UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

PROGRAM STUDI:
ILMU ADMINISTRASI PUBLIK

Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTER Tgl Penyusunan
Perubahan Dan Pengembangan Organisasi 222 E2103 Mata Kuliah Wajib 3
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Ketua PRODI

Prof. Dr. Sangkala, MA

Prof. Dr. Sangkala, MA

Dr. Nurdin Nara, M.Si

Capaian
Pembelajaran (CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL 5

CPL 6

CPL 10
Menunjukkan pemahaman tentang elemen, prinsip, dan fungsi administrasi publik untuk mendukung kegiatan dalam kebijakan publik
dan manajemen publik
Mendemonstrasikan pemahaman tentang konsep dan model pengambilan keputusan dalam konteks pemecahan masalah bidang
administrasi publik, didasarkan manajemen pengetahuan
Menerapkan teknik dan metode perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi kebijakan publik dalam rangka meningkatkan
kinerja organisasi dan pelayanan publik
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK Setelah mengikuti mata kuliah Perubahan dan Pengembangan Organisasi, mahasiswa mampu:
1. Menjelaskan teori dan konsep terkait perubahan dan pengembangan organisasi (CPL 5);
2. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi dan tantangan perubahan organisasi (CPL 6)
3. Menjelaskan metode perubahan dan pengembangan organisasi untuk beradaptasi pada perkembangan lingkungan (CPL 10)
Sub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK)
1 Mahasiswa memahami tata tertib perkuliahan, RPS MK, dan integritas akademik (CPL5)
2 Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya perubahan dan konsep perubahan organisasi (CPL6)
3 Mahasiswa mampu menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan lahirnya perubahan (CPL5)
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dimensi kekuatan pendorong dan penggerak perubahan (CPL6)
5 Mahasiswa mampu menjelaskan model-model perubahan organisasi (CPL6)
6 Mahasiswa mampu menjelaskan strategi persiapan perubahan organisasi (CPL6)

2

7 Mahasiswa mampu menjelaskan tipe-tipe perubahan organisasi (CPL5)
8 Mahasiswa mampu menjelaskan jenis resistensi dalam perubahan organisasi (CPL6)
9 Mahasiswa mampu menjelaskan metode dalam mengelola perubahan organisasi (CPL6)
10 Mahasiswa mampu menyampaikan metode dalam desain organisasi (CPL10)
11 Mahasiswa mampu menjelaskan proses perencanaan dan aplikasi strategi komunikasi dalam perubahan organisasi (CPL10)
12 Mahasiswa mampu menjelaskan manajemen konflik dalam perubahan organisasi
13 Mahasiswa mampu menjelaskan metode pemetaan perubahan organisasi (CPL6)
14&15 Mahasiswa mampu menjelaskan organisasi pembelajar dalam merespon perubahan dan pengembangan organisasi (CPL10)
Deskripsi Singkat
MK
Mata kuliah ini didesain untuk membantu mahasiswa dalam memahami fenomena perubahan dalam organisasi dan selanjutnya dapat mengurai
berbagai faktor yang mempengaruhi perubahan dan strategi dalam mendesain ulang organisasi supaya dapat beradaptasi dengan berbagai
perubahan sosial,ekonomi, budaya dan politik yang mempengaruhi organisasi
Bahan Kajian /
Materi
Pembelajaran
1. Konsep dasar perubahan dan pengembangan organisasi.
2. Faktor pendorong perubahan
3. Model perubahan organisasi.
4. Strategi persiapan perubahan
5. Resistensi perubahan dan pendekatan komunikasi untuk perubahan
6. Pemetaan perubahan dan manajemen konflik
7. Strategi penerapan organisasi pembelajar dalam mendesain organisasi
Pustaka Utama :
1. Winardi. 2006. Manajemen Perubahan (Change Management), Bandung: Alfabeta
2. Richard Newton. 2007. Managing Change Step by Step, London: Pearson
3. Robert A.Paton & James McCalman. 2008. Change Management A Guide to Effective Implementation, Los Angeles: Sage
4. Wibowo. 2011. Manajemen Perubahan, Jakarta: Raja Grafindo Persada
5. Stephen P. Robbins. 1990. Organization Theory: Structure, Design and Application. New Jersey: Prentice Hall
Pendukung :
Esther Cameron and Mike Green. 2012. Making Sense of Change Management: A Complete Guide to the Models, Tools And Techniques Of
Organizational Change, London: Kogan Page
Dosen Pengampu Prof.Dr. Sangkala, MA
Dr. Suryadi Lambali, MA
Andi Ahmad Yani, M.Si, MPA, M.Sc
Matakuliah syarat 1. Pengantar Administrasi Publik
2. Teori Organisasi Publik

3

Pekan
Ke-
Sub-CPMK
(Kemampuan akhir tiap
tahapan belajar)
Penilaian
Bentuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
Materi Pembelajaran
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & Bentuk Luring (offline) Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1 Mahasiswa memahami
tata tertib perkuliahan,
RPS MK, dan integritas
akademik
• Memahami tata
tertib perkuliahan
• Memahami RPS
Mata Kuliah
• Memahami
peraturan
akademik UNHAS
Kehadiran (1)
Partisipasi (4)

• Pengenalan Mata
Kuliah
• [TM: (3x50”)]
[PT+BM:
(1+1)x(3x60”)]
• Pendaftaran di
SIKOLA
• SIKOLA: RPS &
Peraturan Akademik
UNHAS

• Rencana
Pembelajaran
Semester Mata
Kuliah
• Peraturan Akademik
UNHAS


2
Mahasiswa mampu
menjelaskan
pentingnya perubahan
dan konsep perubahan
organisasi
• Mampu
menjelaskan
pentingnya
perubahan;
• Mampu
menjelaskan teori
evolusi organisasi
(S.Robbins, 1990)
Kehadiran (1)
Presentasi (2)
Partisipasi dalam
diskusi (2)

• Lecture
• Small Group
Discussion
[TM: (3x50”)]
[PT+BM:
(1+1)x(3x60”)]
SIKOLA: Materi Diskusi
• Winardi,2006:1-10
• Paton &
McCalman,2008:5-9
• Robbin, 1990:29-45



3 Mahasiswa mampu
menjelaskan faktor-
faktor yang
menyebabkan lahirnya
perubahan
Mampu menjelaskan
sebab yang
melatarbelakangi
perubahan
Kehadiran (1)
Presentasi (2)
Partisipasi dalam
diskusi (2)
• Lecture
• Discovery Learning
• Small Group
Discussion
[TM: (3x50”)]
[PT+BM:
(1+1)x(3x60”)]
SIKOLA: Materi Diskusi Newton,2007:3-8


4 Mahasiswa mampu
menjelaskan dimensi
kekuatan pendorong
dan penggerak
perubahan
Mampu menjelaskan
dimensi kekuatan
pendorong
perubahan
Kehadiran (1)
Presentasi (2)
Partisipasi dalam
diskusi (2)
• Lecture
• Discovery Learning
• Small Group
Discussion
[TM: (3x50”)]
[PT+BM:
SIKOLA: Materi Diskusi • Winardi,2006:39-54;
71-72
• Paton &
McCalman,2008:18-
29

4

(1+1)x(3x60”)]
5 Mahasiswa mampu
menjelaskan model-
model perubahan
organsasi
Mampu menjelaskan
model-model
perubahan
organisasi
Kehadiran (1)
Presentasi (2)
Partisipasi dalam
diskusi (2)
• Lecture
• Discovery Learning
• Small Group
Discussion
[TM: (3x50”)]
[PT+BM:
(1+1)x(3x60”)]
SIKOLA: Materi Diskusi Newton,2007:10-14
6 Mahasiswa mampu
menjelaskan strategi
persiapan perubahan
organisasi
Mampu menjelaskan
strategi persiapan
perubahan
organisasi
Kehadiran (1)
Presentasi (2)
Partisipasi dalam
diskusi (2)
• Lecture
• Small Group
Discussion
[TM: (3x50”)]
[PT+BM:
(1+1)x(3x60”)]
SIKOLA: Materi Diskusi • Paton &
McCalman,2008:75-
95
• Newton,2007:170-
179)



7 Mahasiswa mampu
menjelaskan tipe-tipe
perubahan organisasi
Mampu menjelaskan
tipe-tipe perubahan
organisasi
Kehadiran (1)
Presentasi (2)
Partisipasi dalam
diskusi (2)
• Lecture
• Small Group
Discussion
[TM: (3x50”)]
[PT+BM:
(1+1)x(3x60”)]
SIKOLA: Materi Diskusi • Winardi,2006:11-37
• Paton &
McCalman,2008:99-
160


8 Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengan Semester
9 Mahasiswa mampu
menjelaskan jenis
resistensi dalam
perubahan organisasi
mampu menjelaskan
jenis resistensi
perubahan
organisasi dan
bagaimana
mengatasinya
Kehadiran (1)
Presentasi (2)
Partisipasi dalam
diskusi (2)
• Lecture
• Small Group
Discussion
[TM: (3x50”)]
[PT+BM:
(1+1)x(3x60”)]
SIKOLA: Materi Diskusi • Winardi,2006:77-
80;98-100
• Paton &
McCalman,2008:52-
54



10 Mahasiswa mampu
menjelaskan metode
dalam mengelola
perubahan organisasi
mampu menjelaskan
metode dalam
mengelola
perubahan
organisasi
Kehadiran (1)
Presentasi (2)
Partisipasi dalam
diskusi (2)
• Lecture
• Small Group
Discussion
[TM: (3x50”)]
[PT+BM:
SIKOLA: Materi Diskusi • Winardi,2006:86-97
• Paton &
McCalman,2008:99-
123
• Newton,2007:83-

5

(1+1)x(3x60”)] 102)


11 Mahasiswa mampu
menjelaskan proses
perencanaan dan
aplikasi strategi
komunikasi dalam
perubahan organisasi
mampu menjelaskan
proses perencanaan
dan aplikasi strategi
komunikasi dalam
perubahan
organisasi
Kehadiran (1)
Presentasi (2)
Partisipasi dalam
diskusi (2)
• Lecture
• Small Group
Discussion
[TM: (3x50”)]
[PT+BM:
(1+1)x(3x60”)]
SIKOLA: Materi Diskusi • Paton &
McCalman,2008:50-
53
• Newton,2007:182-
199)


12 Mahasiswa mampu
menjelaskan
manajemen konflik
dalam perubahan
organisasi
mampu menjelaskan
manajemen konflik
dalam perubahan
organisasi
Kehadiran (1)
Presentasi (2)
Partisipasi dalam
diskusi (2)
• Lecture
• Small Group
Discussion
[TM: (3x50”)]
[PT+BM:
(1+1)x(3x60”)]
SIKOLA: Materi Diskusi • Winardi,2006:160-
183
• Robbin, 1990:410-
436



13 Mahasiswa mampu
menjelaskan metode
pemetaan perubahan
mampu menjelaskan
metode perubahan
organisasi
Kehadiran (1)
Presentasi (2)
Partisipasi dalam
diskusi (2)
Small Group Discussion
[TM: (3x50”)]
[PT+BM: (1+1)x(3x60”)]
SIKOLA: Materi Diskusi • Paton &
McCalman,2008:75-
95


14 Mahasiswa mampu
menjelaskan organisasi
pembelajar dalam
merespon perubahan
dan pengembangan
organisasi
mampu menjelaskan
pentingnya dan
metode organisasi
pembelajar
Kehadiran (1)
Presentasi (2)
Partisipasi dalam
diskusi (2)
Small Group Discussion
[TM: (3x50”)]
[PT+BM: (1+1)x(3x60”)]
SIKOLA: Materi Diskusi

• Paton &
McCalman,2008:277-
296


15 Mahasiswa mampu
menjelaskan organisasi
pembelajar dalam
merespon perubahan
dan pengembangan
organisasi
mampu menjelaskan
metode dalam
menerapkan
organisasi
pembelajar
Kehadiran (1)
Presentasi (2)
Partisipasi dalam
diskusi (2)
Small Group Discussion
[TM: (3x50”)]
[PT+BM: (1+1)x(3x60”)]
SIKOLA: Materi Diskusi • Paton &
McCalman,2008:277-
296


16 Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester