FORM-1

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN

A. IDENTITAS
Nama Program
Studi
S1 KEPERAWATAN Tgl. Direvisi:
Nama Mata Kuliah
(MK)
Metodologi Penelitian Kode/Bobot MK: 15WP05416
Semester 5 (lima)
Dosen Pengampu 1. Dr. A. Aziz Alimul H., S.Kep., Ns., M.Kes (PJMK)
2. Dr. Nur Mukarromah, SKM., M.Kes
3. Yuanita Wulandari, S.Kep., Ns., MS

B. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN


No Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. S5 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik Mampu menguasai (P) konsep dasar
penelitian kualitatif dan kuantitatif, landasan
teori dalam menyusun penelitian
kuantitatif/kualitatif, disain penelitian
kuantitatif/kualitatif, besar sampel dan teknik
sampling, variabel, definisi operasiona dan
instrumen penelitian, teknik pengumpulan
data dan analisis data, (K) merumuskan masalah
study kasus dan tujuannya, menyusun landasan
teori, melakukan teknik pengumpulan dan
analisis data study kasus, melakukan uji
statistik dan uji keabsahan data, membuat
penyajian data. (S) Menginternalisasi nilai,
norma, dan etika akademik dan
menunjukkan sikap bertanggung jawab atas
pekerjaan di bidang keperawatan secara mandiri.
2 S10 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas
pekerjaan di bidang keperawatan secara mandiri
3. KK 2 Mampu melakukan simulasi dalam membuat
keputusan yang independen dalam menjalankan
pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis,
kritis, sistematis, dan kreatif..
4. KK 3 Mampu melakukan simulasi dalam
menyusun laporan atau kertas kerja atau
menghasilkan karya desain di bidang keahliannya
berdasarkan kaidah rancangan dan prosedur baku,
serta kode etik profesinya, yang dapat diakses oleh
masyarakat akademik
5. KK 4 Mampu melakukan simulasi dalam
mengomunikasikan pemikiran/argumen atau karya
inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan
profesi, dan kewirausahaan, yang dapat
dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika
profesi, kepada masyarakat terutama masyarakat
profesinya
6. KK 6 Mampu melakukan evaluasi secara kritis
terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat
7. PP 12 Menguasai metode penelitian ilmiah di bidang
keperawatan.

C. KOMPETENSI MATA KULIAH

Capaian Pembelajaran Mata
Kuliah (CPMK)
Mampu menguasai (P) konsep dasar penelitian kualitatif dan kuantitatif,
landasan teori dalam menyusun penelitian kuantitatif/kualitatif, disain
penelitian kuantitatif/kualitatif, besar sampel dan teknik sampling,
variabel, definisi operasiona dan instrumen penelitian, teknik
pengumpulan data dan analisis data, (K) merumuskan masalah study
kasus dan tujuannya, menyusun landasan teori, melakukan teknik
pengumpulan dan analisis data study kasus, melakukan uji statistik dan
uji keabsahan data, membuat penyajian data. (S) Menginternalisasi nilai,
norma, dan etika akademik dan menunjukkan sikap bertanggung jawab
atas pekerjaan di bidang keperawatan secara mandiri.
Kemampuan Akhir yang
diharapkan (KA)/Kompetensi
Dasar Mata Kuliah
No.
KA

Rumusan KA
1 Menjelaskan konsep dasar penelitian kualitatif/kuantitatif
2 Menjelaskan dan menyusun rumusan masalah dan tujuan
penelitian
3 Mennyusun landasan teori dan review article
4 Melakukan penyusunan disain penelitian
5 Menghitung besar sampel dan menentukan teknik
pengambilan sampel
6 Menyusun definsi operasioanal dan membuat instrumen
penelitian
7 Melakukan teknik pengumpulan dan analisis data
8 Melakukan analisis data dengan SPSS
9 Menyusun proposal penelitian dan Publikasi Ilmiah

Deskripsi MK : Mata kuliah metodologi penelitian ini memberikan pengenalan
dasar-dasar penelitian dalam keperawatan, mulai dari penyusunan
rumusan masalah, tujuan penelitian, landasan teori, disain
penelitian, menentukan besar sampel, teknik pengambilan sampel,
membuat instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, teknik
analisis data, sampai dengan penyusunan proposal penelitian yang akan
digunakan sebagai dasar dalam penulisan tugas akhir (skripsi)
Sistem Pembelajaran
a. Model
b. Metode

: Student centered Learning, Problem Based Learning
: Ceramah, diskusi, e-learning
Media Pembelajaran : LCD, audio speaker
Penilaian Tugas Individu
Tugas Kelompok
Aktivitas
UTS
UAS
: 15%
: 15%
: 20%
: 20%
: 30%
NILAI AKHIR =
((15xTI)+(15xTK)+(20XAKT)+(20XUTS)+(30XUAS)) : 100
Pustaka 1. Hidayat AAA. Metodologi Penelitian Keperawatan dan
Kesehatan. 2017.
2. Munhall P. Nursing research: Jones & Bartlett Learning;
2012.
3. Baxter P, Jack S. Qualitative case study methodology:
Study design and implementation for novice researchers.
The qualitative report. 2008;13(4):544-59.
4. Creswell, JW. (2015). Penelitian kualitatif dan disain riset:
memilih diantara lima pendekatan, ed. 3. Jakarta: Pustaka
Pelajar
5. Sujarweni, V.W. (2014). Metodologi penelitian keperawatan.
Jakarta: Penerbit Gava Media

D. RINCIAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

Per
tem
uan
Ke-
Sub-CPMK
(Kemampuan
Akhir yg
Diharapkan)

Penilaian
Bentuk Pembelajaran, Metode dan
Penugasan (Estimasi Waktu)
Materi pembelajaran
(Pustaka)
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria &
Bentuk
Tatap muka
(Luring)
Daring
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1,2 Menjelaskan
konsep dasar
penelitian
kualitatif/kuantitatif
Menjelaskan konsep
dasar
penelitian
kualitatif dan
kuantitatif
Kriteria:
Pedoman
Penskoran
(Marking
Scheme)

Bentuk Non Tes:
-Meringkas
materi
-Kuis
- Ceramah
- Self-Learning
(V- Class)
- Tugas
- Diskusi
- Praktik
E-learning, Zoom
Meeting, atau Google
Classroom
Konsep Dasar Penelitian
a. Konsep Ilmu pengetahuan
b. Arti Penelitian Kualitatif
c. Tujuan Penelitian
Kualitatif
d. Proses/langkah-langkah
Penelitian Kualitatif
e. Perbedaan Penelitian
Kualitatif dan Kuantitatif
10

3 Menjelaskan
dan menyusun
rumusan masalah
dan tujuan
penelitian
a. Menjelaskan dan
menyusun
rumusan
masalah
b. Menjelaskan
dan menyusun
tujuan
penelitian
Kriteria:
Pedoman
Penskoran
(Marking
Scheme)

Bentuk Non Tes:
-Meringkas
materi
-Kuis
- Ceramah
- Self-Learning
(V- Class)
- Tugas
- Diskusi
Praktik
E-learning, Zoom
Meeting, atau Google
Classroom
- Menyusun rumusan
masalah dan tujuan penelitian
10

4,5 Mennyusun
landasan teori dan
review article
a. Menjelaskan
landasan teori dalam
penelitian
b. Membuat landasan
teori untuk
penelitian
c. Melakukan review
article
Kriteria:
Pedoman
Penskoran
(Marking
Scheme)

Bentuk Non Tes:
-Meringkas
materi
-Kuis
- Ceramah
- Self-Learning
(V- Class)
- Tugas
- Diskusi
Praktik
E-learning, Zoom
Meeting, atau Google
Classroom
- Menyusun kerangka
konseptual, teori dan hipotesis,
serta review artikel penelitian
(penelusuran penelitian)
10

6,7 Melakukan
penyusunan disain
penelitian
a. Menjelaskan
disan/rancanga
n penelitian
b. Menyusun
rancangan
penelitian
kualitatif/kuantitat
i f
Kriteria:
Pedoman
Penskoran
(Marking
Scheme)

Bentuk Non Tes:
-Meringkas
materi
-Kuis
- Ceramah
- Self-Learning
(V- Class)
- Tugas
- Diskusi
- Praktik

E-learning, Zoom
Meeting, atau Google
Classroom
- Disain/rancangan
penelitian kualitatif dan
kuantitatif
10
8 Menghitung
besar sampel dan
menentukan teknik
pengambilan
sampel
a. Menjelaskan besar
sampel, dan
teknik sampling
b. Menghitung
besar sampel dan
menentukan
teknik sampling
Kriteria:
Pedoman
Penskoran
(Marking
Scheme)

Bentuk Non Tes:
-Meringkas
materi
-Kuis
- Ceramah
- Self-Learning
(V- Class)
- Tugas
- Diskusi
- Praktik
E-learning, Zoom
Meeting, atau Google
Classroom
Penentuan besar sampel dan
teknik sampling
10
9 Menyusun
definsi operasioanal
dan membuat
instrumen penelitian
a. Menjelaskan
variabel,
definisi
operasiona dan
instrumen
penelitian
b. Menentukan
jenis variabel,
mendefinisikan
operasional
c.
Menyu
sun
instrume
Kriteria:
Pedoman
Penskoran
(Marking
Scheme)

Bentuk Non Tes:
-Meringkas
materi
-Kuis
- Ceramah
- Self-Learning
(V- Class)
- Tugas
- Diskusi
- Praktik

E-learning, Zoom
Meeting, atau Google
Classroom
Variabel, d efinisi
operasional dan instrumen
penelitian
10

10, 11 Melakukan
teknik pengumpulan
dan analisis data
a. Menjelaskan
teknik
pengumpulan
data
b. Menjelaskan
teknik analisis data
Kriteria:
Pedoman
Penskoran
(Marking
Scheme)

Bentuk Non Tes:
-Meringkas
materi
-Kuis
- Ceramah
- Self-Learning
(V- Class)
- Tugas
- Diskusi
- Praktik

E-learning, Zoom
Meeting, atau Google
Classroom
Teknik Pengumpulan data
dan analisis data
10
12,13 Melakukan
analisis data dengan
SPSS
Mempraktikan
pengelolaan/analisis
data dengan SPSS
Kriteria:
Pedoman
Penskoran
(Marking
Scheme)

Bentuk Non Tes:
-Meringkas
materi
-Kuis
- Ceramah
- Self-Learning
(V- Class)
- Tugas
- Diskusi
- Praktik
E-learning, Zoom
Meeting, atau Google
Classroom
Praktik
Pengelolahan/analisis data
dengan SPSS
10
14 Menyusun
proposal penelitian
dan Publikasi Ilmiah
a. Menjelaskan
teknik
penyajian data,
b. Melakukan
penyajian
data
c. Menyusun laporan
penelitian/publika
s i ilmiah
Kriteria:
Pedoman
Penskoran
(Marking
Scheme)

Bentuk Non Tes:
-Meringkas
materi
-Kuis
- Ceramah
- Self-Learning
(V- Class)
- Tugas
- Diskusi
- Praktik

E-learning, Zoom
Meeting, atau Google
Classroom
Teknik penyajian data dam
penyusunan laporan
penelitian (publikasi
ilmiah)
10

*) Catatan: pembagian alokasi waktu disesuaikan dengan bentuk perkuliahan/pembelajaran MK per minggu: (a) TM = tatap muka 50’; BT = Belajar/Tugas terstruktur 60’;
BM = belajar mandiri 60’; (b) P = Praktikum: 170’ dan (c) Seminar: TM -100’; BM – 70’)


Mengatahui:
Ketua Program Studi,



Aries Chandra Ananditha
Surabaya, 22 Februari 2021
Dosen PJMK,



Dr. A. Aziz Alimul H., S.Kep., NS., M.Kes