Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Kimia
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTERTgl
Penyusunan
Praktikum Kimia Organik 8420402248 T=2P=0ECTS=3.18 4 23
September
2024
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
....................................... ....................................... Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd.
Model
Pembelajaran
Project Based Learning
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Matrik CPL - CPMK

CPMK
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
Deskripsi
Singkat MK
Kajian tentang konsep teori kimia organik danaktivitas praktikum kimia organik yang dilakukan dengan teknikpengindentifikasi,
pemisahan/isolasi,dan sintesis senyawa organik, sertamembuat simpulan berdasarkan: data, analisis data berdasarkan landasan teori
Pustaka Utama :
1.Anwar, C., Purnomo, B., Pranowo, H.D., Wahyuningsih, T.D. (1996).Pengantar Praktikum Kimia Organik.Jakarta: Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi
2.Carey, F.A. (2000).Organic Chemistry.4rd Ed. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
3.Casey, M, Leonard, J, Lygo, B, 1990.Advanced Practical Organic Chemistry.New York: Chapman and Hall.
4.Fessenden,R.J. dan Fessenden, J.S. (1998).KimiaOrganik. Jilid 1. Penerjemah AH Pudjaatmaka. Jakarta: Erlangga
5.Fessenden,R.J. dan Fessenden, J.S. (1998).KimiaOrganik. Jilid 2. Penerjemah AH Pudjaatmaka. Jakarta: Erlangga
6.Furnis, B.S., Hannaford, A.J., Smith, P.W.G., Tatchell,A.R.. 1989.Vogel 19sTextbook of Practical Organic Chemistry.5th ed. New
York:Longman Scientific & Technical
7.Hart,H., Craine, L.E. & Hart, D.J. (2003).Kimia Organik. SuatuKuliah Singkat. Edisi keXI. Penerjemah: Achmadi, S.S., Jakarta:Erlan
8.Solomon, T.W.G. & Fryhle, C.B. (2011).Organic Chemistry.New York: John Wiley& Sons, Inc
9.Tim Kimia Organik, 2017. Buku Petunjuk PraktikumKimia Organik, tim Prak Kimia Organik
Pendukung :
Dosen
Pengampu
NURUL HIDAJATI
ISMONO
Prof. Dr. Suyatno, M.Si.
Prof. Dr. Tukiran, M.Si.
Dr. Mitarlis, S.Pd., M.Si.
Dr.Hj. Rinaningsih, S.Pd., M.Pd.
Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & Bentuk Luring (offline) Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)

1
Minggu ke 1
Memahami tentang
teknik-teknik
percobaan dan
merancang suatu
percobaan
1.Menjelaskan
teknik-teknik
percobaan
kimia organik
2.Merancang
suatu
percobaan
dengan
langkah-
langkah
3.a. Merumuskan
masalah
4.b. Menyusun
hipotesis
5.c.
Mengidentifikasi
variabel
6.Merencanakan
percobaan
Kriteria:
1.Skor A bila skor >
85
2.skor A- bila skor 80
- 84
3.dan seterusnya
(seperti kriteria
pada buku
pedoman)
Tanya jawab,
diskusi
Presentasi
2 X 50
0%
2
Minggu ke 2
Menyusun dan
mendiskusikan hasil
rancangan percobaan
Mempresentasikan
hasil rancangan
percobaan
Menjelaskan hasil
rancangan suatu
percobaan yang
akan dilakukan
berdasarkan buku
petunjuk praktikum
kimia organik
Kriteria:
Penilaian sesuai
dengan kriteria skor
penilaian bentuk
tesRubrik penilaian
untuk non tes
Tanya jawab dan
diskusiPresentasi
2 X 50
0%
3
Minggu ke 3
Mampu melakukan
praktikum
