RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
ANATOMI FISIOLOGI MANUSIA

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN BIOLOGI
Kode Dokumen
MK41
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH
(MK)
KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTER Tgl
Penyusunan
ANATOMI
FISIOLOGI
MANUSIA
30111441 MKWP T=
2 sks
(Teori)
P=
1 sks
(praktik
um)
VI November 2022
(Revisi)
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator MK Ketua PRODI


Dr. Irdalisa, S.Si., M.Pd.


Dra. Maryanti Setyaningsih, M.SI
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL-1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious (S1)
CPL-2 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; (S6)
CPL-3 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (S9)
CPL-4 Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu
pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
CPL-5 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur. (KU2)

CPL- 6
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan
menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka
menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk
skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; (KU3)
CPL-7
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan
mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU4)
CPL-8
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahlian biologi,
berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data; (KK5)
CPL-9
Mampu memecahkan masalah iptek di bidang pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya hayati melalu prinsip-
prinsip pengorganisasian sistematika, memprediksi, menganalisis data informasi dan bahan hayati sera memodulasi
struktur dan fungsi sel (organizing principle, predicting, anlyzing and modulating), serta penerapan teknologi
relevan; (KK1)
CPL-10
Mampu menyelesaikan masalah pendidikan Biologi dengan menerapkan hasil penelitian di bidang Biologi dan
Pendidikan Biologi (KK5)
CPL-11
Mampu menerapkan prinsip dasar kewirausahaan dan memanfaatkan IPTEKS pada pengembangan produk-produk
pendidikan dan biologi sesuai dengan kebutuhan sekolah dan masyarakat. (KK6)
CPL- 12
Menguasai konsep, prinsip, dan teori biologi dan kependidikan serta terapannya dalam pembelajaran di sekolah
(PP1)
CPL- 13
Menguasai hakekat (pengertian, tujuan, fungsi, prinsip, keunggulan, dan kelemahan) dan jenis sumber belajar
biologi (PP6)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
(CPMK)

CPMK1 Mahasiswa dapat: Menelaah ruang lingkup anatomi dan fisiologi manusia
CPMK2 Mahasiswa dapat: Menganalisis anatomi dan fisiologi sistem saraf manusia, sistem pencernaan, dan sistem
reproduksi
CPMK3 Mahasiswa dapat: Mendesain dan merancang bahan ajar (BPG) dengan bantuan video pembelajaran materi sistem
kelenjar endokrin, sistem imun, sistem rangka, sistem otot, dan sistem indera
CPMK4 Mahasiswa dapat: Mendesain dan merancang bahan ajar (LKPD) dengan bantuan video pembelajaran materi sistem
pernafasan

CPMK5 Mahasiswa dapat: Mendesain dan mengevaluasi instrumen test anatomi dan fisiologi manusia tentang sistem
peredaran darah manusia dan sistem eksresi
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Sub-CPMK1 Mahasiswa dapat menelaah pengertian, klasifikasi, dan tingkatan organisasi dalam tubuh manusia
Sub-CPMK2 Mahasiswa dapat menganalisis sel-sel saraf, mekanisme potensial aksi pada sel saraf, sistem saraf sebagai
kesatuan, dan penyakit serta kelainan pada sistem saraf
Sub-CPMK3 Mahasiswa dapat mendesain bahan ajar (BPG) dengan bantuan video pembelajaran sistem rangka kelenjar
endokrin, klasifikasi hormon, mekanisme kerja hormon, penyakit dan kelainan pada sistem endokrin
Sub-CPMK4 Mahasiswa dapat mendesain dan merancang BPG dengan bantuan video pembelajaran tentang materi
sistem imun diantaranya respon imun, mekanisme sistem imun, gangguan dalam fungsi sistem pada
manusia
Sub-CPMK5 Mahasiswa dapat mendesain bahan ajar (BPG) dengan bantuan video pembelajaran sistem rangka seperti
tulang, pembentukan tulang, susunan rangka tubuh manusia, hubungan antar tulang, gangguan dan
kelainan saraf gerak
Sub-CPMK6 Mahasiswa dapat menganalisis anatomi dan fisiologi sistem otot, jenis-jenis otot, dan gangguan dan kelainan
pada sistem gerak
Sub-CPMK7 Mahasiswa dapat mendesain dan merancang LKPD dengan bantuan video pembelajaran untuk anatomi dan
fisiologi sistem pernafasan, pengertian, anatomi, mekanisme, transportasi, volume dan kapasitas
paru, pengaturan pernafasan, faktor yang mempengaruhi kecepatan pernafasan, penyakit yang disebabkan oleh
sistem pernafasan
Sub-CPMK8 Mahasiswa dapat mendesain dan mengevaluasi instrumen tes dalam bentuk e learning (quiziz atau gform)
untuk materi anatomi dan fisiologi sistem peredaran darah, proses pembekuan darah, golongan darah,
jantung, pembuluh darah, dan peredaran darah
Sub-CPMK9 Mahasiswa dapat mendesain bahan ajar (BPG) dengan bantuan video pembelajaran untuk anatomi dan
fisiologi sistem pencernaan, proses pencernaan, Absorpsi, sistem transfportasi, proses pencernaan
karbohidrat, pencernaan protein, dan kelainan atau gangguan sistem perencanaan
Sub-CPMK10 Mahasiswa dapat mendesain dan mengevaluasi instrumen tes dalam bentuk e learning (quiziz atau gform)
pada materi sistem ekresi seperti peranan sistem eksresi pada Homeostasis tubuh, struktur dan fungsi
ginjal mamalia, paru-paru, hati (hepar), dan kulit

Sub-CPMK11 Mahasiswa dapat mendesain dan merancang mendesain bahan ajar (BPG) dengan bantuan video
pembelajaran sistem reproduksi, gangguan pada organ reproduksi manusia, upaya menjaga kesehatan
organ reproduksi manusia
Sub-CPMK12 Mahasiswa dapat mendesain dan merancang mendesain bahan ajar (BPG) dengan bantuan video
pembelajaran tentang materi sistem indera, sistem indera penglihatan, sistem indera perasa (pengecap),
sistem penciuman, sistem pendengaran, dan sistem peraba
Deskripsi
Singkat MK
Mata kuliah ini membahas cakupan mengenai sistem integumen, sistem rangka manusia, sistem otot, sistem pencernaan,
sistem pernafasan, sistem peredaran darah, sistem ekskresi, sistem reproduksi, sistem saraf, dan sistem endokrin manusia
Bahan Kajian:
Materi
Pembelajaran

Struktur dan Fungsi Organ Manusia
Pustaka Utama :
1. Guyton, AC & Hall, JE. 2006. Textbook of Medical Physiologi, 12nd eedition, W.B.
2. Hainswort, F. R. 1981. Animal Physiology. Addison Wesley
3. Sanders, T & Scanlon, VC 2007. Essential of Anatomy and Physiology. By F.A. Davis Componay
4. Vander, A. J. 1986. Human Physiology: The Mechanisme of Body Function. The Macmillan Company
5. Dafriani Putri, 2019. Buku Ajar Anatomi & Fisiologi Untuk Mahasiswa Kesehatan. CV Berkah Prima. Padang.
6. Sudibjo Prijo. Kuliah Anatomi Manusia. Universitas Negeri Yogyakarta
7. Wahyuningsih H. P. 2017. Anatomi Fisiologi. Kementerian Kesehatan Republik Indonseia. Jakarta
Pendukung :
Irdalisa. 2019. Pengembangan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan ICT Untuk Meningkatkan Kemampuan Technological
Pedagogical And Content Knowledge (TPACK), KPS, Curiosity Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Syiah
Kuala. Disertasi.
Irdalisa, dkk. 2019. Model Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Biologi. UNY Press. (Buku monograf dan HAKI)
Irdalisa, dkk. 2019. Modul Sistem Pencernaan Manusia. HAKI
Irdalisa, dkk. 2019. Modul Sistem Reproduksi Manusia. HAKI
Irdalisa, dkk. 2019 Lembar Kerja Mahasiswa Sistem Reproduksi Manusia. Universitas Negeri Yogyakarta.
Irdalisa, 2021. Desain LKPD Sistem Ekresi Manusia. UHAMKA (draft)
Irdalisa, 2021. Desain BPG Sistem Ekresi Manusia. UHAMKA (draft)

Dosen
Pengampu
Dr. Irdalisa, S.Si., M.Pd. dan Mayarni, M.Si
Matakuliah
syarat
Struktur Hewan
Mg
Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
Integrasi
Keilmuan
dengan
nilai AIK
dan
kelimuan
lainnya
Penilaian
Bentuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa
[Estimasi Waktu}
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penila
ian
(%)
Indikator Kriteria & Bentuk
Pembelaj
aran
luring
(offline)
Pembelajaran
Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
1-2 Mahasiswa dapat
menelaah pengertian,
klasifikasi, dan
tingkatan organisasi
dalam tubuh manusia
As-
Sajdah:9)
“Kemudian,
Dia
menyempur
nakannya
dan meniup
roh
(ciptaan)-
Nya ke
dalam
(tubuh) nya
dan Dia
menjadikan
pendengara
n,
penglihatan,
dan hati
Mahasiswa dapat:
• Memperjelas
pengertian
anatomi dan
fisiologi manusia
• Memperjelas
klasifikasi
fisiologi
• Memperjelas
rongga-rongga
dalam tubuh
manusia
• Memperjelas
tingkatan
organisasi dalam
tubuh manusia
Kriteria:
Ketepatan
menganalisis dan
penguasaan
mengevaluasi

Bentuk penilaian:
Portofolio
Syncronous :
Kuliah dan
diskusi:
OLU, ZOOM,
WhatsApp
Metode:
Team based
Learning
Dengan tahapan:
1. Kegiatan
dilakukan
secara individu
• Sejarah
anatomi dan
fisiologi
manusia
• Ruang lingkup
anatomi dan
fisiologi
manusia

5 %

bagimu.
(tetapi)
sedikit
sekali kamu
bersyukur

Al-Ahqaf:
26
“Dan
sungguh,
kami telah
meneguhka
n
kedudukan
mereka
(dengan
kemakmura
n dan
kekuatan)
yang belum
pernah
Kami
berikan
kepada
kamu dan
Kami telah
memberika
n kepada
mereka
pendengara
n,
penglihatan,
dan hati,
mereka itu
tidak
• Memperjelas
sistem organ
dalam tubuh
manusia
2. Siswa
ditugaskan
menjawab
pertanyaan-
pertanyaan
maupun
memberikan
pertanyaan
3. Siswa harus
menanggapi
setiap ide
temannya

[TM: 2x (2x50’)]
Asyncronous:
Tugas 1:
Menjawab soal
tugas mandiri,
dan diskusi
[PT+BM:
(2+2)x(2x60’)]

berguna
sedikit bagi
mereka,
karena
mereka
(selalu)
mengingkari
ayat-ayat
Allah, dan
(ancaman)
azab yang
dahulu
mereka
memperolo
k-olokkan
telah
mengepung
mereka.

Tentang
ilmu tubuh
manusia:
yang terdiri
dari
pendengara
n,
penglihatan,
dan hati

Setiap sel di
dalam
tubuh
manusia
diciptakan
untuk

memenuhi
fungsi
khusus
QS. Al Fur-
Qan (25):2
3 Mahasiswa dapat
menganalisis sel-sel
saraf, mekanisme
potensial aksi pada sel
saraf, sistem saraf
sebagai kesatuan, dan
penyakit serta
kelainan pada sistem
saraf
surah Hud
ayat 56, Al-
Alaq ayat
13-16 dan
Ar-Rahman
ayat 41
tentang sel
saraf

Mahasiswa dapat
• Memperjelas
Anatomi saraf
• Mengklasifikasik
an sel saraf
berdasarkan
jumlah
ukurannya
• Membedakan
pengertian
polarisasi,
depolarisasi dan
repolarisasi pada
mekanisme kerja
sel saraf
• Memperjelas
potensial aksi
• Memperjelas
mekanisme saraf
sadar dan tidak
sadar
• Memperjelas
penyakit dan
kelaianan pada
sistem saraf
• Memperjelas
dampak
Kriteria:
Ketepatan
menganalisis dan
penguasaan
mengevaluasi

Bentuk penilaian:
Portofolio
Syncronous :
Kuliah dan
diskusi:
OLU, ZOOM,
WhatsApp
Metode:
Team based
Learning
Dengan tahapan:
1. Kegiatan
dilakukan
secara individu
2. Mahasiswa
ditugaskan
menjawab
pertanyaan-
pertanyaan
maupun
memberikan
pertanyaan
3. Mahasiswa
harus
menanggapi
setiap ide
temannya
• Aktivitas
Sinaptik
(Sinaps Listrik,
Sinaps Kimia)
• Pemrosesan
Informasi
(Potensial
Postsinaptik,
Inhibisi
Presinaps dan
Fasilitasi,
Kecepatan
Pembentukan
Potensial Aksi)
• Penelaahan
menyeluruh
Sistem Syaraf
Otonom
• Syaraf
Simpatis
(Ganglia
kolateral,
Medulla
Adrenal,
Aktivasi
Simpatis,
Neurotransmit
ter dan Fungsi
Simpatis)
3%

pengaruh
narkoba
terhadap
ususunan saraf
[TM: 1x
(2x50’)]
Asyncronous:
Tugas 2:
Menjawab soal
tugas mandiri,
dan diskusi
[PT+BM:
(1+1)x(2x60’)]
• Syaraf
Parasimpatis
(Susunan dan
Anatomi
syaraf
parasimpatis,
fungsi umum
syaraf
parasimpatis,
Aktivasi Syaraf
Parasimpatis
dan Pelepasan
Neurotransmit
ter)
• Interaksi
antara Syaraf
Simpatis dan
Syaraf
Parasimpatis
• Integrasi dan
Pengawasan
Fungsi
Otonom
(Refleks
Visceral,
Pengawasan
Otonom
Tingkat
Tinggi)

4 Mahasiswa mendesain
dan merancang
modul pembelajaran
(BPG) dengan
bantuan video
pembelajaran
tentang
materi sistem kelenjar
endokrin, klasifikasi
hormon,
mekanisme kerja
hormon,
penyakit dan
kelainan
pada sistem endokrin
QS Ar-Ra’d
13:28
Ketenangan
hati dengan
zikir

Hadist nabi
diriwayatka
n Imam
Muslim
Keutamaan
zikir

QS Al
Ankabut
29:45
mencegah
kelainan
hormon
pada tubuh

Kelenjar
endokrin QS
AT Tiin ayat
4
Mahasiswa dapat
memperjelas
• Sistem hormon
• Karakteristik
sistem hormone
• Hormon
berdasarkan
struktur kimia
dan fungsinya
• Mekanisme kerja
hormone
• Fungsi sistem
endokrin
• Macam-macam
kelenjar
endokrin dan
hormone yang
dihasilkan
beserta
fungsinya
• Kelainan-
kelainan sistem
hormon
Kriteria:
Ketepatan
menganalisis
penguasaan
TPACK
mendesain
merancang
mengevaluasi

Bentuk penilaian:
Portofolio
Syncronous :
Kuliah dan
diskusi:
OLU, ZOOM,
WhatsApp
Metode:
PjBL
Dengan tahapan:
1. Membentuk
kelompok
2. Mendesian
BPG+Video
pembelajaran
berdasarkan
materi yang
telah
ditentukan
3. Mempresenta
sikan
4. Menanggapi
dan
menjawab
pertanyaan
yang
diberikan oleh
teman

[TM: 1x (2x50’)]
Asyncronous:
• Sistem
Endokrin
• Kelenjar
Pituitari
• Kelenjar
Tiroid
• Kelenjar
Paratiroid
• Kelenjar
Adrenal
• Kelenjar
Pineal
• Jaringan
Endokrin
• Susunan
Interaksi
• Hormon
2%

Tugas 3:
Mendesain
BPG +video
pembelajaran
dan
Mempresentas
ikan
[PT+BM:
(1+1)x(2x60’)]
5 Mahasiswa dapat
mendesain dan
merancang
modul pembelajaran
(BPG) dengan
bantuan video
pembelajaran
tentang
materi sistem imun
diantaranya
respon imun,
mekanisme
sistem imun, gangguan
dalam fungsi sistem
pada manusia
Sistem
kekebalan
tubuh
Q.S. Adz-
Dzariyat:
20-21 dan
Q.S. Az-
Zumar: 38
AL Baqarah
173
Tentang
vaksin
Mahasiswa dapat
mendesain modul
pembelajaran
(BPG) ditambah
video
pembelajaran
tentang materi
imun
• Respon Imun
• Antigen dan
antibody
• Mekanisme
pengikatan
antibody ke
antigen
• Mekanisme
pertahanan
tubuh terhadap
benda asing
• Gangguan pada
sistem imun
Kriteria:
Ketepatan
menganalisis
penguasaan
TPACK
mendesain
merancang
mengevaluasi

Bentuk penilaian:
Portofolio
• Antigen dan
antibodi
• Mekanisme
pengikatan
antibody ke
antigen
• Mekanisme
pertahanan
tubuh
terhadap
benda asing
• Gangguan
pada system
imun
2%

6 Mahasiswa dapat
mendesain dan
merancang
modul pembelajaran
(BPG) dengan
bantuan video
pembelajaran
tentang
materi sistem rangka
seperti
tulang, pembentukan
tulang, susunan
rangka tubuh
manusia, hubungan
antar tulang,
gangguan
dan kelainan saraf
gerak
surat Al-
Qiamah
ayat 3-4
tentang
system
gerak
manusia
Mahasiswa dapat
mendesain dan
mempresentasi
kan bahan ajar
seperti BPG
dengan video
pembelajaran
untuk materi
sistem Tulang
• Tulang rawan
(kartilago)
• Pembentukan
tulang
• Susunan rangka
tubuh manusia
• Gangguan dan
kelainan sistem
gerak
Kriteria:
Ketepatan
menganalisis
penguasaan
TPACK
mendesain
merancang
mengevaluasi

Bentuk penilaian:
Portofolio
Syncronous :
Kuliah dan
diskusi:
OLU, ZOOM,
WhatsApp
Metode:
PjBL
Dengan tahapan:
1. Membentuk
kelompok
2. Mendesian
BPG+Video
pembelajaran
berdasarkan
materi yang
telah
ditentukan
3. Mempresenta
sikan
4. Menanggapi
dan
menjawab
pertanyaan
yang
diberikan oleh
teman
[TM: 1x (2x50’)]
Asyncronous:
Tugas 4:
Susunan rangka
tubuh manusia
2%

Mendesain
BPG +video
pembelajaran
dan
Mempresentas
ikan
[PT+BM:
(1+1)x(2x60’)]
7 Mahasiswa mendesain
dan merancang
modul pembelajaran
(BPG) dengan
bantuan video
pembelajaran
tentang
materi sistem otot,
jenis-jenis otot, dan
gangguan dan kelainan
pada sistem gerak
surat Al-
Qiamah
ayat 3-4
tentang
system
gerak
manusia.

Mahasiswa dapat
mendesain dan
mempresentasi
kan bahan ajar
seperti BPG
dengan video
pembelajaran
untuk materi
otot
• Jenis-jenis otot
• Gangguan dan
kelainan sistem
gerak
Kriteria:
Ketepatan
menganalisis dan
penguasaan
mengevaluasi

Bentuk penilaian:
Portofolio
Syncronous :
Kuliah dan
diskusi:
OLU, ZOOM,
WhatsApp
Metode:
PjBL
Dengan tahapan:
1. Membentuk
kelompok
2. Mendesian
BPG+Video
pembelajaran
berdasarkan
materi yang
telah
ditentukan
3. Mempresenta
sikan
4. Menanggapi
dan
menjawab
• Jaringan otot
dan sistem
otot
• Anatomi Otot
Skelet
(susunan
jaringan
penghubung,
pembuluh
darah dan
syaraf, mikro
anatomi
jaringan otot
skelet)
• Kontraksi Otot
Skelet (Teori
Filament
Sliding,
Kontrol
Aktivitas Otot
Skelet,
Relaksasi)Mek
anika Otot
(Energi untuk
Aktivitas Otot,
2%

pertanyaan
yang
diberikan oleh
teman
[TM: 1x (2x50’)]
Asyncronous:
Tugas 5:
Mendesain
BPG +video
pembelajaran
dan
Mempresentas
ikan
[PT+BM:
(1+1)x(2x60’)]
Performans
Otot)
• Penuaan dan
Sistem Otot
• Integrasi
dengan Sistem
Lain
• Jaringan Otot
Jantung
Jaringan Otot
Polos
8 Ujian Tengah Sem ester (UTS) 20%
9 Mahasiswa dapat
mendesain dan
merancang LKPD dengan
bantuan video
pembelajaran untuk
anatomi dan fisiologi
sistem pernafasan,
pengertian, anatomi,
mekanisme,
transportasi, volume
dan kapasitas paru,
pengaturan pernafasan,
faktor yang
QS Al-
An’am [6]:
125

Kebutuhan
oksigen
dalam
tubuh
Mahasiswa dapat
mendesain dan
merancang LKPD
dengan bantuan
video pembelajaran
untuk materi
anatomi dan
fisiologi manusia
yang diantaranya
• anatomi dan
fisiologi hidung
dan paru-paru
Kriteria:
Ketepatan
menganalisis

penguasaan
TPACK

mendesain
merancang
mengevaluasi

Bentuk penilaian:
Portofolio
Syncronous :
Kuliah dan
diskusi:
OLU, ZOOM,
WhatsApp
Metode:
PjBL

Dengan tahapan:
• Fungsi Sistem
Pernafasan
• Susunan
Sistem
Pernafasan
• Sistem
Pernafasan
Atas (Hidung
dan Rongga
Hidung,
Pharings)
• Larings
(Kartilago dan
2%

mempengaruhi
kecepatan pernafasan,
penyakit yang
disebabkan oleh
sistem pernafasan
sebagai organ
pernafasan
• mekanisme
inpirasi dan
ekspirasi
• penyakit dan
kelainan pada
sistem
pernafasan
• penyakit dan
kelainan pada
sistem
pernafasan
manusia
• Membuat model
paru-paru
manusia untuk
menghitung
jumlah kapasitas
vital paru-paru
• Membuktikan
udara hasil
pernapasan
manusia
mengandung CO2
dan H2O
• Mengukur
kapasitas paru
(kapasitas vital)
pada manusia
• Mendesain LKPD
sistem
pencernaan
1. Membentuk
kelompok
2. Mendesian
LKPD+Video
pembelajaran
berdasarkan
materi yang
telah
ditentukan
3. Mempresenta
sikan
4. Menanggapi
dan
menjawab
pertanyaan
yang
diberikan oleh
teman
[TM: 1x (2x50’)]
Asyncronous:
Tugas 6:
Mendesain
LKPD+video
pembelajaran
dan
Mempresentas
ikan
[PT+BM:
(1+1)x(2x60’)]
Ligamen
Larings, Otot
Laringeal)
• Trakhea
• Bronkus
Primer
• Paru-Paru
• Rongga dan
Membran
Pleural
• Fisiologi
Pernafasan
(Ventilasi
Pulmonal,
Pertukaran
Gas pada
Membran
Respiratori,
Pengambilan
dan
Penyaluran
Gas)
• Pengawasan
Pernafasan
(Pengaturan
Lokal Transpor
Gas dan
Fungsi
Alveolar, Pusat
Pernafasan di
Otak)
Penuaan dan
Sistem Respirasi

10 Mahasiswa dapat
mendesain dan
mengevaluasi
instrumen tes dalam
bentuk e learning
(quiziz atau gform)
anatomi dan fisiologi
sistem peredaran
darah, proses
pembekuan darah,
golongan darah,
jantung, pembuluh
darah, dan peredaran
darah
Surah
Ibrahim
Ayat 34.
Tentang
peredaran
darah
dalam
tubuh
Mahasiswa dapat
mendesain dan
mengevaluasi
materi bahan ajar
dan soal dalam
bentuk e learning
(quiziz atau gform)
untuk materi
anatomi dan
fisiologi sistem
peredaran darah
manusia, materi
yang dievaluasi
diantaranya
• Sistem sirkulasi
manusia
• Darah
• Proses
pembekuan
darah
• Golongan darah
• Jantung
• Pembuluh darah
• Peredaran
darah
Kriteria:
Ketepatan
menganalisis
kesesuaian soal
berdasarkan
Taksonomi Bloom


Penguasaan
TPACK,
mendesain
merancang,
mengevaluasi

Bentuk penilaian:
Portofolio
Syncronous :
Kuliah dan
diskusi:
OLU, ZOOM,
WhatsApp
Metode:
PjBL
Dengan tahapan:
1. Membentuk
kelompok
2. Mendesian
Instrumen
soal
berjumlah 60
soal
berdasarkan
materi yang
telah
ditentukan ke
dalam bentuk
Quiziz/koohort
/hyperlink
3. Mempresenta
sikan
4. Menanggapi
dan
menjawab
pertanyaan
yang
diberikan oleh
teman
• Fungsi Sistem
Pernafasan
• Susunan
Sistem
Pernafasan
• Sistem
Pernafasan
Atas (Hidung
dan Rongga
Hidung,
Pharings)
• Larings
(Kartilago dan
Ligamen
Larings, Otot
Laringeal)
• Trakhea
• Bronkus
Primer
• Paru-Paru
• Rongga dan
Membran
Pleural
• Fisiologi
Pernafasan
(Ventilasi
Pulmonal,
Pertukaran
Gas pada
Membran
Respiratori,
Pengambilan
dan
Penyaluran
Gas)
2 %

[TM: 1x (2x50’)]
Asyncronous:
Tugas 7:
Mendesain
dan
Mempresentas
ikan instrumen
tes dalam
bentuk e
learning
(quiziz atau
gform)
[PT+BM:
(1+1)x(2x60’)]
• Pengawasan
Pernafasan
(Pengaturan
Lokal Transpor
Gas dan
Fungsi
Alveolar, Pusat
Pernafasan di
Otak)
• Penuaan dan
Sistem
Respirasi
11 Mahasiswa
menganalisis sistem
pencernaan, proses
pencernaan, Absorpsi,
sistem transfportasi,
proses pencernaan
karbohidrat,
pencernaan protein,
dan kelainan atau
gangguan sistem
perencanaan
Al Baqarah
(2:168)
Makanan
yang halal

Al A’raaf: 31
Makan dan
minum
tidak boleh
berlebihan
Mahasiswa dapat
menganalisis
materi sistem
pencernaan
manusia dengan
sub materinya
• Anatomi saluran
pencarnaan
makanan
• Proses
pencernaan
• Tahapan akhir
pencernaan
• Absorpsi
Kriteria:
Ketepatan
menganalisis
penguasaan
TPACK
mendesain
merancang
mengevaluasi

Bentuk penilaian:
Portofolio
Syncronous :
Kuliah dan
diskusi:
OLU, ZOOM,
WhatsApp
Metode:
Team based
Learning
Dengan tahapan:
• Rongga Oral
• Pharings
• Esophagus
• Lambung
(Anatomi
Lambung,
Pengaturan
Aktivitas
Gastrik,
Pencernaan
dan Absorpsi
dalam
Lambung)
• Usus Halus
dan Organ
Kelenjarnya
4 %

• Sistem
transportasi
• Uji coba protein
makanan
• Kelainan atau
gangguan
sistem
pencernaan
1. Kegiatan
dilakukan
secara individu
2. Siswa
ditugaskan
menjawab
pertanyaan-
pertanyaan
maupun
memberikan
pertanyaan
3. Siswa harus
menanggapi
setiap ide
temannya
[TM: 1x (2x50’)]
Asyncronous:
Tugas 8:
Menjawab soal
tugas mandiri
dan diskusi
[PT+BM:
(1+1)x(2x60’)]
(Usus Halus,
Pergerakan
Usus,
Pankreas,
Hati, Kandung
Empedu,
Koordinasi
antara Sekresi
dan Absorpsi)
• Usus Besar
(Cecum,
Kolon,
Rektum,
Histologi Usus
Besar, Fisiologi
Usus Besar)
• Digesti dan
Absorpsi
(Pemrosesan
dan Absorpsi
12 Mahasiswa dapat
mendesain dan
mengevaluasi
instrumen tes dalam
bentuk e learning
(quiziz atau gform)
pada materi sistem
Ginjal :
QS.Al-
Infithar : 6-
8
Mahasiswa dapat
mendesaian dan
mengevaluasi
materi bahan ajar
dan soal dalam
bentuk e learning
untuk materi
Kriteria:
Ketepatan
menganalisis
kesesuaian soal
berdasarkan
Taksonomi Bloom

Syncronous :
Kuliah dan
diskusi:

Peranan sistem
ekresi pada
Hemoestatis
• Usus Besar
(Cecum,
2 %

ekresi yaitu tentang
peranan sistem
eksresi pada
Homeostasis tubuh,
struktur dan fungsi
ginjal mamalia, paru-
paru, hati (hepar),
dan kulit
Kulit : QS.
An-Nisa :
56

anatomi dan
fisiologi sistem
ekresi manusia,
materi yang
dievaluasi
diantaranya
• Peranan sistema
eksresi pada
homeostasis
tubuh
• Struktur dan
fungsi ginjal
manusia
• Paru-paru
• Hati (hepar)
• Kulit
penguasaan
TPACK
mendesain
merancang
mengevaluasi

Bentuk penilaian:
Portofolio
OLU, ZOOM,
WhatsApp
Metode:
PjBL
Dengan tahapan:
1. Membentuk
kelompok
2. Mendesian
Instrumen
soal
berjumlah 60
soal
berdasarkan
materi yang
telah
ditentukan ke
dalam bentuk
Quiziz/koohort
/hyperlink
3. Mempresenta
sikan
4. Menanggapi
dan
menjawab
pertanyaan
yang
diberikan oleh
teman
[TM: 1x (2x50’)]
Asyncronous:
Tugas 9:
Kolon,
Rektum,
Histologi Usus
Besar, Fisiologi
Usus Besar)
• Digesti dan
Absorpsi
(Pemrosesan
dan Absorpsi)
• Pembentukan
urine


Mendesain
dan
Mempresentas
ikan instrumen
tes dalam
bentuk e
learning
(quiziz atau
gform)
[PT+BM:
(1+1)x(2x60’)]
13-
14
Mahasiswa dapat
menganalisis materi
sistem reproduksi,
gangguan pada organ
reproduksi manusia,
upaya menjaga
kesehatan organ
reproduksi manusia
Surah Fatir:
11 tentang
sel sperma
dan ovum

Surah Al
Hajj: 5
tentang
fertilisasi

QS: Al-
Insan: 2,
QS Ath-
Thariqa:5-7,
dan QS Al-
Qiyamah:37
-39)

Tentang
awal mula
kejadian
manusia
Mahasiswa dapat
menganalisis
materi sistem
reproduksi
dengan sub
materi yaitu:
• Sistem
reproduksi laki-
laki dan wanita
• Gangguan pada
organ reproduksi
• Proses
menstruasi
• Fertilisasi
• Upaya menjaga
kesehatan organ
reproduksi
• Mendesaian
poster/flyer
pencegahan HIV
Kriteria:
Ketepatan
menganalisis

Penguasaan
TPACK

Mendesain
Merancang

Mengevaluasi

Bentuk penilaian:
Portofolio
Syncronous :
Kuliah dan
diskusi:
OLU, ZOOM,
WhatsApp
Metode:
Team based
Learning
Dengan tahapan:
1. Kegiatan
dilakukan
secara individu
2. Siswa
ditugaskan
menjawab
pertanyaan-
pertanyaan
• Organ
reproduksi pria
• Organ
reproduksi
wanita
• Spermatoge
nesis
• Oogenesis
• Fertilisasi
• Menstruasi
5 %

“Kemudian
air mani
itu Kami
jadikan
segumpal
darah, lalu
segumpal
darah itu
Kami
jadikan
segumpal
daging,
dan
segumpal
daging itu
Kami
jadikan
tulang
belulang,
lalu tulang
belulang
itu Kami
bungkus
dengan
daging.
kemudian
Kami
jadikan Dia
makhluk
yang
yang di share di
media sosial
maupun
memberikan
pertanyaan
3. Siswa harus
menanggapi
setiap ide
temannya

[TM: 2x (2x50’)]
Asyncronous:
Tugas 10 :
Menjawab soal
tugas mandiri
dan diskusi
[PT+BM:
(2+2)x(2x60’)]

(berbentuk
) lain.
Maka
Maha
sucilah
Allah,
Pencipta
yang
paling
baik.” (QS.
Al-
Mu’minun:
14)


15 Mahasiswa dapat
mendesain bahan ajar
(BPG) dengan
bantuan video
pembelajaran
untuk anatomi dan
fisiologi materi sistem
indera, sistem
penglihatan, sistem
indera perasa
(pengecap), sistem
penciuman, sistem
pendengaran, dan
sistem peraba
QS. An-Nahl
[16]: 78,2)

QS. Al-
Mu’minun
[23]: 78,3)

QS. Sajdah
[32]:9
Menciptaka
n
pendengara
n,
penglihatan,
dan hati

Mahasiswa dapat
mendesain dan
mempresentasi
kan bahan ajar
seperti BPG
dengan video
pembelajaran
untuk materi
sistem indera
manusia dengan
sub materinya
sistem indera
penglihatan,
sistem indera
Kriteria:
Ketepatan
menganalisis

Penguasaan
TPACK

Mendesain
Merancang

Mengevaluasi

Bentuk penilaian:
Portofolio
Syncronous :
Kuliah dan
diskusi:
OLU, ZOOM,
WhatsApp
Metode:
PjBL
Dengan tahapan:
1. Membentuk
kelompok
2. Mendesian
BPG+Video
pembelajaran
• Sistem Indera
• Organ-Organ
pada system
indera
manusia
• Mekanisme
kerja organ
pada system
indera
manusia
Kelainan-
kelainan pada
system indera
manusia
2 %

perasa
(pengecap)
sistem Indera
penciuman,
sistem indera
pendengaran,
dan sistem indera
peraba
berdasarkan
materi yang
telah
ditentukan
3. Mempresenta
sikan
4. Menanggapi
dan
menjawab
pertanyaan
yang
diberikan oleh
teman
[TM: 1x (2x50’)]
Asyncronous:
Tugas 11:
Mendesain
BPG +video
pembelajaran
dan
Mempresentas
ikan
[PT+BM:
(1+1)x(2x60’)]
16 Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester 40%

Catatan :

1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL -PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang
merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh
melalui proses pembelajaran.
2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI)
yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum,
ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah,
dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau
diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap
materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur
yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6. Kriteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam
penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar
penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel,
Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning,
Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Case method, Project Based Learning, dan metode lainnya
yg setara. Metode pembelajaran yang digunakan agar diuraikan tahapan/Langkah-langkah kegiatannya.
10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan
sub-pokok bahasan.
11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan
tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.

EVALUASI:
1. Attendance/Active (Kehadiran) 5%
2. Weekly Activities (Tugas) 35%
3. Mid Test (UTS) 20%
4. Final Test (UAS) 40%

CONTACT INFORMATION :
Email : [email protected]
Phone : 081373388830