0











SILABUS

MATA KULIAH : KESEHATAN MENTAL
KODE MATA KULIAH : BKS 1216
KS/JS : 2/2
SMT : II (dua)
DOSEN PENGAMPU :
JURUSAN/PRODI : BIMBINGAN KONSELING

1
SILABUS

I. IDENTITAS MATA KULIAH:
a. Fakultas : Ilmu Pendidikan
b. Jurusan/Prodi : Bimbingan Konseling
c. Mata Kuliah : Kesehatan Mental
d. Jumlah Sks/Js : 2/2
e. Kode MK : BKS 1216
f. Semester : II (dua)
g. Dosen Pengampu :
h. Prasyarat : -


II. CP. MATA KULIAH
A. Capaian Pembelajaran (C P) Sikap:
1) Mensyukuri Kemaha Esaan Tuhan
2) Berkontribusi dalam peningkatan mutu dan kualitas diri melalui interaksi dalam kelompok
3) Menghargai pendapat atau temuan orisinal orang lain
4) Mempunyai ketulusan, komitmen dan kesungguhan hati dalam bekerja terutama dalam mengembangkan sikap, nilai, dan potensi
peserta didik
5) Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap peserta didik dan lingkungan;
6) Disiplin dalam penggunaan waktu;
7) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan
9) Menginternalisasi semangat kemandirian
10) Bersikap empatik dan menghargai perbedaan setiap individu serta berkepribadian yang humanis

B. Capaian Pembelajaran (C P) Pengetahuan:
1) Menguasai konsep teoretik Kesehatan Mental
2) Menguasai konsep dasar pedagogi yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan pembelajaran peserta didik

2
3) Menguasai asas humanis peserta didik dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran
4) Menguasai dan merumuskan pengetahuan faktual tentang manfaat pemahaman terhadap Kesehatan Mental dalam penyelenggaraan
pendidikan dan pembelajaran

C. Capaian Pembelajaran (C P) Keterampilan Umum
1) Menguasai berbagai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam mengimplementasikan konsep-konsep pengetahuan tentang
Kesehatan Mental
2) Mampu melaksanakan observasi terbatas pada kelompok-kelompok asuhan (Keluarga, Sekolah, Teman Bermain) untuk
mengidentifikasi implementasi konsep-konsep Kesehatan Mental
3) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
4) Mampu mensimulasikan hasil observasi pemanfaatan implementasi Kesehatan Mental dalam beberapa kelompok asuhan.
5) Mampu bertanggungjawab terhadap hasil kerja kelompok dengan baik.
6) Mampu mengambil keputusan secara tepat atas permasalahan yang ditemukan dalam pembahasan Kesehatan Mental
7) Mampu melakukan proses evaluasi diri (self-evaluation) terhadap keberhasilanya dalam menempuh perkuliahan Kesehatan Mental

D. Capaian Pembelajaran (C P) Keterampilan Khusus
1) Mampu merancang pelayanan pembelajaran berdasarkan konsep-konsep teoritik dan faktual sesuai dengan tahap-tahap
perkembangan individu (Tahap Kanak-kanak, Tahap Anak, Tahap Remaja, dan Tahap Dewasa).
2) Mahasiswa mampu melakukan analisis terhadap permasalahan implementasi konsep-konsep Kesehatan Mental yang muncul dalam
pelayanan pembelajaran serta memberikan alternatif pemecahanya.
3) Mahasiswa mampu berkomukasi secara tertulis dan lisan, serta membangun hubungan komunikasi secara interpersonal dan
intrapersonal yang produktif melalui unjuk kerja atau proyek secara individual maupun kelompok.

3
III. GARIS BESAR RENCANA PEMBELAJARAN
No Capaian Pembelajaran Indikator Pencapaian
(kemampuan akhir yg diharapkan)
Bahan Kajian/Materi Pokok
(1) (2) (3) (4)
1 A 1,2,3,4,5,6
B 1
C 1,2,3,5
D 1,4
Menguasai konsep dasar Kesehatan Mental 1. Arti Kesehatan mental
2. Sejarah Kesehatan mental
3. Kriteria sehat mental.
2 A 1,2,3,4,5,6
B 2
C 1,2,3,5
D 2, 4
Menguasai konsep dasar penyesuaian diri, yaitu perilaku
adaptif dan maladaptif
1. Pengertian penyesuaian diri dan kriterianya
2. Perbedaan perilaku adaptif dan maladaptif
3 A 1,2,3,4,5,6
B 2
C 1,2,3,5
D 2,4
Menguasai konsep penyesuaian diri dan kepribadian pada
setiap fase perkembangan individu.

Penyesuaian diri dan kepribadian pada fase-
fase perkembangan individu (masa bayi,
kanak, remaja, dewasa, dan lansia), dan ABK.
4 A 1,2,3,4,5,6
B 4
C 1,2,4,5
D 3,4
Menguasai konsep terbentuknya perilaku adaptif dan
maladaptif dari sudat pandang empat pendekatan/teori
dalam psikologi.

1. Pandangan teori Psikoanalisa tentang
terbentuknya perilaku adaptif/maladaptif
2. Pandangan teori Behaviorisme tentang
terbentuknya perilaku adaptif/maladaptif
3. Pandangan teori Kognitif tentang
terbentuknya perilaku adaptif/ maladaptif
4. Pandangan teori Humanistik tentang
terbentuknya perilaku adaptif/ maladaptif
A 1,2,3,4,5,6
B 5
C 1,2,3,5
D 4,5
Menguasai konsep stres, konflik, dan frustrasi.

1. Konsep stress, konflik, dan frustrasi
2. Gejala-gejala stress dan frustrasi
a) Faktor-faktor penyebab stress dan
frustrasi
b) Pengelolaan stress dan frustrasi
3. Konsep konflik

4

RPS (RENCANA PEMBELA JARAN SEMESTER)

I. IDENTITAS MATA KULIAH :
a. Fakultas : Ilmu Pendidikan
b. Jurusan/Prodi : Bimbingan Konseling
c. Mata Kuliah : Kesehatan Mental
d. Jumlah Sks/Js : 2/2
e. Kode MK : BKS1216
f. Semester : II (dua)
g. Dosen Pengampu :
h. Prasyarat : -

II. DESKRIPSI MATA KULIAH :
Mata kuliah ini membahas tentang: arti dan sejarah Kesehatan Mental, kriteria sehat mental, pengertian dan kriteria penyesuaian diri,
perbedaan perilaku adaptif dan maladaptif, penyesuaian diri dan kepribadian pada fase-fase perkembangan individu, stress, konflik, dan
frsutrasi, dan mekanisme pertahanan diri

III. CP. MATA KULIAH
A. Capaian Pembelajaran (C P) Sikap:
1) Mensyukuri Kemaha Esaan Tuhan
2) Berkontribusi dalam peningkatan mutu dan kualitas diri dengan cara saling mengisi melalui interaksi dalam kelompok
3) Menghargai pendapat atau temuan orisinal orang lain
4) Mempunyai ketulusan, komitmen dan kesungguhan hati dalam bekerja terutama dalam mengembangkan sikap, nilai, dan potensi
peserta didik
5) Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap peserta didik dan lingkungan;
6) Disiplin dalam penggunaan waktu;
7) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan
9) Menginternalisasi semangat kemandirian
10) Bersikap empatik dan menghargai perbedaan setiap individu serta berkepribadian yang humanis

5

B. Capaian Pembelajaran (C P) Pengetahuan:
1) Menguasai konsep teoretik Kesehatan Mental
2) Menguasai konsep dasar pedagogi yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan pembelajaran peserta didik
3) Menguasai asas humanis peserta didik dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran
4) Menguasai dan merumuskan pengetahuan faktual tentang manfaat pemahaman terhadap Kesehatan Mental dalam penyelenggaraan
pendidikan dan pembelajaran

C. Capaian Pembelajaran (C P) Keterampilan Umum
1) Menguasai berbagai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam mengimplementasikan konsep-konsep pengetahuan tentang
Kesehatan Mental
2) Mampu melaksanakan observasi terbatas pada kelompok-kelompok asuhan (Keluarga, Sekolah, Teman Bermain) untuk
mengidentifikasi implementasi konsep-konsep Kesehatan Mental
3) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
4) Mampu mensimulasikan hasil observasi pemanfaatan implementasi Kesehatan Mental dalam beberapa kelompok asuhan.
5) Mampu bertanggungjawab terhadap hasil kerja kelompok dengan baik.
6) Mampu mengambil keputusan secara tepat atas permasalahan yang ditemukan dalam pembahasan Kesehatan Mental
7) Mampu melakukan proses evaluasi diri (self-evaluation) terhadap keberhasilanya dalam menempuh perkuliahan Kesehatan Mental

D. Capaian Pembelajaran (C P) Keterampilan Khusus
1) Mampu merancang pelayanan pembelajaran berdasarkan konsep-konsep teoritik dan faktual sesuai dengan tahap-tahap
perkembangan individu (Tahap Kanak-kanak, Tahap Anak, Tahap Remaja, dan Tahap Dewasa).
2) Mahasiswa mampu melakukan analisis terhadap permasalahan implementasi konsep-konsep Kesehatan Mental yang muncul dalam
pelayanan pembelajaran serta memberikan alternatif pemecahanya.
3) Mahasiswa mampu berkomukasi secara tertulis dan lisan, serta membangun hubungan komunikasi secara interpersonal dan
intrapersonal yang produktif melalui unjuk kerja atau proyek secara individual maupun kelompok.

6

IV. RINCIAN KEGIATAN PERKULIAHAN

Minggu
Ke-
Capaian
Pembelajaran
Bahan Kajian/ Materi
Pokok/ Rincian Materi
Kemampuan Akhir
yang diharapkan
Metode Pengalaman Belajar Penilai-an Alokasi
Waktu
Referensi
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
I

















A 1-6,
B 1,
D 4













1. Kontrak
perkuliahan.
2. Pemaparan konten
MK dari SAP dan
Silabus
3. Materi pengantar
atau pendahuluan.
1. Mahasiswa
mampu
memahami
deskripsi dan
tujuan mata
kuliah ini.
2. Mahasiswa
mampu
memaparkan
alasan dan
tujuannya
memilih mata
kuliah pilihan
ini.
Ceramah dan
diskusi untuk
kesepakatan.










Mahasiswa dan dosen
berdiskusi dan
membuat kesepakatan.

Setiap mahasiswa
mengutarakan alasan
dan tujuan memilih
mata kuliah
kompetensi pilihan
ini.

-









2 x 50 =
100
menit
Gunarsa, S.D.,
1992. Konseling
dan
Psikoterapi.
Jakarta: Libri.
Hartono &
Soedarmadji,
2012. Psikologi
Konseling.
Jakarta:
Kencana.
Nevid, J.S.,
Rathus, S.A.,
Greene, B.
2002. Psikologi
Abnormal. Edisi
Kelima. Jakarta:

7
Erlangga.
Semiun, Y.
2006.
Kesehatan
Mental 1 .
Yogyakarta:
Penerbit
Kanisius.
II-III A 1,2,3,4,5,6
B 1
C 1,2,3,5
D 1,4
1. Arti Kesehatan
mental
2. Sejarah Kesehatan
mental
3. Kriteria sehat
mental.
Mahasiswa mampu
menguasai konsep
dasar Kesehatan
Mental
1. Ekspositorik
2. Kooperatif
tipe TPS
(Think-Pair-
Share)
3. Metode
Galery
(untuk disply
hasil diskusi
mahasiswa)
1. Mahasiswa
menjelaskan arti
kesehatan mental
2. Mahasiswa
menjelaskan
sejarah kesehatan
mental
3. Mahasiswa
menjelaskan
kriteria sehat
mental
Diskusi
Presentasi
Unjuk
kerja
2 x 50 =
100
menit

8
IV-V A 1,2,3,4,5,6
B 2
C 1,2,3,5
D 2, 4
1. Pengertian
penyesuaian diri
dan kriterianya
2. Perbedaan perilaku
adaptif dan
maladaptif
Mahasiswa mampu
menguasai konsep
dasar penyesuaian
diri, yaitu perilaku
adaptif dan
maladaptif
1. Ekspositorik
2. Kooperatif
tipe TPS
(Think-Pair-
Share)
3. Metode
Galery
(untuk disply
hasil diskusi
mahasiswa)
1. Mahasiswa
pengertian
penyesuaian diri
dan kriteria
2. Mahasiswa
menjelaskan
perbedaan perilaku
adaptif dan
maladaptif
Diskusi
Presentasi
Unjuk
kerja
2 x 50 =
100
menit

VI-VII A 1,2,3,4,5,6
B 2
C 1,2,3,5
D 2,4
1. Penyesuaian diri
dan kepribadian
pada fase-fase
perkembangan
individu (masa
bayi, kanak,
remaja, dewasa,
dan lansia), dan
ABK.
Mahasiswa mampu
menguasai konsep
penyesuaian diri
dan kepribadian
pada setiap fase
perkembangan
individu
1. Ekspositorik
2. Kooperatif
tipe TPS
(Think-Pair-
Share)
3. Metode
Galery
(untuk disply
hasil diskusi
mahasiswa)
1. Mahasiswa mampu
menjelaskan
penyesuaian diri
dan kepribadian
pada fase-fase
perkembangan
individu (masa
bayi, kanak,
remaja, dewasa,
dan lansia), dan
ABK.
Diskusi
Presentasi
Unjuk
kerja
2 x 50 =
100
menit

VIII UTS UTS UTS UTS UTS TES
TULIS
100
menit

IX-XII A 1,2,3,4,5,6
B 4
C 1,2,4,5
D 3,4
1. Pandangan teori
Psikoanalisa
tentang
terbentuknya
perilaku
adaptif/maladaptif
2. Pandangan teori
Behaviorisme
Mahasiswa mampu
menguasai konsep
terbentuknya
perilaku adaptif
dan maladaptif dari
sudat pandang
empat
pendekatan/teori
1. Ekspositorik
2. Kooperatif
tipe TPS
(Think-Pair-
Share)
3. Metode
Galery
(untuk disply
1. Mahasiswa
menjelaskan
kelompok dan
Pandangan teori
Psikoanalisa
tentang
terbentuknya
perilaku
Diskusi
Presentasi
Unjuk
kerja
2 x 50 =
100
menit

9
tentang
terbentuknya
perilaku
adaptif/maladaptif
3. Pandangan teori
Kognitif tentang
terbentuknya
perilaku adaptif/
maladaptif
4. Pandangan teori
Humanistik
tentang
terbentuknya
perilaku adaptif/
maladaptif
dalam psikologi. hasil diskusi
mahasiswa)
adaptif/maladaptif
2. Mahasiswa
menjelaskan
pandangan teori
Behaviorisme
tentang
terbentuknya
perilaku
adaptif/maladaptif
3. Mahasiswa
menjelaskan
Pandangan teori
Kognitif tentang
terbentuknya
perilaku adaptif/
maladaptif
4. Mahasiswa
menjelaskan
Pandangan teori
Humanistik
tentang
terbentuknya
perilaku adaptif/
maladaptif
XIII-XV A 1,2,3,4,5,6
B 5
C 1,2,3,5
D 4,5
1. Konsep stress,
konflik, dan
frustrasi
2. Gejala-gejala stress
dan frustrasi
a) Faktor-faktor
penyebab stress
dan frustrasi
Mahasiswa mampu
menguasai konsep
stres, konflik, dan
frustrasi
1. Ekspositorik
2. Kooperatif
tipe TPS
(Think-Pair-
Share)
3. Metode
Galery
(untuk disply
1. Mahasiswa
menjelaskan
konsep stress,
konflik, dan
frustrasi
2. Mahasiswa
menjelaskan
Gejala-gejala stress
Diskusi
Presentasi
Unjuk
kerja
2 x 50 =
100
menit

10
b) Pengelolaan
stress dan
frustrasi
3. Konsep konflik
hasil diskusi
mahasiswa)
dan frustrasi
a) Faktor-faktor
penyebab stress
dan frustrasi
b) Pengelolaan
stress dan
frustrasi
3. Mahasiswa
menjelaskan
konsep konflik
XVI UAS UAS UAS UAS UAS TES
LISAN
2 x 50 =
100
menit


V. PENILAIAN (kriteria, indikator, dan bobot)
A. Penilaian Proses (bobot 60 %)
1) Sikap (mengacu pada penjabaran deskripsi umum)
2) Partisipasi dan aktivitas dalam proses pembelajaran (Perkuliahan, Praktek Laboratorium, Praktek, workshop)
3) Penyelesaian Tugas-tugas

B. Penilaian Produk (bobot 40 %)
1) Ujian Tengah Semester
2) Ujian Akhir Senester
C. Acuan Penilaian: menggunakan Kisaran Skala Lima.



Skor Persentil Nilai Skala Nilai Huruf
96 – 100 4,00 A
91 – 95 3,75 A-
86 – 90 3, 25 B+

11
81 – 85 3,00 B
76 – 80 2,75 B-
65 – 75 2,00 C
40 – 64 1,00 D
0 – 39 0,00 E

12
KONTRAK KULIAH

1. IDENTITAS MATA KULIAH:
a. Fakultas : Ilmu Pendidikan
b. Jurusan/Prodi : Bimbingan Konseling
c. Mata Kuliah : Kesehatan Mental
d. Jumlah Sks/Js : 2/2
e. Kode MK : BKS 1612
f. Semester : III (tiga)
g. Dosen Pengampu : Dewi Arum W.M.P. S.Psi.,MA
h. Prasyarat : -

II. DESKRIPSI MATA KULIAH:
Mata kuliah ini membahas tentang: arti dan sejarah Kesehatan Mental, kriteria sehat mental, pengertian dan kriteria penyesuaian diri,
perbedaan perilaku adaptif dan maladaptif, penyesuaian diri dan kepribadian pada fase-fase perkembangan individu, stress, konflik, dan
frsutrasi, dan mekanisme pertahanan diri

III. CP. MATA KULIAH
A. Capaian Pembelajaran (C P) Sikap:
1) Mensyukuri Kemaha Esaan Tuhan
2) Berkontribusi dalam peningkatan mutu dan kualitas diri dengan cara saling mengisi melalui interaksi dalam kelompok
3) Menghargai pendapat atau temuan orisinal orang lain
4) Mempunyai ketulusan, komitmen dan kesungguhan hati dalam bekerja terutama dalam mengembangkan sikap, nilai, dan potensi
peserta didik
5) Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap peserta didik dan lingkungan;
6) Disiplin dalam penggunaan waktu;
7) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan
9) Menginternalisasi semangat kemandirian
10) Bersikap empatik dan menghargai perbedaan setiap individu serta berkepribadian yang humanis

13
B. Capaian Pembelajaran (C P) Pengetahuan:
1) Menguasai konsep teoretik Kesehatan Mental
2) Menguasai konsep dasar pedagogi yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan pembelajaran peserta didik
3) Menguasai asas humanis peserta didik dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran
4) Menguasai dan merumuskan pengetahuan faktual tentang manfaat pemahaman terhadap Kesehatan Mental dalam penyelenggaraan
pendidikan dan pembelajaran

C. Capaian Pembelajaran (C P) Keterampilan Umum
1) Menguasai berbagai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam mengimplementasikan konsep-konsep pengetahuan
tentang Kesehatan Mental
2) Mampu melaksanakan observasi terbatas pada kelompok-kelompok asuhan (Keluarga, Sekolah, Teman Bermain) untuk
mengidentifikasi implementasi konsep-konsep Kesehatan Mental
3) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
4) Mampu mensimulasikan hasil observasi pemanfaatan implementasi Kesehatan Mental dalam beberapa kelompok asuhan
5) Mampu bertanggungjawab terhadap hasil kerja kelompok dengan baik.
6) Mampu mengambil keputusan secara tepat atas permasalahan yang ditemukan dalam pembahasan Kesehatan Mental
7) Mampu melakukan proses evaluasi diri (self-evaluation) terhadap keberhasilanya dalam menempuh perkuliahan Kesehatan Mental

D. Capaian Pembelajaran (C P) Keterampilan Khusus
1) Mampu merancang pelayanan pembelajaran berdasarkan konsep-konsep teoritik dan faktual sesuai dengan tahap-tahap
perkembangan individu (Tahap Kanak-kanak, Tahap Anak, Tahap Remaja, dan Tahap Dewasa).
2) Mahasiswa mampu melakukan analisis terhadap permasalahan implementasi konsep-konsep Kesehatan Mental yang muncul dalam
pelayanan pembelajaran serta memberikan alternatif pemecahanya.
3) Mahasiswa mampu berkomukasi secara tertulis dan lisan, serta membangun hubungan komunikasi secara interpersonal dan
intrapersonal yang produktif melalui unjuk kerja atau proyek secara individual maupun kelompok.

IV. METODE/MODEL PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran dalam mata kuliah ini menggunakan Ekspositorik, Kooperatif, Diskusi Kelompok, Penugasan (individu/kelompok),
dan Pelaporan melalui unjuk kerja presentasi
V. BACAAN/REFERENSI

14
Gunarsa, S.D., 1992. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Libri.
Hartono & Soedarmadji, 2012. Psikologi Konseling. Jakarta: Kencana.
Nevid, J.S., Rathus, S.A., Greene, B. 2002. Psikologi Abnormal. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Semiun, Y. 2006. Kesehatan Mental 1. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.



VI. TUGAS DAN KEWAJIBAN
1. Anda diwajibkan untuk mengikuti test hasil belajar (UTS dan UAS) sesuai dengan jadwal.
2. Anda diwajibkan untuk membuat makalah secara individual dan kelompok dengan materi yang akan ditentukan oleh dosen.
3. Anda diwajibkan mengikuti UjianTengah dan Akhir Semester sesuai dengan jadwal program yang telah ditentukan Fakultas.
4. Anda diwajibkan mentaati ketentuan selama perkuliahan sebagai berikut :
a. Mengikuti perkuliahan dengan baik dan tertib (terlambat maks.15 menit)
b. Berpakaian dengan sopan dan tidak diperkenankan memakai kaos oblong dan sandal
c. Dilarang berkomunikasi dengan HP di dalam kelas saat perkuliahan berlangsung dan pesawat dimatikan atau di-set nada getar
d. Setiap pelanggaran akan ketentuan tersebut akan diberikan sanksi berupa (1) teguran, (2) peringatan dan (3) tidak diperkenankan
mengikuti kuliah pada saat terjadi pelanggaran.
e. Jika ada hal yang mendesak (telepon) mahasiswa wajib minta ijin keluar
f. Jika Dosen terlambat 15 menit tanpa pemberitahuan kepada mahasiswa, mahasiswa boleh meninggalkan kelas.
g. Mahasiswa wajib hadir minimal 75% dari jumlah jam tatap muka

VI. PENILAIAN (KRITERIA, INDIKATOR, DAN BOBOT)
A. Penilaian Proses (bobot 60 %)
1. Sikap (mengacu pada penjabaran deskripsi umum)
2. Partisipasi dan aktivitas dalam proses pembelajaran (Perkuliahan, Praktek Laboratorium, Praktek, workshop)
3. Penyelesaian Tugas-tugas

B. Penilaian Produk (bobot 40 %)
1.Ujian Tengah Semester

15
2.Ujian Akhir Senester

C. Acuan Penilaian: Kisaran Skala Lima

Skor Persentil Nilai Skala Nilai Huruf
96 – 100 4,00 A
91 – 95 3,75 A-
86 – 90 3, 25 B+
81 – 85 3,00 B
76 – 80 2,75 B-
65 – 75 2,00 C
40 – 64 1,00 D
0 – 39 0,00 E



VIII. MATERI DAN JADWAL PERKULIAHAN
Minggu/Tatap Muka Ke: Capaian Pembelajaran Bahan Kajian/Materi Pokok/Rincian Materi
I A 1-6, B 1, D 4 1. Kontrak perkuliahan.
2. Pemaparan konten MK dari SAP dan Silabus
3. Materi pengantar atau pendahuluan.
II-III A 1,2,3,4,5,6, B 1, C 1,2,3,5
D 1,4
1. Arti Kesehatan mental
2. Sejarah Kesehatan mental
3. Kriteria sehat mental.
IV-V A 1,2,3,4,5,6, B 2, C 1,2,3,5, D 2, 4 1. Pengertian penyesuaian diri dan kriterianya
2. Perbedaan perilaku adaptif dan maladaptif
VI-VII A 1,2,3,4,5,6, B 2, C 1,2,3,5, D 2,4 Penyesuaian diri dan kepribadian pada fase-fase

16
perkembangan individu (masa bayi, kanak, remaja,
dewasa, dan lansia), dan ABK.
VIII UTS UTS
IX-XII A 1,2,3,4,5,6, B 4, C 1,2,4,5, D 3,4 1. Pandangan teori Psikoanalisa tentang terbentuknya
perilaku adaptif/maladaptif.
2. Pandangan teori Behaviorisme tentang
terbentuknya perilaku adaptif/maladaptif
3. Pandangan teori Kognitif tentang terbentuknya
perilaku adaptif/ maladaptif
4. Pandangan teori Humanistik tentang terbentuknya
perilaku adaptif/ maladaptif
XII-XV A 1,2,3,4,5,6, B 5, C 1,2,3,5, D 4,5 1. Konsep stress, konflik, dan frustrasi
2. Gejala-gejala stress dan frustrasi
a) Faktor-faktor penyebab stress dan frustrasi
b) Pengelolaan stress dan frustrasi
3. Konsep Konflik
XVI UAS UAS