1
PE L A KS ANAAN PROGRA M L AYANA N B IMB INGAN DAN KON S E L ING
DIS E KOL AH
Oleh ,
S ri Mutia
1
Abstrak
Manajemen me rupakan salah satu faktor p enentu kebe rhasilan s uatu ke giatan,
keberhasilan pel aksana a n bimbingan dan konseling san gat ter gantung pa da manajemen
guru bimbingan dan kon seling di s ekolah. man ajemen guru bimbin gan d a n konseling di
S ekolah Membutu hkan perenc ana an, pelaksan aa n, evaluasi, dan pen gaw asan terutama
terhadap p ro g r am La ya n an bimbingan d an Konse ling . per enc anaan p ro gra m bimbingan
dan konseling dilaksana kan den gan men gan alisis kebutuhan siswa dan sekolah, sert a
merumuskan pro gram tahun an, semester an, bulanan, mingguan, dan harian. S erta
men yusun rap at ke rja (ra ker) d an r apat tim ke cil . P elaksana an pro gr am b imbingan d an
konseling b erjalan den gan ef ektif dan efisie n apabila p ada p elaks anaan l a yanan
bimbingan dan konseling adan ya dib erikan jam khusus terhad ap pelaja r an, adan ya jam
pelajaran s ec ara khusus , dan adan ya sumber da ya guru bimbin gan dan konseling
sehingga p ermas alahan siswa tidak intensif dapat diselesaikan, Ev al uasi program
bimbingan d an konse ling ad a ya n g dilak ukan ole h guru bimbingan d an
konseling. selanjutn ya P engawas an ya n g dilakuk an oleh kepala sekolah j uga merup akan
Dasar a wal untuk m emenuhi administrasi sekolah , sedan gkan p en gaw as sekolah juga
merupakan b a gian da ri pelaksana an pro gr am La yanan Bimbin gan d an Ko nse ling. .
A. PE NDAHUL U AN
Manajemen atau p en gel olaan sekolah ak an lebih efektif dan efisien ap a bila
didukung oleh sumber da ya manusia yan g p rofesional untuk mengoperasikan
sekolah,kurikulum yan g sesuai den gan tingk at perkemban gan dan k arakte ristik
siswa, kemampuan d an komitmen ( tanggun g jawab te rhadap tu ga s )tena ga
kependidikan ya n g hand al dan semuan ya itu didukung oleh sar ana dan prasaran a
1
Do sen Fa kul tas T ar b iya h d an Keg ur ua n UI N Ar - Ranir y . E mail:sr i. mutia9 8 8 6 @ g mai l. co m

2
ya n g memad ai untuk mendukung ke gi atan belaj ar men gajar,d ana yan g c ukup untuk
mengaji staf sesuai dengan fungsin ya,s erta partis ipasi mas yar akat ya n g tinggi. Bila
salah satu hal diatas tida k sesuai den gan hal ya ng dihar apkan atau tidak berfun gsi
seba gaimana mestin ya , maka e fektifitas dan efi siensi pen gelolaan yan g men gerti
dan memah ami prinsip prinsip prinsip dal am pen gelola an sa rana d a n prasa ran a
sekolah untuk terc apain ya tujuan pendidikan terte ntu.
Manajemen merup akan kegiatan ya n g mempe rhatikan beber apa hal seperti
perenc ana an, pen go r gani sasian, pen ga rah an dan pengawas an. K e giatan i ni merupakan
usaha yan g diupa yak an personil or ga nisasi d an p emberda ya an sumber d a ya or ganisasi
ya n g ada a gar d apat mencapai tujuan. M anaj emen yan g e fektif men untut manajer
profesional, dan karen an ya h arus memenuhi pers ya ratan pokok ya ng menunjan g
pekerja an seb a gai man ajer yakni p en guas aan Kemampuan. man ajeme n Merupak an
kemampuan pimpinan ( manajer) d alam menda yagun akan or an g lain melalui kegi atan
menciptakan dan men ge mbangk an kerjasama da lam mencapai tujuan organisasi seca ra
efektif dan efisien
P emahaman manaj eme n dalam konteks Bimb ingan d an Kon selin g a kan
efektifdan efisien ap abila didukung oleh da ya guru ya n g pro fesional yan g
mengop erasionalk an sek olah, kurikulum yan g S e suai den gan Tin gkat p er kemban gan d an
karakte ristik S iswa,Kemampuan dan Komitmen tenaga kependidikan yang h andal dan
kesemu an ya itu didukun g oleh adan ya pemah a man tentan g la yan an ma najerial se car a
kompherensif untuk me ndukung k e giatan bel a jar men gaja r,dana ya n g cukup untuk
menggaji staff sesuai d en gan fun gsin ya sert a parti sipasi mas ya rakat ya n g tinggi.
B . PE MB AHAS AN
1. Pen ge rtian layan an b imb in gan d an k on selin g.
S ecara et i m ol o gi m akn a €�l a ya nan ber asal da ri kat a €�l a ya n�� ya n g ke rj an ya
adal ah €�m el a ya ni �� ya n g m em pun ya i art i m e m bant u m en yi apkan h al hal yan g
diperlukan seseor an g : m eladeni ,mene rima ajaka n.la ya nan merup akan pri hal atau ca ra
m el a ya ni ,m el adeni � � Adapun bi m bi ngan dan konsel i ng berasal dari du a kat a yai t u
‚bi m bi ngan d an konsel i ng��bi m bi n gan m e rupa kan t erj em ah an dari g uidance yan g
didalamn ya terk andu ng beber apa mak na. S ertz er dan stone Mengemukakan
bahwa. Guidanc e ber asal dari kata guide ya n g mempun yai arti to direct, pilot, manager,

3
or steer, a rtin ya m enunjukkan, men ga rah kan, menentukan, me ngatur, atau
mengemudikan.
2
Menurut W ardati &jauh a r (2011:42). bimbingan dapa t diartikan seb a gai
suatu proses pemb eri an bantuan k epad a i ndividu yan g dilakuk an sec ar a
berkesinambun gan sup a ya individu tersebut dapat memahami dirin ya dan dap at
sewajarn ya ,sesuai d en gan tuntutan d an kead aa n lingkun gan sekol ah , keluar ga, d an
mas ya rak at sert a kehid upan pad a umumn ya. s elanjutn ya Miller (Tohi r in ,2007: 17)
mendefinisikan bahwa ;b imbingan merupak an pro ses bantuan terhad ap individu untuk
mencapai pem ahaman diri dan pengar ahan dir i yan g dibuhkan untu k melakukan
pen ye suain diri se c ara m aksimum kepada sekolah (dalam hal ini te rmasuk madr asah),
keluar ga , d an mas yar aka t.
proses pemb erian b antuan yan g dilakuk an oleh beber apa o ran g ya ng ahli
kepada beb erap a individu, baik dalam hal memahami diri sendiri,menghubun gk an
pemahaman ten tan g di rin ya s endiri den gan li ngkun gan ,m emilih menentukan dan
men yusun r enc ana sesu a i dengan konsep dirin ya dan tuntutan lingkun ga n berdasa rkan
norma norma yan g berl aku. P enjelasan ters ebut ,diperku at oleh p er aturan pem erintah
Nomor 29 Tahun 1990 tent an g pendi di kan m enengah di t et apkan bahw a�� Bi m bi n gan
merupakan b antuan yan g diberik an kepad a pes erta didik dalam ran gk a menemukan
pri badi ,m engenal l i n gku ngan ,d an m er encan akan m asa depan ƒ
2 . T u ju an L ayan an b imb in gan d an Kon selin g.
Bimbingan d an konseling merup akan pela ya nan bantuan untuk peserta didik
baik individu /kelompok aga r mandiri dan berkemban g sec ara op timal dalam
hubungan p ribadi, sosial belajar , ka rir ; melalui berba gai jenis la ya nan dan ke giatan
pendukung atas no rma nor ma yan g berlaku. s ejalan den gan pe rkemb angan konsep
bimbingan dan konselin g maka tujuan la yan a n bimbingan dan konse ling menurut
beberap a pa ra ahli bimbingan d an konselin g
Tujuan pemberian la ya n an bimbingan d an konsel ing ialah a gar siswa d a pat: (1)
me renc anakan k e giatan pen yel esaian studi, per kemban gan kari r s erta kehidupann ya
2
W ar d ati d an M o ha mmad J au har , . Im p lem enta si Bim b ing an d a n Ko nse ling d i Sek o la h , J akar ta: P r estasi
P ustakar a ya.

4
dimasa ak an dat an g; (2) mengemban gkan seluruh potensi d an k ekuatan ya ng dimilikin ya
seoptimal mungkin; (3) men yesu aikan diri den gan lingkun gan p endidika n, lingkun gan
mas ya rak at, sert a lin gku ngan ke rjan ya; (4) m en gat asi Hambat an dan k esulitan yan g
dihadapi dalam studi ,pen yesu aian den gan lin gku ngan pendidikan , mas yarakat, maupun
l i ngkun gan kerj a. ��unt u k m encap ai t uj uan t uj ua n t ersebut ,m e reka ha ru s m endapat kan
kesempat an untuk:
(1) Mengenal d an memah a mi potensi, kekuatan,da n tugas tu gas p erkemba ngann ya ,
(2) mengenal dan memahami potensi atau peluang ya n g ada di lingku ngan ya ,
(3) men gen al dan men entukan tujuan dan r en cana hidupn ya s erta r encan a
pencap aian tujuan terseb ut (4) memahami dan mengatasi kesulitan kesulitan
sendiri (5) men ggu nakan kemampu ann ya untuk kepentingan dirin ya
,kepentingan dirin ya ,k epentingan lemba ga t empat bekerj a dan ma s ya rakat
,(6)men yesuaik an diri dengan k eada an d an tu ntutan dan lin gkun gan n ya (7)
mengemban gkan se gala potensi dan kekuat ann ya ya n g dimilikin ya sec ar a te p at
dan teratur s eca ra optim al.
3
Ditinjau dari pihak peserta didik ,tujuan dari laya n an bimbingan d an konseling
antara lain s eba gai b erik ut: (1) Men gemban gk an seluruh po tensi seoptimal mugkin;(2)
mengatasi kesulitan dalam memahami dirin ya sendiri;(3) mengatsi kesulitan dalam
memahami lingkungan n ya yan g meliputi lingkun gan sekolah ,kelu ar ga ,pek erja an
,sosio - ekonomi , dan kebuda ya an; (4) men gatasi kesulitan dalam mengin dentifikasikan
dan meme cahkan mas alahn ya; (5) m en gatas i kesulitan dalam men yalurk an
kemampuan, minat d a n bakatn ya dalam bid ang pendidikan dan p ekerja an ; (6 )
memperoleh b antuan s ecar a tep at da ri pihak p ihak diluar sekol ah un tuk mengatasi
kesulitan kesulitan ya n g tidak dapat dipec ahkan d isekolah tersebut .
A. Man aje men B i mb in gan d an Kon selin g d i sek olah .
Untuk melaksanakan m anajemen bimbingan dan konseling, sedikitn ya ada
beberap a pros es manaje men ya n g ha rus diperh atikan antar a lain; per enc anaan P ro gram,
3
S ya ms u Y us uf L. N. P ro g ra m Bim b ing a n d a n Ko nseling d i Sek o la h , B and un g:R izq i P r ess.

5
P elaksanaan , sert a Evaluasi dan P engawas an. Berikut ini dijelaskan ketiga asp ek
manajemen den gan k aita nn ya d alam pro gr am bimbingan d an konseling di s ekolah.
1. P erencanaan P rogram Dal am pelaks anaan Layanan Bi m bi ngan dan kons el ing .
P erencan aan me rupakan upa ya untuk merumus kan apa yan g in gin dicapai
dapat terlaksan a melalui rumusan renc ana ke gia tan.
4
perenc ana an adalah men yusun
langk ah lan gkah ya n g akan dilaksan akan untuk mencapai tujuan ya n g telah
ditentukan.peren cana an tersebut dapat di susun berdasa rkan kebutuhan dalam waktu
tertentu sesuai den gan k einginan p embuat per enc anaan. sel anjutn y a Usma n (2013:77)
€�per encan aan ad al ah kegi at an yan g akan di l akukan di m asa akan dat an g unt uk
mencapai tujuan.per enc anaan men gandun g uns ur unsur (1)sejumlah k egi atan ya n g
ditetapkan sebelumn ya ,(2)adan ya P ros es, (3) hasil yan g ingin dicap ai,dan (4)
men ya n gkut m asa dep an dal am wakt u t ert ent u ��
Menurut Nurihsan (20 07 :40) Dalam hubungann ya den gan per e ncana an
program la yan an bi mbingan d an konseling disek olah ,maka ada b eber apa aspek ke giatan
penting yan g p erlu diper hatikan,antar a lain:
( 1) Analisis kebutuha n dan permasalah an S iswa, (2) P enentuan tujuan
P rogr am la yanan bimbi ngan ya n g hendak dic apai (3) An alisis situasi dan
kondisi disekolah (4) penentuan jenis jenis kegiatan yan g ak an dilakukan
(5)penet apan metode d an teknik ya n g ak an d igunak an dal am ke gi ata n(6)
penetapan p ersonel p ers onel ya n g akan m elaksa nakan ke giat an ke giatan ya n g
telah ditetapkan (7) persiapan fasilitas dan bia ya p elaksana an ke gi atan
bimbingan ya n g direnc a nakan (8) perkir aan tentang hamb atan hambatan ya n g
akan ditemui dan usah a usaha apa yan g akan dilakukan dalam m en gatasi
hambatan.
Dalam P er encan aan pro gram bimbin gan d an kon seling, Gu ru p embimbing harus
memperhatikan alokasi W aktu. Dalam pelaksan a an la yan an bimbingan d an konseling
disekolah,setiap guru p embimbing ha rus dap at men gatur waktu unt uk men yusun
,melaksanakan, menila i,mengan alisis,dan me nindak lanjuti progra m kegi atan
bimbingan dan konselin g den gan mem perh atika n hal hal berikut ini:a ) S emua jenis
4
Us ma n, H usai ni, . M a na jem en T eo ri, P ra k tik d a n Riset P end id ik a n , J akar ta: B umi Ak sar

6
program bimbingan dan konseling (tahunan, se mesteran,bulan an, m ingguan, ha rian),
( b ) kontak lan gsun g se ngan sisw a ya n g aka n dila yani, c ) ke giatan bi mbingan dan
konseling tidak merugikan waktu belajar disekolah, d ) ke giatan bi mbingan dan
konseling di luar jam se kolah dapat 50%..
P elaksanaan p ro gram k e giatan bimbinga n d an ko nseling tidak s epeti pela ksanaan
program ke giatan gu ru mata pelajar an dan guru p raktik ya n g sel uruh ke giatan
mengajarn ya terjad wal seca ra tep at didalam j am pelajar an sekolah s esuai den gan
alokasi jam pelajaran dalam kurikulum yan g berlaku (KTS P ) khusu sn ya pro gram
kee giatan bimbingan da n konseling.,ke giatan i ni dilakukan diluar jam sekolah
siswa,hal ini dilakukan supa ya k ee giatan ke gi atan bimbingan dan ko nseling yan g
dilakukan guru tidak merugik an w aktu belaja r disekolah khususn ya pembel ajar an
siswa itu sendiri
Dalam kaitan ya den gan pro gram bimbingan d an konseling
,pengo r ganisasian bimbingan dan konseling a dalah usah a untuk me nginte gr asikan
sumber da ya manusi a (k hususn ya w ar ga sekolah) dan non Manusia (s aran a pendukung)
ya n g dipe rlukan dalam satu kesatuan untuk melaksanakan sistem bimbingan dan
konseling seb a gaimana yang t elah diren cana kan untuk mencapai tujuan b imbingan dan
konseling seb a gaimana ya n g telah diren can aka n untuk mencapai tuju an ya n g telah
ditetapkan.
Menurut Nurihsan p en gorganisasian pro gram la yanan bimbingan dan kon seling
disekolah adalah upa ya melibatkan orang or a ng kedalam organis asi bimbingan
disekolahh ,serta upa ya melakukan pemba gi a n kerja dianta ra an ggota or ganisasi
bimbingan d an konselin g. Lebih lanjut di jelask an tugas p ersonel sekolah yang berk aitan
dengan ke giat an la yan an bimbingan dan konselin g disekolah
5
yaitu;
a) Kepala sekol ah
S ebagai penan ggun g j a wab ke giatan p endidika n disekolah,tugas k epa la sekolah
ialah :
5
Ac h mad , J uan tika , N ur ih s an, ( 2 0 0 9 ) . Bim b ing a n d a n k o nseling d a la m b erb a g a i L a ta r
Kehid up a n, B and u n g : Ref ika Ad ita ma

7
1) Mengkoo rdinir seluruh k egi atan pendidikan yan g meliputi kegiatan pen gaj aran
,pelatihan,dan bimbingan disekolah
2) Men ye diakan sert a mele ngkapi sar ana d an p rasa rana yan g diperlukan d alam
kegi atan bimbingan dan konseling
3) Memberikan kemuda han ba gi terlaksanan ya program bimbingan dan
konseli ng disekolah
4) Melakukan supervisi te rhadap pelaks ana an bimbingan dan konselin g di
sekolah;
5) Menetapkan coo rdinato r guru p embimbing ya ng b ertan ggun g jawab atas
koordinasi pelaksana an bimbingan dan konseling disekolah berd asa rkan
kesepakat an bers ama gur u pembimbing;
6) Membuat surat tugas guru pembimbing dal am proses bimbingan dan
konseling pad a setiap a w al semester
7) Men yiap kan sur at pern yataan mel akukan k e giat an bimbingan dan konse ling
seba gai b ahan usul an a ngka kredit b a gi guru p e mbimbing surat p ern yat aan
ini dilampirin bukti fisik pelaksana an tugas;
8) Mengadakan k erjas ama dengan instansi lain ya n g terk ait dalam pelaks an aan
kegi atan bimbingan konseling ;sert a
9) Melaksanak an bimbingan d an konseling te rh adap 40 siswa ba gi ke pala
sekolah ya n g be rlatar b e la kan g bimbinga d an kon seling.
2. Pelak san aan Progra m L ayan an Bimb in gan d an Kon selin g
P elaksanaan bimbingan dan konseling disekola h perlu mengikuti pola kerja
ya n g sistematis, sehingga pro gr am bimbingan d an konselin g dap at terla ksana d en gan
baik. Tahap p elaksan a an , merupakan imple mentasi dari peren cana an ya n g telah
dirumuskan dan mend a yagun akan fun gsi or ganisasi, sehin gga dapat mew ujudkan tujuan
ya n g telah ditetapkan. P ada saat ini perencana an bergabun g den gan proses kegi atan.
dalam tahap ini , sumb er da ya manusia, dan a dan materil dialokasikan, dijadwalkan d an
waktu ke giatan ditetapk a n.
Demikian juga h al hal lain yan g b erhubun gan dengan pelaks anaan k egi atan
,seperti mekanisme pen dele gasian w ewen an g, p emba gian tugas dan ta nggun g jaw ab
dan seb a gain ya. pad a sistem ini bimbingan dan konseling diarahkan kep ada kegi atan
memberikan pela yan an bimbingan dan konseling kepad a siswa sebagai penerima
la ya nan disekolah yan g dilaksanak an oleh gu ru (konselor). bila dilihat dari aspek

8
manajemen dengan kete rkaitann ya dalam pelaksanaan bimbingan dan ko nseling setelah
sistem bimbingan dan konseling harus mem iliki perencan aan yan g m atan g dan
repres entative untuk me ncapai tujuan, kemudia n langk ah berikutn ya adalah tahap
pelaksana an ya n g dises uaikan den gan r enc ana yan g tel ah disusun menurut struktur
organisasi, untuk menent ukan terc apain ya tujuan , kemudian lan gkah be ri kutn ya adalah
tahap pelaksan aan ya n g disesuaikan den gan renc ana yan g tel ah disusun menurut struktur
organisasi.
Berk aitan d en ga n p elak sanaan bimbin gan d an k onseling disekol ah ,dal am S K
Menpan No.84/1993 ditegaskan bahw a tuga s pokok guru pembim bing adalah
€�m en yusun pro gr am bi m bi ngan ,m el aksan ak an program bi m bi ngan , eval uasi
pelaksana an bimbingan terhadap pes erta didi k yan g menj adi tanggung jaw abn ya
€�S ukardi M enambahk an : sesuai dengan surat keputusan bersama Menteri P endidikan
dan Kebuda ya an dan kepala Bad an Administrasi Kepe gaw aiaa an Ne gar a Nomor
:0433/P /1993 dan Nomor 25 Tahun 1991 dihara pkan pada setiap sekola h ada petugas
ya n g melaks anak an la yanan bimbingan yaitu gu ru pembimbing /konselor dengan rasio
satu oran g guru pem bimbing /konselor untuk 150 oran g siswa. ol eh karen a itu
kekhususan bentuk tugas dan tanggun g jaw ab gu ru pembimbing/konselor seba gai suatu
pr ofesi yan g b erb eda d engan bentuk tu gas s eba gai gu ru mata p elajar an , maka beb an
tugas gu ru at au pen ghar gaan jam ke rja guru pembimbing di tetapkan 36
jam/minggu,b eban tu gas tersebut meliputi;
1. Ke giatan P en yusunan P rogr am pela yan an bimbingan dalam bidan g bimbingan
pribadi „ sosial ,bimbingan b elajar,bimbin gan k arir,se rta sem ua jenis
la ya nan,term asuk ke giata n pendukung ya n g dihar gai bseban yak 12 jam
2. Ke giatan melaks anakan pela yanan bimbingan dalam pribadi,bimbingan sosial
,bimbingan belaj ar ,bimb ingan k arier serta s emua jenis la ya nan te rmasu k kegi atan
pendukung ya n g dihar gai seban yak 18 jam
3. Ke giatan evaluasi pelak sanaan pela yan an dalam bidang bimbingan pribadi „ sosial
,bimbingan belaj ar,bimbingan k arier,s erta semu a jenis la yan an termasuk kegi atan
pendukung ya n g dihar ga i seban ya k 6 jam
4. S ebagaimana guru m ata pelajaran , gu ru pembi mbing/konselor yan g m embimbing
150 oran g siswa dihar ga i seban ya 18 jam, selebih n ya dihar gai seb a gai bon us den gan
ketentuan seba gai berikut :
a) 10 - 15 siswa = 2 jam.

9
b) 16 - 30 si swa =4 jam.
c) 31 - 45 siswa =6 jam
d) 46 - 60 siwa =8 jam
e) 61 - 75 siswa =10 jam
f) 76 - atau lebih =12 jam
Dari penjelasan diatas dapat kita pahami bahwa dengan adan ya p elak sanaan
bimbingan dan konselin g ba gi siswa disekolah diharapkan d apat men go ptimalisasikan
sis wa dalam mengikuti proses pendidikan disekolah,karen a bimbingan dan konseling
seba gi suatu upa ya m embentuk pemban gunan k e pribadian pese rta didik secar a optimal.
3. E valu asi d an su p ervisi (Pen gaw asan ) d alam p rogra m layan an bimb in gan dan
k on selin g
evaluasi pro gram bimbingan ad alah usaha menget ahui efisiensi dan efe ktivitas
program bimbingan,ap a kah tujuan bimbingan telah dap at dicap ai atau belum
,mengetahui hambatan h ambatann ya,d an sete rusnya . S ehubun gan d en gan penilaian ini
,S hertz er dan stone ( s ya msu mengemukak an pend apatn ya: €€ eval ut i on consi t of syst emat i c
judgements of the relative effectiv eness w ith w hich goals are attained in relation to
special standards �€ eva luasi ini dapat pula diartikan seba gai pros es pengumpulan
informasi (data) men ge t ahui efektifitas (k e terlaksanan d an keter ca paian)ke giat an
kegi atan yan g tela h dilaksanakan da l am upa ya m engambil keputusan.
6
Evaluasi kegiatan ke gi a tan bimbingan disekolah adalah se gala upa ya ,ti ndakan
atau proses untuk mene ntukan kualitas serta ke maj uan ke giatan ya n g b erkaitan den gan
pelaksana an program bimbingan dan konseling disekolah dengan men ga cu pada kriteria
atau patokan patokan te rtentu sesuai d en gan p rogram bimbingan dan k onseling ya n g
dilaksanakan. Dalam ke giatan penilaian pro gram ke giatan bimbingan ada 2 aspek yan g
kegi atan penilaian pro gr am kegi atan bimbinga n , yaitu penilaian p roses dan penilaian
hasil.penilaian proses dimaksudkan untuk mengetahui sampai sejauhmana efektivitas
la ya nan bimbin gan dilihat dari pros esn ya ,sed angk a n penilai an hasil dimaksudkan
untuk memperoleh i nformasi ef ektivitas la ya nan bimbingan dilihat dari
hasiln ya. Aspek yan g dini lai baik proses maupun hasil antara lain;
a) Kesesuaian antar a pro gr a m dan pelaksana an
6
S ya ms u Y us uf L. N, ( 2 0 0 8 ) L and a sa n Bim b ing a n d a n Ko nseling , B and un g: Re maj a Ro sd akar ya.

10
b) Keterlaks anaan p ro gram
c) Hambatan hamb atan yan g dijumpai
d) Dampak la yan an bimbingan t erhad ap ke giatan b e lajar men gaja r
e) R espon siswa ,p ersonil sekolah,o ran g tua d a n mas yar akat t erhad ap la ya nan
bimbingan
f) P erubahan kem auan sis wa dilihat dari penc apa ian tujuan la ya nan bi mbingan
,pencap aian bimbingan ,p encap aian tu gas tu gas p erkemban gan dan h asil belajar
,dan keberh asilan siswa setelah menamatkan s ekolah baik pada studi lanjutan
maupun pada kehidup an di mas ya rakat.
S elanjutn ya b erkaitan d engan S upervisi (K epen ga wasan ) yan g dilakua n pada
program bimbingan d an konseling yan g dilaks a nakan ol eh guru (konse lor) disekolah.
pengawas an itu sendi ri dapat dip ahami seb a gai proses penilaian d an koreksi atas
pelaksana an ke rja yan g dilakukan den gan m ak sud mendapatkan ke ya kinan bahwa
tujuan dan renc ana te rca pai.
Dalam sistem bimbinga n dan konselin g p en gaw asan dip erlukan untuk melihat
kesesuaian anta ra yan g direncan akan den gan pe laksanaann ya , selanjutn ya pen gaw asan
juga berp er an untuk memonitoring perkemban gan dan kemajuan terhadap pela yanan
bimbingan dan konselin g s eba gai ya n g dibe rikan seb a gai tu ga stru ctural d alam
organisasi dan sistem manajemen ya n g dijalanka n oleh struktur or ganisas i tersebu t.
4. Pelak san aan Prog ra m B imb in gan d an Kerjas ama Dala m B i mb in gan Kon seling
d isek olah .
La ya nan Bimbin gan d an Konseling s eharusn ya dilaksanakan se car a terus menerus,
mulai dari jenjang pendidikan terendah (taman kanak kanak) sampai jenj ang pendidikan
tering gi (pe r guruan t inggi). sec ara idea l kegiatan ters ebut seharusn ya
berkesinambun gan. M es kipun demi la yan an bimbingan te rsebut mempun yai pen ekan an
penekan an yan g be rbeda untuk setiap jenjang p en didikan
Ke giatan bimbingan dan konseling dapat men ca pai has il yan g efektif bil a mana
disusun dimulai dari ad an ya pro gr am den gan baik. Baik P ro gram bi mbingan b erisi
rencan a ke giatan yan g a kan dilakukan dalam ran gka pembe rian pela yan an bimbingan
dan konselin g, hal ini dij elaskan b ahwa p ro gram bimbingan me rupaka n s uatu ran gk aian
Ke giatan ter enc ana, tero rganisasi, dan tero r ganisa si selama periode w aktu tertentu.

11
Dalam ke giatan - k e giatan belajar - men gajar san gat diperlukan adan ya k erj asama
antara gu ru den gan kons elor demi terc apain ya tuj uan ya n g dihar apkan. P el aks anaan tu gas
poko k guru dalam pro ses pembelajaran tida k dapat dipisahkan antara ke giatan
bimbingan , seb alikn ya la ya nan bimbin gan di sekolah perlu dukun gan atau bantuan
guru.
Den gan kata lain, didala m pela yan an pela yan an bimbingan itu harus terdap at
adan ya kerjas ama d ala m usaha d an kesun ggu han d alam menc apai tujuan yan g
meran gsan g sika p dan ti ngkah laku semua oran g ya n g berk epentin gan d i dalam ran gka
bimbingan itu, ini melip uti para k epala sekolah , guru guru, par a sp esialis, oran g o ran g
t ua murid ,dan juga muri d muridn ya ya n g mene rima bimbingan
Adapun pihak ya n g pe nting untuk diajak k erja sama seb a gai be rikut dijelaskan
dalam tabel di baw ah ini;
Tabel 2.1 Ke rjasama D a lam P rogr am Bimbingan
Pih ak ( Kerja sa ma) B en tu k ( Kerja sa ma)
S iswa Kesada ran untuk be rubah .
Konselor Memberikan bimbingan dan Konselin g
Guru P embimbing Memberikan bimbingan dan konseling
Oran g tua Mendukung Keputusan bersama
Guru Menjadi wakil petu gas bimbingan
Guru Kelas Menjadi wakil petu gas b imbingan
Kepala sekol ah Memberikan kemud ahan sarana p rasa rana
ya n g dip erlukan
P sikiater, petugas, kese hatan,
dinas sosial
Menerima tindak lanjut k asus tertentu yan g
berada di lua r kew enan gan pembimbing.

12
J adi jelas bahwa dalam pelaksana an progr am bimbingan perlu memper hatikan
pihak kerja sam a yan g b ersedia mendukun g, b aik siswa itu sendiri, petugas , sekolah,
(gu ru, guru k elas, kepal a sekolah) m aupun pet ugas p enerima an r efe rr al (psikiater,
petugas keseh atan , dina s sosial). Adapun dalam melaksanakan p ro g ram bimbingan di
sekolah perlu disiapkan personal , bia ya , fasilitas, dan kebijakan ya n g me ndukung.
C. P ENUTUP
1. perenc ana an adalah men yusun langk ah langk a h yan g akan dilaksana kan untuk
mencapai tujuan yan g t elah ditentukan.pe re ncana an te rsebut d apat di susun
berdasa rkan kebutuhan dalam waktu tertentu sesuai den gan kein gina n pembuat
perenc ana an. P eren can aa n progr am la yanan bim bingan dan kons eling d i sekol ah €
ya n g terdiri d ari guru b imbingan dan konselin g den gan sta f pen gajar an sekolah,
sehingga pro gram yan g di susun sesuai den gan kebutuhan sekolah. P e n yusunan
program mel aui r aker d an rap at tim ke cil ini, merumuskan per encan aan pro gr am
diantarann ya: p ro gram ta hunan,pro gram s emester an, pro gram bulan an, da n program
mingguan yan g m eliputi selu ruh ke giatan menu rut jangk a waktu yan g ditet apkan.
2. P elaksanaan p ro gram bimbingan dan kons e ling pada pelaksan aa n la ya nan
bimbingan d an konselin g dis ekolah h aruslah dib erikan jam Khusus te rutama pad a
saat pro gram bimbinga n dan konseling dilaksa nakan dise kolah . P ela ya n an jam
bimbingan dan konseling dilakukan diluar jam pelajaran,untuk satu oran g gu ru
bimbingan d an konselin g ha rus mela ya ni lebih dari 150 0ran g siswa, sehin gga
semua pro gram la ya n an bimbingan dan kons eling yan g telah disus un dapat
dil aksanakan den gan bai k. keterbatas an jam pelajaran b a gi pro gram bimbingan
dan konseling di sekolah , tetap membuat gur u terus berusaha melaksanakan
la ya nan bimbin gan b ai k seca ra mandi ri maupu n klasikal. Ke giatan ini dilakukan
untuk membina siswa dal a m meningk atkan pr estas i belajar sisw a maupun membantu
siswa ya n g men galami p ermasalah an.
3. Evaluasi pela yan an bimbingan d an konselin g ya ng dilakukan ol eh guru b imbinga n
dan konseling. Dalam melakukan pen gawasan terhadap p elaksan aan bimbingan
konseling se car a tertulis seperti pro gr am bimbingan dan konselin g yan g t erdiri dari

13
program tahunan, seme steran, minggu an dan harian se rta pelaks ana a n la ya nan
bimbingan konselin g ya ng namp ak dilakukan gur u sehari hari.
DA FT AR KE PUS T A KAAN
Dewa K etut S ukardi, Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan k onseling di
Sekolah , J akarta: R ineka C ipta, 2008
S yamsu Yusuf L.N, Pr ogram Bimbingan dan K onseling di Sekolah,Bandung : R iz qi
P ress, 2009
S yamsu Yusuf L.N, L andasan Bimbingan dan K onsel ing , Ban dung: R emaja
R osdakar ya, 2008
W ardati dan Mohammad J auhar, Implementasi Bimbingan dan K onseling di Sekolah ,
J akarta: P restasi P ustakara ya , 2011
Usman, Husaini, Manaje men T eori, Praktik dan Riset Pendidikan , J akarta: Bumi Aksar ,
2013
R ohiat, Manajemen seko lah T eori Dasar dan Praktik , Bandun g,R efika A ditama , 2010