PROGRAM STUDI S-1 PGSD
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP)
PERSADA KATULISTIWA SINTANG

RPS

Fakultas/ Program Studi : S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Mata kuliah : Bahasa Inggris II
Kode Mata Kuliah :
Semester : 2/Genap
SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat :-
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini diberikan untuk menghantarkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk menemukan sumber belajar atau materi
dari English Text Books untuk menunjang bidang ilmu yang mereka tempuh. Mata kuliah ini juga diberikan agar mahasiswa
memiliki kemampuan (life skills), sehingga memungkinkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk dapat mengembangkan diri
dan sekaligus menunjang profesi mahasiswa sebagai guru. Mata kuliah ini disusun agar mahasiswa dapat bersosialisa dan
berinteraksi dalam konteks bahasa Inggris sederhana sehari-hari. Mata kuliah ini membahas tentang grammar, vocabularies, short
functional text (announcements, written advertisements, and spoken advertisements)

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:
Mahasiswa mampu merencanakan dan menyampaikan text functional pendek dalam bentuk written maupun spoken secara
individu maupun kelompok dengan benar dan penuh rasa tanggung jawab.

Pertemuan
ke-
Kemampuan Akhir yang
Direncanakan
Indikator Bahan Kajian Method
Pembelajaran
Tugas Mahasiswa Metode
Penilaian
Bobot
Penilaian
1 1. Mahasiswa mampu membangun
hubungan baik antara dosen dgn
Mhs serta Mhs dgn Mhs.
2. Mahasiswa mengetahui bahan,
materi, dan skedul perkuliahan.
3. Mahasiswa mengetahui dan
memahami kompetensi yang
akan dicapai pada mata kuliah
Bahasa Inggris 2

1. Interaksi akrab dosen dg mhs, antar
mhs
2. Motivasi mahasiswa untuk belajar
mandiri.
3. Mahasiswa dapat mengikuti
perkuliahan sesuai skedul perkuliahan

Kontrak kuliah
Silabus
RPS
Ceramah
Brainstorming
Ice breaking
Mahasiswa diminta
menyiapkan materi
untuk pertemuan
berikutnya

2 Menyebutkan dan
menggunakan bentuk modal
auxiliaries

1. Partisipasi
2. Keaktifan
3. Kemampuan menulis kalimat
menggunakan modal auxiliaries
Modal auxiliaries Contextual
instruction
Membuat kalimat
menggunakan
macam-macam
modal auxiliaries
Tes tulis 10
3 Menyebutkan dan
menggunakan more modals dan
dapat menggunakannya dengan
baik dan benar dalam contexts
kehidupan sehari-hari


1. Partisipasi
2. Keaktifan
3. Kemampuan menulis kalimat
menggunakan more modals
More on modals Contextual
instruction
Membuat kalimat
menggunakan bentuk
more on modals.
Test tulis
4 1. Mengidentifikasi verbs in
conditional sentences
2. Menklaisfikasi verbs in
conditional sentences
3. Mengaplikasi verbs in
conditional sentences dalam
kehidupan sehari-hari
1. Partisipasi
2. Keaktifan
3. Kemampuan menggunakan verbs in
conditional sentences dalam bentuk
tulisan maupun lisan.

Verbs in
conditional
sentences
Contextual
instruction
Menulis kalimat
mengunakan
conditional sentences.
Tes tulis
5 1. Menulis kalimat (sentences)
dengan baik dan benar
2. Mengaplikasi kemampuan
1. Partisipasi
2. Keaktifan
3. Mampu menulis kalimat dengan baik
More about
sentences
Contextual
instruction
Menulis kalimat
complex sentences
Tes tulis

menulis kedalam short
functional text (announcements
dan advertisements)
6 1. Mahasiswa mengetahui unsur-
unsur yang terdapat pada short
functional text berupa
announcement
2. Mahasiwa mampu
menyampaikan informasi yang
terdapat dalam sebuah
announcement secara lisan

1. Partisipasi
2. Keaktifan
3. Mampu mengidentifikasi unsur-unsur
yang terdapat dalam text
announcement
4. Mampu menulis text announcement
dengan baik
Announcement  Contextual
instruction
 Collaborati
ve learning
 Menulis text
announcement
 Menyampaikan
text announcement
secara lisan dalam
kelompok
Test tulis


7 1. Mahasiswa mampu menulis
short functional text berupa
announcement
2. Mahasiswa mampu
menyampaikan pengumuman
secara lisan

1. Partisipasi
2. Keaktifan
3. Mampu menyampaikan informasi
yang terdapat dalam text
announcement
4. Mampu membagikan informasi yang
terdapat dalam text announcement
Announcement  Contextual
instruction
 Collaborati
ve learning
 Menulis text
announcement
 Menyampaikan
text announcement
secara lisan dalam
kelompok
Test lisan
8 MID SEMESTER Mampu menganalisa dan menjawab soal
dengan benar
 Modal
auxiliaries
 Conditional
sentences
 announcement
Membaca dan
menjawab soal dalam
bentuk essay
Tes tulis






9 1. Mahasiswa mengetahui unsur-
unsur yang terdapat pada short
functional text berupa
advertisement
2. Mahasiwa mampu
menyampaikan informasi yang
terdapat dalam sebuah
1. Partisipasi
2. Keaktifan
3. Mampu mengidentifikasi unsur-unsur
yang terdapat dalam text
advertisement
4. Dapat menyebutkan topik dan items
serta informasi lainnya yang ada
Advertisement  Contextual
instruction
 Collaborati
ve learning
 Menulis text
advertisement

Test tulis

advertisement secara lisan

dalam sebuah advertisement
10 1. Mahasiswa mampu membuat
dan menulis short functional
text berupa advertisement
2. Mahasiswa mampu
menyampaikan advertisement
secara lisan (promosi)

1. Partisipasi
2. Keaktifan
3. Mampu medisign sebuah
advertisement
4. Menyampaikan texts adversement
secara lisan
Advertisement  Contextual
instruction
 Collaborati
ve learning
 Mempromosikan
sebuah product
atau jasa
Test lisan
11 Mahasiswa mamahami tugas yang
diberikan
1. Partisipasi
2. Keaktifan
3. Mahasiwa menetahui tugas dan
tanggung jawabnya dalam tugas
presentasi
1. Pembagian
kelompok
2. Lembar kerja
mahasiswa
Ceramah
Brainstorming
Ice breaking
 Mencatat uraian
tugas yang
diberikan
 Menyiapkan tugas
kelompok
 Melakukan cabut
undi

12 Mahasiswa mampu merancang,
menulis, dan menyampaikan hasil
kerja kelompok dalam bentuk
announcement dan advertisement
secara lisan
1. Partisipasi
2. Keaktifan
3. Mahaiswa menunjukan hasil kerja
kelompok dalam bentuk tulisan
maupun lisan
4. Mahasiswa bertanggung jawab
dengan tugas yang telah diberikan

1. Written and
spoken
announcement
2. Written and
spoken
advertisement
Project based
learning
Mempresentasikan
hasil kerja kelompok
berupa presentasi dan
promosi (presentasi
kelompok 1 dan 2)
Test lisan
13 Mahasiswa mampu merancang,
menulis, dan menyampaikan hasil
kerja kelompok dalam bentuk
announcement dan advertisement
secara lisan
1. Partisipasi
2. Keaktifan
3. Mahaiswa menunjukan hasil kerja
kelompok dalam bentuk tulisan
maupun lisan
4. Mahasiswa bertanggung jawab
dengan tugas yang telah diberikan

1. Written and
spoken
announcement
2. Written and
spoken
advertisement
Project based
learning
Mempresentasikan
hasil kerja kelompok
berupa presentasi dan
promosi (presentasi
kelompok 3 dan 4)
Test lisan
14 Mahasiswa mampu merancang, 1. Partisipasi 1. Written and Project based Mempresentasikan Test lisan

menulis, dan menyampaikan hasil
kerja kelompok dalam bentuk
announcement dan advertisement
secara lisan
2. Keaktifan
3. Mahaiswa menunjukan hasil kerja
kelompok dalam bentuk tulisan
maupun lisan
4. Mahasiswa bertanggung jawab
dengan tugas yang telah diberikan

spoken
announcement
2. Written and
spoken
advertisement
learning hasil kerja kelompok
berupa presentasi dan
promosi (presentasi
kelompok 5 dan 6)
15 Mahasiswa mampu merancang,
menulis, dan menyampaikan hasil
kerja kelompok dalam bentuk
announcement dan advertisement
secara lisan
1. Partisipasi
2. Keaktifan
3. Mahaiswa menunjukan hasil kerja
kelompok dalam bentuk tulisan
maupun lisan
4. Mahasiswa bertanggung jawab
dengan tugas yang telah diberikan

1. Written and
spoken
announcement
2. Written and
spoken
advertisement
Project based
learning
Mempresentasikan
hasil kerja kelompok
berupa presentasi dan
promosi (presentasi
kelompok 7 dan 8)
Test lisan
16 UAS Mampu menganalisa dan menjawab soal
dengan benar
 Modal
auxiliaries
 Conditional
sentences
 Announcement
 Advertisement
Membaca dan
menjawab soal dalam
bentuk essay
Tes tulis