihan Menentukan
Ide Pokok Paragraf I
Latihan Menentukan
Ide Pokok Paragraf II
Latihan Menentukan
Ide Pokok Paragraf III
Bentuk:

Tugas I – Menentukan
ide pokok paragraf
dengan level dasar

Tugas II - Menentukan
ide pokok paragraf
dengan level menengah

“More Reading
Power”
10

5

Tugas I = 1
Tugas II = 1


Bentuk:
Tes Membaca
Tes Menentukan Ide
Pokok Paragraf I
Tes Menentukan Ide
Pokok Paragraf II
Tes Menentukan Ide
Pokok Paragraf III


Estimasi Waktu:
[(TM: 2x (2x50’’)]

Estimasi Waktu:
[BT+BM:(2+2)x(2x60’’)]

8 Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengan Semester 20
9 – 12 Mampu menceritakan isi
teks secara cepat dengan
memanfaatkan
pengetahuan tentang
pola paragraf dan
“transition signal”
Ketepatan dalam
mengidentifikasi
pola paragraf; dan
ketepatan dalam
menjelaskan isi
paragraf
Kriteria:
Tes Menentukan
Pola dan Isi Paragraf
I = 1
Tes Menentukan
Pola dan Isi Paragraf
II = 1
Tes Menentukan
Pola dan Isi Paragraf
III = 2
Tes Menentukan
Pola dan Isi Paragraf
IV = 2
Tugas I = 1
Tugas II = 1
Tugas III = 1
Tugas IV = 1



Bentuk:
Tes Membaca
Bentuk: Kuliah

Metode:
Diskusi Kelompok
Latihan Menentukan
Pola dan Isi Paragraf I
Latihan Menentukan
Pola dan Isi Paragraf II
Latihan Menentukan
Pola dan Isi Paragraf III
Latihan Menentukan
Pola dan Isi Paragraf IV
Tes Menentukan Pola
dan Isi Paragraf I
Tes Menentukan Pola
dan Isi Paragraf II
Tes Menentukan Pola
dan Isi Paragraf III
Tes Menentukan Pola
dan Isi Paragraf IV


Estimasi Waktu:
Bentuk:

Tugas I – Menulis
paragraf dengan pola
listing

Tugas II – Menulis
paragraf dengan pola
sequence

Tugas III
Menulis paragraf
dengan pola
comparison/contrast

Tugas IV
Menulis paragraf
dengan pola cause-
effect

Estimasi Waktu:
[BT+BM:(2+2)x(2x60’’)]

“More Reading
Power”
10

6

[(TM: 2x (2x50’’)]

13 - 15 Mampu membuat
kesimpulan (inferences)
berdasarkan isi teks
Ketepatan dalam
membuat
kesimpulan
(inferences) serta
kejelasan dalam
menentukan dasar
inferensi terseut
Kriteria:
Tes membuat
kesimpulan
(inferences) I = 2
Tes membuat
kesimpulan
(inferences) II = 2
Tes membuat
kesimpulan
(inferences) III = 2

Tugas I = 2
Tugas II = 2

Bentuk:
Tes Membaca
Bentuk: Kuliah

Metode:
Diskusi Kelompok
Latihan membuat
kesimpulan
(inferences) I
Latihan membuat
kesimpulan
(inferences) II
Latihan membuat
kesimpulan
(inferences) III
Tes membuat
kesimpulan
(inferences) I
Tes membuat
kesimpulan
(inferences) II
Tes membuat
kesimpulan
(inferences) III


Estimasi Waktu:
[(TM: 1x (2x50’’)]

Bentuk:

Tugas I – Membuat
kesimpulan (inferences)
dari teks dengan level
dasar

Tugas II - Membuat
kesimpulan (inferences)
dari teks dengan level
menengah

Estimasi Waktu:
[BT+BM:(1+1)x(2x60’’)]

“More Reading
Power”
10
14 – 15 Mampu menerapkan
strategi dan pengetahuan
tentang previewing dan
predicting, skimming,
scanning, pola penulisan
paragraf, serta
Ketepatan dalam
penerapan strategi
dan pengetahuan
tentang previewing
dan predicting,
skimming, scanning,
Kriteria:
Presentasi Kelompok
= 4
Tugas I = 3
Tugas II = 3

