PENGANTAR
PENELITIAN
KUANTITATIF

PENGANTAR
PENELITIAN
KUANTITATIF
IMAM GUNAWAN, S.Pd., M.Pd
Universitas Negeri Malang
Anggota IKAPI No. 059 / JTI / 89
Anggota APPTI No. 002.103.1.09.2019
Jl. Semarang 5 (Jl. Gombong 1) Malang, Kode Pos 65145
Telp. (0341) 562391, 551312 psw 453

• Hak cipta yang dilindungi:
Undang-undang pada : Pengarang
Hak Penerbitan pada : Universitas Negeri Malang
Dicetak oleh : Universitas Negeri Malang
Dilarang mengutip atau memperbanyak dalam bentuk apapun
tanpa izin tertulis dari penulis. Isi diluar tanggung jawab Penerbit.
• Universitas Negeri Malang
Anggota IKAPI No. 059 / JTI / 89
Anggota APPTI No. 002.103.1.09.2019
Jl. Semarang 5 (Jl. Gombong 1) Malang, Kode Pos 65145
Telp. (0341) 562391, 551312 psw 453

• Cetakan I : 2019
Gunawan, Imam.
Pengantar Penelitian Kuantitatif– Oleh: Imam Gunawan –Cet. I–
Universitas Negeri Malang, 2019.
xiv, 278 hlm; 15,5 x 23 cm
ISBN: 978-602-470-154-3
Pengantar Penelitian Kualitatif
Imam Gunawan, S.Pd., M.Pd

Layout & Cover : Nia Windyaningrum, S.Sn

v
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, penulis dapat
menyelesaikan buku dengan judul Pengantar Penelitian Kuantitatif.
Penelitian merupakan proses yang digunakan untuk mengumpulkan
dan menganalisis informasi guna meningkatkan pemahaman pada suatu
topik. Penelitian adalah usaha mendapatkan kebenaran dalam masalah
dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Kegiatan penelitian
merupakan kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh seorang peneliti untuk
meningkatkan pemahaman suatu peristiwa melalui proses pengumpulan
data.
Metodologi penelitian kuantitatif memusatkan perhatiannya pada
gejala-gejala yang mempunyai karakteristik tertentu dalam kehidupan
manusia, yang dinamakan variabel. Landasan berpikir pendekatan
kuantitatif adalah filsafat positivisme. Pandangan filsafat positivisme
adalah bahwa tindakan-tindakan manusia terwujud dalam gejala-
gejala sosial yang disebut fakta-fakta sosial. Fakta-fakta sosial tersebut
harus dipelajari secara obyektif, yaitu dengan memandangnya sebagai
“benda,” seperti benda dalam ilmu pengetahuan alam.
Caranya dengan melakukan observasi atau mengamati fakta sosial
untuk melihat kecenderungan-kecenderungannya, menghubungkan
dengan fakta-fakta sosial lainnya, dengan demikian kecenderungan-
kecenderungan suatu fakta sosial tersebut dapat diidentifikasi. Buku ini
terdiri dari 15 bab yang membahas tentang: (1) konsep dasar penelitian; (2)
variabel penelitian; (3) mengidentifikasi permasalahan dan merumuskan
hipotesis penelitian; (4) penetapan tujuan dan pertanyaan penelitian;
(5) literatur review; (6) skala pengukuran data penelitian kuantitatif; (7)
desain penelitian; (8) pemilihan sampel; (9) instrumen penelitian; (10)
validitas dan reliabilitas instrumen penelitian; (11) penelitian kuantitatif
noneksperimen; (12) penelitian kuantitatif eksperimental; (13) analisis
data penelitian kuantitatif; (14) menyusun laporan penelitian; dan (15)
menyusun artikel hasil penelitian.