mengidentifikasi
senyawa organik
Mengidentifikasi
gugus aldehid,
keton dan asam
karboksilat
Mengidentifikasi
senyawa alkohol
dan fenol
Kriteria:
Penilaian berdasarkan
skor tes
praktikumPenilaian
menurut rubrik
pengamatanPenilaian
esuai dengan buku
pedoman kriteria
penilaian yang berlaku
di Unesa
Praktikum, Tanya
jawab, diskusi,
penyusunan
laporan
praktikum
2 X 50
0%
4
Minggu ke 4
Mampu melakukan
praktikum
mengidentifikasi
senyawa organik
Mengidentifikasi
gugus aldehid,
keton dan asam
karboksilat
Mengidentifikasi
senyawa alkohol
dan fenol
Kriteria:
Penilaian berdasarkan
skor tes
praktikumPenilaian
menurut rubrik
pengamatanPenilaian
esuai dengan buku
pedoman kriteria
penilaian yang berlaku
di Unesa
Praktikum, Tanya
jawab, diskusi,
penyusunan
laporan
praktikum
2 X 50
0%
5
Minggu ke 5
Mampu melakukan
praktikum
mengidentifikasi
senyawa organik
Mengidentifikasi
gugus aldehid,
keton dan asam
karboksilat
Mengidentifikasi
senyawa alkohol
dan fenol
Kriteria:
Penilaian berdasarkan
skor tes
praktikumPenilaian
menurut rubrik
pengamatanPenilaian
esuai dengan buku
pedoman kriteria
penilaian yang berlaku
di Unesa
Praktikum, Tanya
jawab, diskusi,
penyusunan
laporan
praktikum
2 X 50
0%
6
Minggu ke 6
Mampu melakukan
praktikum isolasi
senyawa organik dari
bahan alam
Mengisolasi
Minyak Jahe dari
Rimpang Jahe
Kriteria:
Partisipasi dinilia saat
perkuliahan dan
praktikum, dilakukan
lewat pengamatan
(bobot 2) Ujian tengah
semester (UTS)
dilakukan untuk
mengases indicator 1-
11 lewat ujian tulis, dan
diberi bobot (2)
Penilaian tugas
terstruktur dan laporan
praktikum dirata-rata,
kemudian diberi bobot
(3) Ujian akhir
semester (UAS)
digunakan untuk
mengukur
ketercapaian indikator
12-19, lewat ujian
praktek dan hasilnya
diberi bobot 5. NA
akhir adalah (nilai
partisipasi") (Nilai
tugas%2 3) (nilai
UTS%2 2) nilai UAS
(3) dibagi 10
Praktikum Tanya
jawab diskusi
penyusunan
laporan
praktikum
2 X 50
0%
7
Minggu ke 7
mengidentifiksi lemak
dan dengan reaksi
penyabunan
1.identifikasi
lemak
2.Pembuatan
sabun
Kriteria:
Sesuai dengan buku
pedoman penilaian
yang berlaku di Unesa
Praktikum Tanya
jawab diskusi
penyusunan
laporan prak
2 X 50
0%

8
Minggu ke 8
Mampu
melaksanakan
praktikum dengan
baik dan benar
Menyelesaikan
soal UTS
praktikum kimia
organik
Kriteria:
.Partisipasi dinilia saat
perkuliahan dan
praktikum, dilakukan
lewat pengamatan
(bobot 2) Ujian tengah
semester (UTS)
dilakukan untuk
mengases indicator 1-
11 lewat ujian tulis, dan
diberi bobot (2)
Penilaian tugas
terstruktur dan laporan
praktikum dirata-rata,
kemudian diberi bobot
(3) Ujian akhir
semester (UAS)
digunakan untuk
mengukur
ketercapaian indikator
12-19, lewat ujian
praktek dan hasilnya
diberi bobot 3. NA
akhir adalah (nilai
partisipasi") (Nilai
tugas%2 3) (nilai
UTS%2 2) nilai UAS
(3) dibagi 10
Tes Subyektif
2 X 50
0%
9
Minggu ke 9
Mampu melakukan
praktikum sintesis
isolasi dan identifikasi
kimia organik
sederhana
Mampu
mensintesis
mengisolasi dan
mengidentifikasi
senyawa
esterifikasi n-butil
asetat
Kriteria:
Partisipasi dinilia saat
perkuliahan dan
praktikum, dilakukan
lewat pengamatan
