PEDOMAN TEKNIS
PENULISAN MAKALAH
PROYEK AKHIR
2023
DISUSUN OLEH
Staf Administrasi Akademik

i
KATA PENGANTAR
Makalah proyek akhir adalah karya ilmiah yang disusun menurut kaidah
keilmuan dan ditulis sesuai kaidah Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris,
di bawah bimbingan, pengawasan dan arahan dari dosen pembimbing untuk
memenuhi kriteria-kriteria kualitas yang telah ditetapkan sesuai
keilmuannya masing-masing. Makalah proyek akhir ini dibuat sebagai salah
satu syarat untuk menyelesaikan program profesional 2 tahun bidang
teknologi informasi di CEP-CCIT Fakultas Teknik Universitas Indonesia.
Makalah proyek akhir ini mencakup makalah akhir proyek magang bagi
Program Teknologi Informasi dan makalah proyek Data Analytics Program
Teknologi Informasi Ekonomi Syariah.
Makalah proyek akhir ini nantinya akan menjadi bagian dari koleksi pustaka
yang dimiliki oleh CEP-CCIT FTUI. Koleksi pustaka CEP-CCIT FTUI meliputi
berbagai karya ilmiah yang ilmiah yang dihasilkan oleh sivitas akademika
CEP-CCIT FTUI tidak terbatas pada, laporan ISAS, laporan proyek, tugas
resume, purwarupa, desain kreatif, animasi, berbagai tulisan gagasan kritis,
video kreatif leadership & communication skill, maupun artikel-artikel blog.
Dalam upaya mendokumentasikan seluruh koleksi pustaka CEP -CCIT FTUI,
baik dalam format tercetak maupun digital, diperlukan sebuah Pedoman
Teknis Penulisan Makalah Proyek akhir yang dapat digunakan sebagai
panduan penulisan dan wujud keseragaman.
Pedoman Penulisan Proyek akhir ini merupakan revisi dari pedoman yang
diterbitkan sebelumnya. Revisi ini perlu dilakukan karena adanya
kebijakan-kebijakan baru yang memengaruhi perubahan terhadap format
dan teknis penyerahan proyek akhir.
Revisi pedoman ini disusun oleh Tim Staf Administrasi Akademik, dan
diterbitkan dengan tujuan memberikan tuntunan kepada penulis proyek
akhir.

ii
Pedoman Penulisan Proyek akhir Revisi tahun 2 023 disahkan
penggunaannya melalui SK Direktur CEP-CCIT FTUI Nomor: XXXXX tanggal
XX Mei 2023 dan wajib digunakan oleh sivitas akademika CEP-CCIT FTUI
sebagai panduan penulisan proyek akhir.

iii
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ..................................................................................... i
DAFTAR ISI .............................................................................................. iii
1. SISTEMATIKA PENULISAN PROYEK AKHIR ........................................... 1
1.1. Bagian Awal .................................................................................... 1
1.2. Bagian Isi ........................................................................................ 1
1.3. Bagian Akhir ................................................................................... 2
2. KETENTUAN PENULISAN MAKALAH PROYEK AKHIR ............................ 3
2.1. Kertas .............................................................................................. 3
2.2. Pengetikan ....................................................................................... 3
2.2.1. Batas margin ............................................................................. 3
2.2.2. Footer ........................................................................................ 3
2.3. Ketentuan Jenis Huruf dan Ukuran ................................................. 4
2.4. Penomoran Halaman ....................................................................... 5
2.4.1. Angka Romawi Kecil .................................................................. 5
2.4.2. Angka Latin ............................................................................... 5
2.5. Ketentuan Penulisan Judul Gambar dan Judul Tabel ...................... 6
2.5.1. Penulisan Judul Gambar ........................................................... 6
2.5.2. Penulisan Judul Tabel ............................................................... 6
2.6. Ketentuan Halaman Sampul ............................................................ 6
2.7. Ketentuan Halaman Judul ............................................................... 7
2.8. Ketentuan Kata Pengantar/Ucapan Terima Kasih ............................ 7
2.9. Ketentuan Abstrak .......................................................................... 7
2.10. Ketentuan Daftar Isi/Daftar Tabel/Daftar Gambar ........................ 8
2.11. Ketentuan Tubuh Makalah ............................................................ 8

iv
2.12. Ketentuan Penulisan Kutipan ........................................................ 9
2.13. Ketentuan Penulisan Daftar Pustaka ........................................... 10
2.14. Ketentuan Penulisan Lampiran .................................................... 11
3. FORMAT PENULISAN PROYEK AKHIR ................................................. 12
3.1. Halaman Sampul Makalah Proyek Program TIES ........................... 12
3.2. Halaman Sampul Makalah Proyek Program TI ............................... 13
3.3. Halaman judul .............................................................................. 14
3.4. Halaman Pernyataan Orisinalitas .................................................... 15
3.5. Halaman Pengesahan .................................................................... 16
3.6. Kata Pengantar .............................................................................. 17
3.7. Abstrak ......................................................................................... 18
3.8. Daftar isi ....................................................................................... 19
3.9. Daftar Gambar .............................................................................. 20
3.10. Daftar Tabel ................................................................................. 20
4. PROSEDUR PENGUMPULAN PROYEK AKHIR ...................................... 21
4.1. Ketentuan Pengunggahan Digital ................................................... 21
5. ALUR PENGAJUAN PROYEK AKHIR ..................................................... 22
5.1. Bagan Alir Proyek Akhir Data Analytics Program TIES ................... 22
5.2. Bagan Alir Proyek Akhir Data Analytics Program TI ....................... 23
6. FORMULIR KONSULTASI BIMBINGAN ................................................. 24
6.1. Formulir Konsultasi Proyek Akhir Program TIES ............................ 24
6.2. Formulir Konsultasi Proyek Akhir Program TI ................................ 25
7. PENILAIAN PROYEK AKHIR ................................................................. 26
7.1. Penilaian Proyek Akhir Program TIES ............................................ 26
7.2. Penilaian Proyek Akhir Program TI ................................................ 26
7.3. Lembar Penilaian Proyek Akhir oleh Narasumber Magang .............. 27

v
8. NARAHUBUNG STAF ADMINISTRASI AKADEMIK ................................ 29

1
1. SISTEMATIKA PENULISAN PROYEK AKHIR
Pedoman penulisan proyek akhir ini mencakup tiga bagian yaitu: bagian
awal, isi, dan akhir.

1.1. Bagian Awal
Bagian awal terdiri atas bagian berikut ini sesuai urutan:

Bahasa Indonesia English
Halaman sampul Cover page
Halaman judul Title page
Halaman pernyataan orisinalitas Originality statement page
Halaman pengesahan Approval page
Kata pengantar Preface
Abstrak* Abstract*
Daftar isi Table of content
Daftar tabel List of tables
Daftar gambar List of figures
Daftar singkatan List of abbreviations
Daftar lampiran Appendices
*halaman abstrak berisi tulisan abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

1.2. Bagian Isi
Bagian isi terdiri atas:

Bahasa Indonesia English
BAB 1 PENDAHULUAN CHAPTER 1 INTRODUCTION
1.1. Latar Belakang 1.1. Background
1.2. Ruang Lingkup Masalah 1.2. Problem Domain
1.3. Tujuan Penulisan 1.3. Writing Objective
1.4. Metodologi Penulisan 1.4. Writing Methodology

2
1.5. Sistematika Penulisan 1.5. Writing Framework
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA CHAPTER 2 LITERATURE
REVIEW
BAB 3 HASIL DAN ANALISIS
PERMASALAHAN
CHAPTER 3 RESULT AND
PROBLEM ANALYSIS
BAB 4 KESIMPULAN DAN SARAN CHAPTER 4 CONCLUSION AND
SUGGESTION
4.1. Kesimpulan 4.1. Conclusion
4.2. Saran 4.2. Suggestion
DAFTAR PUSTAKA REFERENCES
LAMPIRAN APPENDICES

1.3. Bagian Akhir
Bagian akhir terdiri atas daftar pustaka dan lampiran.

3
2. KETENTUAN PENULISAN MAKALAH PROYEK AKHIR
Penampilan tulisan makalah proyek akhir merupakan faktor penting untuk
mewujudkan tulisan yang rapi dan seragam.

