Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Biologi
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTERTgl
Penyusunan
Teknik Laboratorium 4620102187 T=2P=0ECTS=3.18 1 22
September
2024
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
....................................... ....................................... Dr. H. Sunu Kuntjoro, S.Si.,
M.Si.
Model
Pembelajaran
Project Based Learning
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL-7 Mampu bekerja secara mandiri dan kolaborasi, serta bertanggung jawab, dalam menyelesaikan berbagai tugas di kelas, di
laboratorium, dan di lapangan.
CPL-9 Mampu secara mandiri untuk bekerja di laboratorium dan mengembangkan keterampilan yang relevan dengan menerapkan
bioetika dan keselamatan kerja
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Matrik CPL - CPMK

CPMK CPL-7 CPL-9
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
Deskripsi
Singkat MK
Tehnik laboratorium mendalami tentang pengertian, jenis dan fungsi laboratorium di sekolah, Perguruan Tinggi dan Instansi; manajemen
laboratorium, berbagai cara penyimpanan serta perawatan alat dan bahan laboratorium, berlatih menggunakan berbagai alat bantu pengamatan,
pengukuran dan analisis, keselamatan kerja, dan membuat Standart Operasional prosedur . Kajian Tehnik laboratorium disertai dengan
berbagai keterampilan proses ( minds on activity dan hands on activity ) yang akan digunakan untuk memecahkan masalah dalam bidang
pengelolaan laboratorium dan aplikatifnya. Pembelajaran disampaikan dengan presentasi, diskusi dan penugasan.
Pustaka Utama :
1.Budipramana, L.S. dan J.D. Budiono. 1993. Teknik Laboratorium. Surabaya
2.Haven, Mary C., Gregory A.Tetrault, Jerald R.Schenken.1995.Laboratory instrumentation. New York: John Wiley&Sons Inc.
3.Indrawan, Irjus. 2015. Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta:Deepublish
4.Singer, Donald C. 2001. A laboratory quality handbook of best practices. United states of America:ASQ Quality Press
Pendukung :
Dosen
Pengampu
Prof. Dr. Mahanani Tri Asri, M.Si.
Prof. Dr. Yuliani, M.Si.
Dr. H. Sunu Kuntjoro, S.Si., M.Si.
Lisa Lisdiana, S.Si., M.Si., Ph.D.
Sisca Desi Prastyaningtias, S.Si., M.Si.
Dr. Wirdatun Nafisah, S.Si., M.Si.
Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & Bentuk Luring (offline) Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)

1
Minggu ke 1
Memahami
pengertian,
peran,jenis dan
manfaat laboratorium
di sekolah, perguruan
tinggi dan instansi
1.Menjelaskan
pengertian,
fungsi dan jenis
laboratorium.
2.Menunjukkan
sikap jujur dan
mandiri selama
proses
pembelajaran
berdasarkan
lembar
observasi
Kriteria:
Soal-soal essay dan
pilihan ganda diases
secara bersama
pada USS dan US
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan
diskusi.
3 X 50
2%
2
Minggu ke 2
Membandingkan
laboratorium sekolah
dan perguruan tinggi
beserta unsur sumber
daya manusia dan
tata tertibnya
1.Membandingkan
laboratorium
sekolah dan
perguruan tinggi
beserta unsur
sumber daya
manusianya
2.Trampil
membuat tata
tertib
laboratorium
Kriteria:
Soal-soal essay dan
pilihan ganda diases
secara bersama
pada USS dan US
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk
Presentasi dan
diskusi.
3 X 50
3%
3
Minggu ke 3
Merencanakan
pembangunan lab.
Beserta sarana dan
prasarana
1.Mengidentifikasi
kebutuhan di
dalam
perencanaan
pembangunan
laboratorium
2.Merencanakan
usulan
pembangunan
lab. beserta
sarana dan
prasarananya
3.Trampil dalam
mengobservasi
laboratorium di
berbagai
instansi
Kriteria:
1.Aktivitas dan
respon
mahasiswa
selama kegiatan
pembelajaran
terutama
praktikum dinilai
sebagai
partisipasi, bobot
20,
2.Soal-soal essay
dan pilihan
gandadiases
secara bersama
pada USS dan
US
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk
Presentasi, diskusi.
dan penugasan
3 X 50
5%
4
Minggu ke 4
Memahami
manajemen peralatan
dan bahan di lab.
Mendiskripsikan
manajemen
peralatan dan
bahan di lab.
Kriteria:
Soal-soal essay dan
pilihan ganda diases
secara bersama
pada USS dan US
Presentasi dan
diskusi.
3 X 50
0%
5
Minggu ke 5
Memahami
administrasi dan
contoh peminjaman
bahan dan alat di
laboratorium
1.Mendiskripsikan
administrasi di
laboratorium
2.Membuat contoh
peminjaman
bahan dan alat
lab untuk
administrasi
Kriteria:
1.USS/UTS bobot
20, Laporan dan
produk praktikum
dinilai sebagai
TUGAS dengan
bobot 30,
Aktivitas dan
respon
mahasiswa
selama kegiatan
pembelajaran
terutama
praktikum dinilai
sebagai
partisipasi, bobot
20,
2.US bobot 30
Presentasi dan
diskusi.
3 X 50
0%
6
Minggu ke 6
Memahami
kesehatan dan
keselamatan kerja di
lab.
Mendiskripsikan
kesehatan dan
keselamatan kerja
di lab.
Kriteria:
Soal-soal essay dan
pilihan ganda diases
secara bersama
pada USS dan US
Presentasi dan
diskusi.
3 X 50
0%
7
Minggu ke 7
Memahami
penanganan limbah
di laboratoium
sekolah dan perti
1.Menjelaskan
tentang berbagai
jenis limbah
2.Menjelaskan
cara
penanganan
limbah
3.Memberikan
usulan
penanganan
limbah di
laboratoium
sekolah dan
perti
Kriteria:
Soal-soal essay dan
pilihan ganda diases
secara bersama
pada USS dan US
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk
Presentasi dan
diskusi.
3 X 50
5%
8
Minggu ke 8
Ujian Sub Sumatif
/UTS
Bentuk Penilaian :
Tes
2 X 50
10%

9
Minggu ke 9
Mendiskripsikan
SOP, langkah
langkah kerja dan
instruksi kerja di lab.
1.Menjelaskan
tentang SOP
2.Mendiskripsikan
langkah langkah
kerja dan
instruksi kerja di
lab.
Kriteria:
Soal-soal essay dan
pilihan ganda diases
secara bersama
pada USS dan US
Presentasi dan
diskusi.
3 X 50
0%
10
Minggu ke 10
Menyusun prosedur
kerja dan
mempraktekkan cara
kerja peralatan lab
dasar
1.Menyusun
prosedur kerja
2.Mempraktekkan
cara kerja
peralatan lab.
Biologi dasar
Kriteria:
Soal-soal essay dan
pilihan ganda diases
secara bersama
pada USS dan US
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk
Observasi,Presentasi
dan diskusi.
3 X 50
10%
11
Minggu ke 11
Mempraktekkan cara
kerja peralatan lab
mikrobiologi
Mempraktekkan
cara kerja peralatan
lab. Mikrobiologi,
dan menyusun
prosedur kerja
Kriteria:
USS/UTS bobot 20
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Observasi,
Presentasi dan
diskusi.
3 X 50
10%
12
Minggu ke 12
Mempraktekkan cara
kerja peralatan lab
ekologi dan
menyusun prosedur
kerja
Mempraktekkan
cara kerja peralatan
lab ekologi dan
menyusun prosedur
kerja
Kriteria:
Soal-soal essay dan
pilihan ganda diases
secara bersama
pada USS dan US
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk
Observasi Presentasi
dan diskusi.
3 X 50
10%
13
Minggu ke 13
Mempraktekkan cara
kerja peralatan lab
fisiologi dan analisis
serta menyusun
prosedur kerja
Mempraktekkan
cara kerja peralatan
lab fisiologi dan
analisis dan
menyusun prosedur
kerja
Kriteria:
Aktivitas dan respon
mahasiswa selama
kegiatan
pembelajaran
terutama praktikum
dinilai sebagai
partisipasi, bobot 20,
US bobot 30Soal-
soal essay dan
pilihan ganda diases
secara bersama
pada USS dan US,
Laporan dan produk
praktikum dinilai
sebagai TUGAS
dengan bobot 30
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk
Observasi,
Presentasi dan
diskusi.
3 X 50
10%
14
Minggu ke 14
Mengkomunikasikan
hasil observasi
mengenai lab di
instansi (tugas projek)
Mengkomunikasikan
hasil observasi
mengenai lab di
instansi
Kriteria:
1.Soal-soal essay
dan pilihan
gandadiases
secara bersama
pada USS dan
US
2.Soal kinerja
dilakukan
terintegrasi
selama
pembelajan
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk
Observasi,Presentasi
dan diskusi.
3 X 50
10%
15
Minggu ke 15
Mengkomunikasikan
hasil observasi
mengenai lab di
instansi (tugas projek)
Mengkomunikasikan
hasil observasi lab
di instansi
Kriteria:
Soal-soal essay dan
pilihan gandadiases
secara bersama
pada USS dan US
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk
Presentasi dan
diskusi.
3 X 50
10%
16
Minggu ke 16 Bentuk Penilaian :
Tes
15%
Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning
NoEvaluasi Persentase
1.Aktifitas Partisipasif 17%
2.Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 58%
3.Tes 25%
100%

Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan
internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses
pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan
untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan
pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat
spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati
dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran
mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang
mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian
berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan
tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik
Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative
Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok
bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat
kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
File PDF ini digenerate pada tanggal 22 September 2024 Jam 02:37 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa