FakultasTeknologiPertanianUniversitasUdayana
LOGIKA DAN ALGORITMA

Deskripsi Mata Kuliah

Kata kunci:
(1) Algoritma, (2) Flowchart, (3) Pseudocode, (4) Pemrograman
Deskripsi Mata Kuliah

Kata kunci:
(1) Algoritma, (2) Flowchart, (3) Pseudocode, (4) Pemrograman
Deskripsi Mata Kuliah
Susunan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu
persoalan secara logis, efisien dan terstruktur.
Logis : langkah-langkah tersebut benar.
Efisien : setiap langkah langsung menuju ke tujuan.
Terstruktur : langkah-langkah tersebut tersusun urut
secara logis dan efisien.

Kata kunci:
(1) Algoritma,(2) Flowchart, (3) Pseudocode, (4) Pemrograman
Deskripsi Mata Kuliah
Penggambaran algoritma menggunakan
simbol-simbol khusus.

Kata kunci:
(1) Algoritma, (2) Flowchart,(3) Pseudocode, (4) Pemrograman
Deskripsi Mata Kuliah
Penulisan algoritma menggunakan serangkaian
kata-kata menyerupai bahasa pemrograman
komputer.

Kata kunci:
(1) Algoritma, (2) Flowchart, (3) Pseudocode,(4) Pemrograman
Deskripsi Mata Kuliah
Kegiatan pembuatan program komputer
untuk menyelesaikan persoalan tertentu.

Pengolahan Data

Pengolahan Data

Pengolahan Data

Program Komputer
Program
Pemrograman
Interpreter
Compiler
Bahasa Pemrograman
Metode Pemrograman
1.
2.
3.
4.
5.
6.

Program Komputer
Program
Pemrograman
Interpreter
Compiler
Bahasa Pemrograman
Metode Pemrograman
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Kumpulan instruksi yang disusun sedemikian rupa agar
komputer melakukan suatu tindakan tertentu.

Program Komputer
Program
Pemrograman
Interpreter
Compiler
Bahasa Pemrograman
Metode Pemrograman
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Kegiatan pembuatan program komputer untuk
menyelesaikan persoalan tertentu.

Program Komputer
Program
Pemrograman
Interpreter
Compiler
Bahasa Pemrograman
Metode Pemrograman
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Metode penerjemahan kode program secara baris-demi-baris
untuk kemudian langsung dikerjakan oleh komputer.
Kesalahan yang terdapat dalam kode program akan
menyebabkan proses terhenti di tengah jalan.

Program Komputer
Program
Pemrograman
Interpreter
Compiler
Bahasa Pemrograman
Metode Pemrograman
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Metode penerjemahan kode program secara keseluruhan
sebelum dikerjakan oleh komputer. Seluruh kode program
sudah dipastikan dalam kondisi benar sebelum dijalankan.

Program Komputer
Program
Pemrograman
Interpreter
Compiler
Bahasa Pemrograman
Metode Pemrograman
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Perangkat lunak khusus yang digunakan untuk membuat
program komputer.
Sejarah dan perkembangan bahasa pemrograman bisa dilihat di:
http://www.levenez.com/lang/history.html#01

Program Komputer
Program
Pemrograman
Interpreter
Compiler
Bahasa Pemrograman
Metode Pemrograman
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Teknik pembuatan program.
Linear àspaghetti style, GOTO.
Modularity àprocedural
Structured àGOTO
Object Oriented àobject based

End of slide