IDENTITAS

Nama Program Studi : Biologi dan Pendidikan Biologi
Nama Matakuliah : Teknik Laboratorium
KodeMatakuliah : NBIO6106
Semester : Gasal
Sks/ Js : 3sks/5 js
Nama DosenPengampu : Dra. Amy Tenzer, M.S.
Drs. I Wayan Sumberarta, M.Sc
Hendra Susanto, S.Pd, M.Si
Fauzi Akhbar, S.Si, M.Si
Rahmi Masita, S.Si, M.Si


SCPL 2 Menguasai konsep sains dasar dan prosedur saintifik untuk menemukan,
menganalisis masalah /fenomena dibidang sains dengan pendekatan
IPTEK dilakukan dengan cermat, kritis, dan sistematis sehingga dapat
menghargai ciptaan Tuhan yang Maha Esa dan melestarikannya
CPMK 1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengelolaan laboratorium sains
2. Mahasiswa mampu merancang desain laboratorium yang representatif
3. Mahasiswa mampu menguasai konsep, prinsip dan prosedur
penggunaan alat-alat laboratorium, terutama di bidang biologi secara
disiplin dan bertanggung jawab
4. Mahasiswa mampu melakukan pembuatan larutan dengan berbagai
satuan konsentrasi

SUB CPMK 1.1 Mendeskripsikan pengertian laboratorium
1.2 Menjelaskan peranan laboratorium dalam pembelajaran
1.3 Mendeskripsikan pengelolaan laboratoriun Biologi
1.4 Menjelaskan sumber terjadinya kecelakaan di laboratorium
1.5 Mendeskripsikan perlengkapan keselamatan kerja di laboratorium

2.1 Menggambar desain laboratorium biologi

2.2 Mendeskripsikan fasilitas laboratorium
2.3 Mengevaluasi kelebihan dan kekurangan suatu laboratorium

3.1 Mendeskripsikan kegunaan, pemeliharaan dan pengelolaan alat-alat
alat-alat dan bahan-bahan kimia laboratorium
3.2 menjelaskan konsep, prinsip dan prosedur penggunaan mikroskop,
secara disiplin dan bertanggung jawab
3.3 menjelaskan konsep, prinsip dan prosedur penggunaan neraca dan
menggunakannya secara disiplin dan bertanggung jawab
3.4 menjelaskan konsep, prinsip dan prosedur penggunaan alat-alat
volumetrik dan menggunakannya secara disiplin dan bertanggung
jawab
3.5 menjelaskan konsep, prinsip dan prosedur pengukuran pH dan
menggunakannya secara disiplin dan bertanggung jawab
3.6 menjelaskan konsep, prinsip dan prosedur penggunaan termometer dan
menggunakannya secara disiplin dan bertanggung jawab
3.7 menjelaskan konsep, prinsip dan prosedur penggunaan centrifuge dan
menggunakannya secara disiplin dan bertanggung jawab
3.8 menjelaskan konsep, prinsip dan prosedur pemisahan molekul dari
bahan biologis dan menggunakannya secara disiplin dan bertanggung
jawab
3.9 menjelaskan konsep, prinsip dan prosedur penggunaan spektrofotometer
dan menggunakannya secara disiplin dan bertanggung jawab
4.1 menjelaskan pembuatan larutan dengan satuan %, molar, molal, normal,
dan ppm
4.2 menjelaskan konsep mengkonversi satuan konsentrasi larutan
4.3 menjelaskan konsep pengenceran larutan

RANCANGAN PERKULIAHAN SEMESTER

Perte-
muan
Kode
CPMK
Sub CPMK Deskripsi Isi/ Materi PengalamanBelajar Sumber
Belajar
(kode)
Penilaian
Offline Online
Sinkron Asinkron
1 1
1.1 Mendeskripsikan
pengertian
laboratorium
1.2 Menjelaskan
peranan
laboratorium dalam
pembelajaran
1.3 Mendeskripsi-
kan pengelolaan
laboratoriun
Biologi
1.3 Menjelaskan
sumber terjadinya
kecelakaan di
laboratorium
1.4 mendeskripsikan
perlengkapan
keselamatan kerja
di laboratorium

