Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Kimia
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTER Tgl
Penyusunan
Metodologi Penelitian 4720103142 T=3P=0ECTS=4.77 4 27 Maret
2023
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
Prof. Dr. Tukiran, M.Si. Prof. Dr. Suyono, M.Pd. Dr. Amaria, M.Si.
Model
Pembelajaran
Project Based Learning
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Matrik CPL - CPMK

CPMK
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
Deskripsi
Singkat MK
Kajian tentang konsep metode ilmiah dan penerapannya sebagai pola pikir ilmiah dalam penelitian kimia, aturan-aturan dalam penelitian (the
role of research), problem dan hipotesis penelitian, cara-cara menelaah literature kimia, variabel dalam penelitian, cara menuliskan definisi
operasional variable, teknik identifikasi variable manipulasi, variable terikat, dan variable control, desain penelitian, teknik pengumpulan data,
teknik analisa data, teknik pemrosesan data, pedoman penulisan laporan penelitian (skripsi), dan penulisan artikel untuk publikasi ilmiah.
Pustaka Utama :
1.Tuckman, Bruce. W. 1978. Conducting Educational Research. Second Edition. Toronto: Harcourt Brace Jovanovich, Publishers.
2.Tukiran, 2009, Metodologi Penelitian. Bagian I, Penerbit: Unesa University Press, Surabaya.
3.Zainuddin, M. 2001. Metodologi Penelitian. Penerbit: Airlangga University Press, Surabaya.
Pendukung :
1.Priadana, Sidik dan Sunarsi, Denok (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Penerbit: Pascal Books, Tangerang Selatan.
2.Hardani, dkk. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF & KUANTITATIF, Penerbit: CV. Pustaka Ilmu, Yogyakarta.
Dosen
Pengampu
Prof. Dr. Leny Yuanita, M.Kes.
Prof. Dr. Suyono, M.Pd.
Prof. Dr. Tukiran, M.Si.
Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & Bentuk Luring
(offline)
Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)

1
Minggu ke 1
Memahami makna
pengetahuan & ilmu
pengetahuan ilmu
kimia: lingkup &
kedudukan, metode
ilmiah & penelitian
kimia, dan ilmu kimia
dalam khasanah ilmu
pengetahuan
Menjelaskan pengertian
pengetahuan & ilmu
pengethuan ilmu kimia:
lingkup & kedudukan,
metode ilmiah &
penelitian kimia, dan
ilmu kimia dalam
khasanah ilmu
pengetahuan
Kriteria:
Partisipasi saat
perkuliahan dan
diskusi-tanyajawab,
dilakukan lewat
pengamatan (bobot
2).
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah,
diskusi, dan
tanyajawab
3 X 50
menit
Materi: BAB II
PENGANTAR
METODOLOGI
PENELITIAN
Pustaka:
Tukiran, 2009,
Metodologi
Penelitian.
Bagian I, Unesa
University Press.
Materi: Bab 1
PENGETAHUAN
Pustaka:
Priadana, Sidik
dan Sunarsi,
Denok (2021).
METODE
PENELITIAN
KUANTITATIF.
Penerbit: Pascal
Books,
Tangerang
Selatan.
5%
2
Minggu ke 2
Memahami aturan-
aturan dalam
penelitian (The role of
research).
1.Mengidentifikasi
aturan-aturan untuk
memenuhi validitas
internal.
2.Mengidentifikasi
aturan-aturan untuk
memenuhi validitas
eksternal.
3.Mendeskripsikan
hubungan antara
validitas internal dan
validitas eksternal.
4.Mendeskripsikan
karakteristik proses
penelitian.
5.Mengidentifikasi
tahap-tahap di
dalam proses
penelitian.
6.Mengidentifikasi
pertimbangan-
pertimbangan etika
dalam penelitian dan
resolusinya.
Kriteria:
Partisipasi saat
perkuliahan dan
diskusi-tanyajawab,
dilakukan lewat
pengamatan (bobot
2).
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah,
diskusi, dan
tanyajawab
3 X 50
menit
Materi: Chapter
1 The Role of
Research
Pustaka:
Tuckman, Bruce.
W. 1978.
Conducting
Educational
Research.
Second Edition.
Toronto:
Harcourt Brace
Jovanovich,
Publishers.
5%
3
Minggu ke 3
Memahami peranan
literatur dalam
penelitian kimia,
struktur literatur
ilmiah ilmu kimia, dan
pedoman praktis
penelusuran literatur
kimia.
1.Mampu
menjelaskan
tentang peranan
literatur dalam
penelitian kimia.
2.Mampu membuat
struktur literatur
ilmiah ilmu kimia.
3.Mampu membuat
dan menjelaskan
pedoman praktis
penelusuran literatur
kimia.
Kriteria:
1.Partisipasi saat
perkuliahan dan
diskusi-
tanyajawab,
dilakukan lewat
pengamatan
(bobot 2).
2.Penilaian tugas
sesuai dengan
masing-masing
topic (bab) diberi
nilai dengan
bobot (3).
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk
Ceramah,
diskusi,
tanyajawab,
dan
penugasan
3 X 50
menit
Materi: Literatur
Kimia
Pustaka:
Tukiran, 2009,
Metodologi
Penelitian.
Bagian I,
Penerbit: Unesa
University Press,
Surabaya.
5%

4
Minggu ke 4
Memahami
bagaimana
melakukan identifikasi
dan merumuskan
formula suatu
masalah penelitian
1.Mampu
menjelaskan
Penelitian dan
Masalah Penelitian.
2.Mampu
menyebutkan
karakteristik
masalah penelitian
yang baik.
3.Mampu melakukan
identifikasi dan
formulasi masalah
penelitian.
Kriteria:
1.Partisipasi saat
perkuliahan dan
diskusi-
tanyajawab,
dilakukan lewat
pengamatan
(bobot 2).
2.Penilaian tugas
sesuai dengan
masing-masing
topic (bab) diberi
nilai dengan
bobot 3.
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk
Ceramah, diskusi
tanyajawab, dan
penugasan.
3 X 50 menit
Materi: BAB IV
SUMBER
MASALAH,
KEPEKAAN
TERHADAP
MASALAH, CIRI
DAN
IDENTIFIKASI
MASALAH
PENELITIAN
Pustaka:
Tukiran, 2009,
Metodologi
Penelitian.
Bagian I,
Penerbit: Unesa
University Press,
Surabaya.
Materi: Chapter
2 Selecting a
Problem
Pustaka:
Tuckman, Bruce.
W. 1978.
Conducting
Educational
Research.
Second Edition.
Toronto:
Harcourt Brace
Jovanovich,
Publishers.
5%
5
Minggu ke 5
Memilih dan
memahami sebuah
problem dan
membangun hipotesis
1.Memilih sebuah
masalah penelitian
didasarkan pada
kepraktisan maupun
ketertarikan.
2.Mengidentifikasi
hipotesis general
dan hipotesis
spesifik, dan
observasi-observasi,
serta
mendeskripsikan
perbedaan-
perbedaannya.
3.Mengkonstruksi
hipotesis-hipotesis
alternatif dari
sebuah rumusan
masalah (problem
statement).
4.Menetapkan
kepatutan/kelayakan
sebuah hipotesis
menggunakan
deduksi dan induksi.
5.Mengidentifikasi
konsep-konsep,
memberi definisi
operasional, yang
dapat digunakan
untuk
menggeneralisasi
hipotesis.
6.Mengkonstruksi
sebuah hipotesis nol
dari sebuah
hipotesis yang
diberikan dalam
bentuk positif.
Kriteria:
1.Partisipasi saat
perkuliahan dan
diskusi-
tanyajawab,
dilakukan lewat
pengamatan
(bobot 2).
2.Penilaian tugas
sesuai dengan
masing-masing
topic (bab) diberi
nilai dengan
bobot 3.
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk
Ceramah, diskusi,
tanyajawab, dan
penugasan
3 x 50 menit
Materi: BAB VI
KERANGKA
TEORI DAN
HIPOTESIS
PENELITIAN
Pustaka:
Tukiran, 2009,
Metodologi
Penelitian.
Bagian I,
Penerbit: Unesa
University Press,
Surabaya.
Materi: Chapter
4 Identifying and
Labeling
Variables dan
Chapter 5
Constructing
Hypotheses and
Meta-Analyses
Pustaka:
Tuckman, Bruce.
W. 1978.
Conducting
Educational
Research.
Second Edition.
Toronto:
Harcourt Brace
Jovanovich,
Publishers.
5%

6
Minggu ke 6
Mengidentifikasi dan
mendefinisi variable
penelitian.
1.Mengidentifikasi
variabel-variabel
penelitian dan
mendefinisikan satu
demi satu lima
macam variabel:
bebas, tergantung,
moderator, kontrol,
dan intervening.
2.Mendeskripsi
karakteristik dari
setiap jenis variabel.
3.Menyatakan
beberapa faktor
yang harus
dipertimbangkan di
dalam mendefinisi
variabel-variabel.
Kriteria:
1.Partisipasi saat
perkuliahan dan
diskusi-
tanyajawab,
dilakukan lewat
pengamatan
(bobot 2).
2.Penilaian tugas
sesuai dengan
masing-masing
topic (bab) diberi
nilai dengan
bobot 3.
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk
Ceramah, diskusi,
tanyajawab, dan
penugasan
3 X 50 menit
Materi: Chapter
4 Identifying and
Labeling
Variables
Pustaka:
Tuckman, Bruce.
W. 1978.
Conducting
Educational
Research.
Second Edition.
Toronto:
Harcourt Brace
Jovanovich,
Publishers.
5%
7
Minggu ke 7
Memahami dan
membangun definisi
operasional dari
variabel-variabel
penelitian.
1.Mengidentifikasi
alasan-alasan
(reasons) dan
situasi-situasi untuk
mengkonstruksi
definisi operasional
variabel-variabel.
2.Membedakan
antara definisi-
definisi operasional
dan jenis-jenis
definisi yang lain.
3.Menyatakan (state)
standar minimal
dapat diobservasi
untuk dimasukkan
dalam sebuah
definisi operasional.
4.Mengkonstruksi tiga
macam definisi-
definisi operasional
yang berbeda
(Construct three
different types of
operational
definitions).
5.Mengkonstruksi
prediksi-prediksi dari
hipotesisi-hipotesis.
Kriteria:
1.Partisipasi saat
perkuliahan dan
diskusi-
tanyajawab,
dilakukan lewat
pengamatan
(bobot 2).
2.Penilaian tugas
sesuai dengan
masing-masing
topic (bab) diberi
nilai dengan
bobot 3.
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk
Ceramah, diskusi,
tanyajawab, dan
penugasan
3 X 50 menit
Materi: Chapter
6 Constructing
Operational Defi
nitions of
Variables
Pustaka:
Tuckman, Bruce.
W. 1978.
Conducting
Educational
Research.
Second Edition.
Toronto:
Harcourt Brace
Jovanovich,
Publishers.
5%
8
Minggu ke 8
Ujia Tengah
Semester
Ujia Tengah SemesterKriteria:
Ujian Sub Sumatif
(USS) dilakukan satu
kali mengases
semua indicator yang
relevan lewat ujian
tertulis, dirata-rata
dan diberi bobot (2).
Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Tulis
(Essay
dan/atau
pilihan
ganda)
3 X 50
menit
Materi: Bab 1-6
Pustaka:
Tuckman, Bruce.
W. 1978.
Conducting
Educational
Research.
Second Edition.
Toronto:
Harcourt Brace
Jovanovich,
Publishers.
Materi: Bab 1-6
Pustaka:
Tukiran, 2009,
Metodologi
Penelitian.
Bagian I,
Penerbit: Unesa
University Press,
Surabaya.
Materi: Bahan
terkait
Pustaka:
Zainuddin, M.
2001. Metodologi
Penelitian.
Penerbit:
Airlangga
University Press,
Surabaya.
Materi: Semua
materi pada
pertemuan 1-7
Pustaka:
15%

9
Minggu ke 9
Mengidentifikasi
teknik-teknik untuk
memanipulasi dan
mengontrol variabel.
1.Mengidentifikasi
alasan-alasan untuk
menggunakan
sebuah kelompok
kontrol.
2.Mengidentifikasi dan
mendiskripsi
sumber-sumber dari
validitas internal dan
validitas eksternal
yang mana
pemanfaatan dari
sebuah kelompok
kontrol adalah suatu
usaha untuk
mengatasi.
3.Mendeskripsi
prosedur
pengontrolan untuk
melawan berbagai
sumber
ketidakvalidan.
4.Mengidentifikasi
dalam sebuah
nukilan penelitian
yang diberikan,
prosedur yang
digunakan untuk
pengontrolan dalam
rangka melawan
berbagai sumber
ketidak-validan dan
mendeskripsikan
adequasinya
(kecukupannya). 5.
Mendeskripsi
prosedur untuk
menentukan apakah
sebuah manipulasi
telah berhasil.
5.Mendeskripsi
prosedur untuk
menentukan apakah
sebuah manipulasi
telah berhasil.
Kriteria:
Partisipasi saat
perkuliahan dan
diskusi-tanyajawab,
dilakukan lewat
pengamatan (bobot
2).
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah,
diskusi, dan
tanyajawab
3 X 50
menit
Materi: Chapter
7 Applying
Design Criteria:
Internal and
External Validity
Pustaka:
Tuckman, Bruce.
W. 1978.
Conducting
Educational
Research.
Second Edition.
Toronto:
Harcourt Brace
Jovanovich,
Publishers.
5%

10
Minggu ke 10
Membangun desain
penelitian
1.Membedakan
antara rancangan
praeksperimen,
rancangan
eksperimen
sungguhan, dan
rancangan
eksperimen semu
mendasarkan pada
kecukupannya untuk
menagani berbagai
macam ancaman
terhadap validitas.
2.Mengkonstruksi
rancangan
eksperimen
sungguhan
termasuk rancangan
faktorial untuk
memberikan
prediksi-prediksi.
3.Mengidentifikasi
keadaan-keadaan
(sekitar) yang
menghendaki agar
atau mengharuskan
penggunaan
rancangan quasi
eksperimen.
4.Mengidentifikasi
ancaman-ancaman
terhadap validitas
karena tidak adanya
pengontrolan yang
lengkap oleh tiap-
tiap rancangan
quasi eksperimen.
5.Mengkonstruksi
rancangan quasi
eksperimen untuk
memberikan
prediksi-prediksi dan
keadaan-keadaan
spesifik dalam
situasi yang mana
menghindari
digunakannya
eksperimen
sungguhan.
6.Mendeskripsi
keadaan-keadaan
(sekitar) yang
menghendaki agar
atau mengharuskan
digunakannya
rancangan
kelompok kriterion
(standar) atau
rancangan co-
relational.
7.Mengkonstruksi
rancangan-
rancangan untuk
mengontrol efek
reaktif, memberikan
prediksi-prediksi,
dan situasi-situasi
dalam mana
masing-masing efek
dapat berpengaruh.
Kriteria:
1. Partisipasi saat
perkuliahan dan
diskusi-tanyajawab,
dilakukan lewat
pengamatan (bobot
2).
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah,
diskusi, dan
tanyajawab
3 X 50
menit
Materi: Chapter
8 Experimental
Research
Designs
Pustaka:
Tuckman, Bruce.
W. 1978.
Conducting
Educational
Research.
Second Edition.
Toronto:
Harcourt Brace
Jovanovich,
Publishers.
Materi: BAB VIII
PENYUSUNAN
INSTRUMEN
PENELITIAN
Pustaka:
Tukiran, 2009,
Metodologi
Penelitian.
Bagian I,
Penerbit: Unesa
University Press,
Surabaya.
5%

11
Minggu ke 11
Membangun desain
penelitian
1.Membedakan
antara rancangan
praeksperimen,
rancangan
eksperimen
sungguhan, dan
rancangan
eksperimen semu
mendasarkan pada
kecukupannya untuk
menagani berbagai
macam ancaman
terhadap validitas.
2.Mengkonstruksi
rancangan
eksperimen
sungguhan
termasuk rancangan
faktorial untuk
memberikan
prediksi-prediksi.
3.Mengidentifikasi
keadaan-keadaan
(sekitar) yang
menghendaki agar
atau mengharuskan
penggunaan
rancangan quasi
eksperimen.
4.Mengidentifikasi
ancaman-ancaman
terhadap validitas
karena tidak adanya
pengontrolan yang
lengkap oleh tiap-
tiap rancangan
quasi eksperimen.
5.Mengkonstruksi
rancangan quasi
eksperimen untuk
memberikan
prediksi-prediksi dan
keadaan-keadaan
spesifik dalam
situasi yang mana
menghindari
digunakannya
eksperimen
sungguhan.
6.Mendeskripsi
keadaan-keadaan
(sekitar) yang
menghendaki agar
atau mengharuskan
digunakannya
rancangan
kelompok kriterion
(standar) atau
rancangan co-
relational.
7.Mengkonstruksi
rancangan-
rancangan untuk
mengontrol efek
reaktif, memberikan
prediksi-prediksi,
dan situasi-situasi
dalam mana
masing-masing efek
dapat berpengaruh.
Kriteria:
1. Partisipasi saat
perkuliahan dan
diskusi-tanyajawab,
dilakukan lewat
pengamatan (bobot
2).
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah,
diskusi, dan
tanyajawab
3 X 50
menit
Materi: Chapter
8 Experimental
Research
Designs
Pustaka:
Tuckman, Bruce.
W. 1978.
Conducting
Educational
Research.
Second Edition.
Toronto:
Harcourt Brace
Jovanovich,
Publishers.
Materi: BAB VIII
PENYUSUNAN
INSTRUMEN
PENELITIAN
Pustaka:
Tukiran, 2009,
Metodologi
Penelitian.
Bagian I,
Penerbit: Unesa
University Press,
Surabaya.
5%
12
Minggu ke 12
Mengidentifikasi dan
mendeskripsi
prosedur untuk
observasi dan
pengukuran
1.Mengidentifikasi dan
mendeskripsi
pendekatan-
pendekatan yang
berbeda untuk
mengestimasi
reliabilitas alat ukur.
2.Mengidentifikasi dan
mendeskripsi
pendekatan-
pendekatan yang
berbeda untuk
mengestimasi
validitas alat ukur.
Kriteria:
Partisipasi saat
perkuliahan dan
diskusi-tanyajawab,
dilakukan lewat
pengamatan (bobot
2).
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah,
diskusi, dan
tanyajawab
3 X 50
menit
Materi: Chapter
10 Identifying
and Describing
Procedures for
Observation and
Measurement
Pustaka:
Tuckman, Bruce.
W. 1978.
Conducting
Educational
Research.
Second Edition.
Toronto:
Harcourt Brace
Jovanovich,
Publishers.
5%

13
Minggu ke 13
Mampu
menggunakan
analisis statistika
1.Memilih sebuah uji
statistika yang
cocok untuk
bermacam-macam
kombinasi-konbinasi
variabel dan tingkat-
tingkat pengukuran
yang berbeda.
2.Menghitung rerata,
median, dan standar
deviasi.
3.Menganalisis data
dan melaporkan
temuan-temuan
statistik
menggunakan
berbagai cara
analisis data.
Kriteria:
Partisipasi saat
perkuliahan dan
diskusi-tanyajawab,
dilakukan lewat
pengamatan (bobot
2).
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan
tanyajawab
3 X 50 menit
Materi: Chapter
12 Carrying Out
Statistical
Analyses
Pustaka:
Tuckman, Bruce.
W. 1978.
Conducting
Educational
Research.
Second Edition.
Toronto:
Harcourt Brace
Jovanovich,
Publishers.
5%
14
Minggu ke 14
Menggunakan
prosedur-prosedur
pemrosesan data.
1.Mendemonstrasikan
prosedur
pengkodean dan
pemberian nama
data.
2.Mengidentifikasi
program-program
komputer yang
dapat digunakan
untuk analisis data
dan mendeskripsi
karakteristiknya.
3.Mendeskripsi dan
menginterpretasi
output komputer
(printout).
Kriteria:
Partisipasi saat
perkuliahan dan
diskusi-tanyajawab,
dilakukan lewat
pengamatan (bobot
2).
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan
tanyajawab
3 X 50 menit
Materi: Chapter
11 Constructing
and Using
Questionnaires,
Interview
Schedules, and
Survey Research
(Tuckman, 1978)
Pustaka:
Tuckman, Bruce.
W. 1978.
Conducting
Educational
Research.
Second Edition.
Toronto:
Harcourt Brace
Jovanovich,
Publishers.
5%
15
Minggu ke 15
Memahami cara-cara
menyusun sebuah
laporan penelitian,
termasuk skripsi,
tesis, dan disertasi
1.Menulis sebuah
proposal penelitian
yang meliputi bagian
pengantar dan
bagian metode.
2.Melaporkan contoh-
contoh tabel-tabel
untuk
mengilustrasikan
rancangan
eksperimen.
3.Melaporkan contoh-
contoh gambar dan
garfik untuk
menggambarkan
sebuah hasil
analisis.
Kriteria:
1.Partisipasi saat
perkuliahan dan
diskusi-
tanyajawab,
dilakukan lewat
pengamatan
(bobot 2).
2.Penilaian tugas
sesuai dengan
masingmasing
topic (bab) diberi
nilaidengan bobot
3.
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk
Ceramah, diskusi,
tanyajawab, dan
penugasan
3 X 50 menit
Materi: Chapter
13 Writing a
Research Report
Pustaka:
Tuckman, Bruce.
W. 1978.
Conducting
Educational
Research.
Second Edition.
Toronto:
Harcourt Brace
Jovanovich,
Publishers.
Materi: BAB IX
SISTEMATIKA
PROPOSAL
PENELITIAN
Pustaka:
Tukiran, 2009,
Metodologi
Penelitian.
Bagian I,
Penerbit: Unesa
University Press,
Surabaya.
5%

16
Minggu ke 16
Ujian AKhir SemesterUjian Sumatif Kriteria:
1.Tes Sumatif
(UAS) dilakukan
satu kali
mengases semua
indicator yang
relevan lewat
ujian tertulis,
dirata-rata dari
tim dosen
masing-masing
pembina MK
Metpen dan diberi
bobot (3).
2.NA adalah (nilai
Partisipasi x2)
ditambah (nilai
Tugas x 3)
ditambah (nilai
UTS x 2)
ditambah (nilai
UAS x 3) dibagi
10.
Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Tulis
(Essay
dan/atau
pilihan
ganda)
2 X 50
15%
Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning
NoEvaluasi Persentase
1.Aktifitas Partisipasif 55%
2.Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 15%
3.Tes 30%
100%
Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan
internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses
pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan
untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan
pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan
bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati
dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi
pembelajaran mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang
mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian
berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten
dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik
Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative
Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok
bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat
kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
RPS ini telah divalidasi pada tanggal 1 Maret 2024
Koordinator Program Studi S1
Kimia
Dr. Amaria, M.Si.
NIDN 0029066401
UPM Program Studi S1 Kimia
Amalia Putri Purnamasari, S.Si.,
M.Si.
NIDN 0023089106
File PDF ini digenerate pada tanggal 23 September 2024 Jam 08:32 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa