82

DAFTAR PUSTAKA

Abbas, Baharuddin, Andi Halimah, Nursalam Nursalam, dan Lisnasari Andi
Mattoliang. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis
Multimedia.” Al asma : Journal of Islamic Education 2, no. 1 (31 Mei
2020): 97. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13380.

Amin, Mahrus. “Game Edukasi Pencegahan Covid-19 Berbasis Android Untuk
Usia 6-35 Tahun” 12 (2021).

Ariskasari, Dewi, dan Dona Dinda Pratiwi. “Pengembangan Modul Matematika
Berbasis Problem Solving pada Materi Vektor.” Desimal: Jurnal
Matematika 2, no. 3 (30 September 2019): 249 –58.
https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4454.

Baharuddin, Muhammad Rusli. “Konsep Pecahan dan Pendekatan Pembelajaran
Matematika Realistik” 3, no. 3 (2020): 7.

Batubara, Hamdan Husein, dan Dessy Noor Ariani. “Model Pengembangan Media
Pembelajaran Adaptif di Sekolah Dasar.” Muallimuna : Jurnal Madrasah
Ibtidaiyah 5, no. 1 (19 Oktober 2019): 33.
https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i1.2356.

Buckingham, David. “Media Education Goes Digital: An Introduction.” Learning,
Media and Technology 32, no. 2 (Juni 2007): 111 –19.
https://doi.org/10.1080/17439880701343006.

Divayana, Dewa Gede Hendra, P Wayan Arta Suyasa, dan Agus Adiarta.
“Pelatihan Pembuatan Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook Maker
Bagi Para Guru di SMK TI Udayana” 1, no. 2 (2018): 14.

Ekayani, Ni Luh Putu. “Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa,” t.t.

Fajarwati, Maharani Ika, dan Sony Irianto. “Pengembangan Media Animaker
Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Kalkulator di
Kelas IV SD UMP.” eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian
Pendidikan Dasar 5, no. 1 (30 Juni 2021): 1 –11.
https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.608.

Fajriah, Noor, dan Eef Asiskawati. “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam
Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan

83

Matematika Realistik di SMP.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan
Matematika 3, no. 2 (1 Oktober 2015).
https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.643.

Fauzan, Ahmad, Dick Slettenhaar, dan Tjeerd Plomp. “Traditional Mathematics
Education vs. Realistic Mathematics Education: Hoping for Changes,” t.t.

Femalia, Dwi Helga, dan Syafri Ahmad. “Pengembangan Media Pembelajaran
Berbasis Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Terhadap Keliling dan Luas
Persegi, Persegi Panjang, dan Segitiga Serta Hubungan Pangkat Dua
Dengan Akar Pangkat Dua Di Kelas Iv Sekolah Dasar” 4, no. 1 (2021): 11.

Ferdianto, Yogi, Nike Handayani, Nevita Falasyifa, dan Ahmad Faridh Ricky
Fahmy. “Implementasi Pendekatan STEAM dalam Pembelajaran
Matematika untuk Menyongsong Era Society 5.0,” t.t.

Fitriana, Hanny. “Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa,” 2010.

Fitriani, Nelly. “Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Dengan Self Confident Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan
Pendidikan Matematika Realistik.” Euclid 2, no. 2 (11 Juli 2015).
https://doi.org/10.33603/e.v2i2.368.

Handayani, Dewi, Muzanip Alperi, Sura Menda Ginting, dan Salastri Rohiat.
“Pelatihan Pembuatan Buku Digital Kvisoft Flipbook Maker Sebagai
Media Pembelajaran Bagi Guru,” 2020.

Harahap, Koiy Sahbudin. “Konsep Dasar Pembelajaran.” Journal of Islamic
Education El Madani 1, no. 1 (11 Januari 2022).
https://doi.org/10.55438/jiee.v1i1.13.
Harahap, Muhammad Syahril, Febriani Hastini Nasution, dan Nurhidaya Fithriyah
Nasution. “Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Science Technology
Engineering Art Mathematics (STEAM) Terhadap Kemampuan
Komunikasi Matematis.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan
Matematika 10, no. 2 (7 Juli 2021): 1053.
https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3633.

Huda, Nurul, Thoriq Zia Al Fariz, dan Eka Utari Handayani. “Pengembangan E-
book Bahasa Arab Dengan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Pada Siswa
Kelas XI Keagamaan MAN 1 Sleman.” Ijaz Arabi Journal of Arabic
Learning 4, no. 3 (30 Oktober 2021).
https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v4i3.12101.

Jeheman, Adrianus Akuila, Bedilius Gunur, dan Silfanus Jelatu. “Pengaruh
Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep

84

Matematika Siswa.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 8, no. 2
(1 Juni 2019): 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454.

Karo-Karo, Isran Rasyid, dan Rohani Rohani. “Manfaat Media Dalam
Pembelajaran.” AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika 7, no. 1 (29
Juni 2018). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778.

Kartikasari, Herlina Usman, Resi Ratna Suminar, dan Nuryani. “Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan STEAM di Sekolah Dasar.”
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD) 2, no. 3 (16
November 2022): 337–48. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i3.731.

Maimunah, Maimunah. “Metode Penggunaan Media Pembelajaran.” Al-Afkar :
Jurnal Keislaman & Peradaban 5, no. 1 (27 Desember 2016).
https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107.

Miftah, M. “Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran,” t.t.

Mulbar, Usman, dan Ahmad Zaki. “Design of Realistic Mathematics Education
on Elementary School Students.” Journal of Physics: Conference Series
1028 (Juni 2018): 012155. https://doi.org/10.1088/1742 -
6596/1028/1/012155.

Ng, Andrea, Sarika Kewalramani, dan Gillian Kidman. “Integrating and
Navigating STEAM (InSTEAM) in Early Childhood Education: An
Integrative Review and InSTEAM Conceptual Framework.” Eurasia
Journal of Mathematics, Science and Technology Education 18, no. 7 (25
Juni 2022): em2133. https://doi.org/10.29333/ejmste/12174.

Nurfadilah, Siti, dan Joko Siswanto. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada
Konsep Polimer dengan Pendekatan STEAM Bermuatan ESD Siswa SMA
Negeri 1 Bantarbolang.” Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian
dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran 14, no. 1 (25 Juni 2020): 45–
51. https://doi.org/10.26877/mpp.v14i1.5543.

Oktaviara, Rhesta Ayu. “Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook
Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan
Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar”
07 (2019).

Pane, Aprida, dan Muhammad Darwis Dasopang. “Belajar dan Pembelajaran” 03,
no. 2 (2017).

Pd, M, Dr Gunawan Adnan, dan Mohammad Adnan Latief. Penelitian Kuantitatif,
Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, t.t.

85

Puspitasari, Ripka Yuspin, dan Gamaliel Septian Airlanda. “Meta-Analisis
Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap
Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 2 (30 Maret
2021): 1094–1103. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878.

Putra, Dede Dwiansyah, Ardo Okilanda, Arisman Arisman, Muhsana El Cintami
Lanos, Siti Ayu Risma Putri, Mutiara Fajar, Hikmah Lestari, dan Sugar
Wanto. “Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall.”
Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan 3, no. 1 (28 Mei
2020): 46. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340.

Putri, Meida Afina, Cahyorini Wulandari, dan Annisa Rizky Febriastuti.
“Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEAM Berbahan Loose Parts
Dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 pada Ank Usia Dini,” no.
2 (2021).
Rasyid, Magfirah, Andi Asmawati Azis, dan Andi Rahmat Saleh. “Pengembangan
Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Konsep Sistem Indera
Pada Siswa Kelas XI SMA,” t.t.

Rusli, Mulyadi, dan Louis Antonius. “Meningkatkan Kognitif Siswa SMAN I
Jambi Melalui Modul Berbasis E-Book Kvisoft Flipbook Maker.” Jurnal
Sistem Komputer dan Informatika (JSON) 1, no. 1 (11 September 2019):
59. https://doi.org/10.30865/json.v1i1.1397.

Safiah, Intan. “Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran
Berbasis Tekonologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SD Negeri 16
Banda Aceh” 2 (2017).

Saputro, Rujianto Eko, dan Dhanar Intan Surya Saputra. “Pengembangan Media
Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan
Teknologi Augmented Reality.” Jurnal Buana Informatika 6, no. 2 (1 Mei
2015). https://doi.org/10.24002/jbi.v6i2.404.

Saralee, Adelweiss. “Pengembangan Media Kvisoft Flipbook Maker Berbasis
Pendekatan Santifik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD”
08 (2022): 8.

Sari, Ninit Permata. “Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis
Steam di Sekolah Dasar,” 2020, 13.

Setiyo, Edi, Zulhermanan Zulhermanan, dan Harlin Harlin. “Pengembangan
Media Pembelajaran Berbasis Flash Flip Book pada Mata Kuliah Elemen
Mesin 1 di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas
Sriwijaya.” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi 18, no. 1
(16 April 2018): 1–6. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.171.

86

Sholeh, Sholeh. “Pendidikan dalam Al-Qur’an (Konsep Ta’lim QS. Al-Mujadalah
ayat 11).” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1, no. 2 (24
Agustus 2017): 206 –22.
https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).633.

Suganda, Maman Sri, dan Syariful Fahmi. “Pengembangan Media Pembelajaran
Berbasis Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar,” t.t.

Suherman, Suherman. “Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah
Matematika Materi Pola Bilangan Dengan Pendekatan Matematika
Realistik (PMR).” Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 1 (20
Juni 2015): 81–90. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.57.

Supianti, In In. “Pemanfataan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam
Pembelajaran Matematika.” MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan
Pengajaran 4, no. 1 (20 April 2018): 63 –70.
https://doi.org/10.30653/003.201841.44.

Unaradjan, Dominikus Dolet. Metode Penelitian Kuantitatif. 2019 ed. Jakarta:
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, t.t. Diakses 18 Februari 2023.

UU RI nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Selatan: Transmedia Pustaka, 2007.

Wibowo, Edi, dan Dona Dinda Pratiwi. “Pengembangan Bahan Ajar
Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan.”
Desimal: Jurnal Matematika 1, no. 2 (31 Mei 2018): 147.
https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279.

Wulandari, Ni Putu Rizky, Nyoman Dantes, dan Putu Aditya Antara. “Pendekatan
Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.” Jurnal Ilmiah
Sekolah Dasar 4, no. 2 (3 Juni 2020): 131.
https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103.

Yudela, Shintia, Aan Putra, dan Laswadi Laswadi. “Pengembangan Media
Pembelajaran Matematika Berbasis YouTube Pada Materi Perbandingan
Trigonometri.” Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
2, no. 6 (30 November 2020): 526 –39.
https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.7089.

Yusuf, Munir. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus
IAIN, 2018.

Yusuf, Prof. Dr. A. Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan
Penelitian Gabungan. Pertama. Jakarta: Katalog Dalam Terbitan, 2017.