1

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

METODE NUMERIK



Dosen Pengampu:

Tanti Jumaisyaroh Siregar, M.Pd
















PROGRAM STUDI (S.1) PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGU RUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN
SEMESTER GENAP TA. 2020-2021

2
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate 20371, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Telp. (+6261) 6615683, 6622925, Fax. (+6261) 6615683
web: www. uinsu.ac.id


RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)

A. Identitas:
Mata Kuliah : Metode Numerik
Kode Mata Kuliah : 01030615
Bobot sks : 2
Program Studi : (S.1) Pendidikan Matematika
Dosen Pengampu : Tanti Jumaisyaroh Siregar, M.Pd

B. Capaian Pembelajaran Program Studi :

Sikap 1. (S.5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan
orang lain yang original.
2. (S.6) Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial terhadap kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan.
3. (S.9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Keterampilan Umum 1. (KU.1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan
atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatika dan menerapkan nilai
humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
2. (KU.2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
3. (KU.5) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang
keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
Pengetahuan 1. (P.4) Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis,
kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah

3
pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik.
2. (P.21) Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan matematika.
Keterampilan Khusus 1. (KK.4) Mampu memfasilitasi pengembangan potensi keilmuan bidang matematika untuk mengaktualisasikan
kemampuan dan keterampilan matematika dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di
masyarakat.
2. (KK.8) Mampu mengembangkan keprofesian dan keilmuan matematika secara berkelanjutan, mandiri dan
kolektif melalui pengembangan diri dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam
kerangka mewujudkan kinerja diri sebagai pendidik sejati.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah: 1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep metode numerik.
2. Mahasiswa mampu menerapkankan konsep metode numerik yang sesuai untuk menyelesaikan masalah
matematika.
3. Mahasiswa mampu menganalisis nilai galat, akar persamaan, interpolasi, diferensiasi numerik dan
integrasi numerik melalui diskusi kelompok.

C. Deskripsi Rencana Pembelajaran
Perte
muan
Ke-
Kemampuan Akhir yang
Diharapkan
Bahan Kajian
Metode
Pembelajaran
Waktu
Pengalaman Belajar
Mahasiswa
Kriteria dan
Indikator
Penilaian
Referensi
Utama
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1. Memahami rencana
perkuliahan, materi
perkuliahan, metode
pembelajaran, buku
referensi dan sistem
penilaian yang digunakan
dalam pembelajaran.
Silabus , RPS
dan Kontrak
Kuliah Metode
Numerik
Ceramah
(penyajian oleh
dosen) disertai
tanya jawab
100
menit
Mahasiswa bertanya dan
berdiskusi kepada dosen
mengenai hal-hal yang
belum dimengerti
tentang silabus, RPS dan
kontrak kuliah serta
materi perkuliahan.
Sikap : Nilai 50
%
Berpartisipasi
aktif dalam
menyumbangkan
ide dan
menyelesaikan
masalah.
Membuat
Pertanyaan:
Nilai 50 %
Kesesuaian
1,2,3,4 dan
6

4
obyek
pertanyaan,
Kedalaman
obyek
pertanyaan;
Ketepatan
metode
Bertanya
2. Memahami definisi, tujuan
dan cara menggunakan
metode numerik serta
kelebihan ataupun
kelemahan metode numerik.
Pengantar
Metode
Numerik
Diskusi, Tanya
Jawab dan Latihan
100
menit
1. Mahasiswa
memahami materi
yang diberikan oleh
dosen mengenai
pengantar metode
numerik.
2. Mahasiswa bertanya
dan berdiskusi
dengan dosen
mengenai hal-hal
yang belum
dimengerti
3. Mahasiswa
menyelesaikan
permasalahan yang
diberikan oleh dosen
terkait materi yang
telah dipelajari.
Membuat
Pertanyaan:
Nilai 30 %
Kesesuaian
obyek
pertanyaan,
Kedalaman
obyek
pertanyaan;
Ketepatan
metode
bertanya
dalam
presentasi
Latihan: 70 %
Menuliskan
jawaban
permasalahan
dengan benar dan
langkah
penyelesaian
masalah dengan
benar.
1,2 ,7,10,
15, 19, 20

5
3. 1. Memahami defenisi galat
dan jenis-jenis galat.
2. Mengetahui cara
menghitung galat.
3. Memahami nilai
pendekatan dan
kesalahan.

a. Teori
Galat.
b. Nilai
Pendekatan.
c. Floating
Point.
d.Galat/Kesala
han.
Diskusi, Tanya
Jawab dan
Penugasan.
100
menit
1. Mahasiswa
memahami materi
yang diberikan oleh
dosen mengenai
pengantar metode
numerik.
2. Mahasiswa bertanya
dan berdiskusi
dengan dosen
mengenai hal-hal
yang belum
dimengerti.
3. Mahasiswa
menyelesaikan
permasalahan yang
diberikan oleh dosen
terkait materi yang
telah dipelajari.
Membuat
Pertanyaan:
Nilai 30 %
Kesesuaian
obyek
pertanyaan,
Kedalaman
obyek
pertanyaan;
Ketepatan
metode
bertanya
Penugasan: 70
%
Menuliskan
jawaban
permasalahan
dengan benar dan
langkah
penyelesaian
masalah dengan
benar.
1,2,3,5,10,
15, 17, 19,
21
4. 1. Memahami definisi akar
persamaan, persamaan
tak linear, persamaan
aljabar dan persamaan
transedental.
2. Memahami dan
mengaplikasikan metode
iterasi.

1. Akar
Persamaan.
2. Metode
Iterasi.
Diskusi, Tanya
Jawab dan Latihan
100
menit
1. Mahasiswa
memahami materi
yang diberikan oleh
dosen mengenai
akar persamaan dan
metode iterasi.
2. Mahasiswa bertanya
dan berdiskusi
dengan dosen
mengenai hal-hal
Membuat
Pertanyaan:
Nilai 30 %
Kesesuaian
obyek
pertanyaan,
Kedalaman
obyek
pertanyaan;
Ketepatan
metode
5, 7,10,16,
17, 19

6
yang belum
dimengerti.
3. Mahasiswa
menyelesaikan
permasalahan yang
diberikan oleh dosen
terkait materi yang
telah dipelajari.
bertanya
Latihan: 70 %
Menuliskan
jawaban
permasalahan
dengan benar dan
langkah
penyelesaian
masalah dengan
benar.
5. Memahami dan
mengaplikasikan metode
iterasi fixed point dalam
mencari akar suatu fungsi.

Metode Iterasi
Fixed Point.

Diskusi, Tanya
Jawab dan Latihan
100
menit
1. Mahasiswa
memahami materi
yang diberikan oleh
dosen mengenai
metode iterasi fixed
point.
2. Mahasiswa bertanya
dan berdiskusi
dengan dosen
mengenai hal-hal
yang belum
dimengerti
3. Mahasiswa
menyelesaikan
permasalahan yang
diberikan oleh dosen
terkait materi yang
telah dipelajari.
Membuat
Pertanyaan:
Nilai 30 %
Kesesuaian
obyek
pertanyaan,
Kedalaman
obyek
pertanyaan;
Ketepatan
metode
bertanya
Latihan: 70 %
Menuliskan
jawaban
permasalahan
dengan benar dan
langkah
penyelesaian
masalah dengan
benar.
3,10, 17,
18, 20
6. Memahami dan
mengaplikasikan metode
Metode Diskusi, Tanya
Jawab dan Latihan
100
menit
1. Mahasiswa
memahami materi
Membuat
Pertanyaan:
1,2,3,4,6,
10, 15, 22

7
bisection dalam mencari
akar suatu fungsi.

Bisection yang diberikan oleh
dosen mengenai
metode bisection.
2. Mahasiswa bertanya
dan berdiskusi
dengan dosen
mengenai hal-hal
yang belum
dimengerti.
3. Mahasiswa
menyelesaikan
permasalahan yang
diberikan oleh dosen
terkait materi yang
telah dipelajari.
Nilai 30 %
Kesesuaian
obyek
pertanyaan,
Kedalaman
obyek
pertanyaan;
Ketepatan
metode
bertanya
Penugasan: 70
%
Menuliskan
jawaban
permasalahan
dengan benar dan
langkah
penyelesaian
masalah dengan
benar.
7. Memahami dan
mengaplikasikan metode
regula falsi dan newton
dalam mencari akar suatu
fungsi.
1.Metode
Regula
Falsi
2. Metode
Newton
Rhapson
Diskusi, Tanya
Jawab dan
Penugasan
100
menit
1. Mahasiswa
memahami materi
yang diberikan oleh
dosen mengenai
metode regula falsi
dan newton rhapson.
2. Mahasiswa bertanya
dan berdiskusi
kepada dosen
mengenai hal-hal
yang belum
Membuat
Pertanyaan:
Nilai 30 %
Kesesuaian
obyek
pertanyaan,
Kedalaman
obyek
pertanyaan;
Ketepatan
metode
bertanya
Penugasan: 70
2,3,4,6,8,
14, 22,23

8
dimengerti.
3. Mahasiswa
menyelesaikan
permasalahan yang
diberikan oleh dosen
terkait materi yang
telah dipelajari.
%
Menuliskan
jawaban
permasalahan
dengan benar dan
langkah
penyelesaian
masalah dengan
benar.
8. Ujian Tengah Semester 1,2,3,4 dan
6
9. Memahami dan
mengaplikasikan metode
secant dalam mencari akar
suatu fungsi.


