RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)










Oleh:
Kriesna Kharisma P., M.Pd.



PRODI PENDIDIKAN KIMIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BILLFATH
TAHUN 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah : M1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengkaji berbagai permasalahan dalam
penelitian pendidikan kimia
M2 Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dalam bidang pendidikan kimia
Kemampuan Akhir yang Direncanakan : L1 Mahasiswa mampu memahami konsep dasar penelitian pendidikan
Alokasi Waktu : 2 x 50 menit
Indikator : 1.1 Mahasiswa mampu mendeskripsikan pentingnya penelitian pendidikan
1.2 Mahasiswa mampu mendeskripsikan tujuan penelitian pendidikan
Materi Pokok : Konsep Dasar Penelitian Pendidikan
a. Pengertian penelitian pendidikan
b. Rasionalisasi perlunya penelitian pendidikan
c. Tujuan penelitian pendidikan
Langkah Kegiatan :

Langkah Pembelajaran Metode Waktu Sumber/Media/Alat
Kegiatan Pendahuluan
1) Dosen memasuki ruang kelas dan membuka pembelajaran dengan memberi salam
2) Dosen mengkondisikan mahasiswa untuk siap belajar
3) Dosen mengecek kehadiran mahasiswa
4) Dosen menyampaikan RPS dan Kontrak Kuliah, dan mahasiswa memperhatikan
dengan tertib
5) Dosen menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi mahasiswa untuk
semangat belajar

Ceramah

10 menit
Sumber:
Slide presentasi
materi

Media:
PowerPoint (PPT)

Alat:
LCD, Spidol,
Whitebord
Kegiatan Inti
1) Dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk membantu mahasiswa mengingat

Ceramah

80 menit

kembali materi pada perkuliahan metode penelitian dasar
2) Mahasiswa aktif menjawab pertanyaan dosen
3) Dosen menyampaikan materi pembelajaran tentang konsep dasar penelitian
pendidikan (pengertian, rasionalisasi, dan tujuan)
4) Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk aktif mengajukan
pertanyaan
Diskusi
Tanya jawab

Kegiatan Penutup
1) Dosen bersama mahasiswa membuat kesimpulan hasil diskusi
2) Dosen memberikan penguatan kepada mahasiswa terkait materi yang telah
disampaikan
3) Dosen memberikan tugas kepada mahasiswa untuk mempelajari materi fungsi,
alur/proses, dan keterbatasan penelitian pendidikan yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya
4) Dosen menutup pembelajaran dengan memberikan salam

Diskusi

10 menit

Lamongan, 3 Maret 2020
Dosen Pengampu


Kriesna Kharisma P., M.Pd.
NIDN 0729048705

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 2
Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah : M1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengkaji berbagai permasalahan dalam
penelitian pendidikan kimia
M2 Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dalam bidang pendidikan kimia
Kemampuan Akhir yang Direncanakan : L1 Mahasiswa mampu memahami konsep dasar penelitian pendidikan
Alokasi Waktu : 2 x 50 menit
Indikator : 2.1 Mahasiswa mampu mendeskripsikan fungsi penelitian pendidikan
2.2 Mahasiswa mampu mendeskripsikan alur/proses pelaksanaan penelitian pendidikan
2.3 Mahasiswa mampu mendeskripsikan keterbatasan dalam penelitian pendidikan
Materi Pokok : Konsep Dasar Penelitian Pendidikan
a. Fungsi penelitian pendidikan
b. Alur/proses penelitian pendidikan
c. Keterbatasan penelitian pendidikan
Langkah Kegiatan :

Langkah Pembelajaran Metode Waktu Sumber/Media/Alat
Kegiatan Pendahuluan
1) Dosen memasuki ruang kelas dan membuka pembelajaran dengan memberi salam
2) Dosen mengkondisikan mahasiswa untuk siap belajar
3) Dosen mengecek kehadiran mahasiswa
4) Dosen menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi kepada
mahasiswa untuk aktif dalam pembelajaran

Ceramah

10 menit
Sumber:
Slide presentasi
materi

Media:
PowerPoint (PPT)

Alat:
LCD, Spidol,
Kegiatan Inti
1) Dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk membantu mahasiswa mengingat
kembali materi tentang tujuan penelitian pendidikan

Presentasi
Diskusi

80 menit

2) Mahasiswa aktif menjawab pertanyaan dosen
3) Dosen menyampaikan materi pembelajaran tentang fungsi, alur/proses, dan
keterbatasan penelitian pendidikan
4) Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk aktif mengajukan
pertanyaan
Tanya jawab

Whitebord
Kegiatan Penutup
1) Dosen bersama mahasiswa membuat kesimpulan hasil diskusi
2) Dosen memberikan penguatan kepada mahasiswa terkait materi yang telah
disampaikan
3) Dosen memberikan tugas kepada mahasiswa agar mempelajari materi jenis-jenis
penelitian pendidikan yang akan dilaksanakan pada pertemuan selanjutnya
4) Dosen menutup pembelajaran dengan memberikan salam

Diskusi

10 menit

Lamongan, 3 Maret 2020
Dosen Pengampu


Kriesna Kharisma P., M.Pd.
NIDN 0729048705

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJA RAN
Pertemuan 3
Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah : M1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengkaji berbagai permasalahan dalam
penelitian pendidikan kimia
M2 Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dalam bidang pendidikan kimia
Kemampuan Akhir yang Direncanakan : L1 Mahasiswa mampu memahami konsep dasar penelitian pendidikan
Alokasi Waktu : 2 x 50 menit
Indikator : Mahasiswa mampu menyebutkan dan mendeskripsikan jenis-jenis penelitian pendidikan
Materi Pokok : Konsep Dasar Penelitian Pendidikan
- Jenis-jenis penelitian pendidikan
Langkah Kegiatan :

Langkah Pembelajaran Metode Waktu Sumber/Media/Alat
Kegiatan Pendahuluan
1) Dosen memasuki ruang kelas dan membuka pembelajaran dengan memberi salam
2) Dosen mengkondisikan mahasiswa untuk siap belajar
3) Dosen mengecek kehadiran mahasiswa
4) Dosen menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi kepada
mahasiswa untuk aktif dalam pembelajaran

Ceramah

10 menit
Sumber:
1. Slide presentasi
materi

Media:
PowerPoint (PPT)

Alat:
LCD, Spidol,
Whitebord
Kegiatan Inti
1) Dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk membantu mahasiswa mengingat
kembali materi tentang alur/proses penelitian pendidikan
2) Mahasiswa aktif menjawab pertanyaan dosen
3) Dosen menyampaikan materi pembelajaran tentang jenis-jenis penelitian pendidikan
4) Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk aktif mengajukan
pertanyaan

Presentasi
Diskusi
Tanya jawab


80 menit

Kegiatan Penutup
1) Dosen bersama mahasiswa membuat kesimpulan hasil diskusi
2) Dosen memberikan penguatan kepada mahasiswa terkait materi yang telah
disampaikan
3) Dosen memberikan tugas kepada mahasiswa untuk mencari dan mengkaji 1 (satu)
contoh kasus problematika dalam pembelajaran kimia (dari artikel penelitian) dan
akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
4) Dosen menutup pembelajaran dengan memberikan salam

Diskusi

10 menit

Lamongan, 3 Maret 2020
Dosen Pengampu


Kriesna Kharisma P., M.Pd.
NIDN 0729048705

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 4
Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah : M1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengkaji berbagai permasalahan dalam
penelitian pendidikan kimia
M2 Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dalam bidang pendidikan kimia
Kemampuan Akhir yang Direncanakan : L2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran
kimia
Alokasi Waktu : 2 x 50 menit
Indikator : 4.1 Mahasiswa mampu menyusun latar belakang permasalahan dalam penelitian pendidikan
4.2 Mahasiswa mampu menyusun rumusan masalah dalam penelitian pendidikan
4.3 Mahasiswa mampu menyusun hipotesis dalam penelitian pendidikan
Materi Pokok : Problematika Pembelajaran Kimia
Langkah Kegiatan :

