Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Biologi
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTERTgl
Penyusunan
Parasitologi 4620102140 Mata Kuliah
Pilihan Program
Studi
T=2P=0ECTS=3.18 7 16 Agustus
2022
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
Reni Ambarwati, M.Sc Rofiza Yolanda, Ph.D Dr. H. Sunu Kuntjoro, S.Si.,
M.Si.
Model Pembelajaran Project Based Learning
Capaian Pembelajaran (CP)CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL-5 Mampu mengomunikasikan ide-ide ilmiah, baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan media
komunikasi yang tepat sesuai sasaran, sebagai bekal belajar sepanjang hayat untuk pengembangan diri
secara akademik.
CPL-7 Mampu bekerja secara mandiri dan kolaborasi, serta bertanggung jawab, dalam menyelesaikan berbagai
tugas di kelas, di laboratorium, dan di lapangan.
CPL-12 Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dasar biologi yang relevan dengan sains dan matematika untuk
memahami fenomena dan isu-isu sains terkini dan menerapkannya dalam pemecahan masalah
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK - 1 Menguasai konsep dasar mengenai ilmu parasit dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
CPMK - 2 Mengaplikasikan konsep ataupun teori parasitologi yang telah dikuasai guna memberikan solusi terhadap
permasahan yang terjadi sesuai dengan bidang keahliannya
CPMK - 3 Merancang, melaksanakan survei lapangan terkait keberadaan organisme parasit dan
mendokumentasikan/menuangkannya dalam bentuk tulisan ilmiah/paper
CPMK - 4 Memiliki jiwa dan semangat ecopreneurship,peneliti ataupun mengontrol kualitas yang dapat dikembangkan
dan diaplikasikan terkait dengan parasitologi
CPMK - 5 Mengkomunikasikan hasil penemuan-penemuan ataupun tinjauan kepustakaan ilmiah yang dituangkan
dalam bentuk seminar maupun tertulis dalam bentuk artikel ilmiah/prosiding
CPMK - 6 Memiliki kemampuan dan sikap bekerja yang baik (mandiri/tim), jujur dan bertanggung jawab dalam
mengaplikasikan konsep dan prinsip ilmu parasitologi
Matrik CPL - CPMK

CPMK CPL-5 CPL-7 CPL-12
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
CPMK-4
CPMK-5
CPMK-6
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
12345678910111213141516
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
CPMK-4
CPMK-5
CPMK-6
Deskripsi Singkat MK Mata kuliah ini membahas tentang semua organisme parasit, khususnya mempelajari organisme parasit yang tergolong
hewan parasit, meliputi: protozoa, helminth, arthropoda, insekta dan jamur, baik yang zoonosis ataupun anthroponosis.
Cakupan parasitologi meliputi taksonomi, morfologi, siklus hidup parasit, serta patologi dan epidemiologi penyakit yang
ditimbulkannya. Materi disampaikan dengan pendekatan student centered dalam kegiatan praktik dan tugas yang diberikan
dalam bentuk proyek penelitian yang dilakukan mahasiswa secara jujur dan mandiri.
Pustaka Utama :
1.Bendryma SS, Koesdarto S, Sosiawati SM, Kusnoto. 2011. Buku Ajar Ilmu Penyakit Helminth . Surabaya: Airlangga
University Press.
2.Chiodini, PL. Moody, AH, Manser, DW. 2001. Atlas of Helminthology and Protozoology. Fourth Edition. London:
Churchill Livingstone.
3.Ideham B, Pusarawati S. 2007. Helminthologi Kedokteran . Surabaya: Airlangga University Press.
4.Noble ER, Noble GA. 1989. Parasitologi Biologi Parasit Hewan . Diterjemah oleh drh. Wardiarto. Yogyakarta: Penerbit
Gadjah Mada University Press
5.Prasetyo H. 2005. Atlas Berwarna, Protozoologi Kedokteran . Surabaya: Airlangga University Press
6.Prasetyo H. 2007. Pengantar Praktikum Protozoologi Kedokteran . Edisi Kedua. Surabaya: Airlangga University Press.
7.Soedarto. 2007. Sinopsis Kedokteran Tropis . Surabaya: Airlangga University Press.
8.Anderson, C.A. 2000. Nematode Parasites of Vertebrates: Their Development and Transmission. 2nd Edition. UK:
Cabi Publising
9.Deigendesch, N., Nunez, J.C. dan Stenzel, W. 2017. Parasitic and fungal infections. Dalam Kovacs, G.G. dan
Alafuzoff, I. (eds.), Handbook of Clinical Neurology: Neuropathology, 145: 245-262
10.Fikriyah, L., Haryono, T. dan Ambarwati, R. 2015. Identifikasi ektoparasit dan endoparasit pada burung kenari (Serinus
canaria) di Penangkaran. LenteraBio 4(1): 82-86
11.Juni Priyanto, L.A., Tjahaya, P.U. dan Darwanto. 2006. Atlas Parasitologi Kedokteran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Utama
12.Köhler, J.R., Casadevall, A. dan Perfect, J. 2015. The spectrum of fungi that infects humans. Cold Spring Harb
Perspect Med 5: a019273
13.Sardjono, T.W. 2020. Helminthologi: Kedokteran dan Veteriner. Malang: UB Press
Pendukung :
1.Sholihah, N., Bai, S., Hidanah, S., Wardhana, D.K., Sunarso, A., Hastutiek, P., Gandul, M. dan Yuliani, A. 2022.
Ectoparasite detection in culling layer hen that sold at Wonokromo market Surabaya City. Journal of Parasite Science
6(2): 38-41
2.Rachmawati, K., Koesdarto, S., Hamid, I.S. dan Permatasari, D.A. 2022. Identification of ectoparasites and
gastrointestinal tract endoparasitesin stray cats at traditional market of Bojonegoro City. Journal of Parasite Science
6(2): 46-49
3.Handoko, T.A., Hastoetik, P., Mufasirin, Hermadi, H.A. dan Triakoso, N. 2022. Prevalences of gatrointestinal parasitic
in dogs and cats at Kaki 4 and K-5 Clinics Kediri City. Journal of Parasite Science 6(2): 50-53
4.Salsabila, F.S., Sardjana, I.K.W., Sarudji, S., Budiarto, Hastutiek, P. dan Ririn. 2022. Prevalence of Helminthiasis in
cattle through fecal examination in Magetan Regency. Journal of Parasite Science 6(1): 1-6
Dosen Pengampu Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si.
Reni Ambarwati, S.Si., M.Sc.
Dwi Anggorowati Rahayu, S.Si., M.Si.
Mg
Ke-
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & Bentuk Luring
(offline)
Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1
Minggu ke 1
Memahami pengertian parasitologi • Menjelaskan
pengertian
parasitologi •
Menjelaskan
contoh kajian
parasitologi
Kriteria:
UTS; Paper &
Pencil Test
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif, Tes
Presentasi,
Diskusi
(4 × 50
menit)
2 X 50
Flipped Learning,
pembelajaran asinkron
di Vinesa:
• Mempelajari bahan
ajar
• Mengerjakan LKM
Materi:
Parsitologi
Pustaka:
Bendryma SS,
Koesdarto S,
Sosiawati SM,
Kusnoto.
2011. Buku
Ajar Ilmu
Penyakit
Helminth .
Surabaya:
Airlangga
University
Press.
Materi:
Parasitologi
Pustaka:
Chiodini, PL.
Moody, AH,
Manser, DW.
5%

2001. Atlas of
Helminthology
and
Protozoology.
Fourth
Edition.
London:
Churchill
Livingstone.
Materi:
Parasitologi
Pustaka:
Ideham B,
Pusarawati S.
2007.
Helminthologi
Kedokteran .
Surabaya:
Airlangga
University
Press.