Metode Secant


Diskusi,
Tanya Jawab
dan Latihan
100
menit
1. Mahasiswa
memahami materi
yang diberikan oleh
dosen mengenai
metode secant.
2. Mahasiswa bertanya
dan berdiskusi
kepada dosen
mengenai hal-hal
yang belum
dimengerti.
3. Mahasiswa
menyelesaikan
permasalahan yang
diberikan oleh dosen
terkait materi yang
telah dipelajari..
Membuat
Pertanyaan:
Nilai 20 %
Kesesuaian
obyek
pertanyaan,
Kedalaman obyek
pertanyaan;
Ketepatan
metode
bertanya
Latihan: 70 %
Menuliskan
jawaban
permasalahan
dengan benar dan
langkah
penyelesaian
masalah dengan
benar.
1,3,4,5,12,
19, 20
10. 1. Memahami definisi
interpolasi linear dan
Interpolasi
Linear.
Diskusi,
Persentase,
100
menit
1. Mahasiswa
memilih bahan
Presentasi: Nilai
2,3,4,5, 10,
19, 20

9
dan interpolasi kuadrat.
2. Menyelesaikan
permasalahan numerik
menggunakan metode
interpolasi linear dan
interpolasi kuadrat.
Interpolasi
Kuadrat.
Tanya Jawab
dan Penugasan
diskusi yang
diberikan dosen
dengan
menyiapkan video
yang diupload ke
akaun youtube.
2. Mahasiswa dan
dosen berdiskusi
mengenai materi
perkuliahan
interpolasi linear
dan interpolasi
kuadrat.
3. Mahasiswa
menyelesaikan
permasalahan yang
diberikan oleh
dosen terkait
materi yang telah
ia pelajari.
30 %
Penguasaan materi,
ketepatan
menyelesaikan
masalah,
kemampuan
komunikasi,
kemampuan
menjawab
pertanyaan serta
kejelasan suara dan
tulisan.
Membuat
Pertanyaan:
Nilai 20 %
Kesesuaian
obyek
pertanyaan,
Kedalaman obyek
pertanyaan;
Ketepatan
metode
bertanya
Penugasan: Nilai
50 %
Menuliskan
jawaban
permasalahan
dengan benar dan
langkah
penyelesaian
masalah dengan
benar.

10
11. 1. Memahami definisi
interpolasi Lagrange
dan interpolasi Newton.
2. Menyelesaikan
permasalahan numerik
menggunakan metode
Lagrange dan metode
Newton.
1. Interpolasi
Polinomial
Lagrange
2. Interpolasi
Newton.



Diskusi,
Persentase,
Tanya Jawab
dan Penugasan
100
menit
1. Mahasiswa dan
dosen berdiskusi
mengenai materi
perkuliahan yang
terdapat pada
sebuah video
youtube mengenai
interpolasi
polynomial dan
newton.
2. Mahasiswa
menyelesaikan
permasalahan yang
diberikan oleh
dosen terkait
materi yang telah
ia pelajari.
Presentasi: Nilai
30 %
Penguasaan materi,
ketepatan
menyelesaikan
masalah,
kemampuan
komunikasi,
kemampuan
menjawab
pertanyaan serta
kejelasan suara dan
tulisan.
Membuat
Pertanyaan:
Nilai 20 %
Kesesuaian
obyek
pertanyaan,
Kedalaman obyek
pertanyaan;
Ketepatan
metode
bertanya
Penugasan: Nilai
50 %
Menuliskan
jawaban
permasalahan
dengan benar dan
langkah
penyelesaian
1,3,4,7,9,
10,13, 15,
18

11
masalah dengan
benar.
12. 1. Memahami metode
diferensial numerik
dengan menggunakan
formula forward -
backward .
2. Menyelesaikan
permasalahan diferensial
numerik menggunakan
formula formula forward
-backward.
Diferensiasi
Numerik dengan
Formula Forward
-Backward.

Diskusi,
Persentase,
Tanya Jawab
dan Penugasan
100
menit
1. Mahasiswa dan
dosen berdiskusi
mengenai materi
perkuliahan yang
terdapat pada
sebuah video
youtube mengenai
diferensiasi numerik
dengan formula
forward -backward.
2. Mahasiswa
menyelesaikan
permasalahan yang
diberikan oleh
dosen terkait
materi yang telah
ia pelajari.
Presentasi: Nilai
30 %
Penguasaan materi,
ketepatan
menyelesaikan
masalah,
kemampuan
komunikasi,
kemampuan
menjawab
pertanyaan serta
kejelasan suara dan
tulisan.
Membuat
Pertanyaan:
Nilai 20 %
Kesesuaian
obyek
pertanyaan,
Kedalaman obyek
pertanyaan;
Ketepatan
metode
bertanya
Penugasan: Nilai
50 %
Menuliskan
jawaban
permasalahan
dengan benar dan
2,3,7,9, 15,
17

12
langkah
penyelesaian
masalah dengan
benar.
13. 1. Memahami definisi
integral tentu dan
menghitung luas daerah.
2. Memahami metode
integrasi numerik aturan
Rieman dan aturan
trapesium.
3. Menyelesaikan
permasalahan integral
numerik menggunakan
aturan Rieman dan Aturan
trapesium.

1. Definisi
integral tentu.
2. Menghitung
luas daerah.
3. Integrasi
numerik
dengan
menggunakan
aturan
Rieman
dan
Aturan
Trapesium
Diskusi ,
Persentase,
Tanya Jawab
dan Penugasan
100
menit
1. Mahasiswa dan
dosen berdiskusi
mengenai materi
perkuliahan yang
terdapat pada
sebuah video
youtube mengenai
definisi integral
tentu, menghitung
luas daerah.
integrasi numerik
dengan
menggunakan
aturan dan aturan
trapesium.
2. Mahasiswa
menyelesaikan
permasalahan yang
diberikan oleh
dosen terkait materi
yang telah ia
pelajari.
Presentasi: Nilai
30 %
Penguasaan materi,
ketepatan
menyelesaikan
masalah,
kemampuan
komunikasi,
kemampuan
menjawab
pertanyaan serta
kejelasan suara dan
tulisan.
Membuat
Pertanyaan:
Nilai 20 %
Kesesuaian
obyek
pertanyaan,
Kedalaman obyek
pertanyaan;
Ketepatan
metode
bertanya
Penugasan: Nilai
50 %
Menuliskan
jawaban
1,2,3,4, 5,
11, 15

13
permasalahan
dengan benar dan
langkah
penyelesaian
masalah dengan
benar.
14. 1. Memahami metode
integrasi numerik dengan
menggunakan aturan
Simpson dan Simpson
Multiple.
2. Menyelesaikan
permasalahan integrasi
numerik menggunakan
aturan Simpson dan
Simpson Multiple.

Integrasi
numerik dengan
menggunakan
aturan
Simpson dan
Simpson Multiple
Diskusi ,
Pesentase,
Tanya Jawab
dan Penugasan
100
menit
1. Mahasiswa dan
dosen berdiskusi
mengenai materi
perkuliahan yang
terdapat pada
sebuah video
youtube mengenai
materi Integrasi
numerik dengan
menggunakan
aturan
Simpson dan
Simpson Multiple
2. Mahasiswa
menyelesaikan
permasalahan yang
diberikan oleh
dosen terkait
materi yang telah
ia pelajari.
Presentasi: Nilai
30 %
Penguasaan materi,
ketepatan
menyelesaikan
masalah,
kemampuan
komunikasi,
kemampuan
menjawab
pertanyaan serta
kejelasan suara dan
tulisan.
Membuat
Pertanyaan:
Nilai 20 %
Kesesuaian
obyek
pertanyaan,
Kedalaman obyek
pertanyaan;
Ketepatan
metode
bertanya
Penugasan: Nilai
50 %
1,2,3,4,5,
9, 11, 20

14
Menuliskan
jawaban
permasalahan
dengan benar dan
langkah
penyelesaian
masalah dengan
benar.
15. Menyelesaikan permasalahan
terkait interpolasi, diferensiasi
numerik dan integrasi
numerik.

Interpolasi
Diferensiasi
Numerik
Integrasi numerik


Kuis 100
menit
1. Mahasiswa
menyelesaikan soal
kuis terkait
interpolasi,
diferensiasi
numerik dan
integrasi numerik
yang diberikan oleh
dosen.
2. Mahasiswa
melakukan analisis
terhadap sebuah
jurnal terkait
metode numerik
dan mengumpulkan
hasil tugas Critical
Journal Review
(CJR) yang telah
dikerjakan.
Kuis : Nilai 50 %
Menuliskan
jawaban benar dan
langkah
penyelesaian benar.
Critical Journal
Review: Nilai 50 %
Kesesuaian topik
dengan mata kuliah,
Kelengkapan
data/identitas jurnal,
Kesesuaian
terjemahan jurnal
dalam bahasa
Indonesia,
Kemampuan
menganalisis jurnal,
Kemampuan
menyimpulkan
materi jurnal dan
Kesesuaian format
penulisan CJR.
10, 15,17
16. Ujian Akhir Semester

D. Aspek Wahdatul Ulum:

15
1. Matakuliah Pendukung: Kalkulus, Aljabar Linear dan Bahasa Pemrograman.
2. Metode: Diskusi materi dengan berbagai sudut pandang/perspektif ilmu yang relevan dengan pendekatan studi kasus.

E. Daftar Referensi:
1. Al-Khafaji. A.W., dan Tooley, J.R. (1986). Numerical Methods in Engineering Practice. New York : CBS College Publishiing.
2. Burden, R.L., dan Faires, J.D. (2011). Numerical Analysis. USA : Cengage Learning.
3. Chapra,S., dan Canale, R. (2014). Numerical Methods for Engineers. New York : McGraw-Hill Education.
4. Dahlquist, Germund., and Ake Bjorck. (2008).Numerical Methods in Scientific Computing Volume I. Philadelphia: Society for Industrial and
Applied Mathematics (SIAM).
5. Delima,N. (2020). Metode Numerik Seri Perkuliahan Online Via Youtube. Subang : UNSUB PRESS.
6. Epperson. J.F. (2013). An Introduction to Numerical Methods and Analysis. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc, Canada.
7. Hoffman,J.D. (2001). Numerical Methods for Engineers and Scientist. New York : CRC Press.
8. Hutagalung,S.N. (2017). Pemahaman Metode Numerik (Studi Kasus Metode Newton Rhapson) Menggunakan Pemrograman Matlab. Jurnal
Teknologi Informasi (JurTI).1(1). 95-100.
9. Moorthy, C.G., dan Sankar, G.U. (2019). Numerical Methods for Calculus Students. Mauritius : Lambert Academic Publishing.
10. Munir. R, 2017. Metode Numerik. Bandung : Informatika.
11. Pandu, Y.K. (2019). Penerapan Integral Numerik dalam Menghitung Luas Daerah Tidak Beraturan. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika.
1(2)127-132.
12. Panjaitan, M. (2017). Pemahaman Metode Numerik Menggunakan Pemrograman Matlab. Jurnal Teknologi Informasi (JurTI). 1(1). 89-94.
13. Parhusip, H.A. (2015). Modul Metode Numerik. Salatiga : Tisara Grafika.
14. Rochmad. (2013). Aplikasi Metode Newton Rhapson untuk Menghampiri Solusi Persamaan Non Linear. Jurnal MIPA. 36(2). 193-200.
15. Sangadji. (2008). Metode Numerik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
16. Sanjaya,M. (2020). Metode Numerik Berbasis Matlab untuk Sains dan Teknik. Bandung: Bolabot.
17. Salusu, A. (2008). Metode Numerik. Yogyakarta : Graha Ilmu.
18. Setiawan, A. (2006). Pengantar Metode Numerik. Yogyakarta : Andi.
19. Triatmodjo. B. (2002). Metode Numerik. Yogyakarta: Beta Offset.
20. Vulandari, R.T. (2017). Metode Numerik : Teori, Kasus dan Aplikasi. Surabaya: Mavendra Pers.
21. Wahyudin. (1987). Metode Analisis Numerik. Bandung : Tarsito.
22. Wigati,J. (2017). Solusi Numerik Persamaan Non Linear dengan Metode Bisection dan Regula Falsi. G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan.
1(1).5-17.
23. Wulan,E.R., Pajarudin, G., dan Nuraiman,D. (2017). Solusi Numerik Persamaan Non Linear dengan Menggunakan Metode Newton Rhapson
Modifikasi Fuzzy. Jurnal Istek. 10 (2). 62-76.

16
F. Pengesahan:
Medan, 16 April 2021
Disusun oleh: Diperiksa oleh: Disahkan oleh:
Dosen Pengampu




(Tanti Jumaisyaroh Siregar, M.Pd)
Penanggung Jawab Keilmuan





(Dr. Yahfizham, M.Cs)

Ketua Program Studi


(Dr. Yahfizham, M.Cs)