(bobot 2) Ujian tengah
semester (UTS)
dilakukan untuk
mengases indicator 1-
11 lewat ujian tulis, dan
diberi bobot (2)
Penilaian tugas
terstruktur dan laporan
praktikum dirata-rata,
kemudian diberi bobot
(3) Ujian akhir
semester (UAS)
digunakan untuk
mengukur
ketercapaian indikator
12-19, lewat ujian
praktek dan hasilnya
diberi bobot 3. NA
akhir adalah (nilai
partisipasi") (Nilai
tugas%2 3) (nilai
UTS%2 2) nilai UAS
(3) dibagi 10
Praktikum Tanya
jawab dan
diskusi
2 X 50
0%
10
Minggu ke 10
Mampu mensintesis
aspirin
Terampil
mensintesis aspirin
Kriteria:
Partisipasi dinilia saat
perkuliahan dan
praktikum, dilakukan
lewat pengamatan
(bobot 2) Ujian tengah
semester (UTS)
dilakukan untuk
mengases indicator 1-
11 lewat ujian tulis, dan
diberi bobot (2)
Penilaian tugas
terstruktur dan laporan
praktikum dirata-rata,
kemudian diberi bobot
(3) Ujian akhir
semester (UAS)
digunakan untuk
mengukur
ketercapaian indikator
12-19, lewat ujian
praktek dan hasilnya
diberi bobot 3. NA
akhir adalah (nilai
partisipasi") (Nilai
tugas%2 3) (nilai
UTS%2 2) nilai UAS
(3) dibagi 10
Praktikum,
diskusi, tanya
jawab, dan
penugasan
pembuatan
laporan
2 X 50
0%

11
Minggu ke 11
Mampu
mengidentifikasi
jenis-jenis karbohidrat
Terampil
mengidentifikasi
jenis-jenis
karbohidrat
Kriteria:
Partisipasi dinilia saat
perkuliahan dan
praktikum, dilakukan
lewat pengamatan
(bobot 2) Ujian tengah
semester (UTS)
dilakukan untuk
mengases indicator 1-
11 lewat ujian tulis, dan
diberi bobot (2)
Penilaian tugas
terstruktur dan laporan
praktikum dirata-rata,
kemudian diberi bobot
(3) Ujian akhir
semester (UAS)
digunakan untuk
mengukur
ketercapaian indikator
12-19, lewat ujian
praktek dan hasilnya
diberi bobot 3. NA
akhir adalah (nilai
partisipasi") (Nilai
tugas%2 3) (nilai
UTS%2 2) nilai UAS
(3) dibagi 10
Praktikum,
diskusi, tanya
jawab, dan
penugasan
pembuatan
laporan
2 X 50
0%
12
Minggu ke 12
Mampu
mengidentifikasi
protein
Terampil
mengidentifikasi
protein
Kriteria:
Partisipasi dinilia saat
perkuliahan dan
praktikum, dilakukan
lewat pengamatan
(bobot 2) Ujian tengah
semester (UTS)
dilakukan untuk
mengases indicator 1-
11 lewat ujian tulis, dan
diberi bobot (2)
Penilaian tugas
terstruktur dan laporan
praktikum dirata-rata,
kemudian diberi bobot
(3) Ujian akhir
semester (UAS)
digunakan untuk
mengukur
ketercapaian indikator
12-19, lewat ujian
praktek dan hasilnya
diberi bobot 3. NA
akhir adalah (nilai
partisipasi") (Nilai
tugas%2 3) (nilai
UTS%2 2) nilai UAS
(3) dibagi 10
Praktikum,
diskusi, tanya
jawab, dan
penugasan
pembuatan
laporan
2 X 50
0%
13
Minggu ke 13
Mampu melakukan uji
fitokimia
Terampil
melakukan uji
fitokimia
Kriteria:
1.1. Partisipasi dinilia
saat perkuliahan
dan praktikum,
dilakukan lewat
pengamatan (bobot
2)
2.2. Ujian tengah
semester (UTS)
dilakukan untuk
mengases indicator
1-11 lewat ujian
tulis, dan diberi
bobot (2)
3.3. Penilaian tugas
terstruktur dan
laporan praktikum
dirata-rata,
kemudian diberi
bobot (3)
4.4. Ujian akhir
semester (UAS)
digunakan untuk
mengukur
ketercapaian
indikator 12-19,
lewat ujian praktek
dan hasilnya diberi
bobot 3.