Bentuk: Kuliah

Metode:
Diskusi Kelompok
Presentasi Kelompok
Tes Membaca
Bentuk:

Tugas I – Menerapkan
strategi dan
pengetahuan tentang
previewing dan
10

7

pembuatan kesimpulan
dalam membaca teks
berbahasa Inggris
pola penulisan
paragraf, serta
pembuatan
kesimpulan dalam
membaca teks
berbahasa Inggris
Bentuk:
Tes Membaca
Presentasi Kelompok

Estimasi Waktu:
[(TM: 2x (2x50’’)]

predicting, skimming,
scanning, pola penulisan
paragraf, serta
pembuatan kesimpulan
dalam membaca teks
berbahasa Inggris level
dasar

Tugas II – Menerapkan
strategi dan
pengetahuan tentang
previewing dan
predicting, skimming,
scanning, pola penulisan
paragraf, serta
pembuatan kesimpulan
dalam membaca teks
berbahasa Inggris level
menengah


Estimasi Waktu:
[BT+BM:(2+2)x(2x60’’)]

16 Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester 20

Catatan :
1. Capaian PembelajaranLulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari
sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk
pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik
terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan
kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.

8

5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi
kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan
indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat
berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8. Bentuk pembelajaran:Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian,
Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9. Metode Pembelajaran:Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning,
Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian
sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.

9



























LOGO
PT
PT
Fakultas ……………………
Departemen/Program Studi …………………
SILABUS SINGKAT
MATA KULIAH
Nama …
Kode …
Kredit ….

10

Semester ….
DESKRIPSI MATA KULIAH

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)
1
2
3


SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (Sub-CPMK)
1
2
3
4


7
8
MATERI PEMBELAJARAN
1
2
3
4
5
6


PUSTAKA
PUSTAKA UTAMA
1.
PUSTAKA PENDUKUNG

11

PRASYARAT (Jika ada)
…..














LOGO
PT
PT
Fakultas ……………………
Departemen/Program Studi …………………
RENCANA TUGAS MAHASISWA
MATA KULIAH ……….
KODE …….. sks … SEMESTER ….
DOSEN …..

12

PENGAMPU
BENTUK TUGAS WAKTU PENGERJAAN TUGAS
……. ……
JUDUL TUGAS
…….
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
.......
DISKRIPSI TUGAS
......
METODE PENGERJAAN TUGAS
1.
BENTUK DAN FORMAT LUARAN
a. Obyek Garapan:.......
b. Bentuk Luaran:
1.
INDIKATOR, KRETERIA DAN BOBOT PENILAIAN

JADWAL PELAKSANAAN
1.
LAIN-LAIN

DAFTAR RUJUKAN


Pengertian 1 sks dalam BENTUK PEMBELAJARAN Jam
a Kuliah, Responsi, Tutorial

Tatap Muka Penugasan Terstruktur Belajara Mandiri

50 menit/minggu/semester 60 menit/minggu/semester 60 menit/minggu/semester 2,83
b Seminar atau bentuk pembelajaran lain yang sejenis

13

Tatap muka Belajar mandiri

100 menit/minggu/semester 70 menit/minggu/semester 2,83
c Praktikum, praktik studio, praktik bengkel, praktik lapangan, penelitian, pengabdian kepada
masyarakat, dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara

170 menit/minggu/semester 2,83

No Metode Pembelajaran Mahasiswa Kode
1 Small Group Discussion SGD
2 Role-Play & Simulation RPS
3 Discovery Learning DL
4 Self-Directed Learning SDL
5 Cooperative Learning CoL
6 Collaborative Learning CbL
7 Contextual Learning CtL
8 Project Based Learning PjBL
9 Problem Based Learning & Inquiry PBL
10 Atau metode pembelajaran lain, yang
dapat secara efektif memfasilitasi
pemenuhan capaian pembelajaran
lulusan.