3
Taufik Kur niawan : Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku-buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam
233
N I L A I - N I L A I P E N D I D I K A N M U LT I K U LT U R A L
DA L A M B U K U - B U K U A J A R S E J A R A H
K E B U DAYA A N I S L A M
(Telaah atas Buku Pelajaran SKI Kelas X Madrasah Aliyah)
T a u f i k Ku r ni a w a n
1
, H a s a n A sa r i
2
, S ya ms u N a h a r
3
1
Email: t aufik k ur niawan@ g mail.co m
1
M ahasiswa Pr o g r am St udi Pendidik an I slam Pascasar jana U I N Sumat er a U t ar a
2, 3
Do sen Pascasar jana U I N Sumat er a U t ar a
A b s t r a k : Tu j u a n p e n e l i t i a n i n i a d a l a h a p a s a j a m u a t a n n i l a i p e n d i d i k a n m u l t i k u l t u r a l d a l a m
m at e r i pe m b e la j ar a n S ej ar a h K eb u da y aa n I s l a m , m e n j e l as ka n p e nt i ng n y a n i la i -n i la i p en d id i ka n
multikultural dalam m ater i pembelajaran Sejarah Kebuday aan Islam dan r elev ansi nilai pendidikan
m u lt ik ul tur al dal am m em ban g u n pe ndi di ka n a g a m a i nkl us if di t en g a h m as y a r a kat m ul tik ul tu r a l.
Pe n e l i t i a n i n i m e n g g u n a k a n j e n i s p e n e l i t i a n k u a l i t a t i f, s e m e n t a r a b e r d a s a r k a n o b j e k k a j i a n ,
m a k a p e n e l i t i a n i n i t e r m a s u k p e n e l i t i a n library researchd e n g a n m e n g g u n a k a n m e t o d e a n a l i s i s
k o n t e n , d e n g a n d u a m o d e l y a i t u a n a l i s i s k e j e l a s a n i s i d a n a n a l i s i s i s i t e r s e m b u n y i ( A b b a s
Ta s h a k k o r i d a n C h a r l e s Te d d l i e ) d a n k e m u d i a n p e n y a j i a n d a t a n y a d a l a m b e n t u k d e s k r i p s i ,
tabel, dan diagram lingkaran ag ar mudah dipahami. Temuan penelitian ini adalah, nilai pendidikan
m ult ikultur al dalam fitur, r ubr ik as i, da n ur aian m ater i dalam buku pe laj ar an Sej ar ah Kebuda y aan
I s l a m k e l a s X M a d r a s a h A l i y a h b e l u m  p r o p o r s i o n a l  , d i m a n a t i d a k s e m u a n i l a i p e n d i d i k a n
m u l t i k u l t u r a l d a l a m f i t u r, r u b r i k a s i , d a n u r a i a n m a t e r i p a d a s e t i a p p o k o k b a h a s a n d i a k o m o d a s i
d a n m e r a t a . Kedua,t e r i n t e g r a s i n y a n i l a i p e n d i d i k a n m u l t i k u l t u r a l d a l a m S K I a k a n m e l a h i r k a n
p r o d u k y a n g k e n t a l m u a t a n k e l e m b u t a n s e j a r a h d a r i p a d a k e k e r a s a n s e j a r a h , s e h i n g g a a k a n
b e r k o n s t r i b u s i p o s i t i f d a l a m m e w u j u d k a n w a j a h s o s i a l y a n g t o l e r a n , d e m o k r a t i s / k e b e r s a m a a n ,
k es am aa n/ k es et ar a an , da n k ea di la n u nt uk m ew u j u dk an ha r m on i k eh id up an ke m a nu s ia an y an g
b e r k e a d i l a n d a n b e r k e a d a b a n .
K a t a K u n c i : N il a i Pe n di d i ka n , M u l t i k u l t u ra l , B a h an A j a r S K I
P E N D A H U L U A N
Indonesia adalah salah satu Negara yang di lihat dari aspek sosio-kultural dan geografis begitu
ber ag am dan s ang at luas . Hal ini dibuktikan deng an g ug us an pulau-pulau y ang ter bentang dar i
Sabang s am pai Mer auke ber j umlah kur ang lebih 1 3 .00 0 pulau, baik dalam ukuran bes ar m aupun
kecil, ditam bah lag i deng an populas i pendudukny a ber j um lah lebih dar i 2 5 0 j uta j iw a, ter dir i dar i
3 00 s uku bang s a dengan m eng gunakan ham pir 2 00 bahas a y ang ber beda s er ta m enganut ag am a
dan keper cay aan yang beragam seper ti Islam, Katolik, Kris ten Pr otestan, Hindu, Budha, Konghucu
s er ta berbag ai alir an keper cayaan.

3
Taufik Kur niawan : Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku-buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam
234
AT-TA Z A K K I : Vo l. 3 N o. 2 Juli - D esemb er 2019
Keragaman tersebut di satu sisi merupakan kekayaan bangsa yang sangat berharga dan potensial
untuk mendukung kepentingan pembangunan dan kesejahteraan bangsa, namun di sisi lain menyimpan
sejumlah potensi konflik sosial yang bisa mengancam keutuhan negara (disintegrasi bangsa), betapa
tidak keragaman sering dimanfaatkan dan di salah tafsirkan oleh orang atau kelompok tertentu untuk
menyulut ketegangan antar suku, agama, r as, dan antar golongan ( SARA).
Oleh kar enany a, s alah s atu upay a y ang diang g ap m am pu m eng atas i per pecahan bang s a
tersebut adalah dengan cara integrasi pemahaman mulikultural melalui kurikulum pendidikan, khususnya
m elalui pendidikan Islam . D alam konteks penelitian ini penulisi m emilih s ecar a spes ifik pada mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Melalui pendekatan kualitatif yang tersistematis penulis mencoba
menggali nilai-nilai pendidikan multikultural dalam buku-buku ajar Sejarah Kebudayaan Islam berdasarkan
telaah atas buku-buku pelaj ar an SKI kelas X Madr asah Aliy ah.
K a j i a n Te o r i
1 . Pe n g e r t i a n S e j a r a h K e b u d a y a a n I s l a m
S e j a r a h K e b u d a y a a n I s l a m a d a l a h g a b u n g a n d a r i 3 s u k u k a t a y a i t u s e j a r a h k e b u d a y a a n ,
d a n I s l a m . M a s i n g - m a s i n g d a r i s u k u k a t a t e r s e b u t b i s a m e n g a n d u n g a r t i k a t a s e n d i r i - s e n d i r i .
S e c a r a e t o m ol o g i s p e r k a t a a n  s e j a r a h  y a n g d a l a m b a h a s a a r a bn y a d i s e b u t tarikh, sirah,
a ta u ilm tarikh,y a ng be r a r ti k ete nt uan m as a a tau w akt u, s e da ng k an ilm tarikhbe r ar ti i lm u y a ng
mengandung atau mem bahas penyebutan per istiwa atau kejadian, m as a atau terjadinya peris tiw a,
sebab-sebab terjadinya peris tiw a tersebut. Dalam bahasa Ingg ris dis ebut historyyang berarti uraian
secara ter tib tentang kejadian-kejadian masa lampau ( orderly description of past event). Dan sejarah
s e ba g a i ca b a n g i l m u p e n g e ta h u a n m e n g un g k a p ka n p er i s t i w a m a s a s i l am , b a ik p e r i s t i w a p o l i ti k ,
s os ia l, m au p un e ko no m i pa da s ua t u ne g a r a at au b an g s a , be nu a, at au d un ia .
S e d a n g k a n s e c a r a i s t i l a h s e j a r a h d i a r t i k a n s e b a g a i s e j u m l a h k e a d a a n d a n p e r i s t i w a y a n g
ter j adi di m as a lam pau, dan benar -benar ter j adi pada dir i indiv idu dan m as y ar a kat, s ebag aim ana
b e n a r- b e n a r t e r j a d i p a d a k e n y a t a a n- k e n y a t a a n a l a m d a n m a n u s i a .