 Pengenalan Laboratorium:
pengertian laboratorium;
fasilitas laboratorium;
peranan laboratorium dalam
pembelajaran
 Pengelolaan Laboratorium:
staffing, budgeting, financing
dan maintaining laboratorium
biologi
 Keselamatan dan
Keamanan Laboratorium:
kecelakaan di laboratorium;
perlengkapan keselamatan
kerja di laboratorium, dan
prosedur pertolongan
pertama pada kecelakaan di
laboratorium

Diskusi dan tanya jawab
mengenai:
o Pengertian dan
peranan laboratorium
dalam pembelajaran
o Pengelolaan
Laboratorium Biologi
o Sumber terjadinya
kecelakaan di
laboratorium;
perlengkapan
keselamatan kerja di
laboratorium, dan
prosedur
pertolongan pertama
pada kecelakaan di
laboratorium



(1), (2), (3),
(5), (7)
Tes
penguasaan
konsep




2 2
2.1 Menggambar
desain
laboratorium
biologi
2.2 Mendeskripsikan
fasilitas
laboratorium
2.3 Mengevaluasi
 Desain Laboratorium:
pembuatan desain suatu
laboratorium bidang biologi
yang representative;
pengamatan suatu
laboratorium bidang biologi;
penilaian lab bidang yang
diamati dibandingkan dengan
 Melakukan
pengamatan suatu
laboratorium bidang
biologi (di luar jam)
 Menggambar desain
laboratorium (di luar
jam)
 Mengevaluasi
kelebihan dan

(1), (2), (5),
(7)
- Tes
penguasaan
konsep
- Penilaian
performance
- - Portofolio

kelebihan dan
kekurangan suatu
laboratorium

laboratorium representative
yang telah dibuat. Didukung
oleh presentasi kelompok dan
diskusi kelas.

kekurangan
laboratorium (di luar
jam)
 Presentasi (6
kelompok) tentang
desain dan evaluasi
laboratorium yang di
amati, dilanjutkan
dengan diskusi kelas
dan tanya jawab

3 3 3.1 Mendeskripsikan
kegunaan,
pemeliharaan dan
pengelolaan alat-
alat alat-alat dan
bahan-bahan
kimia laboratorium

 Pengenalan dan
pemeliharaan alat-alat
laboratorium: alat-alat
gelas, porselen dan plastik;
alat-alat logam; alat-alat
optik; alat-alat elektrik.
 Pengenalan dan
penanganan bahan kimia:
penggolongan bahan kimia;
karakteristik bahan kimia;
pengelolaan bahan kimia.
Didukung oleh presenyasi
kelompok dan diskusi kelas.

 Merumuskan
masalah
 Menyusun makalah
tentang pengenalan
dan pemeliharaan
alat-alat laboratorium
yang banyak
digunakan dalam
praktikum biologi (di
luar jam)
o Klp I: alat-alat
gelas, porselen,
plastik, logam
o Klp II: alat-alat
optic dan elektrik
 Menyusun makalah
tentang pengenalan
dan penanganan
bahan kimia yang
banyak digunakan
dalam praktikum
biologi (di luar jam)
o Klp III: Pengenalan
dan Penanganan
Bahan-bahan
Kimia (Rumus
Kimia, Sifat,

(1), (2), (4),
(5), (7)
-Tes
penguasaan
konsep
- Penilaian
performance
- Portofolio

Kegunaan)
o Pengelolaan
Bahan Kimia
 Mempresentasikan
makalah
 Diskusi dan tanya
jawab

4 3
3.2 Menjelaskan
konsep, prinsip
dan prosedur
penggunaan
mikroskop,dan
mengunakannya
secara disiplin
dan bertanggung
jawab