Langkah Pembelajaran Metode Waktu Sumber/Media/Alat
Kegiatan Pendahuluan
1) Dosen memasuki ruang kelas dan membuka pembelajaran dengan memberi salam
2) Dosen mengkondisikan mahasiswa untuk siap belajar
3) Dosen mengecek kehadiran mahasiswa
4) Dosen menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi kepada
mahasiswa untuk aktif dalam pembelajaran

Ceramah

10 menit
Sumber:
1. Slide presentasi
materi;
2. Artikel penelitian
pendidikan kimia

Media:
PowerPoint (PPT)

Alat:
Kegiatan Inti
1) Dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui pemahaman mahsiswa
tentang berbagai macam kasus yang terjadi dalam pembelajaran kimia
2) Mahasiswa aktif menjawab pertanyaan dosen

Presentasi
Diskusi
Tanya jawab

80 menit

3) Dosen menyampaikan materi pembelajaran tentang problematika pembelajaran kimia
4) Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk aktif mengajukan
pertanyaan
5) Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk mempresentasikan hasil kajiannya
terhadap artikel penelitian yang diperoleh
6) Perwakilan mahasiswa mempresentasikan hasil pekerjaannya dan mahasiswa lain
menanggapi
LCD, Spidol,
Whitebord
Kegiatan Penutup
1) Dosen bersama mahasiswa membuat kesimpulan hasil diskusi
2) Dosen memberikan penguatan kepada mahasiswa terkait materi yang telah
disampaikan
3) Dosen memberikan tugas individu kepada mahasiswa untuk membuat judul penelitian
dan menyusun latar belakang, rumusan masalah, serta hipotesis penelitian yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya
4) Dosen menutup pembelajaran dengan memberikan salam

Diskusi

10 menit

Lamongan, 3 Maret 2020
Dosen Pengampu


Kriesna Kharisma P., M.Pd.
NIDN 0729048705

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 5
Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah : M1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengkaji berbagai permasalahan dalam
penelitian pendidikan kimia
M2 Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dalam bidang pendidikan kimia
Kemampuan Akhir yang Direncanakan : L3 Mahasiswa mampu menentukan variabel dan desain penelitian dalam penelitian
pendidikan
Alokasi Waktu : 2 x 50 menit
Indikator : 5.1 Mahasiswa mampu menentukan variabel penelitian berdasarkan permasalahan yang
dikaji
5.2 Mahasiswa mampu menentukan desain penelitian yang digunakan untuk mengatasi
permasalahan yang dikaji
Materi Pokok : Variabel dan Desain Penelitian
Langkah Kegiatan :

Langkah Pembelajaran Metode Waktu Sumber/Media/Alat
Kegiatan Pendahuluan
1) Dosen memasuki ruang kelas dan membuka pembelajaran dengan memberi salam
2) Dosen mengkondisikan mahasiswa untuk siap belajar
3) Dosen mengecek kehadiran mahasiswa
4) Dosen menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi kepada
mahasiswa untuk aktif dalam pembelajaran

Ceramah

10 menit
Sumber:
Slide presentasi
materi

Media:
PowerPoint (PPT)

Alat:
LCD, Spidol,
Whitebord
Kegiatan Inti
1) Dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk membantu mahasiswa mengingat
kembali materi tentang jenis-jenis variabel penelitian
2) Mahasiswa aktif menjawab pertanyaan dosen

Presentasi
Diskusi
Tanya jawab

80 menit

3) Dosen menyampaikan materi pembelajaran tentang variabel dan desain penelitian
pendidikan
4) Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk aktif mengajukan
pertanyaan
5) Dosen meminta perwakilan untuk menyampaikan rancangan judul, latar belakang,
rumusan masalah, serta hipotesis penelitiannya untuk didiskusikan bersama
6) Perwakilan mahasiswa mempresentasikan hasil pekerjaannya dan mahasiswa lainnya
menanggapi

Kegiatan Penutup
1) Dosen bersama mahasiswa membuat kesimpulan hasil diskusi
2) Dosen memberikan penguatan kepada mahasiswa terkait materi yang telah
disampaikan
3) Dosen memberikan tugas individu kepada mahasiswa untuk menentukan variabel-
variabel penelitian serta merancang desain penelitian berdasarkan permasalahan yang
dikaji, dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
4) Dosen menutup pembelajaran dengan memberikan salam

Diskusi

10 menit


Lamongan, 3 Maret 2020
Dosen Pengampu


Kriesna Kharisma P., M.Pd.
NIDN 0729048705

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 6
Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah : M1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengkaji berbagai permasalahan dalam
penelitian pendidikan kimia
M2 Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dalam bidang pendidikan kimia
Kemampuan Akhir yang Direncanakan : L4 Mahasiswa mampu menentukan populasi, sampel, dan teknik sampling dalam penelitian
pendidikan
Alokasi Waktu : 2 x 50 menit
Indikator : 6.1 Mahasiswa mampu menentukan populasi dan sampel penelitian berdasarkan
permasalahan yang dikaji
6.2 Mahasiswa mampu menentukan teknik sampling yang tepat berdasarkan permasalahan
yang dikaji
Materi Pokok : Populasi, Sampel, dan Teknik Sampling
Langkah Kegiatan :

Langkah Pembelajaran Metode Waktu Sumber/Media/Alat
Kegiatan Pendahuluan
1) Dosen memasuki ruang kelas dan membuka pembelajaran dengan memberi salam
2) Dosen mengkondisikan mahasiswa untuk siap belajar
3) Dosen mengecek kehadiran mahasiswa
4) Dosen menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi kepada
mahasiswa untuk aktif dalam pembelajaran

Ceramah

10 menit
Sumber:
Slide presentasi
materi

Media:
PowerPoint (PPT)

Alat:
LCD, Spidol,
Whitebord
Kegiatan Inti
1) Dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk membantu mahasiswa mengingat
kembali materi tentang teknik sampling
2) Mahasiswa aktif menjawab pertanyaan dosen

Presentasi
Diskusi
Tanya jawab

80 menit

3) Dosen menyampaikan materi pembelajaran tentang populasi, sampel, dan teknik
sampling dalam penelitian pendidikan
4) Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk aktif mengajukan
pertanyaan
5) Dosen meminta perwakilan untuk menyampaikan variabel dan rancangan desain
penelitiannya untuk didiskusikan bersama
6) Perwakilan mahasiswa mempresentasikan hasil pekerjaannya dan mahasiswa lainnya
menanggapi

Kegiatan Penutup
1) Dosen bersama mahasiswa membuat kesimpulan hasil diskusi
2) Dosen memberikan penguatan kepada mahasiswa terkait materi yang telah
disampaikan
3) Dosen memberikan tugas individu kepada mahasiswa untuk menentukan populasi,
sampel, serta teknik sampling berdasarkan permasalahan yang dikaji, dan akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya
4) Dosen menutup pembelajaran dengan memberikan salam

Diskusi

10 menit


Lamongan, 3 Maret 2020
Dosen Pengampu


Kriesna Kharisma P., M.Pd.
NIDN 0729048705

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 7
Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah : M1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengkaji berbagai permasalahan dalam
penelitian pendidikan kimia
M2 Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dalam bidang pendidikan kimia
Kemampuan Akhir yang Direncanakan : L5 Mahasiswa mampu menyusun instrumen penelitian pendidikan
Alokasi Waktu : 2 x 50 menit
Indikator : 7.1 Mahasiswa mampu menyusun instrumen penelitian berdasarkan permasalahan yang
dikaji
7.2 Mahasiswa mampu mengukur tingkat validitas dan reliabilitas instrumen penelitian
Materi Pokok : Instrumen Penelitian
Langkah Kegiatan :

Langkah Pembelajaran Metode Waktu Sumber/Media/Alat
Kegiatan Pendahuluan
1) Dosen memasuki ruang kelas dan membuka pembelajaran dengan memberi salam
2) Dosen mengkondisikan mahasiswa untuk siap belajar
3) Dosen mengecek kehadiran mahasiswa
4) Dosen menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi kepada
mahasiswa untuk aktif dalam pembelajaran

Ceramah

10 menit
Sumber:
Slide presentasi
materi

Media:
PowerPoint (PPT)

Alat:
LCD, Spidol,
Whitebord
Kegiatan Inti
1) Dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk membantu mahasiswa mengingat
kembali materi tentang jenis-jenis instrumen penelitian
2) Mahasiswa aktif menjawab pertanyaan dosen
3) Dosen menyampaikan materi pembelajaran tentang instrumen penelitian pendidikan

Presentasi
Diskusi
Tanya jawab


80 menit

4) Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk aktif mengajukan
pertanyaan
5) Dosen meminta perwakilan untuk menyampaikan populasi, sampel, dan teknik
sampling penelitiannya untuk didiskusikan bersama
6) Perwakilan mahasiswa mempresentasikan hasil pekerjaannya dan mahasiswa lainnya
menanggapi
Kegiatan Penutup
1) Dosen bersama mahasiswa membuat kesimpulan hasil diskusi
2) Dosen memberikan penguatan kepada mahasiswa terkait materi yang telah
disampaikan
3) Dosen memberikan tugas individu kepada mahasiswa untuk menyusun instrumen
penelitian dan dikumpulkan pada saat UTS
4) Dosen memberikan tugas individu kepada mahasiswa untuk melaukan uji validitas
dan reliabilitas instrumen penelitian dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
(setelah UTS)
5) Dosen menutup pembelajaran dengan memberikan salam

Diskusi

10 menit


Lamongan, 3 Maret 2020
Dosen Pengampu


Kriesna Kharisma P., M.Pd.
NIDN 0729048705

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 9
Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah : M1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengkaji berbagai permasalahan dalam
penelitian pendidikan kimia
M2 Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dalam bidang pendidikan kimia
Kemampuan Akhir yang Direncanakan : L6 Mahasiswa mampu memahami dan menentukan teknik analisis data dalam penelitian
pendidikan
Alokasi Waktu : 2 x 50 menit
Indikator : Mahasiswa mampu menentukan teknik analisis data berdasarkan permasalahan yang dikaji
Materi Pokok : Teknik Analisis Data
Langkah Kegiatan :

Langkah Pembelajaran Metode Waktu Sumber/Media/Alat
Kegiatan Pendahuluan
1) Dosen memasuki ruang kelas dan membuka pembelajaran dengan memberi salam
2) Dosen mengkondisikan mahasiswa untuk siap belajar
3) Dosen mengecek kehadiran mahasiswa
4) Dosen menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi kepada
mahasiswa untuk aktif dalam pembelajaran

Ceramah

10 menit
Sumber:
Slide presentasi
materi

Media:
PowerPoint (PPT)

Alat:
LCD, Spidol,
Whitebord
Kegiatan Inti
1) Dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk membantu mahasiswa mengingat
kembali materi tentang jenis-jenis teknik analisis data
2) Mahasiswa aktif menjawab pertanyaan dosen
3) Dosen menyampaikan materi pembelajaran tentang teknik analisis data dalam
penelitian pendidikan

Presentasi
Diskusi
Tanya jawab


80 menit

4) Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk aktif mengajukan
pertanyaan
5) Dosen meminta perwakilan untuk menyampaikan hasil uji validitas dan reliabilitas
instrumen penelitiannya untuk didiskusikan bersama
6) Perwakilan mahasiswa mempresentasikan hasil pekerjaannya dan mahasiswa lainnya
menanggapi
Kegiatan Penutup
1) Dosen bersama mahasiswa membuat kesimpulan hasil diskusi
2) Dosen memberikan penguatan kepada mahasiswa terkait materi yang telah
disampaikan
3) Dosen memberikan tugas individu kepada mahasiswa untuk menentukan teknik
analisis data berdasarkan penelitiannya dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
4) Dosen menutup pembelajaran dengan memberikan salam

Diskusi

10 menit


Lamongan, 3 Maret 2020
Dosen Pengampu


Kriesna Kharisma P., M.Pd.
NIDN 0729048705

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 10-13
Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah : M1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengkaji berbagai permasalahan dalam
penelitian pendidikan kimia
M2 Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dalam bidang pendidikan kimia
Kemampuan Akhir yang Direncanakan : L7 Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian pendidikan
Alokasi Waktu : 2 x 50 menit
Indikator : Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan sistematis
Materi Pokok : Sistematika Proposal
Langkah Kegiatan :

Langkah Pembelajaran Metode Waktu Sumber/Media/Alat
Kegiatan Pendahuluan
1) Dosen memasuki ruang kelas dan membuka pembelajaran dengan memberi salam
2) Dosen mengkondisikan mahasiswa untuk siap belajar
3) Dosen mengecek kehadiran mahasiswa
4) Dosen menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi kepada
mahasiswa untuk aktif dalam pembelajaran

Ceramah

10 menit
Sumber:
Slide presentasi
materi

Media:
PowerPoint (PPT)

Alat:
LCD, Spidol,
Whitebord
Kegiatan Inti
1) Dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk membantu mahasiswa mengingat
kembali materi tentang jenis-jenis teknik analisis data
2) Mahasiswa aktif menjawab pertanyaan dosen
3) Dosen menyampaikan materi pembelajaran tentang sistematika proposal dalam
penelitian pendidikan
4) Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk aktif mengajukan

Presentasi
Diskusi
Tanya jawab


80 menit

pertanyaan
5) Dosen meminta perwakilan untuk menyampaikan rancangan teknik analisis data
dalam penelitiannya untuk didiskusikan bersama
6) Perwakilan mahasiswa mempresentasikan hasil pekerjaannya dan mahasiswa lainnya
menanggapi
Kegiatan Penutup
1) Dosen bersama mahasiswa membuat kesimpulan hasil diskusi
2) Dosen memberikan penguatan kepada mahasiswa terkait materi yang telah
disampaikan
3) Dosen memberikan tugas individu kepada mahasiswa untuk menyusun proposal
penelitian dan akan dibahas setiap minggu pada pertemuan selanjutnya
4) Dosen menutup pembelajaran dengan memberikan salam

Diskusi

10 menit


Lamongan, 3 Maret 2020
Dosen Pengampu


Kriesna Kharisma P., M.Pd.
NIDN 0729048705

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 14-15
Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah : M1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengkaji berbagai permasalahan dalam
penelitian pendidikan kimia
M2 Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dalam bidang pendidikan kimia
Kemampuan Akhir yang Direncanakan : L8 Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal penelitian pendidikan
Alokasi Waktu : 2 x 50 menit
Indikator : Mahasiswa mampu mempresentasikan dan mempertahankan proposal penelitian yang telah
disusun dalam forum diskusi
Materi Pokok : Review proposal penelitian
Langkah Kegiatan :

Langkah Pembelajaran Metode Waktu Sumber/Media/Alat
Kegiatan Pendahuluan
1) Dosen memasuki ruang kelas dan membuka pembelajaran dengan memberi salam
2) Dosen mengkondisikan mahasiswa untuk siap belajar
3) Dosen mengecek kehadiran mahasiswa
4) Dosen menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi kepada
mahasiswa untuk aktif dalam pembelajaran

Ceramah

10 menit
Sumber:
Slide presentasi
proposal penelitian

Media:
PowerPoint (PPT)

Alat:
LCD, Spidol,
Whitebord
Kegiatan Inti
1) Dosen meminta mahasiswa untuk menyampaikan rancangan proposal penelitian yang
telah disusun untuk didiskusikan bersama
2) Perwakilan mahasiswa mempresentasikan hasil pekerjaannya dan mahasiswa lainnya
menanggapi
3) Dosen memantau kegiatan diskusi mahasiswa selama pembelajaran

Presentasi
Diskusi
Tanya jawab


80 menit

Kegiatan Penutup
1) Dosen me-review hasil rancangan proposal penelitian yang telah dipresentasikan
mahasiswa
2) Dosen memberikan tugas individu kepada mahasiswa untuk memperbaiki kembali
rancangan proposal penelitiannya dan dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya
(UAS)
3) Dosen menutup pembelajaran dengan memberikan salam

Diskusi

10 menit


Lamongan, 3 Maret 2020
Dosen Pengampu


Kriesna Kharisma P., M.Pd.
NIDN 0729048705