Sem entar a itu dalam bahas a Indonesia s ej arah ber arti s ils ilah, as al-us ul (keturunan), kej adian
d a n p e r i s t i w a y a n g b e n a r - b e n a r t e r j a d i p a d a m a s a l a m p a u , s e d a n g k a n i l m u s e j a r a h a d a l a h
p e n g e t a h u a n a t a u u r a i a n t e n t a n g p e r i s t i w a - p e r i s t i w a d a n k e j a d i a n- k e j a d i a n y a n g b e n a r- b e n a r
t e r j a d i d i m a s a l a m p a u .
Inti pokok dar i per s oalan sej ar ah s elalu akan sar at deng an peng alam an- peng alam an penting
yang menyang kut perkembang an keselur uhan keadaan mas yar akat. Karena itulah Say yid Quthub
m en y a ta k a n b ah w a s e j a r a h b u ka n la h pe r i s t i w a - p er i s t i w a, d an pe n g er t i an m e n g en a i h u bu n g an-
h u b u n g a n n y a t a d a n t i d a k n y a t a , y a n g m e n j a l i n s e l u r u h b a g i a n s e r t a m e m b e r i k a n d i n a m i s m e
d a l a m w a k t u d a n t e m p a t .
1
Tim peny us un Kamus Besar Bahasa Indonesiam eng ar tikan s ejar ah deng an s ilsilah, asal-us ul
(keturunan) atau kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.Dalam bahasa
A r a b s e j a r a h d in a m a k a n d e n g a n tarikh, y a n g a r t i n y a a d a l a h p e n g e t a h u a n t e n t an g w a k t u a t a u
waktu terjadinya dan sebab-sebab terjadinya.Menurut Hornby sejarah dalam bahasa Inggris adalah
history, c a ba n g i l m u pe n g et a hu a n y an g be r hu b un g an d en g an ke j a di a n a ta u p e r is t iw a m a s a l al u
(branch of knowledge dealing with past event) baik dalam bidang politik, sos ial, m aupun ekonomi.
M e n u r u t d e f in i s i y a n g p a l i n g u m u m k at a s e j a r a h ( history) b e r a r t i m a s a l a m p a u u m a t m a n u s i a .
2
Suryanegara dalam buku, Menemukan Sejarah, Wacana Pergerakan Islam di Indonesia,mendefinisikan
s e j a r a h de n g a n m e n c a r i r u j uk a n da r i A l- Q u r an . S e ca r a t er m i n o lo g i s s e j a r ah a d a la h i s ti l a h y a n g
diang kat dari bahas a Arab syajaratuny ang ber arti pohon. Kata syajaratunm em berikan g am baran
pendekatan ilmu sejarah yang lebih analogis, karena memberikan gambaran pertumbuhan peradaban

3
Taufik Kur niawan : Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku-buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam
235
manusia dengan pohon , yang tumbuh dari biji kecil menjadi pohon yang rindang, dan berkesinambungan.
S u k a r n y a m e m a h a m i a r t i  s e j a r a h  j u g a d i s e b a b k a n t i d a k di g u n a k a n n y a i s t i l a h i tu d i k a l a n g a n
u m a t I s la m , k ar e na di pe s an t r e n a ta u m a dr a s a h d i g u n ak a n i s t i la h  tarikh .
S e m e n t a r a A l q u r a n s e n d i r i l e b i h b a n y a k m e n g g u n a k a n i s t i l a h k i s a h , d e n g a n p e n g e r t i a n
s ebag ai eksplanas i ter hadap per is tiw a sejar ah y ang dihadapi oleh par a Ras ul. Sedangkan menurut
K u n t o w i j o y o y a n g di k u t i p o l e h B i y a n t o m en d e f i n i s i k a n s e j a r a h d en g a n r e k o n s t r u k s i m a s a l a l u .
3
S e j a r a h s e b a g a i r e k o n s t r u k s i m a s a l a l u t e n t u b u k a n u n t u k m a s a l a l u i t u s e n d i r i , s e b a b i t u a n t i
k u a r i s m e . R e k o n t r u k s i m a s a l a l u a d a l a h u n t u k b e r b a g a i k e p e n t i n g a n , u n t u k a p a m a s a l a l u d i
re kont r uk s i? Ter g ant ung kep ada kep ent ing a n p eng g una ann y a, m is alny a u ntuk pe ndid ika n m a s a
depan. Yaitu, belaj ar dar i m as a lalu, tentang keg agalan-keg ag alan, dan keber hasilan-keber hasilan
y a n g p e r n a h d i c a p a i g e n e r a s i t e r d a h u l u u n t u k m e m b u a t p e r e n c a n a a n t e n t a n g m a s a d e p a n .
A d a p u n k e b ud a y a a n m e r u p a k a n i s ti l a h u n t u k s e g a l a h a s i l k a r y a m a n u s i a y a ng b e r k a i t a n
e r a t d e n g a n p e n g u n g k a p a n b e n t u k . K e b u d a y a a n m e r u p a k a n w a d a h t e m p a t h a k i k a t m a n u s i a
m e n g e m b a n g k a n d i r i . K e b u d a y a a n l a h i r d a r i o l a h a k a l b u d i , j i w a a t a u h a t i n u r a n i m a n u s i a .
B e n t u k k e b u d a y a a n t e r s e b u t s e l a l u m e n c e r m i n k a n n i l a i -n i l a i k e h i d u p a n y a n g d i y a k i n i , y a n g d i
r a s a , d a n d i h a r a p k a n m e m b e r i k a n k e b a i k a n d a l a m h i d u p . O l e h k a r e n a i t u , k e b u d a y a a n y a n g
mencer minkan nilai-nilai kehidupan tersebut jug a disebut peradaban. Kebudayaan atau peradaban
y a n g d i p e n g a r u h i o l e h n i l a i -n i l a i a j a r a n I s l a m d i s e b u t k e b u d a y a a n a t a u p e r a d a b a n .
O le h s e b ab i tu , m e nu r u t S ay y i d Q ut h u b  Se j ar a h b u ka n l ah pe r i s t i w a - pe r is t iw a , m e la i n ka n
t a f s i r a n- t a f s i r a n p e r i s t i w a i t u , d a n p e n g e r t i a n m e n g e n a i h u b u n g a n- h u b u n g a n n y a t a d a n t i d a k
n y a t a , y a n g m e n j a l i n s e l u r u h b a g i a n s e r t a m e m b e r i n y a d i n a m i s m e w a k t u d a n t e m p a t  .
4
D a la m a j a r a n Is l a m , k e g ia t a n k e h i d up a n m a n u s ia d a la m b e nt u k ak a l bu d i nu r a n i ny a h ar u s
d i b i m b i n g o l e h w a h y u . A k a l b u d i n u r a n i m a n u s i a m e m i l i k i k e t e r b a t a s a n d a n d i p e n g a r u h i o l e h
peng alam an, baik peng alam an pr ibadi m aupun m as y ar akat. Sekalipun keg iatan akal budi nur ani
s uatu m as y ar akat telah di ang g ap ber upa kebuda y aan atau per adaban oleh m as y a r akat ter s ebut,
d a l am p a n d an g a n m as y a r a k a t l a i n be l u m t en t u d i n i l a i ba i k . O le h k a r en a i t u , s e j a k aw a l m u la d i
l a h i r k a n , A l l a h S W T M a h a Ta h u a k a n k e t e r b a t a s a n m a n u s i a , A l l a h S W T m e n u r u n k a n w a h y u
s e b a g a i p e m b i m b i n g a r a h o l e h a k a l b u d i n u r a n i m a n u s i a t e r s e b u t a g a r t i d a k b e r k e m b a n g d a n
melahirkan kebudayaan-kebudayaan y ang ber tentang an dengan nilai-nilai univers al kem anusiaan
yang dianggap menguntungkan sekelompok masyarakat tertentu tetapi merugikan kelompok masyarakat
l a i n n y a . Wa h y u A l - Q u r  a n s e b a g a i w a h y u t e r a k h i r y a n g d i t u r u n k a n o l e h A l l a h S W T k e p a d a
Rasulullah SAW. menjadi petunjuk dan pembimbing ser ta menjaga nilai-nilai universal kemanusiaan
t e r s e b u t s e k a l i g u s m e m b e r i k a n t o l e r a n s i p e r w u j u d a n k e b u d a y a a n d a n p e r a d a b a n k h u s u s .
