RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI - STMIK JAKARTA STI&K

Tanggal Penyusunan Tanggal revisi -

Fakultas -
Program Studi Sistem Informasi
Jenjang Sarjana (S1)
Kode dan Nama MK MI-15307 TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM
SKS dan Semester SKS 3 Semester 7 (TUJUH)
Prasyarat -
Status Mata Kuliah [✓ ] Wajib [ ] Pilihan
Dosen Pengampu Raden Budiarto, Joko Trianto, Sriyono







Capaian
Pembelajaran
Mata Kuliah


Sikap
Perilaku benar dan berbudaya sebagai hasil dari
internalisasi dan aktualisasi nilai dan norma yang tercermin
dalam kehidupan spiritual dan sosial melalui proses
pembelajaran

Ketrampilan
Umum
Mahasiswa mampu menerapkan beberapa bentuk pengujian
sistem serta mampu menganalisis, mengevaluasi dan
interpretasi hasil pengujian serta mampu
mengimplementasikan sistem yang telah diuji


Pengetahuan
Mahasiswa mampu mengetahui dan mengerti konsep dan
strategi testing dan implementasi sistem yang diperoleh
melalui penalaran dalam proses pembelajaran, pengalaman
kerja dan penelitian yang terkait dengan pembelajaran.

Ketrampilan
Khusus
Mahasiswa mampu menerapkan beberapa bentuk pengujian
sistem seperti unit testing, vulnerability testing atau
white/black box testing
Deskripsi Umum
(Silabus)
Mata kuliah Jaringan Komputer merupakan mata kuliah wajib yang membahas
tentang dasar-dasar jaringan. Mata kuliah ini mempelajari konsep/materi dasar
jaringan dan bentuk-bentuk penerapan teknologi LAN.

Metode
Pembelajaran
1. Ceramah/Kuliah Pakar ✓ 4. Praktik Laboratorium
2. Problem Based Learning/FGD ✓ 5. Self-Learning (V-Class)
3. Project Based Learning ✓ 6. Lainnya: ..........................
Pengalaman
Belajar/Tugas
a. Tayangan Presentasi ✓ c. Online exercise/kuiz (V-class)
b. Review textbook/Jurnal ✓ d. Laporan ✓
e. Lainnya: ..........

Referensi / Sumber
Belajar
1. Software engineering : a practitioner’s approach (8th Edition), Roger.S.
Pressman, MC Graw Hill, 2015
2. Software engineering (10th Edition), Ian Sommerville, Addison-Wesley, 2014

Minggu Kemampuan Akhir yang
Diharapkan
Bahan Kajian (Materi Pelajaran) Metode/Bentuk
Pembelajaran
Waktu Belajar
(Menit)
Kriteria Penilaian
(Indikator)
Bobot
Nilai (%)
Sumber
belajar
1. • Mahasiswa dapat
menjelaskan konsep dasar
penguiian sistem
• Mahasiswa memahami
hubungan antara testing
dengan kualitas software, dan
pentingnya testing bagi
organisasi software
1. Definisi Testing & Kualitas
2. Hubungan Testing & Kualitas
3. Faktor-Faktor Kualitas Secara
Umum
4. Pentingnya Kualitas Software bagi
Organisasi
- Ceramah
- Discovery Learning
2 x 50 Kuis
Dimensi : Pemahaman

Penilaian kompetensinya :
- Sangat memuaskan
- Memuaskan
- Batas
- Kurang memuaskan
2 % 1, 2
2. • Mahasiswa mengenal,
mengerti dan memahami
akan macam-macam software
testing secara garis besar
• Mahasiswa memahami
objektif dari software testing
Pengenalan dan macam-macam
bentuk testing
1. White box
2. Black Box
3. Grey Box
4. Unit testing
5. Integration Testing
6. Sistem Testing
7. Regression Testing
8. Dsb.
Tujuan Tetsing, Prinisp pareto,
prinsip testing. Validasi dan verifikasi
- Ceramah
- Discovery Learning
2 x 50 Laporan dan
Komunikasi
Dimensi :
1. Kelengkapan laporan
2. Kebenaran laporan
3. Komunikasi tertulis
3a. Bahasa paper
3b. Kerapian paper
4. Komunikasi lisan
4a. Isi
4b. Organisasi
4c. Gaya presentasi

Penilaian kompetensinya :
- Sangat memuaskan
- Memuaskan
- Batas
- Kurang memuaskan
- Di bawah standar
3 % 1, 2
3. Mahasiswa dapat memahami
dasar-dasar metode disain test
case dan mampu membuat disain
test case untuk whitebox testing
Desain Test Case White Box Testing
1. Difinisi Test Case
2. Pengantar White Box Testing
3. Cakupan Pernyataan, Cabang, &
Jalur
4. Basis Path Testing
5. Cyclomatic Complexity
6. Graph Matrix
7. Control Structure Testing
8. Data Flow Testing
9. Loop Testing
10. Line Of Code
11. Halstead’s Metric
- Ceramah
- Discovery Learning
2 x 50 Laporan dan
Komunikasi
Dimensi :
1. Kelengkapan laporan
2. Kebenaran laporan
3. Komunikasi tertulis
3a. Bahasa paper
3b. Kerapian paper
4. Komunikasi lisan
4a. Isi
4b. Organisasi
4c. Gaya presentasi

Penilaian kompetensinya :
8% 1, 2

- Sangat memuaskan
- Memuaskan
- Batas
- Kurang memuaskan
- Di bawah standar

4. Mahasiswa dapat memahami
dasar-dasar metode disain test
case dan mampu membuat disain
test case untuk blackbox testing
Desain Test Case Black Box
Testing
1. Pengantar Black Box Testing
2. Dekomposisi Kebutuhan untuk
Testing Sistematis
3. Graph Based Testing
4. Equivalence Partitioning
5. Boundary Value Analysis
6. Cause Effect Graphing Techniques
7. State Transition Testing
8. Orthogonal Array Testing
9. Functional Analysis
10. Use Cases
- Ceramah
- Discovery Learning
2 x 50 Kuis
Dimensi : Pemahaman

Penilaian kompetensinya :
- Sangat memuaskan
- Memuaskan
- Batas
- Kurang memuaskan

Laporan dan
Komunikasi
Dimensi :
1. Kelengkapan laporan
2. Kebenaran laporan
3. Komunikasi tertulis
3a. Bahasa paper
3b. Kerapian paper
4. Komunikasi lisan
4a. Isi
4b. Organisasi
4c. Gaya presentasi

Penilaian kompetensinya :
- Sangat memuaskan
- Memuaskan
- Batas
- Kurang memuaskan
- Di bawah standar
13% 1, 2
5. Mahasiswa dapat memahami
dasar-dasar metode disain test
case selain white box / Black box
Desain Test Case Lainnya
1. Comparison Testing
2. Test Factor Analysis
3. Risk Based Testing
4. Syntax Testing
5. Cross Functional Testing
6. Operational Profiling
7. Table & Array Testing
- Ceramah
- Discovery Learning
2 x 50 Laporan dan
Komunikasi
Dimensi :
1. Kelengkapan laporan
2. Kebenaran laporan
3. Komunikasi tertulis
3a. Bahasa paper
3b. Kerapian paper
4. Komunikasi lisan
4a. Isi
4b. Organisasi
4c. Gaya presentasi
5% 1, 2

Penilaian kompetensinya :
- Sangat memuaskan
- Memuaskan
- Batas
- Kurang memuaskan
- Di bawah standar

6. Mahasiswa dapat memahami berbagai
bentuk pengujian keamanan seperti
penetration testing dan vulnerability.
Vulnerability testinng:
1. SQL Injection
2. XSS, CSRF
3. Session hijacking
4. Cookies thief
5. URL manipulation
6. Fake Request
7. Denials of Service
8. Brute Force
- Ceramah
- Discovery Learning
- Diskusi kelompok
(untuk beragam
jenis Jaringan
Komputer)
2 x 50 Laporan dan
Komunikasi
Dimensi :
1. Kelengkapan laporan
2. Kebenaran laporan
3. Komunikasi tertulis
3a. Bahasa paper
3b. Kerapian paper
4. Komunikasi lisan
4a. Isi
4b. Organisasi
4c. Gaya presentasi

Penilaian kompetensinya :
- Sangat memuaskan
- Memuaskan
- Batas
- Kurang memuaskan
- Di bawah standar
5% 1, 2
7. Review Materi Peninjauan ulang materi bahasan kuliah
menjelang Ujian Tengah semester,
mencakup semua materi secara garis
besar. Mengingat mata kuliah ini Ujian
Utama. Peninjauan materi dapat diberikan
dalam bentuk tugas atau kuis.
- Ceramah
- Discovery Learning
2 x 50 Laporan dan
Komunikasi
Dimensi :
1. Kelengkapan laporan
2. Kebenaran laporan
3. Komunikasi tertulis
3a. Bahasa paper
3b. Kerapian paper
4. Komunikasi lisan
4a. Isi
4b. Organisasi
4c. Gaya presentasi

Penilainan kompetensinya :
- Sangat memuaskan
- Memuaskan
- Batas
- Kurang memuaskan
- Di bawah standar
8% 1, 2

UJIAN TENGAH SEMESTER
8. Mahasiswa memahami tentang
konsep strategi testing dan
pendekatan-pendekatan yang
dapat digunakan dalam
menentukan strategi unit testing
Unit Testing
1. Pendekatan Strategi Testing
2. Isu-Isu Strategi Testing
3. Metode Unit Testing
4, Alat Bantu Unit Testing
- Ceramah
- Discovery Learning
2 x 50 Kuis
Dimensi : Pemahaman

Penilaian kompetensinya :
- Sangat memuaskan
- Memuaskan
- Batas
- Kurang memuaskan

Laporan dan
Komunikasi
Dimensi :
1. Kelengkapan laporan
2. Kebenaran laporan
3. Komunikasi tertulis
3a. Bahasa paper
3b. Kerapian paper
4. Komunikasi lisan
4a. Isi
4b. Organisasi
4c. Gaya presentasi

Penilaian kompetensinya :
- Sangat memuaskan
- Memuaskan
- Batas
- Kurang memuaskan
- Di bawah standar
13% 1, 2
9. Mahasiswa memahami tentang
pendekatan-pendekatan yang dapat
digunakan dalam menentukan strategi
integration
Integration Testing
1. Pengantar Integration Testing
2. Top Down Integration
3. Bottom Up Integration
4. Regression Testing
5. Smoke Testing
6. Dokumentasi Integration Testing
7. Pengantar Validation Testing
8. Kriteria Validation Testing
9. Review Konfigurasi
10. Alpha dan Beta Testing
- Ceramah
- Discovery Learning
2 x 50 Kuis
Dimensi : Pemahaman

Penilaian kompetensinya :
- Sangat memuaskan
- Memuaskan
- Batas
- Kurang memuaskan

Laporan dan
Komunikasi
Dimensi :
1. Kelengkapan laporan
2. Kebenaran laporan
3. Komunikasi tertulis
12% 1, 2

P3a. Bahasa paper
3b. Kerapian paper
4. Komunikasi lisan
4a. Isi
4b. Organisasi
4c. Gaya presentasi

Penilaian kompetensinya :
- Sangat memuaskan
- Memuaskan
- Batas
- Kurang memuaskan
- Di bawah standar

10. TIK :
Mahasiswa memahami tentang
pendekatan-pendekatan yang dapat
digunakan dalam menentukan strategi
sistem testing dan debugging
System Testing & Debugging
1. Pengantar System Testing
2. Recovery Testing
3. Stress Testing
4. Performance Testing
5. Penyebab Bug Muncul
6. Seni Debugging
7. Pendekatan Debugging
- Ceramah
- Discovery Learning
2 x 50 Laporan dan
Komunikasi
Dimensi :
1. Kelengkapan laporan
2. Kebenaran laporan
3. Komunikasi tertulis
3a. Bahasa paper
3b. Kerapian paper
4. Komunikasi lisan
4a. Isi
4b. Organisasi
4c. Gaya presentasi

Penilaian kompetensinya :
- Sangat memuaskan
- Memuaskan
- Batas
- Kurang memuaskan
- Di bawah standar
8% 1, 2
11. • Mahasiswa dapat memahami
anomali pada basis data dan UI
• Mahasiswa memahami
berbagai teknik pengujian pada
basis data dan user interface
Database & User Interface Testing
1. Anomali pada basis data
2. Anomali pada user interface
3. Pengujian performa basis data
4. Pengujian user interface
- Ceramah
- Discovery Learning
2 x 50 Laporan dan
Komunikasi
Dimensi :
1. Kelengkapan laporan
2. Kebenaran laporan
3. Komunikasi tertulis
3a. Bahasa paper
3b. Kerapian paper
4. Komunikasi lisan
4a. Isi
4b. Organisasi
4c. Gaya presentasi
5% 1, 2

Penilainan kompetensinya :
- Sangat memuaskan
- Memuaskan
- Batas
- Kurang memuaskan
- Di bawah standar

12. Pengujian mobile & web Applications
• Mahasiswa dapat memahami
teknik pengujian pada aplikasi
mobile
• Mahasiswa memahami teknik
pengujian pada aplikasi
berbasis web
1. Panduan dan strategi pengujian
aplikasi berbasis mobile dan
web
2. Area dan metrik pengujian
3. Pengujian interaksi pengguna
- Ceramah
- Discovery Learning
- Diskusi kelompok
2 x 50 Laporan dan
Komunikasi
Dimensi :
1. Kelengkapan laporan
2. Kebenaran laporan
3. Komunikasi tertulis
3a. Bahasa paper
3b. Kerapian paper
4. Komunikasi lisan
4a. Isi
4b. Organisasi
4c. Gaya presentasi

Penilaian kompetensinya :
- Sangat memuaskan
- Memuaskan
- Batas
- Kurang memuaskan
- Di bawah standar
7% 1, 2
13. Mahasiswa memahami tentang
siklus hidup testing dalam siklus
hidup software
Siklus Hidup Testing &
Software

1. Aktifitas & Produk Testing
2. Integrasi Testing ke Dalam Siklus
Hidup Software
3. Testing dengan Review
4. Testing Kebutuhan
5. Testing Disain Sistem
6. Otomatisasi Testing
- Ceramah
- Discovery Learning
2 x 50 Laporan dan
Komunikasi
Dimensi :
5. Kelengkapan laporan
6. Kebenaran laporan
7. Komunikasi tertulis
3a. Bahasa paper
3b. Kerapian paper
8. Komunikasi lisan
4a. Isi
4b. Organisasi
4c. Gaya presentasi

Penilaian kompetensinya :
- Sangat memuaskan
- Memuaskan
- Batas
- Kurang memuaskan
- Di bawah standar
6% 1,2

14. Review Materi Review material bahasan kuliah
menjelang Ujian Utama, mencakup semua
materi secara garis besar. Mengingat
mata kuliah ini Ujian Utama
- Latihan
- Preesentasi Tugas
2 x 50 Laporan dan
Komunikasi
Dimensi :
1. Kelengkapan laporan
2. Kebenaran laporan
3. Komunikasi tertulis
3a. Bahasa paper
3b. Kerapian paper
4. Komunikasi lisan
4a. Isi
4b. Organisasi
4c. Gaya presentasi

Penilainan kompetensinya :
- Sangat memuaskan
- Memuaskan
- Batas
- Kurang memuaskan
- Di bawah standar
6% 1, 2
15. UJIAN AKHIR SEMESTER