vi
Akhirnya buku ini mudahan-mudahan dapat bermanfaat bagi para
pembaca dan berkontribusi positif terhadap pengembangan ilmu
pengetahuan.
Malang, Juli 2019
Imam Gunawan

vii
DAFTAR ISI
Kata Pengantar .................................................... v
Daftar Isi ............................................................ vii
Daftar Tabel ........................................................ xi
Daftar Gambar ..................................................... xi
Daftar Lampiran ................................................... xii
BAB I KONSEP DASAR PENELITIAN .......................... 1
Topik Pembahasan ....................................... 1
A. Pengertian Penelitian ............................... 2
B. Pengertian Berpikir Logis ........................... 3
C. Perbedaan Metode Penelitian dan Metodologi
Penelitian ............................................. 7
D. Manfaat Metodologi Penelitian .................... 9
E. Jenis-Jenis Penelitian ............................... 10
F. Tahapan Melakukan Penelitian ..................... 13
Latihan Soal .............................................. 17
BAB II VARIABEL PENELITIAN ................................. 19
Topik Pembahasan ....................................... 19
A. Pengertian Penelitian ............................... 20
B. Jenis-Jenis Variabel Penelitian .................... 22
C. Pengukuran Variabel Penelitian .................... 23
Latihan Soal .............................................. 25
BAB III MENGIDENTIFIKASI PERMASALAHAN DAN MERUMUSKAN
HIPOTESIS PENELITIAN ................................ 27
Topik Pembahasan ....................................... 27
A. Identifikasi Dan Perumusan Masalah .............. 28
B. Langkah-Langkah Perumusan Masalah ............ 32
C. Hipotesis Penelitian ................................. 37
Latihan Soal .............................................. 41

viii
BAB IV PENETAPAN TUJUAN DAN PERTANYAAN PENELITIAN 43
Topik Pembahasan ....................................... 43
A. Pengertian Tujuan Penelitian ....................... 44
B. Cara Menyusun Tujuan Penelitian ................. 45
C. Pertanyaan Penelitian ............................... 46
Latihan Soal .............................................. 48
BAB V LITERATUR REVIEW ..................................... 49
Topik Pembahasan ....................................... 49
A. Pengertian Literatur Review ....................... 50
B. Manfaat Literatur Review .......................... 52
C. Langkah-Langkah Literatur Review ............... 53
D. Sumber-Sumber Literatur Review ................. 56
E. Sitasi ................................................... 57
Latihan Soal .............................................. 66
BAB VI SKALA PENGUKURAN DATA ........................... 67
Topik Pembahasan ...................................... 67
A. Pengertian Skala Pengukuran Data ................ 68
B. Jenis-Jenis Skala Pengukuran Data ................ 70
C. Karakteristik Skala Pengukuran Data ............. 78
Latihan Soal .............................................. 79
BAB VII DESAIN PENELITIAN .................................... 81
Topik Pembahasan ...................................... 81
A. Tipe-Tipe Desain Penelitian ........................ 82
B. Penelitian Eksperimental ........................... 84
C. Quasi Eksperimental ................................ 86
D. Penelitian Kausalitas-Komparatif ................. 86
E. Penelitian Korelasional ............................. 88
F. Penelitian Survei ..................................... 90
G. Penelitian Tindakan ................................. 92
H. Penelitian Etnografi ................................. 93
I. Penelitian Studi Kasus .............................. 95
Latihan Soal .............................................. 96
BAB VIII PEMILIHAN SAMPEL .................................... 97
Topik Pembahasan ...................................... 97

ix
A. Pengertian Sampel .................................. 98
B. Teknik-Teknik Pengambilan Sampel ............... 99
C. Metode Pemilihan Sampel Probabilitas ........... 101
D. Metode Pemilihan Sampel Nonprobabilitas ...... 106
Latihan Soal .............................................. 109
BAB IX INSTRUMEN PENELITIAN ............................... 111
Topik Pembahasan ....................................... 111
A. Instrumen Penelitian ................................ 112
B. Wawancara ............................................ 113
C. Kuesioner .............................................. 117
D. Observasi .............................................. 126
Latihan Soal .............................................. 135
BAB X VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN PENELITIAN 137
Topik Pembahasan ....................................... 137
A. Pengertian Validitas Dan Reliabilitas ............. 138
B. Validitas Empirik ..................................... 143
C. Validitas Konstruk .................................... 145
D. Validitas Kriteria ..................................... 148
E. Jenis-Jenis Reliabilitas .............................. 149
Latihan Soal .............................................. 158
BAB XI PENELITIAN KUANTITATIF NONEKSPERIMEN ....... 161
Topik Pembahasan ....................................... 161
A. Konsep Dasar Penelitian Kuantitatif Noneksperimental 162
B. Penelitian Deskriptif ................................ 163
C. Penelitian Komparatif ............................... 168
D. Penelitian Asosiatif .................................. 170
E. Penelitian Kausalitas ................................ 172
F. Perbandingan Penelitian Kausalitas, Komparatif,
Korelasional, dan Eksperimental .................. 173
G. Bentuk Rumusan Masalah Penelitian .............. 174
Latihan Soal .............................................. 176
BAB XII PENELITIAN KUANTITATIF EKSPERIMEN ............ 177
Topik Pembahasan ....................................... 177
A. Sejarah dan Pengertian Penelitian Kuantitatif
Eksperimen ........................................... 178

x
B. Karakteristik Penelitian Kuantitatif Eksperimental 183
C. Validitas Penelitian Kuantitatif Eksperimental .. 185
D. Tahapan Penelitian Kuantitatif Eksperimental .. 190
E. Bentuk Desain Penelitian Kuantitatif Eksperimental 191
Latihan Soal .............................................. 196
BAB XIII ANALISIS DATA PENELITIAN KUANTITATIF .......... 197
Topik Pembahasan ...................................... 197
A. Proses Analisis Data Penelitian Kuantitatif ...... 198
B. Perumusan Masalah Dalam Penelitian Kuantitatif 199
C. Variabel dan Data Penelitian ....................... 203
D. Macam-Macam Data Variabel ...................... 204
E. Validitas dan Reliabilitas Dalam Penelitian Kuantitatif 206
F. Jenis Data ............................................ 207
G. Penyajian Data ....................................... 209
H. Pengukuran Tendensi Pusat ........................ 211
I. Distribusi Kecondongan Dan Distribusi Normal .. 213
J. Analisis Data Kuantitatif ............................ 214
Latihan Soal .............................................. 219
BAB XIV MENYUSUN LAPORAN PENELITIAN .................. 221
Topik Pembahasan ...................................... 221
A. Struktur Penulisan ................................... 222
B. Proses Menulis ........................................ 228
C. Penyusunan Laporan Penelitian ................... 230
Latihan Soal .............................................. 238
BAB XV MENYUSUN ARTIKEL HASIL PENELITIAN ............ 241
Topik Pembahasan ...................................... 241
A. Komponen Dan Teknik Penulisan Artikel Ilmiah .. 242
B. Petunjuk Bagi Calon Penulis ....................... 246
C. Daftar Pustaka / Rujukan .......................... 247
Latihan Soal .............................................. 249
Daftar Rujukan ..................................................... 251
Riwayat Penulis ................................................... 277

xi
DAFTAR TABEL
Tabel 3.1 Empat Kombinasi Jawaban Berdasarkan Hipotesis
yang Diajukan .......................................... 39
Tabel 5.1 Chicago Citation Style ................................ 60
Tabel 6.1 Perbedaan Skala Pengukuran ........................ 70
Tabel 6.2 Contoh Data dengan Skala Nominal ................. 71
Tabel 6.3 Contoh Data dengan Skala Ordinal .................. 72
Tabel 6.4 Contoh Data dengan Skala Interval ................. 74
Tabel 6.5 Contoh Data dengan Skala Interval ................. 75
Tabel 6.6 Contoh Data dengan Skala Rasio .................... 77
Tabel 6.7 Karakteristik Skala Pengukuran ...................... 78
Tabel 9.1 Struktur Data Mengukur Validitas .................... 120
Tabel 10.1 Metode untuk Mengestimasi Reliabilitas Skor Tes 142
Tabel 10.2 Contoh Koefisien Korelasi yang Tinggi ............. 151
Tabel 10.3 Contoh Menghitung Reliabilitas KR-20 ............ 157
Tabel 13.1 Jenis Data .............................................. 205
Tabel 13.2 Jenis Skala Pengukuran .............................. 205
Tabel 13.3 Peserta Kursus Komputer ............................ 215
Tabel 13.4 Perhitungan Uji t ..................................... 218
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1.1 Alur Berpikir Deduktif .............................. 5
Gambar 1.2 Alur Berpikir Induktif ............................... 7
Gambar 1.3 Tahapan Melakukan Penelitian Ilmiah ............ 13
Gambar 3.1 Langkah-langkah Perumusan Masalah Penelitian 29
Gambar 3.2 Hubungan Komponen untuk Mengidentifikasi
Permasalahan Penelitian ........................... 33
Gambar 3.3 Grafik Tipe Kesalahan I ............................. 39

xii
Gambar 3.4 Grafik Tipe Kesalahan II ............................ 39
Gambar 3.5 Grafik Kekuatan Hipotesis Penelitian ............ 40
Gambar 5.1 Siklus Literatur Ilmiah ............................. 56
Gambar 7.1 Macam-macam Desain Penelitian ................ 83
Gambar 8.1 Relasi Sampel dengan Populasi ................... 100
Gambar 8.2 Pengambilan Sampel terhadap Sekelompok
Mahasiswa ............................................ 101
Gambar 8.3 Pengambilan Sampel Acak Sederhana
(Simple Random Sampling) ........................ 102
Gambar 8.4 Pemilihan Sampel dengan Menggunakan Tabel Acak 103
Gambar 8.5 Pemilihan Systematic Sampling (Sampel secara
Sistematis) ........................................... 104
Gambar 8.6 Pemilihan Sampel Stratified Sampling ........... 105
Gambar 8.7 Pemilihan Sampel Klaster ......................... 105
Gambar 8.8 Pemilihan Sampel Convenience Sampling ...... 106
Gambar 8.9 Pemilihan Sampel Snowball Sampling ........... 108
Gambar 12.1 One-Shot Case Study ............................. 192
Gambar 12.2 One-Group Pretest-Posttest ..................... 192
Gambar 12.3 Intact-Group Comparison ........................ 193
Gambar 12.4 Posttest-only Control Design .................... 194
Gambar 12.5 Pretest-Posttest Control Group Design ........ 194
Gambar 12.6 Factorial Design ................................... 194
Gambar 12.7 Time Series Design ................................ 195
Gambar 12.8 Nonequivalent Control Group ................... 195
Gambar 13.1 Komponen dan Proses Penelitian Kuantitatif .. 199
Gambar 13.2 Prosedur Analisis Data ............................ 209
Gambar 13.3 Histogram Frekuensi Data Hasil Tes Matakuliah
Statistika ............................................ 211
Gambar 13.4 Grafik Garis Data Hasil Tes matakuliah Statistika 211
Gambar 13.5 Bentuk-bentuk Distribusi Data .................. 214
Gambar 14.1 Proses Menulis Karya Ilmiah ..................... 231

xiii
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 Artikel Penelitian Deskriptif ....................... 259
Lampiran 2 Artikel Penelitian Kausalitas ....................... 267
Lampiran 3 Tabel Penggunaan Statistika untuk Menguji Hipotesis 275

251
DAFTAR RUJUKAN
Anastasi, A., dan Urbina, S. 1988. Psychological Testing. New York:
Prentice-Hall.
Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arifin, Z. 2014. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi
Aksara.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis.
Jakarta: Rineka Cipta.
Ary, D., Jacobs, L. D., dan Razavieh, A. 1991. Pengantar Penelitian
dalam Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. Surabaya: Usaha
Nasional.
Azwar, S. 1988. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta:
Liberty.
Azwar, S. 2003. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yokyakarta:
Pustaka Pelajar.
Bafadal, I., Juharyanto, Nurabadi, A., dan Gunawan, I. 2018. Pengaruh
Kepemimpinan Pembelajaran, Kepemimpinan Perubahan, dan
Kepemimpinan Spiritual yang Diterapkan di Sekolah terhadap
Kualitas Kinerja dan Hasil Belajar (Output) pada Sekolah Dasar di
Malang Raya. Laporan penelitian tidak diterbitkan. Malang: LP2M
Universitas Negeri Malang.
Bernstein, S., dan Bernstein, R. 1999. Scaum’s Outline of Theory and
Problem of Elements of Statistics I: Statisctics and Propbability.
New York: McGraw-Hill.
Borzyszkowski, A. M., dan Sokołowski, S. 1993. A Characterization
of Sturmian Morphisms. Mathematical Foundations of Computer
Science 1993. 18th International Symposium, MFCS’93 Gdańsk,
Poland, 30 Agustus – 3 September 1993, Proceedings, Lecture Notes
in Computer Science, 711, hlm. 281-290.

252
Bungin, B. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi
Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-imu Sosial Lainnya.
Jakarta: Prenada Media Group.
Bungin, B. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Komunikasi,
Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya.
Jakarta: Kencana.
Busha, C. P., dan Harter, S. P. 2016. Research Methods in Librarianship.
New York: Academic Press.
Danandjaja. 2012. Metodologi Penelitian Sosial: Disertai Aplikasi SPSS
for Windows. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Darmawan, D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Darmawan, D. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Dharma, S. 2008. Pendekatan, Jenis, dan Metode Penelitian Pendidikan,
(Online), (staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian%20
pendidikan.pdf), diakses 11 Juni 2018.
Dharmmesta, dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern .
Yogyakarta: Liberty.
Dermawan, D. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Djaali. 2000. Pengukuran dalam Pendidikan. Jakarta: Program
Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
Djaali, dan Muljono, P. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan.
Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.
Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif.
Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif.
Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Fauzi, M. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif. Semarang: Walisongo
Press.
Gay, L. R. 1981. Educational Research: Competencies for Analysis and
Application. New York: Pearson.
Ghufron, A. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif, (Online), (http://
staff.uny.ac.id/sites/default/files/hand%20out%20metode%20
penelitian%20kuantitatif.pdf), diakses 4 Mei 2018.

253
Gulo, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Grasindo.
Gulo, W. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.
Gunawan, I. 2013. Statistika untuk Kependidikan Sekolah Dasar.
Yogyakarta: Penerbit Ombak Yogyakarta.
Gunawan, I. 2016. Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: Rajawali
Pers.
Gunawan, I. 2017. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik.
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Gunawan, I., Kusumaningrum, D. E., Triwiyanto, T., Zulkarnain, W.,
dan Nurabadi, A. 2018. Pengaruh Kurikulum Tersembunyi dan
Pembentukan Karakter terhadap Motivasi Diri Mahasiswa Ormawa
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Laporan
penelitian tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang.
Hadi, S. 1995. Metodologi Research untuk Penulisan Paper, Skripsi,
Tesis, dan Disertasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Hadi, S., Gunawan, I., dan Dalle, J. 2018. Statistika Inferensial: Teori
dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Hakim, A. 2010. Statistika Deskriptif untuk Ekonomi dan Bisnis.
Yogyakarta: Ekonisia.
Hamdi, S. A., dan Bahruddin, E. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif
Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Harris, M., dan Johnson, O. 2018. Cultural Anthropology. Needham
Heights, MA: Allyn and Bacon.
Hasibuan, Z. A. 2007. Metodologi Penelitian pada Bidang Ilmu Komputer
dan Teknologi Informasi: Konsep, Teknik, dan Aplikasi. Jakarta:
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.
Hayon, Y. P. 2017. Logika: Prinsip-prinsip Bernalar Tepat, Lurus, dan
Teratur. Jakarta: Institut Sains dan Teknologi Nasional.
IEEE. 2018. IEEE Citation Style Guide, (Online), (http://www.ijssst.info/
info/IEEE-Citation-StyleGuide.pdf), diakses 23 Mei 2018.
Jogiyanto. 1990. Statistik dengan Program Komputer. Yogyakarta: Andi
Offset.
Kaur, S. 2013. Variabels in Research. Samarpan Institute of Nursing
Sciences, 3(4), 36-38.

254
Keraf, G. 1994. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.
Keraf, G. 2014. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.
Kerlinger, F. N. 2018. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Terjemahan oleh
Landung R. Simatupang. 2006. Yogyakarta: UGM Press.
Khalid, K. 2012. Get Along with Quantitative Research Process.
International Journal of Research in Management, 2(2), 20-33.
Kusaeri, dan Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., dan Gunawan, I. 2017.
Pengembangan Model Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Sekolah
Menengah Pertama Berbasis Pesantren dengan Pendekatan Soft
System Methodology. Laporan penelitian Tahun I tidak diterbitkan.
Malang: LP2M Universitas Negeri Malang.
Maisyaroh, Mustiningsih, dan Kusumaningrum, D. E. 2015. Pengembangan
Model Manajemen Partisipasi Masyarakat Sekolah Menengah
Pertama Berbasis Pesantren di Jawa Timur. Laporan penelitian
tidak diterbitkan. Malang: LP2M Universitas Negeri Malang.
Martono, N. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Matondang, Z. 2009. Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen
Penelitian, (Online), (digilib.unimed.ac.id/), diakses 11 Juni 2018.
Moleong, L. J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Mukhadis, A. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif Bidang Pendidikan
dan Contoh Aplikasinya. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Munawaroh. 2013. Panduan Memahami Metodologi Penelitian. Malang:
Intimedia.
Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nazir, M. 2011. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nazir, M. 2013. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Neolaka, A. 2014. Metode Penelitian dan Statistik. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya
Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Nur, M. 1987. Teori Tes. Surabaya: IKIP Surabaya.

255
Nurkancana, W. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Nursalam. 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Ilmu Keperawatan:
Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan.
Jakarta: Salemba Medika.
Patton, M. Q. 2016. Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Porta, M. 2008. A Dictionary of Epidemiology. New York: Oxford
University Press.
Purdue. 2018. Research and Citation Resources, (Online), (https://owl.
purdue.edu/owl/research_and_citation/resources.html), diakses 2
Juli 2018.
Purwanto. 2010. Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan.Yogyakarta:
Pustaka Belajar.
Qurtubi, A. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Tangerang: PT
Bintang Harapan Sejahtera.
Saunders, M., Lewis, P., dan Thornhill, A. 2012. Research Methods for
Business Students. New York: Pearson Education Limited.
Sekaran, U. 2003. Research Methods for Business: A Skill-Building
Approach. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Singh, S. 2018. Sampling Techniques, (Online), (https://towardsdatascience.
com/sampling-techniques-a4e34111d808), diakses 2 Mei 2018.
Singarimbun, M., dan Effendi, S. 1991. Metode Penelitian Survai.
Jakarta: LP3ES.
Sitorus, M. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Medan: IAIN Press.
Spradley, J. P. 2013. The Ethnographic Interview. New York: Rinehart
and Winston.
Sudijono, A. 1991. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Sudijono, A. 2003. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Sudjana, N. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Sugiyanto. 2009. Manipulasi: Karakteristik Eksperimen, (Online), (https://
jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/download/11486/8550),
diakses 11 Juni 2018.
Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

256
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugono, D. 2017. Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Puspa Swara.
Sukardi. 2008a. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya.
Jakarta: Bumi Aksara.
Sukardi. 2008b. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan
Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata, N. S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, N. S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Suminah, Gunawan, I., dan Murdiyah, S. 2017. Peningkatan Hasil Belajar
dan Motivasi Belajar Siswa melalui Pendekatan Behavior Modification
di Kelas V SD Laboratorium UM Kota Blitar. Laporan penelitian tidak
diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Malang.
Surapranata, S. 2004. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi
Hasil Tes. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryobroto, S. 1984. Pembimbing ke Psikodiagnostik. Surabaya: Andi Offset.
Sutadji, S. 1997. Studi Kausal-Komparatif. Buletin Psikologi, (Online),
(https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/download/13
555/9724&ved=2ahukewis-ehxwcldahwhly8khcbubomqfjacegqicb
ab&usg=aovvaw2yecbaib-z9puc4_5sbu6b&cshid=1537203949383 ),
diakses 4 Mei 2018.
Suwanda. 2011. Desain Eksperimen untuk Penelitian Ilmiah. Bandung:
Alfabeta.
Tan, W. 2012. Practical Research Methods. Singapore: Pearson Education
Asia.

257
Teguh, M. 2001. Metodologi Penelitian Ekonomi: Teori dan Aplikasi.
Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
The Ohio State University. 2018. Chicago Manual of Style, (Online),
(https://library.osu.edu/documents/english/FINALlibrary_CMS.
pdf), diakses 12 April 2018.
Uhar, S. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan
Tindakan. Bandung: Refika Aditama.
Uma, S. 2017. Research Method for Business: A Skill Building Approach.
New York: John Wiley and Sons, Inc.
Umar, H. 2012. Penelitian Kuantitatif, (Online), (http://www.kopertis3.
or.id/html/wp-content/uploads/2012/05/peneitian-kuantitatif-
kopertis.pdf), diakses 15 Juni 2018.
Yusuf, M. A. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan
Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Widarto. 2013. Penelitian Ex Post Facto, (Online), (http://staff.uny.
ac.id/sites/default/files/pengabdian/dr-widarto-mpd/8penelitian-
ex-post-facto.pdf), diakses 4 Mei 2018.
Wardhoyo, W. 2006. Pengukuran Variabel. Bina Ekonomi, 9(1), 15-23.
Widoyoko, E. P. 2009.Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis
bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiersma, W. 2015. Research Methods in Education: An Introduction.
Boston: Allyn and Bacon.
Wikipedia. 2015. Penalaran, (Online), (https://id.wikipedia.org/wiki/
Penalaran), diakses 21 Mei 2015.
Wikipedia. 2017. Metode Ilmiah, (Online), (http://id.wikipedia.org/
wiki/Metode_ilmiah), diakses 22 Juli 2017.
Winarno, S. 2004. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, dan
Teknik. Bandung: Tarsito.
Wiyono, B. B. 2007. Metodologi Penelitian: Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan Action Research. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang.
Zulgaran. 2013. Metode Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Graha
Ilmu.
Zuriah, N. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta:
Bumi Aksara.

277
RIWAYAT PENULIS
Imam Gunawan adalah Dosen Jurusan Administrasi
Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Malang. Lulus Sarjana Jurusan Administrasi Pendidikan
di Universitas Negeri Malang Tahun 2007 dan Magister
Manajemen Pendidikan di Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin Tahun 2010. Pengalaman mengajar dimulai
pada salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Madiun
selama 3 tahun.
Matakuliah yang pernah diampu ialah Manajemen Sumber Daya
Manusia; Manajemen Sarana dan Prasarana; Manajemen Hubungan
Masyarakat; Manajemen Kelas; Kepemimpinan Pendidikan; Pengantar
Pendidikan; Statistika; dan Evaluasi Program Pendidikan. Beberapa
artikel yang pernah dipublikasikan ialah: Pengaruh Supervisi Pengajaran
dan Kemampuan Guru Mengelola Kelas terhadap Motivasi Belajar
Siswa, Ilmu Pendidikan Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan;
Mengembangkan Alternatif-alternatif Pendekatan dalam Pelaksanaan
Supervisi Pengajaran, Manajemen Pendidikan; Educational Management
of Natural Disaster Response at Lapindo Mudsidoarjo East Java (penulis
ketiga), Journal of Basic and Applied Scientific Research; Instructional
Management in Indonesia: A Case Study, Journal of Arts, Science and
Commerce; dan Instructional Leadership Profile of Junior High School’s
Principal (A Case Study of Junior High School in Malang), International
Research-Based Education Journal.
Buku yang pernah ditulis adalah Statistika untuk Kependidikan
Sekolah Dasar, Penerbit Ombak Yogyakarta (2013); Metode Penelitian
Kualitatif Teori dan Praktik, Penerbit Bumi Aksara Jakarta (2013);
Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat (penulis kedua), Penerbit
UM Press (2015); Pengantar Statistika Inferensial, Rajawali Pers Jakarta
(2016); dan Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik, Penerbit
Alfabeta Bandung (2017). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang

278
pernah dilaksanakan adalah: Pendampingan Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di MIS Kecamatan Lowokwaru
Kota Malang; Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif
dalam Implementasi Kurikulum 2013 di MIS Lowokwaru Kota Malang;
Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah
Pertama Negeri Kecamatan Lowokwaru Kota Malang; dan Pelatihan
Penulisan Artikel Ilmiah yang Diterbitkan dalam Jurnal Tingkat SMP Se-
Kota Blitar.
Pengalaman bidang penalaran adalah sebagai: Dosen Pendamping
LKTIM dalam PKM 2012 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di SMK
Negeri 5 Surabaya tanggal 11 Desember 2012, dengan judul “GARUDA
(Gudang Enterprenuer Muda): Ajang Pelatihan Career Education pada
SMK Jurusan Penjualan Berbasis Keunggulan Lokal”; Dosen Pendamping
PKM-GT 2013, dengan judul “Kampung Hanacaraka sebagai Sarana untuk
Melestarikan Kebudayaan Jawa di Tengah Gempuran Era Globalisasi”;
Dosen Pendamping PKM-GT 2013, dengan judul “Expansion Kepedulian
Lingkungan bagi Siswa Sekolah Dasar melalui Kegiatan Ekstrakurikuler
Karisa (Kreativitas dari Sampah)”; Dosen Pendamping KPKM (Kompetisi
Pemikiran Kritis Mahasiswa) 2013 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan judul “Cross Cost
System pada Sekolah Nonprofit Guna Akses Pendidikan Anak Kurang
Mampu”; Dosen Pendamping PKM-PSH 2017, dengan judul “Gaya
Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Perspektif Psikologi: Studi Kasus
di SMA Negeri 1 Malang”; dan Dosen Pendamping PKM-PSH 2018, dengan
judul “Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Etika: Studi Interaksi Simbolik
antara Kyai dan Santri”. Penulis dapat dihubungi di email: imam.
[email protected].