SILABUS

No. Dok.

: FPMIPA-KI-SL-28
Revisi : 00
METODE PENELITIAN PENDIDIKAN
KIMIA (KI504)
Tanggal : 21 April 2011
Halaman : 1 dari 3

FPMIPA UPI
Dibuat Oleh :




Prof. Dr. Liliasari, M.Pd
(Koordinator Mata Kuliah)
Diperiksa Oleh :




Dr. H. Wahyu Sopandi, M.A.
(Ketua Program Studi Pend. Kimia)
Disetujui Oleh :




Dr. Ijang Rohman, M.Si.
( Ketua Jurusan Pendidikan Kimia )

Deskripsi Mata Kuliah
Perkuliahan ini bertujuan membekali mahasiswa dengan wawasan, proses, desain dan perangkat
penelitian pendidikan kimia, agar mereka dapat menggunakannya untuk menyusun proposal
penelitian skripsinya. Perkuliahan dilakukan dalam bentuk presentasi mahasiswa dalam
kelompok, diskusi dan tugas-tugas.
Materi pekuliahan meliputi hakikat dan karakteristik penelitian pendidikan, identifikasi masalah,
reviu literatur jurnal mutakhir, proposal dan laporan penelitian, evaluasi laporan penelitian,
desain penelitian, penelitian eksperimen, penelitian kuasi eksperimen, penelitian kuantitatif non-
eksperimen, penelitian kualitatif, penelitian sejarah, etnografi, penelitian tindakan kelas,
beberapa metode penelitian, teknik sampling, pengumpulan dan pemaparan data, dan teknik
analisis data.
Evaluasi perkuliahan terdiri atas tugas mencari dan menganalisis hasil penelitian pendidikan
kimia dari jurnal internasional mutakhir (3 tahun terakhir), penyusunan draf proposal penelitian
(UTS), presentasi ringkasan proposal, rancangan PTK dan revisi proposal (UAS).

1. Identitas Mata kuliah
Nama : Penelitian Pendidikan Kimia
Kode : KI 504
Kredit semester : 3 SKS
Semester : 6
Kelompok Mata Kuliah : MKKU
Program Studi : Pendidikan Kimia
Status : Mata kuliah wajib
Prasyarat : Telah menempuh Belajar dan Pembelajaran Kimia dan Statistika
Dosen : Prof.Dr.Liliasari, M.Pd dan Dr. Hernani, M.Si.

2. Tujuan;
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat:
1) menemukan latar belakang dan masalah penelitian pendidikan kimia
2) mengakses hasil penelitian pendidikan kimia dari jurnal internasional mutakhir dan
menganalisisnya
3) memilih desain dan metode penelitian yang tepat untuk memecahkan masalah dalam
pendidikan kimia
4) memilih dan mengembangkan instrumen penelitian pendidikan kimia
5) memilih cara analisis data hasil penelitian pendidikan kimia yang tepat, serta memilih
statistik yang akan digunakan sesuai dengan karakteristik data

SILABUS

No. Dok.

: FPMIPA-KI-SL-28
Revisi : 00
METODE PENELITIAN PENDIDIKAN
KIMIA (KI504)
Tanggal : 21 April 2011
Halaman : 2 dari 3

FPMIPA UPI
6) merancang proposal penelitian pendidikan kimia
7) merancang penelitian tindakan kelas (PTK)

3. Deskripsi Isi
Materi pekuliahan meliputi hakikat dan karakteristik penelitian pendidikan, identifikasi
masalah, reviu literatur jurnal mutakhir, proposal dan laporan penelitian, evaluasi laporan
penelitian, desain penelitian, penelitian eksperimen, penelitian kuasi eksperimen, penelitian
kuantitatif non-eksperimen, penelitian kualitatif, penelitian sejarah, etnografi, penelitian
tindakan kelas, beberapa metode penelitian, teknik sampling, pengumpulan dan pemaparan
data, teknik analisis data, dan PTK.

4. Pendekatan pembelajaran
Pembelajaran dalam perkuliahan ini dilaksanakan dengan variasi metode analisis bab dan
presentasinya, brousing internet, analisis artikel, merancang proposal penelitian, presentasi
proposal, merancang PTK. Media yang digunakan meliputi buku teks, komputer, LCD-
projector dan artikel jurnal dari internet

5. Evaluasi
Evaluasi meliputi penguasaan materi dalam presentasi, hasil brousing dan analisis artikel, draf
proposal (UTS), presentasi proposal, rancangan PTK, hasil revisi proposal penelitian
pendidikan kimia (UAS) dan Kebijakan dari Dosen Pengampu mata kuliah.

6. Rincian materi kuliah tiap pertemuan
Pertemuan
ke
Materi Metode Pustaka

1 Hakikat dan karakteristik penelitian
pendidikan
Presentasi,
diskusi,
brousing
internet,
reviu hasil
brousing,
latihan
menyusun
proposal,
presentasi
proposal,
merancang
PTK*)
1, 2, 3
Identifikasi masalah penelitian pendidikan
kimia
1, 2, 3
2 Reviu literature 1, 2
Proposal penelitian pendidikan kimia 1, 3
3 Evaluasi laporan penelitian dan desain
penelitian kuantitatif
1, 3
Penelitian eksperimen 1, 2, 3
4 Penelitian kuasi eksperimen 1, 2, 3
Penelitian kuantitatif non-eksperimen 1, 2, 3
5 Penelitian kualitatif 1, 2
Penelitian sejarah 1, 2
6 Penelitian etnografi 1, 2
Mixed-method, pemodelan, delphi-method 1, 3
7 Teknik sampling 1, 2, 3
Pengumpulan dan pemaparan data 1, 2, 3
8 Analisis data: statistic deskriptif 1, 2

SILABUS

No. Dok.

: FPMIPA-KI-SL-28
Revisi : 00
METODE PENELITIAN PENDIDIKAN
KIMIA (KI504)
Tanggal : 21 April 2011
Halaman : 3 dari 3

FPMIPA UPI
Analisis data: statistic inferensial 1, 2
9 Penelitian tindakan kelas (PTK) 3
10-16 Presentasi draf proposal Sebanyak
mungkin

*) Catatan: Brousing internet dan analisis artikel setelah pertemuan ke 2
Tugas menyusun proposal setelah pertemuan ke 7 (setara UTS)
Tugas merancang PTK setelah pertemuan ke 9
Tugas revisi proposal setelah presentasi (setara UAS)

7. Daftar Buku
Buku utama:
1. Wiersma, W and Stephen G.Jurs, (2009) Research Mehods in Education: an
Introduction, ninth ed., Boston : Pearson Education, Inc.
2. McMillan, J.H. and Sally Schumacher.(2001) Research in Education:a Conceptual
Introduction, fifth edition, New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Referensi:
Creswell, J.W.(2008) Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating
Quantitative and Qualitative Research, third edition, New Jersey: Pearson Merrill
Prentice Hall, Ltd.