KEBIJAKANMUTU

2

3

4

5
SEKAPURSIRIH
InstitutSenidanBudaya(ISBI)Acehmerupakansebuahperguruantinggiseni-budaya
yangdisatusisiharusakuntabelterhadappemangkukepentingan(stakeholders),namundisisi
laintetapmempertahankansifatnirlaba(nonprofit).Dengandemikian,produklulusanISBI
Acehharusmemilikibeberapakriteriasepertimemilikikompetensisesuaidenganbidang
ilmunya,mudahmendapatkanpekerjaan,mampubersaingdiarasnasionalmaupun
internasional,berkepribadianbaiksertabermoraltinggi.Agarhaltersebutdapatdicapai,ISBI
Acehharusmemilikisistempenjaminanmutuyanghandal,yangantaralainmemuatsistem
manajemenmutu.Penyusunansistemmanajemenmutuakademiktersebutharus“selaras”
denganvisi,misi,dannilai-nilaiyangdianutolehInstitutSenidanBudaya(ISBI)Acehitu
sendiri.
Komitmenuntukmeningkatkansistemmanajemendanorganisasiyangmengacupada
suatupenyelenggaraanprogrampendidikanyangefektifdanefisienmerupakanupaya
peningkatankualitasprogramakademik.UntukitumakadisusunlahBukuPedomaniniyang
merujukpadaBukuReferensiSistemPenjaminanMutuInstitutSenidanBudaya(ISBI)Aceh
danBukuAkreditasiNasionalPerguruanTinggi(BANPT).
BukupedomaninibertujuanuntukmemberikantuntunanbagiInstitutSenidanBudaya
(ISBI)Aceh(fakultasdanProgramStudi)dalammelaksanakanmanajemenmutuakademikdi
lingkunganmasing-masing.Selainitubukuinidimaksudkanuntukmempermudahpengelola
dalammenyelenggarakankegiatanakademiksesuaidenganstandarmutuyangtelahditetapkan
olehInstitutSenidanBudaya(ISBI)Aceh.
Sasaranbukupedomaniniadalahpengelolapenyelenggarakegiatanakademik,baikdi
tingkatInstitut,FakultasmaupunProgramStudidilingkunganInstitutSenidanBudaya(ISBI)
Aceh.
ManajemenmutuakademikdiISBIAcehberpegangpadapemikiranpelayanan
akademikyangdiproduksiolehISBIAcehmemenuhistandar,permintaandankepuasanpara

6
stakeholderssertadiselenggarakandenganprinsipefisiensi.Adanyapenyelenggaraan
manajemenmutuakademikyangefisien,ISBIAcehakanberusahamemberikanpelayanan
terbaikkepadastakeholdersdanmembangunatmosferrisetuntukmencapaivisinyasebagai
Institutyangungguldikawasanregionaldaninternasional.
AcehBesar,Maret2021
Rektor
INSTITUTSENIBUDAYAINDONESIAACEH

7
PENGANTAR
PenjaminanMutuPendidkanInstitutSeniBudayaIndonesiaAceh
(disingkatPMPISBIAceh)berperansebagaipusatkerjaISBIAcehyang
merancang,membuatperangkat,melaksanakan,memantau,mengevaluasi,dan
mengembangkanpenyelenggaraansistempenjaminanmutudiISBIAceh.Buku
KebijakanMutudisusundalamrangkamendokumentasikankegiatanpenjaminan
mutuISBIAcehdansekaligussebagaibahaninspirasidanreferensikegiatan
penjaminanmutu.
PMP-ISBIAcehberhasilmenyelesaikanBukuKebijakanMutu,yangsecara
operasionalmenggambarkankebijakansistempenjaminanmutudiInstitutSeni
BudayaIndonesiaAceh.SikluspenjaminanmutuISBIAcehterdiriatas5(lima)
langkah,yaitu:
(1)PenetapanStandar,(2)Pelaksanaan,(3)Evaluasi(4)Pengendalian,(5)
PeningkatanMutu.
Isibukukebijakaniniadalah:Pendahuluan;Visi,MisidanTujuanInstitutSeni
BudayaIndonesiaAceh;LatarBelakangPenjaminanMutu;RuangLingkup
Kebijakan;Defenisiistilah-istilahdalamdokumenmutu;GarisBesarKebijakan
PenjaminanMutu;StrukturOrganisasi,danuraian-uraiantentangmanualmutu
sampaikepadaformulirmutu.
DemikianBukukebijakaninidisusun,ucapanterimakasihdisampaikankepada
paratimkebijakanyangtelahberusahamenyusunbukukebijakaninisehingga
dapattersajinyakeijakanmutuPenjaminanMutuPendidikanInstitutSeniBudaya
IndonesiaAceh.
Jantho,Maret2021
KoordinatorPenjaminanMutuPendidikan
InstitutSeniBudayaIndonesiaAceh

8
DAFTARISI
Pengantar................................................................................................................................
DaftarISI................................................................................................................................
BABIPENDAHULUAN......................................................................................................
BABIIVISI,MISI,TUJUANINSTITUTSENIBUDAYAINDONESIAACEH.............
BABIIIGARISBESARKEBIJAKANSISTEMPENJAMINANMUTUISBIACEH.....
BABIVPENUTUP...............................................................................................................
REVERENSI..........................................................................................................................

9
BABI
PENDAHULUAN
Prosestransformasisosial-kultural,darimasyarakatrural-agrariskemasyarakaturban-
industrialmenujukemasyarakatinformatif-globaldiIndonesiatelahmenyebabkanterjadi
perubahan-perubahandiberbagaibidang.Halinidipicudandidukungolehpenguasaanilmu,
teknologi,dansenisebagaiujungtombakperubahan.Perubahanyangterjadidalambatas-batas
tertentumasihmenimbulkanbeberapaketimpangandankesenjangan.Ketimpangandan
kesenjanganitudapatmenimbulkanberbagaidampaknegatifyangmenyebabkanterjadinya
alienasi,diskriminasi,danmarginalisasiyangmempersulitprosesdemokratisasi.
MengacukepadaBabXIIIPendidikandanKebudayaan,Pasal31dalamamandemen
keempatUndang-UndangDasar1945,antaralainmenyebutkansebagaiberikut.
1.Setiapwarganegaraberhakmendapatpendidikan.
2.Setiapwarganegarawajibmengikutipendidikandasardanpemerintahwajib
membiayainya.
3.Pemerintahmengusahakandanmenyelenggarakansatusistempendidikannasional,
yangmeningkatkankeimanandanketaqwaansertaakhlakmuliadalamrangka
mencerdaskankehidupanbangsa,yangdiaturdenganundang-undang.
4.Negaramemprioritaskananggaranpendidikansekurang-kurangnyaduapuluhpersen
darianggaranpendapatandanbelanjanegarasertadarianggaranpendapatandan
belanjadaerahuntukmemenuhikebutuhanpenyelenggaraanpendidikannasional.
5.Pemerintahmemajukanilmupengetahuandanteknologidenganmenjunjungtinggi
nilai-nilaiagamadanpersatuanbangsauntukkemajuanperadabanserta
kesejahteraanumatmanusia.
Dalamrangkaitusemua,InstitutSeniBudayaIndonesia(ISBI)Acehsebagailembaga
yangbaruberdiriperlumempersiapkanSDMyangberkualitasuntukmenjaminstandarmutu
pendidikantinggi.OlehkarenaituISBIAcehperlumemerankandirinyasebagaimotivator,
fasilitator,danmemberikanteladankemajuandisektorkebudayaan,antaralaindibidangilmu
pengetahuan,teknologidanseni.InstitutSeniBudayaIndonesiaAcehmerupakanperguruan
tingginegeridilingkunganKementerianRiset,Teknologi,danPendidikanTinggi.InstitutSeni
BudayaIndonesiaAcehBerkedudukandiKabupatenAcehBesar,ProvinsiAceh.InstitutSeni
BudayaIndonesiaAcehdidirikanpadatanggal06Oktober2014berdasarkanPeraturanPresiden
Nomor126Tahun2014tentangPendirianInstitutSeniBudayaIndonesiaAcehdanmenetapkan
bahwatanggal6Oktobermerupakanharijadi(DiesNatalis)InstitutSeniBudayaIndonesia
Aceh.InstitutSeniBudayaIndonesiaAcehmerupakansalahsatuPerguruanTinggiNegeriSeni

10
BudayayangdiresmikanolehPresidenRepublikIndonesiaDr.H.SusiloBambangYudhoyono
padatanggal6Oktober2014diSurabaya.SaatiniISBIAcehmemilikilahan30HadiKota
Jantho,yangnantinyaakandibangunkampusterpadu.Sebagaisatu-satunyaPerguruanTinggi
NegeriSeniBudayaAcehdiSumatera.ISBIAcehsaatinimemiliki2Jurusandengan6
ProgramStudi,yaitu:JurusanSeniPertunjukan(JSP)ProgramStudiSeniKarawitan,Program
StudiSeniTari,ProgramStudiTeater.SedangkandiJurusanSeniRupadanDesain(JSRD)
memilikitigaprogramstudiyaituProgramStudiSeniMurni,ProgramStudiSeniKriya,
ProgramStudiDesainKomunikasiVisual
Setiapprogramstudimemilikitujuanpendidikansebagaiprosesagarmanusiamampu
mengaktualisasikanpotensinyaseefektifmungkindengantetapmenghormati,menghargai,
merawatdanbertanggungjawabsecaravertikalkepadaTuhanYangMahasEsadansecara
horisontalkepadamasyarakatdanlingkungannya.MakapendidikanpadatingkatInstitutSeni
BudayaIndonesiaAcehdilakukansecarasungguh-sungguhdenganmerencanakan,
melaksanakan,mengontrol,danmengevaluasiprosespendidikanagarlulusanISBIAceh
bermanfaatbagibangsa,negara,danagama.
Dengandemikian,pendidikanyangdilaksanakandiISBIAcehmenjadibasiscapaiandan
pengembanganprestasimanusiayangmenghargaiperbedaandankeberagamandengan
menjunjungtinggietika,moral,dankeadilan.LulusanISBIAcehdiharapkanungguldibidang
ilmupengetahuan,teknologi,danseni.Selainitu,diharapkanmereka(Mahasiswa/lulusan)sadar
akananugerahdanberkahyangditerimanya.
Olehkarenaitu,sistempenjaminanmutudalamseluruhaspekdantahapanmanajemen
kependidikandiISBIAcehsangatdiperlukan.Harapanmenjadiinsanakademisyangparipurna
denganmenyadarianugerah,berkah,danamanahyangdiperolehhendaknyadapatmenerapkan
ilmupengetahuan,teknologi,danseniuntukkemaslahatanbangsaIndonesiajugaharus
mendapatperhatian.Dalamkontekssemacamitulahkomitmenterhadapkonsistensi,kontinuitas,
dankonsekuensidalammelaksanakanpendidikan,penelitian,maupunpengabdianmasyarakat
dapatdilaksanakansecarabermaslahatdanbermartabat.
ISBIAcehakanselalumengembangkandanmemeliharabudayaakademikdalammencari
kebenaranyanglebihadildanmulia.Untukitukebebasanakademikdanotonomikeilmuan
harusditegakkan.Prestasiproduk-produkakademikdipeliharadenganHakIntelektualterutama
dalampengembanganpenelitian,teknologi,danseniyangunggul.
Seluruhkomponenakademikharusselalumeningkatkankualitasnyabidangkeahliandan
keterampilannyabaikmelaluipendidikan,pelatihan,diskusi,seminar,sarasehan,maupun
bentuk-bentukpertukaranpengalamanlainnyadenganlembagaakademikmaupunlembaga

11
terkait.Transaksiilmupengetahuandankaryasenimenuntutsikapterbukadilandasisemangat
memberidanmenerima(takeandgive),proaktifterhadapperubahanzamansertabertanggung
jawabsecaraetis,estetis,danakademik.
LulusanISBIAcehpadasetiapprogrampendidikanperlumemilikikeunggulan
komparatif,kompetetifdaninovatifmemilikinilaitawardiduniakerja,danmemilikietos
kerjasamayangtinggidalamkehidupanbermasyarakatdanberbangsa.Untukituprogram
pembelajaranselaludiukurmelaluikeberhasilannyadalammengaktualisasikanpotensi
akademiknyadalamsikapdansifatmandiri,kritis,aktif,dinamis,kreatif,inovatif,profesional,
danakuntabel.
UntukmencapaimutupendidikanISBIAcehperlusenantiasamerencanakansebagai
lembagapendidikan,penelitian,danpengabdiankepadamasyarakatyangungguldan
profesional.Keunggulandanprofesionalitasinstitusionalituselaludiupayakandijaga
ketercapaiannya.Selainitu,kebersainganinternalbaikorganisasi,unit,danpersonalperlu
ditumbuhkembangkantanpamerugikansatudenganyanglain.Demikianjugakolektivitas
semangatkerjaberpayungpadavisidanmisiinstitusi,berorientasitujuandanberbasisproduk
perludijagakeberlangsungannyamenujukeunggulaninstitusi.Demikianpulasemangat
konservasidanpreservasidenganmelapangkankreasiinovatiftetapmenjadibasisutama.
PraktekBaikPenjaminanMutudiberbagaibidangpendidikantinggi,sepertikurikulum,
pembelajaran,suasanaakademik,kemahasiswaan,sumberdayamanusia,penelitian,pengabdian
kepadamasyarakat,danharusmengikutistandaryangsudahditetapkan.PenjaminanMutu
PendidikanTinggisebagaimanadimuatdalamPeraturanMenteriRiset,Teknologidan
PendidikanTinggiNo.62tahun2016menjadikanpenjaminanmutudisetiapperguruantinggi
terstandarisasi.
PenjaminanMutuPendidikanTinggitersebutdalamsebuahsistemyangdisebutSistem
PenjaminanMutuPerguruanTinggi,yangterdiriatasSistemPenjaminanMutuInternal(SPMI)
yangdilaksanakanolehsetiapperguruantinggi,SistemPenjaminanMutuEksternal(SPME)
atauakreditasiyangdilaksanakanolehBAN-PT,danPangkalanDataPerguruanTinggibaik
padaperguruantinggimaupunpadaDitjenDikti.Systempenjaminanmutuinimenjadirujukan
sehinggaterintegrasiPenjaminanMutuPendidikanTinggitersebutdalamsebuahsistemdengan
perubahannamadariSistemPenjaminanMutuPerguruanTinggimenjadiSistemPenjaminan
MutuPendidikanTinggidisingkatSPMDikti,yangterdiriatasSistemPenjaminanMutu
Internal,SistemPenjaminanMutuEksternalatauakreditasi,danPangkalanDataPendidikan
Tinggi.

12
BABII
VISI,MISI,DANTUJUANKEBIJAKANMUTU
INSTITUTSENIBUDAYAINDONESIAACEH
A.Visi,Misi,TujuanINSTITUTSENIBUDAYAINDONESIAACEH
1.Visi
Mewujudkanlembagapendidikantinggisenidanbudayayang
menghasilkaninsanakademis,kreatif,mandiri,berkepribadian,dan
berbudaya.
2.Misi:
a.Menyelenggarakanpendidikanyangbermutudibidangsenidanbudaya.
b.Membangunkehidupanakademikyangkondusifdanmandirimelalui
sistempendidikanyangbermutu,transparan,demokratis,danberjiwa
wirausaha.
c.Menciptakansivitasakademikayangberkarakter,berdayasaing,dan
berkompetensidalampenguasaanilmu,pengetahuan,keterampilanseni
danbudaya.
d.Membinapenelitianyangbertumpupadapengembanganilmu
pengetahuandanpengabdianyangberorientasipadakepentingandan
kemajuanbangsadannegara.
e.Meningkatkanperandalampengembangankreativitassenidanbudayadi
tingkatlokal,nasional,danInternasional.
f.Membangunkerjasamaantarlembagadanunsur-unsurlainyang
memilikirelevansi.
3.Tujuan
a.Menghasilkanlulusanyangbermoraldanberintegritastinggi,membentuk
masyarakatkreatifdanhumanissesuaidengannilai-nilaisosial,kulturandan
religius/nuansaIslami;
b.Menghasilkanpenelitianyangbergunabagipengembanganilmupengetahuan,
teknologi,dankreativitassenidanbudayabagikepentinganbangsadannegara;
c.MewujudkanPerguruanTinggiyangmemilikiperandalampengembangan
kreativitassenidanbudayaditingkatLokal,Nasional,danInternasional;

13
d.Mewujudkanpusatinformasidanpublikasisertapusatindustridankreativitas
senidanbudaya;dan
e.Menjalinkerjasamadenganlembagadiberbagaibidang,terutamadalam
pengembangansenidanbudayauntukkemajuanlembaga.
4.SejarahSingkatInstitutSeniBudayaIndonesiaAceh
InstitutSeniBudayaIndonesiaAcehmerupakanperguruantingginegeridi
lingkunganKementerianRiset,Teknologi,danPendidikanTinggi.InstitutSeni
BudayaIndonesiaAcehBerkedudukandiKabupatenAcehBesar,ProvinsiAceh.
InstitutSeniBudayaIndonesiaAcehdidirikanpadatanggal06Oktober2014
berdasarkanPeraturanPresidenNomor126Tahun2014tentangPendirianInstitut
SeniBudayaIndonesiaAcehdanmenetapkanbahwatanggal6Oktobermerupakan
harijadi(DiesNatalis)InstitutSeniBudayaIndonesiaAceh.InstitutSeniBudaya
IndonesiaAcehmerupakansalahsatuPerguruanTinggiNegeriSeniBudayayang
diresmikanolehPresidenRepublikIndonesiaDr.H.SusiloBambangYudhoyono
padatanggal6Oktober2014diSurabaya.SaatiniISBIAcehmemilikilahan30Ha
diKotaJantho,yangnantinyaakandibangunkampusterpadu.Sebagaisatu-satunya
PerguruanTinggiNegeriSeniBudayaAcehdiSumatera.ISBIAcehsaatini
memiliki2Jurusandengan6ProgramStudi,yaitu:
JurusanSeniPertunjukan(JSP)
1.ProgramStudiSeniKarawitan
2.ProgramStudiSeniTari
3.ProgramStudiTeater
JurusanSeniRupadanDesain(JSRD)
1.ProgramStudiSeniMurni
2.ProgramStudiSeniKriya
3.ProgramStudiDesainKomunikasiVisual

14
5.LatarBelakang
SistemPenjaminanMutu(SPM)ISBIAcehadalahkegiatansistemik
dansistematisdiISBIAcehyangdidorongolehkebutuhandankesadaran
internal(internallydriven)untukmenjaminmutupenyelenggaraanpendidikan
diISBIAceh.SPMdiperlukanuntukmenetapkan,melaksanakan,
mengevaluasi,mengendalikandanmeningkatkankinerjapenyelenggaraan
TridharmadiISBIAcehsecarakonsistendanberkelanjutan.
SistemPenjaminanMutudiInstitutSeniBudayaIndonesiaAcehsudah
dimulaitahun2018melaluipembentukanLPMPPMPdimanadidalamnya
terdapatKorpusPenelitiandanPengabdian,KorpusPenjaminanMutu
PendidikandanKorpusKKN.pembentukanPenjaminanMutuPendidikan
(PMP)melaluiSK.RektorNo.1030/IT11/KP/2017.
6.RuangLingkupKebijakan
RuanglingkupkebijakanSistemPenjaminanMutuISBIAcehyaitu
setiapunitdilingkunganISBIAcehsesuaistandarakademikdannon
akademikyangditetapkan.ProgramPenjaminanMutuISBIAceh
dilaksanakansecarakonsistendanberkelanjutanuntukmenjamin
kepuasan pelanggandanseluruh pemangkukepentingan
(stakeholders).
7.DaftardanDefinisiBerbagaiIstilahyangdipakaidalamsemuadokumen
SistemPenjaminanMutu.
a.PusatPenjaminanMutuyangdisingkatmenjadiPMPadalahpusatkerja
penjaminanMutudiInstitutSeniBudayaIndonesiaAceh.
b.Mutuperguruantinggiadalahkesesuaianantarapenyelenggaraan
perguruantinggidenganSNP,maupunstandaryangditetapkanoleh
perguruantinggisendiriberdasarkanvisidankebutuhandariparapihak
yangberkepentingan(stakeholders).
c.SistemPenjaminanMutuPendidikanTinggiadalahkegiatansistemik
untukmeningkatkanmutupendidikantinggisecaraberencanadan
berkelanjutan.
d.SistemPenjaminanMutuInternalyangselanjutnyadisingkat
SPMI,adalahkegiatansistemikpenjaminanmutupendidikantinggi
olehsetiapperguruantinggisecaraotonomuntukmengendalikandan

15
meningkatkanpenyelenggaraanpendidikantinggisecaraberencanadan
berkelanjutan.
e.KebijakanMutu(Policy):Naskah/buku/dokumenyangberisidefinisi,
konsep,tujuan,strategi,berbagaistandardan/ataustandarturunan,
prioritas,dst.merupakanpernyataantertulisyangmenjelaskan
pemikiran,sikap,danpandangandariinstitusitentangmutu.
f.KebijakanMutumerupakanarah,landasan,dandasarutamadalam
pengembangandanimplementasisistempenjaminanmutuinternaldi
ISBIAceh.
g.ManualMutu:Naskah/dokumen/bukuyangberisipanduanuntuk
menetapkan,melaksanakan,mengevaluasi,mengendalikan,dan
meningkatkanstandar;pedomanataupetunjuk/instruksikerjabagi
stakeholdersinternalyangharusmenjalankanmekanismetersebut,
yangberfungsisebagailandasanuntukmenyusundokumen-dokumen
yanglebihoperasionaldibawahnya.Semuadokumenuntuk
kepentinganimplementasiSistemPenjaminanMutuharusdidasarkan
kepadaDokumenKebijakanMutu.
h.StandarMutuadalahkriteriayangmenunjukkantingkatcapaiankinerja
yangdiharapkandandigunakanuntukmengukursertamenjabarkan
persyaratanmutudanprestasikerjadariindividuataupununitkerja.
i.StandarNasionalPendidikanTinggiadalahsatuanstandaryang
meliputiStandarNasionalPendidikan,StandarNasionalPenelitian,dan
StandarNasionalPengabdiankepadaMasyarakat.
j.StandarPendidikanTinggiyangditetapkanolehperguruantinggiadalah
sejumlahstandarpadaperguruantinggiyangmelampauistandarnasional
pendidikantinggi.
k.StandarOperasionalProsedur(SOP)adalahStandarOperasionalProsedur
merupakanbagan/aluryangmemanduproseskegiatanpelaksanaan
tentangbagaimanasuatuprosespelaksanaanSPMI.

16
BABIII
GARISBESARKEBIJAKANSISTEMPENJAMINANMUTU
INSTITUTSENIBUDAYAINDONESIAACEH
A.Tujuankebijakan
1.Menjaminbahwasetiaplayananpendidikantinggikepadamahasiswa
dilakukansesuaiStandarSPMInstitutSeniBudayaIndonesiaAcehyang
telahditetapkan,sehinggaapabiladiketahuibahwaterjadipenyimpangan
StandarSPMInstitutSeniBudayaIndonesiaAceh,akansegeradilakukan
koreksi;
2.Mewujudkantransparansidanakuntabilitaspublik,khususnyakepada
orangtua/walimahasiswa,tentangpenyelenggaraanpendidikantinggi
sesuaidenganStandarSPMInstitutSeniBudayaIndonesiaAcehyang
telahditetapkan;
3.MengajaksemuapihakdalamInstitutSeniBudayaIndonesiaAcehuntuk
bekerjamencapaitujuanberdasarkanStandarSPMInstitutSeniBudaya
IndonesiaAcehdansecaraberkelanjutanberupayauntukmeningkatkan
mutu.
B.Strategikebijakan
StrategiyangdigunakandalampelaksanaanSistemPenjaminanMutuInstitut
SeniBudayaIndonesiaAcehyaitu:
1.Mengoptimalkansemuasumberdayayangdimiliki,melaluipelibatanaktif
semuasivitasakademikaInstitutSeniBudayaIndonesiaAceh.
2.Mensosialisasikanprogrampenjaminanmutukepadasivitasakademika
secarasistematisdanberkelanjutansehinggadapatdiimplementasikan
denganbaik.
3.MengimplementasikanSistemPenjaminanMutuInternal(SPMI)dengan
modelpenetapan,pelaksaaan,evaluasi,pengendalian,danpeningkatan
(PPEPP)secarasistemikdanberkelanjutan
4.MelaksanakankerjasamadenganUniveritasyanglebihbaikdengan
lembagalainnyadalamupayamempercepatpeningkatanmutuInstitutSeni
BudayaIndonesiaAceh
5.Melibatkanorganisasiprofesi,alumni,duniausahadanpemerintahan

17
sebagaipenggunalulusan,khususnyapadatahappenetapanStandarSPM
InstitutSeniBudayaIndonesiaAceh
6.Melakukanpelatihansecaraterstrukturdanterencanabagiparadosendan
stafadministrasitentangSPMInstitutSeniBudayaIndonesiaAceh,dan
secarakhususpelatihansebagaiauditorinternal;
7.MelakukansosialisasitentangfungsidantujuanSPMInstitutSeniBudaya
IndonesiaAcehkepadaparapemangkukepentingansecaraperiodik.
C.Azas-azasPelaksanaan
1.Azasakuntabilitas,yaitudalampelaksanaankebijakanSistemPenjaminan
Mutuharusdipertanggungjawabkansecarailmah,jujur,mutakhir,dan
dinamis.
2.Azastransparansi,yaitukebijakanSistemPenjainanMutudilaksanakan
secaraterbukaberdasarkantatanandanaturanyangditetapkan.
3.Azaskualitas,yaitukebijakanSistemPenjaminanMutudilaksanakan
denganmengutamakankualitasinput,proses,danoutput.
4.Azaskebersamaan,yaitukebijakanSistemPenjaminanMutu
dilaksanakansecaraterpadu,terstruktur,sistematik,konprehensif,dan
terarah.
5.Azashukum,yaitusemuapihakyangterlibatdalampelaksanaankebijakan
SistemPenjaminanMututaatpadahukumdanperaturanyangberlaku.
6.Azasmanfaat,yaitukebijakanSistemPenjaminanMutudilaksanakan
untukmemberikanmanfaatbagisivitasakademika,institusi,dan
stakeholders.Azaskesetaraan,yaitukebijakanSistemPenjaminanMutu
dilaksanakanatasdasarpersamaanhakuntukmenjaminterciptanya
lingkunganakademikyangegaliter.
7.Azaskemandirian,yaitupelaksanaankebijakanSistemPenjaminanMutu
senantiasaberdasarkankemampuaninstitusidenganmengoptimalkan
potensisemuasumberdayayangdimiliki.
8.Azaskonsistensi,yaitupelaksanaanstandaryangsudahditetapkanharus
dilaksanakansecatakonsisten.
9.Azaskeberlanjutan,yaitupelaksanaankebijakanSistemPenjaminanMutu
dilakukansecaraterusmenerussesuaidengansikluspadamodelPPEPP.
D.ManajemenSsitemPenjaminanMutu

18
ManajemenSistemPenjaminanMutu(SPM)padaInstitutSeniBudaya
Indonesia(ISBI)ACEHdirancang,dilaksanakandanditingkatkanmutunya
secaraberkelanjutandenganmenggunakanmodelPPEPP(Penetapan,
Pelaksanaan,Evaluasi,Pengendalian,Peningkatan)berdasarkanStandar
NasionalPendidikanTinggi(SNPT).ISBIACEHmenetapkantujuanSPM
yangakandicapaimelaluistrategiSPM.Untukmemastikantercapainya
tujuanSPMdiISBIAceh,dilakukanmonitoring/Auditsecaraberkaladan
dilanjutkanevaluasisertapengembangankearahyanglebihbaiksecara
berkelanjutan.PenggunaanmodelPPEPPmenuntutsemuaunityangadadi
ISBIACEHmembuatevaluasidirisecaraberkaladalammenilaikinerja
unitnyaberdasarkanstandardanproseduryangtelahditetapkanolehISBI
Aceh.Hasilevaluasidiridariunitdilaporkankepimpinanunitdanstafunit
yangbersangkutan,sertapimpinanISBIAceh.Berdasarkanhasilevaluasidiri
tersebut,pimpinanunitdanpimpinanISBIACEHakanmembuatkeputusan
dalammengambiltindakanyangharusdilakukandalamrangkamemperbaiki
danmeningkatkanmutu.DalampelaksanaanmodelPPEPP,makasemuaunit
harusbersikapterbukadankooperatifsertasiapdiauditolehauditorinternal
ISBIAceh.
Pelaksanaanauditinternaluntukpembelajarandilaksanakanpadasetiap
semester,sedangkanpadaunitlaindilakukansetiapakhirtahun.Hasilaudit
tersebutdilaporkanpadapimpinangunamengambillangkah-langkah
perbaikanberkelanjutandarihasiltemuanauditinternal.Semuaproses
dilakukandalamrangkamenjaminmutusetiappenyelenggaraanpendidikan
tinggidiISBIACEHsehinggahasilevaluasiSPMIdiketahuikekuatandan
kelemahannya,yangkemudiandapatdilakukanperbaikandanpeningkatan
secaraberkelanjutan.PelaksanaanSPMISBIACEHyangmenggunakanmodel
PPEPPmenghasilkankesiapansemuaprogramstudidiISBIACEHdalam
prosesmenujupenjaminanmutueksternal(SPME)olehBANPTatau
lembagaakreditasiasingyangkredibel.
ISBIACEHdalampeningkatanmutuakademikmenggunakanmodel
PPEPPdengansiklussebagaiberikut:

19
1.PenetapanStandarPendidikanTinggi
StandarDiktiadalahSNDiktiyangmerupakanstandarminimal
berdasarkanPermenristekDiktiNo.03Tahun2020danstandarDiktiyang
melampauiSNDiktiyangditetapkanolehISBIACEHsesuaivisiISBI
Aceh.
2.PelaksanaanStandarPendidikanTinggi
Berdasarkandokumen/bukuKebijakanSPM,ManualSPM,StandarSPMI
danFormulirSPMdiISBIAceh
3.EvaluasiStandarPendidikanTinggi
EvaluasidilakukandenganmenyelenggarakanAuditMutuInternal(AMI)
yangmerupakanpemeriksaantentangpemenuhanstandarnasional
dikti.HasilAMItersebutdikategorikanapakahpelaksanaanStandarDikti
belum,mencapai,melampaui,ataumenyimpangdariStandarDiktiyang
telahditetapkan.Darihasiltersebutdilakukantindakanpengendalian
StandarDikti.
4.PengendalianStandarDikti
PengendalianStandarDiktiberdasarkanpelaksanaanStandarDiktiyang
telahditetapkan.
5.PeningkatanStandarPendidikanTinggi
PPEPPakanmenghasilkankaizenataucontinousqualityimprovement
mutuPendidikanTinggidiISBIAceh

20
DalampenyelenggaraanSPMISBIAcehmencapaitujuanSPMISBIAceh
sertamewujudkanvisi,misi,dantujuanISBIAceh,makasivitasakademika
dalampelaksanaanSPMmempunyaisikapmental:
1.QualityFirst
SemuapikirandantindakanpengeloladiISBIAcehharus
memprioritaskanmutu.
2.Stakeholders-in
SemuapikirandantindakanpengelolaISBIAcehharusditujukanpada
kepuasanparapemangkukepentingan(internaldaneksternal)
3.Thenextprocessisourstakeholder
Setiappihakyangmenjalankantugasnyadalamprosespendidikanpada
ISBIAcehharusmenganggappihaklainyangmenggunakanhasil
pelaksanaantugasnyatersebutsebagaipemangkukepentinganyangharus
dipuaskan
4.Speakwithdata
Setiappengambilankeputusan/kebijakandalamprosespendidikanpada
ISBIAcehharusdidasarkanpadaanalisisdata,bukanberdasarkanpada
asumsiataurekayasa
5.Upstreammanagement
Setiappengambilankeputusan/kebijakandalamprosespendidikanpada
ISBIAcehharusdilakukansecarapartisipatifdankolegial,bukanotoritatif.
E.StrukturOrganisasi
SesuaidenganSuratkeputusanrektordalampenetapankoordinatorPusat
PenjaminanMutuPendidikandalamhalinikoordinatorPenjaminanMutu
Pendidikan(PMP)yangberadadibawahLembagaPenelitian,PengabdianKepada
MasyarakatdanPenjaminanMutuPendidikan(LPPMPMP),hanyaterdiridari

21
kordinator.DalampelaksanaanPPEPPcoordinatorPMPdibantuolehtenaga
tendikdandosen.
1.TingkatUniversitas
a.Unsur-unsurorganisasipenjaminanmutuakademikditingkatuniversitas
terdiridari;PusatPenjaminanMutuberadadibawahLembagaPenelitian,
PengabdianKepadaMasyarakatdanPenjaminanMutuPenndidikan
(LPMPPMP)InstitutSeniBudayaIndonesiaAceh.PenjaminanMutu
Pendidikan(PMP)bertugasmembuatkebijakandanmenjaminmutuunit-
unitdilingkunganISBIAcehbaikbersifatakdemikmaupunnonakademik
sesuaidenganketentuannorma-norma,kebijakanakademik,danstandar
mutu.
b.PMPdibentukberdasarkanSuratKeputusanRektordengantugasuntuk:
1)MengembangkanSistemPenjaminanMutu(SPM)secara
keseluruhandiISBIAceh,termasukpenyusunanperangkatyang
diperlukandalamrangkapelaksanaannya.
2)MembantuRektordalammonitoringdanevaluasi(MONEV)serta
auditpelaksanaanSPMdilingkunganISBIAceh
3)MelaporkansecaraberkalapelaksanaanSPMkepadaRektor.
c.RektorMemintaPertimbangantentangKebijakandanManualMutuISBI
AcehkepadaSenatAkademikISBIAceh
d.Rektormenetapkandokumenmutu(Kebijakanmutu,ManualMutu,dan
SOP)sebagaiacuanpelaksanaanmutuISBIAcehyangakandilaksanakan
olehPusatPenjaminanMutuISBIAceh.
e.PMPmempertanggungjawabkansegalatugasdantanggungjawabnya
kepadaKetuaLPMPPMPyangselanjutnyaditeruskankepadarektor.
f.PMPmelaksanakantugasRektoruntukmelakukanAuditMutuInternal
padasemuaunitpelaksanaakademikyangadadilingkunganInstitutSeni
BudayaIndonesiaAceh
g.Tindaklanjutataslaporanaudit,termasukPermintaanTindakanKoreksi
(PTK)dilakukanolehRektoruntukdilaksanakanolehsemuaunitterkait
melaluikoordinasiJurusan,danPimpinanpadaunitterkaitlainnya,

