1

STAI NIDA EL-ADABI BOGOR
PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

SILABUS

A. IDENTITAS MATA KULIAH

1. Nama Mata Kuliah : Perencanaan Pengajaran PAI
2. Jumlah SKS : 2 SKS
3. Semester : 4
4. Status Mata Kuliah : Wajib
5. Dosen : Dr. Sutarto, M.Si.,MM.

B. TUJUAN MATA KULIAH
Secara umum mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memperoleh
pengetahuan tentang konsep dasar dan praktik Perencanaan Pengajaran
PAI. Secara khusus tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa dapat:
1. memahami konsep dasar Perencanaan Pengajaran PAI;
2. memahami konsep ragam Perencanaan Pengajaran PAI;
3. memahami dan mengaplikasikan konsep desain Perencanaan
Pengajaran PAI;

C. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah kebahasaan membahas secara mendalam konsep
Perencanaan Pengajaran PAI khususnya dalam lingkup pendidikan dasar
dan menengah. Oleh sebab itu, materi mata kuliah ini pada dasarnya adalah
konsep-konsep teoretis dan praktis pelaksanaan Perencanaan Pengajaran
PAI dari tahap perumusan masalah hingga analisis dan interpretasi hasil
penelitian. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: LANDASAN
KONSEPTUAL PERENCANAAN PEMBELAJARA N, Model-model
Perencanaan Pembelajaran, MODEL-MODEL PERENCANAAN
PEMBELAJARAN, KOMPONEN-KOMPONEN PERENCANAAN
PEMBELAJARAN, PENDEKATAN SISTEM DALAM
PEMBELAJARAN PA I, Pengembangan SILABUS, RPP, PROTA,
PROSEM, Membuat RPP, Membuat Prosem dan Prota, Pembahasan
tentang RPP dan Silabus, Prinsip-Prinsip dan Langkah-langkah
Pengembangan Silabu, Langkah-Langkah Penyusunan Program Tahunan
(PROTA) dan Penyusunan Program Semester (PROSEM)
Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu
memahami konsep penelitian pendidikan dan mampu menyusun serta

2

melaksanakan penelitian di bidang pendidikan pada akhir masa studi dan
kelak pada saat berkerja di lingkungan persekolahan.


D. PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN
Pelaksanaan proses belajar mengajar pada mata kuliah ini
dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan
menggunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran. Metode dan teknik
pembelajaran yang dipilih adalah metode dan teknik pembelajaran yang
bersifat interaktif yang mengacu pada model pembelajaran kooperatif dan
kontekstual.
Pada proses pembelajaran, mahasiswa dituntut aktif dan kreatif untuk
menemukan konsep keilmuan secara mandiri maupun secara kelompok. Oleh
sebab itu, model learning from presentation akan digunakan sebagai model
inti dalam pembelajaran yang didukung oleh model-model pembelajaran lain
seperti model curah pendapat, inquiry, discovery dan kooperatif. Teknik
diskusi, tanya jawab, ceramah akan digunakan untuk mencapai tujuan
tertentu.

E. EVALUASI HASIL PEMBELAJARAN
Untuk mengukur tingkat ketercapaian kompetensi oleh mahasiswa dilakukan
proses evaluasi dalam berbagai jenis dan bentuk. Jenis evaluasi yang
digunakan dalam mata kuliah ini adalah: (1) Absensi (20%) (2) Penulisan
Makalah/ Tugas/ Penampilan (30%), (3) Ujian Tengah Semester (20%), dan
(4) Ujian Akhir Semester (30%). Bentuk evaluasi yang digunakan adalah
Ujian Tulis, Ujian Lisan, dan Ujian Perbuatan.
.
F. RINCIAN MATERI PERKULIAHAN TIAP PERTEMUAN
Sejalan dengan tujuan perkuliahan di atas, pokok-pokok substansi
kajian mata kuliah ini dapat dinyatakan sebagai berikut.
Pertemuan 1 : Kontrak Belajar
Pertemuan 2 : LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan 3 : Model-model Perencanaan Pembelajaran
Pertemuan 4 : MODEL-MODEL PERENCANAAN PEMBELAJARA N

Pertemuan 5 : KOMPONEN-KOMPONEN PERENCANAAN
PEMBELAJARAN

Pertemuan 6 PENDEKATAN SISTEM DALAM PEMBELAJARAN PA I
Pertemuan 7 : Pengembangan SILABUS, RPP, PROTA, PROSEM

3

Pertemuan 8: UJIAN TENGAH SEMESTER

Pertemuan 9 : Membuat RPP
Pertemuan 10 : Membuat RPP


Pertemuan 11 : Membuat Prosem dan Prota
Pertemuan 12 : Pembahasan tentang RPP dan Silabus
Pertemuan 13- : Prinsip-Prinsip dan Langkah-langkah Pengembangan Silabu

Pertemuan 14 : Langkah-Langkah Penyusunan Program Tahunan (PROTA)
dan Penyusunan Program Semester (PROSEM)

Pertemuan 15 : Langkah-Langkah Penyusunan Program Tahunan
(PROTA) dan Penyusunan Program Semester (PROSEM)
Pertemuan 16: UJIAN AKHIR SEMESTER


G. DAFTAR BUKU RUJUKAN
Abd. Majid, Perencanaan Pembelajran Mengembangkan Standar Kompetensi
Guru Abd. Majid, Pendidikan Agama Islam Berbasi Kompetensi.
Ali, M. (2000). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.
Beck & Murphy. (1996). The Four Imperatives of a Successful School.
California. Corwin Press.
Dekdikbud. (1983). Materi Dasar Pendidikan Program Akta Mengajar V.
Jakarta : Dirjen Dikti, Depdikbud.
Depdikbud. (1997). Himpunan Peraturan dan Pedoman PelaksanaanPembinaan
Kesiswaan. Bandung : Koperasi Pegawai Kanwil Depdikbud.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun
2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : B.P. Dharma
Bhakti.
Depdiknas. (2003). Petunjuk Pelaksanaan Sistem Pendidikan Nasional 2003.
Jakarta : C.V. Eka Jaya.
Engkoswara. (1987). Dasar-Dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta : Dirjen,
Depdikbud.

4

__________. (1999). Menuju Indonesia Modern 2020. Bandung : Yayasan Amal
Keluarga.
Fatah, Nanang. (2001). Landsan Manajemen Pendidikan. Bandung : PT Remaja
Rosdakrya.
___________. (2003). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan
Dewan Sekoalah. Bandung : Pustaka Banio Quraisy.
Holmes & Wyne. (1989). Making The School an Effective Community. California
: The Falmer Press.
Ibrahim, R. Dan Syaodih. (2003). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Rineka
Cipta.
Lipham, James & James Hoek Jr. (1974). The Principalship, Fondation, and
Functions. New York : Harper & Row Publisher.
Martiyono, (2012) Perencanaan Pembelajaran Suatu Pendekatan Praktis
Berdasarkan KTSP Termasuk Model Tematik)
Morrill, et.all. (1980). Dimensions of Intervention for Student Development.
Canada : John Wile and Sons. Inc.
Munthe Bermawi, (2009). Desain Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Insan
Madani
Pidarta, Made. (1990). Perencanaan Pendidikan Partisipatori Dengan
Pendekatan Sistem. Jakarta : Rineka Cipta.
Preedy, Margaret. (1993). Managing The Effictive Scool. London : Paul
Chapman Publishing Ltd.
Razik & Swanson. (1995). Teaching and Learning in The Junior High School.
California : Wadsworth Publishing Company, Inc.
Suharsimi. (2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Steers, Richard. M. (1985). Organizational Effectiveness A behavioral View.
Alih bahasa oleh Madalena Jamin. Jakarta : Erlangga.
Tilar. (2000). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta : Rineka Cipta.
_____. (2003). Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung : Remaja
Rosdakarya.

5

Tim Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan. (2001). Pengantar Pengelolaan
Pendidikan. Bandung : UPI.
Turney, C. et.all. (1992). The School Manager. North Syney : Allen & Unwin
Pty Ltd.