K e b u d a y a a n t i d a k b e r t e n t a n g a n d e n g a n I s l a m k a r e n a c u k u p b a n y a k a y a t A l - Q u r a n d a n
h a d i s t y a n g m e n d o r o n g m a n u s i a u n t u k b e l a j a r d a n m e n g g u n a k a n a k a l n y a m e l a h i r k a n s e s u a t u
y a n g b e r m a n f a a t u n t u k k e h i d u p a n m a s y a r a k a t . I n i b e r a r t i I s l a m m e m b e n a r k a n p e n a l a r a n a k a l
pikiran dan mendorong semangat intelektualisme.
5
Berangkat dari pengertian sejarah sebagaimana
y a n g d i k e m u k a k a n d i a t a s , p e r a d a b a n I s l a m a d a l a h t e r j e m a h a n d a r i k a t a A r a b a l -H a d h a r a h a l -
Is lamiyah. Kata Arab ini ser ing jug a diterj emahkan kedalam bahasa Indonesia deng an kebudayaan
I s l a m .  K e b u d a y a a n  d a l a m b a h a s a A r a b a d a l a h a l -Ts a q a f a h . D i I n d o n e s i a , s e b a g a i m a n a j u g a
di Arab dan Barat, masih banyak orang yang mensinonimkan dua kata kebudayaan  dan peradaban .
Peneliti ber kes im pulan bahw a definis i m eng enai s ej ar ah kebuday aan Is lam y akni as al us ul
(keturunan), kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau yang berhubungan
dengan segala hasil karya manusia yang berkaitan erat dengan pengungkapan bentuk dan merupakan
w adah hakikat manusia mengembangkan diri y ang di pengar uhi oleh nilai-nilai aj ar an Islam .

3
Taufik Kur niawan : Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku-buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam
236
AT-TA Z A K K I : Vo l. 3 N o. 2 Juli - D esemb er 2019
Berdasarkan pengertian yang di paparkan diatas, dapat dirumuskan tentang pengertian sejarah
kebudayaan Islam, yaitu:
a. Catatan peristiwa tentang pertumbuhan dan perkem bangan pendidikan Islam sejak lahirnya
s am pai s aat ini.
b. Suatu cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan
Is lam , baik dar i s eg i g ag as an atau ide-ide, kons ep, lem bag a m aupun oper as ionalis as i s ej ak
z am an N abi Muham m ad s aw., hing g a s aat ini.
6
2 . Pe m b e l a j a r a n S K I
Pem belaj ar an dalam K am us Bes ar Bahas a Indones ia m er upakan pr os es , car a, m enj adikan
or ang atau m akhluk hidup belaj ar.
7
Pem belaj ar an s ecar a um um adalah keg iatan y ang dilakukan
g ur u s ehing g a ting kah laku s is w a ber ubah ke ar ah y ang lebih baik.
8
Pem belaj ar an adalah upay a
guru menciptakan iklim dan pelayanan terhadap kemampuan, potensi, minat, bakat, dan kebutuhan
s is w a y ang am at ber ag am ag ar ter j adi inter aks i optim al antar a g ur u dan s is w a s er ta antar s is w a.
9
Pembelajaran merupakan bagian atau elemen yang memiliki peran sangat dominan untuk mewujudkan
kualitas baik proses maupun lulus an ( out put) pendidikan.
1 0
Pembelaj ar an juga m em iliki pengar uh
yang menyebabkan kualitas pendidikan sangat rendah, artinya pembelajaran sangat tergantung dari
kemampuan guru dalam melaksanakan atau mengemas pembelajaran.
11
Peristiwa belajar yang diser tai
proses pembelajaran akan lebih terarah dan sistematik daripada belajar yang hanya dari pengalaman
dalam kehidupan sosial di masyarakat, hal ini karena belajar dengan proses pembelajaran melibatkan
peran ser ta g ur u, bahan belaj ar, dan lingkungan kondusif y ang sengaja diciptakan.
12
Pada hakikatnya, pembelajaran merupakan proses komunikasi antara guru dan siswa. Komunikan
d a la m p r o s e s p e m b el a j a r an a d al a h s i s w a , s e d an g k a n k o m un i k a to r n y a a d a l ah g u r u d a n s i s w a .
1 3
Pe m b e l a j a r a n t i d a k s e m a t a - m a t a m e n y a m p a i k a n m a t e r i s e s u a i d e n g a n t a r g e t k u r i k u l u m ,
t a n p a m e m p e r h a t i k a n k o n d i s i s i s w a , t e t a p i j u g a t e r k a i t d e n g a n s u a t u k o m b i n a s i y a n g t e r s u s u n
dar i uns ur m anus iaw i , m ater i al, fas ilitas , per leng k apan, da n pr os e dur y ang s aling m em peng a r uhi
d e m i m e n c a p a i t u j u a n p e m b e l a j a r a n .
1 4
Berdasarkan penjelasan diatas, penulis dapat simpulkan bahwa pembelajaran Sejarah Kebudayaan
I s l a m h a k i k a t n y a a d a l a h a k t i v i t a s p e n t r a n s f e r a n i l m u p e n g e t a h u a n y a n g d i l a k u k a n o l e h g u r u
k e p a d a s i s w a y a n g b e r h u b u n g a n e r a t d e n g a n p e r i s t i w a m a s a s i l a m , b a i k i t u p e r i s t i w a p o l i t i k ,
s o s i a l , m a u p u n e k o n o m i y a n g b e n a r - b e n a r t e r j a d i d a l a m s u a t u n e g a r a i s l a m d a n d i a l a m i o l e h
m a s y a r a k a t I s l a m . D e n g a n m e m p e l a j a r i s e j a r a h , g e n e r a s i m u d a a k a n m e n d a p a t k a n p e l a j a r a n
y a n g s a n g a t b e r h a r g a d a r i p e r j a l a n a n s u a t u t o k o h a t a u g e n e r a s i t e r d a h u l u , d a n d a r i p r o s e s i t u
d a p a t d i a m b i l b a n y a k p e l a j a r a n , s i s i m a n a y a n g p e r l u d i k e m b a n g k a n d a n s i s i - s i s i m a n a y a n g
t i d a k p e r l u d i k e m b a n g k a n .
1 5
3 . N i l a i -n i l a i Pe n d i d i k a n M u l t i k u l t u r a l
Secar a um um nilai s er ing dikaitkan dengan etika dan m or al. Kendatipun ketig a term ters ebut
sesungguhnya sangat berbeda pada sisi penekanannya, adalah benar bahwa bukan disini tempatnya
untuk m enj elas kan s ecar a tuntas ketig a is tilah di atas .
1 6
Is lam s ebag ai s uatu per ang kat aj ar an dan
nilai, m eletakkan kons ep dan doktr in y ang m er upakan rahmat li al-alamin. Sebag ai aj ar an y ang
memuat nilai-nilai normatif, maka Islam sarat dengan ajaran yang menghargai dimensi plural-multikultural.
Begitu bagus dan indahnya Islam dalam memandang dan menempatkan martabat dan harkat manusia,
baik sebagai makhuk individu m aupun sebag ai ang gota s os ial.
17
Penanam an nilai-nilai m ultikultur al dalam dunia pendidikan m enj adi s ebuah ide y ang tepat
dalam alternatif untuk mengurangi pemasalahan akibat dari keragaman. Ide pendidikan multikultural
ter sebut akhirnya menjadi komitm en global sebagaim ana direkom endasikan UN ESCO pada bulan
Oktober 19 94 di Jenawa. Rekomendas i itu di antarany a memuat beber apa pesan sebagai berikut:

3
Taufik Kur niawan : Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku-buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam
237
1). Pendidikan hendaknya mengem bangkan kemam puan untuk m eng akui dan menerim a nilai-
nilai y ang ada dalam kebhinnekaan pr ibadi, j enis kelam in, m as y ar akat dan buday a s er ta
mengembangkan kemampuan untuk berkomunikasi, berbagi dan bekerja sama dengan yang
lain.
2). Pendidikan hendaknya meneguhkan jati diri dan mendorong konvergensi gagasan dan penyelesaian-
peny elesaian yang m emperkokoh perdamaian, per saudar aan dan s olidar itas antar a pribadi
dan masyarakat.
3). Pendidikan hendaknya meningkatkan kemampuan menyelesaikan konflik secara damai tanpa
kekerasan.Karena itu, pendidikan hendaknya juga meningkatkan pengembangan kedamaian
dalam pikir an peser ta didik s ehing ga deng an demikian mer eka mam pu m embang un s ecar a
lebih kokoh kualitas toleransi, kes abaran, kemauan untuk ber bagi dan m emelihara.
18
D ar i r ekom endas i diatas dapat diam bil kes im pulan, bahw a nilai y ang dius ung dalam kons ep
pendidikan multikultural ada empat yaitu nilai tolerans i, demokr asi, kesetar aan, dan keadilan .
a . N i l a i To l e r a n s i ( Tasamuh)
To le r a n s i m e r u p a k an k em a m p ua n u nt u k m e n g h or m a t i s i f at d a s a r, ke y a ki n a n , d a n p e r i la k u
y a n g d i m i l i k i o l e h o r a n g l a i n . Ta s a m u h j u g a d i p a h a m i s e b a g a i s i f a t a t a u s i k a p m e n g h a r g a i ,
membiarkan, atau membolehkan pendirian (pandangan, pendapat, kepercayaan kebiasaan, kelakuan,
dsb) orang lain yang bertentangan dengan pandangan kita. Dapat disederhanakan bahwa toler ansi
m e r u p a k a n s e b u a h s i k a p u n t u k m e n e r i m a s e s u a t u y a n g m e n j a d i p e r b e d a a n a n t a r a i n d i v i d u
d e n g a n i n d iv i d u l a i n .
1 9
To le r a ns i da l a m p e r g a u l an h id u p a n t ar u m a t b er a g am a bu k a nl a h t o l e r a n s i d a la m m a s a la h -
m as al ah k e ag am aa n, m e la in ka n p er w u j u d an s ik ap k e be r a g a m a a n pe m e lu k s ua tu a g am a da la m
p e r g a u l a n h i d u p a n t a r a o r a n g y a n g t i d a k s e a g a m a . S e b a g a i u m a t b e r a g a m a d i h a r a p k a n b i s a
m e m b a n g u n s e b u a h t r a d i s i w c a n a k e a g a m a a n y a n g m e n g h a r g a i k e b e r a d a a n a g a m a l a i n , d a n
b i s a m e n g h a d i r k a n w a c a n a a g a m a y a n g t o l e r a n s i s e r t a t r a n s f o r m a s t i f .
2 0
Disini perlu ditegaskan kembali bahwa toleransi bukanlah dimaknai dengan mengakui kebenaran
agama mereka, akan tetapi adanya pengakuan terhadap agama mereka dalam realitas bermasyarakat.
Toler ansi juga, bukan ber ar ti kompr omi atau kerjasam a dalam hal keyakinan dan beribadah.Justr u
k i t a t i d a k b o l e h m e n g i k u t i a g a m a d a n i b a d a h y a n g m e r e k a a n u t d e n g a n a l a s a n a p a p u n .
b . N i l a i D e m o k r a s i / k e b e b a s a n ( al-Hurriyah)
S e j a r a h p e r i s t i l a h  d e m o k r a s i  d a p a t d i t e l u s u r i j a u h k e b e l a k a n g . K o n s e p i n i d i t u m b u h k a n
p e r t a m a k a l i d a l a m p r a k t i k N e g a r a k o t a Yu n a n i d a n At h e n a ( 4 5 0 S M d a n 3 5 0 S M ) . Pa d a t a h u n
4 3 1 S M , p e r i c l e s , s e o r a n g t e r n a m a d a r i A t h e n a , n e g a r a w a n t e r n a m a d i A t h e n a , m e n d i f i n i s i k a n
de m o kr a s i de ng an m e ng u na kan b ebe r a pak r i ter ia ; ( 1 ) pe m e r in ta h o le h r ak y at d eng an pa r t is i pa s i
rakyat yang penuh dan langsung; (2) kesamaan di depan hukum; (3) pluraslisme, yaitu penghargaan
atas sebuah bakat, minat, keinginan dan pandangan, dan (4) penghargaan terhadap suatu pemisahan
d a n w i l a y a h p r i b a d i u n t u k m e m e n u i d a n m e n g e k s p r e s i k a n k e p r i b a d i a n i n d i v i d u a l .
Seiring berjalannya waktu istilah demokrasi berkembang terus berkembang dimasyarakat hingga
s aat ini dem okr as i tumbuh s earah deng an per tum buhan dan per kem bang an m as yar akat. N am un
demokr as i tetap m ensy aratkan adanya keter libatan r akyat dalam pengambilan keputus an, adanya
kebebasan dan kemer dekaan y ang diberikan atau di per tahankan dan dim iliki oleh warg a N egara,
adanya sistem perwakilan yang efektf, dan akhirnya adanya sistem pemilihan yang menjamin dihormatinya
pr insip ketentuan mayoritas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) , demokr asi di artikan
sebagai gagasan atau pandangan hidup mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan
yang samabagisemua warga Negara. Dalam pendidikan, demokrasi di tunjukkan dengan pemusatan

3
Taufik Kur niawan : Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku-buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam
238
AT-TA Z A K K I : Vo l. 3 N o. 2 Juli - D esemb er 2019
perhatian serta usaha pada setiap peser ta didik dalam keadaan sew ajarnya (intelegensi, kesehatan,
keadaan sosial, dan sebag ainy a) .
Nilai Demokrasi memandang semua manusia pada hakikatnya hanya hamba Tuhan saja, sama
s ekali bukan ham ba s es am a m anus ia. Ber akar dar i kons ep ini, m aka m anus ia dalam pandang an
Is lam m empunyai kemerdekaan dalam memilih pr ofesi, m emilih hobi atau minat, memilih wilay ah
hidup, bahkan dalam menentukan pilihan agama pun tidak dapat dipaks a.
c . N i l a i K e s e t a r a a n / k e s a m a a n ( Al-Saw.iyah)
Kesetaraan berasal dari kata setara atau sederajat. Jadi kesetaraan juga dapat di sebut kesederajatan.
M e n u r u t K a m u s B e s a r B a h a s a I n d o n es i a ( K B B I ) , s e d e r a j a t a r t i n y a s a m a t i n g k a t a n ( k e d u d u k a n
d an pa n g k at ) . D en g an de m i k ia n k e s e t ar aa n a t au ke s ed er a j a t an m e n un j u k ka n a d an y a ti n g k a ta n
y an g s a m a, ke d ud u ka n y a n g s am a , t id a k l e bi h t i ng g i a t au le b ih r e n da h an t ar a s a tu s a m a l a in .
Kesetaraan memandang m anus ia pada dasarnya s ama der aj atnya. Satu-satuny a pem bedaan
kua lita tif dala m pa ndan g an Is lam ada lah keta kw aa n. S ehin g g a kons e p in ipun ber laku bai k un tuk
la ki-l aki m au pun perem p uan, m ereka s am a d i m a ta Tuha n.
M e n u r u t I s l a m , s e l u r u h m a n u s i a b e r a s a l d a r i s u a t u a s a l y a n g s a m a , y a i tu N a b i A d a m d a n
Haw a. Mes kipun nenek m o y ang ny a s am a, nam u n dalam p er kem bang anny a kem udian ter pecah
menjadi bersuku-suku, berkaum-kaum atau berbangsa-bangsa, lengkap dengan segala kebudayaan
dan per adaban khas m as ing -m as ing . Mer eka har us tetap s aling m edekati, s aling m eng enal, s aling
m en g hor m ati d alam inte r aks i s os i al.
D a l a m p e n d i d i k an k e s e t a r a a n a d a l a h s u a t u k on s e p t e o r i t i s l o g i s d a n s i s te m a t i s m e n g e n a i
cara w arg a belaj ar, Tutor teknis peng elola progr am untuk m eng organis ir pros es pembelaj aran yang
berlangs ung di luar s is tem per s ekolahan untuk mencapai tuj uan y ang diing inkan. Kons ep ter s ebut
s ej alan deng an gagas an pendidikan multikultur al yang dinilai dapat mewadahi kes etar aan buday a
m am p u m er e dam kon flik da lam m a s y ar aka t y ang m ana t untutan akan peng aku an eks i s tens i dan
keu nikan buda y a, kelom pok, dan e tnis s ang a t lu m r ah ter j a di.
d . N i l a i K e a d i l a n ( al-Adalah)
Is tilah keadilan ber as al dar i kata adl( Bahas a Ar ab) , y ang ar tiny a s am a atau s eim bang . Yang
ber ar ti peng akuan dan per lakukan y ang s am a antar a hak dan kew aj iban. Jika kita m eng akui hak
hidup kita, m aka s ebalikny a kita w aj ib m em per tahankan hak hidup deng an beker j a ker as tanpa
merugikan orang lain. Karena orang lain pun mempunyai hak hidup seperti kita. Jika kita pun mengakui
hak hidup orang lain, kita wajib memberikan kesempatan kepada orang lain, kita wajib memberikan
kesempatan kepada orang lain itu untuk mempertahankan hak hidup mereka sendiri. Jadi, keadilan
pada intinya terletak pada keseimbangan atau keharmonisan antara menuntut hak, dan menjalankan
kewajiban. Adil harus dilakukan terhadap diri sendiri, keluarga, kelompok, dan juga terhadap lawan.
D alam hal ini keadilan dapat diar tikan s ebag ai m em bag i s am a bany ak, atau m em ber ikan
hak y ang s am a kepada or ang -or ang atau kelom pok deng an s tatus y ang s am a. Mis alny a, s em ua
pes er ta didik deng an kom petens i y ang s am a ber hak m endapatkan nilai y ang s am a dalam m ata
pelaj ar an y ang s am a. Keadilan j ug a dapat di ar tikan deng an m em ber ikan hak s eim bang deng an
kewajiban, atau m emberi seseor ang ses uai dengan porsi kebutuhannya. Sebagai contoh, orang tua
yang adil akan membiayai pendidikan anak-anaknya sesuai dengan tingkat kebutuhan masing-masing
sekalipun secar a nominal m as ing-mas ing anak tidak mendapat jumlah yang s am a.
4 . D e s k r i p s i B u k u A j a r S K I
Buku s ej ar ah Kebuday aan Is lam : Buku Sis w a Sej ar ah Kebuday aan Is lam y ang diter bitkan
oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, Kontributor Naskah oleh Miftachul Ula, Maria Ulfa, M.
Hus ein Tuanay a di telaah oleh Mahbub Hefdz il Akbar deng an nom or ISBN 9 7 8 -9 7 9 -8 4 4 6 -9 8 -6 .
Buku ini disus un berdasar kan Kurikulum 20 13.

3
Taufik Kur niawan : Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku-buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam
239
Buku ini diawali dengan kata Pengantar.
21
Dan pada setiap awal Bab di tampilkan (I) Kompetensi
Inti (KI), sebagai terjemahan atau operasional SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka
y ang telah m eny eles aikan Pendidikan pada Satuan Pendidikan/Jenj ang ter tentu; ( II) Kom petens i
Dasar (KD), Sebagai Konten atau Kompetensi yang terdiri atas sikap, keterampilan dan pengetahuan
yang bersumber pada Kom petensi Inti yang har us dikuasai peserta didik.
Kemudian peny ajian dalam materi disampaikan deng an pendekatan saintifik Kurikulum 20 13
dimulai dengan Pelaks anaan/Keg iatan Inti Eks plorasi Rubrik:
( A) Mari Meng am ati &!, pes er ta didik diaj ak untuk mengamati Gam bar Mater i Fakta;
( B) Mar i Ber tany a, Pes er ta didik dilatih untuk ber fikir dan m eng utar akan pendapatny a tentang
g am bar y ang dis aj ikan Mater i Fakta;
( C) Mar i Renung kan!, Pes er ta didik s etelah m eng am ati dan m elihat g am bar m ater i fakta per lu
merenungknny a (Hanya ada Pada Bab 1 ); Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan elaborasi;
( D ) Mar i Tam bah Waw as anm u !, ber is i Mater i Kons ep y ang ter dir i dar i Peta Kons ep dan Mater i
Inti y ang har us dikuasai pes er ta didik;
( E) Mar i Ber dis kus i, s is w a diar ahkan m em bentuk kelom pok dan m em bahas s ub m ater i y ang
berbeda dengan saling menghargai pendapat teman sebaya; Selanjutnya konfirmasi
(F) Mari menghubungkan dan menalar dan
(G) Mari bercerita , untuk memberikan penilaian afektif, evaluasi dan menarik kesimpulan. Kemudian
di akhir pembelajar an/Penutup s is wa diajak merenung dalam
(H) Mari merenung sej enak dan
(I) Mari merefleksi diri, kemudian peserta didik diajak untuk merencanakan suatu kegiatan sebagai
penilaian psikomotorik dalam Rubr ik
(J) Rencanakanlah aksimu;
( K) Mengam bil Ibrah, sisw a dapat m eng am bil pelaj ar an dari m ater i y ang dis am paikan;
( L) Mar i Baca Rangkum an ini!, Pes er ta didik diarahkan untuk mem baca r ang kuman dir um ah;
(M) Mari Asah Kompetensimu! Peser ta menjawab per tanyaan yang diberikan dan dilakukan penilaian
kog nitif oleh Gur u. ( di Bab V Rubr ik Mar i ber latih) .
Diakhir Buku Terdapat 10 Daftar Pustaka sebagai r ujukan penyusunan buku dan 10 Glosarium.
M e t o d e Pe n e l i t i a n
S e s u a i d e n g a n j u d u l y a n g p e n u l i s a n g k a t , m a k a p e n e l i t i a n i n i m e n g g u n a k a n p e n e l i t i a n
k u a l i t a t i f. Pe n e l i t i a n k u a l i t a t i f a d a l a h s e b u a h p r o s e s p e n y e l i d i k a n u n t u k m e m a h a m i m a s a l a h
ber das ar kan pada penciptaan g am bar holis tik yang di bentuk kata-kata dan ber us aha m em aham i
d a n m e n a f s i r k a n m a k n a s u a t u t e k s d a l a m s e b u a h l a t a r i l m i a h .
2 2
D a l a m p e n e l i t i a n i n i d a t a
y a n g d i h a s i l k a n b e r u p a t e m u a n- t e m u a n t e n t a n g n i l a i -n i l a i p e n d i d i k a n m u l t i k u l t u r a l d a l a m
b u k u b u k u Pe l a j a r a n S e j a r a h K e b u d a y a a n I s l a m M a d r a s a h A l i y a h k e l a s X y a n g s e s u a i d e n g a n
Kurikulum 2 0 13 dan ketepatan pengem bang an nilai-nilai pendidikan m ultikultur al ( nilai toler ans i,
n i l a i d e m o k r a s i / k e b e r s a m a a n , n i l a i K e s e t a r a a n / K e s a m a a n , d a n n i l a i k e a d i l a n ) .
D a l a m p e n u l i s a n p e n e l i t i a n i n i , p e n u l i s m e n g g u n a k a n j e n i s p e n e l i t i a n y a n g b e r s i f a t l i t e r e
a ta u k ep us t ak a an ( Library Research) , y a it u pe n el it ia n y a n g di la ks an a ka n de ng an m e ng g u na ka n
l i t e r a t u r s e b a g a i m e d i a p e n e l i t i a n , b a i k b e r u p a k i t a b , b u k u , k a r y a i l m i a h , c a t a t a n m a u p u n
l a p o r a n h a s i l p e n e l i t i a n d a n p e n e l i t i a n t e r d a h u l u .
2 3
B u k u - b u k u y a n g d i g u n a k a n d a l a m p e n e l i t i a n i n i y a i t u b u k u - b u k u s e j a r a h K e b u d a y a a n
Is lam yang telah m engg unakan kur ikulum 2 0 1 3 dan KMA N om or: 1 65 Tahun 20 1 4 dar i ber bag ai
p e n e r b i t .

3
Taufik Kur niawan : Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku-buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam
240
AT-TA Z A K K I : Vo l. 3 N o. 2 Juli - D esemb er 2019
H a s i l Pe n e l i t i a n d a n Pe m b a h a s a n
1 . M u a t a n N i l a i -n i l a i Pe n d i d i k a n M u l t i k u l t u r a l d a l a m B u k u S K I K e l a s X
U n t u k m e n g u ng k a p m u a t a n n i l a i -n i l ai p e n d i d i k a n m u l t i k u l t ur a l ( t e r d i r i d a r i n i l ai t o l e r a n s i ,
n i l a i d e m o k r a s i / k e b e r s a m a a n , n i l a i k e s e t a r a a n / k e s a m a a n , da n n i l a i k e a d i l a n ) d a la m t i g a b u k u
pelaj ar an SKI y aitu: ( 1 ) Buku Sis w a Sej ar ah Kebuday aan Is lam ( Selanj utny a dis ebut Buku SKI 1 ) ;
(2) Buku Khazanah Sejarah Kebudayaan Islam (Selanjutnya disebut Buku SKI 2); (3) Buku Pendidikan
Agama Islam: Sejarah Kebudayaan Islam (Selanjutnya disebut Buku SKI 3) yang ketiganya dijadikan
s e b a g a i o b j ek p e n e l i t i a n i n i , m a k a f o k u s a n a l i s i s y a n g a k an d i l a k u k a n p e n u l i s l e bi h d i a r a h k a n
p a d a m a t e r i m e n c a k u p f i t u r d a n r u b r i k a s i
2 4
s e r t a u r a i an m a t e r i d a l a m p o k o k b a ha s a n m e n j a d i
satu kesatuan yang utuh (three in one), yang terdistribusi dalam sej umlah bab, kemudian penyajian
da ta ny a d ala m ben tu k d es kr i ft if, t abe l dan p ie ch ar t ( di ag r am li ng kar an ) h al in i dil ak uka n pen ul is
agar data y ang dis aj ikan lebih komunikatif dan lengkap, dalam arti data yang ter saji dapat menarik
pe r hat ian fih ak l ain untu k m em ba cany a d an m udah m em aha m i i s iny a.
2 . Pe n t i n g n y a N i l a i Pe n d i d i k a n M u l t i k u l t u r a l d a l a m M a t e r i Pe m b e l a j a r a n S K I
N i l a i Pe n d i d i k a n m u l t i k u l t u r a l m e n j a d i s a n g a t p e n t i n g d a n m e n d e s a k u n t u k d i i n t e g r a s i k a n
d a l a m m a t e r i p e m b e l a j a r a n S e j a r a h K e b u d a y a a n I s l a m d i M a d r a s a h A l i y a h . K e p e n t i n g a n d a n
k e t e r d e s a k a n i n i d i d a s a r i o l e h b e b e r a p a r e a l i t a s y a n g d i t e m u i p e n u l i s k e t i k a m e n e l a a h k e t i g a
Buku Sej ar ah Kebuday aan Is lam di Madr asah Aliy ah yang dij adikan obj ek penelitian s er ta r ealitas
pendidikan Islam pada umumnya. Realitas tersebut antara lain: Per tama, dari fitur yang ditampilkan
hany a s edikit s ekali y ang m em iliki m uatan nilai pendidikan m ultikultur al sehingg a hal ini m em ber i
k e s a n b a h w a f i t u r i n i h a n y a s e k e d a r j a d i p a j a n g a n y a n g k u r a n g m e m i l i k i n i l a i r e l e v a n s i y a n g
k u a t d e n g a n p o k o k b a h a s a n .
K e d u a , b i l a d i l i h a t d a r i s i s i j u m l a h r u b r i k y a n g d i s a j i k a n d a l a m b u k u p e l a j a r a n S e j a r a h
K e b u d a y a a n I s l a m d i M a d r a s a h A l i y a h m a s i h s a n g a t s e d i k i t y a n g m e m b e r a p r e s i a s i t e r h a d a p
nilai pendidikan multikultural bila dibandingkan dengan jumlah r ubr ik y ang tidak memiliki m uatan
n i l a i p en d i d i k a n m u l t i ku l t u r a l .
Ketiga, ada sejumlah paradoks dalam sejarah Islam dimana disatu sisi Islam (aspek normatif) mengajarkan
tentang konsep anti kebencian, anti kekerasan, kerjasama, menebar cinta kasih tetapi disisi lain fakta
sejarahnya yang tersaji dalam Buku Sejarah Kebudayaan Islam Tingkat Madrasah Aliyah justru banyak
disuguhi praktek kekerasan, disharmonisasi dan anarkisme dan potret sejarah lainnya.
K ee m p at , M en ur u t M. A m i n A bd ul l ah a da be be r a p a ke le m ah an p e la ks an aa n p en di d ik an d i
s e k o l a h a t a u M a d r a s a h y a i t u :
(1) Pendidikan agama lebih banyak terkonsentrasi kepada persoalan-persoalan teoritis keagamaan
y an g be r s i fa t ko g ni ti f s e m at a s e r ta a m a la n-a m a la n i ba da h p r a kt is ;
(2 ) Pendidikan Agam a kur ang konser n terhadap persoalan bag aim ana m eng ubah peng etahuan
a g a m a y an g ko g n it i f m e nj ad i m ak na  d an ni la i  y an g p er lu d ii nt er na li s as ik an d al am d ir i
p es e r t a di d ik le w a t b er b ag a i c a r a , m e d ia da n f o r um ;
( 3 ) I s u k en a ka l a n rem a j a, p er k el a h ia n di an t a r a pe l a j a r, t i nd a k k e k er a s a n , p rem a n is m e , white
color crime konsum si miras dan s ebag ainya, walaupun tidak s ecara langsung mem iliki kaitan
dengan metodologi pendidikan agama yang selama ini berjalan secara konvensional-tradisional;
( 4 ) M eto dolo g i pen did ika n a g am a ti dak ku nj u ng ber uba h an tar a p r a dan po s t er a m od er n ita s ;
( 5 ) Pe n d i di k a n a g a m a l e b i h m e n i ti k b e r a t k a n p a d a a s p e k k o re s p o n d e n s i - t ex t u a l, y a n g l e b i h
m ene kankan hafala n teks - teks k eag am aa n y ang s udah ada;
(6 ) Dalam sy stem ev aluasi, bentuk-bentuk s oal ujian agama Islam menunj ukkan prior itas utama
pada kognitif dan jarang pertanyaan tersebut mempunyai bobot muatan nilai  dan makna spiritual
keag am aan y a ng fung s ional da lam keh idupan s ehar i-ha r i.
2 5

3
Taufik Kur niawan : Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku-buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam
241
Dari Ur aian diatas penulis berpendapat sangat penting Mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan
multikultural (nilai toleransi, nilai demokrasi/kebersamaan, nilai kesetaraan/kesamaan dan nilai keadilan)
kedalam m ater i pem belajar an Sej ar ah Kebuday aan Is lam di Madr as ah dem i pr opor s ionalitas dan
pros es tr anform asi nilai, keter ampilan atau infor m as i ( peng etahuan) yang disam paikan s ecar a for -
mal atau tidak formal, dari satu pihak ke pihak lainnya sehingga menghasilkan efek yang positif yang
tetap terhadap lingkungan.
26
D engan satu kes atuanny a mater i SKI yang propor sionalitas dan tr ansfor matif m em ungkinkan
peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati dan merekonstruksi serta mereproduksi fakta-
fakta sejarah secara utuh tanpa ada paradoks dan bias sehingga melahirkan kecerdasan, membentuk
s ikap, w atak dan kepr ibadian pes er ta didik dalam m eng hadapi keber ag am an dan pes er ta didik
tidak lagi ter sandra oleh pikiran dan sikap kecur igaan, kebencian dan per mus uhan apa lag i deng an
y ang ber beda key akinan dan pada akhir ny a di har apkan m ater i SKI di m adr as ah Aliy ah m enj adi
Propor sional-transform atif ber bas is nilai toleransi, nilai dem okr atis/keber s am aan, nilai kes etar aan/
kes amaan dan nilai keadilan menjadi m odal aw al pes erta didik dalam menjalani dan m em bangun
r elas i s os ial di teng ah m as y ar akat.
3 . R e l e v a n s i N i l a i Pe n d i d i k a n M u l t i k u l t u r a l D a l a m M e m b a n g u n Pe n d i d i k a n A g a m a I n k l u s i f
d i Te n g a h M a s y a r a k a t M u l t i k u l t u r a l
Sadar bahw a kita hidup diteng ah mas y ar akat y ang m aj em uk y ang ter dir i dar i agam a y ang di
akui negar a m erupakan fakta dan realitas yang dihadapi saat ini. Oleh sebab itu, manus ia sekarang
harus didorong menuju kesadaran bahwa kemajemukan memang merupakan fitrah kehidupan manusia.
Mendorong setiap individu untuk dapat menghargai Keaneka ragaman  adalah sangat penting dilakukan
terutama di Negara kita Indonesia yang majemuk ini. Dampak krisis multi-dimensional yang melanda,
menyebabkan Negara kita menghadapi berbagai problem sosial. Salah satu problem besar yang kita
hadapi adalah dim ana per an ag am a m enj adi s ang at diper tany akan ketika konflik Suku, Ag am a,
Ras dan Antar g olong an ( SARA) s etiap s aat dir uang publik.
K e g a g a l a n a g a m a d a l a m m e m a i n k a n p e r a n a n n y a s e b a g a i s o l u s i p e r s o a l a n S A R A e r a t
k a i t a nn y a d e n g a n p e n g a j a r a n a g a m a s e c a r a e k s k l u s i f b a h w a s e o la h - o l a h y a ng d i a j a r k a n h a n y a
u n t uk k e s e l am a t a n Hu b u n g a n a n t a r a h u b u n g a n m a n u s i a d e n g a n Tu h a n n y a ( Hablumminallah)
k u r a n g m e n e k a n k a n p a d a h u b u n g a n a n t a r a m a n u s i a ( Hablumminannas) , s u d a h s a a t n y a b a g i
b a n g s a I n d o n e s i a u n t u k m e m u n c u l k a n w a j a h p e n d i d i k a n a g a m a y a n g i n k l u s i f d a n h u m a n i s
b e r b a s i s n i l a i -n i l a i p e n d i d i k a n m u l t i k u l t u r a l .
Pada tataran teologis pendidikan agama perlu mengubah paradigma teologis yang Pasif, tekstual
dan eksklusif menuju teologi yang saling menghormati, saling mengakui eksistensi, berfikir dan bersikap
positif serta s aling m emperkay a iman.
Men ur ut S. Ham i d Has an, Ker ag am an ag am a, s os ial, buda y a, ekon om i dan a s pir as i poli tik
dan kemampuan ekonomi adalah suatu realitas masyarakat Indonesia. Namun demikian keragaman
sosial, agama, budaya, ekonomi dan aspirasi politik yang seharusnya menjadi fakor yang diperhitungkan
dalam penentuan filsafat, teoris, visi, pengembangan dokumen, sosialisasi kurikulum dan pelaksanaan
kurikulum tampaknya belum dijadikan sebagai fakor yang harus dipertimbangkan dalam pelaksanaan
kur ikul um p endi dika n di N eg ar a kita .
2 7
Dengan demikian relevansi nilai pendidikan multikultural dalam membangun pendidikan agama
inklus if ditengah masyar akat multicultural sangat signifikan, karena terinteg rasinya nilai pendidikan
m ultikultur al dalam pendidikan ag am a, m aka akan m enam pilkan s ebuah w aj ah pendidikan y ang
senantiasa mem ahami dan memposis ikan keragam an masyarakat sebagai s ebuah hal yang pos itif-
pr oduktif dan di rekonstr uks i ser ta diproduks i s ecara ar if dan bijaksana untuk kepenting an harmoni
k e h id u p a n d i t e n g a h m a s y a r a k a t. S e b ab p e n d id i k a n i n k l u s if a d a la h p e nd i d i k a n y a n g s e n a n ti a s a

3
Taufik Kur niawan : Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku-buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam
242
AT-TA Z A K K I : Vo l. 3 N o. 2 Juli - D esemb er 2019
menjunjung tinggi nilai demokrasi, menebarkan semangat toleransi, menghargai harkat dan martabat
m anu s ia, m em iliki v is i kead ilan s o s ial, ke s etar aa n dan ke ber s am a an dalam m ew uj u dkan Ind one-
s i a y a ng l eb ih b er ada b da n be r k ea di la n.
K e s i m p u l a n
M u a t a n n i l a i p e n d i d i k a n m u l t i k u l t u r a l d a l a m f i t u r, r u b r i k a s i , d a n u r a i a n m a t e r i d a l a m
b u k u p e l a j a r a n S e j a r a h K e b u d a y a a n I s l a m k e l a s X M a d r a s a h A l i y a h b e l u m  p r o p o r s i o n a l  ,
d i m a n a t i d a k s e m u a n i l a i p e n d i d i k a n m u l t i k u l t u r a l d a l a m f i t u r, r u b r i k a s i , d a n u r a i a n m a t e r i
p a d a s e t i a p p o k o k b a h a s a n d i a k o m o d a s i , d a n m e r a t a , s e r t a p o r s i m u a t a n m a s i n g - m a s i n g
b e l u m b e r i m b a n g .
N i l a i -n i l a i p e n d i d i k a n m u l t i k u l t u r a l ( n i l a i t o l e r a n s i , n i l a i d e m o k r a s i / k e b e r s a m a a n , n i l a i
k e s et a r a a n /k e s a m a an d a n ni l a i k ea d i l a n ) p e n t i ng d i i nt e g r a s ik a n k e d a l a m m a t e r i pe m b e l a j a r a n
S e j a r a h K e b u d a y a a n I s l a m d i M a d r a s a h a l i y a h d e m i s e b u a h p r o p o r s i o n a l i t a s d a n p r o s e s
t r a n s f o r m a s i n i l a i , k e t e r a m p i l a n a t a u i n f o r m a s i ( p e n g e t a h u a n ) y a n g d i s a m p a i k a n s e c a r a
f o r m a l s e h i n g g a m e n g h a s i l k a n e f e k p o s i t i f y a n g t e t a p t e r h a d a p l i n g k u n g a n d a n m e n j a d i m o d a l
awal-berharga utamanya bagi peser ta didik dalam menjalanihubungan sosial di tengah masyarakat
m u l t i k u l t u r a l - m u l t i r e l i g i u s .
R e l e v a n s i n i l a i p e n d i d i k a n m u l t i k u l t u r a l d a l a m m e m b a n g u n p e n d i d i k a n a g a m a i n k l u s i f
d i t e n g a h m a s y a r a k a t m u l t i k u l t u r a l s a n g a t s i g n i f i k a n , k a r e n a t e r i n t e g r a s i n y a n i l a i p e n d i d i k a n
m u l t i k u l t u r a l d a l a m p e n d i d i k a n a g a m a , m a k a a k a n m e n a m p i l k a n s e b u a h w a j a h p e n d i d i k a n
y a n g s e n a n t i a s a m e m a h a m i d a n m e m p o s i s i k a n k e r a g a m a n m a s y a r a k a t s e b a g a i s e b u a h h a l
y a n g p o s i t i f - p r o d u k t i f d a n d i r e k o n s t r u k s i s e r t a d i p r o d u k s i s e c a r a a r i f d a n b i j a k s a n a u n t u k
k e p e n t i n g a n h a r m o n i k e h i d u p a n d i t e n g a h m a s y a r a k a t . S e b a b Pe n d i d i k a n I n k l u s i f a d a l a h
pe ndid ika n y ang s en ant ias a m e nj un j un g t ing g i n ila i de m ok r as i, m ene bar k an s em ang a t t ole r ans i,
m e n g h a r g a i h a r k a t d a n m a r t a b a t m a n u s i a , m e m i l i k i v i s i k e a d i l a n s o s i a l , k e s e t a r a a n d a n
k e b e r s a m a a n d a l a m m e w u j u d k a n I n d o n e s i a y a n g l e b i h b e r a d a b d a n b e r k e a d i l a n .
2 8
Endnote
1
Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan
(Jakar ta: P T Raj a Grafindo, 2001), h. 7-8.
2
B iy anto, Teori Siklus Peradaban (S urabay a: L PA M , 2004), h. 1.
3
Ibid., h . 14.
4
Z uhairini, et al., Sejarah Pendidikan Islam(Jakar ta: B umi A ksara, 1998), h.260.
5
Rois M ahfud. Al-Islam Pendidikan Agama Islam (Jakar ta: E rl ang g a, 2011), h.185-186.
6
Hasbul l ah, Sejarah Pendidikan Islam, h. 8-9.
7
D epar temen Pendidikan D an Kebuday aan, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakar ta: B al ai
P ustaka), h. 15.
8
Hamdani, Strategi Belajar Mengajar (B andung : CV P ustaka S etia, 2011), h. 71.
9
Ibid., h. 71-72.
10
M.Saekhan Muchit, Pembelajaran Kontekstual(Semarang: Rasail Media Group, 2008), h. 1.
11
Ibid., h. 1.
12
Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, h. 72.
13
S it i At iv a Rize ma P utra , Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains(J aka r ta: D I VA
P ress, 2013), h. 17.
14
Ibid.
15
Fatah S y ukur, Sejarah Peradaban Islam (S emarang : P ustaka Rizki P utra, 2009), h. 8.

3
Taufik Kur niawan : Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku-buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam
243
1 6
D e d i S a h p u t r a N a p i t u p u l u ,  N i l a i - N i l a i Pe n d i d i k a n Pa d a K i s a h N a b i A d a m A S  ,
d a l a m Tadris, Vo l . X I I , N o. 2 Ta h u n 2 0 1 7 , h . 2 4 8 .
1 7
S a l m i w a t i ,  U r g e n s i Pe n d i d i k a n A g a m a I s l a m D a l a m Pe n g e m b a n g a n N i l a i - N i l a i
M u l t i k u l t u r a l  , d a l a m J u r n a l Al-Ta lim, Vo l . I , N o m o r 4 , Fe b r u a r i 2 0 1 3 , h . 3 3 8 .
1 8
N u r k h o l i s M a j i d , Pluralitas Agama; Kerukunan dalam Keragaman, ( J a k a r t a : K o m p a s
M e d i a N u s a n t a r a , 2 0 0 1 ) , h . 3 9 .
1 9
Ibid.
2 0
K e m e n t e r i a n A g a m a R I , Sejarah Kebudayaan Islam: Kelas X, Madrasah Aliyah
c e t a k a n K e - I , 2 0 1 4 , h . i v.
2 1
H u s a i n i U s m a n d a n P u r n o m o S . A k b a r, Metodologi Penelitian Sosial( J a k a r t a : B u m i
A k s a r a , 2 0 0 1 ) , h . 8 1
2 2
M . I q b a l H a s a n , Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian( J a k a r t a : G h a l i a I n d o -
n e s i a , 2 0 0 2 ) , h . 1 1 .
2 3
M . A m i n A b d u l l a h ,  P r o b l e m E p i s t e m o l o g i s - M e t o d o l o g i s Pe n d i d i k a n I s l a m  , d a l a m
A b d u l M u n i r M u l k h a n , e t . a l . , R e l i g i o s i t a s I p t e k ( Yo g y a k a r t a : P u s t a k a Pe l a j a r, 1 9 9 8 ) , h l m . 6 5 .
2 4
A f f a n d i M o c h t a r d a n K u s u m a ,  M o d e l B a r u Pe n d i d i k a n : M e l a n j u t k a n M o d e r n i s a s i
Pen di d ik an Is l a m d i I nd on es i a  d a l a m A ff an d i M o c ht ar da n K us um a p ar ad i g m a b ar u Pen di d ik an :
R e k o n s t r u k s i d a n P r o y e k M o d e r n i s a s i p e n d i d i k a n I s l a m d i I n d o n e s i a ( J a k a r t a : I I S E P, 2 0 0 8 ) ,
h l m . 9 .
25
S . H a m i d H a sa n ,  Pe n d ek a t a n M u l t i k u l t u r a l u n t uk p e ny e m pu r n a an K u ri k u l um N as i o n al  .
d a l a m j u r n a l Pe n d i d i k a n d a n K e b u d a y a a n , 2 0 0 0 , h . 5 1 0 - 5 2 4 .

3
Taufik Kur niawan : Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku-buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam
244
AT-TA Z A K K I : Vo l. 3 N o. 2 Juli - D esemb er 2019
D a f t a r P u s t a k a
Abdullah, M. Amin . Problem Epistemologis-Metodologis Pendidikan Islam , dalam Abdul M u n i r
Mulkhan, et.al.,Religiositas Iptek. Yogyakar ta: Pus taka Pelaj ar, 199 8.
Biy anto. Teori Siklus Peradaban. Surabaya: LPAM, 2 00 4.
Depar tem en Pendidikan Dan Kebuday aan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakar ta: Balai
Pustaka.
Ham dani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia, 2 01 1.
Hasan, M. Iqbal. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian.Jakar ta: Ghalia Indonesia, 200 2.
Hasan, S. Hamid. Pendekatan Multikultur al untuk penyempur naan Kurikulum Nasional . dalam
jur nal Pendidikan dan Kebudayaan, 2000.
Has bullah. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan
Perkembangan. Jakar ta: PT Raj a Gr afindo, 2 00 1.
Kem enterian Ag am a RI. Sejarah Kebudayaan Islam: Kelas X, Madrasah Aliyahcetakan Ke-I, 20 14 .
Mahfud. Rois. Al-Islam Pendidikan Agama Islam. Jakar ta: Er langga, 201 1.
Majid, Nurkholis. Pluralitas Agama: Kerukunan dalam Keragaman. Jakarta: Kompas Media Nusantara,
2001.
Mochtar Affandi dan Kusum a. Model Bar u Pendidikan: Melanjutkan Moder nisasi Pendidikan Islam
di Indonesia  dalam Affandi Mochtar dan Kusuma paradigma baru Pendidikan: Rekonstruksi
dan Pr oy ek Moder nisasi pendidikan Islam di Indonesia. Jakar ta: IISEP, 2 00 8.
Muchit, M.Saekhan. Pembelajaran Kontekstual.Semarang: Rasail Media Gr oup, 200 8.
Napitupulu, Dedi Sahputra. Nilai-Nilai Pendidikan Pada Kisah Nabi Adam AS , dalam Jur nal Tadris,
Vol. XII, No. 2 Tahun 20 17 .
Putr a, Siti Ativ a Riz em a. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains.Jakar ta: DIVA Press , 2 01 3.
Salmiwati. Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Nilai-Nilai Multikultural  , dalam
Jur nal Al-Ta lim, Vol. I, Nom or 4 , Febr uari 201 3.
Syukur, Fatah. Sejarah Peradaban Islam. Sem arang: Pustaka Rizki Putr a, 20 09 .
Usm an, Hus aini dan Pur nom o S. Akbar. Metodologi Penelitian Sosial.Jakar ta: Bumi Aksara, 20 01 .
Zuhairini. Sejarah Pendidikan Islam. Jakar ta: Bumi Aks ar a, 1 9 98 .