142





























LAMPIRAN – LAMPIRAN

143



Lampiran 1. Surat Permohonan Data

144



Lampiran 2. Surat Balasan Permohonan Data

145



Lampiran 3. Silabus Mata Kuliah Pengantar Asuhan Kebidanan

SILABUS
PENGANTAR ASUHAN KEBIDANAN
1. IDENTITAS MATA KULIAH

Program Studi : Diploma III Kebidanan
Mata Kuliah : Pengantar Asuhan Kebidanan
Kode : KBD0214
Semester : Semester II
SKS : 5 SKS
Prasyarat : -
Kelas : A dan B
Dosen Pengampu : Putu Irma Prtaiwi, S.Tr.Keb., M.Keb
Anjar Tri Astuti, S.ST., M.Keb

2. CP MATA KULIAH

A CP Sikap (A8) : 1. Menginternalisasi nilai-nilai luhur, norma, filosopi
dan etika akademik
B CP Pengetahuan
(B1,2)
1. Menguasai konsep teoritis ilmu kebidanan
(midwifery), asuhan kebidanan dan etika profesi.
2. Menguasai konsep dasar ilmu anatomi dan fisiologi
C CP
Keterampilan
Umum (C3)
1. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat,
konteks yang sesuai dengan bidang keahlian
terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif,
dan bertanggungjawab, atas hasil kerjanya secara
mandiri
D CP
Keterampilan
Khusus (D1)
1. Mampu melakukan asuhan kebidaan pada masa
kehamilan, persalinan normal,pasca persalinan
normal,sesuai standar kompetensi bidan vokasi


3. DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini adalah mata kuliah pengantar asuhan kebidanan dimana setelah
menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan mampu mengidentifikasi dan
menjelaskan adaptasi fisiologi dan psikologi yang berkaitan dengan kehamilan,
persalinan dan pasca persalinan, dan Bayi Baru Lahir (BBL). Bahan kajian yang
dibahas dalam mata kuliah ini adalah tentang konsep umum kehamilan, persalinan,
pasca perslinan dan BBL, perubahan dan adaptasi fisiologi dan psikologis pada
kehamilan, persalinan, pasca persalinan, dan bayi baru lahir. Penguasaan mahasiswa
dievaluasi dengan penilaian formatif dan sumatif serta nilai tugas.

146




4. GARIS BESAR RENCANA PEMBELAJARAN (GBRP)

No Capaian
Pembelajaran
Indikator Pencapaian
CP
(Kemampuan Akhir
yang Ingin dicapai)
Materi Pokok/Sub materi
1 A 8
B1
C3
D1
Mampu menjelaskan
tentang siklus kehidupan
sejak konsepsi
A. Perkembangan siklus
kehidupan sejak
konsepsi
1. Fertilisasi
2. Konsepsi
3. Pertumbuhan dan
perkembangan
hasil konsepsi
4. Sirkulasi darah
janin
2 A 8
B1
C3
D1
Mampu menjelaskan
tentang konsep umum
kehamilan
B. Konsep umum
Kehamilan
1. Pengertian
kehamilan
2. Tujuan Asuhan
Kehamilan
3. Standar asuhan
kebidanan
kehamilan
4. Refokusing
asuhan
kebidanan
kehamilan
5. Tipe pelayanan
asuhan
kehamilan
6. Hak-hak wanita
hamil
7. Tenaga
professional
asuhan
kehamilan
8. Peran dan
tanggung jawab
bidan dalam
asuhan
kehamilan
9. Isue terkini
dalam asuhan
kehamilan

147




3 A 8
B1
C3
D1
Mempu menjelaskan
tanda-tanda kehamilan
C. Konsep umum
Kehamilan
10. Pengertian
kehamilan
11. Tujuan Asuhan
Kehamilan
12. Tahapan
kehamilan
13. Standar asuhan
kebidanan
kehamilan
14. Refokusing
asuhan
kebidanan
kehamilan
15. Tipe pelayanan
asuhan
kehamilan
16. Hak-hak wanita
hamil
17. Tenaga
professional
asuhan
kehamilan
18. Peran dan
tanggung jawab
bidan dalam
asuhan
kehamilan
19. Isue terkini
dalam asuhan
kehamilan
4 A 8
B1
C3
D1
Mampu menjelaskan
tentang perubahan dan
adaptasi fisiologi dan
psikologis pada
kehamilan Trimester I,
II, III
D. Tanda-Tanda
Kehamilan
1. Tanda mungkin
hamil
2. Tanda tidak pasti
hamil
3. Tanda pasti hamil
5 A 8
B1
C3
D1
Mampu menjelaskan
tentang konsep umum
persalinan
E. Konsep Umum
Persalinan
1. Pengertian
persalinan
2. Tujuan Asuhan
persalinan
3. Jenis-jenis
Persalinan

148




4. Mulainya
persalinan
5. Tanda persalinan
6. Tahapan
persalinan
7. Fase – Fase
Persalinan
Perubahan dan
adaptasi fisiologis dan
Psikologis dalam
kehamilan :
1. Trimester I
2. Trimester II
3. Trimester III
6
A8
B1
C3
D1
1. Mampu
mengidentifikasi
lima benang
merah dalam
persalinan
2. Mampu
mengidentifikasi
program
pemerintah untuk
persalinan
F. Lima benang merah
dalam persalinan
1. Lima benang
merah dalam
persalinan
2. Program
pemerintah untuk
persalinan
7 A8
B1
C3
D1
1. Mampu
mengidentifikasi
perubahan pada
uterus dan organ
dasar panggul
2. Mampu
mengidentifikasi
ukuran panggul
dan otot-otot
dasar panggul
3. Mampu
mengidentifikasi
mekanisme
persalinan normal
G. Mekanisme
Persalinan
1. Perubahan pada
uterus dan organ
dasar panggul
2. Ukuran panggul
dan otot-otot
dasar panggul
3. Mekanisme
persalinan
normal
8 A 8
B1
C3
D1
Mempu menjelaskan
tentang perubahan dan
adaptasi fisiologi dan
psikologis pada
persalinan kala I, II, III,
IV
H. Perubahan dan
adaptasi fisiologi dan
psikologis pada
persalinan
1. Kala I
2. Kala II
3. Kala III
4. Kala IV

149




9 A 8
B1
C3
D1
Mampu menjelaskan
tentang konsep umum
pasca persalinan
I. Konsep umum pasca
persalinan
1. Pengertian pasca
persalinan
2. Tujuan Asuhan
pasca persalinan
3. Tahapan masa
pasca persalinan
4. Jadwal
pemeriksaan
pasca persalinan
5. Kebijakan
pemerintah
dalam asuhan
pasca persalinan

150




Lampiran 4. RPS Mata Kuliah Pengantar Asuhan Kebidanan

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

1. IDENTITAS MATA KULIAH

Program Studi : Diploma III Kebidanan
Mata Kuliah : Pengantar Asuhan Kebidanan
Kode : KBD0214
Semester : Semester II
SKS : 5 SKS
Prasyarat : -
Kelas : A dan B
Dosen Pengampu : Putu Irma Prtaiwi, S.Tr.Keb., M.Keb
Anjar Tri Astuti, S.ST., M.Keb

2. CP MATA KULIAH

A CP Sikap (A8) : 1. Menginternalisasi nilai-nilai luhur, norma, filosopi dan
etika akademik
B CP Pengetahuan
(B1,2)
1. Menguasai konsep teoritis ilmu kebidanan (midwifery),
asuhan kebidanan dan etika profesi.
2. Menguasai konsep dasar ilmu anatomi dan fisiologi
C CP
Keterampilan
Umum (C3)
1. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat,
konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya
didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan
bertanggungjawab, atas hasil kerjanya secara mandiri
D CP
Keterampilan
Khusus (D1)
1. Mampu melakukan asuhan kebidaan pada masa
kehamilan, persalinan normal,pasca persalinan
normal,sesuai standar kompetensi bidan vokasi


3. DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini adalah mata kuliah pengantar asuhan kebidanan dimana
setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan mampu
mengidentifikasi dan menjelaskan adaptasi fisiologi dan psikologi yang
berkaitan dengan kehamilan, persalinan dan pasca persalinan, dan Bayi Baru
Lahir (BBL). Bahan kajian yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah
tentang konsep umum kehamilan, persalinan, pasca perslinan dan BBL,
perubahan dan adaptasi fisiologi dan psikologis pada kehamilan, persalinan,
pasca persalinan, dan bayi baru lahir. Penguasaan mahasiswa dievaluasi
dengan penilaian formatif dan sumatif serta nilai tugas.

151


4. RENCANA KEGIATAN PERKULIAHAN

Ming
gu
ke/Ta
tap
Muka
Capaian
Pembela
jaran
Bahan Kajian/materi
pokok/rincian materi
Kemampuan akhir yang
diharapkan
Metode
pembelajaran
Pengalaman belajar Alokasi
waktu
Pengajar
1 2 3 4 5 6 7 8
I A 8
B1
C3
D1
A. Perkembangan siklus
kehidupan sejak konsepsi
1. Fertilisasi
2. Konsepsi
3. Pertumbuhan dan
perkembangan hasil
konsepsi
4. Sirkulasi darah janin
Mampu menjelaskan tentang
siklus kehidupan sejak konsepsi
CTJ
Diskusi
Penugasan
Role play
Mengkaji dan mendiskusikan
tentang siklus kehidupan sejak
konsepsi
5 x 50
menit
Anjar Tri
Astuti,
S.ST.,
M.Keb
II A 8
B1
C3
D1
A. Konsep umum Kehamilan
1. Pengertian kehamilan
2. Tujuan Asuhan
Kehamilan
3. Standar asuhan kebidanan
kehamilan
4. Refokusing asuhan
kebidanan kehamilan
5. Tipe pelayanan asuhan
kehamilan
6. Hak-hak wanita hamil
7. Tenaga professional
asuhan kehamilan
8. Peran dan tanggung jawab
bidan dalam asuhan
kehamilan
Mampu menjelaskan tentang
konsep umum kehamilan
CTJ
Diskusi
Penugasan
Role play
Mengkaji dan mendiskusikan
pengertian tujuan tahapan
kehamilan, standar asuhan
refocusing dalam asuhan
kehamilan, tipe pelayanan, hak
wanita hamil dan peran tanggung
jawab bidan dalam kehamilan
5 x50
menit
Anjar Tri
Astuti,
S.ST.,
M.Keb

152

10. Isue terkini dalam asuhan
kehamilan

III A 8
B1
C3
D1
B. Tanda-Tanda Kehamilan
1. Tanda mungkin hamil
2. Tanda tidak pasti hamil
3. Tanda pasti hamil
Mempu menjelaskan tanda-tanda
kehamilan
CTJ
Diskusi
Penugasan
Role play
Mengkaji dan mendiskusikan
tanda-tanda kehamilan
5x 50
menit
Anjar Tri
Astuti,
S.ST.,
M.Keb
IV A 8
B1
C3
D1
C. Perubahan dan adaptasi
fisiologis dan Psikologis
dalam kehamilan :
1. Trimester I
2. Trimester II
3. Trimester III
Mampu menjelaskan tentang
perubahan dan adaptasi fisiologi
dan psikologis pada kehamilan
Trimester I, II, III
CTJ,
penugasan,diskusi,
PBL
Mengkaji dan mendiskusikan
perubahan dan adaptasi fisiologis
dan psikologis pada kehamilan
trimester I,II,III
5 x 50
menit
Anjar Tri
Astuti,
S.ST.,
M.Keb
V A 8
B1
C3
D1
D. Konsep umum Persalinan
1. Pengertian persalinan
2. Tujuan Asuhan persalinan
3. Jenis-jenis Persalinan
4. Mulainya persalinan
5. Tanda persalinan
6. Tahapan persalinan
7. Fase – Fase Persalinan
Mampu menjelaskan tentang
konsep umum persalinan
CTJ
Brainstorming
Penugasan
Role play
Mengkaji dan mendiskusikan
konsep umum dalam persalinan
5 x50
menit
Anjar Tri
Astuti,
S.ST.,
M.Keb
VI
A8
B1
C3
D1
E. Lima benang merah dalam
persalinan
1. Lima benang merah dalam
persalinan
2. Program pemerintah untuk
persalinan
1. Mampu mengidentifikasi
lima benang merah dalam
persalinan
2. Mampu mengidentifikasi
program pemerintah untuk
persalinan
CTJ
Brainstorming
Penugasan
Role play
1. Mendiskusikan dan
melakukan brainstorming
mendiskusikan lima benang
merah dalam persalinan.
2. Mengkaji dan mendiskusikan
program pemerintah untuk
persalinan
5 x50
menit
Anjar Tri
Astuti,
S.ST.,
M.Keb

153

VII A8
B1
C3
D1
F. Mekanisme Persalinan
1. Perubahan pada uterus
dan organ dasar panggul
2. Ukuran panggul dan otot-
otot dasar panggul
3. Mekanisme persalinan
normal
1. Mampu mengidentifikasi
perubahan pada uterus dan
organ dasar panggul
2. Mampu mengidentifikasi
ukuran panggul dan otot-
otot dasar panggul
3. Mampu mengidentifikasi
mekanisme persalinan
normal
CTJ
Brainstorming
Penugasan
Role play
1. Mengkaji dan mendiskusikan
perubahan pada uterus dan
organ dasar panggul
2. Mengkaji dan mendiskusikan
ukuran panggul dan otot-otot
dasar panggul
3. Mengkaji dan mendiskusikan
mekanisme persalinan normal
5 x50
menit
Anjar Tri
Astuti,
S.ST.,
M.Keb
VIII UJIAN TENGAH SEMESTER
IX A 8
B1
C3
D1
G. Perubahan dan adaptasi
fisiologi dan psikologis pada
persalinan
1. Kala I
2. Kala II
3. Kala III
4. Kala IV
Mempu menjelaskan tentang
perubahan dan adaptasi fisiologi
dan psikologis pada persalinan
kala I, II, III, IV
CTJ
Penugasan
Diskusi
PBL
Mengkaji dan mendiskusikan
perubahan dan adaptasi fisiologis
dan psikologis pada persalinan
kala I,II,III, IV
5x50
menit
Putu Irma
Prtaiwi,
S.Tr.Keb.,
M.Keb
X A 8
B1
C3
D1
H. Konsep umum pasca
persalinan
1. Pengertian pasca
persalinan
2. Tujuan Asuhan pasca
persalinan
3. Tahapan masa pasca
persalinan
4. Jadwal pemeriksaan
pasca persalinan
5. Kebijakan pemerintah
dalam asuhan pasca
persalinan
Mampu menjelaskan tentang
konsep umum pasca persalinan
CTJ
Brainstorming
Penugasan
Role play
Mengkaji dan mendiskusikan
konsep umum dalam pasca
persalinan
5x50
menit
Putu Irma
Prtaiwi,
S.Tr.Keb.,
M.Keb

154

XI A 8
B1
C3
D1
I. Perubahan dan adaptasi
fisiologi pada pasca persalinan
1. Perubahan system
reproduksi
(uterus,vagina,perineum)
2. Perubahan sistem
pencernaan
3. Perubahan system
perkemihan
4. Perubahan system
endokrin
5. Perubahan tanda-tanda
vital
6. Perubahan system
kardiovaskuler
7. Perubahan system
hematologi
Mempu menjelaskan tentang
perubahan dan adaptasi fisiologi
pada pasca persalinan
CTJ
Penugasan
Diskusi
PBL
1. Mengkaji dan mendiskusikan
perubahan dan adaptasi
fisiologis pada pasca
persalinan
5 x 50
menit
Putu Irma
Prtaiwi,
S.Tr.Keb.,
M.Keb
XII A 8
B1
C3
D1
J. Perubahan dan adaptasi
psikologis pada masa salin
1. Post Partum Blues
2. Depresi
3. Kesedihan
4. Duka cita
Mempu menjelaskan tentang
perubahan dan adaptasi psikologis
pada pasca persalinan
Mengkaji dan mendiskusikan
perubahan dan adaptasi psikologis
pada pasca persalinan
5 x 50
menit
Putu Irma
Prtaiwi,
S.Tr.Keb.,
M.Keb
XIII A 8
B1
C3
D1
K. Konsep tentang respon orang
tua terhadap bayi baru lahir
1. Bounding attachment
2. Respon ayah dan
keluarga terhadap ibudan
BBL
3. Sibling rivalry
Mampu menjelaskan tentang
respon orang tua terhadap bayi
baru lahir
CTJ
Penugasan
Diskusi
PBL
Mengkaji dan mendiskusikan
tentang respon orang tua terhadap
bayi baru lahir
5 x 50
menit
Putu Irma
Prtaiwi,
S.Tr.Keb.,
M.Keb
XIV A 8
B1
L. Konsep umum Bayi baru lahir Mampu menjelaskan tentang
konsep umum bayi baru lahir
CTJ
Brainstorming
Mengkaji dan mendiskusikan
konsep umum pada bayi baru lahir
5 x 50
menit
Putu Irma
Prtaiwi,

155

C3
D1
1. Pengertian Bayi baru
lahir
2. Tujuan Asuhan Bayi baru
lahir
3. Jadwal pemeriksaan Bayi
baru lahir
4. Program pemerintah
dalam asuhan bayi baru
lahir
Penugasan
Role play
S.Tr.Keb.,
M.Keb
XV A 8
B1
C3
D1
M. Konsep perubahan dan
adaptasi fisiologis pada Bayi
Baru Lahir:
1. Sistem kardiovaskuler
2. Sistem Pernafasan
3. Termoregulasi
4. Sistem pencernaan
5. Sistem imunologi
Mempu menjelaskan tentang
perubahan dan adaptasi fisiologi
pada Bayi Baru Lahir
CTJ
Penugasan
Diskusi
PBL
Mengkaji dan mendiskusikan
tentang perubahan dan adaptasi
fisiologi pada Bayi Baru Lahir
5 x 50
menit
Putu Irma
Prtaiwi,
S.Tr.Keb.,
M.Keb
XVI Ujian Akhir Semester

4. PENILAIAN (KRITERIA, INDIKATOR, BOBOT)
A. Penilaian Proses (bobot 60%)
a. Sikap (mengacu pada penjabaran deskripsi umum) (15%0
b. Partisipasi dan aktivitas dalam proses pembelajaran (perkuliahan, praktek lab, praktek dan workshop) (15%0
c. Penyelesaian tugas-tugas (30%)
B. Penilaian Produk (bobot 40%)
a. Ujian tengah semester (20%)
b. Ujian akhir semester(20%)
C. Acuan Penilaian
Acuan penilaian digunakan “kisaran (antara) Skala lima” sebagai berikut
Skor Persentil Nilai Skala Nilai Huruf
85-100 4,00 A
80-84 3,75 A-
75-79 3,25 B+

70-74 3,00 B
65-69 2,75 B-

156

60-64 2,00 C
40-59 1,00 D
0-39 0,00 E





Menyetujui,
Ketua Program Studi D3 Kebidanan




Luh Nik Armini, S.ST., M.Keb.
NIP. 19830716 200604 2 009
Singaraja, 21 Februari 2020
PJMK Pengantar Asuhan Kebidanan,






Putu Irma Pratiwi, S.Tr.Keb., M.Keb.
NIP. 19900722 201903 2 010

157





Lampiran 5. Storyboard Konten Pembelajaran Interaktif

No. Tampilan Deskripsi
1.


Halaman Awal
Berisikan tombol Mulai dan juga
berisikan tampilan background yang
berhubungan dengan persalinan
serta music backsound.
2.

Halaman Utama
Berisikan beberapa pilihan menu
yaitu Profil Pengembang, Capaian
Pembelajaran, dan Mulai
Pembelajaran. Ketika user
mengarahkan kursor ke tombol
menu tombol akan memiliki animasi
perubahan warna.
3.

Halaman Campaian
Pembalajaran
Ini merupakan tampilan pada menu
capaian pembelajaran.

4.

Halaman Materi
Berisikan tombol yaitu Penjelasan
Konsep Dasar Persalinan, Tahapan
Persalinan Normal, dan
Mekanisme Persalinan Normal.

158



5.



Halaman sub bagian
penjelasan tahapan
Pada halaman ini mahasiswa
dapat melihat dan memahami
tahapan – tahapan yang sudah
dibedakan berdasarkan ikon
dengan meklik salah satu ikon
untuk mengetahui deskripsi dari
tahapan yang diinginkan dari
kala I – kala IV.


Ini merupakan tampilan ketika
mengklik salah satu ikon yang
tertera pada halaman sebelumnya.
6.


Halaman Sub Bagian
Penjelasan Konsep Dasar
Persalinan
Pada halaman ini mahasiswi
dapat mengarahkan kursor ke
ikon setiap sub bagian dari
konsep dasar persalinan
mengetahui secara lengkap
mengenai setiap materi yang
ada, mahasiwi dapat melakukan
interaksi dengan mengklik
tulisan yang di bawah setiap
ikon.

159



7.





Halaman Mekanisme Persalinan
Pada halaman ini mahasiswa akan
diminta menggeser objek untuk
melihat step by step dalam
mekanisme persalinan normal.
8.




Halaman Kuis
Pada halaman ini terdapat dua
bagian sub yaitu Tebak Gambar
dan Kuis Cermat.







Halaman Sub Kuis Tebak
Gambar
Setelah mengklik tebak gambar
pada halaman kuis akan muncul
halaman ini berisikan gambar yang
akan ditebak oleh user. Jawaban
akan ditulis sesuai kolom yang
disediakan. Kemudian user
ditujukan untuk menekan icon
thumbs-up jika jawaban dirasa
sudah benar. Setelah selesai akan
dilanjutkan ke pertanyaan
selanjutnya.

160



9.

Halaman Profile
Berisikan tombol yaitu
Pengembang dan Pembimbing.
Awalnya halaman ini akan
menampilkan profil Pengembang
terlebih dahulu dan ketika mengklik
tombol untuk melihat profil
Pengembang akan ditampilkan isi
profil Pengembang tersebut.

161




Lampiran 6. Instrument Uji Ahli Isi

INSTRUMEN UJI AHLI ISI

Mata Kuliah : Pengantar Asuhan Kebidanan
Judul Media : Pengembangan Konten Interaktif Menggunakan
Articulate Storyline 3 Berbasis Problem Based
Learning Pada Mata Kuliah Pengantar Asuhan
Kebidanan Materi Mekanisme Persalinan
Penulis : Komang Agus Agastia
Evaluator :
Instrumen uji ahli materi pembelajaran dapat dilihat
pada Tabel berikut ini. Petunjuk pengisian
Berilah tanda ( √ ) pada kolom hasil pengujian butir penilaian, dengan
cara memilih salah satu skor penilaian sebagai berikut:
No Pernyataan Relevan Tidak Relevan Alasan

1
Materi yang disajikan sudah
sesuai dengan kompetensi
dasar



2
Materi yang disampaikan
dalam media pembelajaran
sudah lengkap dan sesuai
dengan indikator


3
Isi media pembelajaran
sudah sesuai dengan
karakteristik siswa

162






4
Cara penyampaian materi
pada media pembelajaran
sudah sesuai dengan
perkembangan siswa


5
Judul yang ditampilkan
sudah sesuai dengan materi
yang disajikan


6
Penyampaian materi
menggunakan bahasa
sederhana dan komunikatif

7
Keruntutan isi materi dengan
media pembelajaran

8
Isi materi dalam media
pembelajaran sudah sesuai


9
Kelengkapan materi dalam
media pembelajaran sudah
sesuai


10
Quiz dalam media
pembelajaran sudah sesuai
dengan indikator

11
Sistematika quis dengan isi
materi sudah tepat


12
Penggunaan gambar/animasi
sudah sesuai dengan materi
pembelajaran

Jumlah
Total


Komentar / Saran Evaluator
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………

163



………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
……………………....………………………………………....................................


Uji Ahli Isi,




(………………………….)

164



Lampiran 7. Instrument Uji Ahli Media

INSTRUMEN UJI AHLI MEDIA

Mata Pelajaran : Pengantar Asuhan Kebidanan
Judul Media : Pengembangan Konten Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada
Mata Kuliah Pengantar Asuhan Kebidanan Materi Mekanisme Persalinan
Penulis : Komang Agus Agastia
Evaluator :
Instrumen uji ahli media pembelajaran dapat dilihat pada Tabel berikut
ini.
Petunjuk pengisian
Berilah tanda ( √ ) pada kolom hasil pengujian butir penilaian, dengan cara memilih
salah satu alternative jawaban sebagai berikut:
No Pernyataan Relevan Tidak Relevan Alasan
1
Ukuran simbol (tombol,
frame) sudah sesuai

2
Penempatan simbol (tombol,
frame) sudah sesuai

3
Jenis dan ukuran font pada
media mudah dibaca

4
Warna teks yang digunakan
pada media mudah dibaca

5
Komposisi gambar yang ada
pada media sudah sesuai

165





6
Ukuran dan kualitas gambar
yang ditampilkan pada
media sudah sesuai


7
Ketepatan penempatan
gambar pada media sudah
sesuai

8
Kesesuaian animasi dengan
materi

9
Pemilihan animasi sudah
menarik

10
Backsound yang digunakan
sudah sesuai dengan materi

11
Sound effect yang digunakan
sudah sesuai dengan animasi

12
Cover dalam media
pembelajaran sudah sesuai


13
Tampilan media
pembelajaran dengan isi
materi sudah sesuai



14
Fleksibelitas media
pembelajaran (dapat
digunakan mandiri dan
terbimbing)

15
Petunjuk penggunaan media
pembelajaran sudah sesuai


16
Kemudahan pengoperasian
media pembelajaran sudah
sesuai

166







17
Penggunaan tombol navigasi
pada media pembelajaran
sudah sesuai

18
Ketepatan kinerja interactive
link


19
Konsistensi bentuk dan letak
navigasi dalam media sudah
sesuai

20
Fungsionalitas media sudah
sesuai

Jumlah
Total




Komentar / Saran Evaluator
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………


Uji Ahli Media,




(………………………….)

167




Lampiran 8. Instrument Uji Coba
ANGKET UJI RESPON PESERTA DIDIK
PENGEMBANGAN KONTEN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM
BASED LEARNING PADA MATA KULIAH PENGANTAR ASUHAN
KEBIDANAN MATERI MEKANISME PERSALINAN

Identitas Responden
Nama :………………………………………………
Kelas :………………………………………………
Sekolah :………………………………………………
Tanggal :………………………………………………

Pengantar :
Pernyataan-pernyataan berikut menggambarkan respon peserta didik
terhadap Pengembangan Konten Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada
Mata Kuliah Pengantar Asuhan Kebidanan Materi Mekanisme Persalinan.
Semua indikator dikemas dalam suatu pernyataan. Berilah tanggapan atau
pendapat terhadap pernyataan yang diajukan dengan memberi tanda centang (√)
pada salah satu pilihan. Pilihan tersebut adalah :
STS TS KS S SS
Keterangan:
STS = Sangat Tidak Setuju, TS = Tidak Setuju, KS = Kurang Setuju, S
= Setuju, SS = Sangat Setuju

Data yang diisikan tidak akan mempengaruhi prestasi belajar di sekolah. Oleh
karena itu, mohon membaca setiap pernyataan tersebut dengan seksama dan
mengisi pilihan dengan sejujur-jurjurnya.



No Pernyataan
Skor
STS TS KS S SS
1.
Konten pembelajaran ini membantu saya dalam
mencapai tujuan pembelajaran.

2. Saya merasa senang dan tertarik dalam belajar
dengan menggunakan konten pembelajaran
interaktif ini.

3. Penggunaan gambar dalam mendukung
pembelajaran membuat saya mudah memahami
materi.

4. Penggunaan video tutorial membuat saya mudah
memahami isi materi yang dipaparkan.

5. Penggunaan animasi membuat saya mudah
memahami terkait informasi yang dipaparkan
seperti kenyataan di lapangan.

168



6. Dengan adanya konten pembelajaran interaktif
ini saya merasa kurang senang dalam belajar
mata kuliah pengantar asuhan kebidanan, karena
pemaparan materinya tidak terorganisir dengan
baik.

7. Dengan adanya konten pembelajaran interaktif
membuat saya mudah memahami konsep
umum persalinan normal.

8. Dengan adanya konten pembelajaran interaktif
membuat saya mudah memahami tahapan
persalinan normal.

9 Dengan adanya konten pembelajaran interaktif
membuat saya mudah memahami mekanisme
persalinan normal.

10 Jenis font yang digunakan membuat tampilan
menjadi menarik.

11. Ukuran font sesuai dan membuat tampilan konten
menjadi lebih elegan.

12. Saya menjadi tertarik mengikuti pembelajaran,
karena diberikan kebebasan menjelajahi konten
pembelajaran.

13. Warna yang digunakan membuat nyaman ketika
menggunakan konten pembelajaran interaktif.

14. Gambar serta animasi membuat saya tertarik
untuk menjelajahi isi dari konten pembelajaran
interaktif.

15. Tampilan pada konten pembelajaran interaktif
indah untuk dipandang.

16. Penggunaan sound effect mampu meningkatkan
motivasi dalam menggunakan konten
pembelajaran interaktif ini.

17. Saya mendukung penggunaan konten
pembelajaran interaktif pada pembelajaran
selanjutnya.

169




Komentar
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………



Responden,




(………………………….)

