Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTERTgl
Penyusunan
Statistika Ekonomi 2 8722003016 T=3P=0ECTS=4.77 3 22
September
2024
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
....................................... ....................................... Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.
Model
Pembelajaran
Project Based Learning
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Matrik CPL - CPMK

CPMK
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
12345678910111213141516
Deskripsi
Singkat MK
Mata kuliah ini berisi tentang pengertian statistik inferensial; probabilitas; Sampling dan distribusi sampling; estimasi
statistik; uji hipotesis; Analisis Varians; Uji Chi Square; statistik non parametrik. Dengan mempelajari mata kulah ini,
mahasiswa mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya,
berdasarkan hasil analisis informasi dan data
Pustaka Utama :
1.
Supangat, A. 2007. Statistika. Penerbit Kencana: Jakarta.
Algifari. 2003. Staistik Induktif.Penerbit UPP AMP YKPN: Yogyakarta
Atmaja, L.S.. 2009. Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi. Penerbit Andi: Yogyakarta
Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Penerbit Alfabeta: Bandung.
Pendukung :
Dosen
Pengampu
Dr. Lucky Rachmawati, S.E., M.Si.
Rachma Indrarini, S.EI., M.SEI.
Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan
belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & BentukLuring
(offline)
Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)

1
Minggu ke 1
Mahasiswa
memahami cakupan
materi statistik
inferensial
Mahasiswa
mampu
memahami
cakupan materi
statistik
inferensial
Kriteria:
Mahasiswa dapat
menelusuri
kembali memori
(kognitif)
mengenai konsep
dasar statistika
Ceramah
Diskusi
3 X 50
0%
2
Minggu ke 2
Mahasiswa mampu
memahami
probabilitas
1.Mahasiswa
mampu
memahami
pengertian
Probabilitas
2.Mahasiswa
mampu
memahami
nilai
Probabilitas
dari suatu
kejadian
3.Mahasiswa
mampu
menghitung
dan
menentukan
nilai
probabilitas
4.Mahasiswa
mampu
memahami
macam-
macam
Probabilitas
Ceramah
Diskusi
3 X 50
0%
3
Minggu ke 3
Mahasiswa mampu
memahami
sampling dan
distribusi sampling
1.Mahasiswa
mampu
memahami
pengertian
Distribusi
Sampling
2.Mahasiswa
mampu
memahami
probability
sampel
3.Mahasiswa
mampu
memahami
on
Probability
Sampel
4.Mahasiswa
mampu
memahami
distibusi
sampling
dari mean
5.Mahasiswa
mampu
memahami
distibusi
sampling
dari proporsi
6.Mahasiswa
mampu
memahami
distibusi
sampling
dari
perbedaan
dan
penjumlahan
Ceramah
Diskusi
3 X 50
0%

4
Minggu ke 4
Mahasiswa mampu
memahami dan
menganalisis
estimate statistik
1.Mahasiswa
mampu
memahami
dan
menganalisis
pengertian
dan Konsep
Dasar
Estimasi
2.Mahasiswa
mampu
memahami
dan
menganalisis
pendugaan
Mean
Populasi
3.Mahasiswa
mampu
memahami
dan
menganalisis
pendugaan
persentase
populasi
4.Mahasiswa
mampu
memahami
dan
menganalisis
pendugaan
Varians
Populasi
Ceramah
Diskusi
3 X 50
0%

5
Minggu ke 5
Mahasiswa mampu
mempelajari,
menerapkan dan
menganalisis
pengujian hipotesis
1. Mahasiswa
mampu
memahami
pengertian
Hipotesis 2.
Mahasiswa
mampu
memahami
perumusan
Hipotesis 3.
Mahasiswa
mampu
memahami
langkah-langkah
Umum dalam
Pengujian
Hipotesis 4.
Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
hipotesis
mengenai mean
dengan Sampel
Besar (n≥30) 5.
Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
hipotesis
mengenai mean
dengan Sampel
Kecil (n<30) 6.
Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
Hipotesis
Mengenai
Proporsi 7.
Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
Hipotesis Beda
Dua Mean
Dengan Sampel
Besar (n1;n2
≥30) 8.
Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
Hipotesis Beda
Dua Mean
Dengan Sampel
Kecil (n1;n2<
30) 9.
Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
Hipotesis Beda
Dua Mean
Untuk Observasi
Berpasangan
10. Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
Hipotesis Beda
Dua Proporsi
Ceramah
Diskusi
3 X 50
0%

6
Minggu ke 6
Mahasiswa mampu
mempelajari,
menerapkan dan
menganalisis
pengujian hipotesis
1. Mahasiswa
mampu
memahami
pengertian
Hipotesis 2.
Mahasiswa
mampu
memahami
perumusan
Hipotesis 3.
Mahasiswa
mampu
memahami
langkah-langkah
Umum dalam
Pengujian
Hipotesis 4.
Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
hipotesis
mengenai mean
dengan Sampel
Besar (n≥30) 5.
Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
hipotesis
mengenai mean
dengan Sampel
Kecil (n<30) 6.
Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
Hipotesis
Mengenai
Proporsi 7.
Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
Hipotesis Beda
Dua Mean
Dengan Sampel
Besar (n1;n2
≥30) 8.
Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
Hipotesis Beda
Dua Mean
Dengan Sampel
Kecil (n1;n2<
30) 9.
Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
Hipotesis Beda
Dua Mean
Untuk Observasi
Berpasangan
10. Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
Hipotesis Beda
Dua Proporsi
Ceramah
Diskusi
3 X 50
0%

7
Minggu ke 7
Mahasiswa mampu
mempelajari,
menerapkan dan
menganalisis
pengujian hipotesis
1. Mahasiswa
mampu
memahami
pengertian
Hipotesis 2.
Mahasiswa
mampu
memahami
perumusan
Hipotesis 3.
Mahasiswa
mampu
memahami
langkah-langkah
Umum dalam
Pengujian
Hipotesis 4.
Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
hipotesis
mengenai mean
dengan Sampel
Besar (n≥30) 5.
Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
hipotesis
mengenai mean
dengan Sampel
Kecil (n<30) 6.
Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
Hipotesis
Mengenai
Proporsi 7.
Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
Hipotesis Beda
Dua Mean
Dengan Sampel
Besar (n1;n2
≥30) 8.
Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
Hipotesis Beda
Dua Mean
Dengan Sampel
Kecil (n1;n2<
30) 9.
Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
Hipotesis Beda
Dua Mean
Untuk Observasi
Berpasangan
10. Mahasiswa
mampu
memahami dan
menganalisis uji
Hipotesis Beda
Dua Proporsi
Ceramah
Diskusi
3 X 50
0%
8
Minggu ke 8
UTS UTS
3 X 50
0%
9
Minggu ke 9
Mahasiswa mampu
memahami dan
menganalisis
Analisis Varians
1.Mahasiswa
mampu
memahami
Pengertian
Analisis
Varians
2.Mahasiswa
mampu
memahami
dan
menganalisis
Anova Satu
Arah
3.Mahasiswa
mampu
memahami
dan
menganalisis
Anova dua
arah
Ceramah
Diskusi
3 X 50
0%

10
Minggu ke 10
Mahasiswa mampu
memahami dan
menganalisis
Analisis Varians
1.Mahasiswa
mampu
memahami
Pengertian
Analisis
Varians
2.Mahasiswa
mampu
memahami
dan
menganalisis
Anova Satu
Arah
3.Mahasiswa
mampu
memahami
dan
menganalisis
Anova dua
arah
Ceramah
Diskusi
3 X 50
0%
11
Minggu ke 11
Mahasiswa mampu
memahami dan
menganalisis Uji
Chi Square
1.Mahasiswa
mampu
memahami
pengertian
uji Chi
Square
2.Mahasiswa
mampu
menghitung,
memahami
dan
menganalisis
nilai Chi
Square
Ceramah
Diskusi
3 X 50
0%
12
Minggu ke 12
Mahasiswa mampu
memahami dan
menganalisis Uji
Chi Square
1.Mahasiswa
mampu
memahami
pengertian
uji Chi
Square
2.Mahasiswa
mampu
menghitung,
memahami
dan
menganalisis
nilai Chi
Square
Ceramah
Diskusi
3 X 50
0%
13
Minggu ke 13
Mahasiswa mampu
memahami dan
menganalisis
statistik non
parametrik lainnya
1.Mahasiswa
mampu
memahami
dan
menganalisis
Mann-
Whitney test
2.Mahasiswa
mampu
memahami
dan
menganalisis
Wilcoxon
test
3.Mahasiswa
mampu
memahami
dan
menganalisis
Friedman
test
4.Mahasiswa
mampu
memahami
dan
menganalisis
Kruskal-
Wallis test
Ceramah
Diskusi
3 X 50
0%

14
Minggu ke 14
Mahasiswa mampu
memahami dan
menganalisis
statistik non
parametrik lainnya
1.Mahasiswa
mampu
memahami
dan
menganalisis
Mann-
Whitney test
2.Mahasiswa
mampu
memahami
dan
menganalisis
Wilcoxon
test
3.Mahasiswa
mampu
memahami
dan
menganalisis
Friedman
test
4.Mahasiswa
mampu
memahami
dan
menganalisis
Kruskal-
Wallis test
Ceramah
Diskusi
3 X 50
0%
15
Minggu ke 15
Mahasiswa mampu
memahami dan
menganalisis
statistik non
parametrik lainnya
1.Mahasiswa
mampu
memahami
dan
menganalisis
Mann-
Whitney test
2.Mahasiswa
mampu
memahami
dan
menganalisis
Wilcoxon
test
3.Mahasiswa
mampu
memahami
dan
menganalisis
Friedman
test
4.Mahasiswa
mampu
memahami
dan
menganalisis
Kruskal-
Wallis test
Ceramah
Diskusi
3 X 50
0%
16
Minggu ke 16
UAS UAS
3 X 50
0%
Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning
NoEvaluasiPersentase
0%
Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi
yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya
yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-
Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap,
ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata
kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.

4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat
diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan
bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan
terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran
dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi
penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik
Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang
setara.
9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed
Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode
lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok
dan sub-pokok bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional
dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
File PDF ini digenerate pada tanggal 22 September 2024 Jam 03:11 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa