SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SPMI- UNDIP SAP 10.05.03 012
Revisi ke : 2
Tanggal : 1 September 2014
Dikaji Ulang Oleh : Ketua Jurusan Ilmu Gizi
Dikendalikan Oleh : GPM Ilmu Gizi
Disetujui Oleh : Dekan Fakultas Kedokteran
UNIVERSITAS DIPONEGORO SPMI-UNDIP/SAP/10.05.03/012 Disetujui Oleh
Dekan
Fak. Kedokteran
Revisi ke
2
Tanggal
1 September 2014
Satuan Acara Pembelajaran
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)
Disetujui oleh
Dekan
Fak.
Kedokteran
Revisi ke:
2
Tanggal:
1 September
2014
SPMI-UNDIP/SAP/10.05.03/012
Mata Kuliah : Biomedik I
Kode/ Bobot : KUG202 / 4 sks
Pertemuan ke : 1 (satu)
A. Kompetensi :
1. Standar Kompetensi : Mahasiswa memahami dasar-dasar anatomi dan fisiologi manusia.
2. Kompetensi Dasar : Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa semester 3 Prodi Imlu
Gizi FK UNDIP dapat memahami anatomi dan fisiologi manusia dalam konteks
gizi.
3. Indikator : Mahasiswa mampu menjelaskan anatomi manusia minimal 80 % benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan fisiologi sistem organ manusia minimal 80 %
benar.
B. Pokok Bahasan : Dasar-dasar anatomi dan fisiologi manusia
C. Sub Pokok Bahasan : Definisi ilmu anatomi
Definisi ilmu fisiologi
Struktur masing-masing sistem organ.
Fungsi masing-masing sistem organ
Konsep homeostasis
D. Kegiatan Pembelajaran :
1 2 3 4 5 6 7
No Tahap Metoda Pembelajaran
Aktivitas belajar
mahasiswa
Media dan Alat
Pembelajaran
Soft Skill Waktu
1.
Penda
huluan
Ceramah
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan
tentang cakupan materi yang
akan dibahas pada
pertemuan ke-1, hubungan
materi tsb dengan materi lain
dan kompetensi apa yang
akan dicapai mahasiswa
setelah mengikuti
perkuliahan ke-1.
Mahasiswa diberi
kesempatan bertanya
LCD + Laptop
White board
Kedisiplinan
Kemauan
belajar
mendengar
10
mnt
2.
Penya
jian
Ceramah, Small Group
Discussion,Discovery Learning,
Self-Directed-Learning
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan
tentang definisi, tujuan dan
ruang lingkup Biomedik I
Mahasiswa diberikan
kesempatan berdiskusi dan
presentasi setelah diberikan
pertanyaan tentang anatomi
dan fisiologi manusia
LCD + Laptop
White board
Kreativitas
Mendengark
an
Berpikir
kritis
Berargumen
tasi logis
170
mnt
Mahasiswa diberikan
kesempatan
menjawab/memberikan
pendapatnya setelah
melakukan diskusi.
3.
Penu
tupan
Small Group
Discussion,Discovery Learning,
Self-Directed-Learning
Mahasiswa mengerjakan tes
formatif yang diberikan dosen
berupa pertanyaan seputar
pertemuan ke-1
Mahasiswa berdiskusi
bersama dosen mengenai
materi yang belum dimengerti
(kurang jelas)
Mahasiswa menjelaskan
rangkuman materi yang
dipelajari pada pertemuan
ke-1
Mahasiwa mendapatkan
gambaran materi untuk
pertemuan selanjutnya
LCD + Laptop
White board
Komunikasi
Berargumen
tasi logis
20
mnt
E. Evaluasi
:
Instrumen yang digunakan adalah jawaban mahasiswa pada saat diberikan pertanyaan dan
tanggapan mahasiswa atas jawaban mahasiswa lain
F. Referensi
:
1. Martini, Fundamentals of Anatomy and Physiology, 5ed. Prentice Hall, New Jersey.
2. Standring, 2014, Gray’s Anatomy,40th ed, Elsevier.
3. Hansen, Netter’s Atlas of Human Physiology, 1st ed, Saunders.
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)
Disetujui oleh
Dekan
Fak.
Kedokteran
Revisi ke:
2
Tanggal:
1 September
2014
SPMI-UNDIP/SAP/10.05.03/012
Mata Kuliah : Biomedik I
Kode/ Bobot : KUG202 / 4 sks
Pertemuan ke : 2 (dua)
A. Kompetensi :
1. Standar Kompetensi : Setelah menyelesaikan Mata Mahasiswa mampu memahami konsep biologi sel
2. Kompetensi Dasar : Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa semester 3 Prodi Imlu
Gizi FK UNDIP dapat memahami anatomi dan fisiologi di tingkat seluler manusia
dalam konteks gizi.
3. Indikator : Mahasiswa mampu menjelaskan struktur sel prokariotik dan eukariotik
minimal 80% benar
Mahasiswa mampu menjelaskan truktur dan fungsi dinding sel dan membran
plasma minimal 80% benar
Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antar sel minimal 80% benar
Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi organel RE
minimal 80% benar
Mahasiswa mampu menjelaskan Struktur dan fungsi Badan Golgi minimal
80% benar
Mahasiswa dapat menjelaskan Struktur dan fungsi organel mitokondria
minimal 80% benar
Mahasiswa dapat menjelaskan Struktur dan fungsi organel lisosom minimal
80% benar
Mahasiswa dapat menjelaskan Struktur dan fungsi inti sel minimal 80% benar
Mahasiswa dapat menjelaskan Struktur dan fungsi sitoskeleton sel minimal
80% benar
Mahasiswa dapat menjelaskan Pembelahan, pertumbuhan, dan diferensiasi
sel minimal 80% benar
B. Pokok Bahasan : Biologi sel
C. Sub Pokok Bahasan : Struktur sel prokariotik dan eukariotik.
Struktur dan fungsi dinding sel dan membran plasma
Hubungan antar sel
Struktur dan fungsi organel RE
Struktur dan fungsi Badan Golgi
Struktur dan fungsi organel Mitokondria
Struktur dan fungsi Lisosom
Struktur dan fungsi Inti Sel
Struktur dan fungsi Sitoskeleton
Pembelahan, pertumbuhan, dan diferensiasi sel
D. Kegiatan Pembelajaran :
1 2 3 4 5 6 7
No Tahap Metoda Pembelajaran
Aktivitas belajar
mahasiswa
Media dan Alat
Pembelajaran
Soft Skill Waktu
1.
Penda
huluan
Ceramah
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan
tentang cakupan materi yang
akan dibahas pada
pertemuan ke-2, hubungan
materi tsb dengan materi lain
dan kompetensi apa yang
akan dicapai mahasiswa
setelah mengikuti
perkuliahan ke-2.
Mahasiswa diberi
kesempatan bertanya
LCD + Laptop
White board
Kedisiplin
an
Kemau an
bela jar
mendeng
ar
10 mnt
2.
Penya
jian
Ceramah, Small Group
Discussion,Discovery Learning,
Self-Directed-Learning
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan
tentang materi bilogi sel
Mahasiswa diberikan
kesempatan berdiskusi dan
presentasi tentang organel
sel
Mahasiswa diberikan
kesempatan
menjawab/memberikan
pendapatnya setelah
melakukan diskusi.
LCD + Laptop
White board
Kreativita
s
Mendeng
arkan
Berpikir
kritis
Berargum
entasi
logis
170
mnt
3.
Penu
tupan
Group Discussion,Discovery
Learning, Self-Directed-Learning
Mahasiswa mengerjakan tes
formatif yang diberikan dosen
berupa pertanyaan seputar
pertemuan ke-2
Mahasiswa berdiskusi
bersama dosen mengenai
materi yang belum dimengerti
(kurang jelas)
Mahasiswa menjelaskan
rangkuman materi yang
dipelajari pada pertemuan
ke-2
Mahasiwa mendapatkan
gambaran materi untuk
pertemuan selanjutnya
LCD + Laptop
White board
Komunika
si
Berargum
entasi
logis
20 mnt
E. Evaluasi
:
Instrumen yang digunakan adalah jawaban mahasiswa pada saat diberikan pertanyaan dan
tanggapan mahasiswa atas jawaban mahasiswa lain.
F. Referensi
:
1. Martini, Fundamentals of Anatomy and Physiology, 5ed. Prentice Hall, New Jersey.
2. Standring, 2014, Gray’s Anatomy,40th ed, Elsevier.
3. Hansen, Netter’s Atlas of Human Physiology, 1st ed, Saunders.
4. Lodish, Molecular Cell Biology, 4th ed, Freeman.
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)
Disetujui oleh
Dekan
Fak.
Kedokteran
Revisi ke:
2
Tanggal:
1 September
2014
SPMI-UNDIP/SAP/10.05.03/012
Mata Kuliah : Biomedik I
Kode/ Bobot : KUG202 / 4 sks
Pertemuan ke : 3 (tiga)
A. Kompetensi :
1. Standar Kompetensi : Mahasiswa memahami tentang struktur dan fungsi sistem imun manusia
2. Kompetensi Dasar : Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa semester 3 Program Studi Ilmu
Gizi FK UNDIP diharapkan akan dapat menjelaskan dasar-dasar sistem imun
manusia.
3. Indikator : Mahasiswa mampu menjelaskan definisi sistem imun minimal 80% benar
Mahasiswa mampu menjelaskan komponen sel imun minimal 80% benar
Mahasiswa mampu menjelaskan respon imun innate dan adaptive minimal
80% benar
Mahasiswa mampu menjelaskan antibodi, antigen, dan pengenalan antigen
minimal 80% benar
Mahasiswa mampu menjelaskan mekanisme kerja sistem imun minimal 80%
benar
Mahasiswa mampu menjelaskan mekanisme eleminasi agen infeksi dengan
sistem imun minimal 80% benar
B. Pokok Bahasan : Dasar-dasar sistem imun
C. Sub Pokok Bahasan : Definisi sistem imun
Komponen sel imun
Respon imun innate dan adaptive
Antibodi, antigen, dan pengenalan antigen
Mekanisme kerja sistem imun
Mekanisme eleminasi agen infeksi dengan sistem imun
D. Kegiatan Pembelajaran :
1 2 3 4 5 6 7
No Tahap Metoda Pembelajaran
Aktivitas belajar
mahasiswa
Media dan Alat
Pembelajaran
Soft Skill Waktu
1.
Penda
huluan
Ceramah
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan
tentang cakupan materi yang
akan dibahas pada
pertemuan ke-3, manfaat dan
hubungan materi tsb dengan
materi lain
Mahasiswa mengetahui
kompetensi apa yang akan
dicapai mahasiswa setelah
mengikuti perkuliahan ke-3
Mahasiswa diberi
kesempatan bertanya
LCD + Laptop
White board
Kedisiplin
an
Kemau an
bela jar
mendeng
ar
10 mnt
2.
Penya
jian
Ceramah, Small Group
Discussion,Discovery Learning,
Self-Directed-Learning
Mahasiswa
mempresentasikan materi
tentang dasar-dasar sistem
imun manusia
Mahasiswa diberikan
kesempatan
berdiskusi/bertanya/memberi
kan pendapatnya setelah
dilakukan penyajian.
LCD + Laptop
White board
Mahasiswa
membawa laptop
Kreativita
s
Mendeng
arkan
Berpikir
kritis
Berargum
entasi
logis
170
mnt
3.
Penu
tupan
Group Discussion,Discovery
Learning, Self-Directed-Learning
mahasiswa mendengarkan
umpan balik yang
disampaikan dosen atas hasil
diskusi/pendapat mahasiswa
Mahasiswa berdiskusi
bersama dosen mengenai
materi yang belum dipahami
(kurang jelas)
Mahasiswa menjelaskan
rangkuman materi yang
dipelajari pada pertemuan
ke-3 dan 4
Mahasiwa mendapatkan
gambaran materi untuk
pertemuan selanjutnya
LCD + Laptop
White board
Komunika
si
Berargum
entasi
logis
20 mnt
E. Evaluasi
:
Instrumen yang digunakan adalah jawaban mahasiswa pada saat diberikan pertanyaan dan
tanggapan mahasiswa atas jawaban temannya.
F. Referensi
:
1. Martini, Fundamentals of Anatomy and Physiology, 5ed. Prentice Hall, New Jersey.
2. Standring, 2014, Gray’s Anatomy,40th ed, Elsevier.
3. Hansen, Netter’s Atlas of Human Physiology, 1st ed, Saunders.
4. Abbas, Cellular and Molecular Immunology, 5th ed, 2005, Saunders.
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)
Disetujui oleh
Dekan
Fak.
Kedokteran
Revisi ke:
2
Tanggal:
1 September
2014
SPMI-UNDIP/SAP/10.05.03/012
Mata Kuliah : Biomedik I
Kode/ Bobot : KUG202 /4 sks
Pertemuan ke : 4 (empat)
A. Kompetensi :
1. Standar Kompetensi : Mahasiswa mengerti mengenai komponen dan cara kerja sistem pertahanan
bawaan / innate immunity
2. Kompetensi Dasar : Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa semester 3 Program Studi Ilmu
Gizi FK UNDIP diharapkan akan dapat menjelaskan komponen dan cara kerja
sistem pertahanan bawaan / innate immunity.
3. Indikator : Mahasiswa mampu menjelaskan komponen innate imunity minimal 80%
benar
Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja komponen innate imunity minimal
80% benar
B. Pokok Bahasan : Innate immunity
C. Sub Pokok Bahasan : Komponen innate immunity
Cara kerja masing-masing komponen innate
D. Kegiatan Pembelajaran :
1 2 3 4 5 6 7
No Tahap Metoda Pembelajaran
Aktivitas belajar
mahasiswa
Media dan Alat
Pembelajaran
Soft Skill Waktu
1.
Penda
huluan
Ceramah
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan
tentang cakupan materi yang
akan dibahas pada
pertemuan ke-4, hubungan
materi tsb dengan materi lain
dan kompetensi apa yang
akan dicapai mahasiswa
setelah mengikuti
perkuliahan ke-4.
Mahasiswa diberi
kesempatan bertanya
LCD + Laptop
White board
Kedisiplin
an
Kemau an
bela jar
mendeng
ar
10 mnt
2.
Penya
jian
Ceramah, Small Group
Discussion,Discovery Learning,
Self-Directed-Learning
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan
tentang innate immunity
Mahasiswa diberikan
kesempatan berdiskusi dan
presentasi materi tersebut
Mahasiswa diberikan
kesempatan
menjawab/memberikan
pendapatnya setelah
melakukan diskusi.
LCD + Laptop
White board
Kreativita
s
Mendeng
arkan
Berpikir
kritis
Berargum
entasi
logis
170
mnt
3.
Penu
tupan
Group Discussion,Discovery
Learning, Self-Directed-Learning
Mahasiswa mengerjakan tes
formatif yang diberikan dosen
berupa pertanyaan seputar
pertemuan ke-4
Mahasiswa berdiskusi
bersama dosen mengenai
materi yang belum dimengerti
(kurang jelas)
Mahasiswa menjelaskan
rangkuman materi yang
dipelajari pada pertemuan
ke-5
Mahasiwa mendapatkan
gambaran materi untuk
pertemuan selanjutnya
LCD + Laptop
White board
Komunika
si
Berargum
entasi
logis
20 mnt
E. Evaluasi
:
Instrumen yang digunakan adalah jawaban mahasiswa pada saat diberikan pertanyaan dan
tanggapan mahasiswa atas jawaban temannya
F. Referensi
:
1. Martini, Fundamentals of Anatomy and Physiology, 5ed. Prentice Hall, New Jersey.
2. Standring, 2014, Gray’s Anatomy,40th ed, Elsevier.
3. Hansen, Netter’s Atlas of Human Physiology, 1st ed, Saunders.
4. Abbas, Cellular and Molecular Immunology, 5th ed, 2005, Saunders.
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)
Disetujui oleh
Dekan
Fak.
Kedokteran
Revisi ke:
2
Tanggal:
1 September
2014
SPMI-UNDIP/SAP/10.05.03/012
Mata Kuliah : Gizi Daur Kehidupan I
Kode/ Bobot : KUG202 / 4 sks
Pertemuan ke : 5 (lima)
A. Kompetensi :
1. Standar Kompetensi : Mahasiswa mengerti mengenai komponen dan cara kerja sistem pertahanan
adaptif / adaptive immunity
2. Kompetensi Dasar : Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa semester 3 Program Studi Ilmu
Gizi FK UNDIP diharapkan akan dapat menjelaskan komponen dan cara kerja
sistem pertahanan adaptif / adaptive immunity.
3. Indikator : Mahasiswa mampu menjelaskan komponen adaptive imunity minimal
80% benar
Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja komponen adaptive
imunity minimal 80% benar
B. Pokok Bahasan : Adaptive immunity
C. Sub Pokok Bahasan : Komponen adaptive immunity
Cara kerja masing-masing komponen adaptive
D. Kegiatan Pembelajaran :
1 2 3 4 5 6 7
No Tahap Metoda Pembelajaran Aktivitas belajar mahasiswa
Media dan Alat
Pembelajaran
Soft Skill Waktu
1.
Penda
huluan
Ceramah
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan
tentang cakupan materi yang
akan dibahas pada pertemuan
ke-5, manfaat dan hubungan
materi tsb dengan materi lain
Mahasiswa mengetahui
kompetensi apa yang akan
dicapai mahasiswa setelah
mengikuti perkuliahan ke-5
Mahasiswa diberi kesempatan
bertanya
LCD + Laptop
White board
Kedisiplin
an
Kemau an
bela jar
mendeng
ar
10 mnt
2.
Penya
jian
Ceramah, Small Group
Discussion,Discovery Learning,
Self-Directed-Learning
Mahasiswa diskusi dan
mempresentasikan materi
tersebut
Mahasiswa diberikan
kesempatan
berdiskusi/bertanya/memberika
n pendapatnya setelah
dilakukan penyajian.
LCD + Laptop
White board
Mhs bisa
membawa laptop
Kreativita
s
Mendeng
arkan
Berpikir
kritis
Berargum
entasi
logis
170
mnt
3.
Penu
tupan
Group Discussion,Discovery
Learning, Self-Directed-
mahasiswa mendengarkan
umpan balik yang disampaikan
LCD + Laptop
White board
Komunika
si
20 mnt
Learning dosen atas hasil
diskusi/pendapat mahasiswa .
Mahasiswa berdiskusi bersama
dosen mengenai materi yang
belum dipahami (kurang jelas)
Mahasiswa menjelaskan
rangkuman materi yang
dipelajari pada pertemuan ke-5
Mahasiwa mendapatkan
gambaran materi untuk
pertemuan selanjutnya
Berargum
entasi
logis
E. Evaluasi
:
Instrumen yang digunakan adalah jawaban mahasiswa pada saat diberikan pertanyaan dan
tanggapan mahasiswa atas jawaban temannya
F. Referensi
:
1. Martini, Fundamentals of Anatomy and Physiology, 5ed. Prentice Hall, New Jersey.
2. Standring, 2014, Gray’s Anatomy,40th ed, Elsevier.
3. Hansen, Netter’s Atlas of Human Physiology, 1st ed, Saunders.
4. Abbas, Cellular and Molecular Immunology, 5th ed, 2005, Saunders.
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)
Disetujui oleh
Dekan
Fak.
Kedokteran
Revisi ke:
2
Tanggal:
1 September
2014
SPMI-UNDIP/SAP/10.05.03/012
Mata Kuliah : Biomedik I
Kode/ Bobot : KUG202 / 4 sks
Pertemuan ke : 6 (enam)
A. Kompetensi :
1. Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami anatomi dan fisiologi sistem muskuluskeletal.
2. Kompetensi Dasar : Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa semester 3Program Studi Ilmu
Gizi FK UNDIP diharapkan akan dapat menjelaskan struktur dan fungsi sistem
muskuloskleletal
3. Indikator : Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan jenis otot dan rangka minimal
80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan anatomi mikroskopis otot dan rangka
minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan mekanisme kontraksi minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan zat gizi yang terkait dengan kinerja otot
dan rangka minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan peran otot dan rangka dalam homeostasis
minimal 80% benar.
B. Pokok Bahasan : Sistem muskuloskeletal
C. Sub Pokok Bahasan : Fungsi dan jenis otot
Anatomi mikroskopis otot
Mekanisme kontraksi
Zat gizi yang terkait dengan kinerja otot
Peran otot dalam homeostasis
Fungsi dan jenis tulang
Pertumbuhan dan perkembangan tulang
Rangka aksial, apendikular, persendian
Zat gizi yang terkait dengan kinerja tulang
Peran tulang dalam homeostasis
D. Kegiatan Pembelajaran :
1 2 3 4 5 6 7
No Tahap Metoda Pembelajaran Aktivitas belajar mahasiswa
Media dan Alat
Pembelajaran
Soft Skill Waktu
1.
Penda
huluan
Ceramah
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan
tentang cakupan materi yang
akan dibahas pada pertemuan
ke-6, hubungan materi tsb
dengan materi lain dan
kompetensi apa yang akan
dicapai mahasiswa setelah
mengikuti perkuliahan ke-9.
LCD + Laptop
White board
Kedisiplin
an
Kemau an
bela jar
mendeng
ar
10 mnt
Mahasiswa diberi kesempatan
bertanya
2.
Penya
jian
Ceramah, Small Group
Discussion,Discovery Learning,
Self-Directed-Learning
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan
tentang peran gizi pada bayi
Mahasiswa diberikan
kesempatan berdiskusi dan
presentasi terkait materi
tersebut
Mahasiswa diberikan
kesempatan
menjawab/memberikan
pendapatnya setelah
melakukan diskusi.
LCD + Laptop
White board
Kreativita
s
Mendeng
arkan
Berpikir
kritis
Berargum
entasi
logis
170
mnt
3.
Penu
tupan
Group Discussion,Discovery
Learning, Self-Directed-
Learning
Mahasiswa mengerjakan tes
formatif yang diberikan dosen
berupa pertanyaan seputar
pertemuan ke-6
Mahasiswa berdiskusi bersama
dosen mengenai materi yang
belum dimengerti (kurang jelas)
Mahasiswa menjelaskan
rangkuman materi yang
dipelajari pada pertemuan ke-6
Mahasiwa mendapatkan
gambaran materi untuk
pertemuan selanjutnya
LCD + Laptop
White board
Komunika
si
Berargum
entasi
logis
20 mnt
E. Evaluasi
:
Instrumen yang digunakan adalah jawaban mahasiswa pada saat diberikan pertanyaan dan
tanggapan mahasiswa atas jawaban temannya serta menu yang telah disusun
F. Referensi
:
1. Martini, Fundamentals of Anatomy and Physiology, 5ed. Prentice Hall, New Jersey.
2. Standring, 2014, Gray’s Anatomy,40th ed, Elsevier.
3. Hansen, Netter’s Atlas of Human Physiology, 1st ed, Saunders.
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)
Disetujui oleh
Dekan
Fak.
Kedokteran
Revisi ke:
2
Tanggal:
1 September
2014
SPMI-UNDIP/SAP/10.05.03/012
Mata Kuliah : Biomedik I
Kode/ Bobot : KUG202 / 4 sks
Pertemuan ke : 7 (tujuh)
A. Kompetensi :
1. Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami anatomi dan fisiologi sistem kardiovaskuler
2. Kompetensi Dasar : Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa semester 3 Program Studi Ilmu
Gizi FK UNDIP diharapkan akan dapat menjelaskan system kardiovaskuler
manusia
3. Indikator : Mahasiswa mampu menjelaskan lokasi dan fungsi jantung minimal 80%
benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan anatomi dinding dan pelindung jantung
minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan Ruang dan katup jantung minimal 80%
benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan sirkulasi coroner minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan sistem konduksi jantung minimal 80%
benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan siklus dan bunyi jantung minimal 80%
benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan cardiac output dan pengaturan detak
jantung minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis, struktur, dan fungsi pembulh darah
minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan pengaturan tekanan darah minimal 80%
benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan sirkuit peredaran darah minimal 80%
benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan jalur sirkulasi khusus: liver, otak, janin
minimal 80% benar.
B. Pokok Bahasan : Sistem kardiovaskuler
C. Sub Pokok Bahasan : Lokasi dan fungsi jantung
Anatomi dinding dan pelindung jantung
Ruang dan katup jantung
Sirkulasi koroner
Sistem konduksi jantung
Siklus dan bunyi jantung
Cardiac output dan pengaturan detak jantung
Jenis, struktur, dan fungsi pembuluh darah
Pengaturan tekanan darah
Sirkuit peredaran darah
Jalur sirkulasi khusus: liver, otak, dan janin
D. Kegiatan Pembelajaran :
1 2 3 4 5 6 7
No Tahap Metoda Pembelajaran Aktivitas belajar mahasiswa
Media dan Alat
Pembelajaran
Soft Skill Waktu
1.
Penda
huluan
Ceramah
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan
tentang cakupan materi yang
akan dibahas pada pertemuan
ke-7, manfaat dan hubungan
materi tsb dengan materi lain
Mahasiswa mengetahui
kompetensi apa yang akan
dicapai mahasiswa setelah
mengikuti perkuliahan ke-7
Mahasiswa diberi kesempatan
bertanya
LCD + Laptop
White board
Kedisiplin
an
Kemau an
bela jar
mendeng
ar
10 mnt
2.
Penya
jian
Ceramah, Small Group
Discussion,Discovery Learning,
Self-Directed-Learning
Mahasiswa mempresentasikan
materi tersebut
Mahasiswa diberikan
kesempatan
berdiskusi/bertanya/memberika
n pendapatnya setelah
dilakukan penyajian.
LCD + Laptop
White board
Mhs bisa
membawa laptop
Kreativita
s
Mendeng
arkan
Berpikir
kritis
Berargum
entasi
logis
170
mnt
3.
Penu
tupan
Group Discussion,Discovery
Learning, Self-Directed-
Learning
Mahasiswa mendengarkan
umpan balik yang disampaikan
dosen atas hasil
diskusi/pendapat mahasiswa .
Mahasiswa berdiskusi bersama
dosen mengenai materi yang
belum dipahami (kurang jelas)
Mahasiswa menjelaskan
rangkuman materi yang
dipelajari pada pertemuan ke-
10
Mahasiwa mendapatkan
gambaran materi untuk
pertemuan selanjutnya
LCD + Laptop
White board
Komunika
si
Berargum
entasi
logis
20 mnt
E. Evaluasi
:
Instrumen yang digunakan adalah jawaban mahasiswa pada saat diberikan pertanyaan dan
tanggapan mahasiswa atas jawaban temannya.
F. Referensi
:
1. Martini, Fundamentals of Anatomy and Physiology, 5ed. Prentice Hall, New Jersey.
2. Standring, 2014, Gray’s Anatomy,40th ed, Elsevier.
3. Hansen, Netter’s Atlas of Human Physiology, 1st ed, Saunders.
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)
Disetujui oleh
Dekan
Fak.
Kedokteran
Revisi ke:
2
Tanggal:
1 September
2014
SPMI-UNDIP/SAP/10.05.03/012
Mata Kuliah : Biomedik I
Kode/ Bobot : KUG202 / 4 sks
Pertemuan ke : 8 (Delapan)
A. Kompetensi :
1. Standar Kompetensi : Memahami anatomi dan fisiologi sel darah dan sistem limfatik
2. Kompetensi Dasar : Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa semester 3 Studi Ilmu Gizi FK
UNDIP diharapkan akan dapat menjelaskan sel darah dan sistem limfatik
manusia
3. Indikator : Mahasiswa mampu menjelaskan komposisi darah minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan komposisi plasma dan fungsi spesifiknya
minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi hematopoetik stem cell minimal 80%
benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi sel darah merah dan
putih minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi platelet minimal 80%
benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan mekanisme koagulasi minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan golongan darah minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi sistem limfatik minimal
80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi sistem limfatik minimal
80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi organ limfatik primer
minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi organ limfatik sekunder
minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan sistem pembuluh dan sirkulasi limfatik
minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan peranan sistem limfatik dalam homeostasis
minimal 80% benar.
B. Pokok Bahasan : Sel darah dan sistem limfatik
C. Sub Pokok Bahasan : Komposisi darah
Komposisi plasma dan fungsi spesifiknya
Fungsi hematopoetik stem cell
Struktur dan fungsi sel darah merah dan putih
Struktur dan fungsi platelet
Mekanisme koagulasi
Golongan darah
Struktur dan fungsi sistem limfatik
Struktur dan fungsi organ limfatik primer
Struktur dan fungsi organ limfatik sekunder
Sistem pembuluh dan sirkulasi limfatik
Peranan sistem limfatik dalam homeostasis
D. Kegiatan Pembelajaran :
1 2 3 4 5 6 7
No Tahap Metoda Pembelajaran Aktivitas belajar mahasiswa
Media dan Alat
Pembelajaran
Soft Skill Waktu
1.
Penda
huluan
Ceramah
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan
tentang cakupan materi yang
akan dibahas pada pertemuan
ke-8, hubungan materi tsb
dengan materi lain dan
kompetensi apa yang akan
dicapai mahasiswa setelah
mengikuti perkuliahan ke-8.
Mahasiswa diberi kesempatan
bertanya
LCD + Laptop
White board
Kedisiplin
an
Kemau an
bela jar
mendeng
ar
10 mnt
2.
Penya
jian
Ceramah, Small Group
Discussion,Discovery Learning,
Self-Directed-Learning
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan
tentang materi tersebut
Mahasiswa diberikan
kesempatan berdiskusi dan
mempresentasikan materi sel
darah dan sistem limfatik
Mahasiswa diberikan
kesempatan
menjawab/memberikan
pendapatnya setelah
melakukan diskusi.
LCD + Laptop
White board
Kreativita
s
Mendeng
arkan
Berpikir
kritis
Berargum
entasi
logis
170
mnt
3.
Penu
tupan
Group Discussion,Discovery
Learning, Self-Directed-
Learning
Mahasiswa mengerjakan tes
formatif yang diberikan dosen
berupa pertanyaan seputar
pertemuan ke-8
Mahasiswa berdiskusi bersama
dosen mengenai materi yang
belum dimengerti (kurang jelas)
Mahasiswa menjelaskan
rangkuman materi yang
dipelajari pada pertemuan ke-8
Mahasiwa mendapatkan
gambaran materi untuk
pertemuan selanjutnya
LCD + Laptop
White board
Komunika
si
Berargum
entasi
logis
20 mnt
E. Evaluasi
:
Instrumen yang digunakan adalah jawaban mahasiswa pada saat diberikan pertanyaan dan
tanggapan mahasiswa atas jawaban temannya
F. Referensi
:
1. Martini, Fundamentals of Anatomy and Physiology, 5ed. Prentice Hall, New Jersey.
2. Standring, 2014, Gray’s Anatomy,40th ed, Elsevier.
3. Hansen, Netter’s Atlas of Human Physiology, 1st ed, Saunders.
4. Abbas, Cellular and Molecular Immunology, 5th ed, 2005, Saunders
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)
Disetujui oleh
Dekan
Fak.
Kedokteran
Revisi ke:
2
Tanggal:
1 September
2014
SPMI-UNDIP/SAP/10.05.03/012
Mata Kuliah : Biomedik I
Kode/ Bobot : KUG202 / 4 sks
Pertemuan ke : 9 (Sembilan)
A. Kompetensi :
1. Standar Kompetensi : Memahami anatomi dan fisiologi sistem respirasi manusia
2. Kompetensi Dasar : Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa semester 3V Program Studi Ilmu
Gizi FK UNDIP diharapkan akan dapat menjelaskan anatomi dan fisiologi sistem
respirasi manusia
3. Indikator : Mahasiswa mampu menjelaskan komponen dan fungsi sistem respirasi
minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan mekanisme pernapasan minimal 80%
benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan pertukaran gas dan transport minimal 80%
benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan peranan sistem respirasi dalam
homeostasis minimal 80% benar.
B. Pokok Bahasan : Sistem respirasi
C. Sub Pokok Bahasan : Komponen dan fungsi sistem respirasi
Mekanisme pernapasan
Pertukaran gas dan transport
Peranan sistem respirasi dalam homeostasis
D. Kegiatan Pembelajaran :
1 2 3 4 5 6 7
No Tahap Metoda Pembelajaran Aktivitas belajar mahasiswa
Media dan Alat
Pembelajaran
Soft Skill Waktu
1.
Penda
huluan
Ceramah
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan
tentang cakupan materi yang
akan dibahas pada pertemuan
ke-9, manfaat dan hubungan
materi tsb dengan materi lain
Mahasiswa mengetahui
kompetensi apa yang akan
dicapai mahasiswa setelah
mengikuti perkuliahan ke-9
Mahasiswa diberi kesempatan
bertanya
LCD + Laptop
White board
Kedisiplin
an
Kemau an
bela jar
mendeng
ar
10 mnt
2.
Penya
jian
Ceramah, Small Group
Discussion,Discovery Learning,
Self-Directed-Learning
Mahasiswa mempresentasikan
hasil studi lapangan mengenai
materi tersebut
Mahasiswa diberikan
kesempatan berdiskusi dan
presentasi materi tersebut.
LCD + Laptop
White board
Kreativita
s
Mendeng
arkan
Berpikir
kritis
Berargum
170
mnt
entasi
logis
3.
Penu
tupan
Group Discussion,Discovery
Learning, Self-Directed-
Learning
mahasiswa mendengarkan
umpan balik yang disampaikan
dosen atas hasil
diskusi/pendapat mahasiswa .
Mahasiswa berdiskusi bersama
dosen mengenai materi yang
belum dipahami (kurang jelas)
Mahasiswa menjelaskan
rangkuman materi yang
dipelajari pada pertemuan ke-9
Mahasiwa mendapatkan
gambaran materi untuk
pertemuan selanjutnya
LCD + Laptop
White board
Komunika
si
Berargum
entasi
logis
20 mnt
E. Evaluasi
:
Instrumen yang digunakan adalah jawaban mahasiswa pada saat diberikan pertanyaan dan
tanggapan mahasiswa atas jawaban temannya,
F. Referensi
:
1. Martini, Fundamentals of Anatomy and Physiology, 5ed. Prentice Hall, New Jersey.
2. Standring, 2014, Gray’s Anatomy,40th ed, Elsevier.
3. Hansen, Netter’s Atlas of Human Physiology, 1st ed, Saunders.
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)
Disetujui oleh
Dekan
Fak.
Kedokteran
Revisi ke:
2
Tanggal:
1 September
2014
SPMI-UNDIP/SAP/10.05.03/012
Mata Kuliah : Biomedik I
Kode/ Bobot : KUG202 / 4 sks
Pertemuan ke : 10 (Sepuluh) dan 11 (Sebelas)
A. Kompetensi :
1. Standar Kompetensi : Memahami anatomi dan fisiologi sistem digestif
2. Kompetensi Dasar : Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa semester 3 Program Studi Ilmu
Gizi FK UNDIP diharapkan akan dapat menjelaskan anatomi dan fisiologi sistem
digestif manusia
3. Indikator : Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi umum semua organ
pencernaan minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan proses digesti dan absorbsi berbagai zat
gizi pada setiap bagian saluran cerna
minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi organ digestif asesorius
minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip peristaltik minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan hormone yang berperan dalam proses
pencernaan minimal 80% benar.
B. Pokok Bahasan : Anatomi dan fisiologi sistem digestif
C. Sub Pokok Bahasan : Memahami struktur dan fungsi umum semua organ dalam saluran cerna
Memahami proses digesti dan absorbsi berbagai zat gizi pada setiap bagian
saluran cerna
Memahami struktur dan fungsi organ digestif asesorius
Memahami peristaltik
Memahami hormon yang berperan dalam proses pencernaan
D. Kegiatan Pembelajaran :
1 2 3 4 5 6 7
No Tahap Metoda Pembelajaran Aktivitas belajar mahasiswa
Media dan Alat
Pembelajaran
Soft Skill Waktu
1.
Penda
huluan
Ceramah
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan
tentang cakupan materi yang
akan dibahas pada pertemuan
ke-10 dan ke-11, hubungan
materi tsb dengan materi lain
dan kompetensi apa yang akan
dicapai mahasiswa setelah
mengikuti perkuliahan ke-10
dan ke-11.
Mahasiswa diberi kesempatan
bertanya
LCD + Laptop
White board
Kedisiplin
an
Kemau an
bela jar
mendeng
ar
10 mnt
2.
Penya
jian
Ceramah, Small Group
Discussion,Discovery Learning,
Self-Directed-Learning
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan materi
tersebut
Mahasiswa diberikan
kesempatan berdiskusi dan
presentasi materi tersebut
Mahasiswa diberikan
kesempatan
menjawab/memberikan
pendapatnya setelah
melakukan diskusi.
LCD + Laptop
White board
Kreativita
s
Mendeng
arkan
Berpikir
kritis
Berargum
entasi
logis
170
mnt
3.
Penu
tupan
Group Discussion,Discovery
Learning, Self-Directed-
Learning
Mahasiswa mengerjakan tes
formatif yang diberikan dosen
berupa pertanyaan seputar
pertemuan ke-10 dan ke-11
Mahasiswa berdiskusi bersama
dosen mengenai materi yang
belum dimengerti (kurang jelas)
Mahasiswa menjelaskan
rangkuman materi yang
dipelajari pada pertemuan ke-
10 dan ke-11
Mahasiwa mendapatkan
gambaran materi untuk
pertemuan selanjutnya
LCD + Laptop
White board
Komunika
si
Berargum
entasi
logis
20 mnt
E. Evaluasi
:
Instrumen yang digunakan adalah jawaban mahasiswa pada saat diberikan pertanyaan dan
tanggapan mahasiswa atas jawaban temannya,
F. Referensi
:
1. Martini, Fundamentals of Anatomy and Physiology, 5ed. Prentice Hall, New Jersey.
2. Standring, 2014, Gray’s Anatomy,40th ed, Elsevier.
3. Hansen, Netter’s Atlas of Human Physiology, 1st ed, Saunders.
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)
Disetujui oleh
Dekan
Fak.
Kedokteran
Revisi ke:
2
Tanggal:
1 September
2014
SPMI-UNDIP/SAP/10.05.03/012
Mata Kuliah : Biomedik I
Kode/ Bobot : KUG202 / 4 sks
Pertemuan ke : 12 (dua belas)
A. Kompetensi :
1. Standar Kompetensi : Setelah menyelesaikan Mata Kuliah ini Mahasiswa diharapkan akan mampu
memahami anatomi dan fisiologi liver dan kadung empedu manusia
2. Kompetensi Dasar : Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa semester 3 Program Studi Ilmu
Gizi FK UNDIP diharapkan akan dapat menjelaskan anatomi dan fsiologi liver
dan kandung empedu manusia
3. Indikator : Mahasiswa mampu menjelaskan anatomi dan fisiologi liver minimal 80%
benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan anatomi dan fisiologi kandung empedu
minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan pembentukan cairan empedu minimal 80%
benar.
B. Pokok Bahasan : Anatomi dan fisiologi hepar dan kandung empedu
C. Sub Pokok Bahasan : Anatomi dan fisiologi liver
Anatomi dan fisiologi kandung empedu
Pembentukan cairan empedu
D. Kegiatan Pembelajaran :
1 2 3 4 5 6 7
No Tahap Metoda Pembelajaran Aktivitas belajar mahasiswa
Media dan Alat
Pembelajaran
Soft Skill Waktu
1.
Penda
huluan
Ceramah
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan
tentang cakupan materi yang
akan dibahas pada pertemuan
ke-12, manfaat dan hubungan
materi tsb dengan materi lain
Mahasiswa mengetahui
kompetensi apa yang akan
dicapai mahasiswa setelah
mengikuti perkuliahan ke-12
Mahasiswa diberi kesempatan
bertanya
LCD + Laptop
White board
Kedisiplin
an
Kemau an
bela jar
mendeng
ar
10 mnt
2.
Penya
jian
Ceramah, Small Group
Discussion,Discovery Learning,
Self-Directed-Learning
Mahasiswa mempresentasikan
materi tersebut
Mahasiswa diberikan
kesempatan
berdiskusi/bertanya/memberika
n pendapatnya setelah
dilakukan penyajian.
LCD + Laptop
White board
Mhs bisa
membawa laptop
Kreativita
s
Mendeng
arkan
Berpikir
kritis
Berargum
170
mnt
entasi
logis
3.
Penu
tupan
Group Discussion,Discovery
Learning, Self-Directed-
Learning
Mahasiswa mendengarkan
umpan balik yang disampaikan
dosen atas hasil
diskusi/pendapat mahasiswa .
Mahasiswa berdiskusi bersama
dosen mengenai materi yang
belum dipahami (kurang jelas)
Mahasiswa menjelaskan
rangkuman materi yang
dipelajari pada pertemuan ke-
12
Mahasiwa mendapatkan
gambaran materi untuk
pertemuan selanjutnya
LCD + Laptop
White board
Komunika
si
Berargum
entasi
logis
20 mnt
E. Evaluasi
:
Instrumen yang digunakan adalah jawaban mahasiswa pada saat diberikan pertanyaan dan
tanggapan mahasiswa atas jawaban temannya,
F. Referensi
:
1. Martini, Fundamentals of Anatomy and Physiology, 5ed. Prentice Hall, New Jersey.
2. Standring, 2014, Gray’s Anatomy,40th ed, Elsevier.
3. Hansen, Netter’s Atlas of Human Physiology, 1st ed, Saunders.
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)
Disetujui oleh
Dekan
Fak.
Kedokteran
Revisi ke:
2
Tanggal:
1 September
2014
SPMI-UNDIP/SAP/10.05.03/012
Mata Kuliah : Biomedik I
Kode/ Bobot : KUG202 / 4 sks
Pertemuan ke : 13 (tiga belas)
A. Kompetensi :
1. Standar Kompetensi : Setelah menyelesaikan Mata Kuliah ini Mahasiswa diharapkan akan mampu
memahami anatomi dan fisiologi sistem saraf
2. Kompetensi Dasar : Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa semester 3 Program Studi Ilmu
Gizi FK UNDIP diharapkan akan dapat menjelaskanan anatomi dan fisiologi
sistem saraf
3. Indikator : Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi sistem saraf pusat
minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi sistem saraf tepi
minimal 80% benar.
B. Pokok Bahasan : Anatomi dan fisiologi sistem saraf
C. Sub Pokok Bahasan : Struktur dan fungsi sistem saraf pusat
Struktur dan fungsi sistem saraf tepi
D. Kegiatan Pembelajaran :
1 2 3 4 5 6 7
No Tahap Metoda Pembelajaran Aktivitas belajar mahasiswa
Media dan Alat
Pembelajaran
Soft Skill Waktu
1.
Penda
huluan
Ceramah
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan
tentang cakupan materi yang
akan dibahas pada pertemuan
ke-13, manfaat dan hubungan
materi tsb dengan materi lain
Mahasiswa mengetahui
kompetensi apa yang akan
dicapai mahasiswa setelah
mengikuti perkuliahan ke-13.
Mahasiswa diberi kesempatan
bertanya
LCD + Laptop
White board
Kedisiplin
an
Kemau an
bela jar
mendeng
ar
10 mnt
2.
Penya
jian
Ceramah, Small Group
Discussion,Discovery Learning,
Self-Directed-Learning
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan
mengenai materi tersebut
Mahasiswa dalam kelompok-
kelompok kecil berdiskusi dan
presentasi materi tersebut
Mahasiswa diberikan
kesempatan
berdiskusi/bertanya/memberikan
pendapatnya setelah dilakukan
penyajian.
LCD + Laptop
White board
Mhs bisa
membawa laptop
Kreativita
s
Mendeng
arkan
Berpikir
kritis
Berargum
entasi
logis
170
mnt
3. Penu Group Discussion,Discovery mahasiswa mendengarkan LCD + Laptop Komunika 20 mnt
tupan Learning, Self-Directed-
Learning
umpan balik yang disampaikan
dosen atas hasil
diskusi/pendapat mahasiswa .
Mahasiswa berdiskusi bersama
dosen mengenai materi yang
belum dipahami (kurang jelas)
Mahasiswa menjelaskan
rangkuman materi yang
dipelajari pada pertemuan ke-
13
Mahasiwa mendapatkan
gambaran materi untuk
pertemuan selanjutnya
White board
si
Berargum
entasi
logis
E. Evaluasi
:
Instrumen yang digunakan adalah jawaban mahasiswa pada saat diberikan pertanyaan/latihan dan
tanggapan mahasiswa atas jawaban temannya.
F. Referensi
:
1. Martini, Fundamentals of Anatomy and Physiology, 5ed. Prentice Hall, New Jersey.
2. Standring, 2014, Gray’s Anatomy,40th ed, Elsevier.
3. Hansen, Netter’s Atlas of Human Physiology, 1st ed, Saunders.
Martini,
Fundamentals of
Anatomy and
Physiology, 5ed.
Prentice Hall, New
Jersey.
Standring, 2014,
Gray’s
Anatomy,40th ed,
Elsevier.
Hansen, Netter’s
Atlas of Human
Physiology, 1st ed,
Saunders.
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)
Disetujui oleh
Dekan
Fak.
Kedokteran
Revisi ke:
2
Tanggal:
1 September
2014
SPMI-UNDIP/SAP/10.05.03/012
Mata Kuliah : Biomedik I
Kode/ Bobot : KUG202 / 4 sks
Pertemuan ke : 14 (empat belas)
A. Kompetensi :
1. Standar Kompetensi : Setelah menyelesaikan Mata Kuliah ini Mahasiswa diharapkan akan mampu
memahami anatomi dan fisiologi sistem endokrin
2. Kompetensi Dasar : Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa semester 3 Program Studi Ilmu
Gizi FK UNDIP diharapkan akan dapat menjelaskan anatomi dan fisiologi sistem
endokrin pada manusia
3. Indikator : Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian hormon minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi hipotalamus dan hipofisis
minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi tiroid dan paratiroid
minimal 80% benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi adrenal minimal 80%
benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi pankreas minimal 80%
benar.
Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi kelenjar endokrin minimal
80% benar.
B. Pokok Bahasan : Anatomi dan fisiologi sistem endokrin
C. Sub Pokok Bahasan : Pengertian hormon
Hipotalamus dan hipofisis
Tiroid dan paratiroid
Adrenal
Pankreas
Kelenjar endokrin lainnya
D. Kegiatan Pembelajaran :
1 2 3 4 5 6 7
No Tahap Metoda Pembelajaran Aktivitas belajar mahasiswa
Media dan Alat
Pembelajaran
Soft Skill Waktu
1.
Penda
huluan
Ceramah
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan
tentang cakupan materi yang
akan dibahas pada pertemuan
ke-14, manfaat dan hubungan
materi tsb dengan materi lain
Mahasiswa mengetahui
kompetensi apa yang akan
dicapai mahasiswa setelah
mengikuti perkuliahan ke-14.
Mahasiswa diberi kesempatan
bertanya
LCD + Laptop
White board
Kedisiplin
an
Kemau an
bela jar
mendeng
ar
10 mnt
2.
Penya
jian
Ceramah, Small Group
Discussion,Discovery Learning,
Self-Directed-Learning
Mahasiswa memperhatikan
tayangan dan penjelasan
tentang gangguan makan dan
masalah gizi yang terjadi pada
atlet
Mahasiswa diberikan
kesempatan berdiskusi dan
presentasi materi tersebut
Mahasiswa diberikan
kesempatan
menjawab/memberikan
pendapatnya setelah
melakukan diskusi.
LCD + Laptop
White board
Mhs bisa
membawa laptop
Kreativita
s
Mendeng
arkan
Berpikir
kritis
Berargum
entasi
logis
170
mnt
3.
Penu
tupan
Group Discussion,Discovery
Learning, Self-Directed-
Learning
Mahasiswa mengerjakan tes
formatif yang diberikan dosen
berupa pertanyaan seputar
pertemuan ke-14
Mahasiswa berdiskusi bersama
dosen mengenai materi yang
belum dimengerti (kurang jelas)
Mahasiswa menjelaskan
rangkuman materi yang
dipelajari pada pertemuan ke-
14
Mahasiwa mendapatkan
gambaran materi untuk
pertemuan selanjutnya
LCD + Laptop
White board
Komunika
si
Berargum
entasi
logis
20 mnt
E. Evaluasi
:
Instrumen yang digunakan adalah jawaban mahasiswa pada saat diberikan pertanyaan/latihan dan
tanggapan mahasiswa atas jawaban temannya.
F. Referensi
:
1. Martini, Fundamentals of Anatomy and Physiology, 5ed. Prentice Hall, New Jersey.
2. Standring, 2014, Gray’s Anatomy,40th ed, Elsevier.
3. Hansen, Netter’s Atlas of Human Physiology, 1st ed, Saunders.