5.5. NA akhir adalah
(nilai partisipasi")
(Nilai tugas%2 3)
(nilai UTS%2 2)
nilai UAS (3) dibagi
10
Praktikum,
diskusi, tanya
jawab, dan
penugasan
pembuatan
laporan
2 X 50
0%

14
Minggu ke 14
Mampu membuat
minuman kesehatan
berbasis herbal
Terampil membuat
minuman
kesehatan berbasis
herbal
Kriteria:
Partisipasi dinilia saat
perkuliahan dan
praktikum, dilakukan
lewat pengamatan
(bobot 2) Ujian tengah
semester (UTS)
dilakukan untuk
mengases indicator 1-
11 lewat ujian tulis, dan
diberi bobot (2)
Penilaian tugas
terstruktur dan laporan
praktikum dirata-rata,
kemudian diberi bobot
(3) Ujian akhir
semester (UAS)
digunakan untuk
mengukur
ketercapaian indikator
12-19, lewat ujian
praktek dan hasilnya
diberi bobot 3. NA
akhir adalah (nilai
partisipasi") (Nilai
tugas%2 3) (nilai
UTS%2 2) nilai UAS
(3) dibagi 10
Praktikum,
diskusi, tanya
jawab, dan
penugasan
pembuatan
laporan
2 X 50
0%
15
Minggu ke 15
Mampu melaporkan
hasil praktikum
Terampil
mempresentasikan
laporan hasil
praktikum
Kriteria:
.Partisipasi dinilia saat
perkuliahan dan
praktikum, dilakukan
lewat pengamatan
(bobot 2) Ujian tengah
semester (UTS)
dilakukan untuk
mengases indicator 1-
11 lewat ujian tulis, dan
diberi bobot (2)
Penilaian tugas
terstruktur dan laporan
praktikum dirata-rata,
kemudian diberi bobot
(3) Ujian akhir
semester (UAS)
digunakan untuk
mengukur
ketercapaian indikator
12-19, lewat ujian
praktek dan hasilnya
diberi bobot 3. NA
akhir adalah (nilai
partisipasi") (Nilai
tugas%2 3) (nilai
UTS%2 2) nilai UAS
(3) dibagi 10
Diskusi,
presentasi, tanya
jawab dan
penugasan
2 X 50
0%
16
Minggu ke 16
Ujian akhir semester
untuk mengukur
ketercapaian
kemampuan akhir
mahasiswa
melakukan praktikum
kimia organik
Ujian akhir
semester untuk
mengukur
ketercapaian
indikator
kemampuan
mahasiswa
melakukan
praktikum kimia
organik
Kriteria:
Partisipasi dinilia saat
perkuliahan dan
praktikum, dilakukan
lewat pengamatan
(bobot 2) Ujian tengah
semester (UTS)
dilakukan untuk
mengases indicator 1-
11 lewat ujian tulis, dan
diberi bobot (2)
Penilaian tugas
terstruktur dan laporan
praktikum dirata-rata,
kemudian diberi bobot
(3) Ujian akhir
semester (UAS)
digunakan untuk
mengukur
ketercapaian indikator
12-19, lewat ujian
praktek dan hasilnya
diberi bobot 3. NA
akhir adalah (nilai
partisipasi") (Nilai
tugas%2 3) (nilai
UTS%2 2) nilai UAS
(3) dibagi 10
Ujian praktikum
kimia organik
2 X 50
0%
Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning
NoEvaluasiPersentase
0%
Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan
internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses
pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan
untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan
pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan
bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.

4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati
dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi
pembelajaran mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang
mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian
berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten
dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik
Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative
Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok
bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat
kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
File PDF ini digenerate pada tanggal 23 September 2024 Jam 08:25 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa