BAHAN AJAR
PENDIDIKAN DAN
PROMOSI KESEHATAN
OLEH :Ns. NIA APRILLA, M.Kep

DAFTAR ISI
1.PERAN PERAWAT DALAM PENDIDIKAN DAN PROMOSI
KESEHATAN
2.KONSEP DAN TEORI PROMOSI KESEHATAN
3.FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN
PENDIDIKAN DAN PROMOSI KESEHATAN
4.PERAN PERAWAT DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN

PENDAHULUAN
Pada pertemuan ini kita akan membahas tentang teori peran
perawat dalam pendidikan dan promosi kesehatan. Selama 150
menit kedepan akan disampaikan materi tentang teori peran
perawat dalam pendidikan dan promosi kesehatan.
Tujuan yang akan dicapai setelah mengikuti perkuliahan ini,
diharapkan mahasiswa mampu mejelaskan tentang teori peran
perawat dalam pendidikan dan promosi kesehatan.

Ruanglingkuppendidikankesehatan
Pendidikankesehatanbukanhanyapemberianinformasitetapijuga
berhubungandgnadopsimotivasi, keterampilandankepercayaandiri
untukmelakukantindakanmemperbaikikesehatan
Informasiygdikomunikasikanadalahhal-halygberhubungandgn:
Kondisisosialdanekonomi
Lingkunganygberdampakpd kesehatan
Factor resikoindivialdanperilakuberesiko
Penggunaansistempelayanankesehatan

Penkes(pendidikankesehatan)
Yaitusuatubentuktindakanmandirikeperawatanutkmembantuklien
baikindividu, kelompokmaupunmasyarakatdlmmengatasimasalah
kesehatannyamelaluikegiatanpembelajaranygdidalamnyaperawatsbg
perawatpendidik(Suliha, 2002)
Penkes: upayapersuasiataupembelajarankpdmasyarakatagar
masyarakatmaumelakukantindakan2 utkmemeliharadan
meningkatkantarafkesehatannya
Jadi: menyampaikanmaterittgkesehatanygbertujuanutkmengubah
perilakusasaran(Notoadmodjo, 2010)

Pendidikankesehatanmencakuppromosikesehatan

Promkes(promosikesehatan)
Mencerminkanprosessosialpolitikygkomprehensif.
Promosibukanhanyatindakan2 ygditujukanutkmemperkuat
keterampilandankemampuanindividual, tetapijugatindakanyg
ditujukanutkmengubahkondisisosial, lingkungansertaekonomi
sedemikianrupautkmeningkatkanderajatkesehatanmasyarakatdan
individu

Penkes: bagiandariperanperawatygprofesionaldlmupayapromosi
kesehatandanpencegahanpenyakitygtelahdilakukanpd zaman
Florence Nightingale thn1959.
PenkesmerupakanbentukdanpelayanankeperawatanygdilakukandiRS
ataupundiluarRS (non klinik)

Di luarRS (non klinik)
1.Tempatibadah
2.Pusatkesehatanibudananak
3.Tempatlayananpublik
4.Tempatpenampungan
5.Organisasimasyarakat
6.Organisasipemeliharaankesehatan(asuransi)
7.Sekolah
8.Pantilanjutusia
9.Unit kesehatanbergerak(mobile)

Tujuanpenkes
Utkmeningkatkanperilakusehatindividumaupunmasyarakat,
pengetahuanygrelevandgnintervensidanstrategipemeliharaanderajat
kesehatan, pencegahanpenyakitsertamengelola(memberikan
perawatan) penyakitkronisdirumah.
Terjadiperubahansikapdantingkahlakuindividu, keluarga, kelompok
khususdanmasyarakatdlmmembinasertamemeliharaperilakuhidup
sehatsertaberperanaktifdlmupayamewujudkanderajatkesehatanyg
optimal.

Cara pencegahan
Penkestidakhanyamemberikaninformasi, tetapiygpentingadalah
menciptakankegiatanygdapatmemandirikanseseorangutkmengambil
keputusanterhadapmasalahkesehatanygdihadapi(Duryea, 2015)

Ruanglingkuppendidikankesehtandi
komunitas
Dimensisasaran
pendidikan
Dimensitempat
pelaksanaan
Dimensitingkat
pelayanankesehatan
•Individu
•Keluarga
•Kelompokkhusus
•masyarakat
•Sekolah
•Pelayanankesehatan
•Perusahaan
•Tempatbekerja
Berdasarkan5 tingkat
pencegahan:
•Promosikesehatan
•Perlindungankhusus
•Diagnosis dinidan
pengobatansegera
•Pembatasankecacatan
•Rehabilitasi

Peranyaitu: seperangkattingkahlakuygdiharapkanolehoranglain
trhdpseseorang, sesuaidgnkedudukannyadlmsuatusistem
Dipengaruhiolehkeadaansosialbaikdrdalammaupundiluarprofesi
keperawatandanbersifatkonstan
Fungsiperawatdlmmelaksanakantugasnya:
Dependen
Independen
Interdependen

Peranperawatdlmpenkes(Swanson & Nies,
1997)
Advocat
Pemberiperawatan
Manager kasus
Konsultan
Culture broker
Pendidik
Perantarainformasi
Innovator
Mediator
Negosiasi
Analisiskebijakan, change agen
Promotoratauparterkolaborasi
Role model
Aktivissosial

Peranperawatandlmpendidikan
danpromkes
Pelaksanapelayanan: memberikanpelyanankpdindividu,
keluarga, kelompok/masyarakat
Pendidik: memberikanpenkesdanmengajarkan
bagaimanacaramjgakesehatan, mencegahpenyakit,
pemulihandrpenyakitdanmemberikaninformasiygtepat
ttgkesehatan.
Pengamatkesehatan: melaksanakanmonitoring trhdp
perubahanygterjadipd individu, keluarga, kelompokdan
masyygmenyangkutmasalahkesehatanmelalui
kunjunganrumah, pertemuan, observasidan
pengumpulandata.
Koordinatorpelayanankesehatan: melakukankoordinasi
thdpsemuapelkesygditerimaolehkeluargadanbekerja
samadgnklgdlmperencanaanpelayanankeperawatan
sertasbgpenghubungdgninstitusipelkeslain, supervisi
terhdpaskepygdilaksanakananggotatim

Koordinatorpelkes: koordinasitrhdpsemuapelkesygditerimaolehklg,
danbekerjasamadgnklgdlmperencanaanpelayanankepsertasbg
penghubungdgninstitusipelkeslain, supervisitdhpaskepygdilakukan
olehanggotatim
Pembaharu: inovatorthdpindividu, klgdanmasydlmmerubahperilaku
polahidupygberkaitandgnpemeliharaankesehatan

Pengorganisirpelkes: memberikanmotivasiutkmelakukan
keikutsertaanindividu, klgdankelompokdlmsetiapupayapelayanan
kesehatanygdilaksanakandimasy.
Role model : perilakuygditampilkanperawatdptmjdpanutanyg
digunakandlmsemuatingkatpencegahan, professionalismedlmbekerja.
Fasilitator: perawatsbgtempatbertanyabagimasyutkmemecahkan
masalahkesehatan, memberikansolusithdpmasalahygterjadi.

EVALUASI
1.Jelaskan apa yang dimaksud dengan pendidikan kesehatan!
2.Jelaskan tujuan pendidikan kesehatan!
3.Jelaskan peran perawat dalam pendidikan kesehatan!

Konsepdanteoripromosikesehatan

Pengertian promosikesehatan
Soekidjo(2005)Promkes: upayamemasarkan, menjual, memperkenalkan
pesan2/program2 kesehatansehinggamasyarakatmenerima/”membeli”/mengenal
pesan2 kesehatantsb, ygakhirnyamasyarakatMAU berperilakuhidupsehat.

WHO (1984), merevitalisasipendidikankesehatandenganistilahpromosi
kesehatan, kalaupendidikankesehatandiartikansebagaiupayaperubahanperilaku
makapromosikesehatantidakhanyauntukperubahanperilakutetapijuga
perubahanlingkunganyang memfasilitasiperubahanperilakuterseb

Lawrence Green (1984)Promkes: segalabentukkombinasipendidikankesehatan
danintervensiyang terkaitdenganekonomi, politikdanorganisasiyang dirancang
untukmemudahkanperubahanperilakudanlingkunganyang kondusifbagi
kesehatan

Tujuanakhirpromkesadalahorang-orangSADAR pentingnyakesehatanbagi
merekasehinggamerekasendirilahyang akanmelakukanusaha-usahauntuk
menyehatkandirimereka.Batasantersebutmencakup2 aspek, yaituMAUdan
MAMPU
Promkesmengharapkan, masyarakatlahyang menciptakankesehatanmerekayang
lebihbaik

TUJUAN PROMKES
Tersosialisasinyaprogram-program kesehatandanterwujudnyamasyarakat
Indonesia baruyang berbudayahidupbersihdansehatsertaberperanaktifdalam
gerakankesehatan

Prinsip-prinsipPROMKES
Pemberdayaanmasyarakat
Perubahan/perbaikanperilakumasyarakatdibidangkesehatan
Melingkupiupayapromotif, preventif, kuratifdanrehabilitatif
Selainedukatif, jugamelakukanupayaadvokasidanbinasuasana
BerpatokanpadaPHBS dengan5 tatanan: Di rumah, tempat
kerja, tempatumum, tempatyankes, sekolah
Peran kemitraan dengan pemerintah, swasta dan LSM

VISI PROMKES
MasyarakatMAU danMAMPU Memeliharadanmeningkatkankesehatannya

Dimensiaspeksasaranpelayanankesehatan:
1.Promkespadatingkatpromotif
2.Promkespadatingkatpreventif
3.Promkespadatingkatkuratif
4.Promkespadatingkatrehabilitatif

SASARAN PROMKES MENURUT TATANAN
Keluarga, Inst.kesehatan, Tp.kerja, Sekolah, Tp.umum,
Individu/aggtkelygpunyamasalah, mis.:ibuhamil, Pasien,
Pengantar/ keluargapasien, Karyawan, Siswa
Pengunjung/ penggunajasa, Masyarakatumum, Kepala
kelgOrangtua/ mertua, KaderTo-mas, To-ga, LSM, Petugaskes,
Kader kesehatan, MenejerSerikatburuh, Organisasiprofesi
Guru KaryawanBP3, OSIS
KepalaKelg, KetuaRT/RW, KepalaDesa, Pimp.institusidi
institusikes, Direkturpemilik, Kep.sek, Direktur

STRATEGI PROMKES WHO, 1994
1.ADVOKASI (advocacy)
2.DUKUNGAN SOSIAL (social support)
3.PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (empowerment)

METODE & MEDIA PROMKES
Kombinasiantaracara-caradanalatbantu (media) yang digunakanuntuk
menyampaikanpesan-pesankesehatankepadasasaran

Metodepromkes
1.Individual : bimbingan, penyuluhan, wawancara
2.KelompokBesar: Ceramah, Seminar;
3.KelompokKecil : Diskusi, Brain Storming, Snow Ball, Role Play, permainan
4.SimulasiMassal: Public Speaking, Media Massa

Teknikpromkes
Ceramahumum, pidato, Media massa:Elektronik, cetak, luarruang(spt: spanduk,
umbul2, baleho, dll)

Faktor –faktor yang mempengaruhi pelaksanaan
pendidikan dan promosi kesehatan

Faktor-faktor yang perlu diperhatikan terhadapsasaran
dalam keberhasilan penyuluhan kesehatan adalah:
1)TingkatPendidikan.
Pendidikan dapat mempengaruhi cara pandang seseorang terhadap informasi baru yang
diterimanya. Maka dapat dikatakan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikannya, semakin
mudah seseorang menerima informasi yangdidapatnya.
2)Tingkat SosialEkonomi
Semakin tinggi tingkat sosial ekonomi seseorang, semakin mudah pula dalam menerima
informasibaru.
3)AdatIstiadat
Pengaruh dari adat istiadat dalam menerima informasi baru merupakan hal yang tidak dapat
diabaikan, karena masyarakat kita masih sangat menghargai dan menganggap sesuatu yang tidak
bolehdiabaikan.
4)KepercayaanMasyarakat
Masyarakat lebih memperhatikan informasi yang disampaikan oleh orang –orang yang sudah
mereka kenal, karena sudah timbul kepercayaan masyarakat dengan penyampaiinformasi.
5)Ketersediaan Waktu diMasyarakat
Waktu penyampaian informasi harus memperhatikan tingkat aktifitas masyarakatuntuk
menjamin tingkat kehadiran masyarakat dalampenyuluhan.

Faktor-faktor yangmempengaruhi
keberhasilan dalampenyuluhan
•Faktor dari penyuluh(komunikator)
1.Kurangpersiapan
2.Kurang menguasaimatrei
3.Penampilan kurang menyakinkansasaran
4.Bahasa yang digunakan kurangdimengerti
5.Suara yang kurang dapatdidengar
6.Cara penyampaian terlalu monoton, sehingga
membosankan

•Faktor dari sasaran (Komonikan):
1.Tingkat pendidikan rendah, sehingga sulitmencerna
pesan yangdisampaikan
2.Tingkat sosial ekonomi rendah, karena lebih
memikirkan kebutuhan-kebutuhan yanglebih
mendesak, sehingga pessan-pesan yang
disampaikan tidakdiperhatikan
3.Kepercayaan dan adat yang telah tertanam,
sehingga sulit untuk diubah, misal :makan ikan
dapat menimbulkancacingan
4.Kondisi lingkungan tempat tinggal sasaran yangtidak
memungkinkan terjadi perubahan perilaku, misal :
masy yang tinggal di tempat yang tandus (sulit air),
sukar merubah pola hidup dengan sanitasi dan
higiene perorangan yangbaik

•Faktor dari Proses dalam penyuluhan:
1.Waktu penyuluhan tidak sesuai dengan waktu
yang diinginkansasaran
2.Suasana tempat penyuluhan tidak tenang, tidak
nyaman, dekat dengan keramaian sehingga
mengganggu prosespenyuluhan
3.Jumlah sasaran yang terlalu banyak, sehingga
sulit untuk menarik perhatian dalam
memebrikanpenyuluhan
4.Alat peraga yang digunakan tidakmenunjang
untuk mempermudah pemahamansasaran

5.Metode yang digunakan kurang tepat,sehingga
sasaranbosan
6.Bahasa yang digunakan sulit dimengerti oleh
sasaran karena tidak menggunakan bahasa
keseharian

Langkah-langkah dalam penyuluhan
kesehatanmasyarakat
1.Mengkaji kebutuhan kesehatanmasyarakat.
2.Menetapkan masalah kesehatanmasyarakat.
3.Memprioritaskan masalah yang terlebih dahulu ditangani
melalui penyuluhan kesehatanmasyarakat.
4.Menyusun perencanaanpenyuluhan
1)Menetapkantujuan
2)Penentuansasaran
3)Menyusun materi /isi penyuluhan
4)Memilih metoda yangtepat
5)Menentukan jenis alat peraga yang akandigunakan
6)Penentuan kriteriaevaluasi.
5.Pelaksanaanpenyuluhan
6.Penilaian hasilpenyuluhan
7.Tindak lanjut daripenyuluhan

TEKNIKBERBICARA
1.Percayadiri
2.Ucapan kata-kata jelas danperlahan-lahan
3.Berbicara denganwajar
4.Atur irama dan tekanan suara, janganmonoton
5.Menarik napasdalam-dalam
6.Hindari sindrom em, ah, ana, apa cukup berhentisaja
7.Membaca paragraf yang dianggap penting dari tekstulisan

Ruanglingkuppendidikankesehatan
Pendidikankesehatanbukanhanyapemberianinformasitetapijuga
berhubungandgnadopsimotivasi, keterampilandankepercayaandiri
untukmelakukantindakanmemperbaikikesehatan
Informasiygdikomunikasikanadalahhal-halygberhubungandgn:
Kondisisosialdanekonomi
Lingkunganygberdampakpd kesehatan
Factor resikoindivialdanperilakuberesiko
Penggunaansistempelayanankesehatan

Penkes(pendidikankesehatan)
Yaitusuatubentuktindakanmandirikeperawatanutkmembantuklien
baikindividu, kelompokmaupunmasyarakatdlmmengatasimasalah
kesehatannyamelaluikegiatanpembelajaranygdidalamnyaperawatsbg
perawatpendidik(Suliha, 2002)
Penkes: upayapersuasiataupembelajarankpdmasyarakatagar
masyarakatmaumelakukantindakan2 utkmemeliharadan
meningkatkantarafkesehatannya
Jadi: menyampaikanmaterittgkesehatanygbertujuanutkmengubah
perilakusasaran(Notoadmodjo, 2010)

Pendidikankesehatanmencakuppromosikesehatan

Promkes(promosikesehatan)
Mencerminkanprosessosialpolitikygkomprehensif.
Promosibukanhanyatindakan2 ygditujukanutkmemperkuat
keterampilandankemampuanindividual, tetapijugatindakanyg
ditujukanutkmengubahkondisisosial, lingkungansertaekonomi
sedemikianrupautkmeningkatkanderajatkesehatanmasyarakatdan
individu

Penkes: bagiandariperanperawatygprofesionaldlmupayapromosi
kesehatandanpencegahanpenyakitygtelahdilakukanpd zaman
Florence Nightingale thn1959.
PenkesmerupakanbentukdanpelayanankeperawatanygdilakukandiRS
ataupundiluarRS (non klinik)

Di luarRS (non klinik)
1.Tempatibadah
2.Pusatkesehatanibudananak
3.Tempatlayananpublik
4.Tempatpenampungan
5.Organisasimasyarakat
6.Organisasipemeliharaankesehatan(asuransi)
7.Sekolah
8.Pantilanjutusia
9.Unit kesehatanbergerak(mobile)

Tujuanpenkes
Utkmeningkatkanperilakusehatindividumaupunmasyarakat,
pengetahuanygrelevandgnintervensidanstrategipemeliharaanderajat
kesehatan, pencegahanpenyakitsertamengelola(memberikan
perawatan) penyakitkronisdirumah.
Terjadiperubahansikapdantingkahlakuindividu, keluarga, kelompok
khususdanmasyarakatdlmmembinasertamemeliharaperilakuhidup
sehatsertaberperanaktifdlmupayamewujudkanderajatkesehatanyg
optimal.

Cara pencegahan
Penkestidakhanyamemberikaninformasi, tetapiygpentingadalah
menciptakankegiatanygdapatmemandirikanseseorangutkmengambil
keputusanterhadapmasalahkesehatanygdihadapi(Duryea, 2015)

Ruanglingkuppendidikankesehtandi
komunitas
Dimensisasaran
pendidikan
Dimensitempat
pelaksanaan
Dimensitingkat
pelayanankesehatan
•Individu
•Keluarga
•Kelompokkhusus
•masyarakat
•Sekolah
•Pelayanankesehatan
•Perusahaan
•Tempatbekerja
Berdasarkan5 tingkat
pencegahan:
•Promosikesehatan
•Perlindungankhusus
•Diagnosis dinidan
pengobatansegera
•Pembatasankecacatan
•Rehabilitasi

Peranyaitu: seperangkattingkahlakuygdiharapkanolehoranglain
trhdpseseorang, sesuaidgnkedudukannyadlmsuatusistem
Dipengaruhiolehkeadaansosialbaikdrdalammaupundiluarprofesi
keperawatandanbersifatkonstan
Fungsiperawatdlmmelaksanakantugasnya:
Dependen
Independen
Interdependen

Peranperawatdlmpenkes(Swanson & Nies,
1997)
Advocat
Pemberiperawatan
Manager kasus
Konsultan
Culture broker
Pendidik
Perantarainformasi
Innovator
Mediator
Negosiasi
Analisiskebijakan, change agen
Promotoratauparterkolaborasi
Role model
Aktivissosial

Peranperawatandlmpendidikan
danpromkes
Pelaksanapelayanan: memberikanpelyanankpdindividu,
keluarga, kelompok/masyarakat
Pendidik: memberikanpenkesdanmengajarkan
bagaimanacaramjgakesehatan, mencegahpenyakit,
pemulihandrpenyakitdanmemberikaninformasiygtepat
ttgkesehatan.
Pengamatkesehatan: melaksanakanmonitoring trhdp
perubahanygterjadipd individu, keluarga, kelompokdan
masyygmenyangkutmasalahkesehatanmelalui
kunjunganrumah, pertemuan, observasidan
pengumpulandata.
Koordinatorpelayanankesehatan: melakukankoordinasi
thdpsemuapelkesygditerimaolehkeluargadanbekerja
samadgnklgdlmperencanaanpelayanankeperawatan
sertasbgpenghubungdgninstitusipelkeslain, supervisi
terhdpaskepygdilaksanakananggotatim

Koordinatorpelkes: koordinasitrhdpsemuapelkesygditerimaolehklg,
danbekerjasamadgnklgdlmperencanaanpelayanankepsertasbg
penghubungdgninstitusipelkeslain, supervisitdhpaskepygdilakukan
olehanggotatim
Pembaharu: inovatorthdpindividu, klgdanmasydlmmerubahperilaku
polahidupygberkaitandgnpemeliharaankesehatan

Pengorganisirpelkes: memberikanmotivasiutkmelakukan
keikutsertaanindividu, klgdankelompokdlmsetiapupayapelayanan
kesehatanygdilaksanakandimasy.
Role model : perilakuygditampilkanperawatdptmjdpanutanyg
digunakandlmsemuatingkatpencegahan, professionalismedlmbekerja.
Fasilitator: perawatsbgtempatbertanyabagimasyutkmemecahkan
masalahkesehatan, memberikansolusithdpmasalahygterjadi.