Materi:
Parasitologi
Pustaka:
Noble ER,
Noble GA.
1989.
Parasitologi
Biologi Parasit
Hewan .
Diterjemah
oleh drh.
Wardiarto.
Yogyakarta:
Penerbit
Gadjah Mada
University
Press
Materi:
Parasitologi
Pustaka:
Prasetyo H.
2007.
Pengantar
Praktikum
Protozoologi
Kedokteran .
Edisi Kedua.
Surabaya:
Airlangga
University
Press.
Materi:
Parasitologi
Pustaka:
Prasetyo H.
2005. Atlas
Berwarna,
Protozoologi
Kedokteran .
Surabaya:
Airlangga
University
Press
2
Minggu ke 2
Memahami konsep parasit dan parasitisme • Menjelaskan
pengertian
parasit •
Menjelaskan
pengertian
parasitisme •
Membedakan
jenis-jenis inang
• Memberikan
contoh hewan
parasit
Kriteria:
Partisipasi :
Tugas : UTS :
UAS = 20% :
30% : 20% : 30%
Bentuk Penilaian
:
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk, Tes
Presentasi,
Diskusi
(4 × 50
menit)
2 X 50
Flipped Learning,
pembelajaran asinkron
di Vinesa:
• Mempelajari bahan
ajar
• Aktif berdiskusi di
forum
Materi:
Parasitologi
Pustaka:
Bendryma SS,
Koesdarto S,
Sosiawati SM,
Kusnoto.
2011. Buku
Ajar Ilmu
Penyakit
Helminth .
Surabaya:
Airlangga
University
Press.
Materi:
6%

Parasitologi
Pustaka:
Chiodini, PL.
Moody, AH,
Manser, DW.
2001. Atlas of
Helminthology
and
Protozoology.
Fourth
Edition.
London:
Churchill
Livingstone.
Materi:
Parasitologi
Pustaka:
Chiodini, PL.
Moody, AH,
Manser, DW.
2001. Atlas of
Helminthology
and
Protozoology.
Fourth
Edition.
London:
Churchill
Livingstone.
Materi:
Parasitologi
Pustaka:
Noble ER,
Noble GA.
1989.
Parasitologi
Biologi Parasit
Hewan .
Diterjemah
oleh drh.
Wardiarto.
Yogyakarta:
Penerbit
Gadjah Mada
University
Press
Materi:
Parasitologi
Pustaka:
Prasetyo H.
2005. Atlas
Berwarna,
Protozoologi
Kedokteran .
Surabaya:
Airlangga
University
Press
Materi:
Parasitologi
Pustaka:
Prasetyo H.
2007.
Pengantar
Praktikum
Protozoologi
Kedokteran .
Edisi Kedua.
Surabaya:
Airlangga
University
Press.

3
Minggu ke 3
Memahami morfologi, fisiologi, dan klasifikasi
protozoa parasit.
1. Menjelaskan
morfologi
protozoa
parasit 2.
Menjelaskan
fisiologi
protozoa
parasit 3.
Menjelaskan
klasifikasi
protozoa
parasit
Kriteria:
Partisipasi :
Tugas : UTS :
UAS = 20% :
30% : 20% : 30%
Bentuk Penilaian
:
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Presentasi,
Diskusi
(4 × 50
menit)
2 X 50
Flipped Learning,
pembelajaran asinkron
di Vinesa:
• Mempelajari bahan
ajar
• Aktif berdiskusi di
forum
Materi:
Parasitologi
Pustaka:
Bendryma SS,
Koesdarto S,
Sosiawati SM,
Kusnoto.
2011. Buku
Ajar Ilmu
Penyakit
Helminth .
Surabaya:
Airlangga
University
Press.
Materi:
Parasitologi
Pustaka:
Prasetyo H.
2007.
Pengantar
Praktikum
Protozoologi
Kedokteran .
Edisi Kedua.
Surabaya:
Airlangga
University
Press.
Materi:
Parasitologi
Pustaka:
Ideham B,
Pusarawati S.
2007.
Helminthologi
Kedokteran .
Surabaya:
Airlangga
University
Press.
Materi:
Parasitologi
Pustaka:
Soedarto.
2007.
Sinopsis
Kedokteran
Tropis .
Surabaya:
Airlangga
University
Press.
10%
4
Minggu ke 4
Memahami protozoa yang hidup dalam darah
dan jaringan tubuh manusia
1. Menganalisis
siklus hidup
protozoa
parasit dalam
darah dan
jaringan tubuh
manusia 2.
Memberikan
contoh protozoa
parasit dalam
darah dan
jaringan tubuh
manusia dan
contoh penyakit
yang
disebabkannya
Kriteria:
Partisipasi :
Tugas : UTS :
UAS = 20% :
30% : 20% : 30%
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif,
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Presentasi,
Diskusi
2 X 50
9%
5
Minggu ke 5
Memahami morfologi, fisiologi, klasifikasi
cacing parasit
1. Menjelaskan
morfologi
cacing parasit
2. Menjelaskan
fisiologi cacing
parasit 3.
Menjelaskan
klasifikasi
cacing parasit
Kriteria:
Partisipasi :
Tugas : UTS :
UAS = 20% :
30% : 20% : 30%
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif,
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk, Tes
Presentasi,
Diskusi
2 X 50
2%

6
Minggu ke 6
Memahami siklus hidup cacing cestoda dan
trematoda parasit serta memberikan contoh
penyakit yang disebabkannya
1. Menganalisis
siklus hidup
cestoda dan
trematoda
parasit 2.
Memberikan
contoh cestoda
dan trematoda
parasit dan
contoh penyakit
yang
disebabkannya
Kriteria:
Partisipasi :
Tugas : UTS :
UAS = 20% :
30% : 20% : 30%
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif,
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk, Tes
Presentasi,
Diskusi
2 X 50
2%
7
Minggu ke 7
Memahami siklus hidup cacing nematoda
parasit serta memberikan contoh penyakit
yang disebabkannya
1. Menganalisis
siklus hidup
nematoda
parasit 2.
Memberikan
contoh
nematoda
parasit dan
contoh penyakit
yang
disebabkannya
Kriteria:
Partisipasi :
Tugas : UTS :
UAS = 20% :
30% : 20% : 30%
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif,
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk, Tes
Nematoda
2 X 50
2%
8
Minggu ke 8
UTS UTS Kriteria:
UTS
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif, Tes
UTS
2 X 50
10%
9
Minggu ke 9
Memahami morfologi, fisiologi, klasifikasi, dan
siklus hidup Arachnida parasit
1. Menjelaskan
morfologi
Arachnida
parasit. 2.
Menjelaskan
fisiologi
Arachnida
parasit. 3.
Menjelaskan
klasifikasi
Arachnida
parasit. 4.
Menganalisis
siklus hidup
Arachnida
parasit. 5.
Memberikan
contoh
Arachnida
parasit.dan
contoh penyakit
yang
disebabkannya
Kriteria:
Partisipasi :
Tugas : UTS :
UAS = 20% :
30% : 20% : 30%
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif,
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk, Tes
Presentasi,
Diskusi
2 X 50
9%
10
Minggu ke 10
Memahami morfologi, fisiologi, klasifikasi, dan
siklus hidup Crustacea parasit.
1. Menjelaskan
morfologi
Crustacea
parasit 2.
Menjelaskan
fisiologi
Crustacea
parasit 3.
Menjelaskan
klasifikasi
Crustacea
parasit 4.
Menganalisis
siklus hidup
Crustacea
parasit 5.
Memberikan
contoh
Crustacea
parasitdan
contoh penyakit
yang
disebabkannya
Kriteria:
Partisipasi :
Tugas : UTS :
UAS = 20% :
30% : 20% : 30%
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif,
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk, Tes
Presentasi,
Diskusi
2 X 50
2%
11
Minggu ke 11
Memahami morfologi, fisiologi, klasifikasi, dan
siklus hidup Insecta parasit
1. Menjelaskan
morfologi
Insecta parasit
2. Menjelaskan
fisiologi Insecta
parasite 3.
Menjelaskan
klasifikasi
Insecta parasite
4. Menganalisis
siklus hidup
Insecta parasit
5. Memberikan
contoh Insecta
parasite dan
contoh penyakit
yang
disebabkannya
Kriteria:
Partisipasi :
Tugas : UTS :
UAS = 20% :
30% : 20% : 30%
Bentuk Penilaian
:
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Presentasi,
Diskusi
2 X 50
7%

12
Minggu ke 12
Memahami morfologi, fisiologi, klasifikasi, dan
siklus hidup jamur parasit Menjelaskan
penyakit-penyakit yang disebabkan jamur
1. Menjelaskan
morfologi jamur
parasit 2.
Menjelaskan
fisiologi jamur
parasit 3.
Menjelaskan
klasifikasi jamur
parasit 4.
Menganalisis
siklus hidup
jamur parasit 5.
Memberikan
contoh jamur
parasit 6.
Menjelaskan
penyakit-
penyakit yang
disebabkannya
Kriteria:
Partisipasi :
Tugas : UTS :
UAS = 20% :
30% : 20% : 30%
Bentuk Penilaian
:
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk, Tes
Diskusi
Praktik
Penelitian
Proyek
2 X 50
5%
13
Minggu ke 13
1. Mengidentifikasi protozoa parasit 2.
Mengkomunikasikan hasil penelitian
parasitologi
1.
Mengidentifika-
si protozoa
parasit 2.
Mempresentasi-
kan hasil
penelitian
bidang
parasitologi. 3.
Menulis artikel
hasil penelitian
bidang
parasitologi
Kriteria:
Partisipasi :
Tugas : UTS :
UAS = 20% :
30% : 20% : 30%
Bentuk Penilaian
:
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Penelitian
Proyek
Presentasi
Hasil
Penelitian
proyek
2 X 50
5%
14
Minggu ke 14
1. Mengidentifikasi protozoa parasit 2.
Mengkomunikasikan hasil penelitian
parasitologi
1.
Mengidentifika-
si cacing parasit
2.
Mempresentasi-
kan hasil
penelitian
bidang
parasitologi. 3.
Menulis artikel
hasil penelitian
bidang
parasitologi
Kriteria:
Partisipasi :
Tugas : UTS :
UAS = 20% :
30% : 20% : 30%
Bentuk Penilaian
:
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Penelitian
Proyek
Presentasi
Hasil
Penelitian
proyek
2 X 50
5%
15
Minggu ke 15
1. Mengidentifikasi artropoda parasit 2.
Terampil membuat preparat kering arthropoda
parasit 3.
Mengkomunikasikanhasilpenelitianparasitologi
1.
Mengidentifika-
si artropoda
parasit 2.
Membuat
awetan kering
arthropoda
parasit 3.
Mempresentasi-
kan hasil
penelitian
bidang
parasitologi. 4.
Menulis artikel
hasil penelitian
bidang
parasitologi
Kriteria:
Partisipasi :
Tugas : UTS :
UAS = 20% :
30% : 20% : 30%
Bentuk Penilaian
:
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
Penelitian
Proyek
Presentasi
Hasil
Penelitian
proyek
2 X 50
10%
16
Minggu ke 16 Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif, Tes
UAS UAS 10%
Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning
NoEvaluasi Persentase
1.Aktifitas Partisipasif 22.68%
2.Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 52.68%
3.Tes 23.68%
99.04%
Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan
internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses
pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan
untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan
pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat
spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati
dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran
mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang
mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian
berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan
tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik
Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.

9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative
Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok
bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat
kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
File PDF ini digenerate pada tanggal 22 September 2024 Jam 02:49 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa