INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM SURABAYA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI DAN INFORMASI
PRODI STUDI REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Kode Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTER Tgl Penyusunan
Matrik dan Vektor MAA1013 Matematika dan Statistik T=2 P=0 2 26 Maret 2018
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Ketua PRODI



Metahelgia, S.Si., M.T.



Metahelgia, S.Si., M.T.



Fidi Wincoko Putro, S.S.T.,
M.Kom.
Capaian
Pembelajaran (CP)
CPL-PRODI
P01 Menjelaskan konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika
KU01 mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu
pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
CPMK
1. Menguasai konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa; prinsip-prinsip rekayasa (engineering fundamentals), sains
rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terintegrasi
2. Mampu melakukan komunikasi secara tertulis maupun lisan yang efektif
3. Mampu mengenali kebutuhan, dan mengelola pembelajaran diri seumur hidup
4. Mampu melakukan kerjasama dalam sebuah kelompok kerja
Diskripsi Singkat MK
Mata kuliah Aljabar Linier pada program studi sarjana teknik informatika membahas dasar-dasar Aljabar Linier yang berkaitan dan dapat
diterapkan pada bidang informatika. Materi mata kuliah ini memberikan konsep dasar matriks dan ruang vektor serta operasi-operasi
yang terkait dengannya. Materi kuliah dalam satu semester mencakup: matriks dan operasinya, invers dan determinan matriks persegi,
sistem persamaan linier dan solusinya, vektor pada bidang dan ruang, basis ruang vektor, ruang hasil kali dalam, transformasi linier, serta
nilai, vektor, dan ruang eigen.
Bahan Kajian /
Materi
Pembelajaran
1. Matrik dan jenis-jenisnya, operasi aljabar, invers matrik persegi
2. Sistem persamaan linier, Operasi baris elementer, Eliminiasi gaus dan gaus-jordan
3. SPL dengan Gaus-Jordan
4. Metode penentuan invers matrik menggunakan Operasi Baris Elementer (OBE)

2

5. Solusi SPL n persamaan dan n variabel menggunakan metode invers
6. Definis determinan matriks persegi, determinan matriks dengan ekspansi kofaktor, determinan matriks dengan OBE
7. Keterkaitan determinan dan invers matriks persegi, keterkaitan antara (determinan, invers, dan solusi SPL), SPL dengan metode
cramer, invers dengan adjoin dan determinan
8. Matrik dan sifat-sifatnya, persamaan linier
9. Ruang vektor dan sifat-sifatnya, basis dan dimensi ruang dan subruang vektor, hasil kali dalam; ruang hasil kali dalam; dan sifat-
sifatnya, himpunan ortogonal dan otonormal, metode/algoritma Gram-Schmidt
10. Transformasi linier, matriks representasi transformasi linier
11. Kernel dan range, kernel dan range sebagai subruang, basis dari kernel dan range
12. Vektor eigen, polinom dan persamaan karakteristik, ruang eigen, dimensi ruang eigen
13. Diagonalisasi matriks persegi, nilai eigen dan sistem persamaan differensial

Pustaka Utama :
1. H. Anton, C. Rorres. Elementary Linear Algebra – Application Version – 10th Edition, John Wiley, 2010.
2. E. Kreyszig. Advanced Engineering Mathematics – 10th Edition, John Wiley, 2011.
3. S. Lang. Introduction to Linear Algebra (Undergraduate Text in Mathematics) – 2nd Edition, Springer, 1997.
4. S. J. Leon. Linear Algebra with Applications – 8th Edition, Pearson, 2009.
5. G. Strang. Linear Algebra and Its Application – 3rd Edition, Cengage Learning, 2005., Institute for Human and Machine Cognition,
2008
Pendukung :
-
Media Pembelajaran Hardware : Notebook, LCD Proyektor Software : Power Point
Dosen Pengampu Metahelgia, S.Si., M.T.
Matakuliah syarat -
Mg Ke-



Sub-CPMK
(Kemampuan akhir tiap
tahapan belajar)



Indikator Penilaian



Kriteria & Bentuk
Penilaian


Bentuk, Metode
Pembelajaran, dan
Penugasan Mahasiswa
[Media & Sumber belajar]
[ Estimasi Waktu ]
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ]


Bobot
Penilaian
(%)

(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
1 1. Mahasiswa mampu
menjelaskan konsep
 Ketepatan menjelaskan
definisi matriks dan
jenis-jenisnya.
Kriteria :
Rubrik Deskriptif

 Kuliah
 Ceramah, Diskusi
[TM:1x(3x50”)]
Definisi matriks dan
jenis-jenisnya, operasi
aljabar matriks:
7

3

matriks dan
operasinya
 Ketepatan menjelaskan
operasi aljabar
matriks: penjumlahan
matriks, perkalian
matriks dengan skalar,
dan perkalian matriks
 Ketepatan menjelaskan
invers dari suatu
matriks persegi.
Bentuk Test :
Tes Tulis

 Tugas-1 : Quiz
[BT+BM:(1+1)x(2x60”)]

penjumlahan matriks;
perkalian matriks
dengan scalar; dan
perkalian matriks,
Invers matriks persegi.
2 2. Mahasiswa mampu
menjelaskan
pengertian sistem
persamaan linier
(SPL) dan dapat
menentukan apakah
suatu sistem
persamaan
merupakan SPL atau
bukan, keterkaitan
antara SPL dan
matriks, cara
merepresentasikan
SPL memakai
matriks
 Ketepatan menjelaskan
sistem persamaan
linier (SPL) sederhana
dan kompleks dengan
m persamaan dan n
variabel.
 Ketepatan menjelaskan
operasi baris
elementer (OBE).
 Ketepatan menjelaskan
eliminasi Gauss dan
eliminasi Gauss-Jordan.
 Ketepatan menjelaskan
pencarian solusi SPL
dengan eliminasi
Gauss-Jordan.
Kriteria :
Rubrik Deskriptif

Bentuk Test :
Tes Tulis

 Kuliah
 Ceramah, Diskusi
[TM:1x(3x50”)]
 Tugas-2 : Quiz
[BT+BM:(1+1)x(2x60”)]

Sistem persamaan
linier (SPL) sederhana
dan kompleks dengan
m persamaan dan n
variable, operasi baris
elementer (OBE),
eliminasi Gauss dan
eliminasi Gauss-Jordan,
pencarian solusi SPL
dengan eliminasi
Gauss-Jordan
7
3 3. Mahasiswa mampu
menjelaskan cara
penentuan invers
matriks dengan
 Ketepatan menjelaskan
metode penentuan
invers matriks
Kriteria :
Rubrik Deskriptif

Bentuk Test :
 Kuliah
 Ceramah, Diskusi
[TM:1x(3x50”)]
 Tugas-3 : Quiz
Metode penentuan
invers matriks
menggunakan operasi
baris elementer (OBE),
7

4

operasi baris
elementer (OBE),
cara penentuan
solusi sistem
persamaan linier n
persamaan dan n
variabel melalui
metode invers
menggunakan operasi
baris elementer (OBE).
 Ketepatan menjelaskan
cara penentuan solusi
SPL n persamaan dan n
variabel menggunakan
metode invers
Tes Tulis

[BT+BM:(1+1)x(2x60”)]

penentuan solusi SPL n
persamaan dan n
variabel menggunakan
metode invers
4 4. Mahasiswa mampu
menjelaskan definisi
determinan matriks
persegi, penentuan
determinan matriks
persegi
 Ketepatan menjelaskan
definisi determinan
matriks persegi.
 Ketepatan menjelaskan
penentuan determinan
matriks dengan
ekspansi kofaktor
 Ketepatan menjelaskan
penentuan determinan
matriks dengan operasi
baris elementer (OBE)
Kriteria :
Rubrik Deskriptif

Bentuk Test :
Tes Tulis

 Kuliah
 Ceramah, Diskusi
[TM:1x(3x50”)]
 Tugas-4 : Quiz
[BT+BM:(1+1)x(2x60”)]

Definisi determinan
matriks persegi,
determinan matriks
dengan ekspansi
kofaktor,
determinan matriks
dengan operasi baris
elementer (OBE)
7
5 5. Mahasiswa mampu
menjelaskan
keterkaitan antara
determinan dan
invers matriks
persegi, keterkaitan
antara determinan,
invers, serta SPL
dengan n persamaan
dan n variabel.
 Ketepatan menjelaskan
keterkaitan antara
determinan dan invers
matriks persegi
 Ketepatan menjelaskan
keterkaitan antara
determinan, invers,
dan solusi SPL dengan
n persamaan dan n
variabel
Kriteria :
Rubrik Deskriptif

Bentuk Test :
Tes Tulis

 Kuliah
 Ceramah, Diskusi
[TM:1x(3x50”)]
 Tugas-5 : Quiz
[BT+BM:(1+1)x(2x60”)]

Keterkaitan antara
determinan dan invers
matriks persegi,
keterkaitan antara
determinan; invers; dan
solusi SPL dengan n
persamaan dan n
variable, pencarian
solusi SPL dengan
aturan/ metode
7

5

 Ketepatan menjelaskan
pencarian solusi SPL
dengan aturan/
metode Crammer
 Ketepatan menjelaskan
penentuan invers
dengan adjoin dan
determinan
Crammer, penentuan
invers dengan adjoin
dan determinan
6 6. Memamahi
keterkaitan antar
materi yang telah
dijelaskan: matriks,
sistem persamaan
linier, dan
determinan.
 Ketepatan menjelaskan
matriks dan sifat-
sifatnya
 Ketepatan menjelaskan
sistem persamaan
linier
 Ketepatan menjelaskan
determinan
Kriteria :
Rubrik Deskriptif

Bentuk Test :
Tes Tulis

 Kuliah
 Ceramah, Diskusi
[TM:1x(3x50”)]
 Tugas-6 : Quiz
[BT+BM:(1+1)x(2x60”)]

Matriks dan sifat-
sifatnya, sistem
persamaan linier,
determinan
7
7. 7. Mahasiswa mampu
menjelaskan dasar-
dasar konsep ruang
vektor dan
subruang, contoh
ruang vektor dan
subruang vektor dari
sebuah ruang
vector, operasi-
operasi dasar pada
ruang vektor:
operasi
penjumlahan dan
 Ketepatan menjelaskan
definisi ruang vektor
dan contoh-contohnya:
ruang vector Eulid R
2
,
R
3
, dan R
n

 Ketepatan menjelaskan
aksioma-aksioma
ruang vektor
 Ketepatan menjelaskan
operasi aljabar pada
ruang vektor
Kriteria :
Rubrik Deskriptif

Bentuk Test :
Tes Tulis

 Kuliah
 Ceramah, Diskusi
[TM:1x(3x50”)]
 Tugas-7 : Quiz
[BT+BM:(1+1)x(2x60”)]

Definisi ruang vektor
dan contoh-contohnya:
ruang vector Eulid R
2
;
R
3
; dan R
n
, aksioma-
aksioma ruang vector,
operasi aljabar pada
ruang vector, definisi
subruang vektor dan
sifat-sifatnya, definisi
bebas linier (linearly
independent) dan
bergantung linier
(linearly dependent),
7

6

perkalian dengan
skalar
 Ketepatan menjelaskan
definisi subruang
vektor dan sifat-
sifatnya
 Ketepatan menjelaskan
definisi bebas linier
(linearly independent)
dan bergantung linier
(linearly dependent)
 Ketepatan menjelaskan
definisi membangun/
merentang (span)
definisi membangun/
merentang (span)
8 Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengah Semester
9 8. Mahasiswa mampu
menjelaskan definisi
basis dan dimensi
dari suatu ruang
vector, keterkaitan
antara basis dan
dimensi pada suatu
ruang vektor dan
subruangnya
 Ketepatan menjelaskan
definisi himpunan basis
pada suatu ruang
vector
 Ketepatan menjelaskan
definisi dimensi pada
suatu ruang vektor
Kriteria :
Rubrik Deskriptif

Bentuk Test :
Tes Tulis

 Kuliah
 Ceramah, Diskusi
[TM:1x(3x50”)]
 Tugas-8 : Quiz
[BT+BM:(1+1)x(2x60”)]

Definisi himpunan basis
pada suatu ruang
vector, definisi dimensi
pada suatu ruang
vektor
7
10 9. Mahasiswa mampu
menjelaskan definisi
hasil kali dalam
sebagai perumuman
dari hasil kali titik,
aksioma-aksioma
yang harus dipenuhi
 Ketepatan menjelaskan
definisi hasil kali
dalam, sifat-sifat, dan
contoh-contohnya
 Ketepatan menjelaskan
definisi ruang hasil kali
 Kuliah
 Ceramah, Diskusi
[TM:1x(3x50”)]
 Tugas-9 : Quiz
[BT+BM:(1+1)x(2x60”)]

Definisi hasil kali
dalam; sifat-sifat; dan
contoh-contohnya,
definisi ruang hasil kali
dalam dan contoh-
contohnya; himpunan
ortogonal dan
7

7

oleh sebuah
pemetaan agar
dapat dikategorikan
sebagai hasil kali
dalam, definisi ruang
hasil kali dalam
dalam, dan contoh-
contohnya
 Ketepatan menjelaskan
himpunan ortogonal
dan ortonormal
 Ketepatan menjelaskan
metode/ algoritma
Gram-Schmidt
ortonormal, metode/
algoritma Gram-
Schmidt
11 10. Mahasiswa mampu
menjelaskan
keterkaitan antar
materi yang telah
dijelaskan: ruang
vektor dan ruang
hasil kali dalam.
 Ketepatan menjelaskan
ruang vektor dan sifat-
sifatnya
 Ketepatan menjelaskan
basis dan dimensi pada
suatu ruang vektor dan
subruang vector
 Ketepatan menjelaskan
hasil kali dalam, ruang
hasil kali dalam, dan
sifat-sifatnya
 Ketepatan menjelaskan
himpunan ortogonal
dan ortonormal
 Ketepatan menjelaskan
metode/ algoritma
Gram-Schmidt
Kriteria :
Rubrik Deskriptif

Bentuk Test :
Tes Tulis

 Kuliah
 Ceramah, Diskusi
[TM:1x(3x50”)]
 Tugas-10 : Quiz
[BT+BM:(1+1)x(2x60”)]

Ruang vektor dan sifat-
sifatnya, Basis dan
dimensi pada suatu
ruang vektor dan
subruang vector, Hasil
kali dalam; ruang hasil
kali dalam; dan sifat-
sifatnya, Himpunan
ortogonal dan
ortonormal, Metode/
algoritma Gram-
Schmidt
7
12 11. Mahasiswa mampu
menjelaskan konsep
umum transformasi
linier, definisi
 Ketepatan menjelaskan
definisi transformasi
linier dan contoh-
contohnya
Kriteria :
Rubrik Deskriptif

Bentuk Test :
 Kuliah
 Ceramah, Diskusi
[TM:1x(3x50”)]
 Tugas-11 : Quiz
Definisi transformasi
linier dan contoh-
contohnya, matriks
7

8

transformasi linier
dan dapat
memberikan
contohnya,
representasi
transformasi linier
dengan matriks
 Ketepatan menjelaskan
matriks representasi
dari suatu transformasi
linier
Tes Tulis

[BT+BM:(1+1)x(2x60”)]

representasi dari suatu
transformasi linier
13 12. Mahasiswa mampu
menjelaskan
pengertian kernel
dan range
(jangkauan) dari
suatu transformasi
linier, cara
menentukan basis
kernel dan range
dari suatu
transformasi linier
 Ketepatan menjelaskan
definisi kernel dan
range (jangkauan) dari
suatu transformasi
linier
 Ketepatan menjelaskan
kernel dan range
sebagai subruang
 Ketepatan menjelaskan
basis dari kernel dan
range
Kriteria :
Rubrik Deskriptif

Bentuk Test :
Tes Tulis

 Kuliah
 Ceramah, Diskusi
[TM:1x(3x50”)]
 Tugas-12 : Quiz
[BT+BM:(1+1)x(2x60”)]

Definisi kernel dan
range (jangkauan) dari
suatu transformasi
linier, kernel dan range
sebagai subruang
Ketepatan menjelaskan
basis dari kernel dan
range
7
14 13. Mahasiswa mampu
menjelaskan
keterkaitan antar
materi transformasi
linier yang telah
dijelaskan
 Ketepatan menjelaskan
definisi transformasi
linier
 Ketepatan menjelaskan
Matriks representasi
transformasi linier
 Ketepatan menjelaskan
Kernel dan range
sebagai subruang
vektor
Kriteria :
Rubrik Deskriptif

Bentuk Test :
Tes Tulis

 Kuliah
 Ceramah, Diskusi
[TM:1x(3x50”)]
 Tugas-13 : Quiz
[BT+BM:(1+1)x(2x60”)]

Definisi transformasi
linier, Matriks
representasi
transformasi linier,
Kernel dan range
sebagai subruang
vektor
8

9

15 14. Mahasiswa mampu
menjelaskan definisi
nilai dan vektor
eigen, penentuan
nilai dan vektor
eigen dari suatu
matriks persegi,
definisi ruang eigen
serta dapat
menentukan basis
dan dimensinya,
aplikasi nilai eigen
pada diagonalisasi
matriks, aplikasi nilai
eigen pada
persamaan
diferensial,
keterkaitan antar
materi nilai eigen;
vektor eigen; dan
aplikasinya untuk
diagonalisasi matriks
dan sistem
persamaan
diferensial.
 Ketepatan menjelaskan
definisi nilai dan vektor
eigen
 Ketepatan menjelaskan
polinom dan
persamaan
karakteristik
 Ketepatan menjelaskan
penentuan nilai eigen
dari persamaan
karakteristik
 Ketepatan menjelaskan
definisi ruang eigen,
basis ruang eigen, dan
dimensi ruang eigen.
 Ketepatan menjelaskan
diagonalisasi matriks
persegi
 Ketepatan menjelaskan
nilai eigen dan sistem
persamaan diferensial
 Ketepatan menjelaskan
nilai eigen, vektor
eigen, serta ruang
eigen dan basisnya.
 Ketepatan menjelaskan
diagonalisasi matriks.
Kriteria :
Rubrik Deskriptif

Bentuk Test :
Tes Tulis

 Kuliah
 Ceramah, Diskusi
[TM:1x(3x50”)]
 Tugas-14 : Quiz
[BT+BM:(1+1)x(2x60”)]

Definisi nilai dan vektor
eigen, polinom dan
persamaan
karakteristik,
penentuan nilai eigen
dari persamaan
karakteristik, definisi
ruang eigen; basis
ruang eigen; dan
dimensi ruang eigen,
diagonalisasi matriks
persegi, nilai eigen dan
sistem persamaan
diferensial, nilai eigen;
vektor eigen; serta
ruang eigen dan
basisnya, diagonalisasi
matriks, nilai eigen dan
sistem persamaan
diferensial
8

10

 Ketepatan menjelaskan
nilai eigen dan sistem
persamaan diferensial
16 Evaluasi Akhir Semester / Ujian Tengah Semester
Catatan :
1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari
sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk
pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap
bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan
kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-
indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa
kuantitatif ataupun kualitatif.
6. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi
kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.

Catatan tambahan:
(1). Bobot SKS (P = Praktek; T= Teori).
(2). TM: Tatap Muka; BT: Beban Tugas; BM: Belajar Mandiri.
(3). 1 sks = (50’ TM + 60’ PT + 60’ BM)/Minggu
(4). Simbol-simbol elemen KKNI pada CPL-Prodi: S = Sikap; KU = Ketrampilan Umum; KK = Ketrampilan Khusus; P = Pengetahuan