22
F.JumlahdannamasemuastandardalamSPM.
StandarSPMInstitutSeniBudayaIndonesiaAcehmerujukkepada
PeraturanMenteriPendidikandanKebudayaanNomor03Tahun2020tentang
StandarNasionalPendidikanTinggi.
SecararingkasstrandarSPMItersebutadalahsebagaiberikut.
1.StandarNasionalPendidikanterdiriatas:
a.standarkompetensilulusan;
b.standarisipembelajaran;
c.standarprosespembelajaran;
d.standarpenilaianpembelajaran;
e.standardosendantenagakependidikan;
f.standarsaranadanprasaranapembelajaran;
g.standarpengelolaanpembelajaran;dan
h.standarpembiayaanpembelajaran.
2.RuanglingkupStandarNasionalPenelitianterdiriatas:
a.standarhasilpenelitian;
b.standarisipenelitian;
c.standarprosespenelitian;
d.standarpenilaianpenelitian;
e.standarpeneliti;
f.standarsaranadanprasaranapenelitian;
g.standarpengelolaanpenelitian;dan
h.standarpendanaandanpembiayaanpenelitian.
3.RuanglingkupStandarNasionalPengabdiankepadaMasyarakatterdiri
atas:
a.standarhasilpengabdiankepadamasyarakat;
b.standarisipengabdiankepadamasyarakat;
c.standarprosespengabdiankepadamasyarakat;
d.standarpenilaianpengabdiankepadamasyarakat;
e.standarpelaksanapengabdiankepadamasyarakat;
f.standarsaranadanprasaranapengabdiankepadamasyarakat;
g.standarpengelolaanpengabdiankepadamasyarakat;dan
h.standarpendanaandanpembiayaanpengabdiankepadamasyarakat
UntukmelengkapistandardminimalyangadapadaStandarNasional

23
4.StandarPengembanganInstitusi
a.StandatVisi
b.StandarMahasiswa
c.StandarDosenPembimbingAkademik
d.StandarKerjasamaPendidikan
e.StandarKerjasamaPenelitian
f.StandarKerjasamaPengabdianKepadaMasyarakat
g.StandarKuliahKerjaNyata
G.InformasiManualSPMInstitutSeniBudayaIndonesiaAceh
ManualSPMInstitutSeniBudayaIndonesiaAcehmerupakan
dokumentasitertulisberisipetunjukpraktismengenailangkah-langkahatau
prosedurtentangbagaimanasemuadansetiapstandarSPMInstitutSeni
BudayaIndonesiaAcehakandibuat/dirumuskan/ditetapkan,dilaksanakan,
dievaluasi,dikendalikandanditingkatkanmutunyasecaraberkelanjutan,oleh
pihak-pihakyangbertanggungjawabuntukmelaksanakannyadiISBIAceh.
ManualSPMInstitutSeniBudayaIndonesiaAcehdisusununtuk
menjaminpengelolaanpendidikantinggibermutudalammemenuhiVisidan
MisiISBIAceh.
a.ManualSPMISBIAcehterdiriatas:
1.ManualPenetapanStandarSPMISBIAceh
2.ManualPelaksanaanStandarSPMISBIAceh
3.ManualEvaluasiStandarSPMISBIAceh
4.ManualPengendalianStandarSPMISBIAceh
5.ManualPeningkatanStandarSPMISBIAceh
b.DokumenManualSPMInstitutSeniBudayaIndonesiaAcehmemuattentang:
1.Tujuan
2.RuangLingkup
3.Definisi
4.PenanggungJawab

24
5.Prosedur
6.Referensi
H.KumpulanStandarSPMISBIAceh
StandarSPMISBIAcehadalahdokumentertulisberisiberbagai
kriteria,ukuran,patokanatauspesifikasidariseluruhkegiatan
penyelenggaraanpendidikantinggiuntukmewujudkanvisidanmisiISBI
Aceh,agardapatdinilaibermutusesuaidenganketentuanperundang-
undangansehinggamemuaskanparapemangkukepentinganinternaldan
eksternalISBIAceh.
a.StandarSPMISBIAcehberfungsisebagai:
1.Alatuntukmewujudkanvisi,misi,dantujuanISBIAceh
2.Indikatoruntukmenunjukkantingkat(level)mutuISBIAceh
3.TolokukuryangharusdicapaiolehsemuapihakdilingkunganISBIAceh
sehinggamenjadifactorpendoronguntukbekerjadengan,ataubahkan
melebihistandar;
4.BuktiotentikkepatuhanISBIACEHterhadapperaturanperundang-
undangandanbuktikepadapublicbahwaISBIACEHbenarmemilikidan
memberikanlayananpendidikandenganmenggunakanstandar.
b.DokumenStandarSPMISBIAceh
DokumentertulisStandarSPMISBIACEHterdiriatasstandar
pendidikan,standarpenelitian,danstandarpengabdiankepadamasyarakat.
1).Standarpendidikanterdiriatas:
a)Standarkompetensilulusan
b)Standarisipembelajaran
c)Standarprosespembelajaran
d)Standarpenilaianpembelajaran
e)Standardosendantenagakependidikan
f)Standarsaranadanprasaranapembelajaran
g)Standarpengelolaanpembelajaran
h)Standarpembiayaanpembelajaran
2)Standarpenelitianterdiriatas:

25
a)Standarhasilpenelitian
b)Standarisipenelitian
c)Standarprosespenelitian
d)Standarpenilaianpenelitian
e)Standarpeneliti
f)Standarsaranadanprasaranapenelitian
g)Standarpengelolaanpenelitian
h)Standarpendanaandanpembiayaanpenelitian.
3)Standarpengabdiankepadamasyarakatterdiriatas:
a)Standarhasilpengabdiankepadamasyarakat
b)Standarisipengabdiankepadamasyarakat
c)Standarprosespengabdiankepadamasyarakat
d)Standarpenilaianpengabdiankepadamasyarakat
e)Standarpelaksanapengabdiankepadamasyarakat
f)Standarsaranadanprasaranapengabdiankepadamasyarakat
g)Standarpengelolaanpengabdiankepadamasyarakat
h)Standarpendanaandanpembiayaanpengabdiankepadamasyarakat.
4)StandarPengembanganInstitusi
a)StandatVisi
b)StandarMahasiswa
c)StandarDosenPembimbingAkademik
d)StandarKerjasamaPendidikan
e)StandarKerjasamaPenelitian
f)StandarKerjasamaPengabdianKepadaMasyarakat
g)StandarKuliahKerjaNyata
c.FormulirSPMISBIAceh
FormulirSPMISBIAcehadalahdokumentertulisyangberfungsi
untukmencatat/merekamhalatauinformasiataukegiatantertentusebagai
bagiantakterpisahkandariStandarMutudanManualMutu.Dokumentertulis
FormulirSPMISBIAcehberfungsi,sebagai:(a)alatuntuk
mencapai/memenuhi/mewujudkanisistandarmutu,(b)alatuntukmemantau,

26
mengontrol,mengendalikan,mengkoreksi,mengevaluasipelaksanaanSPM
UNP,dan(c)buktiotentikuntukmencatat/merekampelaksanaanSPMISBI
Acehsecaraperiodik.
I.SistemPengkodeanDokumenSPMISBIAceh
Agarsetiapdokumendapatditemukenalidenganbaikuntukkepentingan
perencanaan,pelaksanaan,evaluasipengendaliandanpeningkatanSistem,maka
perlupuladitetapkansistempengkodeandanpenomoransetiapdokumenmutu
yangdikeluarkanolehPusatPenjaminanMutuISBIAceh,Setiapdokumen
akandiberikodedokumen,yangterdiridariduadigit,
yaitu:
KodeNamaDokumen Keterangan
KMKebijakanMutu
MMManualMutu
SM StandarMutu
SOPStandarOperasionalProsedur
IK InstruksiKerja
FM FormatMutu

27
BABIV
PENUTUP
BukuKebijakanMutuSistempenjaminanmutuInstitutSeniBudaya
IndonesiaAcehtelahdisesuaikandenganPeraturanMentiPendidikandan
Kebudayaannomor03tahun2020tentangstandarnasionalpendidikantinggi,juga
sudahdisesuaikandenganstandarmutuinternalperguruantinggi.Semoga
denganadanyabukukebijakanmutuinidapatmenjadikanInstitutSeniBudaya
IndonesiaAcehmenjadikampusseniyangmemilikibudayamutudanakan
meningkatkanpredikatunggul.BudayaMutudiperlukanuntukmenjadikansetiap
komponencivitasakademikaInstitutSeniBudayaIndonesiaAcehmemiliki
kepedulianterhadapmutukependidikanyangterkaitdenganTriDharma
Perguruantinggiyaitupendidikan,penelitiandanpengabdian,danjugamanual
mutunonkependidikan.
Bukukebijakanmutuiniakanmenjadirujukanutamadalampenyusunan
manualmutupenjaminanmutuInstitutSeniBudayaIndonesiaAceh.Manual
mutumencakupkepadamanualstandarpendidikan,manualstandarpenelitian,
danmanualstandarpengabdian,danmanualstandarmutuISBIAceh.Manual
mutuyangdisusunakanmenjadirujukanutamadalammenyusunStandar
OperasionalProsedur(SOP).
REFERENSI
1.Undang-undangNomor20Tahun2003tentangSistemPendidikanNasional.
2.Undang-UndangNomor14Tahun2005tentangGurudanDosen.
3.Undang-undangNomor12Tahun2012tentangPendidikanTinggi
4.PeraturanPemerintahRINo19Tahun2005tentangStandarNasional
Pendidikan,Jakarta
5.PeraturanPemerintahRINo7Tahun2010tentangPengelolaandan
PenyelenggaraanPendidikan
6.PeraturanPemerintahRINo4Tahun2014tentangPenyelenggaraan
PendidikanTinggi
7.PeraturanMenteriPendidikanNasionalRINo63Tahun2009TentangSistem
PenjaminanMutuPendidikan
8.PeraturanMenteriPendidikandanKebudayaanRINo49Tahun2014tentang

28
StandarNasionalPendidikanTinggi
9.PeraturanMenteriPendidikandanKebudayaanRINo50Tahun2014
tentangSistemPenjaminanMutuPendidikanTinggi.
10.PeraturanMenteriPendidkandanKebudayaanNomor03Tahun2020
tentangStandarNasionalPendidikanTinggi.
11.PeraturanMenteriRiset,Teknologi,danPendidikanTinggiNomor32
Tahun2016tentangSPMEatauAkreditasi
12.PeraturanMenteriRiset,Teknologi,danPendidikanTinggiNomor62
Tahun2016Tanggal8Mei2016tentangSistemPenjaminanMutu
PendidikanTinggi.
13.RencanaStrategisISBIACEHTahun2020-2024.
14.BahanPelatihanSPMI2016,KementerianRiset,Teknologi,danPendidikan
Tinggi,DirektoratJenderalPembelajarandanKemahasiswaanDirektorat
PenjaminanMutu.