2.1. Kertas
Spesifikasi kertas yang digunakan untuk pengumpulan makalah proyek
akhir dalam bentuk hardcopy apabila diperlukan sebagai pustaka fisik
adalah sebagai berikut:
o Jenis : HVS
o Warna : Putih polos
o Berat : Min 75 gram
o Ukuran : A4 (21,5 cm x 29,7 cm)

2.2. Pengetikan
Ketentuan pengetikan adalah sebagai berikut:
2.2.1. Batas margin

- Batas kiri : 3 cm
- Batas atas : 3 cm
- Batas kanan : 3 cm
- Batas bawah : 3 cm

2.2.2. Footer
Setiap halaman pada naskah makalah Proyek akhir, mulai dari halaman
abstrak hingga daftar pustaka harus diberikan autotext pada footer dengan
tulisan CEP-CCIT FTUI (Arial 10 pt cetak tebal) ditulis pada posisi rata kanan
(right align).

4
..................................................................................................................
..................................................................................................................

CEP-CCIT FTUI

2.3. Ketentuan Jenis Huruf dan Ukuran
Ketentuan jenis huruf dan ukuran sesuai dengan peruntukannya masing -
masing:
o Judul bab : Times New Roman 14 pt, kapital semua,
dan dicetak tebal.
o Sub bab : Times New Roman 14 pt, kapital pada setiap huruf
pertama dari setiap kata.
o Isi :
o Halaman sampul : Times New Roman 14 pt, centered alignment,
single spacing, bold, dan kapital semua.
o Halaman judul : Times New Roman 14 pt, centered alignment,
single spacing, bold, dan kapital semua.
o Pernyataan orisinalitas: Times New Roman 12 pt, centered
alignment, double spacing.
o Pengesahan : Times New Roman 12 pt, centered alignment,
single spacing.
o Kata Pengantar : Times New Roman 12 pt, justify alignment,
1,5 lines spacing.
o Abstrak : Times New Roman 12 pt, justify alignment,
double spacing.
o Daftar isi/tabel/gambar : Times New Roman 12 pt, single
spacing.
o Isi : Times New Roman 12 pt, justify alignment,
1,5 lines spacing.
o Coding : Courier new 10 pt

5
o Judul gambar : Times New Roman 10 pt, dicetak tebal dan
berada di posisi center di bawah gambar.
o Judul tabel : Times New Roman 10 pt, dicetak tebal dan
berada di posisi center di atas tabel.

2.4. Penomoran Halaman
Penomoran halaman tidak diberikan imbuhan apa pun. Jenis nomor
halaman ada dua macam yaitu angka romawi kecil dan angka latin.

2.4.1. Angka Romawi Kecil
• Digunakan mulai dari awal makalah hingga daftar
isi/gambar/tabel.
• Posisi : centered alignment, 2,5 cm dari tepi bawah kertas.
• Halaman judul tidak diberikan nomor halaman, tetapi tetap
dihitung sebagai halaman pertama.

2.4.2. Angka Latin
• Digunakan untuk isi dan bagian akhir makalah.
• Letak halaman kanan: sudut kanan atas 1,5 cm dari tepi atas kertas
dan 3 cm dari tepi kanan kertas untuk halaman sebelah kanan.
• Letak halaman kiri: sudut kiri atas1,5 cm dari tepi atas kertas dan
3 cm dari tepi kiri kertas untuk halaman sebelah kiri.
• Khusus untuk halaman pertama setiap bab dan daftar pustaka
penomorannya diletakkan di tengah, 2,5 cm (centered alignment)
dari tepi bawah kertas.
• Penomoran halaman pada lampiran diletakkan di sudut kanan atas
dimulai dengan A1 dst.

6
2.5. Ketentuan Penulisan Judul Gambar dan Judul Tabel
2.5.1. Penulisan Judul Gambar

2.5.2. Penulisan Judul Tabel

2.6. Ketentuan Halaman Sampul
a. Diketik simetris di tengah (center). Judul tidak diperkenankan
menggunakan singkatan, kecuali nama atau istilah (contoh: PT, UD,
CV) dan tidak disusun dalam kalimat tanya serta tidak perlu ditutup
dengan tanda baca apa pun.
b. Semua tulisan diketik dengan Times New Roman 14 pt, dicetak tebal,
dan kapital semua.
c. Komponen halaman sampul:
• Logo CEP-CCIT FTUI ukuran 3 cm x 3 cm. Silakan unduh logo resmi
CEP-CCIT FTUI di: https://bit.ly/CCIT_Brandlogo
• tulisan CEP-CCIT FTUI
• Judul
• Tulisan Makalah Proyek akhir : Magang / Data Analytics
• Nama dan nomor registrasi

7
• Program pendidikan
• Tempat
• Bulan dan tahun disahkannya makalah proyek akhir dan ditulis
dengan angka format 4 digit (contoh: Agustus 2022).
d. Informasi yang dicantumkan pada punggung halaman sampul adalah:
jenis proyek akhir (Makalah Proyek akhir Data Analytics/Makalah
Proyek akhir Magang), dan judul proyek akhir. Informasi yang
dicantumkan seluruhnya menggunakan huruf besar, dengan jenis
huruf Times New Roman 12 poin, dan ditulis di tengah punggung
halaman sampul (center alignment).

2.7. Ketentuan Halaman Judul
a. Format halaman judul sama halnya dengan format halaman sampul,
namun diberikan tambahan tulisan tujuan proyek akhir: "Diajukan
sebagai salah satu syarat..."
b. Semua tulisan diketik dengan Times New Roman 14 pt, dicetak
tebal/bold, centered alignment, dan kapital semua (kecuali pada
tulisan tujuan proyek akhir).

2.8. Ketentuan Kata Pengantar/Ucapan Terima Kasih
a. Isi kata pengantar diketik dengan Times New Roman 12 pt, spasi 1,5
line (1,5 lines spacing), justify alignment.
b. Judul Kata Pengantar atau Ucapan Terima Kasih ditulis dengan tipe
Times New Roman 12 pt, dicetak tebal dan huruf besar.
c. Urutan pihak-pihak yang diucapkan terima kasih: mulai dari pihak
luar, kemudian keluarga, lalu teman.
d. Jarak antara judul kata pengantar dengan isi : 2 spasi

2.9. Ketentuan Abstrak
a. Abstrak merupakan ringkasan atau inti sari dari proyek akhir.
b. Diketik maksimum dalam 500 kata, dengan huruf Times New Roman
12 pt, single spacing.

8
c. Abstrak disusun dalam dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan
bahasa Inggris. Jika memungkinkan dalam satu halaman.
d. Dibagian bawah abstrak diberikan kata kunci sesuai bahasa yang
digunakan dalam abstrak.
e. Semua istilah asing ditulis dengan italic/cetak miring, kecuali nama.

2.10. Ketentuan Daftar Isi/Daftar Tabel/Daftar Gambar
a. Semua huruf ditulis dengan tipe Times New Roman 12 poin dengan
spasi tunggal (line spacing = single).
b. Khusus untuk judul (daftar isi/tabel/gambar) ditulis dengan Times
New Roman 12 poin, dicetak tebal dan huruf besar (kapital)
c. Jarak antara judul dengan isi adalah 3 spasi.

2.11. Ketentuan Tubuh Makalah
Bagian tubuh/pokok memuat uraian/penjabaran/analisis yang dilakukan
oleh penulis. Penjabaran mencakup pendahuluan, tinjauan pustaka, hasil
dan analisis permasalahan, kesimpulan dan saran.
1. PENDAHULUAN
1.1 Subbab Derajat Kesatu
1.1.1 Subbab Derajat kedua Butir yang Pertama
1.1.2 Subbab Derajat kedua Butir yang Kedua
1.1.2.1 Subbab Derajat ketiga Butir yang Pertama
Tingkatan subbab maksimal 3
a. Setiap bab dimulai pada halaman baru.
b. Judul bab seluruhnya diketik dengan huruf kapital, simetris di tengah
(center), cetak tebal (bold), tanpa garis bawah, tidak diakhiri tanda
titik, dan satu spasi simetris tengah (center), jika lebih dari satu baris.
c. Judul bab selalu diawali dengan kata "BAB" / "CHAPTER".

9
2.12. Ketentuan Penulisan Kutipan
Salah satu bagian penting dalam sebuah proses penelitian adalah studi
literatur (membaca dari berbagai sumber) sesuai dengan topik yang diteliti
untuk menghasilkan ide/analisis baru yang dipresentasikan dalam sebuah
hasil penelitian. Ide atau hasil penelitian orang lain itu harus dituliskan
sebagai kutipan. Informasi lengkap tentang sumber kutipan dituliskan
dalam sebuah daftar yang disebut Daftar Referensi atau Daftar Pustaka.
Format penulisan kutipan harus sama dengan format yang dipakai pada
penulisan daftar referensi. Sebagai contoh, jika penulisan kutipan
menggunakan format American Psychological Association (APA), penulisan
daftar referensi juga harus menggunakan format APA. Dalam makalah
proyek akhir ini menggunakan sistem penulisan referensi APA.

• Penulisan kutipan dalam makalah ini menggunakan sistem
penulisan APA.
• Penulisan kutipan APA style menggunakan format nama belakang
penulis, tahun publikasi, halaman.
• Penulisan "halaman" disingkat dengan huruf "h ". Jika mengutip
dari beberapa halaman, tuliskan rentang halaman. Misalnya: h. 34-
37.
• Jika penulis berjumlah 2 - 3 orang maka penulisannya sbb:
o (Richards, Jones, & Moore, 1998)
o (Richards & Jones, 1998)
• Jika penulis lebih dari 3 orang maka penulisannya sbb:
o (Richards et al., 1998)
• Contoh variasi:
o Kutipan langsung: "Metode gaya APA sangat efektif untuk
menulis kutipan" (Intani, 2022, h. 8).
o Kutipan tidak langsung: "... metode APA sangat efektif dan
sistematis (Intani, 2022), meski metode lain..."

10
2.13. Ketentuan Penulisan Daftar Pustaka
• Penulisan daftar pustaka makalah menggunakan sistem penulisan
referensi APA style dengan format dasar sebagai berikut:
o Nama Penulis/Pengarang (nama belakang diletakkan di
depan, diikuti huruf pertama nama pertama dan kedua) .
(Tahun terbit/publikasi). Judul utama buku: Anak judul buku.
(edisi ke berapa, jika ada). Kota terbit, Negara atau Singkatan
Negara Bagian di Amerika: Penerbit.
o contoh:
§ nama pengarang: Alex Baxter
§ tahun terbit: 2019
§ judul buku: Sistem informasi jaringan
§ kota penerbit: Yogyakarta
§ penerbit: Gramedia
penulisan daftar pustakanya menjadi:
Baxter, A., (2019). Sistem informasi jaringan. Yogyakarta:
Gramedia
o Penulisan isi daftar pustaka diatur rata kanan-kiri (justify
align) dan indentasi hanging/baris kedua menjorok ke dalam.

11
o Apabila referensi diambil dari sumber elektronik/internet, alamat
url dan tanggal akses harus disertakan pada bagian belakang
referensi.
o Baxter, A., (2019). Sistem informasi jaringan. Website Kita. diakses
pada 18 April 2022 https://websitekita.com/.-

2.14. Ketentuan Penulisan Lampiran
a. Nomor dan judul lampiran ditulis di sudut kanan atas halaman (right
aligned) dengan huruf tegak tipe Times New Roman 12 poin.
b. Judul lampiran ditik dalam satu baris menggunakan huruf kapital di
awal kata (title case). Contoh Lampiran A1 Diagram alir kerja
c. Lampiran yang lebih dari satu halaman, pada halaman berikutnya
diberi keterangan “lanjutan” dalam tanda kurung pada sudut kanan
atas halaman (right-aligned).

12
3. FORMAT PENULISAN PROYEK AKHIR
3.1. Halaman Sampul Makalah Proyek Program TIES

(ukuran logo 3 cm x 3 cm)

CEP-CCIT FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS INDONESIA


JUDUL
(TNR 14 pt, single spacing, dicetak tebal dan kapital semua)



MAKALAH PROYEK AKHIR
DATA ANALYTICS PROJECT
(TNR 14 pt, single spacing, dicetak tebal dan kapital semua)


NAMA
NO REGISTRASI


PROGRAM TEKNOLOGI INFORMASI EKONOMI SYARIAH
DEPOK
JANUARI 2022

13
3.2. Halaman Sampul Makalah Proyek Program TI

(ukuran logo 3 cm x 3 cm)

CEP-CCIT FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS INDONESIA


JUDUL
(TNR 14 pt, single spacing, dicetak tebal dan kapital semua)



MAKALAH PROYEK AKHIR
SOFTWARE ENGINE ERING
(TNR 14 pt, single spacing, dicetak tebal dan kapital semua)


NAMA
NO REGISTRASI


PROGRAM TEKNOLOGI INFORMASI
SOFTWARE ENGINEERING
DEPOK
JANUARI 2022
TI SE/WD : SOFTWARE
ENGINEERING
TI ISA : INTEGRATED SYSTEM
SE: SOFTWARE ENGINEE RING
WD: WEB DEVELOPMENT
ISA: INTERNET-BASED
SYSTEM AUTOMATION

14
3.3. Halaman judul

(ukuran logo 3 cm x 3 cm)

CEP-CCIT FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS INDONESIA


JUDUL
(TNR 14 pt, single spacing, dicetak tebal dan kapital semua)


MAKALAH PROYEK AKHIR
DATA ANALYTICS PROJECT
(TNR 14 pt, single spacing, dicetak tebal dan kapital semua)

Diajukan sebagai salah satu syarat kelulusan dari Program Profesional
2 Tahun Bidang Teknologi Informasi CEP-CCIT FTUI

NAMA
NO REGISTRASI

PROGRAM TEKNOLOGI INFORMASI
SOFTWARE ENGINEERING
DEPOK
JANUARI 2022
TI SE/WD : SOFTWARE
ENGINEERING
TI ISA : INTEGRATED SYSTEM
SE: SOFTWARE ENGINEE RING
WD: WEB DEVELOPMENT
ISA: INTERNET-BASED
SYSTEM AUTOMATION

15
3.4. Halaman Pernyataan Orisinalitas
(TNR 12 pt)


HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS

Makalah Proyek akhir Data Analytics ini adalah hasil karya saya sendiri,
dan semua sumber baik yang dikutip maupun dirujuk
telah saya nyatakan dengan benar.


Nama :............................................
No registrasi :.............................................
Tanda tangan : .............................................
Tanggal : .............................................
TI SE/WD: Software
Engineering
TI ISA : Integrated System

16
3.5. Halaman Pengesahan


HALAMAN PENGESAHAN

Makalah ini diajukan oleh :
Nama :
No registrasi :
Program Studi :
Judul Makalah :

Telah berhasil dipertahankan di hadapan Penguji dan diterima sebagai bagian
persyaratan yang diperlukan untuk memenuhi syarat kelulusan pada Program
Profesional 2 Tahun Bidang Teknologi Informasi, CEP-CCIT FTUI.


PENGUJI
Pembimbing : (....tanda tangan...)
Penguji : (.....tanda tangan...)




Ditetapkan di :
Tanggal :

17
3.6. Kata Pengantar

KATA PENGANTAR/UCAPAN TERIMA KASIH
Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmat-
Nya, saya dapat menyelesaikan makalah ini. Penulisan makalah ini dilakukan dalam rangka
memenuhi salah satu syarat kelulusan pada program Teknologi Informasi Ekonomi Syariah
CEP-CCIT FTUI. Saya menyadari bahwa, tanpa bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak,
dari masa perkuliahan sampai pada penyusunan makalah ini, sangatlah sulit bagi saya untuk
menyelesaikan makalah ini. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih kepada:
1. (1) Drs. A, selaku dosen pembimbing yang telah menyediakan waktu, tenaga, dan
pikiran untuk mengarahkan saya dalam penyusunan makalah ini;
2. (2) pihak X Company yang telah banyak membantu dalam usaha memperoleh data
yang saya perlukan;
3. (3) orang tua dan keluarga saya yang telah memberikan bantuan dukungan material
dan moral; dan
4. (4) sahabat yang telah banyak membantu saya dalam menyelesaikan makalah ini.
Akhir kata, saya berharap Tuhan Yang Maha Esa berkenan membalas segala kebaikan semua
pihak yang telah membantu. Semoga makalah ini membawa manfaat bagi pengembangan
ilmu.

Depok, 20 Juni 2017
Penulis

18
3.7. Abstrak
ABSTRAK

Nama :
No registrasi :
Judul :
Pembimbing :

Tesis ini membahas kemampuan mahasiswa Fakultas Psikologi UI dalam mencari dan
menggunakan informasi secara efektif dalam konteks active learning dan self-regulated
learning selama mereka mengikuti Program Pendidikan Dasar Pendidikan Tinggi. Penelitian
ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyarankan bahwa
perpustakaan perlu dilibatkan dalam pengembangan kurikulum; materi pendidikan pemakai
perpustakaan harus dikembangkan sesuai dengan komponen- komponen yang ada dalam
information literacy; perpustakaan juga harus menyediakan sarana dan fasilitas yang
mendukung peningkatan literacy mahasiswa.
Katakunci:
Informasi, information literacy, information skills


ABSTRACT
Name :
Registration no. :
Title :
Counsellor :

The focus of this study is the freshman student of Faculty of Psychology at University of
Indonesia experience of acquiring, evaluating and using information, when they enroll in
“Program Dasar Pendidikan Tinggi (PDPT)”. The purpose of this study is to understand how
freshman students acquire, evaluate and use information. Knowing this will allow library to
identify changes should be made to improve user education program at University of
Indonesia. This research is qualitative descriptive interpretive. The data were collected by
means of deep interview. The researcher suggests that library should improve the user
education program and provide facilities which can help students to be information literate.

Keywords:
Information literacy, information skills, information

19
3.8. Daftar isi
DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL ............................................................................................... i
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS ..................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN ................................................................................... iii
KATA PENGANTAR ............................................................................................ ... iv
ABSTRAK ............................................................................................................... vii
ABSTRACT ............................................................................................................ viii
DAFTAR ISI ............................................................................................................. ix
DAFTAR GAMBAR ................................................................................................. xi
DAFTAR TABEL ...................................................................................................... xi
DAFTAR LAMPIRAN ............................................................................................. xii

1. PENDAHULUAN .............................................................................................. 1
2.1 Latar Belakang ........................................................................................... 5

2. TINJAUAN PUSTAKA ......................................................................................... 5
2.1 Zat Besi ....................................................................................................... 5
2.1.1 Sumber Zat Besi dalam Makanan ..................................................... 5
2.1.2 Penyerapan Zat Besi ......................................................................... 6
2.1.2.1 Fase Luminal...................................................................... 7

3. HASIL DAN ANALISIS PERMASALAHAN .................................................. 20
3.1 Hasil ............................................................................................................ 20

4. KESIMPULAN DAN SARAN ............................................................................ 29
4.1 Kesimpulan ................................................................................................. 29
4.2 Saran ........................................................................................................... 33

DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................. 45

LAMPIRAN ............................................................................................................. A1

20
3.9. Daftar Gambar

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1.3 Penyerapan Zat Besi .............................................................. 6
Gambar 2.2.1.4 Struktur NaFeEDTA .............................................................. 14
Gambar 2.4 Tikus Putih (Rattus norvegicus) ............................................ 17
Gambar 2.5 Komponen pada AAS ............................................................ 19
Gambar 4.1.1 Diagram Batang Rerata Kadar Zat Besi (Fe) Awal (t0)......... 30
Gambar 4.1.2 Diagram Batang Rerata Kadar Zat Besi (Fe) Akhir (t21)....... 32


3.10. Daftar Tabel

DAFTAR TABEL


Tabel 2.1.4 Faktor-Faktor yang Meningkatkan dan Menghambat
Penyerapan Zat Besi .......................................................

9
Tabel 2.3 Kandungan Gizi Susu Kedelai per 100 gram ................. 15
Tabel 3.3.3 (1) Komposisi Nutrisi Pakan Hewan Uji .............................. 22
Tabel 3.3.3 (2) Bahan Dasar Pakan Hewan Uji ....................................... 22
Tabel 4.1.1 Kadar Zat Besi Darah Awal (t0) ..................................... 29
Tabel 4.1.2 Kada Zat Besi Darah Akhir (t21) .................................... 31

21
4. PROSEDUR PENGUMPULAN PROYEK AKHIR

4.1. Ketentuan Pengunggahan Digital
a. Naskah digital diunggah melalui portal pengumpulan syarat kelulusan
CEP-CCIT FTUI : http://bit.ly/syaratkelulusanccitftui
b. Isi naskah digital harus sesuai dengan naskah tercetak yang telah
disetujui oleh pembimbing dan penguji.
c. Format naskah digital harus dalam bentuk file .pdf tanpa enkripsi.
d. Naskah digital tidak boleh diberikan watermark.
e. Dokumen naskah lengkap karya ilmiah, berisi teks lengkap dari
halaman judul sampai dengan lampiran.
f. Halaman yang bertanda tangan yaitu: Halaman Pernyataan
Orisinalitas, dan Halaman Pengesahan, harus dipindai satu halaman
utuh, bukan merupakan hasil cropping dan bukan hasil foto.
g. Dokumen naskah lengkap, penamaannya terdiri atas nama penulis,
jenis karya (Data Analytics Project/Proyek Magang), singkatan nama
program dan tahun lulus. Contoh: Nurintan Cynthia Tyasmara-Data
Analytics Project-TIES-2023.pdf .

22
5. ALUR PENGAJUAN PROYEK AKHIR
5.1. Bagan Alir Proyek Akhir Data Analytics Program TIES

23
5.2. Bagan Alir Proyek Akhir Data Analytics Program TI

24

6. FORMULIR KONSULTASI BIMBINGAN
6.1. Formulir Konsultasi Proyek Akhir Program TIES
Formulir konsultasi bimbingan program TIES dapat diunduh melalui:
http://ccit.eng.ui.ac.id/wp-content/uploads/2023/07/REV01 -FORMULIR-
KONSULTASI-BIS-REV-EY.pdf

25
6.2. Formulir Konsultasi Proyek Akhir Program TI
Formulir konsultasi bimbingan program TIES dapat diunduh melalui:
http://ccit.eng.ui.ac.id/wp-content/uploads/2023/07/REV01-FORMULIR-
KONSULTASI-PROYEK-AKHIR-PROGRAM-TI-REV-EY.pdf

26
7. PENILAIAN PROYEK AKHIR
7.1. Penilaian Proyek Akhir Program TIES
Evaluasi hasil pengerjaan proyek akhir Data Analytics dinilai dari
dua aspek nilai yaitu nilai teori dan nilai proyek. Adapun
komponen penilaian masing-masing nilai dijabarkan pada tabel di
bawah ini.



7.2. Penilaian Proyek Akhir Program TI
Adapun hasil evaluasi pengerjaan proyek akhir bagi Program TI SE, WD, dan
ISA dinilai sebagai nilai proyek. Komponen penilaiannya adalah
sebagai berikut.

27




7.3. Lembar Penilaian Proyek Akhir oleh Narasumber Magang
Lembar penilaian proyek akhir oleh narasumber magang dapat diunduh di:
1. Lembar program TIES: http://ccit.eng.ui.ac.id/wp-
content/uploads/2023/07/REV01 -FORMULIR-LEMBAR-PENILAIAN-
NARASUMBER -MAGANG-PROYEK-DATA-ANALYTICS-REV-EY.pdf
2. Lembar program TI SE: http://ccit.eng.ui.ac.id/wp-
content/uploads/2023/07/REV01 -FORMULIR-LEMBAR-PENILAIAN-
NARASUMBER -MAGANG-PROYEK-AKHIR-SOFTWARE-
ENGINEERING-REV-EY.pdf

28
3. Lembar program TI WD: http://ccit.eng.ui.ac.id/wp-
content/uploads/2023/07/REV01 -FORMULIR-LEMBAR-PENILAIAN-
NARASUMBER -MAGANG-PROYEK-AKHIR-WEB-DEVELOPMENT -
REV-EY.pdf
4. Lembar program TI ISA: http://ccit.eng.ui.ac.id/wp-
content/uploads/2023/07/REV01 -FORMULIR-LEMBAR-PENILAIAN-
NARASUMBER -MAGANG-PROYEK-AKHIR-INTEGRATED-SYSTEM-
REV-EY.pdf

29
8. NARAHUBUNG STAF ADMINISTRASI AKADEMIK
Apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut silakan konsultasikan dengan:

1. Devi Sulistiorini, A,Md. : 0813 - 1579 - 8708
2. Shindy Reviantina, S.Sos. : 0857 - 1608 - 6859
3. Rohmad Joni Pranoto, S.Si. : 0838 - 9934 - 1931

2023
HUBUNGI KAMI:
CEP-CCIT FTUI
Engineering Center Lt. 1
Fakultas Teknik
Universitas Indonesia
Depok 16424
Phone. (021)-7884-9047 / 786-3508
Email: [email protected]