Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTERTgl
Penyusunan
Proposal Penelitian 8400105075 T=5P=0ECTS=12.6 3 22
September
2024
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
Prof. Dr. Suyatno, M.Si. Prof. Dr. Suyatno, M.Si. Prof. Dr. Suyatno, M.Si.
Model
Pembelajaran
Project Based Learning
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam
melaksanakan tugasnya
CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa
kewirausahaan
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di
bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-5 Menguasai filosofi untuk mengembangkan dan memperbarui pendidikan sains
CPL-6 Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains
CPL-7 Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori
bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin,
multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional
CPL-8 Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga
menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains
dan kemashlahatan umat manusia
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK - 1 Memiliki logika, etika, kejujuran, serta sikap kritis dan terbuka dalam menyusun usulan penelitian.
CPMK - 2 Menerapkan teori dan konsep penelitian kualitatif, kuantitatif, atau gabungan secara benar untuk
menghasilkan karya kreatif, orisinal, dan kredibel.
CPMK - 3 Menyusun usulan pemecahan masalah melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner dalam bentuk
proposal penelitian sesuai kaidah ilmiah.
CPMK - 4 Menyusun usulan pengelolaan dan pengembangan penelitian sesuai bidang keilmuannya untuk dasar
mengambil keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan
Matrik CPL - CPMK

CPMK CPL-1 CPL-2 CPL-3 CPL-4 CPL-5 CPL-6 CPL-7 CPL-8
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
CPMK-4
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
12345678910111213141516
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
CPMK-4
Deskripsi
Singkat MK
Penerapan berbagai konsep, teori, dan metodologi sesuai fokus atau topik penelitian yang dipilih, lokus atau sumber data
penelitian, dan modus atau perspektif keilmuan yang digunakan secara orisinal, inovatif, dan transdisipliner. Produk mata
kuliah ini berupa proposal disertasi meliputi judul, pendahuluan (latar belakang, masalah/fokus, tujan/manfaat, deļ¬nisi
istilah/variabel penelitian), kajian teori, metode penelitian, serta analisis data.
Pustaka Utama :
1.1. Creswell, J.W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. 4th Ed. New
York: Sage.
2.2. Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22.
Bandung: Alfabeta.
3.3. Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa.
4.4. Yin, R.K. (2016). Qualitative Reasearch from Strat to Finish. 2nd Ed. New York: Guilford Press.
Pendukung :
1.Artikel dalam jurnal mutakhir yang relevan dengan penelitian
Dosen
Pengampu
Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan
belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & Bentuk Luring
(offline)
Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1
Minggu ke 1
Mampu menyusun
rumusan masalah
penelitian desertasi
Ketepatan
dalam
menyusun
topik
penelitian
desertasi
Kriteria:
Didasarkan pada
rubrik penilaian
yang telah dibuat
oleh dosen
pengampu
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Presentasi,
diskusi,
dan case
method
3x50 menit
Presentasi, diskusi,
dan case method
3x50 menit
Materi:
Menyusun
rumusan
masalah
penelitian
disertasi
Pustaka: 2.
Sugiyono
(2015).
Metode
Penelitian
Pendidikan.
Pendekatan
Kuantitatif,
Kualitatif dan
R &D.
Cetakan ke-
22. Bandung:
Alfabeta.
5%

2
Minggu ke 2
Mampu menyusun
rumusan masalah
penelitian disertasi
Ketepatan
dalam
menyusun
rumusan
masalah
penelitian
desertasi
Kriteria:
Didasarkan pada
rubrik penilaian
yang telah dibuat
oleh dosen
pengampu
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Presentasi,
diskusi,
dan case
method
2x50 menit
Presentasi, diskusi,
dan case method
2x50 menit
Materi:
Menyusun
rumusan
masalah
penelitian
disertasi
Pustaka: 2.
Sugiyono
(2015).
Metode
Penelitian
Pendidikan.
Pendekatan
Kuantitatif,
Kualitatif dan
R &D.
Cetakan ke-
22. Bandung:
Alfabeta.
5%
3
Minggu ke 3
Mampu menyusun
bagian
pendahuluan
proposal disertasi
Ketepatan
dalam
menyusun
bagian
pendahuluan
proposal
disertasi
Kriteria:
Didasarkan pada
rubrik penilaian
yang telah dibuat
oleh dosen
pengampu
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Presentasi,
diskusi,
PjBL
3x50 menit
Presentasi, diskusi,
PjBL
3x50 menit
Materi:
Menyusun
bagian
pendahuluan
penelitian
disertasi
Pustaka: 1.
Creswell, J.W.
(2014).
Research
Design.
Qualitative,
Quantitative
and Mixed
Methods
Approaches.
4th Ed. New
York: Sage.
5%
4
Minggu ke 4
Menyusun bagian
pendahuluan
proposal disertasi
Ketepatan
dalam
menyusun
bagian
pendahuluan
proposal
disertasi
Kriteria:
Didasarkan pada
rubrik penilaian
yang telah dibuat
oleh dosen
pengampu
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Presentasi,
diskusi,
PjBL
3x50 menit
Presentasi, diskusi,
PjBL
3x50 menit
Materi:
Menyusun
bagian
pendahuluan
proposal
penelitian
disertasi
Pustaka: 3.
Tim (2022).
Pedoman
Penulisan
Tesis dan
Disertasi.
Surabaya:
Pascasarjana
Unesa.
5%
5
Minggu ke 5
Menyusun bagian
pendahuluan
proposal disertasi
Ketepatan
dalam
menyusun
bagian
pendahuluan
proposal
disertasi
Kriteria:
Didasarkan pada
rubrik penilaian
yang telah dibuat
oleh dosen
pengampu
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Presentasi,
diskusi,
PjBL
3x50 menit
Presentasi, diskusi,
PjBL
3x50 menit
Materi:
Menyusun
bagian
pendahuluan
proposal
penelitian
disertasi
Pustaka: 4.
Yin, R.K.
(2016).
Qualitative
Reasearch
from Strat to
Finish. 2nd
Ed. New York:
Guilford
Press.
10%

6
Minggu ke 6
Mampu menyusun
bagian tinjauan
pustaka proposal
disertasi
Ketepatan
menyusun
bagian
tinjauan
pustaka
proposal
disertasi
Kriteria:
Didasarkan pada
rubrik penilaian
yang telah dibuat
oleh dosen
pengampu
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Presentasi,
diskusi,
PjBL
3x50 menit
Presentasi, diskusi,
PjBL
3x50 menit
Materi:
Menyusun
kajian teori
dalam
proposal
disertasi
Pustaka: 2.
Sugiyono
(2015).
Metode
Penelitian
Pendidikan.
Pendekatan
Kuantitatif,
Kualitatif dan
R &D.
Cetakan ke-
22. Bandung:
Alfabeta.
10%
7
Minggu ke 7
Mampu menyusun
bagian tinjauan
pustaka proposal
disertasi
Ketepatan
menyusun
bagian
tinjauan
pustaka
proposal
disertasi
Kriteria:
Didasarkan pada
rubrik penilaian
yang telah dibuat
oleh dosen
pengampu
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Presentasi,
diskusi,
PjBL
3x50 menit
Presentasi, diskusi,
PjBL
3x50 menit
Materi:
Menyusun
kajian teori
dalam
proposal
disertasi
Pustaka: 3.
Tim (2022).
Pedoman
Penulisan
Tesis dan
Disertasi.
Surabaya:
Pascasarjana
Unesa.
10%
8
Minggu ke 8
Mampu menyusun
bagian tinjauan
pustaka proposal
disertasi
Ketepatan
menyusun
bagian
tinjauan
pustaka
proposal
disertasi
Kriteria:
Didasarkan pada
rubrik penilaian
yang telah dibuat
oleh dosen
pengampu
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Presentasi,
diskusi,
PjBL
3x50 menit
Presentasi, diskusi,
PjBL
3x50 menit
Materi:
Menyusun
kajian teori
dalam
proposal
disertasi
Pustaka: 4.
Yin, R.K.
(2016).
Qualitative
Reasearch
from Strat to
Finish. 2nd
Ed. New York:
Guilford
Press.
10%
9
Minggu ke 9
Mampu menyusun
kerangka berpikir
dalam tinjauan
pustaka proposal
disertasi
Ketepatan
dalam
menyusun
kerangka
berpikir dalam
tinjauan
pustaka
proposal
disertasi
Kriteria:
Didasarkan pada
rubrik penilaian
yang telah dibuat
oleh dosen
pengampu
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Presentasi,
diskusi,
PjBL
3x50 menit
Presentasi, diskusi,
PjBL
3x50 menit
Materi:
Menyusun
kerangka
berpikir
penelitian
disertasi
Pustaka: 2.
Sugiyono
(2015).
Metode
Penelitian
Pendidikan.
Pendekatan
Kuantitatif,
Kualitatif dan
R &D.
Cetakan ke-
22. Bandung:
Alfabeta.
10%

10
Minggu ke 10
Menyusun bagian
metode penelitian
proposal disertasi
dan daftar pustaka
Ketepatan
dalam
menyusun
bagian
metode
penelitian
proposal
disertasi dan
daftar pustaka
Kriteria:
Didasarkan pada
rubrik penilaian
yang telah dibuat
oleh dosen
pengampu
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Presentasi,
diskusi,
PjBL
3x50 menit
Presentasi, diskusi,
PjBL
3x50 menit
Materi:
Menyusun
metode
penelitian
disertasi
Pustaka: 1.
Creswell, J.W.
(2014).
Research
Design.
Qualitative,
Quantitative
and Mixed
Methods
Approaches.
4th Ed. New
York: Sage.
5%
11
Minggu ke 11
Mampu menyusun
bagian metode
penelitian proposal
disertasi dan daftar
pustaka
Ketepatan
dalam
menyusun
bagian
metode
penelitian
proposal
disertasi dan
daftar pustaka
Kriteria:
Didasarkan pada
rubrik penilaian
yang telah dibuat
oleh dosen
pengampu
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Presentasi,
diskusi,
PjBL
3x50 menit
Presentasi, diskusi,
PjBL
3x50 menit
Materi:
Menyusun
bagian
metode
penelitian
disertasi
Pustaka: 4.
Yin, R.K.
(2016).
Qualitative
Reasearch
from Strat to
Finish. 2nd
Ed. New York:
Guilford
Press.
5%
12
Minggu ke 12
Mampu menyusun
bagian metode
penelitian proposal
disertasi dan daftar
pustaka
Ketepatan
dalam
menyusun
bagian
metode
penelitian
proposal
disertasi dan
daftar pustaka
Kriteria:
Didasarkan pada
rubrik penilaian
yang telah dibuat
oleh dosen
pengampu
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Presentasi,
diskusi,
PjBL
3x50 menit
Presentasi, diskusi,
PjBL
3x50 menit
Materi:
Menyusun
bagian
metode
penelitian
disertasi
Pustaka: 3.
Tim (2022).
Pedoman
Penulisan
Tesis dan
Disertasi.
Surabaya:
Pascasarjana
Unesa.
5%
13
Minggu ke 13
Mampu menyusun
lampiran proposal
penelitian
Ketepatan
dalam
menyusun
lampiran
proposal
penelitian
Kriteria:
Didasarkan pada
rubrik penilaian
yang telah dibuat
oleh dosen
pengampu
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Presentasi,
diskusi,
PjBL
3x50 menit
Presentasi, diskusi,
PjBL
3x50 menit
Materi:
Menyusun
lampiran
proposal
disertasi
Pustaka: 2.
Sugiyono
(2015).
Metode
Penelitian
Pendidikan.
Pendekatan
Kuantitatif,
Kualitatif dan
R &D.
Cetakan ke-
22. Bandung:
Alfabeta.
2%

14
Minggu ke 14
Mampu menyusun
lampiran proposal
penelitian
Ketepatan
dalam
menyusun
lampiran
proposal
penelitian
Kriteria:
Didasarkan pada
rubrik penilaian
yang telah dibuat
oleh dosen
pengampu
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Presentasi,
diskusi,
PjBL
3x50 menit
Presentasi, diskusi,
PjBL
3x50 menit
Materi:
Menyusun
lampiran
proposal
disertasi
Pustaka: 2.
Sugiyono
(2015).
Metode
Penelitian
Pendidikan.
Pendekatan
Kuantitatif,
Kualitatif dan
R &D.
Cetakan ke-
22. Bandung:
Alfabeta.
3%
15
Minggu ke 15
Mampu menyusun
lampiran proposal
penelitian
Ketepatan
dalam
menyusun
lampiran
proposal
penelitian
Kriteria:
Didasarkan pada
rubrik penilaian
yang telah dibuat
oleh dosen
pengampu
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Presentasi,
diskusi,
PjBL
3x50 menit
Presentasi, diskusi,
PjBL
3x50 menit
Materi:
Menyusun
lampiran
proposal
disertasi
Pustaka: 3.
Tim (2022).
Pedoman
Penulisan
Tesis dan
Disertasi.
Surabaya:
Pascasarjana
Unesa.
5%
16
Minggu ke 16
Mampu menempuh
ujian proposal
disertasi
Kualitas
proposal,
kemampuan
presentasi dan
penguasaan
isi proposal
serta kualitas
proses
pembimbingan
proposal
Kriteria:
Didasarkan pada
rubrik penilaian
yang telah dibuat
oleh dosen
pengampu
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Ujian
proposal
tatap muka
90 menit
Ujian proposal daring
90 menit
Materi: Ujian
proposal
disertasi
Pustaka: 3.
Tim (2022).
Pedoman
Penulisan
Tesis dan
Disertasi.
Surabaya:
Pascasarjana
Unesa.
5%
Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning
NoEvaluasi Persentase
1.Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 100%
100%
Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi
yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya
yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-
Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap,
ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata
kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat
diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan
bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan
terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran
dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi
penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik
Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang

setara.
9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed
Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode
lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok
dan sub-pokok bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional
dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
File PDF ini digenerate pada tanggal 22 September 2024 Jam 02:47 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa