Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Kimia
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTERTgl
Penyusunan
KIMIA PERMUKAAN 8420402322 T=2P=0ECTS=3.18 7 22
September
2024
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
....................................... ....................................... Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd.
Model
Pembelajaran
Project Based Learning
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Matrik CPL - CPMK

CPMK
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
12345678 9 10111213141516
Deskripsi
Singkat MK
Pengkajian tentang sifat-sifat permukaan gejala kapilaritas, termodinamika permukaan, adsorpsi, surfaktan, deterjen, emulsi, basa
dan aerosol, kemisorpsi dan katalis
Pustaka Utama :
1.Duncan J.S. 2004. I ntroduction to Colloid and Surface Chemistry . New York: Butter Worths.
2.Adamson and Gost AP. 1977. Physical Chemistry of Surfaces 6th ed. New York : Willey Inter Science.
Pendukung :
Dosen
Pengampu
Prof. Dr. Harun Nasrudin, M.S.
Dian Novita, S.T., M.Pd.
Bertha Yonata, S.Pd., M.Pd.
Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & Bentuk Luring
(offline)
Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1
Minggu ke 1
Memahami viskositas
cairan
1.Menjelaskan
pengertian dan
ruang lingkup
2.Menjelaskan
berbagai
macam
viscometer
Kriteria:
Partisipasi%2 2
UTS%2 2
Tugas%2 3
UAS%2 3
Latihan
soal
Presentasi
dan diskusi
2 X 50
0%

2
Minggu ke 2
Memahami viskositas
cairan
1.Menjelaskan
koefisien
viskositas
2.Menjelaskan
prinsip kerja
viskositas
3.Menjelaskan
berbagai cara
pengukuran
viskositas
4.Menjelaskan
factor-faktor
yang
mempengaruhi
viskositas
Kriteria:
Partisipasi%2 2
UTS%2 2
Tugas%2 3
UAS%2 3
Latihan
soal
Presentasi,
praktikum
dan diskusi
2 X 50
0%
3
Minggu ke 3
Memahami sifat-sifat
termodinamika
permukaan untuk
kajian tegangan
permukaan
Menjelaskan sifat-
sifat permukaan
pada materi cair
Kriteria:
Partisipasi%2 2
UTS%2 2
Tugas%2 3
UAS%2 3
Diskusi
2 X 50
0%
4
Minggu ke 4
Memahami sifat-sifat
termodinamika
permukaan untuk
kajian tegangan
permukaan
Menjelaskan
tegangan
permukaan
Kriteria:
Terlampir di UTS
Latihan
soal,
praktikum,
Presentasi
dan diskusi
2 X 50
0%
5
Minggu ke 5
Memahami sifat-sifat
termodinamika
permukaan untuk
kajian adsorbsi
Menjelaskan sifat-
sifat permukaan
pada materi padat
Kriteria:
Partisipasi%2 2
UTS%2 2
Tugas%2 3
UAS%2 3
Diskusi
2 X 50
0%
6
Minggu ke 6
Memahami sifat-sifat
termodinamika
permukaan untuk
kajian adsorbsi
Menjelaskan sifat-
sifat permukaan
pada materi padat
Kriteria:
Partisipasi%2 2
UTS%2 2
Tugas%2 3
UAS%2 3
Diskusi
2 X 50
0%
7
Minggu ke 7
Memahami sifat-sifat
termodinamika
permukaan untuk
kajian adsorbsi
Menjelaskan sifat-
sifat permukaan
pada materi padat
Kriteria:
Partisipasi%2 2
UTS%2 2
Tugas%2 3
UAS%2 3
Diskusi
2 X 50
0%
8
Minggu ke 8
Memahami viskositas
cairan Memahami
sifat-sifat
termodinamika
permukaan untuk
kajian tegangan
permukaan
1. Menjelaskan
pengertian dan
ruang lingkup 2.
Menjelaskan
berbagai macam
viscometer 3.
Menjelaskan
koefisien viskositas
4. Menjelaskan
prinsip kerja
viskositas 5.
Menjelaskan
berbagai cara
pengukuran
viskositas 6.
Menjelaskan
factor-faktor yang
mempengaruhi
viskositas 7.
Menjelaskan sifat-
sifat permukaan
pada materi cair 8.
Menjelaskan
tegangan
permukaan
Kriteria:
Partisipasi%2 2
UTS%2 2
Tugas%2 3
UAS%2 3
tes tulis
2 X 50
0%
9
Minggu ke 9
Memahami sifat-sifat
termodinamika
permukaan untuk
kajian adsorbsi
Menjelaskan
tentang adsorpsi
pada permukaan
zat
Kriteria:
Partisipasi%2 2
UTS%2 2
Tugas%2 3
UAS%2 3
kajian
adsorbsi
2 X 50
0%
10
Minggu ke 10
Memahami sifat-sifat
termodinamika
permukaan untuk
kajian adsorbsi
Menjelaskan
tentang adsorpsi
pada permukaan
zat
Kriteria:
Partisipasi%2 2
UTS%2 2
Tugas%2 3
UAS%2 3
kajian
adsorbsi
2 X 50
0%
11
Minggu ke 11
Memahami sistem
koloid dan
penggunaannya
dalam kehidupan
sehari hari
Menjelaskan
keadaan koloid
ditinjau dari ukuran
partikel, jenis
koloid dan sifat-
sifatnya
Menjelaskan sifat
kinetic koloid
Kriteria:
Partisipasi%2 2
UTS%2 2
Tugas%2 3
UAS%2 3
Presentasi
dan diskusi
2 X 50
0%
12
Minggu ke 12
Memahami sistem
koloid dan
penggunaannya
dalam kehidupan
sehari hari
Menjelaskan sifat
optic koloid
Kriteria:
Partisipasi%2 2
UTS%2 2
Tugas%2 3
UAS%2 3
Presentasi
dan diskusi
2 X 50
0%

13
Minggu ke 13
Memahami sistem
koloid dan
penggunaannya
dalam kehidupan
sehari hari
Menjelaskan
kestabilan koloid
Kriteria:
Partisipasi%2 2
UTS%2 2
Tugas%2 3
UAS%2 3
Presentasi
dan diskusi
2 X 50
0%
14
Minggu ke 14
Memahami sistem
koloid dan
penggunaannya
dalam kehidupan
sehari hari
Menyebutkan
kegunaan koloid
dalam kehidupan
sehari-hari
Kriteria:
Partisipasi%2 2
UTS%2 2
Tugas%2 3
UAS%2 3
Presentasi
dan diskusi
2 X 50
0%
15
Minggu ke 15
Memahami sistem
koloid dan
penggunaannya
dalam kehidupan
sehari hari
Menyebutkan
kegunaan koloid
dalam kehidupan
sehari-hari
Kriteria:
Partisipasi%2 2
UTS%2 2
Tugas%2 3
UAS%2 3
Presentasi,
praktikum,
dan diskusi
2 X 50
0%
16
Minggu ke 16
UASMemahami sifat-
sifat termodinamika
permukaan untuk
kajian
adsorbsiMemahami
sistem koloid dan
penggunaannya
dalam kehidupan
sehari hari
Menjelaskan
tentang adsorpsi
pada permukaan
zatMenjelaskan
keadaan koloid
ditinjau dari ukuran
partikel, jenis
koloid dan sifat-
sifatnya
Menjelaskan sifat
kinetic
koloidMenjelaskan
sifat optik
koloidMenjelaskan
sifat kestabilan
koloidMenyebutkan
kegunaan koloid
dalam kehidupan
sehari-hari
Kriteria:
Partisipasi%2 2
UTS%2 2
Tugas%2 3
UAS%2 3
Tes Tulis
3 X 50
0%
Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning
NoEvaluasiPersentase
0%
Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang
merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang
diperoleh melalui proses pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang
digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum,
ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah,
dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur
atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik
terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur
yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam
penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar
penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel,
Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning,
Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan
sub-pokok bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan
tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
File PDF ini digenerate pada tanggal 22 September 2024 Jam 02:55 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa