PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KERJA  
TERHADAP KINERJA KARYAWAN PUSAT PENDIDIKAN  
KOMPUTER AKUNTANSI IMKA Dl SURAKARTA 
 
Parwanto 
Wahyuddin 
 
Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta 
Jalan A. Yani, Tromol Pos 1, Pabelan, Surakarta 57102 
 
 
ABSTRACT 
Emulation institute education these days very competitive, so that an education institute 
have  to  have  effective  management  and  professional.  Effective  management  and  the 
professional,  not  get  out  of  support  of  all  professional  employees  also.  Go  to 
professional employees and competence in area, management has to pay attention to 
satisfaction  problem  work  in  order  to  improving  employee’s  performance.  Various 
literature  propose  that  employees  performance  influenced  also  by  some  satisfaction 
factor work with background that's in this research is writer chosen Accountancy IMKA 
Computer Education Center in Surakarta as object research. Population all employees 
of is sixty of one who consisted of by one director people, two vice director, and three 
superintendent. Therefore sample in this research as much 45 one who is specified by 
as random sampling. Target which wish reached in this research is to know satisfaction 
factors  work to  employees  performance  and the  most dominant  job  satisfaction factor 
influence employees performance Center Accountancy IMKA and Computer Education 
in Surakarta. From inferential research result that doubledly  is satisfaction factor work 
that  is:  employ,  leadership,  and  the  friend  attitude  work  to  have  an  effect  on  by 
significant  to  employees  performance.  From  equation  regression  with  linear  method 
probability model, showing that biggest variable of influence to employees performance 
is friend attitude variable work. Test together (F) equal to 2.812,102, and R2 [of] equal to 
0,995 %. Meaning three free variable which is in including, 95,5 % can explain variation 
of employees performance variable, while which is 0,5 % explained by other; dissimilar 
variable outside model. 
 
Keywords: employees, equity, discrepancy, job satisfaction. 
 
PENDAHULUAN 
Perusahaan  yang  siap  berkompetisi  harus  memiliki  manajemen  yang  efektif. 
Untuk  meningkatkan  kinerja  karyawan  dalam  manajemen  yang  efektif  memerlukan 
dukungan  karyawan  yang  cakap  dan  kompeten  di  bidangnya.  Di  sisi  lain  pembinaan 
para  karyawan  termasuk  yang  harus  diutamakan  sebagai  aset  utama  perusahaan. 
Proses belajar harus menjadi budaya perusahaan sehingga keterampilan para karyawan 
dapat  dipelihara,  bahkan  dapat  ditingkatkan.  Dalam hal  ini  loyalitas  karyawan  yang 
kompeten harus diperhatikan.  

Karyawan  yang  memiliki  sikap  perjuangan,  pengabdian,  disiplin,  dan 
kemampuan  profesional  sangat  mungkin  mempunyai  pres tasi  kerja  dalam 
melaksanakan tugas sehingga lebih berdaya guna dan berhasil guna. Karyawan yang 
profesional dapat diartikan sebagai sebuah pandangan untuk selalu perpikir, kerja keras, 
bekerja  sepenuh  waktu,  disiplin,  jujur,  loyalitas  tinggi,  dan  penuh  dedikasi  demi  untuk 
keberhasilan pekerjaannya (Hamid, et al., 2003: 40).  
Pengertian  di  atas,  menggambarkan  bahwa  penyempurnaan  di  bidang 
personalia hanya selalu mendapat perhatian untuk menuju karyawan yang profesional 
dengan  berbagai  pendekatan  dan  kebijaksanaan.  Untuk  itu,  diperlukan  adanya 
pembinaan, penyadaran, dan kemauan kerja yang tinggi untuk mencapai kinerja yang 
diharapkan. Apabila karyawan penuh kesadaran bekerja optimal maka tujuan organisasi 
akan lebih mudah tercapai. 
Peningkatan  sikap,  perjuangan,  pengabdian,  disiplin  kerja,  dan  kemampuan 
profesional  dapat  dilakukan  melalui  serangkaian  pembinaan  dan  tindakan  nyata  agar 
upaya  peningkatan  prestasi  kerja  dan  loyalilas  karyawan  dapat  menjadi  kenyataan. 
Salah  satu  faktor  yang  mempengaruhi  loyalitas  karyawan  adalah  kepuasan  kerja 
karyawan. Kepuasan kerja (job satisfaction) adalah keadaan emosional karyawan yang 
terjadi  maupun  tidak  terjadi  titik  temu  antara  nilai  balas  jasa  kerja  karyawan  dan 
perusahaan  atau  organisasi  dengan  tingkat  nilai  balas  jasa  yang  memang  diinginkan 
oleh karyawan yang bersangkutan (Martoyo, 2000:142).  
Dalam  hal  kepuasan  kerja,  Gilmer  (1966)  menyebutkan  faktor-faktor  yang 
mempengaruhi kepuasan  kerja  adalah kesempatan  untuk  maju, keamanan  kerja, gaji, 
perusahaan dan manajemen, faktor intrinsik dan pekerjaan, kondisi kerja, aspek sosial 
dalam pekerjaan, komunikasi, dan fasilitas (Lih.: As'ad, 2003: 114). 
Sementara itu, menurut Heidjrachman dan Husnan mengemukakan beberapa 
faktor  mengenai  kebutuhan  dan  keinginan  pegawai,  yakni:  gaji  yang  baik,  pekerjaan 
yang aman, rekan sekerja yang kompak, penghargaan terhadap pekerjaan, pekerjaan 
yang  berarti,  kesempatan  untuk  maju,  pimpinan  yang adil  dan  bijaksana,  pengarahan 
dan  perintah  yang  wajar,  dan  organisasi  atau  tempat  kerja  yang  dihargai  oleh 
masyarakat (Heidjrachman dan Husnan, 2002: 194).  
Menurut  Loeke  (dalam  Sule,  2002:  211),  kepuasan  atau  ketidakpuasan 
karyawan tergantung pada perbedaan antara apa yang diharapkan. Sebaliknya, apabila 
yang  didapat  karyawan  lebih  rendah  daripada  yang  diharapkan  akan  menyebabkan 
karyawan tidak puas. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan atau ketidakpuasan 

kerja  yaitu:  jenis  pekerjaan,  rekan  kerja,  tunjangan,  perlakuan  yang  adil,  keamanan 
kerja,  peluang  menyumbang  gagasan,  gaji/upah,  pengakuan  kinerja,  dan  kesempatan 
bertumbuh.  
Merujuk pada berbagai pendapat tersebut dapat disimpulkan mengenai faktor-
faktor  yang  mempengaruhi  kepuasan  kerja  karyawan  dalam  rangka  peningkatan 
kinerjanya  adalah:  (a)  faktor  psikologik,  merupakan  faktor  yang  berhubungan  dengan 
kejiwaan  karyawan  yang  meliputi  minat,  ketenteraman  dalam  kerja,  sikap  terhadap 
kerja,  bakat,  dan  keterampilan;  (b) faktor  sosial, merupakan faktor  yang  berhubungan 
dengan interaksi sosial baik sesama karyawan, dengan atasannya, maupun karyawan 
yang berbeda jenis pekerjaannya; (c) faktor fisik, merupakan faktor yang berhubungan 
dengan  kondisi  fisik  lingkungan  kerja  dan  kondisi  fisik  karyawan,  meliputi.  jenis 
pekerjaan,  pengaturan  waktu  kerja  dan  waktu  istirahat,  perlengkapan  kerja,  keadaan 
ruangan, suhu penerangan, pertukaran udara, kondisi kesehatan karyawan, umur, dan 
sebagainya; (d)  faktor finansial, merupakan faktor yang berhubungan dengan jaminan 
serta kesejahteraan karyawan yang meliputi sistem dan besarnya gaji, jaminan sosial, 
macam-macam tunjangan, fasilitas yang diberikan, promosi, dan sebagainya. 
Persoalannya  adalah  bagaimanakah  pengaruh  faktor  kepuasan,  yaitu:  gaji, 
kepemimpinan, dan sikap rekan sekerja terhadap kinerja karyawan  yang terjadi di Pusat 
Pendidikan  Komputer  Akuntansi  IMKA  di  Surakarta.  Oleh  karena  itu,  diperlukan 
penelitian  yang  bertujuan  untuk  mengetahui  faktor-faktor  kepuasan  kerja  itu 
pengaruhnya terhadap kinerja karyawannya. 
Salah satu sasaran penting dalam manajemen sumberdaya manusia pada suatu 
organisasi  adalah  terciptanya  kepuasan  kerja  anggota  organisasi  yang  bersangkutan. 
Kepuasan kerja tersebut diharapkan pencapaian tujuan organisasi akan lebih baik dan 
akurat.  Hasil  penelitian  Herzberg  menyatakan  bahwa faktor  yang  mendatangkan 
kepuasan  adalah  prestasi,  pengakuan,  pekerjaan  itu sendiri,  tanggung  jawab,  dan 
kemajuan (Armstrong, 1994: 71). Pendapat lainnya menyatakan bahwa kepuasan kerja 
adalah  keadaan  emosional  yang  menyenangkan  atau  tidak  menyenangkan  dengan 
mana para karyawan memandang pekerjaan mereka (Handoko, 2001: 193). 
Kepuasan kerja merupakan sikap emosional yang menyenangkan dan mencintai 
pekerjaannya. Sikap ini dicerminkan oleh moral kerja, kedisiplinan, dan prestasi kerja. 
Kepuasan kerja dapat dinikmati dalam pekerjaan, luar pekerjaan, dan kombinasi dalam 
dan luar pekerjaan. Kepuasan dalam pekerjaan adalah kepusasan kerja yang dinikmati 
dalam  pekerjaan  dengan  memperoleh  pujian  hasil  kerja,  penempatan,  perlakuan, 

peralatan,  dan  suasana  lingkungan  kerja  yang  baik. Karyawan  yang  lebih  suka 
menikmati  kepuasan  kerja  dalam  pekerjaan  akan  lebih  mengutamakan  pekerjaannya 
daripada balas jasa walaupun balas jasa itu penting.  
Kepuasan  kerja  di  luar  pekerjaan  adalah  kepuasan  kerja  karyawan  yang 
dinikmati  di  luar  pekerjaan  dengan  besarnya  balas  jasa  yang  akan  diterima  dari  hasil 
kerjanya agar dia dapat membeli kebutuhan-kebutuhannya. Karyawan yang lebih suka 
menikmati  kepuasannya  di  luar  pekerjaan  lebih  mempersoalkan  balas  jasa  daripada 
pelaksanaan  tugas-tugasnya.  Kepuasan  kerja  kombinasi  dalam  dan  luar  pekerjaan 
adalah kepuasan kerja yang dicerminkan oleh sikap emosional yang seimbang antara 
balas  jasa  dengan  pelaksanaan  pekerjaannya.  Karyawan  yang  menikmati  kepuasan 
kerja kombinasi dalam dan luar pekerjaan akan merasa puas jika hasil kerja dan balas 
jasanya dirasa adil dan layak. Tidak ada tolok ukur tingkat kepuasan yang mutlak karena 
setiap individu karyawan berbeda standar kepuasannya. Indikator kepuasan kerja hanya 
dapat  diukur  dengan  kedisiplinan,  moral  kerja,  dan pergantian  (turnover)  kecil  maka 
secara relatif kepuasan kerja karyawan baik. Sebaliknya jika kedisiplinan, moral kerja, 
dan turnover karyawan besar maka kepuasan kerja karyawan di perusahaan berkurang 
(Hasibuan, 2001: 202).  
Teori kepuasan kerja menurut Wesley dan Yulk dapat diterangkan menurut tiga 
macam  teori,  yaitu:  Pertama, discrepancy  theory mengemukakan  bahwa  untuk 
mengukur  kepuasan  kerja  seseorang  dengan  menghitung  selisih  antara  apa  yang 
seharusnya dengan kenyataan yang dirasakan. Kemudian, Locke (1969) menerangkan 
bahwa  kepuasan  kerja  tergantung  pada discrepancy  antara should  he  (expectation, 
needs  atau values)  dengan  apa  yang  menurut  perasaannya  atau  persepsinya  telah 
diperoleh atau dicapai  melalui pekerjaan. Dengan demikian, orang akan merasa puas 
bila  tidak  ada  perbedaan  antara  yang  diinginkan  dengan  persepsinya  atas  kenyataan 
karena  batas  minimum  yang  diinginkan  telah  terpenuhi.  Menurut  penelitian  yang 
dilakukan  oleh  Wanous  dan  Lawler  (dalam  As'ad,  2003:  105)  mengemukakan  bahwa 
sikap  karyawan  terhadap  pekerjaannya  tergantung  pada  bagaimana  ketidaksesuaian 
(discrepancy) yang dirasakan. 
Kedua, equity theory yang  dikembangkan  oleh  Adam  (1963).  Pada  prinsipnya 
teori ini mengemukakan bahwa orang akan merasa puas sepanjang mereka merasa ada 
keadilan  (equity).  Perasaan equity  dan inequity  atas  suatu  situasi  diperoleh  orang 
dengan  cara  membandingkan  dirinya  dengan  orang  lain  yang  sekelas,  sekantor, 
maupun di tempat lain. Teori ini mengidentifikasi elemen-elemen equity meliputi tiga hal, 

yaitu:  (a)  input,  adalah  sesuatu  yang  berharga  yang  dirasakan  oleh  pegawai  sebagai 
masukan terhadap pekerjaannya; (b) out comes, adalah segala sesuatu yang berharga 
yang  dirasakan  sebagai  dari  hasil  pekerjaannya;  (c) comparisons  persona,  adalah 
perbandingan antara input dan out comes yang diperolehnya.  
Ketiga,  Two  factor  theory yang  dikemukakan  oleh  Herzberg  (1966).  Prinsip-
prinsip teori ini adalah bahwa kepuasan dan ketidakpuasan terhadap pekerjaan itu tidak 
merupakan  variabel  yang  kontinyu  (dalam  As'ad,  2003:  108).  Berdasarkan  hasil 
penelitiannya Herzberg membagi situasi yang mempengaruhi sikap seseorang terhadap 
pekerjaannya  menjadi  dua  kelompok  yaitu:  (a) statisfers atau motivator, factor-faktor 
atau  situasi  yang  dibuktikannya  sebagai  sumber  kepuasan  yang  terdiri  dari: 
achievement,  recognition,  work  it  self,  responsibility dan  advancement;  dan  (b) 
dissatifiers atau  hygiene  factors, yaitu  faktor-faktor  yang  terbukti  menjadi  sumber 
ketidakpuasan, seperti: company policy and administration, supervision tehnical, salary, 
interpersonal relations, working condition, job security dan status. 
Secara  historis,  karyawan  yang  mendapatkan  kepuasan  kerja  akan 
melaksanakan pekerjaan dengan baik. Masalahnya adalah terdapatnya karyawan yang 
kepuasan kerjanya tinggi tidak menjadi karyawan yang produktivitasnya tinggi. Banyak 
pendapat  mengemukakan  bahwa  kepuasan  kerja  yang  lebih  tinggi,  terutama  yang 
dihasilkan  oleh  prestasi  kerja,  bukan  sebaliknya.  Prestasi  kerja  lebih  baik 
mengakibatkan penghargaan lebih tinggi. Bila penghargaan tersebut dirasakan adil dan 
memadai,  maka  kepuasan  kerja  karyawan  akan  meningkat  karena  mereka  menerima 
penghargaan dalam proporsi yang sesuai dengan prestasi kerja mereka.  
Kondisi kepuasan atau ketidakpuasan kerja tersebut menjadi umpan balik yang 
akan mempengaruhi prestasi kerja di waktu yang akan datang. Jadi, hubungan prestasi 
dan kepuasan kerja menjadi suatu sistem yang berlanjut. Menurut Strauss dan Sayles 
(1980)  kepuasan  kerja  juga  penting  untuk  aktualisasi  dini.  Karyawan  yang  tidak 
memperoleh  kepuasan  kerja  tidak  akan  pernah  mencapai  kematangan  psikologis  dan 
pada  gilirannya  akan  menjadi  frustasi.  Karyawan  seperti  ini  akan  sering  melamun, 
mempunyai semangat kerja rendah, cepat lelah dan bosan, emosinya tidak stabil, sering 
absen dan tidak melakukan kesibukan yang tidak ada hubungan dengan pekerjaan yang 
harus dilakukan.  
Dessler  (1982)  mengemukakan  karyawan  yang  mendapatkan  kepuasan  kerja 
biasanya  mempunyai  catatan  kehadiran  dan  peraturan yang  lebih  baik,  tetapi  kurang 
aktif  dalam  kegiatan  serikat  karyawan  dan  kadang-kadang  berprestasi  lebih  baik 

daripada karyawan yang tidak memperoleh kepuasan kerja (Lih. Handoko, 2001: 196). 
Oleh  karena  itu,  kepuasan  kerja  mempunyai  arti  penting  baik  bagi  karyawan  maupun 
perusahaan,  terutama  untuk  menciptakan  keadaan  positif  di  lingkungan  kerja 
perusahaan.  
Kepuasan  kerja  merupakan  persoalan  umum  pada  setiap  unit  kerja,  baik  itu 
berhubungan motivasi, kesetiaan ataupun ketenangan bekerja, dan disiplin kerja. Harold 
E.  Burt  mengemukakan  pendapatnya  tentang  faktor-faktor  yang  dapat  menimbulkan 
kepuasan  kerja  adalah: pertama, faktor  hubungan  antarkaryawan,  antara  lain:  (a) 
hubungan  antara  manajer  dengan  karyawan,  (b)  faktor  fisik  dan  kondisi  kerja,  (c) 
hubungan  sosial  di  antara  karyawan,  (d)  sugesti  dari  teman  sekerja,  (e)  emosi  dan 
situasi  kerja.  Kedua,  faktor  indivual,  yaitu  yang  berhubungan  dengan  sikap  orang 
terhadap pekerjaannya, umur orang sewaktu bekerja, dan jenis kelamin. Ketiga, faktor 
luar  (extern),  yang  berhubungan  dengan  keadaan  keluarga  karyawan,  rekreasi, 
pendidikan (training, up grading, dan sebagainya). 
 
METODE PENELITIAN 
Analisis  data  yang  digunakan  untuk  mengetahui  pengaruh  faktor-faktor  yang 
mempengaruhi kepuasan kerja sebagai variabel independen yaitu gaji, kepemimpinan, 
dan sikap rekan sekerja terhadap kinerja karyawan sebagai variabel dependen. Analisis 
regresi  linier  berganda  digunakan  untuk  mengetahui pengaruh  faktor-faktor  kepuasan 
kerja  sebagai  variabel  independen  yaitu  gaji,  kepemimpinan,  dan  sikap  rekan  sekerja 
terhadap variabel dependen (kinerja karyawan).  
Persamaan regresi berganda menurut Sugiyono dan Wibowo (2002: 347) adalah 
sebagai berikut.  
Y     = a + b
1X1+ b2X2 + b3X3 + e.  
Y     = variabel kinerja.  
a     = konstanta regresi berganda.  
b
1, b2, b3,   = koefisien regresi.  
X
1    = variabel gaji.  
X
2     =variabel kepemimpinan.  
X
3    = variabel sikap rekan sekerja. 
   e     = error (variabel bebas lain diluar model reg resi). 
 
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 

Untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor kepuasan kerja yaitu gaji, kepemimpinan, 
dan sikap rekan sekerja terhadap kinerja maka digunakan regresi berganda yaitu: 
1.  Model  Regresi  OLS  (prosedur  kuadrat  terkecil  biasa),  dengan  pengolahan  data 
menggunakan  program  statistik  SPSS  terlampir,  dapat  disusun  model  sebagai 
berikut. 
Kin = 4,004 + 0,340 gaji + 0,319kepm + 0,009 skp  
   (2,135)**  (2,067)**  (0,669)  
R
2
           = 0,267  
F           = 4,986  
Normalitas (JB)       = 8,082  
Heteroskedastisitas (LM test) R
2
  = 0,178  
2.  Model  regresi  LPM  (Linier  Probability  Model)  dari  hasil  pengolahan  data  dengan 
menggunakan  program  SPSS,  diperoleh  hasil  sebagaimana  dapat  dilihat  pada 
rumusan fungsi regresi sebagai berikut.  
Kin = -602+0,002 Gaji+0,004 Kepm+0,006 Sikp  
           (1,578) (2,348)** (4,108)***  
R

  = 99,5%  
F   = 2812,102  
( )   = menunjukkan thitung  
***   = signifikan pada taraf uj i 1 %  
**   = signifikan pada taraf uji 5 % 
Berdasarkan  hasil  uji  tanda  baik  dengan  metode  OLS maupun  LPM 
menunjukkan bahwa seluruh nilai b adalah positif. Artinya, menunjukkan bahwa 
hubungan  semua  aspek  kepuasan  kerja  dan  kinerja  searah,  yaitu  setiap 
peningkatan kepuasan kerja akan meningkatkan kinerja pula. 
Uji signifikansi secara parsial (Uji-t), yaitu untuk mengetahui pengaruh secara 
parsial  dan  masing-masing  variabel.  Hasil print  out  program  SPSS  dengan 
motode OLS diperoleh nilai signifikansi gaji (X
1) = 0,039, kepemimpinan (X2) = 
0,045, dan sikap rekan sekerja (X
3) = 0,507, dengan tingkat keyakinan 95 % atau 
α  =  0,05,  maka  dapat  disimpulkan  terdapat  pengaruh yang  signifikan  antara 
variabel  bebas  gaji  (X
1)  dan  kepemimpinan  (X2)  terhadap  kinerja,  sedangkan 
variabel  sikap  rekan  sekerja (X
3) tidak mempunyai  pengaruh  terhadap  variabel 
terikat kinerja (Y).  

Adapun  pengaruh  masing-masing  variabel  bebas  terhadap  variabel  terikat 
yaitu  kinerja  adalah  gaji  (b
1)  =  0,340;  kepemimpinan  (b2)  =  0,319;  dan  sikap 
rekan sekerja (b
2) = 0,009. Berdasarkan besaran nilai b ketiga koefisien regresi 
tersebut  dapat  diketahui  bahwa  variabel  yang  paling  dominan  pengaruhnya 
adalah variabel gaji dengan nilai b
1 = 0,340.  
Sebaliknya, jika dengan metode LPM terdapat perubahan yaitu diperoleh nilai 
signifikansi  gaji  (X
1)  =  0,1  12;  kepemimpinan  (X2)  =  0,024;  dan  sikap  rekan 
sekerja  (X
3)  =  0,000  dengan  tingkat  keyakinan  99  %  atau  α  =  0,01.  Dengan 
demikian  dapat  disimpulkan  terdapat  pengaruh  yang  signifikan  antara  variabel 
bebas  sikap  rekan  sekerja  (X
2)  terhadap  kinerja  pada  tingkat  keyakinan  95% 
atau  α  =  0,05.  Hasil  ini  menggambarkan  terdapat  pengaruh  yang  signifikan 
antara variabel bebas kepemimpinan (X
2) terhadap kinerja, sedangkan variabel 
gaji (X
1) tidak mempunyai pengaruh terhadap variabel kinerja (Y).  
Adapun  besarnya  pengaruh  dari  masing-masing  variabel  bebas  terhadap 
variabel  terikat  yaitu  kinerja  dengan  metode  OLS  adalah  gaji  (b
1)  =  0,340; 
kepemimpinan (b
2)= 0,319; dan sikap rekan sekerja (b3) = 0,009. Besaran nilai b 
ketiga  koefisien  regresi  tersebut  dapat  diketahui  bahwa  variabel  yang  paling 
dominan  pengaruhnya  adalah  variabel  gaji  dengan  nilai  b
1=  0,340;  sedangkan 
dengan  motode  LPM  terdapat  perubahan  yaitu  variabel  gaji  (b
1)  =  0,002; 
kepemimpinan (b
2) = 0,004; dan sikap rekan sekerja (b3) = 0,006. Besaran nilai b 
ketiga  koefisien  regresi  tersebut  dapat  diketahui  bahwa  variabel  yang  paling 
dominan pengaruhnya adalah menjadi variabel sikap rekan sekerja dengan nilai 
b
3 sebesar 0,006. 
Uji  signifikansi  simultan  (Uji  statistik  F)  untuk  menganalisis  apakah  semua 
variabel bebas yang dimasukkan ke dalam model mempunyai pengaruh secara 
bersama-sama  terhadap  variabel  terikat.  Dengan  metode  OLS  hasil print  out 
SPSS  diperoleh  nilai  F  sebesar  4,986  dengan  signifikansi  0,05  maka  dengan 
derajat  kepercayaan  95  %  atau  α  =  0,05.  Jika  menggunakan  metode  LPM 
diperoleh  nilai  F  sebesar  2812,102  dengan  signifikansi  0,01  pada  derajat 
keyakinan 99% atau α = 0,01 sehingga yang memasukkan tiga variabel tersebut 
di atas adalah sama-sama terbukti berpengaruh secara signifikan. 
Uji koefisien determinasi (R
2
) untuk mengukur seberapa jauh variabel kinerja 
yang  dijelaskan  oleh  tiga  variabel  yaitu  gaji,  kepemimpinan,  dan  sikap  rekan 
sekerja.  Hasil  perhitungan  dengan  metode  OLS  menunjukkan  bahwa  nilai  R
2
 

yaitu  0,267.  Ini  artinya  26.7%  dari  tiga  variabel  tersebut  dapat  menjelaskan 
variabel  kinerja  dan  yang  73,3%  dijelaskan  oleh  variabel  di  luar  model.  Jika 
dengan  metode  LPM    hasil  perhitungan  SPSS  menunjukkan  nilai  R
2
  sebesar 
0,995%.  Ini  artinya,  99,5%  tiga  variabel  bebas  yang  dimasukkan  dapat 
menjelaskan variabel terikat yaitu kinerja sedangkan yang 0,5% dijelaskan oleh 
variabel di luar model.  
 
PENUTUP 
1. Simpulan 
 
Berdasarkan  hasil  analisis  data  di  atas,  dapat  ditarik  menjadi  beberapa 
simpulan sebagai berikut: 
a.  Faktor  kepuasan  kerja,  gaji,  kepemimpinan,  dan  sikap  rekan  sekerja  mempunyai 
pengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan. 
b.  Sikap  rekan  sekerja  merupakan faktor kepuasan  kerja  yang mempunyai  pengaruh 
paling dominan besar dibandingkan variabel lain terhadap kinerja.  
c.  Faktor  kepuasan  kerja,  gaji,  kepemimpinan,  dan  sikap  rekan  sekerja  dapat 
menjelaskan  variasi  kinerja  karyawan  sebesar  99,5  %  sedangkan  sisanya  0,5  % 
dijelaskan oleh faktor kepuasan kerja lain di luar model.  
 
2. Saran 
Menurut hasil penelitian di atas, disarankan kepada perusahaan agar: 
a.  Gaji  didudukkan  sebagai  salah  satu  faktor  kepuasan  kerja  untuk  meningkatkan 
kinerja  karyawan  dan  berpengaruh  secara  signifikan terhadap  pemenuhan 
kebutuhan  biaya  hidup  sehingga  perlu  dipikirkan  adanya  kenaikan  gaji  berkala 
kepada para karyawan.  
b.  Pimpinan  hendaknya  berusaha  untuk  memberikan  perhatian  berupa  penghargaan. 
Penghargaan tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk yang sangat sederhana yaitu 
pujian atas prestasi. Hal ini berpengaruh besar terhadap kinerja karyawan. Pimpinan 
agar terus berusaha meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui pelatihan-
pelatihan  atau  memberi  kesempatan  menempuh  pendidikan  ke  jenjang  yang  lebih 
tinggi. 
c.  Perusahaan memperbaiki sistem penggajian sehingga gaji yang diterima karyawan  
dapat mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.  

 
DAFTAR PUSTAKA 
 
Arikunto, Suharsimi. 2003. ManajemenPenelitian. Jakarta: Rineka Cipta.  
Armstrong, M. 1994. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Media Kompetindo. 
As'ad, M. 2003. Psikologi Industri: Seri Sumber Daya Manusia. Yogjakarta: Liberty. 
Atmojo,  D.S.  2000.  “Pengaruh  Kepuasan  Kerja  terhadap  Kedisiplinan  Karyawan  pada 
Perusda  Objek  Wisata  Tawangmangu”.  Tesis  tidak  Dipublikasikan 
Pascasarjana UMS Surakarta. 
BacaL, R. 2002. Performance Manajemen. Jakarta: Gramedia Pustaka Indonesia. 
Hamid,  E.S.,  Rowi,  Budiman.  2003. Membangun  Profesional  Muhammadiyah. 
Yogjakarta: LPTP Muhammadiyah dan UAD PRESS.  
Handoko,  T.  Hani.  2001. Manajemen  Personalia  dan  Sumber  Daya  Manusia. 
Yogjakarta: BPFE . 
Hasibuan. M. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara Jakarta. 
Hasibuan. M.2003. Morganisasi dan Motivasi: Dasar Pemngkatan Produktivitas. Jakarta: 
Bumi Aksara. 
Heidjrachman dan Suad Husnan. 2002. Manajemen Personalia. Yogjakarta: BPFE. 
Kuncoro, M. 2004. Metode Kuantitatif . Yogjakarta: UPP AMP.  
Martoyo, S. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogjakarta: BPFE.  
Mintardjo,  S.D.  2002.  “Pengoruh  Motivasi  Kerja  dan Keefektifan  Kepemimpinan 
terhadap  Disiplin  Kerja  Pegawai  Kantor  BAPPEDA  Kabupaten  Boyolali”. 
Tesis tidak  Dipublikasikan,  Program  Magister  Manajemen,  Universitas 
Muhammadiyah Surakarta. 
Rusminto,  B.  2001.  Pengaruh  Kepuasan  Kerja  terhadap  Disiplin  Kerja  Aparatur 
Sekretariat  Daerah  Kabupaten  Grobogan.  Tesis tidak  Dipublikasikan, 
Program Magister Manajemen, Universitas Muhammadiyah Surakarta.  
Sekaran, U. 2003. Research Methods for Business. USA: John Wiley & Sons, Inc.  
Setiaji,  B.  2004. Riset  dengan  Pendekatan  Kuantitatif.  Surakarta:  Universitas 
Muhammadiyah Surakarta. 
Siagian,  S.  P.  2002. Manajemen  Sumber  Daya  Manusia.  Jakarta:  Bumi  Aksara 
Indonesia.  
Sudjana. 2002. Metoda Stattistika. Bandung: Tarsito. 
Sugiyono dan Wibowo, E. 2002. Statistik Penelitian. Bandung: Alfabeta.  
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Altabeta.  
Sukardi dan Anwar, S. 2004. Dasar-dasar Perilaku Organisasi. Jogjakarta: UII Press. 
Sule, E. 2002. “Keterkaitan antara Kepuasan Kerja Karyawan dan Kepuasan Pelanggan 
dengan Kinerja Perusahaan” dalam Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol.2, 
No.2, STIE YKPN, Yogjakarta. 

Sunarto.  2005.  “Pengaruh  Faktor-faktor  Kepuasan  Kerja  terhadap  Disiplin  Kerja 
Pegawai Balai Pengelolaan Sumber Daya Air Bengawan Solo di Surakarta”. 
Tesis tidak Dipublikasikan, Program Pascasarjana, UMS Surakarta. 
Tamin,  F.  2002. Pedoman  Pengembangan  Budaya  Kerja.  Jakarta:  Kementerian 
Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia.  
Timpe,  D.A.  1999. Motivasi  Pegawai: Seri  Sumber  Daya  Manusia.  Jakarta:  PT.  Elex 
Media Komputindo. 
Timpe, D.A. 1999. Produktivitas: Seri Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. 
Elex Media Komputindo. 
Wahyuddin,  M..  2004. Industri  dan  Orientasi  Ekspor.  Surakarta:  Muhammadiyah 
University Press. 
Wahyuddin. M. dan Narimo. 2005. “Faktor-faktor Penentu Produktivitas Kerja Pegawai 
Kantor  Sekretariat  Daerah  Kabupaten  Karanganyar:  Pendekatan  LPM  dan 
Multinominal  Logistik  Model.  Jurnal BENEFIT.  Vol.9,  No.1,  Fakultas 
Ekonomu, UMS Surakarta.