170




Lampiran 9. Hasil Wawancara


Hasil Wawancara
Narasumber : Luh Nik Armini, S.ST., M.Keb.
Tanggal : 12 November 2020

Peneliti : Perkenalkan nama saya Komang Agus Agastia bisa
dipanggil Agas, saya ingin menanyakan materi terkait judul
skripsi yang telah diberikan oleh Bu Egi.
Narasumber : Iya dik, untuk agas dapat materi bagian apa ya ?
Peneliti : Saya dapat materi bagian mekanisme persalinan bu, jadi nanti
untuk materi ini dalam kegiatan pembelajaran apakah sudah ada
sumber belajarnya bu nggih?
Narasumber : Ada agas, silakan nanti kamu cari di perpustakaan buku warna
merah tentang Ilmu Kebidanan karya dari Sugiyono.
Penliti : Baik bu, selanjutnya saya ingin bertanya kembali, apa alasan ibu
ingin dibuatkan media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar
ini ?
Narasumber : Begini gas, biasanya ibu mengajar menggunakan alat peraga yang
ibu gunakan untuk menjelaskan tentang materi mekanisme
persalinan ini. Menurut ibu penjelasan menggunakan alat peraga
itu kurang efektif, dimana mahasiswi masih banyak yang bingung,
dan tidak mungkin ibu menjelaskan berulang – ulang kali pada
setiap pertemuan, karena lumayan memakan banyak waktu. Jadi
jika menggunakan media pembelajaran nantinya mahasiswi bisa
mengulang pembelajaran dan lebih memahami setiap detail
perjalanan pada proses pembelajaran mekanisme persalinan ini.
Peneliti : Baik bu, selain alat peraga apakah saat proses pembelajaran ibu
menggunakan media pembelajaran lainnya ?
Narasumber : Biasanya saya disini menggunakan power point juga, tetapi
terkadang dalam proses pembuatan power point tertunda, karena
masih banyak kegiatan yang saya harus kerjakan.
Peniliti : Baik bu, jadi rencananya saya akan membuatkan media
pembelajaran agar mahasiswi lebih mudah untuk memahami dalam
proses belajar mengajar.
Narasumber : Iya gas silakan dibuatkan dengan catatan nantinya mahasiswi bisa
memahami media pembelajaran tersebut.

171




Peneliti : Baik bu, apakah saya boleh meminta RPS dan Silabusnya bu
nggih?
Narasumber : Boleh gas, nanti saya kirimkan ya.
Peneliti : Nggih bu, terima kasih atas waktunya, saya pamit dulu bu nggih.
Narasumber : Iya agas.




















Mengetahui,
Narasumber


Luh Nik Armini, S.ST., M.Keb.
NIP. 19830716 200604 2 009

172




Lampiran 10. Angket Uji Ahli Isi

173

174

175

176

177

178

179

180

181




Lampiran 11. Angket Uji Ahli Media-Desain

182

183

184

185

186

187

188

189



Lampiran 12. Angket Uji Coba Perorangan

190




Lampiran 13. Rekapitulasi Hasil Angket Uji Coba Perorangan
No Pernyataan Skor
1 2 3
1 Konten pembelajaran ini membantu saya dalam mencapai
tujuan pembelajaran.
5 4 5
2 Saya merasa senang dan tertarik dalam belajar dengan
menggunakan konten interaktif ini.
5 4 5
3 Penggunaan gambar dalam mendukung pembelajaran
membuat saya mudah memahami materi.
5 4 5
4 Penggunaan video tutorial membuat saya mudah memahami
isi materi yang dipaparkan
5 4 5
5 Penggunaan animasi membuat saya mudah memahami
terkait informasi yang dipaparkan seperti kenyataan di
lapangan.
5 4 5
6
(-)
Dengan adanya konten interaktif ini saya merasa kurang
senang dalam belajar mata kuliah pengantar asuhan
kebidanan, karena pemaparan materinya tidak terorganisir
dengan baik.
4 5 3
7 Dengan adanya konten interaktif membuat saya mudah
memahami tahap – tahap persalinan normal.
4 4 5
8 Dengan adanya konten interaktif membuat saya mudah
memahami fase - fase persalinan normal.
4 4 5
9 Dengan adanya konten interaktif membuat saya mudah
memahami mekanisme persalinan normal.
4 4 5
10 Jenis font yang digunakan membuat tampilan menjadi
menarik.
4 4 4
11 Ukuran font sesuai dan membuat tampilan konten menjadi
lebih elegan
4 3 5
12 Saya menjadi tertarik mengikuti pembelajaran, karena
diberikan kebebasan menjelajahi konten pembelajaran.
5 4 5
13 Warna yang digunakan membuat nyaman ketika
menggunakan konten interaktif.
4 4 5
14 Gambar serta animasi membuat ssaya tertarik untuk
menjelajahi isi dari konten interaktif.
4 4 5
15 Tampilan pada konten interaktif indah untuk dipandang. 4 4 5

191



16 Penggunaan sound effect mampu meningkatkan motivasi
dalam menggunakan konten interaktif ini.
4 4 4
17 Saya mendukung penggunaan konten interaktif pada
pembelajaran selanjutnya
4 4 5
Jumlah (jawaban x bobot tiap pilihan) 74 68 83
Jumlah seluruh item angket x bobot tertinggi 85 85 85
Persentase per-subjek (%) 87% 80% 97%
Jumlah Skor Responden 225
Jumlah Persentase Keseluruhan Responden 264
Persentase keseluruhan subjek (%) 88%
Kriteria Keseluruhan Valid

192



Lampiran 14. Angket Uji Coba Kelompok Kecil

193



Lampiran 15. Rekapitulasi Hasil Angket Kelompok Kecil
No Pernyataan Skor
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
1 Konten pembelajaran ini
membantu saya dalam mencapai
tujuan pembelajaran.
5 4 5 4 5 4 4 5 5 4
2 Saya merasa senang dan tertarik
dalam belajar dengan
menggunakan konten interaktif
ini.
5 4 5 4 5 4 4 5 5 4
3 Penggunaan gambar dalam
mendukung pembelajaran
membuat saya mudah memahami
materi.
5 4 5 4 5 4 4 5 5 4
4 Penggunaan video tutorial
membuat saya mudah memahami
isi materi yang dipaparkan
5 4 5 4 5 4 4 5 5 4
5 Penggunaan animasi membuat
saya mudah memahami terkait
informasi yang dipaparkan
seperti kenyataan di lapangan.
5 4 5 4 5 4 4 5 5 4
6
(-)
Dengan adanya konten interaktif
ini saya merasa kurang senang
dalam belajar mata kuliah
pengantar asuhan kebidanan,
karena pemaparan materinya
tidak terorganisir dengan baik.
4 4 4 4 5 4 4 5 4 4
7 Dengan adanya konten interaktif
membuat saya mudah memahami
tahap – tahap persalinan normal.
5 4 5 4 5 4 4 5 5 4
8 Dengan adanya konten interaktif
membuat saya mudah memahami
fase - fase persalinan normal.
5 4 5 4 5 4 4 5 5 4
9 Dengan adanya konten interaktif
membuat saya mudah memahami
5 4 5 4 5 4 4 5 5 4

194



mekanisme persalinan normal.
10 Jenis font yang digunakan
membuat tampilan menjadi
menarik.
5 4 5 4 5 4 4 5 5 4
11 Ukuran font sesuai dan membuat
tampilan konten menjadi lebih
elegan
5 4 5 4 5 4 4 5 5 4
12 Saya menjadi tertarik mengikuti
pembelajaran, karena diberikan
kebebasan menjelajahi konten
pembelajaran.
5 4 5 5 5 4 4 5 5 4
13 Warna yang digunakan membuat
nyaman ketika menggunakan
konten interaktif.
5 4 5 4 5 4 4 5 5 4
14 Gambar serta animasi membuat
ssaya tertarik untuk menjelajahi
isi dari konten 4pembelajaran
interaktif.
5 5 5 4 5 4 4 5 5 4
15 T4ampilan pada konten interaktif
indah untuk dipandang.
5 4 5 4 5 4 4 5 5 4
16 Penggunaan sound effect mampu
meningkatkan motivasi dalam
menggunakan konten interaktif
ini.
5 4 5 4 5 4 4 5 5 4
17 Saya mendukung penggunaan
konten interaktif pada
pembelajaran selanjutnya
5 4 5 4 5 4 4 5 5 4
Jumlah (jawaban x bobot tiap
pilihan)
84 69 84 69 85 68 68 85 84 68
Jumlah seluruh item angket x
bobot tertinggi
85 85 85 85 85 85 85 85 85 85
Persentase per-subjek (%) 98% 81% 98% 81% 100% 80% 80% 100% 98% 80%
Jumlah Skor Responden 764

195



Jumlah Persentase Keseluruhan
Responden
896
Persentase keseluruhan subjek
(%)
90%
Kriteria Keseluruhan Sangat Valid

196



Lampiran 16. Angket Uji Coba Lapangan

197

Lampiran 17. Rekapitulasi Hasil Uji Lapangan
No Pernyataan
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21
1 Konten pembelajaran ini
membantu saya dalam
mencapai tujuan
pembelajaran.
4 5 3 4 4 5 4 5 4 5 5 5 4 5 4 4 3 4 5 4 4
2 Saya merasa senang dan
tertarik dalam belajar
dengan menggunakan
konten interaktif ini.
4 5 4 4 4 5 4 3 4 5 5 5 4 5 5 4 4 5 4 4 4
3 Penggunaan gambar
dalam mendukung
pembelajaran membuat
saya mudah memahami
materi.
4 5 4 4 4 5 4 5 4 5 5 5 4 4 5 4 4 5 4 4 4
4 Penggunaan video
tutorial membuat saya
mudah memahami isi
materi yang dipaparkan
4 4 4 4 4 5 4 5 4 5 5 5 4 5 5 4 4 5 5 4 4
5 Penggunaan animasi
membuat saya mudah
memahami terkait
informasi yang
4 4 4 4 4 5 4 3 4 5 5 5 4 4 5 4 4 4 5 4 5

198

dipaparkan seperti
kenyataan di lapangan.

6
(-)
Dengan adanya konten
interaktif ini saya merasa
kurang senang dalam
belajar mata kuliah
pengantar asuhan
kebidanan, karena
pemaparan materinya
tidak terorganisir dengan
baik.
4 3 4 4 3 5 4 5 4 5 3 4 4 4 4 5 3 4 4 3 3
7 Dengan adanya konten
interaktif membuat saya
mudah memahami tahap
– tahap persalinan
normal.
4 3 4 4 4 5 4 5 4 5 4 5 4 5 5 4 4 5 4 4 4
8 Dengan adanya konten
interaktif membuat saya
mudah memahami fase -
fase persalinan normal.
4 4 4 4 4 5 4 5 4 5 4 5 4 5 5 4 4 4 4 4 4
9 Dengan adanya konten
interaktif membuat saya
mudah memahami
4 4 4 4 4 5 4 5 4 5 5 5 4 5 5 4 4 4 4 4 4

199

mekanisme persalinan
normal.
10 Jenis font yang digunakan
membuat tampilan
menjadi menarik.
4 3 4 4 4 5 4 5 4 5 4 4 4 4 5 4 3 4 5 4 4
11 Ukuran font sesuai dan
membuat tampilan konten
menjadi lebih elegan
4 4 4 4 4 5 4 5 4 5 4 4 4 4 4 4 3 4 4 4 4
12 Saya menjadi tertarik
mengikuti pembelajaran,
karena diberikan
kebebasan menjelajahi
konten pembelajaran.
4 5 4 4 4 5 4 3 4 5 5 4 4 5 5 5 4 3 4 4 4
13 Warna yang digunakan
membuat nyaman ketika
menggunakan konten
interaktif.
4 3 3 4 4 5 4 5 4 5 5 4 4 4 5 5 4 4 4 4 4
14 Gambar serta animasi
membuat ssaya tertarik
untuk menjelajahi isi dari
konten interaktif.
4 4 4 4 4 5 4 5 4 5 5 4 4 5 5 5 4 4 4 4 4
15 Tampilan pada konten
interaktif indah untuk
dipandang.
4 5 4 4 4 5 4 4 4 5 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4

200

16 Penggunaan sound effect
mampu meningkatkan
motivasi dalam
menggunakan konten
interaktif ini.
4 4 4 4 4 5 4 4 4 5 5 4 4 4 4 4 4 3 4 4 4
17 Saya mendukung
penggunaan konten
interaktif pada
pembelajaran selanjutnya
4 4 4 4 4 5 4 5 4 5 5 4 4 5 5 5 4 5 4 4 4
Jumlah (jawaban x bobot tiap
pilihan)
68 69 66 68 67 85 68 77 68 85 78 76 68 77 80 73 64 71 72 67 68
Jumlah seluruh item angket x
bobot tertinggi
85 85 85 85 85 85 85 85 85 85 85 85 85 85 85 85 85 85 85 85 85
Persentase per-subjek (%)
80% 81% 78% 80% 78% 100% 80% 90% 80% 100% 92% 89% 80% 90% 94% 86% 75% 83% 85% 78% 80%
Jumlah Skor Responden 1515
Jumlah Persentase
Keseluruhan Responden
1779
Persentase keseluruhan subjek
(%)
85%
Kriteria Keseluruhan Valid

201



Lampiran 18. Validasi Angket Respon Pendidik

202

203

204

205



Lampiran 19. Rekapitulasi Angket Respon Pendidik

No Pernyataan Skor
1. Saya merasa senang dalam menggunakan konten
interaktif Pengantar Asuhan Kebidanan materi
Mekanisme Persalinan.
9
2. Dengan adanya konten interaktif ini saya sangat tertarik
menggunakannya dalam proses mengajar dalam materi
mekanisme persalinan karena berisikan materi yang jelas
dan animasi 3D yang menarik dan membuat mahasiswi
lebih semangat belajar.
9
3. Saya merasa kesulitan dalam menyimak konten interaktif
saat melakukan proses pembelajaran.
8
4. Konten interaktif ini memiliki tampilan yang menarik dan
enak dipandang serta isinya sesuai dengan materi
pembelajaran.
9
5. Dengan adanya konten interaktif ini dapat menambah
wawasan dan semangat mahasiswi dalam belajar tentang
materi Mekanisme Persalinan.
8
6. Saya tidak mampu menggunakan dan mengikuti kegiatan
mengajar menggunakan konten interaktif ini.
9
7. Mahasiswi lebih termotivasi untuk melaksanakan proses
pembelajaran secara mandiri dengan adanya konten
interaktif ini.
8
8. Saya sangat senang menggunakan konten interaktif karena
berisikan materi yang jelas, berisikan video dan animasi 3
dimensi sehingga mahasiswi tidak bosan saat belajar.
9
9. Saya tidak suka dengan gambar dan tampilan yang ada di
konten interaktif.
9

206



10. Dengan adanya konten interaktif ini pada pembelajaran
mata kuliah Pengantar Asuhan Kebidanan materi
Mekanisme Persalinan yang berpengaruh membuat
mahasiswi lebih antusias dalam belajar serta
meningkatkan keaktifan dalam suasana belajar.
8
Total Skor responden 86
Jumlah skor tertinggi x jumlah butir 50
Jumlah skor terendah ideal 10
Mi 30
Sdi 6.67
x 43
Kriteria Sangat
Praktis

207



Lampiran 20. Validasi Angket Respon Peserta Didik

208



Lampiran 21. Rekapitulasi Angket Respon Peserta Didik

No Pernyataan Skor
1. Tampilan konten interaktif dalam proses
pembelajaran materi mekanisme persalinan
sangat menarik
90
2. Materi dalam konten interaktif mudah
dipahami
89

3. Terdapat kesulitan dalam menggunakan
konten interaktif pada proses pembelajaran
materi mekanisme persalinan
79

4. Tahap pembelajaran pada konten interaktif
membuat saya lebih aktif dalam belajar
86
5. Melalui konten interaktif saya dapat
menambah kemandirian dalam belajar
85

6. Penggunaan konten interaktif membuat saya
merasa malas mengikuti pembelajaran
76

7. Penggunaan konten interaktif membuat saya
merasa lebih antusias dalam belajar
85
8. Penggunaan konten interaktif menambah
motivasi belajar saya, karena materi yang
disajikan sangat bervariasi.
90
9. Soal evaluasi yang terdapat pada konten
interaktif sesuai dengan materi pembelajaran
90

10. Saya senang memanfaatkan konten interaktif
pada pembelajaran mekanisme persalinan
karena belajar dapat dilakukan dimana saja
89

209



11. Saya tidak nyaman dalam belajar karena
pemaparan materi pada konten interaktif tidak
terorganisir
83
12. Konten interaktif sangat membantu saya dalam
proses pembelajaran
89
13. Saya merasa kurang senang dalam belajar pada
mata kuliah pengantar asuhan kebidanan
dalam materi mekanisme persalinan, karena
membaca materi pada konten interaktif

83
14. Saya tertarik menggunakan konten interaktif
pada mata kuliah pengantar asuhan kebidanan
dalam materi mekanisme persalinan

87
15. Saya mendukung penggunaan konten interaktif
pada pembelajaran selanjutnya
90
Total Skor responden 1291
Jumlah skor tertinggi x jumlah butir 75
Jumlah skor terendah ideal 15
Mi 45
Sdi 10
X 61.5
Kriteria Sangat
Praktis

210



Lampiran 22. Hasil Pretest

211

212



Lampiran 23. Hasil Posttest

213



Lampiran 24. Dokumentasi Penelitan


Dokumentasi 1 Wawancara Kaprodi Kebidanan Undiksha

Dokumentasi 2. Uji Ahli Isi Materi

214



Dokumentasi 3. Uji Ahli Media-Desain
















Dokumentasi 4. Uji Coba Perorangan

215



Dokumentasi 5. Uji Coba Kelompok Kecil
Dokumentasi 6. Uji Coba Lapangan

216





Dokumentasi 7. Wawancara Setelah Menggunakan Konten Kepada Responden