RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH
Pengelolaan Lingkungan Belajar Anak Usia Dini
Nita Anggi Purnama, M.Pd





Program studi : Pendidikan Guru – Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA
2023

ANALISIS PEMBELAJARAN
PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR ANAK USIA DINI

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa memiliki pemahaman
tentang pengelolaan lingkungan belajar Anak Usia Dini
Ujian Akhir Semester
Memahami pengorganisasian belajar bagi anak usia dini
Memahami unsur-unsur
pengelolaan lingkungan
belajar anak usia dini
Penataan lingkungan belajar
outdoor
Memahami spesifikasi
lingungan belajar outdoor
Memahami spesifikasi
lingungan belajar outdoor
Ujian Tengah Semester
Memahami model
pembelajaran yang dapat
digunakan di PAUD (model
sentra)
Memahami suasana di ruang
pembelajaran harus kondusif
secara psikologis
Memahami konsep dan
urgensi pengelolaan
lingkungan belajar AUD
Memahami lingkungan belajar
indoor
Memahami pemilihan dan
pengaturan perlengkapan
belajar
Memahami model pembelajaran
yang dapat digunakan di PAUD
(model area)

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (S1)
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH KODE RUMPUN MK BOBOT (sks) SEMESTER TGL
PENYUSUNAN
Pengelolaan
Lingkungan
Belajar AUD
2 2 September
2023
OTORISASI
DOSEN PENGEMBANG RPS KOORDINATOR RMK KA.PRODI



Nita Anggi Purnama, M.Pd




Nita Anggi Purnama, M.Pd




Nandhini Hudha Anggarasari, M.Psi.,
Psikolog
CAPAIAN
PEMBELAJARAN
CPL-PRODI

(CP)

a. S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c. S3 Berkontribusi dalam meningkatkan mutu kehidupan masyarakan
d. S9 Meunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
e. KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
f. KK7 Mampu merencanakan dan membuat media pembelajaran, mengelola lingkungan belajar
serta mengaplikasikannya dalam pembelajaran bagi anak usia dini.
CP-MK

a. P-2 Mampu mengidentifikasi karakteristik dan kebutuhan Anak Usia Dini dalam Pengasuhan dan
Pendidikan Anak Usia Dini
b. P-14 Memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar manajemen tata kelola lembaga pendidikan anak
usia dini
DESKRIPSI SINGKAT MK Mengantarkan mahasiswa agar mampu memahami konsep pengelolaan lingkungan belajar AUD,
pengelolaan lingkungan belajar indoor dan outdoor, pemilihan dan pengaturan perlengkapan belajar, model
yang dapat digunakan dalam pembelajaran PAUD, suasana di ruang pembelajaran harus kondusif secara
psikologis, spesifikasi lingkungan belajar outdoor, menata lingkungan outdoor, unsur-unsur yang berperan
dalam pengelolaan lingkungan belajar di PAUD, pengorganisasian belajar bagi anak.

MATERI
PEMBELAJARAN/POKOK
BAHASAN
1. Konsep pengelolaan lingkungan belajar AUD
2. Pengelolaan lingkungan belajar indoor
3. Pemilihan dan pengaturan perlengkapan belajar
4. Model yang dapat digunakan dalam pembelajaran PAUD
5. Suasana di ruang pembelajaran harus kondusif secara psikologis
6. Pengelolaan lingkungan belajar outdoor
7. Spesifikasi lingkungan belajar outdoor
8. Menata lingkungan outdoor
9. Unsur-unsur yang berperan dalam pengelolaan lingkungan belajar di PAUD
10. Pengorganisasian belajar bagi anak
PUSTAKA UTAMA

Amala, N. (2022). Pengelolaan Lingkungan Belajar di Lembaga PAUD. Malang: Mazda Media
Coughlin, Pamela, etc. (2000). Menciptakan Kelas yang Berpusat pada Anak: 3-5 Tahun. Washington
DC: Children’s Resources International, Inc.
Mariyana, Rita. (2005). Strategi Pengelolaan Lingkungan Belajar di Taman Kanak-Kanak. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Nielsen, Dianne Miller. (2008). Mengelola Kelas untuk Guru TK, Petunjuk Perencanaan Kurikulum,
Pengajaran melalui Pusat Pembelajaran, dan Pengaturan Lain. Jakarta: PT Indeks.
PENDUKUNG
Artikel-artikel terkait materi pembelajaran.
MEDIA PEMBELAJARAN
PERANGKAT LUNAK : PERANGKAT KERAS:
LCD & PROYEKTOR
TEAM TEACHING -
MATAKULIAH SYARAT -

Mg ke-
Kemampuan
Akhir tiap
tahapan belajar
(Sub –CP-MK)
Penilaian Metode Pembelajaran
Materi
pembelajaran
Bobot
penilaian
Indikator
Kriteria & Bentuk
Penilaian
Pembelajaran
luring
Pembelajaran
daring
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1 • Mahasiswa
memahami
tentang tujuan,
ruang lingkup
perkuliahan,
serta sistem
• Pengantar
perkuliahan
• Menjelaskan
kontrak kuliah
dan RPS
• Deskripsi tujuan
• Kriteria :
Kesesuaian topik,
kelengkapan
materi,
Ketepatan
menjelaskan,
Ceramah dan
diskusi tanya
jawab
Pendahuluan:
Kontrak perkuliahan,
tujuan, ruang lingkup
materi perkuliahan,
sistem perkuliahan
dan evaluasi.
0

perkuliahan
dan evaluasi
dan manfaat
pengelolaan
lingkungan
belajar PAUD
kemampuan
menyelesaikan
masalah
• Bentuk non test :
Tanya Jawab
2 Mahasiswa mampu
memahami konsep
pengelolaan
lingkungan belajar
AUD
• Menjelaskan
jenis layanan
program satuan
PAUD dan
pentingnya
menyediakan
lingkungan
belajara yang
kondusif bagi
anak

• Kriteria :
Kesesuaian topik,
kelengkapan
materi,
Ketepatan
menjelaskan,
kemampuan
menyelesaikan
masalah
• Bentuk non test :
Presentasi
Tanya Jawab
Presentasi dan
diskusi tanya
jawab
• Menjelaskan
jenis layanan
program satuan
PAUD
• Pentingnya
menyediakan
lingkungan
belajara yang
kondusif bagi
anak
- Jenis
lingkungan
sebagai
sumber
belajar
- Proses
pemanfaatan
lingkungan
sebagai
bahan
pembelajaran
5
3 • Menjelaskan
tentang konsep
pengelolaan
lingkungan
belajar
• Kriteria :
Kesesuaian topik,
kelengkapan
materi,
Ketepatan
menjelaskan,
kemampuan
menyelesaikan
Presentasi dan
diskusi tanya
jawab
• Definisi
pengelolaan
lingkungan
belajar di
lembaga PAUD
• Tujuan
pengelolaan
lingkungan
belajar di
5

masalah
• Bentuk non test :
Presentasi
Tanya Jawab
lembaga PAUD
• Tujuan
menciptakan
lingkungan yang
memberikan
kesempatan anak
untuk melakukan
kegiatan
• Fungsi
pengelolaan
lingkungan
belajar di
lembaga PAUD
• Prinsip-prisnsip
pengelolaan
lingkungan
belajar di
lembaga PAUD
• Syarat
pengelolaan
Lingkungan
belajar di
lembaga PAUD
4 Mahasiswa mampu
memahami
pengelolaan
lingkungan belajar
indoor
• Menjelaskan
pengelolaan
lingkungan
belajar indoor
• Kriteria :
Kesesuaian topik,
kelengkapan
materi,
Ketepatan
menjelaskan,
kemampuan
menyelesaikan
masalah
• Bentuk non test :
Presentasi
Presentasi dan
diskusi tanya
jawab
• Prinsip penataan
ruang
• Mengorganisir
dan mengelola
lingkungan
belajar indoor
• Jenis ruang
- Ruang bayi
- Ruang kelas
anak
- Ruang
perpustakaan
5

Tanya Jawab - Ruang tidur
atau istirahat
- Ruang makan
- Gudang
5 Mahasiswa mampu
memahami
pemilihan dan
pengaturan
perlengkapan
belajar
• Menjelasakan
pemilihan dan
pengaturan
perlengkapan
belajar untuk
anak usia dini
• Kriteria :
Kesesuaian topik,
kelengkapan
materi,
Ketepatan
menjelaskan,
kemampuan
menyelesaikan
masalah
• Bentuk non test :
Presentasi
Tanya Jawab
Ceramah dan
diskusi tanya
jawab
• Loker
• Memilih furnitur
• Memilih APE
• Penempatan
toilet
5
6-7 Mahasiswa mampu
memahami model
yang dapat
digunakan dalam
pembelajaran PAUD
• Mengklasifikasi
model
pembelajaran
yang bisa
diterapkan di
PAUD

• Kriteria :
Kesesuaian topik,
kelengkapan
materi,
Ketepatan
menjelaskan,
kemampuan
menyelesaikan
masalah
• Bentuk non test :
Presentasi
Tanya Jawab
Presentasi dan
diskusi tanya
jawab
• Pengertian
model sudut dan
penjabarannya
• Pengertian
model area dan
penjabarannya

5
UTS
9 Mahasiswa mampu
memahami model
yang dapat
digunakan dalam
• Menjelasakan
model sentra di
lembaga PAUD
• Kriteria :
Kesesuaian topik,
kelengkapan
Presentasi dan
diskusi tanya
jawab
• Pengertian model
sentra dan
penjabarannya
5

pembelajaran PAUD materi,
Ketepatan
menjelaskan,
kemampuan
menyelesaikan
masalah
• Bentuk non test :
Presentasi
Tanya Jawab
10 Mahasiswa mampu
memahami suasana
di ruang
pembelajaran harus
kondusif secara
psikologis
• Menjelaskan
suasana ruang
yang kondusif
bagi anak usia
dini
• Kriteria :
Kesesuaian topik,
kelengkapan
materi,
Ketepatan
menjelaskan,
kemampuan
menyelesaikan
masalah
• Bentuk non test :
Presentasi
Tanya Jawab
Presentasi dan
diskusi tanya
jawab
• Menjelaskan dan
menjabarkan
pengertian:
- Kontrol
lingkungan
- Keamanan
- Kenyamanan
- Daya tarik
- Rasa
tanggung
jawab dan
rasa
pemeliharaa
n
- Penerangan
- Suhu udara
dan ventilasi
5
11 Mahasiswa mampu
memahami
pengelolaan
lingkungan belajar
outdoor
• Menjelaskan
lingkungan
belajar outdoor
• Kriteria :
Kesesuaian topik,
kelengkapan
materi,
Ketepatan
menjelaskan,
kemampuan
Presentasi dan
diskusi tanya
jawab
• Pentingnya
aktivitas outdoor
dalam
optimalisasi
perkembangan
anak
- Perekemban
gan fisik
5

menyelesaikan
masalah
• Bentuk non test :
Presentasi
Tanya Jawab
- Keterampila
n sosial dan
pengetahuan
budaya
- Pekembanga
n emosional
- Perekemban
gan
intelektua
- Prinsip
umum
penataan
lingkungan
belajar
outdoor
12 Mahasiswa mampu
memahami
spesifikasi
lingkungan belajar
outdoor
• Menjelaskan
spesifikasi
lingkungan
belajar outdoor
• Kriteria :
Kesesuaian topik,
kelengkapan
materi,
Ketepatan
menjelaskan,
kemampuan
menyelesaikan
masalah
• Bentuk non test :
Presentasi
Tanya Jawab
Presentasi dan
diskusi tanya
jawab
• Menjelaskan dan
menjabarkan
pengertian:
- Lokasi
- Ukuran
- Yang harus
diperhatikan
dalam
membuat
pagar
- Tanah
lapang
- Permukaan
- Atap atau
naungan
5
13 Mahasiswa mampu
memahami menata
lingkungan outdoor
• Menjelaskan
penataalingkung
an outdoor di
lembaga PAUD
• Kriteria :
Kesesuaian topik,
kelengkapan
materi,
Ketepatan
Presentasi dan
diskusi tanya
jawab
• Merancang ruang
• Area bermain
• Area menggali
dan menimbun
• Area kendaraan
5

menjelaskan,
kemampuan
menyelesaikan
masalah
• Bentuk non test :
Presentasi
Tanya Jawab
• Area berkebun
• Menyimpan
bahan
perlengkapan
14 Mahasiswa mampu
memahami unsur-
unsur yang
berperan dalam
pengelolaan
lingkungan belajar
di PAUD
• Menjelaskan
unsur-unsur
dalam
pengelolaan
lingkungan
belajar AUD
• Kriteria :
Kesesuaian topik,
kelengkapan
materi,
Ketepatan
menjelaskan,
kemampuan
menyelesaikan
masalah
• Bentuk non test :
Presentasi
Tanya Jawab
Presentasi dan
diskusi tanya
jawab
• Profesionalisme
pendidik dalam
mengelola
lingkungan
belajar
- Kemampuan
menciptakan
dan
mengelola
lingkungan
- Kemampuan
dalam
menata dan
mengkreasik
an
lingkungan
belajar
- Kemampuan
memelihara
lingkungan
belajar yang
aman
- Kemampuan
relasional
• Dukungan
fasilitas dan
kebijakan
sekolah
5

• Keterlibatan
orang tua dan
masyarakat
15 Mahasiswa mampu
memahami
pengorganisasian
belajar bagi anak
• Menjelaskan
pengorganisasia
n belajar bagi
anak usia dini
• Kriteria :
Kesesuaian topik,
kelengkapan
materi,
Ketepatan
menjelaskan,
kemampuan
menyelesaikan
masalah
• Bentuk non test :
Presentasi
Tanya Jawab
Laporan hasil
penelitian
• Presentasi
dan diskusi
tanya jawab
• Melakukan
penelitian
(observasi)
ke PAUD
kaitannya
dengan
pengelolaan
lingkungan
belajar AUD
• Standar jumlah
anak di kelas
• Kelompok
pembagian usia
anak
• Waktu belajar
anak anak di
sekolah
• Presentasi hasil
observasi
mahasiswa ke TK
5
16 UAS