Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTERTgl
Penyusunan
Sej. Afrika 8720102106 sejarah kawasan T=2P=0ECTS=3.18 5 28 April 2023
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
Septina Alrianingrum, SS, M.Pd Drs. Agus Trilaksana, M.Hum Dr. Wisnu, M.Hum.
Model
Pembelajaran
Project Based Learning
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK - 1 mendeskripsikan konsep sejarah kawasan dan arti penting perkembangan kawasan di benua Afrika
CPMK - 2 mempunyai pengetahuan tentang proses penemuan benua Afrika dan penamaan benua Afrika dari berbagai sumber
informasi
CPMK - 3 menganalisis perkembangan benua Afrika dari masa ke masa berdasarkan tingkat peradabannya dan perkembangan
jaman
CPMK - 4 mengidentifikasi batas wilayah dan perkembangannya sesuai dengan karakter alam dan perkembangan budayanya di
5 bagian wilayah Afrika
Matrik CPL - CPMK

CPMK
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
CPMK-4
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
12345678910111213141516
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
CPMK-4
Deskripsi
Singkat MK
Mata kuliah Sejarah Afrika membahas konsep sejarah kawasan tentang penemuan dan asal usul benua Afrika, perkembangan
kebudayaan di 5 wilayah Afrika. Juga menganalisis perkembangan benua Afrika dari masa ke masa yang memiliki tingkat peradaban
beragam sampai masuknya pengaruh bangsa Eropa serta dampaknya terhadap perkembangan negara-negara baru di benua Afrika
secara umum dan proses perkembangannya dalam segala aspek kehidupan.
Pustaka Utama :
1.Darsiti Soeratman, 2012. Sejarah Afrika. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
2.Lothrof Stoddard. 1966. The Rising Tide of Color. New York: New York City Press.
3.N. Daldjoeni. 1991. Ras-ras Umat Manusia. Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Bakti.
4.Antonio Cassesse. 1994. Hak Asasi Manusia di Dunia Yang Berubah. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
5.Anonim. 1993. Nelson Mandela: Langkah Menuju Kebebasan-Surat-surat dari bawah tanah. . Terj. A. Rahman. Zainuddin.
Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
6.Anonim. 2000. Namibia: Road to Independence.. UN: Afro Asian Publications (148).
7.Kirdi Dipoyudo. 1983. Afrika dalam Pergolakan , Jilid 1 dan 2. 1983. Jakarta: CSIS.
8.E.E. Evans Pritchard. The Divine Kingsbi of Shilluk of The Nilotic Sudan . London: Cambridge University Press.
Pendukung :

1. "World Population Prospects: The 2010 Revision" United Nations (Department of Economic and Social Affairs, population
division)
2.Freund, Bill (1998). The Making of Contemporary Africa, Lynne Rienner, Boulder (including a substantial
3.Hendra Kurniawan, 2019. enua Hitam: Sejarah Afrika Dari Abad Kuno Sampai Kontemporer
Dosen
Pengampu
Drs. Agus Trilaksana, M.Hum.
Septina Alrianingrum, S.S., M.Pd.
Esa Putra Bayu Gusti Gineung Patridina, S.S., M.A.
Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & Bentuk Luring
(offline)
Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1
Minggu ke 1
1.Mendeskripsikan
asal usul kata
benua Afrika
berdasarkan
sumber tertulis
2.Mengidentifikasi
proses penemuan
benua Afrika dan
Menganalisis
keistimewaan
benua Afrika
sebagai benua
baru
1.Menjelaskan asal
usul kata Afrika
penamaan benua
Afrika dari
berbagai sumber
informasi
2.Menganalisis
keistimewaan
benua Afrika
sebagai benua
baru
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Tes
Ceramah,
Tanya
Jawab
2 X 50
brainstroming
2 x 50
Materi: Asal
Usul “Africa”
Evolusi
Hominid dan
Homo Sapiens
di Afrika dan
Pembentukan
dan
Pembagian
Benua.
Pustaka: E.E.
Evans
Pritchard. The
Divine Kingsbi
of Shilluk of
The Nilotic
Sudan .
London:
Cambridge
University
Press.
Materi: Asal
Usul “Africa”
Evolusi
Hominid dan
Homo Sapiens
di Afrika pada
Pembentukan
dan
Pembagian
Benua.
Pustaka:
Darsiti
Soeratman,
2012. Sejarah
Afrika.
Yogyakarta:
Penerbit
Ombak.
7%
2
Minggu ke 2
Mahasiswa mampu
memahami proses
evolusi manusia di
afrika
mahasiswa mampu
menelaah ruang
lingkup evolusi
budaya di afrika
Kriteria:
Grading Skor
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Portofolio
Kuliah
Mimbar,
Diskusi,
Tanya
Jawab
2 X 50
Materi:
peradaban
kuno afrika
melalui teori
out of africa
Pustaka:
Hendra
Kurniawan,
2019. enua
Hitam: Sejarah
Afrika Dari
Abad Kuno
Sampai
Kontemporer
Materi:
kebudayaan
awal benua
afrika
Pustaka:
Darsiti
Soeratman,
2012. Sejarah
Afrika.
Yogyakarta:
Penerbit
Ombak.
5%

3
Minggu ke 3
1.menjelaskan
proses masuk dan
berkembangnya
pengaruh Islam di
Afrika Utara
2.Peta luasan
pengaruh Islam di
wilayah Afrika
Gambar-gambar
tentang
masyarakat Islam
di Afrika
menganalisis
kebudayaan asli
benua afrika dan
pengaruh islam
secara benar
Kriteria:
Grading Skor
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Portofolio,
Praktik / Unjuk Kerja
diskusi
kelompok,
unjuk kerja
2 X 50
Materi:
konsep
interaksi
budaya di
afrika
Pustaka:
Darsiti
Soeratman,
2012. Sejarah
Afrika.
Yogyakarta:
Penerbit
Ombak.
Materi:
perkembangan
pengaruh
Islam di Afrika
bagian utara
dan Afrika
bagian barat.
Pustaka:
Lothrof
Stoddard.
1966. The
Rising Tide of
Color. New
York: New
York City
Press.
5%
4
Minggu ke 4
Mahasiswa mampu
menjelaskan sejarah
perkembangan
Berber Tribe dan
Kerajaan
Kushite/Nubia
Mahasiswa mampu
menjelaskan sejarah
perkembangan
Berber
TribeMahasiswa
mampu menjelaskan
sejarah
perkembangan
Kerajaan
Kushite/Nubia
Kriteria:
Grading Skor
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Portofolio,
Praktik / Unjuk Kerja
pemetaan
peta
kolonisasi
bangsa barat
di benua
afrika
2 X 50
menganalisis sumber
digital di LMS
Materi:
perkembangan
pengaruh
Islam di Afrika
bagian utara
dan Afrika
bagian barat.
Pustaka:
Lothrof
Stoddard.
1966. The
Rising Tide of
Color. New
York: New
York City
Press.
7%

5
Minggu ke 5
Mahasiswa mampu
Mengidentifikasi
proses kolonisasi dan
imperialisme bangsa
Portugis-Spanyol-
Belgia
Mahasiswa mampu
Mengidentifikasi
proses
kolonisasiMahasiswa
mampu
Mengidentifikasi
proses imperialisme
Mahasiswa mampu
ciri kolonialisme
imperialisme dari
bangsa Portugis-
Spanyol-Belgia
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk, Penilaian
Portofolio
PBL-
2 X 50
Materi:
kolonisasi
bangsa barat
di 5 wilayah
benua afrika
Pustaka:
Freund, Bill
(1998). The
Making of
Contemporary
Africa, Lynne
Rienner,
Boulder
(including a
substantial
Materi:
dampak
kolonisasi bagi
masyarakat
pribumi benua
afrika
Pustaka:
Darsiti
Soeratman,
2012. Sejarah
Afrika.
Yogyakarta:
Penerbit
Ombak.
Materi: peta
dan batas
wilayah
daerah/suku-
suku asli afika
Pustaka:
Darsiti
Soeratman,
2012. Sejarah
Afrika.
Yogyakarta:
Penerbit
Ombak.
7%
6
Minggu ke 6
Mahasiswa mampu
Mengidentifikasi
proses kolonisasi dan
imperialisme bangsa
Inggris-Perancis
Mahasiswa mampu
Mengidentifikasi
proses kolonisasi
dan imperialisme
sesuai ciri
kolonialisme
imperialisme dari
bangsa Perancis,
Belgia dan Inggris
Kriteria:
proyek base
learning (tugas
kelompok)
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kontekstual,
proyek
menganalisis
jalur dan
batas
wilayah
daerah
kolonisasi
bangsa barat
2 X 50
eksplorasi sumber dan
gambar digital secara
darin
5%
7
Minggu ke 7
Mahasiswa mampu
mendiskusikan
bentuk perlawanan
pribumi terhadap
bangsa Eropa di
Afrika dan tumbuhnya
sikap nasionalisme di
Afrika
Mahasiswa dapat
memetakan lokasi
kolonisasi dan
dampaknya bagi
masyarakat pribumi
AfrikaMahasiswa
mampu mereview
kepentingan bangsa
Eropa di Afrika
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Portofolio
Demonstrasi
Penugasan
(pemetaan
lokasi koloni
Eropa di
Afrika)
2 X 50
5%
8
Minggu ke 8
UTS mahasiswa mampu
menelaah ruang
lingkup evolusi
budaya di afrika
Kriteria:
1.Peta luasan
pengaruh Islam
di wilayah Afrika
Gambar-gambar
tentang
masyarakat
Islam di Afrika
2.10
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk, Penilaian
Portofolio, Tes
2 X 50
10%

9
Minggu ke 9
1.Mendeskripsikan
perjuangan
kemerdekaan di
Afrika
2.Kolonisasi
Portugis-
SpanyolKolonisasi
Portugis-Spanyol
Mahasiswa mampu
menganalisis latar
belakang
kemerdekaan di
beberapa wilayah
Afrika
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Praktikum
studi kasus
2 X 50
interaksi digital untuk
mendapatkan sumber
belajar langsung
Materi:
kolonialisme
Pustaka:
Darsiti
Soeratman,
2012. Sejarah
Afrika.
Yogyakarta:
Penerbit
Ombak.
5%
10
Minggu ke 10
Mensketsa pengaruh
kekuatan 2 negara
adidaya RUsia dan
Amerika Serikat
1. Menganalisis
masuknya 2
kekuatan besar di
Afrika 2. Memahami
kepentingan-
kepentingan mereka
3. Mendeskripsikan
dampak dari
munculnya kekuatan
besar tersebut
terhadap ngara-
negara Afrika
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Praktik / Unjuk Kerja
studi kasus
2 X 50
browsing internet 7%
11
Minggu ke 11
Menganalisis konflik
internal di Afrika
1.Menganalisis
kesadaran
menentukan
nasib bangsanya
sendiri
2.Merumuskan
kebutuhan dan
menyesuaikan
dengan
penguasa kolonis
3.Memahami
semangat
perjuangannya
para tokoh-tokoh
di wilayah
masing-masing
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus
2 X 50
5%
12
Minggu ke 12
Mengidentifikasi
persetujuan kesatuan
wilayah dan
kesadaran regional
dalam wadah OAU
dan Panafrikanisme
Mahasiswa dapat
menganalisis upaya-
upaya untuk
mewujudkan
persatuan Afrika
sebagai kesatuan
Uni AfrikaMahasiswa
dapat menganalisis
perkembangan pan
africanisme
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
studi kasus
2 X 50
5%
13
Minggu ke 13
Mengidentifikasi
persetujuan kesatuan
wilayah dan
kesadaran regional
dalam wadah OAU
dan Panafrikanisme
Mahasiswa dapat
menganalisis upaya-
upaya untuk
mewujudkan
persatuan Afrika
sebagai kesatuan
Uni AfrikaMahasiswa
dapat menganalisis
perkembangan pan
africanisme
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk
studi kasus
dan ceramah
bervariasi
2 X 50
7%
14
Minggu ke 14 Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Tes
diskusi
kelompok
dan
presentase
2 X 50
5%
15
Minggu ke 15
Mahasiswa dapat
berfikir kritis pada
peran Afrika pada
perkembangan
negara-negara baru
di Afrika dan Asia
Mahasiswa dapat
berfikir kritis pada
peran Afrika pada
perkembangan
negara-negara baru
di Afrika dan
AsiaMahasiswa
dapat menganalisis
dampak
perkembangan
Afrika pada negara-
negara baru di Asia
Kriteria:
grading skor
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus
2 X 50
5%
16
Minggu ke 16
UAS
Bentuk Penilaian :
Tes
tes evaluasi
2 X 50
10%
Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning
NoEvaluasi Persentase
1.Aktifitas Partisipasif 38.33%
2.Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 17.66%
3.Penilaian Portofolio 14.66%
4.Penilaian Praktikum 2.5%
5.Praktik / Unjuk Kerja 7.5%
6.Tes 19.33%
99.98%

Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang
merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh
melalui proses pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang
digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum,
ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan
bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau
diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap
materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang
mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian
berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian
konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik
Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning,
Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-
pokok bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat
kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
File PDF ini digenerate pada tanggal 22 September 2024 Jam 02:55 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa