1


RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)
















PROGRAM STUDI : S3 Manajemen Pendidikan
MATA KULIAH : Filsafat Ilmu
BOBOT : 3 sks
DOSEN PENGAMPU : Tim Dosen

















PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN
PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
2021

2



RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)

Universitas : Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
Fakultas : Pascasarjana
Program Studi : S3 Manajemen Pendidikan

Mata Kuliah : Filsafat Ilmu
Bobot/SKS : 3 SKS
Kode Mata Kuliah : …..
Sifat : (1)Teori (2) Seminar (3) Praktikum *)
Pra-Syarat (jikaada) : -
Semester : 1 (Ganjil)
Periode Kuliah : Agustus – Desember
Jumlah Pertemuan Tatap
Muka/ Praktek
: 13 x 150 menit / 3 x 170 menit
Jadwal Kuliah :
Ruang :
Dosen Pengampu : Tim Dosen
*) coret yang tidak perlu
A. DESKRIPSI
Filsafat Ilmu merupakan mata kuliah yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa program
doktor (S3) Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta. Tujuannya agar mahasiswa memiliki
daya kritis, kreatif dan inovatif dalam memahami secara komprehensif keilmuan prodi.
dengan mengkaji: Filsafat ilmu pengetahuan, Landasan Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi
Ilmu Pengetahuan, Aliran-aliran dalam filsafat. Teori kebenaran Induktif dan Deduktif,
Positivisme dan Postpositivisme, Teori kritis dan Konstruktivisme, Paradigma sains masa
depan, Tokoh-tokoh Filosof Timur, Ilmu pendidikan dalam perspektif Filsafat Ilmu,
Penelitian dalam Perspektif Filsafat Ilmu, Penilaian pendidikan sebagai Interdisipliner,
transdisiplin dan multidisiplin. Etika Profesi dan Aksiologis Ilmu Pengetahuan.
Pembelajaran diselenggarakan dengan menggunakan pendekatan yang berpusat pada
mahasiswa, yaitu inquiry-based learning dan project-based learning dengan metode
pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis proyek (team based
project).

B. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) YANG DIBEBANKAN
DALAM MATAKULIAH

3


RANAH CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
SIKAP

1) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan
tugas berdasarkan agama,moral, dan etika (S-1);
2) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian
terhadap masyarakat dan lingkungan (S-2);
3) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-3) dan;
4) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di
bidang keahliannya secara mandiri (S-4);
KETERAMPILAN
UMUM
1) Memiliki kemampuan mengomunikasikan gagasan dan hasil
penelitian, mengambil keputusan dalam konteks
menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan
(KU-1)
2) Memiliki kemampuan bekerjasama, mengelola,
mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan
kolega, sejawat di dalam lembaga sesuai dengan etika profesi
(KU-2)
PENGETAHUAN


KETERAMPILAN
KHUSUS


C. BAHAN KAJIAN/ POKOK BAHASAN
BAHAN KAJIAN/POKOK
BAHASAN
SUB-BAHAN KAJIAN/SUB-POKOK BAHASAN
1. Hakekat Filsafat Ilmu
pengetuhuan, landasan,
aliran-aliran dan teori
kebenaran induktif &
Deduktif.
1.1 Filsafat ilmu pengetahuan,
1.2 Landasan Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Ilmu
Pengetahuan,
1.3 Aliran-aliran dalam filsafat
1.4 Teori kebenaran berdasarkan Induktif,
1.5 Teori kebenaran berdasarkan Deduktif
2. Filsafat ilmu Positivisme,
Postpositivisme dan
Paradigma struktur
revolusi sains di masa
depan.
2.1 Filsafat Ilmu : Positivisme dan teori Kritik
2.2 Post positivisme, teori kritis dan Konstruktivisme
(Karl. R,.Poper, Toulmin)
2.3 Paradigma sains menurut Thomas Khun, Paul
Fieyerabend dan Imre Lakatos
2.4 Tokoh-tokoh filosof timur,
2.5 Membangun Paradigma Science masa depan,
3. Perspektif filsafat ilmu
dalam pendidikan,
penelitian dan penilaian
3.1 Disiplin Ilmu pendidikan dalam perspektif Filsafat
Ilmu
3.2 Penelitian dalam Perspektif Filsafat Ilmu,

4


BAHAN KAJIAN/POKOK
BAHASAN
SUB-BAHAN KAJIAN/SUB-POKOK BAHASAN
serta etika profesi secara
keilmuan.
3.3 Membangun penilaian pendidikan sebagai
Interdisipliner, transdisiplin dan multidisiplin
3.4 Etika Profesi dalam Perspektif Filsafat Ilmu

D. KEGIATAN PEMBELAJARAN (METODE)
Strategi perkuliahan yang digunakan adalah secara inquiri atau terpusat kepada
mahasiswa (student centeredness). Metode pembelajaran yang digunakan adalah Project-
based Learning/Team-Based Project Learning, Case-Based Learning, Cooperative Learning,
Blended Learning, dan Problem-Based Learning.

Bentuk Pembelajaran
Mata kuliah ini dilaksanakan dengan menggunakan case-based Learning/project-based
learning/lainnya.
1) Case-based Learning
- Review proposal penelitian tentang komponen/elemen yang diperlukan dalam suatu
perencanaan penelitian
Langkah-langkah pembelajarannya adalah:
a. Membentuk kelompok dengan jumlah anggota 2 – 3 orang
b. Mahasiswa diberikan 2 proposal peneltian dengan masing-masing 1 proposal
penelitian kuantitatif dan 1 proposal penelitian kualitatif.
c. Melakukan analisis dan mengkomparasi setiap proposal tentang komponen/elemen
yang ada baik dalam penelitian kuantitatif maupun kulaitatif.
d. Membuat laporan tentang analisis dan perbedaan proposal penelitian kuantitatif dan
kualitatif.
e. Mempresentasikan hasil temuan kelompoknya
- Hasil pembelajaran diukur menggunakan instrumen: Non Tes (Rubrik terlampir)

2) Project-based learning
Menyusun proposal penelitian kuantitatif atau penelitian kualitatif
- Subproyek/tugas pendukung pengerjaan proyek adalah:
a. Membuat sistematika proposal
b. Menyusun bagian pendahuluan
c. Menyusun bagian kajian Pustaka dan penelitian yg relevan
d. Menyusun bagian Metodologi Penelitian
e. Membuat daftar pustaka
- Langkah-langkah pembelajarannya adalah:
a. menentukan menentukan topik penelitian yang akan dibuat proposalnya
b. mencari teori atau hasil penelitian yang sesuai untuk variable yang dipilih
c. mengkonstruk instrumen penelitian sesuai dengan langkah-langkah pembuatannya
d. membuat laporan
- Hasil pembelajaran diukur menggunakan instumen: Non tes (Rubrik terlampir)

Membuat artikel ilmiah sesuai topik penelitian yang dibuat

5


- Subproyek/tugas pendukung pengerjaan proyek adalah:
a. Mensubmit artikel pada jurnal yang relevan
- Langkah-langkah pembelajarannya adalah:
a. membuat artikel ilmiah berdasarkan topik penelitian yang dibuat
b. memilih jurnal yang relevan dengan topik penelitian
c. mensubmit artikel
- Hasil pembelajaran diukur menggunakan instumen: Non tes (Rubrik terlampir)

E. MEDIA PEMBELAJARAN
Pendukung pembelajaran dan media yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah:
Perangkat Keras Perangkat Lunak Media
1. Komputer 1. Zoom atau Google
Meet
1. Video pembelajaran
2. TV 2. Whatsapp group 2. Buku/e-book/jurnal
3. LCD/Infocus PPT 3. LMS dengan platform
Ms. Teams

F. TUGAS (TAGIHAN)
Dalam perkuliahan ini, mahasiswa diwajibkan untuk menyelesaikan dan mengumpulkan tugas
sebagai berikut:
i. Membuat paper dan PPT utk presentasi sesuai topik masing-masing
ii. Laporan hasil mereview proposal penelitian
iii. Laporan pembuatan proposal penelitian
iv. Membuat artikel ilmiah

G. PENILAIAN
1. Komponen dan bobot penilaian dalam persentase:
a. Sikap 20%
b. Keterampilan umum 20%
c. Pengetahuan 30%
d. Keterampilan khusus 30%
2. Strategi penilaian:
a. Tes prestasi, berupa tes esai
b. Non-tes, berupa penilaian kinerja dan observasi
3. Instrumen: tes esai, rubrik penilaian, dan rubrik presentasi

Strategi
Penilaian
Aspek yang Dinilai
Sikap
Keterampilan
Umum
Keterampilan
Khusus
Pengetahuan
Tes prestasi
(Achievement
test)
○ ◑ ● ●
Penilaian
Kinerja
◑ ● ● ●
Observasi ● ◑ ◑ ◑

6


Esdal, Lars. Defining & Measuring Student-Centered Outcomes. Education Evolving, 2018, pp. 19.
Keterangan:
○ Tidak digunakan dalam penilaian
◑ Kadang digunakan dalam dalam kasus penilaian tertentu
● Sering digunakan untuk menilai keterampilan yang dimaksud

4. Kriteria penilaian/kelulusan
Mahasiswa dikategorikan lulus mata kuliah ini apabila memiliki nilai akhir minimal C
berdasarkan rentang penilaian berikut ini:

Tingkat
Penguasaan (%)
Huruf Angka Keterangan
86 – 100 A 4,0 Lulus
81 – 85 A- 3,7 Lulus
76 – 80 B+ 3,3 Lulus
71 – 75 B 3,0 Lulus
66 – 70 B- 2,7 Lulus
61 – 65 C+ 2,3 Lulus
56 – 60 C 2,0 Lulus
51 – 55 C- 1,7 Belum Lulus
46 – 50 D 1,0 Belum Lulus
0 – 45 E 0,0 Belum Lulus

H. KEBIJAKAN PERKULIAHAN
Peraturan yang berlaku pada mata kuliah ini adalah:
1. Kehadiran : 1.1. Mahasiswa yang tidak hadir lebih dari 20% dari total
pertemuan, dengan tidak ada pemberitahuan, dianggap
tidak lulus dan mendapatkan nilai E.
2. Keterlambatan : 2.1 Toleransi keterlambatan hadir di kelas adalah 15 menit.
Jika sudah melewati batas waktu toleransi, maka tidak
diperkenankan untuk masuk kelas
2.2 Keterlambatan penyerahan tugas selama 1-7 hari dari
tenggat waktu yang ditetapkan akan mendapat
pengurangan nilai sebanyak 20 poin dari total 1-100
poin.
2.3 Keterlambatan penyerahan tugas 7 hari lebih dari
tenggat waktu yang telah ditetapkan, maka tugas tidak
akan diproses dan mendapatkan nilai 0.
3. Tidak
mengikuti
ujian/tidak
menyerahkan
tugas
: 3.1. Mahasiswa yang tidak mengikuti ujian atau tidak
menyerahkan tugas tanpa pemberitahuan/keterangan
apapun akan diberikan nilai D pada ujian/tugas
tersebut.
4. Kecurangan
akademik
: 1.1. Mahasiswa wajib mematuhi standar aturan dan
kebijakan tentang kejujuran akademik, menghindari

7


tindakan plagiarisme, serta kecurangan dalam
ujian/tugas. Bila terbukti melakukan tindakan
kecurangan akademik, maka ujian/tugas tersebut tidak
akan dinilai.
5. Etika di dalam
kelas luring
: 5.1. Mahasiswa tidak diperkenankan mengenakan pakaian
yang memperlihatkan aurat (ketat/transparan).
5.2. Mahasiswa tidak menggunakan alat komunikasi untuk
keperluan yang tidak terkait dengan pembelajaran.
5.3. Mahasiswa tidak membuat kegaduhan yang mengganggu
ketertiban pembelajaran.
6. Etika di dalam
kelas daring
: 6.1. Mahasiswa tidak diperkenankan mengenakan pakaian
yang memperlihatkan aurat (ketat/transparan).
6.2. Mahasiswa wajib menampilkan identitas diri dalam
bentuk tulisan, citra, atau video.
6.3. Mahasiswa tidak diperkenankan mengaktifkan suara
saat dosen sedang memberikan materi
6.4. Saat ingin mengajukan pertanyaan, mahasiswa dapat
memberi tanda dengan menggunakan emoticon raise
hand atau menuliskan pertanyaannya di fitur chat

I. SUMBER (REFERENSI)
1. Akhyar Yusuf Lubis dan Donny Gahral Adian (2011) Filsafat Ilmu Pengetahuan,
Koekoesan, Jakarta
2. Amsal bakhtiar, (2013), Filsafat Ilmu, PT. Raja Grafindo Persada Jakarta
3. C.A. Van Peursen (1990) Fakta Nilai dan Peristiwa : Tentang Hubungan antara
Pengetahuan dan Etika. PT. Gramedia
4. Jujun S. Suriaumantri. (1986) Sebuah Kumpulan Karangan Tentang HakikatI lmu,
Jakarta: Yayasan. Obor.
5. Karl. R. Popper (1980) The Logic of Scientific Discovery, London, UnwinHyman
6. Kattsoff, Louis. (2007). Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.
7. Kuipers, Theo A (ed). (2007). General Philosophy of Science, New York, Elsevier.
8. Lechte, Jhon. (2001). 50 Filsuf Kontemporer. Yogyakarta: Kanisius.
9. Lubis, S. (2012). Filsafat Ilmu dan Penelitian, Medan: PT. Sofmedia
10. Psillos, Stathis. (2007). Philosophy of Science A - Z, Edinburgh: Edinburgh University
Press.
11. Semiawan, Conny, et al. (2007). Panorama Filsafat Ilmu Landasan Perkembangan Ilmu
Sepanjang Zaman. Jakarta: Teraju.
12. Semiawan, Conny R. dkk (2010) Spirit Inovasi Dalam Filsafat Ilmu
13. Thomas S. Khun (1996) The Structure of Scientific Revolutions. Chicago. The
University of Chicago Press.
14. Muslih, M. (2005). Filsafat Ilmu: Kajian atas Asumsi Dasar Paradigma dan Kerangka
Teori Ilmu Pengetahuan.Yogyakarta: Belukar
15. Noeng Muhadjir,(2001) Filsafat Ilmu : Positivisme, Post Positivisme dan Post
Modernisme
16. Tim Dosen Fakultas Filsafat UGM, Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta, 1997
17. T.M. Soerjanto Poespowardojo dan Alexander Seran, (2015), Fislafat Ilmu
Pengetahuan, Gramedia , Jakarta
18. Louis O. Kattsoff, (1995), Pengantar Filsafat, Tiara Wacana Yogya

8

9


UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
PROGRAM PASCASARJANA
PROGRAM STUDI S3 MANAJEMEN PENDIDIKAN

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATAKULIAH (MK) KODE MATAKULIAH BOBOT (SKS) SEMESTER
TANGGAL
PENYUSUNAN
Filsafat Ilmu 3 (Tiga) Ganjil 24 September 2021
DOSEN PENGAMPU MATAKULIAH



Tim Dosen

KOORDINATOR
PROGRAM STUDI


Dr. Suryadi
OTORISASI/PENG
AWASAN/
GPJM FAKULTAS


Dr. Hj. Herlina,
M.Pd
WAKIL DIREKTUR 1



Prof. Dr. Wardani Rahayu,
M.Pd
TANGGAL REVISI
Capaian Pembelajaran


CPL-Program Studi yang Dibebankan pada Matakuliah (tuliskan CPL yang relevan dengan matakuliah
saja)
CPL-1 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan
agama,moral, dan etika (S-1);
CPL-2 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
masyarakat dan lingkungan (S-2);
CPL-3 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-3) dan;
CPL-4 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya
secara mandiri (S-4);
CPL-5 Memiliki kemampuan mengomunikasikan gagasan dan hasil penelitian,
mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan
ilmu pengetahuan (KU-1)

10

CPL-6 Memiliki kemampuan bekerjasama, mengelola, mengembangkan dan
memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga sesuai
dengan etika profesi (KU-2)
CPL-7 Mampu mengevaluasi permasalahan pendidikan, menganalisis teori secara
kritis dan menentukan metodologi penelitian yang sesuai untuk memecahkan
masalah penelitian dalam bidang evaluasi, pengukuran, atau penilaian
pendidikan (P-1)
CPL-8 Terampil membuat perencanan penelitian, menyusun butir instrumen, analisis
data dan intrepetrasinya sesuai dengan tujuan penelitian (KK-1)
Capaian Pembelajaran Matakuliah (CPMK)
CPMK-1 Mendeskripsikan Hakekat Filsafat Ilmu pengetuhuan, landasan, aliran-aliran
dan teori kebenaran induktif & Deduktif.
CPMK-2 Menguraikan Filsafat ilmu Positivisme, Postpositivisme dan Paradigma struktur
revolusi sains di masa depan.
CPMK-3 Menerapkan Perspektif filsafat ilmu dalam pendidikan, penelitian dan penilaian
serta etika profesi secara keilmuan.
Sub-Capaian Pembelajaran Matakuliah (Sub-CPMK) (uraian dari CPMK berbasis pertemuan/tatap
muka)
Sub-CPMK-1.1 Menjelaskan Filsafat ilmu pengetahuan,
Sub-CPMK-1.2 Menguraikan Landasan Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Ilmu Pengetahuan,
Sub-CPMK-1.3 Menjelaskan Aliran-aliran dalam filsafat
Sub-CPMK-1.4 MendeskripsikanTeori kebenaran berdasarkan induktif,
Sub-CPMK-1.5 Mendeskripsikan Teori kebenaran berdasarkan Deduktif
Sub-CPMK-2.1 Menguraikan Filsafat Ilmu : Positivisme, Variasi dan Kritik
Sub-CPMK-2.2 Menguraikan Postpositivisme, teori kritis dan Konstruktivisme (Karl. R,.Poper,
Toulmin)
Sub-CPMK-2.3 Mendeskripsikan Paradigma sains menurut Thomas Khun, Paul Fieyerabend dan
Imre Lakatos
Sub-CPMK-2.4 Mengidentifikasi Tokoh-tokoh filosof timur,
Sub-CPMK-2.5 Membangun Paradigma Science masa depan,

11

Sub-CPMK-3.1 Menerapkan Ilmu pendidikan dalam perspektif Filsafat Ilmu
Sub-CPMK-3.2 Menerapkan Penelitian dalam Perspektif Filsafat Ilmu,
Sub-CPMK-3.3 Menerapkan penilaian pendidikan sebagai Interdisipliner, transdisiplin dan
multidisiplin
Sub-CPMK-3.4 Menerapkan Etika Profesi dalam Perspektif Filsafat Ilmu

Sub-
CPM
K 1.1
Sub-
CPM
K 1.2
Sub-
CPM
K 1.3
Sub-
CPM
K 1.4
Sub-
CPM
K 1.5
Sub-
CPM
K 2.1
Sub-
CPM
K 2.2
Sub-
CPM
K 2.3
Sub-
CPM
K 2.4
Sub-
CPM
K 2.5
Sub-
CPM
K 3.1
Su
b-
CP
MK
3.2
Sub-
CPM
K
3.2
Sub-
CPMK
3.3
CPMK-1 V V v
CPMK-2 v v v v v v
CPMK-3 V v v V v


RINCIAN RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pekan
Ke-
Sub-CPMK
Materi Perkuliahan/
Pokok Bahasan
Indikator
Bentuk/
Metode
Pembe-
lajaran
Moda
Pembelajaran Alokasi
Waktu
Penilaian
Referensi
Luring Daring Strategi
Kriteria &
Rubrik
1 Menjelaskan Filsafat
ilmu pengetahuan,
Overview Filsafat ilmu
pengetahuan,
Mampu menjelaskan
Filsafat ilmu
pengetahuan,
Diskusi
penugas
an
v 300 Tes esai Rubrik 1-10
2 Menguraikan
Landasan Ontologi,
Epistimologi dan
Aksiologi Ilmu
Pengetahuan,
Landasan Ontologi,
Epistimologi dan
Aksiologi Ilmu
Pengetahuan,
Mampu menguraikan
Landasan Ontologi,
Epistimologi dan
Aksiologi Ilmu
Pengetahuan,
Diskusi
Penugas
an
v 150 Tes esai rubrik 1-10

12

Pekan
Ke-
Sub-CPMK
Materi Perkuliahan/
Pokok Bahasan
Indikator
Bentuk/
Metode
Pembe-
lajaran
Moda
Pembelajaran Alokasi
Waktu
Penilaian
Referensi
Luring Daring Strategi
Kriteria &
Rubrik
3 Menjelaskan Aliran-
aliran dalam filsafat
Aliran-aliran dalam
filsafat
Mampu menjelaskan
Aliran-aliraan dalam
filsafat
Diskusi
penugas
an
v 150 Tes esai rubrik 1-10
4 MendeskripsikanTeo
ri kebenaran
berdasarkan induktif,
Teori kebenaran
berdasarkan induktif,
Mampu
mendeskripsikanTeori
kebenaran
berdasarkan induktif,
Diskusi
penugas
an
v 150 Tes esai rubrik 1-10
5 Mendeskripsikan
Teori kebenaran
berdasarkan
Deduktif
Teori kebenaran
berdasarkan Deduktif
Mampu
mendeskripsikan
Teori kebenaran
berdasarkan Deduktif
Diskusi
penugas
an
v 150 nontes rubrik 1-10
6 Menguraikan Filsafat
Ilmu : Positivisme,
Variasi dan Kritik
Filsafat Ilmu :
Positivisme, dan
Kritik
Mampu menguraikan
Filsafat Ilmu :
Positivisme, Variasi
dan Kritik
Diskusi
penugas
an
v 150 nontes rubrik 1-10
7 Menguraikan
Postpositivisme,
teori kritis dan
Konstruktivisme
(Karl. R,.Poper,
Toulmin)
Postpositivisme, teori
kritis dan
Konstruktivisme
(Karl. R,.Poper,
Toulmin)
Mampu menguraikan
Postpositivisme, teori
kritis dan
Konstruktivisme
(Karl. R,.Poper,
Toulmin)
Diskusi
penugas
an
v 150 nontes rubrik 1-10
8 UJIAN TENGAH SEMESTER
9 Mendeskripsikan
Paradigma sains
menurut Thomas
Khun, Paul
Fieyerabend dan
Imre Lakatos
Paradigma sains
menurut Thomas
Khun, Paul
Fieyerabend dan
Imre Lakatos
Mampu
mendeskripsikan
Paradigmaa sains
menurut Thomas
Khun, Paul
Diskusi
penugas
an
v 150 nontes rubrik 1-10

13

Pekan
Ke-
Sub-CPMK
Materi Perkuliahan/
Pokok Bahasan
Indikator
Bentuk/
Metode
Pembe-
lajaran
Moda
Pembelajaran Alokasi
Waktu
Penilaian
Referensi
Luring Daring Strategi
Kriteria &
Rubrik
Fieyerabend dan Imre
Lakatos
10 Mengidentifikasi
Tokoh-tokoh filosof
timur,
Tokoh-tokoh filosof
timur,
Mampu
mengidentifikasi
Tokoh-tokoh filosof
timur,
Diskusi
Penugas
an
v 150 nontes rubrik 1-10
11 Membangun
Paradigma Science
masa depan,
Paradigma Science
masa depan,
Mampu membangun
Paradigma Science
masa depan,
Diskusi
penugas
an
v 150 nontes rubrik 1-10
12 Penerapan Ilmu
pendidikan dalam
perspektif Filsafat
Ilmu
Ilmu pendidikan dalam
perspektif Filsafat
Ilmu
Mampu menerapkan
Ilmu pendidikan dalam
perspektif Filsafat Ilmu
Studi
Kasus
v 510 nontes rubrik 1-18
13 Mendeskripsikan
Penelitian dalam
Perspektif Filsafat
Ilmu,
Penelitian dalam
Perspektif Filsafat
Ilmu,
Mampu
mendeskripsikan
Penelitian dalam
Perspektif Filsafat Ilmu,
Praktek v 510 nontes rubrik 1-18
14 Membangun
penilaian pendidikan
sebagai
Interdisipliner,
transdisiplin dan
multidisiplin
Penilaian pendidikan
sebagai Interdisipliner,
transdisiplin dan
multidisiplin
Mampu membangun
penilaian pendidikan
sebagai Interdisipliner,
transdisiplin dan
multidisiplin
Praktek v 510 nontes rubrik 1-18
15 Menerapkan Etika
Profesi dalam
Perspektif Filsafat
Ilmu
Etika Profesi dalam
Perspektif Filsafat
Ilmu
Mampu menerapkan
Etika Profesi dalam
Perspektif Filsafat Ilmu
Praktek v 510 nontes rubrik 1-18
16 UJIAN AKHIR SEMESTER

14

LAMPIRAN RPS

1. Rubrik Mereview Proposal Penelitian
No Aspek
Skor dan Kriteria
3 2 1
1 Jumlah Proposal 5 Proposal 4-3 Proposal <3 artikel
2 Sistematika laporan
(laporan lengkap: sampul, kata
pengantar, daftar isi, pendahuluan
(latar belakang dan tujuan,
identifikasi jurnal, analisis jurnal,
kesimpulan, daftar pustaka
Laporan lengkap dan setiap
komponen/elemen
dideskripkan dengan baik
Laporan lengkap namun
tidak setiap
komponen/elemen
dideskripsikan dengan
baik
Laporan tidak lengkap dan
tidak setiap
komponen/elemen
dideskripsikan dengan baik
3 Tata tulis
(penggunaan huruf kapital, huruf
miring, tanda baca) dan bahasa
Tata tulis benar dan
menggunakan bahasa yang
benar serta baku
Salah satunya, tata tulis
tidak benar atau bahasa
tidak baku
Tata tulis tidak benar dan
bahasa tidak baku
4 Pendahuluan Uraian latar belakang,
perumusan masalah dan
tujuan review diuraikan
secara lengkap
Uraian latar belakang,
perumusan masalah dan
tujuan review kurang
lengkap
Uraian latar belakang,
rumusan masalah kurang
lengkap dan tujuan tidak
relevan
5 Tinjauan Pustaka Landasan teori, hasil
penelitian relevan dan
kerangka konsep secara
lengkap dan tepat
Landasan teori, hasil
penelitian relevan dan
kerangka konsep kurang
lengkap tetapi sudah tepat
Landasan teori, hasil
penelitian relevan dan
kerangka konsep kurang
lengkap dan tidak tepat
5 Metodologi Penelitian Rumusan masalah, landasan
teori tepat dan sesuai
metode penelitan yang
diuraikan.
Rumusan masalah,
landasan teori tepat dan
kurang sesuai metode
penelitian.
Rumusan masalah, landasan
teori kurang tepat dan tidak
sesuai metode penelitian.
6 Hasil Review Kesesuaian antara topik
dengan rumusan masalah,
teori, dan metode penelitian
Kurang sesuai antara
topik, rumusan masalah,
teori dan metode
penelitian
Tidak sesuai antara topik,
rumusan masalah, teori, dan
metode penelitian

15

7 Ketepatan waktu Tugas dikumpulkan tepat
waktu atau sebelum batas
waktu
Tugas dikumpulkan lewat
satu hari setelah batas
waktu
Tugas dikumpulkan lewat dua
hari dari batas waktu


2. Rubrik Penilaian Makalah/Laporan
No Aspek
Skor dan Kriteria
3 2 1
1 Sistematika laporan
(laporan lengkap: sampul, kata pengantar,
daftar isi, pendahuluan (latar belakang dan
tujuan), identifikasi jurnal, analisis jurnal,
kesimpulan, daftar pustaka
Laporan lengkap dan
terorganisasi dengan
baik
Laporan lengkap namun
tidak terorganisasi dengan
baik
Laporan tidak lengkap dan
tidak terorganisasi dengan
baik
2 Tata tulis
(penggunaan huruf kapital, huruf miring,
tanda baca) dan bahasa
Tata tulis benar dan
menggunakan bahasa
yang benar serta baku
Salah satunya, tata tulis
tidak benar atau bahasa
tidak baku
Tata tulis tidak benar dan
bahasa tidak baku
3 Pendahuluan Uraian latar belakang
dan tujuan tugas
diuraikan secara lengkap
Uraian latar belakang dan
tujuan tugas kurang
lengkap
Uraian latar belakang
kurang lengkap dan tidak
relevan
4 Hasil dan Pembahasan Hasil analisis dan
pembahasan tepat
sesuai konteks
Hasil analisis tepat, namun
pembahasan kurang tepat
Hasil analisis dan
pembahasan tidak tepat
5 Kesimpulan Kesimpulan sesuai
dengan tujuan, teori, dan
pembahasan
Kesimpulan kurang sesuai
salah satunya
Kesimpulan tidak sesuai
dengan tujuan, teori, dan
pembahasan
6 Referensi 3 tahun terakhir 5 tahun terakhir >5 tahun terakhir
7 Ketepatan waktu Tugas dikumpulkan tepat
waktu atau sebelum
batas waktu
Tugas dikumpulkan lewat
satu hari setelah batas
waktu
Tugas dikumpulkan lewat
dua hari dari batas waktu

16




3. Rubrik Penilaian Presentasi
No Aspek
Skor dan Kriteria
3 2 1
1 Komunikasi Lancar dan baik Kurang lancar Tidak ada komunikasi
2 Sistematika
penyampaian
sistematis Kurang sistematis Tidak sistematis
3 Wawasan Luas Sedang Kurang
4 Interaksi Baik Sedang Kurang
5 Antusiasme Antusias Kurang antusias Tidak antusias
6 Penampilan Baik Cukup Kurang
7 Menanggapi
pertanyaan
Baik Cukup Kurang

4. Rubrik Penilaian Slide
No Aspek
Skor dan Kriteria
3 2 1
1 Kesesuaian dengan
materi
Sesuai Kurang sesuai Tidak sesuai
2 Pesan (singkat, padat,
dan jelas)
Slide berisi poin-poin Slide berisi poin-poin singkat,
namun informasi kurang jelas
Slidie terlalu panjang dan susah
untuk dimengerti
3 Kemudahan untuk dibaca Ukuran tulisan dan
pemilihan warna sesuai
Ukuran tulisan dan pemilihan
warna kurang sesuai sehingga
menyulitkan untuk dibaca
Ukuran tulisan dan pemilihan
warna tidak sesuai sehingga tidak
dapat dibaca
4 Desain slide Menarik Kurang menarik Tidak menarik
5 Urutan slide Terstruktus dengan baik Kurang terstruktur dengan baik Tidak terstruktur dengan baik

17






5. Perkuliahan berbasis hasil penelitian dan/atau P2M

Setelah memasukkan satu bagian dalam RPS tentang relevansi mata kuliah dengan hasil penelitian dan/atau P2M (bila ada),
kemudian jelaskan:

1) Beberapa bahasan MK ini diambil dari penelitian/P2M pada tahun 2018 dan 2020 dengan judul … (sebagaimana
tercantum dalam tabel C-Materi) yang tertuang pada pokok bahasan pada pekan …, yaitu : … .
2) Bentuk pembelajaran yang digunakan dalam MK ini diadopsi dari hasil penelitian/P2M pada tahun … dengan judul …
(sebagaimana tercantum dalam tabel J-Rincian Rencana Kegiatan), yaitu model pembelajaran … .
3) Instrumen penilaian/evaluasi yang digunakan dalam MK ini diadopsi dari penelitian/P2M pada tahun … dengan judul
… (sebagaimana tercantum dalam bagian G-Penilaian), yaitu: … .
4) dll, jika ada.

Identifikasi artikel yang relevan, dalam link (BU), HAKI, dan semacamnya

6. Tabel Revisi/Catatan Perubahan RPS
Tanggal Penyusunan Tanggal Revisi Tim Perevisi Isi Revisi

18


7. Peta konsep























Terampil membuat perencanan penelitian, menyusun butir instrumen,
analisis data, dan intrepetrasinya sesuai dengan tujuan penelitian (KK-1)
10. Penelitian
dalam
Perspektif
Filsafat Ilmu,

12. Etika
Profesi
dalam
Perspektif
Filsafat
Ilmu
7. Paradigma sains
menurut Thomas
Khun, Paul
Fieyerabend dan
Imre Lakatos
1.Filsafat Ilmu Penegtahuan &
Landasan (Ontologi,
Epistimologi dan Aksiologi)
4. Teori kebenaran
berdasarkan Deduktif
2. Aliran-aliran dalam
filsafat
8. Tokoh-tokoh
filosof timur,
Paradigma
Science masa
depan,
6. Postpositivisme,
teori kritis dan
Konstruktivisme
(Karl. R,.Poper,
Toulmin)
3. Teori kebenaran
berdasarkan induktif,

5. Filsafat Ilmu :
Positivisme, Variasi dan
Kritik
9. Ilmu pendidikan
dalam
perspektif
Filsafat Ilmu ,

11. Penilaian
pend. sbg
Interdisipline,
transdisiplin
dan
multidisiplin

Penerapan
Internalisasi
Konsep

19

8. Materi Ajar (buku, salindia, dll);
9. Skenario Implementasi Metode Pembelajaran
Secara umum, berikut adalah langkah-langkah pembelajaran berbasis:
a. Cased-based learning






















b. Project-based learning














1.Menentukan
proyek yang akan
dilaksanakan
2.Merancang
penyelesaian
proyek
3.Menyusun jadwal
penyelesaian
proyek
4.Penyelesaian
proyek
dimonitoring oleh
dosen
5.Menyusun laporan
dan presentasi
6.Mengevaluasi
proses dan hasil
proyek
1.Membentuk
kelompok kecil
2.Menyusun narasi
untuk
dikembangkan pada
inquiri dan diskusi
3.Menganalisis
masalah yang
diberikan
4.Proses penemuan
dari informasi, data,
ataupun literatur
yang diperoleh
5.Mencari bukti, data,
informasi sesuai
dengan yang
ditugaskan dosen
6.Mensintesis/menyim
pulkan berbagai
bukti, data, atau
informasi yang sudah
diperoleh
7.Menyusun laporan
dan
mempresentasikan
hasil temuan yang
diperoleh

20

10. Rincian Tugas
PETUNJUK TUGAS 1

Mata kuliah : Filsafat Ilmu
Semester : Gasal
Sks : 3 SKS
Tugas ke : 1 (satu)
Tujuan tugas : Mahasiswa dapat:
1. Meriview prpenelitian kualitatif dan kuantitatif
2. Mempresentasikan hasil temuan kelompoknya
Waktu Pelaksanaan
tugas
: Pertemuan ke-2
Waktu penyerahan
tugas
: Pertemuan ke-4
Uraian tugas



: Berikut adalah tahapan pengerjaan tugas ke-1:
1. Membentuk kelompok dengan jumlah anggota 2 – 3 orang
2. Mahasiswa diminta mencari 3 proposal penelitian kualitatif dan
kuantitatif
3. Melakukan riview dan mengkomparasikan
4. Membuat laporan tentang hasil review proposal penelitian kualitatif
dan kuantitatif.
5. Mempresentasikan hasil temuan kelompoknya
Kriteria penilaian : Menggunakan lembar rubrik sebagai alat bantu penilaiannya. Poin yang
diperoleh tergantung dari kelengkapan dan kualitas dari apa yang
dikerjakan. Rentang nilai yang akan diperoleh adalah 0 – 100


PETUNJUK TUGAS 2

Mata kuliah : Filsafat Ilmu
Semester : Gasal
Sks : 3 SKS
Tugas ke : 2 (dua)
Tujuan tugas : Mahasiswa dapat:
1. Menyusun proposal penelitian kualitatif
2. Menyusun proposal penelitian kuantitatif
Waktu Pelaksanaan
tugas
: Pertemuan ke-8
Waktu penyerahan
tugas
: Pertemuan ke-11
Uraian tugas



: Berikut adalah tahapan pengerjaan tugas ke-2:
1. menentukan topik proposal penelitian
2. mencari teori yang sesuai untuk atribut/variable yang dipilih
3. menyusun proposal penelitian sesuai dengan langkah-langkah
pembuatannya
4. membuat laporan

21

Kriteria penilaian : Menggunakan lembar rubrik sebagai alat bantu penilaiannya. Poin yang
diperoleh tergantung dari kelengkapan dan kualitas dari apa yang
dikerjakan. Rentang nilai yang akan diperoleh adalah 0 – 100


PETUNJUK TUGAS 3

Mata kuliah : Filsafat Ilmu
Semester : Gasal
Sks : 3 SKS
Tugas ke : 3 (tiga)
Tujuan tugas : Mahasiswa dapat:
1. Membuat artikel ilmiah
2. Mensubmit artikel ilmiah ke jurnal terkait
Waktu Pelaksanaan
tugas
: Pertemuan ke-11
Waktu penyerahan
tugas
: Pertemuan ke-16
Uraian tugas



: Berikut adalah tahapan pengerjaan tugas ke-3:
1. Membuat artikel ilmiah berdasarkan literatur review yang dibuat
2. Memilih jurnal yang relevan dengan bahasan (minimal Sinta 4)
3. Mensubmit artikel
Kriteria penilaian : Menggunakan lembar rubrik sebagai alat bantu penilaiannya. Poin yang
diperoleh tergantung dari kelengkapan dan kualitas dari apa yang
dikerjakan. Rentang nilai yang akan diperoleh adalah 0 – 100



11. Kisi-kisi dan Instrumen Penilaian

Catatan :
1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki
oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan
pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui
proses pembelajaran.
2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran
lulusan program studi (CPL -PRODI) yang digunakan untuk
pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap,
ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL
yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau
materi pembelajaran mata kuliah tersebut.

22

4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik
dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang
direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi
pembelajaran mata kuliah tersebut.
5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa
adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau
kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur
ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang
telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian
konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara,
Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian
Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery
Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning,
Contextual Learning, Project Based Learning,Case Based Learning dan metode lainnya
yg setara.
10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan
dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK
yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan
totalnya 100%.
12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri