PENGEMBANGAN HANDOUT DIGITAL KAJIAN FISIKA
SEKOLAH

SKRIPSI

Oleh
Irvan Nur Rizki
NIM : 06111181924006
Program Studi Pendidikan Fisika


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU KEPENDIDIKAN
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
2023

Universitas Sriwijaya
ii

PENGEMBANGAN HANDOUT DIGITAL KAJIAN FISIKA SEKOLAH




SKRIPSI



Oleh:

Nama : Irvan Nur Rizki
NIM: 06111181924006
Program Studi Pendidikan Fisika


Mengesahkan




Indralaya, 07 April 2023

Mengetahui
Koordinator Program Studi

Pembimbing




Saparini, S.Pd., M.Pd. Dra. Murniati, M.Si.
NIP.198610052015042002 NIP. 196208281991032020

Universitas Sriwijaya
iii


PERNYATAAN
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : Irvan Nur Rizki
NIM : 06111181924006
Program Studi : Pendidikan Fisika
Menyatakan dengan sungguh-sungguh bahwa skripsi yang berjudul “Pengembangan
Handout Digital Kajian Fisika Sekolah di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas
Sriwijaya” ini adalah benar-benar karya saya sendiri dan saya tidak melakukan
penjiplakan atau pengutipan dengan cara yang tidak sesuai etika keilmuan yang
berlaku sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia
No.17 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan
Tinggi. Apabila dikemudian hari, ada pelanggaran yang ditemukan pada skripsi ini
dan/atau ada pengaduan dari pihak lain terhadap keaslian karya ini, saya bersedia
menanggung sanksi yang dijatuhkan kepada saya.
Demikian pernyataan ini dibuat sungguh-sungguh tanpa pemaksaan dari pihak
manapun.

Indralaya, Maret 2023
Yang membuat Pernyataan


Irvan Nur Rizki
NIM 06111181924006

Universitas Sriwijaya
iv

PRAKATA
Skripsi dengan judul “Pengembangan Handout Digital Kajian Fisika Sekolah di
Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya” disusun untuk memenuhi
salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana pendidikan (S.Pd) pada Program
Studi Pendidika Fisika, FKIP, Universitas Sriwijaya. Dalam mewujudkan skripsi ini,
penulis telah mendapatkan bantuan dari berbagai pihak.
Oleh sebab itu, penulis mengucapkan syukur kepada Allah SWT sehingga mampu
menyelesaikan skripsi ini dengan baik. Ucapan terima kasih kepada Ibu
Dra.Murniati.,M.Si selaku pembimbing skripsi saya sekaligus sosok ibu untuk segala
bimbingan , dorongan, serta bantuan baik dari moril maupun materil yang telah
diberikan selama penulisan skripsi ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada
Dr. Hartono, M.A ., Dekan FKIP Universitas Sriwijaya, Dr. Ketang Wiyono, S.Pd.,
M.Pd, Ketua Jurusan Pendidikan MIPA, dan Saparini, S.Pd., M.Pd., Koordinator
Program Studi Pendidikan Fisika yang telah memberikan kemudahan dalam
pengurusan administrasi selama penulisan skripsi ini. Ucapan terima kasih juga
ditunjukan kepada alm.Muhammad Muslim, S.Pd., M.Si dan Dr. Kistiono., M.T.,
selaku dosen Penguji yang telah memberikan saran untuk penelitian skripsi ini. Ucapan
terima kasih juga ditunjukan kepada Bapak Dr. Ketang Wiyono, S.Pd., M.Pd., dan Ibu
melly Ariska, S.Pd., M.Sc., yang telah bersedia menjadi validator dalam memvalidasi
produk yang diselsaikan dari penelitian ini.
Lebih lanjut, penulis mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tua tercinta,
Bapak Trisno Suwarno dan Ibu Dra.Sudarti, adikku tersayang Syaifudin Zuhri dan
Meilyta salsabila yang telah menemani membantu dari awal perkuliahan hingga saat
ini, dosen-dosen serta staf administrasi pendidikan Fisika, Kak Farid, Mbak Nadia,
Nita Arrum Sari yang telah membantu menyelesaikan Skripsi, teman-teman terbaik
Khodam Skuad, terutama Rafli Fandu R, Akbar Ardi N, M.Aswa A, Ragil Galih S,
Adam Darmawan, Deigo Rafli MA, Iyan Mariska P, Uyun, yang telah membantu
dalam menyelsaikan skripsi ini. Keluarga besar pendidikan fisika angkatan 2019, serta

Universitas Sriwijaya
v

terima kasih kepada kakak dan adik tingkat Himapfis yang telah memberikan do’a,
dukungan, dan bantuan sehingga skripsi ini dapat terselesaikan. Akhir kata, semoga
skripsi ini dapat bermanfaat untuk pembelajaran pada mata kuliah kajian fisika sekolah
atau bidang studi pendidikan fisika.

Indralaya, Maret 2023
Penulis


Irvan Nur Rizki

Universitas Sriwijaya
vi

DAFTAR ISI

Halaman
PRAKATA .................................................................................................................. iv
DAFTAR ISI ............................................................................................................... vi
DAFTAR TABEL ...................................................................................................... ix
DAFTAR GAMBAR ................................................................................................... x
DAFTAR LAMPIRAN .............................................................................................. xi
ABSTRAK ................................................................................................................. xii
BAB I PENDAHULUAN ............................................................................................ 1
1.1 Latar Belakang ........................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah ...................................................................................... 5
1.3 Batasan Masalah ......................................................................................... 5
1.4 Tujuan Masalah .......................................................................................... 6
1.5 Manfaat penelitian ...................................................................................... 6
BAB II TINJAUAN PUSTAKA ................................................................................. 7
2.1 Bahan Ajar .................................................................................................. 7
2.1.1 Pengertian Bahan Ajar ...................................................................... 7
2.1.2 Tujuan, Manfaat serta Fungsi Bahan Ajar ........................................ 8
2.1.3 Jenis Bahan Ajar ............................................................................... 9
2.2 Handout .................................................................................................... 10
2.2.1 Pengertian Handout dan Handout Digital ....................................... 10
2.2.2 Tujuan Handout Digital .................................................................. 11
2.2.3 Proses Pembuatan Handout Digital ................................................ 12
2.3 Praktikum ................................................................................................. 13

Universitas Sriwijaya
vii

2.4 Karakteristik Mata Kuliah Kajian Fisika Sekolah .................................... 15
2.5 Penelitian Pengembangan ......................................................................... 19
2.6 Model Rowntree ...................................................................................... 20
2.7 Prosedur Evaluasi Tessmer ....................................................................... 20
2.8 Kriteria Kesuksesan Bahan Ajar............................................................... 21
2.8.1 Validitas .......................................................................................... 21
2.8.2 Praktikalitas .................................................................................... 22
2.9 Penelitian Relevan .................................................................................... 22
BAB III METODE PENELITIAN .......................................................................... 24
3.1 Metode Penelitian ..................................................................................... 24
3.2 Waktu dan Tempat ................................................................................... 25
3.3 Subjek Penelitian ...................................................................................... 25
3.4 Prosedur penelitian ................................................................................... 25
3.4.1 Tahap Perencanaan .......................................................................... 25
3.4.2 Tahap Pengembangan .................................................................... 25
3.4.3 Tahap Evaluasi ............................................................................... 26
3.5 Teknik Pengumpulan Data ....................................................................... 29
3.5.1. Pengumpulan Data Walkthrough ......................................................... 29
3.6 Teknik Analisis Data ................................................................................ 30
3.6.1. Analisis Data Walkthrough ................................................................. 30
3.6.2. Analisis Data Angket ............................................................................ 31
BAB IV PEMBAHASAN .......................................................................................... 33
4.1 Hasil Penelitian ....................................................................................... 33
4.1.1 Deskripsi Tahap Perencanaan ......................................................... 33
4.1.2 Deskripsi Tahap Pengembangan ..................................................... 36

Universitas Sriwijaya
viii

4.1.3 Deskripsi Tahap Evaluasi ................................................................ 38
4.2 Pembahasan ............................................................................................. 51
4.2.1 Tahap Perencanaan .......................................................................... 51
4.2.1 Tahap Pengembangan ..................................................................... 52
4.2.1 Tahap Evaluasi ................................................................................ 52
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN ................................................................... 54
5.1 Kesimpulan............................................................................................... 54
5.2 Saran ......................................................................................................... 54
DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................................... 55

Universitas Sriwijaya
ix

DAFTAR TABEL

Tabel 2.1 Materi Mata Kuliah Kajian Fisika Sekolah ................................................ 16
Tabel 3.1 Instrumen Penilaian Kelayakan Isi ............................................................. 29
Tabel 3.2 Instrumen Penilaian Bahasa ....................................................................... 29
Tabel 3.3 Instrumen Penilaian Desain ........................................................................ 30
Tabel 3.4 Kriteria Pemberian Skor Validasi dan Angket ........................................... 30
Tabel 3.5 Kriteria Pemberian Skor Validasi Ahli ...................................................... 31
Tabel 3.6 Kriteria Skor Tanggapan Praktikalitas Mahasiswa .................................... 32
Tabel 4.1 Rumusan Tujuan Pembelajaran .................................................................. 34
Tabel 4.2 Hasil Validasi Desain Prototipe-1 .............................................................. 40
Tabel 4.3 Hasil Validasi Bahasa Prototipe-1 .............................................................. 41
Tabel 4.4 Hasil Validasi Isi Prototipe-1 ..................................................................... 41
Tabel 4.5 Komentar/Saran Validator pada Tahap Expert Review .............................. 42
Tabel 4.6 Handout Digital Kajian Fisika Sekolah Sebelum dan Setelah diperbaiki
Pada Tahap Validasi Expert Review ........................................................... 43
Tabel 4.7 Hasi Penilaian Tahap One-to-One Evaluation ........................................... 46
Tabel 4.8 Komentar dan Saran pada Tahap One-to-One Evaluation ......................... 47
Tabel 4.9 Hasi Penilaian Tahap Small Group Evaluation .......................................... 48
Tabel 4.10 Komentar dan Saran Pada Tahap Small Group Evaluation ..................... 49

Universitas Sriwijaya
x

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Alur Prosedur Evaluasi Tessmer ........................................................... 21
Gambar 3.1 Prosedur Pengembangan Handout Digital Kajian Fisika Sekolah ........ 28
Gambar 4.1 Desain Cover Handout Digital Sebelum Revisi .................................... 39
Gambar 4.2 Desain Cover Handout Digital Sesudah Revisi ..................................... 39

Universitas Sriwijaya
xi

DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN A Perangkat Penelitian ......................................................................... 58
LAMPIRAN B Instrumen Penelitian ......................................................................... 68
LAMPIRAN C Administrasi Penelitian .................................................................. 105
LAMPIRAN D Dokumentasi Penelitian ................................................................. 115

Universitas Sriwijaya
xii

ABSTRAK
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (development research)
bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Handout Digital Kajian Fisika Sekolah
di Universitas Sriwijaya yang valid dan praktis. Model yang digunakan pada
penelitian ini adalah model Rowntree dan model evaluasi Tessmer. Pada model
pengembangan Rowntree terdapat tiga tahapan, diantaranya tahapan perencanaan,
pengembangan dan evaluasi. Pada tahap evaluasi terdiri dari empat tahapan, yaitu self
evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation. Teknik
pengumpulan data menggunakan data walkthough dan data angket. Hasil expert review
memenuhi kategori sangat valid dengan skor rata-rata pada aspek validasi isi 5, aspek
bahasa 5, dan aspek desain 4,45. Pada tahap one-to-one evaluation memenuhi kategori
sangat praktis dengan skor rata-rata sebesar 4,62 dan small group evaluation memenuhi
kategori sangat praktis dengan skor rata-rata 4,66. Berdasarkan hasil penelitian bahwa
produk yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis.
Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Handout Digital, Praktikum, Kajian
Fisika Sekolah

Universitas Sriwijaya
1

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Iptek merupakan sebuah indikator yang sangat berperan penting didalam
peningkatan kualitas pendidikan Indonesia pada saat ini era revolusi industri 4.0 ini.
Industri 4.0 dimulai dengan adanya digitalisasi dan otomatisasi di banyak bidang, salah
satunya bidang pendidikan. Meningkatkan hasil pembelajaran dan kualitas
pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan hasil
pembelajaran dan kualitas pembelajaran diantaranya adalah kemampuan dari seorang
pendidik dan sumber belajar yang dipakai selama proses belajar mengajar.(Rianti et
al., 2020). Salah satu sumber bahan ajar dalam pembelajaran yang sering dipakai
diantaranya adalah handout. Suatu handout berisi sebuah ringkasan yang disiapkan
oleh pengajar untuk mempermudah peserta didik dalam proses pembelajaran. (Akhsan
et al., 2021)
Seluruh materi yang sudah tersusun sistematis ada yang tertulis dan ada yang
tidak tertulis dengan tujuan agar memiliki sebuah lingkungan/suasana yang bisa
memungkinkan peserta didik untuk belajar disebut bahan ajar. Dalam bahan ajar
memiliki sebuah aspek penting yang harus dicapai oleh seorng siswa adalah sebuah
pengetahuan, keterampilan serta sikap seorang siswa. Aspek ini nantinya berguna
untuk mencapai standar kompetensi minimum yang ditelah di tetapkan. (Oktarinah et
al., 2016).
Dengan karakter ini, maka peserta didik yang adalah digital native akan lebih
mudah belajar dengan menggunakan teknologi. Mereka akan tertarik dengan bahan ajar
yang dapat diakses dengan menggunakan perangkat digital seperti smartphone.
Penyusunan perangkat bahan ajar berbasis digital ialah kepentingan dalam era
4.0 saat ini. Siswa di era sekarang ini dikenal sebagai digital natives. Siswa atau peserta
didik yang sangat akrab dengan digital natives atau penggunaan perangkat berbasis
digital akan menghabiskan sebagian banyak waktu dengan memakai perangkat digital

Universitas Sriwijaya
2

yang tersedia. Sehingga dalam diri siswa akan terbentuk karakter dimana siswa akan
lebih senang dan merasa mudah belajar dengan teknologi yang semakin maju, seperti
mengakses bahan ajar dengan smartphone.(Faisal et al., 2020)
Banyak bahan ajar yang sering digunakan dalam mengajar oleh seorang
pendidik seperti handout, lks, modul dan buku cetak. Bahan ajar secara universal dapat
dibagi menjadi dua bagian yaitu bahan ajar non cetak serta bahan ajar cetak. Bahan ajar
cetak adalah bahan ajar yang didalamnya memuat materi-materi ajar yang digunakan
baik oleh pendidik ataupun oleh siswa dalam bentuk cetak, seperti halnya buku.
Sedangkan bahan ajar non cetak merupakan bahan ajar yang didalamnya memuat
materi-materi ajar yang digunakan baik oleh pendidik ataupun oleh siswa dalam bentuk
digital atau non cetak, contohnya handout digital. Secara umum bahan ajar cetak lebih
sering kita temui didalam proses pembelajaran. Tetapi seperti era sekarang ini dimana
perkembangan teknologi yang semakin berkembang maju sehingga menuntut siswa
ataupun guru untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi sekarang ini. Sehingga
bahan ajar digital sudah mulai dikembangkan dalam mengikuti kemajuan teknologi
sekarang ini agar memberi kemudahan bagi siswa ataupun pendidik dalam ruang
pembelajaran.
Sesuai dengan pengertian bahan ajar sebelumnya, bahan ajar elektronik adalah
seperangkat bahan multimedia interaktif dan campuran yang disusun secara berurutan
dan sistematis untuk menyajikan kemampuan yang perlu dikuasai siswa dalam proses
pembelajaran. E-book, majalah elektronik atau disebut sebagai e-magazine, CD/DVD
multimedia interaktif, model flash atau slide interaktif, e-learning, merupakan beberapa
contoh bahan ajar berbasis elektronik. Dikarenakan aplikasi ini tidak terpaku hanya
pada tulisan-tulisan saja tetapi juga dapat berisi animasi, video, dan audio, yang dapat
menjadikannya sebagai media pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif,
sehingga pembelajaran tidak monoton.
Materi yang ada di handout ialah suatu komponen-komponen yang diperlukan
saat proses pembelajaran. Berkembangnya pendidikan di Indonesia memberikan
tantangan tersendiri bagi para pendidik agar secara terus menerus untuk berinovasi

Universitas Sriwijaya
3

mulai pendidikan bawah sampai pendidikan perguruan tinggi. Model pembelajaran
yang telah berubah sejak pandemic Covid-19 berkembang menjadi sebuah pendidikan
jarak jauh dimana pembelajaran tersebut dosen dan mahasiswa tidak harus pada tempat
sama. Dalam hal yang seperti ini membuat lebih banyak dalam memilih sumber belajar
yang akan digunakan contohya ialah e-book yang sangat mudah untuk mengaksesnya
dan sekarang ini handout mulai dikembangkan menjadi dalam sebuah bentuk digital.
(Akhsan et al., 2021)
Praktikum adalah proses belajar dimana praktikan bereksperimen dengan
mengalami sendiri apa yang mereka pelajari. Praktikum memiliki keunggulan
dibandingkan metode pengajaran lainnya. Artinya, praktikan memperoleh pengalaman
dan keterampilan langsung melalui sebuah kegiatan pengajaran di ruang laboratorium
yang memfasilitasi kegiatan pembelajaran praktikan secara individu dan kelompok,
dan praktikan belajar memikirkan atau mempraktikkan prosedur kerja berdasarkan
prinsip metode ilmiah. Kegiatan dengan menggunakan metode praktikum selama
proses belajar mengajar memberikan keluluasaan bagi siswa dalam melakukanya
dengan mengikuti suatu proses dalam melakukan praktikum.(Kurniawati et al., 2015)
Salah satu mata kuliah di Pendidikan Fisika yang melakukan praktikum yaitu
mata kuliah Kajian Fisika Sekolah dimana dalam mata kuliah tersebut banyak sekali
praktikum yang dilakukan. Mata kuliah Kajian Fisika Sekolah ini merupakan sebuah
mata kuliah yang wajib di ambil oleh mahasiswa pendidikan fisika Universitas
Sriwijaya pada semester V. mata kuliah Kajian Fisika Sekolah tersebut memiliki
sebuah beban kredit sebesar 3 sks. Deskripsi mata Kuliah Kajian Fisika mencakup
penekanan pada konsep-konsep yang dapat diajarkan secara otentik dan inovatif
melalui pemanfaatan berbagai sumber belajar seperti KIT, teknologi, dan lingkungan.
Siswa kemudian ditugaskan untuk merancang materi pembelajaran yang inovatif dan
berorientasi pada praktik. Materi pokok yang terdapat dalam mata kuliah Kajian Fisika
sekolah ini berupa : Termometer, Gerak Lurus, Pesawat Sederhana, Kerapatan Zat,
Hukum Archimedes, Kesetimbangan Benda Tagar, Gerak Jatuh Bebas, Dinamika

Universitas Sriwijaya
4

Partikel, Tumbukan, Optik, Gelombang Tali, Listrik Dinamis, dan Magnet.(Tim FKIP
Universitas Sriwijaya, 2020)
Dalam perkuliahan mata kuliah Kajian Fisika Sekolah ini dilakukan secara
daring (dalam jaringan) akibat dari adanya pandemi covid-19 sampai saat ini. Sehingga
pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dalam mata kuliah ini khususnya didalam
kegiatan praktikum seluruhnya dilaksanakan secara mandiri dengan panduan yang
sudah disediakan oleh pengajar seperti dengan melihat melalui tutorial youtube, ebook
dan panduan modul praktikum yang sudah disiapkan dalam proses belajar mengajar.
You tube digunakan untuk melihat video petunjuk praktikum yang tersedia, modul
digunakan sebagai petunjuk dalam melakukan praktikum yang akan dilaksanakan
sedangkan ebook digunakan untuk mempelajari konsep dari materi yang digunakan
dalam melakukan praktikum. Pengembangan bahan ajar handout digital Kajian Fisika
Sekolah dipilih oleh peneliti untuk membantu mahasiswa selama proses belajar
mengajar berlangsung. Pengembangan bahan ajar berupa handout digital pada mata
kuliah kajian fisika sekolah ini untuk menjadikan satu kesatuan antara teori pendukung
dan petunjuk praktikum yang sudah ada, serta melengkapinya dengan video petunjuk
penggunaan alat praktikumnya.
Peneliti melakukan analisis dalam pembuatan handout digital pada mahasiswa
yang telah menempuh mata kuliah Kajian Fisika Sekolah. Sehingga peneliti mengambil
mahasiswa angkatan 2019 Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya yang telah selesai
menempuh mata kuliah Kajian Fisika Sekolah dengan memberikan angket analisis
kebutuhan yang dilakukan secara online melalui google formulir sebanyak 48
mahasiswa dari pendidikan fisika di Universitas Sriwijaya angkatan 2019 mendapatkan
hasil 100% mahasiswa kesulitan dalam mempelajari konsep materi kajian fisika
sekolah. Bahan ajar yang digunakan selama proses belajar mengajar dalam perkuliahan
berupa materi dari modul, google, serta tutorial youtube yang terpisah satu sama lain.
Sehingga dalam pertanyaan berikutnya terdapat beberapa pilihan yang bisa dipilih oleh
mahasiswa mengenai penyebab mahasiswa mengalami kesulitan dalam mempelajari
atau memahami konsep materi kajian fisika sekolah. Hasil dari beberapa pilihan

Universitas Sriwijaya
5

tersebut yang dipilih oleh mahasiswa memperoleh hasil sebanyak 60,4% memilih
bahan ajar yang digunakan kurang praktis, 25% memilih bahan ajar yang digunakan
tidak interaktif dan 14,6% memilih bahan ajar yang digunakan terlalu monoton. Hasil
yang diperoleh ini terjadi karena pada mata kuliah kajian fisika sekolah, bahan ajar
yang digunakan berupa modul dan bahan ajar dari internet yang masih sangat
membingungkan. Solusi yang dapat diberikan oleh peneliti yakni menawarkan kepada
mahasiswa terkait bahan ajar yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Pernyataan tersebut
sebanyak 83,3% mahasiswa memilih handout digital, 14,6% memilih e-book, dan 2,1%
memilih buku cetak. Beberapa pernyataan terkait hasil yang didapatkan dari pengisian
angket tersebut perkembangan pada bidang teknologi menyebabkan pola belajar pada
mahasiswa atau peserta didik berubah seiring dengan berkembang pesatnya kemajuan
teknologi. Perkemabangan digital yang semakin maju membuat mahasiswa lebih
memilih belajar dengan bahan ajar digital yang menurut mahasiswa lebih efisien dan
praktis.
Dari latar belakang tersebut, peneliti mencoba dalam mengembangkan sebuah
bahan ajar dalam bentuk handout digital Kajian Fisika Sekolah di Program Studi
Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya.
1.2. Rumusan Masalah
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana mengembangkan
handout digital pada mata kuliah kajian Fisika Sekolah yang valid dan praktis di
Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya?”
1.3. Batasan Masalah
Adapun batasan masalah mengenai penelitian pengembangan handout digital
pada mata kuliah kajian fisika sekolah antara lain:
1. Bahan ajar digital yang dihasilkan berupa handout digital materi kajian fisika
sekolah yang dilengkapi dengan lembar praktikum
2. Materi kajian fisika sekolah yang dikembangkan pada penelitian ini antara lain
Termometer, Gerak Lurus, Pesawat Sederhana, Kerapatan Zat, Hukum

Universitas Sriwijaya
6

Archimedes, Kesetimbangan Benda Tagar, Gerak Jatuh Bebas, Dinamika Partikel,
Tumbukan, Optik, Gelombang Tali, Listrik Dinamis, dan Magnet
1.4. Tujuan Penelitian
Dari rumusan masalah diatas, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
produk digital berupa handout digital kajian fisika sekolah yang valid serta
praktis di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya.
1.5. Manfaat Penelitian
Dari penelitian ini nanti diharapkan bisa bermanfaat :
1. Untuk peneliti, dapat dijadikan pengalaman pengetahuan dalam berkreasi dalam
mengembangkan handout digital Kajian Fisika Sekolah yang valid dan praktis di
Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya.
2. Untuk pendidik atau dosen yang mengampu dalam mata kuliah Kajian Fisika
Sekolah, dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam meningkatkan keterampilan
mahasiswa dan mahasiswi dalam melakukan praktikum dilaboratorium
Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya melalui handout digital Kajian Fisika
Sekolah.
3. Untuk mahasiswa, dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar pada saat
pembelajaran mata kuliah Kajian Fisika Sekolah dengan menggunakan handout
digital yang telah dikembangkan agar lebih memahami konsep materi Kajian
Fisika Sekolah pada saat melakukan praktikum.
4. Untuk peneliti lain, dapat digunakan sebagai bahan tambahan referensi didalam
mengembangkan sebuah bahan ajar agar lebih baik kedepanya.

Universitas Sriwijaya
55

DAFTAR PUSTAKA
Adisendjaja, Y. H. (2008). KEGIATAN PRAKTIKUM DALAM PENDIDIKAN SAINS.
1–14.
Akhsan, H., Rianti, S., Muslim, M., & Ariska, M. (2021). Development of digital
handout on particle wave dualism material. Journal of Physics: Conference
Series, 1816(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1816/1/012006
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD dan MI.
Terbitan Depdiknas.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar (Vol. 1). Depdiknas.
Destiani, D., Ismet, I., & Wiyono, K. (2017). Pengembangan bahan ajar IPA
berorientasi framework science pisa untuk sekolah menengah pertama. Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017 STEM Untuk Pembelajaran SAINS Abad,
21, 654–663.
Faisal, M., Hotimah, Nurhaedah, AP, N., & Khaerunnisa. (2020). Peningkatan
Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di
Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 266–270.
https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/16187%0Ahttp://ojs.unm.ac.id/index.
php/pubpend
Hanum, L. (2017). Perencanaan Pembelajaran. Syiah Kuala University Press
Darussalam.https://www.google.co.id/books/edition/Perencanaan_Pembelajaran/
rpLPDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Abdul,Majid.+2009.+Perencanaan+Pem
belajaran.+Bandung:+PT+Remaja+Rosda&printsec=frontcover
Hayat, M. S., Anggraeni, S., & Redjeki, S. (2011). Pembelajaran berbasis praktikum
pada konsep invertebrata untuk pengembangan sikap ilmiah siswa. Bioma, 1(2),
141–152. https://doi.org/10.1177/0308275X06070122
Hernawan, A. H., Permasih, & Dewi, L. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar.
Depdiknas Jakarta, 1–13.
http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIK
AN/194601291981012-PERMASIH/PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR.pdf

Universitas Sriwijaya
56

Kosasih. (2020). Pengembangan Bahan Ajar . Bumi Aksara.
https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Bahan_Ajar/UZ9OEA
AAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Depdiknas.+(2008).+Panduan+pengembangan+b
ahan+ajar.+Jakarta:+Depdiknas.&printsec=frontcover
Kurniawati, L., Akbar, R. O., & Ali, M. (2015). Keterampilan Berpikir Kritis
Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Sumber Kabupaten Cirebon. Eduma :
Mathematics Education Learning and Teaching, 4 (2)(2), 62–74.
Mawarni, S., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan digital book interaktif mata kuliah
pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mahasiswa teknologi
pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 84.
Muliawati, D. I. (2016). Pengembangan Handout Berbasis Team Assisted
Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi
Pembuatan Etanol Skala Laboratorium SMK Kimia Industri. Journal Inkuiri.
Nana. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR (Siti Nuraisiah (ed.)). Lakeisha.
https://www.google.co.id/books/edition/PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR/o
rQPEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=model+pembelajaran+riandry+2017&pri
ntsec=frontcover
Nasution, S., Afrianto, H., NURFADILLAH SALAM, S. & J., Nim, N., Sadjati, I. M.,
Agent, S. G., Sifat, T., Dan, F., Studi, P., Pangan, T., Pertanian, F. T., Katolik, U.,
Mandala, W., & Aceh, D. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan
Mengajar. Pendidikam, 3(1), 1 –62.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu
Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi
Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas
Muhammadiyah Sidoarjo, 41(20), 1–15.
Oktarinah, O., Wiyono, K., & zulherman, zulherman. (2016). Pengembangan Bahan
Ajar Berbasis Model Pembelajaran Proyek Materi Alat-Alat Optik Untuk Kelas
X Sma. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 80-85–85.

Universitas Sriwijaya
57

Priyanthi, K. A., Dr. Ketut Agustini, S.Si, M. S., & Gede Saindra Santyadiputra, S.T.,
M. C. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi
Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Komunikasi Data. Kumpulan Artikel
Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 40.
Riandry, M. A., Ismet, I., & Akhsan, H. (2017). Developing Statistical Physics Course
Handout on Distribution Function Materials Based on Science, Technology,
Engineering, and Mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 895(1).
https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012047
Rianti, S., Akhsan, H., & Ismet, I. (2020). Development Modern Physics Digital
Handout Based on Technology Literacy. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1),
23. https://doi.org/10.20527/bipf.v8i1.7593
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar
Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di
Sma. Jurnal Kumparan Fisika , 2(3), 145–152.
https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152
Sudjana, N. (1990). Penilaian hasil proses belajar mengajar. (n.p.): Remaja
Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Sugiyono - 2015.pdf (p. 346).
syekhnurjati. (2021). Pengertian Metode Praktikum. 1991, 12–22.
https://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/risetmhs/BAB21414162069.pdf
Tim FKIP Universitas Sriwijaya. (2020). Buku Pedoman Akademik Dan
Kemahasiswaan 2020-2021. FKIP UNIVERSITAS SR IWIJAYA.
http://fkip.unsri.ac.id/wp-content/uploads/2020/09/Buku-Panduan-Akademik-
2020-2021.pdf