Penggunaan mikroskop:
prinsip kerja mikroskop;
pengenalan macam-macam
mikroskop; perawatan
mikroskop. Didukung oleh
praktikum pengamatan letter e
dan preparat penampang
melintang daun dengan
mikroskop cahaya, dan benda-
benda kecil dengan mikroskop
stereo
 Mendiskusikan prinsip
kerja mikroskop
cahaya
 Mendiskusikan
perawatan mikroskop
 Mendiskusikan
karakteristik, prinsip
kerja, dan kegunaan
bermacam-macam
mikroskop
 Melakukan praktikum
pengamatan benda
dengan mikroskop
cahaya dan
mikroskop stereo
 Membuat laporan
praktikum

Mencari jawaban
permasalahan
terkait dengan
penggunaan
mikroskop dalam
penelitian dengan.
memanfaatkan
teknologi infor-
masi

(1), (2), (3),
(4), (6), (7)
-Tes
penguasaan
konsep
- Penilaian
keterampilan
praktikum
- Portofolio

5 3 3.3 menjelaskan
konsep, prinsip
dan prosedur
penggunaan
neraca dan
menggunakan-
nya secara
disiplin dan
bertanggung
jawab

Penggunaan bermacam-
macam neraca: cara kerja
berbagai neraca elektrik dan
manual; fungsi khusus masing-
masing neraca, keunggulan
dan kekurangan masing-
masing neraca; sumber-sumber
kesalahan dalam pengukuran.
Didukung praktikum
pengenalan berbagai macam
neraca beserta cara
penggunaannya dengan baik
dan benar.
 Mendiskusikan
penggolongan alat
ukur massa
 Melakukan
praktikum:
o identifikasi
karakteristik
bermacam-macam
neraca
o penimbangan
benda dengan
berbagai macam
neraca
 Membuat laporan
praktikum

Menjawab
pertanyaan
mengenai
pemilihan
neraca yang
tepat sesuai
dengan
pemanfaatanya
dalam penelitian
dengan
memanfaatkan
teknologi
informasi

(2), (3), (4),
(5), (6), (7)
-Tes
penguasaan
konsep
- Penilaian
keterampilan
praktikum
- Portofolio




6 1, 2,
3
1.1, 1.2, 1.3, 1.4,
2.1, 2.2, 2.3, 3.1,
3.2, 3.3
REVIEW Pendalaman konsep
materi-materi
pertemuan 1 s.d. 5.

7 1, 2,
3
1.1, 1.2, 1.3, 1.4,
2.1, 2.2, 2.3, 3.1,
3.2, 3.3
TES I
8 3 3.4 menjelaskan
konsep, prinsip
dan prosedur
penggunaan alat-
alat dan
menggunakannya
secara disiplin
dan bertanggung
jawab

Pengukuran volume dengan
berbagai macam alat
volumetrik: macam-macam
alat 6volumetrik (gelas dan
pipet), fungsi dan penggunaan
masing-masing; kesalahan
dalam pengukuran. Didukung
dengan paktikum pengenalan
dan penggunaan alat-alat
volumetric dengan baik dan
benar.
 Mendiskusikan
penggolongan alat
ukur volume
 Melakukan
praktikum:
o identifikasi
karakteristik
bermacam-macam
alat 6volumetrik
o membandingkan
ketelitian berbagai
macam alat
(2), (3), (4),
(5), (6), (7)
-Tes
penguasaan
konsep
- Penilaian
keterampilan
praktikum
- Portofolio

volumetrik
o penentuan kadar
vitamin C dengan
teknik titrasi
 Membuat laporan
praktikum

9 3 3.5 menjelaskan
konsep, prinsip
dan prosedur
pengukuran pH
dan mengguna-
kannya secara
disiplin dan
bertanggung
jawab

Pengukuran pH larutan:
pengertian pH, larutan
penyangga, 7indikator77 pH;
cara kerja dan penggunaan pH
meter. Didukung dengan
praktikum pengukuran pH
larutan denan berbagai macam
pengukur pH.
 Mendiskusikan
pengertian pH,
larutan penyangga,
indikator77 pH
 Melakukan
praktikum
pengukuran pH
larutan dengan
berbagai macam
pengukur pH
 Membuat laporan
praktikum



Mencari jawaban
permasalahan
terkait dengan
pengukuran pH
dengan.
Memanfaatkan
teknologi infor-
masi

(2), (3), (4),
(5), (6), (7)
-Tes
penguasaan
konsep
- Penilaian
keterampilan
praktikum
- Portofolio




10 3 3.6 menjelaskan
konsep, prinsip
dan prosedur
penggunaan
termometer dan
menggunakannya
secara disiplin
dan bertanggung
jawab

Penggunaan 7thermometer:
macam-macam 7termometer,
fungsi dan penggunaan
masing-masing; kesalahan
dalam pengukuran suhu.
Didukung dengan presentasi
kelompok dan diskusi kelas
serta praktikum penggunaan
macam-mavam thermometer.
 Menyusun makalah
tentang macam-
macam termometer,
fungsi dan
penggunaan masing-
masing; kesalahan
dalam pengukuran
suhu. (di luar jam,
oleh kelompok V)
 Mempresentasikan
makalah
 Diskusi dan tanya
jawab
 Melakukan praktikum
pengukuran suhu
badan, udara,
(2), (3), (4),
(5), (6), (7)
-Tes
penguasaan
konsep
- Penilaian
keterampilan
praktikum
- Portofolio

larutan, dan tanah
11 4 4.1 menjelaskan
pembuatan
larutan dengan
satuan %, molar,
molal, normal,
dan ppm
4.2 menjelaskan
konsep
mengkonversi
satuan
konsentrasi
larutan
4.3 menjelaskan
konsep
pengenceran
larutan

Pembuatan larutan dengan
berbagai satuan konsentrasi:
pengertian molaritas, molalitas,
normalitas, persen berat,
persen volume, ppm; cara
pembuatan larutan;
pengenceran larutan. Didukung
dengan praktikum pembuatan
larutan dan penentuan
konsentrasi larutan.
 Diskusi dan 8tanya
jawab mengenai
pengertian berbagai
macam satuaan
konsentrasi.
 Melakukan
praktikum
pembuatan larutan
dengan berbagai
satuan konsentrasi
 Menentuan
konsentrasi suatu
larutan dengan
teknik titrasi asam-
basa.
 Membuat laporan
praktikum


(6), (7)
-Tes
penguasaan
konsep
- Penilaian
keterampilan
praktikum
- Portofolio




12 3 3.7 menjelaskan
konsep, prinsip
dan prosedur
penggunaan
centrifuge dan
menggunakannya
secara disiplin dan
bertanggung jawab

Penggunaan sentrifus: prinsip
kerja; fungsi dan penggunaan
macam-macam sentrifus.
Didukung dengan praktikum
sentrifugasi supensi amilum.
 Diskusi dan 8tanya
jawab mengenai
pengertian dan
prinsip kerja
sentrifus
 Melakukan
praktikum
sentrifugasi
suspensi8 amilum
 Membuat laporan
praktikum




Mendeskripsikan
proses
pemisahan sel-
sel darah
dengan
menggunakan
teknologi
informasi
(1), (3), (4),
(6), (7)
-Tes
penguasaan
konsep
- Penilaian
keterampilan
praktikum
- Portofolio

13 3 3.8 menjelaskan
konsep, prinsip
dan prosedur
pemisahan
molekul dari
bahan biologis
dan mengguna-
kannya secara
disiplin dan
bertanggung
jawab

Pemisahan molekul dari
bahan biologis: prinsip
pemisahan molekul;
mekanisme kerja metode
pemisahan (9dialisis9 dan
macam-macam kromatografi).
Didukung dengan praktikum
pemisahan pigmen daun
dengan teknik kromatofrafi
kertas
 Diskusi dan 9tanya
jawab tentang :
prinsip pemisahan
molekul; mekanisme
kerja metode
pemisahan
 Melakukan
praktikum
pemisahan pigmen
daun dengan teknik
kromatofrafi kertas
 Membuat laporan
praktikum


Mendeskripsikan
penggunaan
prinsip
pemisahan
molekul dari
bahan biologis
terkait studi
forensik dengan
menggunakan
teknologi
informasi

(2), (3), (4),
(5), (6), (7)
-Tes
penguasaan
konsep
- Penilaian
keterampilan
praktikum
- Portofolio




14 3 3.9 menjelaskan
konsep, prinsip
dan prosedur
penggunaan
spektrofotometer
dan mengguna-
kannya secara
disiplin dan
bertanggung
jawab

Penggunaan
spektrofotometer: prinsip
kerja; fungsi dan penggunaan
macam-macam
spektrofotometer Didukung
dengan presentasi kelompok
dan diskusi kelas, serta
praktikum penentuan kadar
klorofil daun dengan
spektrofotometer.


 Menyusun makalah
tentang pengenalan
dan penggunaan
spektrofotometer (di
luar jam, oleh
kelompok VI)
 Mempresentasikan
makalah
 Diskusi dan tanya
jawab
 Melakukan praktikum
pengukuran kadar
klorofil daun dengan
spektrofotometer
 Membuat laporan
praktikum


(2), (3), (4),
(5), (6), (7)
-Tes
penguasaan
konsep
- Penilaian
keterampilan
praktikum
- Portofolio




15
3, 4
3.4, 3.5, 3.6, 3.7,
3.8, 3.9, 4.1, 4.2, 4.3
REVIEW Pendalaman konsep
materi-materi
pertemuan 8 s.d. 14.
(1), (2), (3),
(4), (5), (6), (7)
-Tes
penguasaan
konsep
- Penilaian
performance

16
3,4
3.4, 3.5, 3.6, 3.7,
3.8, 3.9, 4.1, 4.2, 4.3
TES II


(1), (2), (3),
(4), (5), (6), (7)
Tes
penguasaan
konsep

Sumber Belajar:
1. Barker, K. 1998. A Laboratory Navigator. New York: Cold Spring Harbor Laboratory Press.
2. Brink, O.G., Flink, R.J. dan Sachri, S. 1984. Dasar-dasar Ilmu Instrumen. Jakarta: Bina Cipta.
3. Jurusan Biologi Institut Teknologi Bandung. 1988. Panduan Penggunaan Peralatan Biologi.
4. Manual Alat-alat Laboratorium.
5. Nur, M.A., Rukmini, H. dan Adijuwana, H. 1989. Teknik Laboratorium untuk Bidang Biologi dan Kimia. Bogor: PAU IPB.
6. Tenzer, A., dan Setiowati, F.K. Petunjuk Praktikum Teknik Laboratorium. Malang: Jurusan Biologi FMIPA UM
7. Wirjosoemarto, K., Adisendjaja, Y.H., Supriatno, B., dan Riandi. 2004. Teknik Laboratorium. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI -
IMSTEP JICA


PENILAIAN DAN EVALUASI
Evaluasi dilaksanakan secara menyeluruh dan berkesinambungan sepanjang semester. Aspek-aspek yang dinilai berupa aspek kognitif, afektif, maupun kinerja
serta tugas-tugas yang dkerjakan mahasiswa. Bobot masing-masing penilaian adalah:
a. Tes penguasaan konsep : 35%
b. Portofolio (laporan praktikum, makalah, desain lab) : 25%
c. Penilaian performance (presentasi, kinerja praktikum) : 20%
d. Aktivitas (kehadiran, diskusi) : 20%

PENGALAMAN BELAJAR
(Satuan Acara Perkuliahan)

Pertemuan
CPMK/sub
CPMK
AktivitasBelajar
Penilaian
Offline/ TatapMuka Online-Sinkron Online-Asinkron
1 1
1.1, 1.2 1.3
Diskusi dan 11anya jawab
mengenai:
o Pengertian dan peranan
laboratorium dalam
pembelajaran
o Sumber terjadinya kecelakaan
di laboratorium; perlengkapan
keselamatan kerja di
laboratorium, dan prosedur
pertolongan pertama pada
kecelakaan di laboratorium


-Tes penguasaan
konsep




2 2
2.1, 2.2, 2.3
 Melakukan pengamatan suatu
laboratorium bidang biologi (di
luar jam)
 Menggambar desain
laboratorium (di luar jam)
 Mengevaluasi kelebihan dan
kekurangan laboratorium (di
luar jam)
 Presentasi (6 kelompok)
tentang desain dan evaluasi
laboratorium yang di amati,
dilanjutkan dengan diskusi
kelas dan 11anya jawab


-Tes penguasaan
konsep
- Penilaian performance
- Portofolio




3 3
3.1
 Merumuskan masalah
 Menyusun makalah tentang
pengenalan dan pemeliharaan
alat-alat laboratorium yang

-Tes penguasaan
konsep
- Penilaian performance
- Portofolio

banyak digunakan dalam
praktikum biologi (di luar jam)
o Klp I: alat-alat gelas,
porselen, 12anya12c,
logam
o Klp II: alat-alat 12anya dan
elektrik
 Menyusun makalah tentang
pengenalan dan penanganan
bahan kimia yang banyak
digunakan dalam praktikum
biologi (di luar jam)
o Klp III: Pengenalan dan
Penanganan Bahan-bahan
Kimia (Rumus Kimia,
Sifat, Kegunaan)
o Pengelolaan Bahan Kimia
 Mempresentasikan makalah
 Diskusi dan tanya jawab




4 3
3.2
 Mendiskusikan prinsip kerja
mikroskop
 Mendiskusikan perawatan
mikroskop
 Menyusun dan
mempresentasikan makalah
tentang macam-macam
mikroskop
 Praktikum pengamatan benda
dengan mikroskop cahaya dan
mikroskop stereo
 Membuat laporan praktikum

Mencari jawaban permasalahan
terkait dengan penggunaan
mikroskop dalam penelitian
dengan. memanfaatkan teknologi
informasi

-Tes penguasaan
konsep
- Penilaian keterampilan
praktikum
- Portofolio




5 3
3.3
 Mendiskusikan penggolongan
alat ukur massa
 Melakukan praktikum:
o identifikasi karakteristik

Menjawab pertanyaan mengenai
pemilihan neraca yang tepat
sesuai dengan pemanfaatanya
dalam penelitian dengan
-Tes penguasaan
konsep
- Penilaian keterampilan
praktikum

bermacam-macam neraca
o penimbangan benda dengan
berbagai macam neraca
 Membuat laporan praktikum

memanfaatkan teknologi
informasi

- Portofolio




6 1, 2, 3
1.1, 1.2 1.3,
2.1, 2.2, 2.3,
3.1, 3.2, 3.3

REVIEV: pendalaman materi
sebagai persiapan menghadapi
Tes I. Setiap mahasiswa diminta
menyiapkan 5 pertanyaan
dengan level kognitif tinggi
beserta jawabannya, kemudian
dipertukarkan antar mahasiswa.
Secara bergiliran mahasiswa
menjawab pertanyaan yang
diperolehnya, mahasiswa pemilik
pertanyaan bertindak sebagai
penilai kebenaran jawaban,
disusul dengan diskusi seluruh
peserta.

-Tes penguasaan
konsep
- Penilaian performance
7 1, 2, 3
1.1, 1.2 1.3,
2.1, 2.2, 2.3,
3.1, 3.2, 3.3

TES I

Tes penguasaan konsep
8 3
3.4
 Mendiskusikan penggolongan
alat ukur volume
 Melakukan praktikum:
o identifikasi karakteristik
bermacam-macam alat
volumetrik
o membandingkan ketelitian
berbagai macam alat
volumetrik
o penentuan kadar vitamin C
dengan teknik titrasi
 Membuat laporan praktikum


-Tes penguasaan
konsep
- Penilaian keterampilan
praktikum
- Portofolio

9 3
3.5
 Mendiskusikan pengertian pH,
larutan penyangga, indikator
pH
 Melakukan praktikum
pengukuran pH larutan dengan
berbagai macam pengukur pH
 Membuat laporan praktikum.

Mencari jawaban permasalahan
terkait dengan pengukuran pH
dengan. Memanfaatkan teknologi
informasi

-Tes penguasaan
konsep
- Penilaian keterampilan
praktikum
- Portofolio



10 3
3.6
 Menyusun makalah tentang
macam-macam termometer,
fungsi dan penggunaan
masing-masing; kesalahan
dalam pengukuran suhu. (di
luar jam, oleh kelompok V)
 Mempresentasikan makalah
 Diskusi dan tanya jawab
 Melakukan praktikum
pengukuran suhu badan,
udara, larutan, dan tanah


-Tes penguasaan
konsep
- Penilaian performance
- Penilaian keterampilan
praktikum
- Portofolio




11 4
4.1, 4.2 4.3
 Diskusi dan tanya jawab
mengenai pengertian berbagai
macam satuaan konsentrasi.
 Melakukan praktikum
pembuatan larutan dengan
berbagai satuan konsentrasi
 Menentuan konsentrasi suatu
larutan dengan teknik titrasi
asam-basa.
 Membuat laporan praktikum


-Tes penguasaan
konsep
- Penilaian keterampilan
praktikum
- Portofolio




12 3
3.7
 Diskusi dan tanya jawab
mengenai pengertian dan
prinsip kerja sentrifus
 Melakukan praktikum
sentrifugasi suspensi amilum

Mendeskripsikan proses
pemisahan sel-sel darah dengan
menggunakan teknologi
informasi
-Tes penguasaan
konsep
- Penilaian keterampilan
praktikum
- Portofolio

 Membuat laporan praktikum

13 3
3.8
 Diskusi dan tanya jawab
tentang : prinsip pemisahan
molekul; mekanisme kerja
metode pemisahan
 Melakukan praktikum
pemisahan pigmen daun
dengan teknik kromatofrafi
kertas
 Membuat laporan praktikum


Mendeskripsikan penggunaan
prinsip pemisahan molekul dari
bahan biologis terkait studi
forensik dengan menggunakan
teknologi informasi

-Tes penguasaan
konsep
- Penilaian keterampilan
prakttikum
- Portofolio




14 3
3.9
 Menyusun makalah tentang
pengenalan dan penggunaan
spektrofotometer (di luar jam,
oleh kelompok VI)
 Mempresentasikan makalah
 Diskusi dan tanya jawab
 Melakukan praktikum
pengukuran kadar klorofil daun
dengan spektrofotometer
 Membuat laporan praktikum


-Tes penguasaan
konsep
- Penilaian performance
-Penilaian keterampilan
prakttikum
- Portofolio




15 3, 4
3.4, 3.5, 3.6,
3.7, 3.8, 3.9,
4.1, 4.2, 4.3
REVIEV: pendalaman materi
sebagai persiapan menghadapi
Tes I. Setiap mahasiswa diminta
menyiapkan 5 pertanyaan
dengan level kognitif tinggi
beserta jawabannya, kemudian
dipertukarkan antar mahasiswa.
Secara bergiliran mahasiswa
menjawab pertanyaan yang
diperolehnya, mahasiswa pemilik
pertanyaan bertindak sebagai
penilai kebenaran jawaban,
disusul dengan diskusi seluruh

-Tes penguasaan
konsep
- Penilaian performance

peserta.
16 3, 4
3.4, 3.5, 3.6,
3.7, 3.8, 3.9,
4.1, 4.2, 4.3
TES II Tes penguasaan konsep